petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

jitu777

gading88 202Jutaan kata 296268Orang-orang telah membaca serialisasi

《jitu777》

Pola makan bergizi bantu jaga ketahanan tubuh saat musim hujan******

Pola makan bergizi bantu jaga ketahanan tubuh saat musim hujan
Warga mengenakan payung saat hujan di Jalan Raya Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/YU)
Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis gizi klinik Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS. SpGK. (K) menganjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi lengkap guna menjaga ketahanan tubuh dalam menghadapi musim hujan.

"Di musim hujan, suhu udara juga menjadi dingin, kita sedikit-sedikit akan terkena hujan. Kita harus menjaga stamina untuk mencegah sakit," kata Luciana saat dihubungi ANTARA pada Jumat.

Luciana, yang meraih gelar doktoral untuk bidang gizi dari Universitas Indonesia, menganjurkan pola makan terjadwal yang terdiri dari tiga kali makanan utama dan dua sampai tiga kali makanan selingan dalam sehari. Makanan dengan gizi lengkap dan bervariasi terdiri dari makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat, lauk pauk yang kaya akan kandungan protein, ditambah dengan sayur dan buah-buahan.

"Jika kita makan lengkap dan bervariasi, maka semua zat gizi yang kita perlukan dapat tercukupi," ujar Luciana.

Baca juga: Ahli: Jaga kebersihan guna cegah diare pada anak saat musim hujan

Sebagai pelengkap dari makanan bergizi, Luciana menyarankan mengonsumsi vitamin dosis rendah agar kebutuhan nutrisi harian semakin terpenuhi.

"Vitamin dosis tinggi hanya diberikan oleh dokter jika ada kekurangan, yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium," tutur pakar gizi dari Nutri Health Indonesia itu.

Intensitas hujan yang tinggi seringkali diikuti oleh terjadinya banjir di beberapa wilayah. Saat terjadi banjir, Luciana mengingatkan untuk menghindari air banjir karena sudah terkontaminasi oleh kotoran dan kuman.

Selain itu, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun saat terkena air banjir serta menghindari genangan air kotor yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"Juga lakukan pemberantas jentik nyamuk dengan mengeringkan tempat yang tergenang air, termasuk air banjir," kata Luciana menambahkan.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan hujan mengalami perpanjangan di Pulau Jawa dan belum ada tanda-tanda berakhir meski sekarang sudah memasuki bulan Maret.

Baca juga: Waspadai penyakit kulit yang berpotensi timbul saat musim hujan

Baca juga: Ahli: Atur asupan gizi dengan hindari makanan berlemak saat bekerja

Baca juga: Ahli gizi bagikan opsi sumber karbohidrat

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Putin kecam campur tangan negara******

Putin kecam campur tangan negara-negara Barat di urusan internal Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunan di Majelis Federal, di Moskow, Rusia, pada 29 Februari 2024. (Photo by Alexander Zemlianichenko Jr/Xinhua)
Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (29/2) mengecam niat negara-negara Barat untuk mencampuri urusan internal Rusia, dan menekankan bahwa Rusia akan secara independen memilih jalur pembangunannya sendiri.

Rakyat Rusia akan mempertahankan hak-hak mereka untuk hidup dalam perdamaian dan memilih jalur pembangunan nasional mereka sendiri, ujar sang presiden dalam pidato tahunannya di hadapan Majelis Federal.

Berkenaan dengan urusan internasional, Putin mengatakan bahwa Rusia siap berdialog dengan semua negara dan asosiasi yang berminat untuk menciptakan pola baru keamanan yang setara dan solid di Eurasia.

"Kami ingin menyatukan upaya-upaya yang dilakukan oleh mayoritas global untuk mengatasi tantangan-tantangan global, termasuk transformasi cepat di bidang ekonomi, perdagangan, keuangan, dan pasar teknologi dunia ketika banyak monopoli-monopoli terdahulu dan berbagai stereotipe yang berkaitan dengannya mulai runtuh," ujar sang presiden.

Meski demikian, Putin menolak kemungkinan perihal perundingan stabilitas strategis dengan pihak Amerika Serikat (AS) jika AS bersikap "munafik" dalam hal ini.

Mengenai krisis Ukraina, Putin memperingatkan bahwa segala bentuk intervensi potensial Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Ukraina akan berujung pada konsekuensi yang tragis.
 
   Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunan di Majelis Federal, di Moskow, Rusia, pada 29 Februari 2024. (Xinhua/Cao Yang)


Sementara itu, Putin mengatakan bahwa saat ini kekuatan nuklir strategis Rusia "dalam kondisi sepenuhnya siap untuk digunakan" dan Rusia akan terus mengembangkan berbagai sistem persenjataan canggih

Terkait isu-isu domestik, Putin mengatakan bahwa ekonomi Rusia kini menjadi lebih beragam, lebih berteknologi, dan lebih berkelanjutan.

Berkat pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, jumlah warga Rusia yang hidup di bawah garis kemiskinan turun menjadi 13,5 juta orang per akhir 2023, katanya. Dia menambahkan bahwa ini menandai perubahan dramatis dibandingkan dengan angka 42 juta orang yang tercatat pada tahun 2000 lalu.

Lebih lanjut, presiden Rusia itu juga mengusulkan serangkaian target untuk pembangunan ekonomi Rusia di bidang teknologi tinggi, ketahanan pangan, dan bidang-bidang lainnya dalam enam tahun ke depan.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Kiat membangun keterampilan interaksi sosial yang positif bagi anak******

Kiat membangun keterampilan interaksi sosial yang positif bagi anak
Sejumlah siswa menghias miniatur rumah berenergi surya dalam kegiatan edukasi dari komunitas I Love Energi Surya (ILES) di TK Perintis 1 Yayasan Al Hakiim, Cakung, Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Jakarta (ANTARA) - Kemampuan dalam menjalin interaksi sosial penting diajarkan sejak usia dini guna menumbuhkan rasa percaya diri dan kecerdasan emosional yang bermanfaat untuk masa mendatang dan hal yang perlu dilakukan bisa dimulai dengan menjalin pertemanan. 

Pendiri sekaligus CEO lembaga pendidikan anak usia dini IKidz, Dhruv Ahuja mengatakan bahwa setiap anak memiliki proses yang berbeda-beda dalam menjalin pertemanan, ada yang mudah dan ada pula yang lebih sulit ketika membentuk hubungan sosial yang sehat.

"Selanjutnya, ini membutuhkan lingkungan yang inklusif, di mana setiap anak memahami pentingnya pengembangan keterampilan sosial," kata Dhruv dikutip dari Hindustan Times, Jumat.

Menurutnya, keterampilan sosial dapat membantu anak-anak dalam membangun hubungan sosial yang positif. Dhruv membagikan sejumlah kiat dalam menumbuhkan keterampilan menjalin pertemanan dan interaksi sosial yang positif bagi anak-anak:

Baca juga: Psikolog imbau orang tua ajak anak terlibat dalam kegiatan sosial

Dimulai sejak dini

Pengembangan keterampilan interaksi sosial dapat dimulai sejak usia dini. Baik orang tua maupun guru dapat mulai mengenalkan pengembangan keterampilan interaksi sosial sebagai salah satu kemampuan penting dalam hidup.

Dengan pengenalan di usia dini, anak-anak dapat lebih siap dalam menghadapi pengalaman sosial yang berbeda-beda seiring berjalannya waktu.

Belajar sambil bermain

Anak-anak cenderung lebih senang belajar melalui kegiatan yang menyenangkan dibandingkan proses belajar konvensional yang kaku dan melelahkan.

Sangat penting untuk menerapkan kegiatan belajar sambil bermain dan interaksi kelompok sebagai upaya untuk mengajarkan keterampilan sosial. Cara-cara yang dapat dicoba bisa seperti bermain peran, melatih percakapan, dan melalui permainan.

Beri contoh positif

Orang tua atau pengajar dapat berperan sebagai pemberi contoh positif kepada anak-anak. Anak-anak cenderung akan meniru perilaku dari orang dewasa yang berada di sekitarnya.

Oleh karena itu, orang tua atau pengajar dapat mencontohkan perilaku baik misalnya berbagi kepada orang lain, menunjukkan rasa empati, bekerja sama, atau bersikap baik dan sopan.

Dengan begitu, anak-anak dapat meniru perilaku baik tersebut dan akan terus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan kegiatan berkelompok

Melakukan kegiatan berkelompok dengan anak-anak lain dapat meningkatkan kemampuan sosial sekaligus akademis anak-anak. Kegiatan seperti membaca buku bersama di perpustakaan atau bermain bersama di taman bermain dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak-anak.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat anak-anak juga dapat membantu anak-anak belajar memulai percakapan dan menguasai keterampilan dasar dalam berbagi, berbicara, dan bekerja sama.

Baca juga: Olahraga bantu pengembangan karakter sosial dan keterampilan anak

Memberikan edukasi terkait emosi

Mengedukasi anak-anak dalam mengekspresikan emosinya dapat membantu dalam menjalin hubungan sosial yang positif.

Mengajarkan tentang kompleksitas emosi dapat memberikan edukasi mengenai keseimbangan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Dengan begitu anak dapat lebih merasa diberdayakan, diakui, dan didengar sehingga mendorong terbentuknya hubungan sosial positif dengan orang lain.

Aktif melibatkan orang tua, guru, dan pengasuh

Peran yang kuat di antara orang tua, pendidik, dan pengasuh sangat penting dalam mendidik dan membimbing anak termasuk dalam pengembangan keterampilan interaksi sosial.

Penting untuk diperhatikan bahwa baik orang tua, guru, maupun pengasuh seharusnya hanya bertindak sebagai pemandu dan bukan memaksakan dalam memutuskan apa yang benar atau salah untuk anak.

Di sisi lain, anak-anak membutuhkan ruang untuk memperluas pengetahuan mereka sehingga memungkinkan mereka untuk dapat membuat kesalahan dan secara bersamaan membantu mereka belajar dari kesalahan itu.

Hal tersebut tidak hanya akan membuat mereka mahir dalam bersosialisasi tetapi juga akan menanamkan harga diri dalam dirinya.

Baca juga: TII: Keterampilan bela diri dapat melindungi anak dari "bullying"

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:interbola2

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
judi slot888
pinjam uang 2 juta
walet789
pola gacor 4d
wild slot88
fajartoto
slot gacor png
cara dapat uang dengan menonton youtube
rejekihoki
Daftar isi semua bab
Bab 1 kode alam anjing
Bab 2 slot gacor resmi terpercaya
Bab 3 bidadari29
Bab 4 cara dapat uang dari menonton youtube
Bab 5 lampu188
Bab 6 buku mimpi abjad
Bab 7 situs trading forex indonesia terpercaya
Bab 8 slot resmi di indonesia
Bab 9 100 slot gacor
Bab 10 qjoker
Bab 11 slot gacor 5000 pragmatic play
Bab 12 cara pasang protogel
Bab 13 asoka88
Bab 14 slot yang bagus
Bab 15 jokerbet888
Bab 16 bandarjudiqq
Bab 17 slot terpercaya hari ini
Bab 18 putrijp
Bab 19 trik bermain starlight princess
Bab 20 promo grabfood februari 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9225bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Wuhuang Fentian

cara slot gacor
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menuding eks Mendag Jokowi yang sekarang jadi Co-Captain AMIN Tom Lembong telah membohongi Anies-Cak Imin.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menuding eks Mendag Jokowi yang sekarang jadi Co-Captain AMIN Tom Lembong telah membohongi Anies-Cak Imin. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan menyerang balik Co-captain 2 Timnas AMIN Thomas Lembongsoal anjloknya harga nikel.

Luhut menuduh Thomas berbohong atas pernyataan bahwa harga nikel anjlok akibat gencarnya pembangunan smelter di Indonesia, yang termasuk program hilirisasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bagaimana Anda memberikan advicebohong kepada calon pemimpin yang Anda dukung? Saya sedih lihat Anda. Artinya intelektual Anda menurut saya jadi saya ragukan," ujar Luhut kepada Tom dalam video di akun Instagram pribadinya, Rabu (24/1).

Luhut menegaskan harga nikel perlu dilihat dalam bentuk data panjang, misal sepuluh tahun terakhir.

Ia menyebut siklus dari komoditas naik dan turun, mulai dari batu bara, nikel, hingga emas. Namun, Luhut menyebut harga nikel dunia sekarang menyentuh Rp15 ribu, lebih bagus dari periode 2014-2019 yang hanya Rp12 ribu.

"Jadi saya enggak ngerti bagaimana Tom Lembong memberikan statement seperti ini," kata dia.

Luhut juga menyoroti bagaimana Tom menyerang program hilirisasi nikel di rezim Jokowi. Tom sebelumnya sempat menyebut negara luar sudah mulai meninggalkan nikel Indonesia untuk menggarap baterai mobil listrik dan beralih ke lithium ferro phosphate (LFP).

Luhut menegaskan apa yang dikatakan eks menteri perdagangan itu tidak benar.

Lihat Juga :
Luhut 'Ceramahi' Habis Tom Lembong: Saya Sedih Lihat Anda

"Tidak benar pabrik Tesla di Shanghai menggunakan 100 persen LFP untuk mobil listriknya. Mereka masih tetap menggunakan nikel based baterai. Jadi, seperti suplai nikel based baterai itu dilakukan oleh LG Korea Selatan untuk model mobil listrik yang diproduksi Tesla di Shanghai," jelasnya.

Tom sebelumnya menyebut harga nikel global sudah turun sekitar 30 persen dalam 12 bulan terakhir. Ia kemudian memprediksi stok nikel di dunia mengalami surplus yang terbesar sepanjang sejarah.

Penurunan ini dinilainya akibat pasokan global "kebanjiran" nikel dari Indonesia.

"Jadi dengan begitu gencarnya dibangun smelter di Indonesia, kita membanjiri dunia dengan nikel. Harga jatuh, terjadi kondisi oversupply," ujar pria yang akrab disapa Tom itu dalam video yang diunggah kanal YouTube Total Politik, dikutip Selasa (16/1).

[Gambas:Video CNN]



(skt/del)

Tuhan lahir

situs slot rtp tinggi
Menteri PUPR Basuki akan terbang ke China pekan depan untuk mempelajari pembangunan kereta tanpa rel di IKN.
Menteri PUPR Basuki akan terbang ke China pekan depan untuk mempelajari pembangunan kereta tanpa rel di IKN. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PUPR Basuki Hadimuljonoakan terbang ke Chinauntuk mempelajari pembangunan kereta tanpa relatau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN Nusantara.

Maklum, pembuatan kereta tanpa rel itu memang melibatkan perusahaan dari Negeri Tirai Bambu.

"Minggu depan ini beberapa orang dari Bina Marga akan lihat di China yang sudah punya itu. Katanya nggak terlalu susah karena nggak bikin rel baru," kata Basuki usai Salat Jumat di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (26/1).

Basuki pun mengatakan pihaknya terus mendalami rencana proyek tersebut. Ia pun membocorkan kereta itu akan tetap menggunakan jasa masinis untuk memegang kemudi.

"Itu di daerah sumbu kemarin saya sudah konfirmasi ke presiden itu memang perintahnya Bapak Presiden supaya ada ART itu," ucap Basuki.

Terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan kereta otonom itu bakal dibangun di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur IKN.

"Seperti yang saya lihat di China beberapa waktu lalu, kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet," kata Budi melalui akun Instagram resmi, Kamis (25/1).

Ia menuturkan ART yang dibangun berkapasitas total 324 penumpang. Adapun kecepatan operasionalnya mencapai 40 kilometer (km) per jam dan maksimal 70 km per jam.

Sementara, untuk satu set kereta akan terdiri dari dua gerbong.

Budi juga mengatakan pembangunan rute ART akan dilakukan dalam dua fase. Pembangunannya pun tentunya berkoordinasi bersama Badan Otoritas IKN dan Kementerian PUPR.

Ia menambahkan bahwa ERT juga kelak bisa dibangun di daerah lain di Indonesia.

"ART juga sangat mungkin dibangun di kota-kota besar lainnya di Indonesia," kata Budi.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Pedang melawan Surga

bo tergacor terpercaya
Kalangan pengusaha China incar peluang dari "kekuatan produktif baru"
Pengunjung menyaksikan robot mengelas badan mobil pada Pameran Industri Internasional China (CIIF) ke-23 di Shanghai, China, 19 September 2023. (Xinhua/Fang Zhe)
Harbin (ANTARA) - Ratusan pengusaha, pakar, dan akademisi berkumpul di Resor Ski Yabuli di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, dan mendiskusikan berbagai peluang baru yang didapatkan industri manufaktur China dari "kekuatan-kekuatan produktif baru".

"Kekuatan-kekuatan produktif baru" yang dimaksud antara lain seperti bidang teknologi digital dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Sebagai pusat manufaktur dan inovasi, China memiliki sistem rantai pasokan terlengkap di dunia dan talenta yang berlimpah," kata Presiden Panasonic (China) Co., Ltd. Zhao Bingdi dalam forum manufaktur di pertemuan tahunan China Entrepreneurs Forum (CEF) ke-24.

Menurut Zhao, perusahaannya memandang China sebagai pasar yang paling penting, dan berharap dapat mengidentifikasi lebih banyak peluang untuk bersaing dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan China.

Zhou Yuxiang, salah satu pendiri sekaligus CEO Blacklake, perusahaan teknologi yang berbasis di Shanghai, meyakini bahwa rantai industri yang lengkap di China dapat mengubah pengiriman yang fleksibel menjadi keuntungan baru bagi industri manufaktur China.

Zhou mengatakan bahwa setelah mengunjungi lebih dari 90 perusahaan manufaktur, dia menemukan bahwa beberapa di antaranya mengalami kelebihan kapasitas, sementara banyak kebutuhan kustomisasi nonstandar di pasar belum diwujudkan.

Zhou berpendapat bahwa meningkatkan kecepatan pengiriman produk dan kapasitas pengiriman yang fleksibel sangat penting di tengah perubahan pesat dalam tren dan permintaan pasar.

Hal ini dapat dicapai dengan mengintegrasikan sistem rantai industri yang dikembangkan dengan baik dan kekuatan produktif baru, termasuk AI dan teknologi digital.

Menurut Ye Jun, presiden DingTalk, aplikasi pesan instan di tempat kerja milik Alibaba, AI akan membuka era baru perubahan dan perkembangan teknologi.

Ye mengatakan bahwa AI dan kantor kolaboratif tidak hanya mampu menangani urusan yang berulang secara efisien, tetapi juga menghadirkan transformasi mendalam dalam hal interaksi manusia-komputer, dekomposisi kelompok dan perencanaan tugas, serta pelaksanaan tugas.

Dia menambahkan bahwa pasar membutuhkan perusahaan untuk secara konstan menyentuh "batas maksimal" dari model-model AI skala besar, serta menyerukan agar lebih banyak model industri kecil atau khusus meningkatkan kepastian untuk pelaksanaan tugas tertentu.

"Sistem tool-typeseperti televisi, mobil, dan Dingtalk sangat cocok untuk model berukuran kecil dan menengah, yang output-nya memberikan kepastian. Kami melihat potensi besar untuk AI di bidang ini," kata Ye.

Pada 2001, sekelompok pengusaha China mendirikan Yabuli China Entrepreneurs Forum di Heilongjiang.

Saat ini, forum tersebut telah berkembang menjadi salah satu platform paling berpengaruh bagi para pengusaha di negara tersebut.

Selain serangkaian forum pengusaha, upacara penandatanganan proyek-proyek kerja sama juga diadakan dalam pertemuan tahun ini. Proyek-proyek tersebut berfokus pada bidang-bidang utama, seperti ekonomi digital, bioekonomi, ekonomi salju dan es, energi baru, peralatan canggih, kedirgantaraan, dan material-material baru. Sebanyak 125 proyek telah ditandatangani, dengan total nilai kontrak sekitar 94 miliar yuan (1 yuan = Rp2.177).

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Sistem memasak Shaolin

situs 123 slot
Menko Marves Luhut Binsar berjanji biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bakal lebih murah dari Whoosh.
Menko Marves Luhut Binsar berjanji biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bakal lebih murah dari Whoosh. (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan berjanji biaya proyekKereta Cepat Jakarta-Surabayabakal lebih murah dari Whoosh.

"Sekarang studinya sedang jalan, kita minta (bantuan) Prof. Satrio yang ikut menangani LRT, orang Indonesia. Dari China, Tiongkok juga (ikut studi)," katanya di Kemenko Marves, Jumat (26/1).

"Sekarang bicara soal bunganya. Kita berangkat dari pengalaman (Kereta Cepat Whoosh) Jakarta-Bandung, pasti kita bikin lebih murah, karena dulu masalah tanah. Kita udah tahu kiat-kiatnya, terowongan misalnya, seminim mungkin bikin terowongan misal," imbuh Luhut.

Terpisah, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) masih enggan mengungkap titik atau trase yang akan dilalui Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Namun, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan pembangunan tahap awal mungkin baru akan sampai ke DI Yogyakarta.

"Ada kemungkinan begitu (tahap pertama sampai ke Yogyakarta dulu), kan kalau sampai Surabaya masalah waktu dan biaya. Intinya bahwa studinya mesti lebih baik, trase, feasibility study (FS), dan lain-lain. Kita punya banyak pengalaman dari Jakarta-Bandung, mestinya lebih oke lah untuk extend ke Yogyakarta dan Surabaya," tutur Dwiyana usai menandatangani nota kesepahaman dengan Setjen DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/1).

"Sekarang sedang penggodokan untuk perencanaan (Kereta Cepat Jakarta-Surabaya). Kalau trasenya diumumkan, ya nanti spekulan-spekulan tanah main semua," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Superstar Xuankai

bi checking pinjol
Kemenkeu optimalkan APBN untuk jaga aktivitas manufaktur RI
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam Konferensi Pers APBN KITA Edisi Desember 2023 di Jakarta, Jumat (15/12/2023). ANTARA/Agatha Olivia Victoria
Di tengah pelemahan ekonomi global dan masih berlanjutnya perlambatan manufaktur di beberapa negara, Indonesia mampu menjaga aktivitas manufaktur yang tetap kuat. Capaian ini akan terus dijaga dengan optimalisasi APBN dan tetap mengantisipasi risiko
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan akan terus mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menjaga kinerja positif sektor manufaktur Indonesia.

Aktivitas manufaktur Indonesia terus melanjutkan kinerja kuat, tercermin pada Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Februari 2024 masih berada pada level 52,7. Meski sedikit menurun dari capaian Januari (52,9), namun PMI manufaktur Indonesia tetap berada pada zona ekspansif.

“Di tengah pelemahan ekonomi global dan masih berlanjutnya perlambatan manufaktur di beberapa negara, Indonesia mampu menjaga aktivitas manufaktur yang tetap kuat. Capaian ini akan terus dijaga dengan optimalisasi APBN dan tetap mengantisipasi risiko global saat ini,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu di Jakarta, Jumat.

Meskipun dihadapkan pada tren pelemahan aktivitas ekonomi global, permintaan domestik yang masih kuat serta permintaan dari beberapa mitra dagang utama yang masih tumbuh kuat mampu menjaga momentum kinerja sektor manufaktur nasional.

Beberapa negara mitra dagang Indonesia yang sektor manufakturnya masih mencatatkan ekspansi yaitu India (56,7) dan Amerika Serikat (51,5). Sementara, PMI manufaktur negara kawasan ASEAN seperti Malaysia dan Thailand masih terkontraksi, masing–masing ke level 49,5 dan 45,3.

Febrio mengatakan kinerja manufaktur Indonesia yang masih ekspansif ini didorong oleh tingkat permintaan dalam negeri dan pembelian barang input sebagai antisipasi peningkatan permintaan menjelang Ramadhan.

Kepercayaan bisnis pada Februari 2024 berada di level tertinggi, menandakan optimisme pelaku bisnis terhadap prospek produksi Indonesia di tahun 2024 relatif masih tinggi.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan kinerja industri manufaktur Indonesia tetap dalam level yang ekspansif meski di tengah resesi global.

Hal itu dapat dilihat dari rata-rata pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) industri manufaktur Indonesia yang mencapai 3,44 persen dalam periode 2014-2022.

“PDB industri manufaktur Indonesia mencapai 3,44 persen dalam periode 2014-2022, lebih tinggi dari pertumbuhan manufaktur dunia maupun OECD dan kontribusi industri manufaktur sebesar 19,9 persen,” ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif di Jakarta, Kamis (29/2).

Baca juga: Kemenkeu antisipasi pasokan dan harga pangan jelang Ramadhan

Baca juga: Kemenkeu sebut insentif pajak fasilitasi tes pasar kendaraan listrik

Baca juga: Kemenkeu: Pemerintah dukung habis-habisan industri kendaraan listrik

Baca juga: Kementerian ESDM dan Kemenkeu koordinasi soal IUPK Vale Indonesia

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Biarkan orang itu pergi

cara belanja offline kredivo
Akademisi: Pendidikan landasan membentuk karakter pemimpin masa depan
Akademisi asal Kamoro, Papua Tengah Leonardus Tumuka S.Ip MSi PhD. ANTARA/Evarianus Supar
Melalui pendidikan anak-anak dapat belajar cara menjadi seorang pemimpin yang baik, adil, bertanggung jawab
Timika (ANTARA) - Akademisi asal Suku Kamoro di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah Leonardus Tumuka mengatakan bahwa pendidikan merupakan landasan utama dalam membentuk karakter pemimpin masa depan bangsa.

Mantan Ketua Yayasan Pendidikan Kamoro itu  kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan bahwa pendidikan kunci bagi generasi muda memperoleh edukasi dan pengalaman dalam mempersiapkan diri menuju masa depan yang lebih baik.

"Pada prinsipnya pendidikan karakter dapat diperoleh anak-anak sejak dini mulai dari pendidikan formal maupun non formal," kata Tumuka yang menyelesaikan Program Doktor (Ph.D) di Universitas Filipina, Los Banos, Lagua pada 2015.

Menurut Tumuka, pendidikan karakter sangat diperlukan dalam menumbuhkembangkan kemampuan dasar seorang anak didik untuk berpikir cerdas, berperilaku dan berakhlak baik.

"Ketika seorang anak sejak dini dibentuk dalam sebuah pendidikan karakter yang baik maka akan sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan juga masyarakat umum," ujar Tumuka yang menyelesaikan S2 di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Baca juga: Akademisi: Rumah Transit Yau Ma'o jadi tempat belajar anak
Baca juga: Intelektual Kamoro soroti penurunan kualitas pendidikan di Mimika

Dia menjelaskan pendidikan juga akan sangat membantu seorang anak sejak dini, untuk mengembangkan kualitas dirinya sebagai calon pemimpin masa depan.

"Melalui pendidikan anak-anak dapat belajar cara menjadi seorang pemimpin yang baik, adil, bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan sekitarnya," katanya.

Pria yang dipanggil akrab Leo itu menambahkan pihaknya terus mendorong melalui Rumah Transit Yau Ma'o agar anak-anak asli Suku Kamoro pada daerah ini, dapat diberi edukasi tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan.

"Edukasi dan stimulus bagi anak sejak dini sangat penting dilakukan, untuk itu melalui Rumah Transit Yau Ma'o, kami harap anak-anak terus termotivasi untuk belajar dan mencintai dunia pendidikan," ujarnya.
Baca juga: Pemprov Papua Barat kucurkan Rp27 miliar untuk SMAN Taruna Kasuari
Baca juga: SSH jadi terobosan Unipa atasi masalah putus sekolah di Papua
Baca juga: Pemkab Biak manfaatkan Dana Otsus Rp10 miliar bangun sekolah & asrama 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024