petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bonafit88

padi777 253Jutaan kata 351474Orang-orang telah membaca serialisasi

《bonafit88》

Beli Mainan Anak di Transmart Full Day Sale Diskonnya Gede******

Bunda lagi cari mainan untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja ya, mumpung ada diskon 50%+20%.
Bunda lagi cari mainan anak untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja, mumpung ada diskon 50%+20% (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda lagi cari mainan untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja ya, mumpung ada diskon sampai 50 persen.

Apalagi kalau bayarnya pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Obral Spring Bed 'Sultan' Rp7,2 Juta
  • Turning Mecard, Bite Choicar Toys diskon hingga 40 persen dan tambahan diskon 20 persen pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.
  • Cocomelon, Jada Toys diskon hingga 50 persen dan tambahan diskon pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah

Langsung aja unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Prosesnya dijamin cepat sehingga bisa langsung dipakai untuk transaksi di Transmart Full Day Sale: September Ceria.

Selain mainan anak, ada juga baju dan sandal anak, bahan pangan, kebutuhan rumah tangga, elektronik, furnitur, sampai sepeda listrik yang didiskon.

Kapan lagi belanja banyak diskonnya kalau enggak di Transmart Full Day Sale. Mumpung masih ada waktu, segera ke gerai Transmart terdekat!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya Bun, biar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kenapa India yang Berpenduduk 1,4 M Jiwa Bisa Ekspor Beras, RI Impor?******

Pengamat menyebut pertanian di India memang lebih baik dibandingkan RI. Karena itu, meski penduduk mereka tembus 1,4 miliar, India tak kekurangan beras.
India meski penduduknya sudah tembus 1,4 miliar jiwa masih mampu mengekspor beras dalam jumlah besar. Itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan heran karena India berpopulasi 1,4 miliar orang, tetapi sanggup surplus 7 juta ton dan menjadi negara pengekspor beras.

Itu berbanding terbalik dengan Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa tapi masih 'asyik' impor beras.

Karena keheranan itu, ia bertanya langsung pada menteri terkait di India. Pertanyaan ia ajukan saat mendampingi Presiden Joko Widodo di KTT G20 ke-18 pada 9 September-10 September 2023.

Perhatian dilakukan India dengan memberi pupuk gratis kepada para petani. Mereka juga menerapkan penggunaan teknologi canggih di persawahan.

Karena langkah itu, ia mengatakan India bisa dua hingga tiga kali panen beras dalam setahun dengan hasil melimpah.

"Dan itu semua dikerjakan koperasi, bukan konglomerasi. Seperti zamannya Orde Baru Pak Harto (Presiden ke-2 Indonesia Soeharto) dulu. Pupuk koperasi, pabrik beras koperasi, agen beras ya koperasi, semua diatur begitu. Jadi, lingkaran masyarakat kepada masyarakat," tuturnya dalam Diseminasi Perizinan Berusaha di Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Harris Vertu Harmoni Hotel, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

"Ini yang mesti kita tata karena kita ini memang konglomerasi. Pakan ternak dia, ayam dia, telur dia, semua dia. Ini harus diatur, diperbaiki, tapi pemerintah yang akan datang lah, tidak terkejar kalau sekarang," imbuh pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Infografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun TerakhirInfografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun Terakhir. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Analis Kebijakan Pangan Syaiful Bahari menyebut swasembada beras India bukanlah hal baru. India memang perkasa dalam memproduksi beras.

Syaiful menyebut keperkasaan India terlihat dari kemampuannya menguasai 40 persen pasar beras global dan mengekspor rata-rata 20 juta ton beras ke 150 negara. Menurutnya, cadangan beras India kini ada 58 juta ton, di mana hasil panen setiap tahunnya menyentuh 160 juta ton.

"Tapi kalau dikatakan India meniru Soeharto sampai swasembada beras, keliru besar. Lagi pula, swasembada zaman Soeharto hanya seumur jagung karena setelah itu Indonesia tetap menjadi negara importir beras," katanya kepada CNNIndonesia.com.

India dan Indonesia pernah menjadi importir beras pada 1960-an. Namun, setelah itu India mereformasi besar-besaran sektor pertaniannya secara lebih terintegrasi dan konsisten ketimbang Indonesia.

Lihat Juga :
Profil Pontjo Sutowo yang Bersengketa Dengan Negara soal Hotel Sultan

Akan tetapi, Syaiful menyebut tidak bisa langsung membandingkan kedua negara yang punya jumlah penduduk dan luas lahan pertanian berbeda. Ia merinci luas lahan pertanian India sekitar 40 juta hektare, sedangkan Indonesia hanya 10,6 juta hektare.

Ia menyebut lahan pertanian India separuhnya kering dengan kemampuan rata-rata memproduksi 4,3 ton gabah kering giling (gkg) per hektare. Lalu, jangka waktu produktivitas tanam-panen India hanya 4 bulan karena mengandalkan musim penghujan.

"Sebenarnya Indonesia jauh lebih beruntung karena meski luas lahan padi hanya 10,6 juta hektare, tetapi bisa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun. Tingkat produktivitas panennya rata-rata 6-7 ton gkg per hektare," rinci Syaiful.

Kendati demikian katanya, India konsisten mereformasi pertaniannya. Itulah yang kudu ditiru Indonesia.

Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Hal yang bisa dicontoh Indonesia dari India

Syaiful menyebut tulang punggung kemajuan pertanian India berada di riset kuat atas benih dan pupuk. Ada juga riset teknologi pascapanen, seperti dryer, penggilingan padi efisien, serta warehouse modern yang sebagian besar dikelola industri kecil dan menengah di pedesaan.

Selain itu, India getol membangun bendungan, kanal air, dan irigasi modern untuk mencegah banjir dan kekeringan sejak 1970-an.

Sedangkan Indonesia tidak ada langkah yang dilakukan seperti India. Menurutnya, riset benih di Indonesia sangat lemah. Teknologi pascapanennya juga masih terbelakang.

"Terbukti dari banyak bangkrutnya penggilingan padi rakyat karena tidak mampu bersaing dan dari dulu tidak pernah ada perbaikan rendemen gabah ke padi. Sehingga bom waktunya sekarang, di mana produktivitas panen semakin turun," tutur Syaiful.

Lihat Juga :
Bahlil Harap Jokowi Hadiri 'Groundbreaking' Proyek Aguan Cs di IKN

"Terkait pupuk, tidak ada pupuk gratis, baik di India maupun China. Pemerintah mendorong industri-industri pupuk di di daerah sehingga lebih efisien dan harganya terjangkau petani. Sementara, di Indonesia pupuk dimonopoli BUMN. Meski harganya murah, tetapi hanya mampu meng-cover tidak sampai 50 persen jumlah petani yang membutuhkan," sambungnya.

India juga punya sistem cadangan pangan yang tertata dengan baik dan regulasinya jelas. Menurutnya, rata-rata stok cadangan beras India minimal 30 persen dari total kebutuhan konsumsi nasional.

Di lain sisi, cadangan beras pemerintah di Indonesia hanya dipatok 8 persen. Kalau dikonversi dengan kebutuhan nasional, angka itu cuma 480 ribu ton.

Padahal, kebutuhan beras per bulan di tanah air mencapai 2,7 juta ton. Minimnya cadangan beras pada akhirnya menimbulkan krisis.

 

 

Infrastruktur Pengairan RI Tak Seperti India dan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

DPR Curiga Kepentingan Politik di Balik Konflik Rempang******

Komisi VI DPR RI menduga ada kepentingan politik di balik konflik antara warga dan aparat di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau.
Komisi VI DPR RI menduga ada kepentingan politik di balik konflik antara warga dan aparat di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komisi VI DPRRI menduga ada kepentingan politik di balik konflik antara warga dan aparat di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi NasDem Subardi mengatakan Rempang Eco City yang digarap di bawah pengawasan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) punya dua kepentingan, yakni kepentingan nasional untuk mengundang investasi dan kepentingan rakyat Rempang.

Menurutnya, tidak mungkin gempar jika tidak ada kepentingan-kepentingan besar. Subardi mengatakan jika hanya kepentingan kecil, tidak mungkin keributan pecah sebesar itu.

"Saya minta Pak Rudi (Kepala BP Batam Muhammad Rudi) terbuka saja. Ini harus diatasi, tidak hanya dibiarkan dan diliarkan," sambung Subardi.

Lalu, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat Muslim menyinggung soal pemerintah Indonesia yang getol betul menggenjot investasi, termasuk di Rempang. Ia mengungkit target investasi Rp1.200 triliun di 2022 dan Rp1.400 triliun pada tahun ini.

Khusus di Batam, Muslim mengatakan ada potensi investasi jumbo menyentuh Rp350 triliun. Bahkan, digembar-gemborkan bisa menyerap 350 ribu tenaga kerja.

Lihat Juga :
Selebrasi Jokowi Saat Kereta Cepat Tembus 351 Km per Jam

"Saya enggak tahu seperti apa Pak Rudi, April ke September ini cukup lama, kok tiba-tiba meledak di akhir? Berarti ada persoalan mendasar sehingga meledak barang ini," kata Muslim.

"Terlepas siapapun di balik ini, investasi akan kita dukung sepenuhnya, tapi tentu harus berpihak kepada masyarakat yang dilindungi undang-undang. Saya harap Pak Rudi sampaikan saja apa adanya," imbuhnya.

Merespons pertanyaan DPR, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan ada aspek internal dari pemerintah dan eksternal soal pemicu konflik di Rempang ini. Namun, ia menyebut bahwa sosialisasi awal dari pihaknya berjalan lancar.

Akan tetapi, perlakuan berbeda datang dari warga lokal seiring berjalannya waktu. Dalihnya proyek ini mengganggu masyarakat adat.

"Awalnya bagus-bagus saja, tapi ketika kita mau masuk kembali sepertinya banyak sekali provokator dari luar sehingga masyarakat sudah mulai berpikiran lain," jelas Rudi.

Ia pun membedah dua demonstrasi di Rempang belakangan ini. Rudi mengakui demo pertama memang dilakukan oleh 80 persen warga Rempang terdampak, tetapi tidak dengan demo kedua.

Menurutnya, demo kedua yang pecah di Rempang dilakukan bukan warga lokal. Ia mengatakan mungkin hanya sisa 10 persen warga Rempang yang demo, sisanya orang dari luar wilayah tersebut.

"Dari koordinator umum sampai ke bawah, mereka bukan orang Rempang. Ini menjadi masalah. Pengalaman (demo) pertama mungkin agak bereaksi para aparatnya, tapi tidak ada sampai luka. Yang dikirim berita hoaks terjadi di tempat lain," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:omega 123 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
trik pola gacor princess hari ini
erek erek perampok
prediksi togel yang akurat
erek erek 1000 mimpi bergambar
idn 69 slot
slot 2020 online
slot demo timnas4d
rtp coloksgp
cara dapat uang 50 ribu
Daftar isi semua bab
Bab 1 sihoki login
Bab 2 situs slot212
Bab 3 buku mimpi bergambar lengkap
Bab 4 info slot gacor terbaru
Bab 5 situs aman dan terpercaya
Bab 6 contact kredivo
Bab 7 trik main slot crazy
Bab 8 angka main china pools
Bab 9 receh88
Bab 10 qq1x2
Bab 11 pola gacor mahjong ways
Bab 12 bo slot gacor terpercaya
Bab 13 mimpi303
Bab 14 situs slot gacor terbaru
Bab 15 toto88 com login
Bab 16 daftar slot akun dana
Bab 17 situs judi bola aman terpercaya
Bab 18 slot rating tinggi
Bab 19 slot server thailand 2023
Bab 20 situs slot via pulsa tanpa potongan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5830bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Paranormal Azeroth

rtp dragon222
Konglomerat Elon Musk dikabarkan meminjam US miliar atau sekitar Rp15 triliun dari SpaceX saat proses akuisisi Twitter berlangsung.
Konglomerat Elon Musk dikabarkan meminjam US miliar atau sekitar Rp15 triliun dari SpaceX saat proses akuisisi Twitter berlangsung. (AP/Susan Walsh).
Jakarta, CNN Indonesia--

KonglomeratElon Muskdikabarkan meminjam US miliar atau sekitar Rp15 triliun dari SpaceX, perusahaan roket besutannya. Hal itu dilakukan saat proses akuisisi Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X, berlangsung tahun lalu.

SpaceX menyetujui pinjaman itu dengan menggunakan sejumlah saham SpaceX yang dimiliki oleh Musk sebagai jaminan pada Oktober 2022.

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal yang dilansir Reuters, Musk menarik semua dana pinjaman tersebut pada bulan yang sama saat ia mengambil alih kepemilikan Twitter. Nilai akuisisi Twitter sendiri mencapai US miliar atau sekitar Rp660 triliun.

Sementara itu, SpaceX yang merupakan perusahaan swasta, menjadi pemberi pinjaman pribadinya selama masa ketidakstabilan keuangan.

Mengutip laporan The Federal Communications Commission, Musk merupakan pemegang saham terbesar di SpaceX, yaitu sebesar 42 persen dan hampir 79 persen hak suara. SpaceX juga memiliki US,7 miliar uang tunai serta surat berharga pada akhir tahun lalu berdasarkan kutipan surat kabar.

Sebagian besar saham Tesla pada 2022 dijual oleh Musk, baik sebelum maupun setelah kesepakatan dengan Twitter. Adapun total penjualan sahamnya mencapai sekitar US miliar. Hal ini membuat investor produsen kendaraan listrik tersebut merasa frustrasi.

Pada April 2023, WSJ melaporkan Tesla memperketat aturan penggunaan saham Musk untuk meminjam uang.

[Gambas:Video CNN]



(krp/sfr)

Arena Para Dewa dari Dunia Lain

japan prediksi togel
Pengamat menyebut skema gaji tunggal bagi para PNS memiliki kekurangan dan kelebihan. Sistem itu praktis, tapi untuk jangka pendek bisa bikin APBN tekor.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta, CNN Indonesia--

Wacana penerapan skema gajitunggal aliassingle salarybagi Pegawai Negeri Sipil(PNS) kembali mencuat.

Hal tersebut terjadi usai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut skema gaji tunggal PNS menjadi salah satu agenda prioritas dalam rencana kerja pemerintah di 2024.

Jika skema itu diterapkan, maka seluruh tunjangan yang melekat, baik untuk PNS maupun Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dihapus dan digantikan dengan satu penghasilan yang sudah mencakup keseluruhan.

Single salary systemyang diterapkan terdiri atas unsur jabatan (gaji) dan tunjangan (kinerja dan kemahalan).

Sistem gradingakan ditetapkan dalam menentukan besaran gaji di beberapa jenis jabatan PNS. Gaji merupakan imbalan yang diberikan kepada PNS sebagai bentuk balas jasa atas pekerjaannya.

Selanjutnya, sistem gradingakan ditetapkan dalam menentukan besaran gaji di beberapa jenis jabatan PNS. Gradingadalah level atau peringkat nilai/harga jabatan yang menunjukkan posisi, beban kerja, tanggung jawab dan resiko pekerjaan.

Sementara itu, setiap gradingakan dibagi menjadi beberapa stepsdengan nilai rupiah yang berbeda. Dengan kata lain, ada kemungkinan PNS yang mempunyai jabatan sama bisa mendapatkan gaji yang berbeda tergantung penilaian harga jabatan yang dilihat dari beban kerja, tanggungjawab, dan risiko pekerjaan.

Lihat Juga :
Bos Bappenas Ungkap Wacana Hapus Tunjangan PNS Dibahas 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan single salary systemPNS saat ini sudah dilaksanakan dalam bentuk pilot projectdi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Single salaryini barupilot projectdi KPK dan PPATK. Ini juga ada komplain orang yang kerja dengan yang tidak kok salary-nya sama. Nah, itulah yang jadi hitungan evaluasi kita," kata Anas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Meski demikian, Anas menekankan pihaknya masih perlu mengkaji wacana tersebut. Ia menyebut evaluasi penerapan single salary systemdi KPK dan PPATK bakal menjadi acuan penerapan aturan ini ke depan.

Ia mengungkapkan skema gaji tunggal ini bakal dimuat dalam Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN). Namun, Anas tidak memastikan apakah gaji tunggal ini akan diterapkan merata pada seluruh kementerian/lembaga (K/L) di 2024 mendatang.

Anas hanya menjelaskan bahwa tunjangan kinerja alias tukin saat ini masih menjadi prioritas pemerintah untuk membedakan mana PNS yang kerja dan tidak. Akan tetapi, ia menyinggung soal kemampuan daerah yang berbeda.

Lihat Juga :
Kepala PPATK Bicara Uji Coba Gaji Tunggal PNS

"Tapi negatifnya kadang orang mengatur perjalanan dinas rapat di luar kota hanya untuk dapat (uang) perjalanan dinas. Jadi, plus minus lah antara kinerja dan efisiensi," tuturnya.

Lantas, apakah skema gaji tunggal tepat dijalankan sebagai upaya reformasi birokrasi dan menekan anggaran?

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai untuk saat ini skema tersebut malah bakal bikin APBN tekor. Pasalnya, besaran gaji antara PNS di semua daerah bisa sama.

Apalagi, skema gaji tunggal besarannya akan disesuaikan dengan kinerja. Padahal, saat ini besaran gaji dan tunjangan PNS di pusat dan daerah berbeda-beda.

Artinya, kelak gaji PNS di daerah pun bisa naik meski APBD besarannya terbatas.

"Sekarang APBD-nya berapa? Kan itu tidak akan mampu (bayar gaji tunggal PNS) terus ujung-ujungnya mengambil dari APBN juga," kata Trubus kepada CNNIndonesia.com, Selasa (12/9).

Lihat Juga :
Single Salary PNS Jadi Agenda Prioritas Pemerintah di 2024

Menurut Trubus, skema gaji tunggal memang lebih praktis. Namun, untuk mencapai itu semua butuh tahap dan waktu yang panjang.

Ia juga mengatakan sebenarnya skema gaji tunggal adalah wacana lama. Tapi, memasuki 2024 alias tahun terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat, wacana itu kembali didengungkan.

Alasannya, agar ada kepercayaan dari masyarakat kepada pemerintah sekarang.

"Tapi persoalannya sebenarnya ini selalu perdebatannya itu apakah di daerah dengan di DKI Jakarta akan disamakan? kalau kinerja bisa dihitung, kinerja nanti dianggap sama saja (DKI dan daerah), gajinya sama, masalahnya kita punya sumber dananya tidak? duitnya ada tidak? tegas Trubus.

Ia pun berpendapat sebaiknya skema tepat untuk gaji PNS yang berkeadilan adalah besaran gajinya saja disamakan di setiap daerah.

Sedangkan, untuk tunjangannya bisa disesuaikan dengan daerah masing-masing. Kemudian, besaran tunjangan juga disesuaikan dengan kinerja individu sang abdi negara.

Lihat Juga :
Siapa Pemilik Proyek Rempang Eco City yang Memanas Belakangan Ini?

Maklum, tunjangan kinerja PNS memang telah menelan banyak uang negara. Data Kementerian Keuangan mencatat belanja kementerian/lembaga mencapai Rp134,2 triliun untuk belanja pegawai pada semester I 2023.

Angka ini naik 11,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan belanja pegawai ini terbagi ke dalam gaji dan tunjangan PNS sebesar Rp90,4 triliun atau naik 12,5 persen dari realisasi 2022 sebesar Rp80,4 triliun. Ada juga tukin, honorarium, hingga uang lembur Rp43,8 triliun atau naik 8,4 persen dari Rp40,4 triliun.

Trubus mengingatkan skema gaji tunggal PNS belum tepat untuk diterapkan dalam jangka pendek ini. Ia mengatakan skema tersebut baru bisa diaplikasikan untuk jangka panjang saja.

Lihat Juga :
DPR Ingatkan Jokowi soal Pasal 33 UUD 1945 di Kasus Rempang

"Jangka panjang bagus. Cuma dari anggaran harus disiapkan. Nanti APBN-nya habis untuk biaya birokrasi (kalau diterapkan sekarang)," kata Trubus.

Berbeda dengan Trubus, Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan Skema gaji tunggal bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki sistem penggajian PNS.

Namun, kurang tepat tujuan utamanya jika untuk menghemat anggaran. Ia menilai gaji tunggal lebih tepat tujuan utamanya untuk menyesuaikan kinerja dan pendapatan PNS, atau antara efisiensi dan efektifitas kerja.

"Bisa jadi akhirnya nanti anggarannya menjadi lebih besar, karena tujuannya yang ingin dicapai juga besar toh," kata Ronny.

Berhasil atau Tidak, Sistem Gaji Tunggal PNS Tetap Perlu Dicoba

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Warisan kekaisaran

situs slot vip
US Chambers ikut menyoroti penyelenggaraan Pilpres RI pada 2024 mendatang. Salah satu sorotan soal kunjungan Prabowo Subianto ke AS menjelang Pilpres.
Direktur untuk Asia Tenggara Kamar Dagang Amerika Serikat Shannon Hayden menyebut Prabowo Subianto menjadi calon paling unggul dibandingkan Ganjar dan Anies. (Harviyan Perdana Putra/Harviyan Perdana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha Amerika Serikatyang tergabung dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri (US Chambers) menyoroti penyelenggaraan Pemilihan Presiden Pilpres 2024 di Indonesia tahun depan. Salah satu sorotan mereka berikan terhadap keikutsertaan dan peluang Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo saat ini disebut masih menjadi calon paling unggul dibandingkan dua kandidat lain: Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Lawan-lawannya termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. Ganjar berasal dari partai yang sama dengan Jokowi, tetapi Prabowo memimpin koalisi yang lebih luas, dan Jokowi (meskipun belum secara resmi memberikan dukungan, popularitasnya mencapai 79 persen) telah mengisyaratkan bahwa Prabowo adalah pilihan utamanya untuk melanjutkan kebijakannya," katanya Senior Director, Southeast Asia, U.S. Chamber of Commerce Shannon Hayden dalam pernyataan yang dipublikasikan di website US Chambers, Selasa (5/9) lalu.

US Chambers menyinggung mantan mertua Prabowo yang juga Presiden RI ke-2 Soeharto. Soeharto memimpin Indonesia selama 32 tahun di bawah rezim militer. Ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikoesoemo pernah menjabat sebagai menteri perdagangan dan menteri riset dan teknologi di bawah pemerintahan Soeharto.

Prabowo juga disebut pernah menjabat di militer dan mencapai pangkat letnan jenderal serta memimpin pasukan khusus Indonesia.

"Tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dalam perannya tersebut menghalangi kedatangannya ke Amerika Serikat selama bertahun-tahun, tetapi larangan tersebut telah dicabut selama ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan," katanya.

Lihat Juga :
Bos IMF Bongkar Alasan Sempat Persoalkan Larangan Ekspor Nikel Cs RI

Selain itu, lanjut Hayden, Prabowo juga aktif di dunia bisnis, dengan Nusantara Group miliknya mengendalikan sekitar 27 perusahaan yang bergerak dalam berbagai sektor, mulai dari kelapa sawit, gas alam, batu bara, perikanan, kertas, hingga pulp.

Hayden menyebut usai dicabutnya larangan Prabowo ke AS, ia telah mengunjungi negeri Paman Sam itu.

Lihat Juga :
Luhut Sebut Dunia Rugi US T Akibat Krisis Iklim

Dalam hal ini Hayden melihat ada tiga makna dibalik kunjungan Prabowo ke AS.

Pertama,Indonesia sedang mencari modernisasi militer, dengan dukungan Amerika Serikat yang ditekankan dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan Prabowo dengan Austin di Pentagon.

Selama kunjungannya, Prabowo menyaksikan penandatanganan kesepakatan dengan Boeing di St. Louis untuk pembelian 24 pesawat tempur F-15EX dan juga hadir di Washington saat penandatanganan kesepakatan penjualan hingga 24 helikopter Lockheed Martin/Sikorsky S-70M Black Hawk.

Akuisisi ini akan meningkatkan interoperabilitas dengan Amerika Serikat dan memperluas pilihan untuk latihan bersama. Hal ini menjadi prestasi yang terlihat secara publik bagi Prabowo dalam perannya sebagai Menteri Pertahanan.



Kedua,Jokowi telah berusaha keras untuk tampil netral dalam konflik ini, dengan mengunjungi baik Ukraina maupun Rusia tahun lalu dan menawarkan mediasi antara kedua negara tersebut. Prabowo juga mungkin telah mengubah pendiriannya setelah rencana perdamaian yang ia tawarkan dalam Dialog Shangri-la di Singapura pada bulan Juni mendapat banyak kritik, yang membuat Jokowi secara publik menjauh.

Ketiga,kunjungan ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan prioritas domestiknya melalui peningkatan keterlibatan antara AS dan Indonesia.

Ini termasuk penciptaan lapangan kerja dan peluang ekonomi melalui kerjasama dalam keamanan pangan (pencegahan stunting pada anak-anak Indonesia melalui malnutrisi telah lama menjadi bagian dari platform Prabowo), pertukaran pendidikan internasional, inovasi teknologi, dan lainnya.

Menjelang pemilihan presiden pada bulan Februari mendatang, ujar Hayden, Kamar Dagang Amerika dan AmCham Indonesia (American Chamber Of Commerce in Indonesia) akan memeriksa situasi dan program calon secara mendalam dalam US-Indonesia Investment Summit tahunan pada 24 Oktober di Jakarta.

"Dalam lima bulan ke depan, masih ada waktu untuk dinamika pemilihan berubah. Seorang kandidat bisa mundur dan bergabung dengan salah satu tiket calon yang tersisa sebagai wakil presiden. Skandal bisa muncul. Jokowi juga bisa memberikan dukungan tiba-tiba. Tetapi saat ini, Prabowo tampaknya telah mencapai tujuannya dengan kunjungan ke Amerika Serikat dan kembali ke tanah air masih sebagai calon terkuat," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Kegilaan Evolusi Liar

pinjol yang pasti disetujui
Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.
Masyarakat dipersilakan menguji coba kereta cepat dari Jakarta tujuan Bandung dengan cara mendaftar terlebih dahulu. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional kereta cepatsecara gratis bagi masyarakat umum mulai hari ini, Minggu (17/9).

"Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan kepada masyarakat merasakan pengalaman menggunakan kereta api dengan kecepatan tinggi hingga 350 km per jam," General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam rilis resmi, Sabtu (16/9).

Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.

Kemudian pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 sampai 30 September 2023.

Eva mengatakan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba ini sudah bisa melakukan pendaftaran melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id/.

Berikut ketentuan berpartisipasi dalam uji coba kereta cepat.

1. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.

2. Satu pendaftar bisa melakukan pemesanan untuk maksimal dua penumpang.

3. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba

4. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.

6. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Lihat Juga :
Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Libatkan 852 Pekerja China

Selama masa uji coba terbatas, setiap hari KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan yang beroperasi.

Dari empat jadwal tersebut, dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lain keberangkatan Stasiun Tegalluar dengan waktu keberangkatan sebagai berikut :
1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan.

"Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran," kata Eva.

KCIC juga mengimbau agar calon penumpang memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih dan datang selambat-lambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim bisa melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Lihat Juga :
DPR ke Erick soal Jokowi Ajak Artis Nikmati Kereta Cepat: Kami Kapan?

Sementara itu, untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar.

Salah satunya dengan Damri. KCIC menyediakan delapan armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerjasama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan empat unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon.

Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

(isa/mik)

[Gambas:Video CNN]

Fu Xian terlahir kembali di kota

gas138
Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin 'berjanji' mengurangi impor alat utama sistem senjata (alutsista) jika dimodali negara Rp1,75 triliun.
Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin 'berjanji' mengurangi impor alat utama sistem senjata (alutsista) jika dimodali negara Rp1,75 triliun. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin 'berjanji' mengurangi impor alat utama sistem senjata (alutsista) jika dimodali negara Rp1,75 triliun.

Bobby merinci 5 manfaat jika Len dan sederet anak usahanya mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) tersebut. Pertama, mendukung peningkatan kemandirian berdaya saing untuk mendukung pertahanan nasional yang berefek gentar.

"Kedua, berdampak terhadap pengurangan beban impor atau substitusi impor dan peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) produk-produk industri pertahanan," tegasnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta Pusat, Rabu (20/9).

Kelima, Bobby menyebut perusahaan punya potensi lebih tinggi untuk mengekspansi dan membawa dampak ekonomi, baik secara internal maupun eksternal.

Namun, Bobby tak merinci berapa banyak pengurangan produk impor alutsista tersebut jika suntikan modal negara disetujui. Ini turut mengundang pertanyaan dari Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie OFP yang memimpin rapat.

"Pak Dirut (Bobby), nanti ditambahkan saat pendalaman. Itu kan ada dampak terhadap pengurangan beban impor dan peningkatan TKDN. Untuk masing-masing itu berapa Pak? PT Pal Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, dan PT Pindad. Sekarang berapa, nanti arahnya mau jadi berapa?" titah Dolfie kepada Bobby.

Lihat Juga :
Eks Dirut Pertamina Tersangka KPK, Erick Singgung Bersih-bersih BUMN

PMN tunai yang diajukan PT Len Industri terbagi ke dalam beberapa anak perusahaannya. Berikut rinciannya:

1. PT Len Industri (Rp367 miliar)
Tujuan: pembangunan industri radar nasional

2. PT Pal Indonesia (Rp427 miliar)
Tujuan: peningkatan kapasitas produksi melalui akuisisi galangan kapal baru dan perbaikan atau upgrade fasilitas

3. PT Dirgantara Indonesia (Rp543 miliar)
Tujuan: peningkatan kapasitas produksi pesawat CN235, pembangunan fasilitas produksi pesawat N219, dan revitalisasi fasilitas pendukung

4. PT Pindad (Rp417 miliar)
Tujuan: pengembangan lini produksi amunisi kaliber kecil dan pengembangan fasilitas produksi medium tank serta kendaraan tempur

Selain itu, ada juga PMN non-tunai sebesar Rp456 miliar dalam bentuk utang Subsidiary Loan Agreement (SLA) atau Rekening Dana Investasi (RDI). Berikut rinciannya:

1. PT Len Industri (Rp32 miliar)
2. PT Pal Indonesia (Rp157 miliar)
3. PT Pindad (Rp266 miliar)

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Kronik Lima Benua dan Bangsa

rtp idcash88
PT Kereta Cepat Indonesia China membuka lowongan untuk lima posisi bagi putra-putri terbaik bangsa yang dimulai dari lulusan SLTA atau SMA. Berikut posisinya.
PT Kereta Cepat Indonesia China membuka lowongan untuk lima posisi bagi putra-putri terbaik bangsa yang dimulai dari lulusan SLTA atau SMA. ( AFP via Getty Images/TIMUR MATAHARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta CepatIndonesia Chinamembuka lowongan untuk lima posisi bagi putra-putri terbaik bangsa yang dimulai dari lulusan SLTA atau SMA.

Posisi yang mereka tawarkan; manager information system integration, officer training and certification, officer corporate planning and strategy, EMU washing machine operator, dan analis laboratorium.

"Kehadiran KA Cepat membuka banyak peluang untuk masyarakat termasuk tersedianya lapangan pekerjaan," ujar vGM Corporate Secretary Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9).

"Tentu saja diharapkan dari proses rekrutmen ini akan terpilih putra putri daerah terbaik untuk membantu terciptanya layanan KA cepat yang optimal," jelasnya.

Menurut Eva, nantinya SDM Indonesia akan mendapatkan transfer ilmu terkait operasi dan perawatan sarana sehingga secara bertahap akan menggantikan seluruh pekerjaan yang dilakukan tenaga ahli KA Cepat asal China.

"Para tenaga kerja lokal ini akan mendapatkan pelatihan dari tenaga ahli dan alih pengetahuan. Tentu saja tujuan akhirnya agar kegiatan operasi dan perawatan KA Cepat bisa dilakukan secara mandiri oleh SDM Indonesia," imbuhnya.

Lowongan pekerjaan untuk kelima posisi ini dibuka sampai 5 September 2023. Informasi dan syarat ketentuan selengkapnya dapat dilihat di https://kcic.co.id/karir.

Syarat dan kriteria yang ditetapkan:

1. Untuk posisi Manager Information System Integrasi dibutuhkan lulusan sarjana dan sederajat, diutamakan lulusan pendidikan di bidang IT dengan usia maksimal 35 tahun.

2. Di posisi Officer Training and Certification dibutuhkan lulusan lulusan sarjana dengan usia maksimal 27 tahun.

3. Untuk posisi officer corporate planning and certification, dibutuhkan pelamar dengan lulusan minimal pendidikan D3 dengan jurusan kearsipan atau ilmu perpustakaan.

4. Untuk posisi EMU Washing Machine Operator dibutuhkan lulusan SMA/SMK Sederajat jurusan Teknik Mesin atau Teknik Elektro dengan usia maksimal 25 tahun.

5. Untuk posisi Analis Laboratorium, syarat pendidikan minimal adalah D3 Analis Kimia dan Sederajat dengan usia maksimal 25 tahun.

Eva menegaskan seluruh proses seleksi dilakukan tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

"Kami mengimbau masyarakat agar mewaspadai segala bentuk pungutan yang mengatasnamakan rekrutmen KCIC. Masyarakat diharap mengabaikan pihak-pihak yang mengaku dapat membantu meluluskan calon karyawan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)