petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot judi88

hello slot 216Jutaan kata 55408Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot judi88》

ITS, Sistem Pendukung Rekayasa Lalin Jasa Marga di Lebaran 2023******

Jasa Marga sendiri merupakan operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan ITS.
Ilustrasi. (Foto: Jasa Marga)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengembangkan sistem Intelligent Transportation System(ITS) melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID), yang digunakan Jasamarga Tollroad Command Center(JMTC) untuk mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin).

Jasa Marga sendiri merupakan operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan ITS. Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, mengatakan, inovasi berbasis teknologi yang berkelanjutan itu bertujuan memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan.

"Yang terbaru di tahun ini, Jasa Marga melakukan enhancementteknologi digital yang dapat memantau, mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terkait kebijakan pengaturan lalu lintas kepada pemangku kepentingan dan akses informasi yang lebih mudah dan terkini kepada pengguna jalan," kata Subakti.

Kedua, Incident Management System(IMS) yang memberikan notifikasi terkait gangguan lalin, rekayasa lalin, dan kegiatan pemeliharaan jalan tol. Sistem ini didukung oleh 31 sensor dan 14 CCTV untuk memantau water storagedi area sekitar jalan tol, serta 3 anemometer untuk memantau kecepatan angin di Jalan Tol Bali Mandara.

Ketiga, Road Safety and Traffic Violationuntuk memantau kendaraan yang melebihi batas atas kecepatan dan beban muatan saat melewati jalan tol, didukung oleh 26 speed cameradan 7 unit Weigh in Motion.

Keempat, Electronic Toll Collection Systemyang memantau transaksi gerbang tol secara real time. Kelima, Intelligent Tollroad Maintenance System(ITMS) untuk mengelola aset infrastruktur dan pemeliharaan jalan tol dengan didukung kendaraan yang dilengkapi perangkat khusus untuk mengumpulkan data teknis perkerasan jalan dan jembatan di ruas tol bernama Hawkeye.

Keenam, Advanced Traveler Information System(ATIS) yang memberi informasi mengenai kondisi lalin dan rest areadi jalan tol kepada pengguna jalan melalui 204 Dynamic Message Sign(DMS) yang tersebar di seluruh jalan tol Jasa Marga Group, One Call Center 14080, dan aplikasi Travoy.

Jasa MargaIlustrasi. (Foto: Jasa Marga)

Menurut Subakti, sistem itu mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group, yang kemudian menghasilkan data dan informasi untuk dianalisa sejumlah pakar di Jasa Marga. Hasil analisa itu yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan.

"Hal ini yang membuat Jasa Marga menjadi operator jalan tol dengan sistem pengolah data lalu lintas jalan tol terlengkap dan terpadu di Indonesia," ujar Subakti.

Upaya maksimal juga dilakukan Jasa Marga pada momen Idulfitri tahun ini, di mana terjadi lonjakan volume lalin yang jauh melebihi kapasitas. Antara lain, dengan penggunaan teknologi countingdigital berbasis radar dan CCTV analyticberbasis Artificial Intelligence(AI).

Dengan standar sesuai kesepakatan, yakni kecepatan minimum 40 km/jam, kapasitas maksimum jalan tol dengan V/C ratiodi bawah 0,8, masa transisi selama kurang lebih 2 jam, dan faktor keselamatan, sistem dapat memberikan peringatan dini kepada petugas untuk mengatur lalin apabila volume kendaraan per jam mendekati kapasitas maksimal suatu segmen ruas jalan tol.

Adapun masing-masing gerbang tol memiliki indikator berupa volume lalu lintas setiap jam yang terus dipantau selama tiga jam berturut-turut. Jika dalam tiga jam jumlah kendaraan melebihi batas maksimum indikator, maka rekayasa lalin akan dipersiapkan, misalnya one waydan contraflow.

"Tidak hanya saat pemberlakuan, jika lalu lintas sudah lengang, pantauan tiga jam berturut-turut ini juga kembali dilakukan sebelum pihak kepolisian menghentikan rekayasa lalu lintas," lanjut Subakti.

Lebih lanjut, agar informasi rekayasa lalin dan kondisi lalin terkini di Jalan Tol Jasa Marga Group dapat diakses pengguna jalan, Jasa Marga menyediakan aplikasi Travoy.

Tak hanya fitur informasi lalin secara real time dari pantauan CCTV, Travoy juga menyajikan fitur informasi kegiatan lalin dilengkapi push notification. Sehingga, pengguna akan otomatis menerima pemberitahuan tanpa perlu membuka aplikasi.

"Fitur baru lainnya, yaitu fitur Chat Us. Dengan fitur ini, pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis AI yang terintegrasi dengan JID. Untuk kebutuhan darurat, pengguna jalan memiliki pilihan untuk terhubung dengan Live Agent Call Center 14080," ujar Subakti.

Selain itu, inovasi lain yang juga dapat diakses pengguna jalan adalah One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, serta DMS berbasis Estimated Time Arrival(ETA) yang memberikan estimasi waktu perjalanan dan kapasitas rest areaberkat integrasi dengan Rest Area Management System(RAMS).

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]

Menhub Imbau Pemudik Tak Balik ke Jakarta 30 April dan 1 Mei******

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik menghindari balik ke Jakarta pada puncak arus balik yang terjadi di Minggu (30/4) dan Senin (1/5).
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik menghindari balik ke Jakarta pada puncak arus balik yang terjadi di Minggu (30/4) dan Senin (1/5). (Pradita Utama/ Detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadimewanti-wanti masyarakat menghindari puncak arus balik kedua yang bakal terjadi pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5) mendatang. Terlebih, saat ini ada 55,8 persen kendaraan pemudikyang belum pulang ke Jakarta.

"Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (27/4).

Budi mencatat 55,8 persen kendaraan belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa. Dengan begitu, ia mengimbau masyarakat pulang mulai 27-29 April demi menghindari kemacetan.

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin," tuturnya.

Imbauan kata Budi disampaikan karena  masih ada ujian yang harus dihadapi dalam mengawal arus balik ini. Jika lancar sampai 1 Mei mendatang, ia menyebut mudik Lebaran 2023 bisa menjadi momen yang aman dan berkesan.

Selain itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengingatkan masyarakat agar tetap waspada selama berkendara saat arus balik. Firman berpesan agar pemudik tidak ngebut.

"Dengan lalu lintas yang cukup lancar menuju Jakarta agar jangan terlalu buru-buru ingin sampai dan perhatikan batas kecepatan kendaraan," saran Firman.

Pihaknya juga terus melakukan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow, one way, serta rekayasa lain sampai akhir pekan. Firman mengatakan rekayasa lalu lintas ini tetap memperhatikan situasi dan kondisi lapangan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Kronologi Rumah Makan Getok Harga di Cipali Kena Sanksi Tutup Sepekan******

Astra Tol Cipali memberikan sanksi kepada salah satu rumah makan yang ada di rest area KM 86 lantaran diduga memberikan harga tak wajar. Berikut kronologinya.
Astra Tol Cipali memberikan sanksi kepada salah satu rumah makan yang ada di rest area KM 86 lantaran diduga memberikan harga tak wajar. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra Tol Cipali memberikan sanksi kepada salah satu rumah makan yang ada di rest area KM 86. Pasalya, kedai makan itu dituding memberikan harga tak wajar kepada pemudik.

Corporate Communication ASTRA Tol Cipali Asri Fajarwati Ridwan mengatakan sanksi yang diberikan berupa penutupan sementara layanan operasi rumah makan tersebut.

"Untuk hal ini kami sebagai pengelola rest area akan memberikan sanksi kepada pemilik kios. Waktunya masih kami pertimbangkan, namun kemungkinan bisa sampai 7 hari ke depan," kata Asri saat dihubungi, Senin (24/4).

Dalam unggahan twitternya @sigitwid ia membagikan pengalaman tak menyenangkan. Di mana saat mampir makan di RM Hadea, ia disuruh membayar sampai Rp155 ribu.

Padahal, dari menu yang ia pesan berupa dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan, ia merasa tak mungkin bisa sampai Rp150 ribu. Ia mengatakan tak bisa protes dan terpaksa membayar juga karena memang dari awal tidak bertanya dulu terkait harga.

"Buat yang sedang istirahat di rest area KM 86A Cipali dan ingin ngirit, saya sarankan jangan makan di sini. Dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan harganya Rp155 ribu dan penjualnya ngotot dibayar setelah makan. Tapi kalau sedang mau beramal saat lebaran, ya boleh aja," cuit Sigit di akun Twitternya seperti dikutip, Minggu (23/4).

[Gambas:Twitter]

Kendati demikian, sejumlah warganet juga ada yang menilai bahwa harga makanan yang dikenakan kepada Sigit wajar. Selain lokasi kedai ada di rest area dan momentum Lebaran, Sigit juga memakan lauk tambahan seperti telur dan tahu.

Hari ini, pemilik rumah makan diketahui sudah meminta maaf kepada Sigit dan mengganti selisih harga sebenarnya dan yang sudah dibayar. Hal ini terlihat dari balasan di Twitter Sigit.

"Saya & keluarga atas nama RM Hadea memohon maaf atas kelalaian karyawan kami saat bertransaksi dg Bpk @sigitwid , dan saya sudah berkomunikasi dg Bpk @sigitwid melalui DM pribadi di Instagram, dan meminta izin utk merefund selisih nilai kepada Bpk @sigitwid ," kata pemilik RM tersebut.

Sigit menyambut baik niat pemilik warung makan ini dan berbalik mempromosikan rumah makan tersebut.

"Saya percaya niat baik ibu untuk membuat perbaikan akan membuat RM Hadea menjadi kedai yang digemari oleh para pengguna rest area 86A di masa mendatang. Saya sekaligus mengajak semua yang mampir di Rest Area KM 86A untuk menjajal makanan di RM Hadea," terang Sigit melalui cuitannya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)




bab terbaru:info link slot gacor malam ini

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
permainan slot termudah
cara mudah dapat uang banyak
loyal4d
trik gaple
cara cicilan tokopedia
prediksi togel kamboja
prediksi hk jitu jp paus
slot gacor di pagi hari
kakek zeus login
Daftar isi semua bab
Bab 1 pendekar138
Bab 2 pusat maxwin
Bab 3 99 slot login
Bab 4 sangsultantoto
Bab 5 sera77
Bab 6 demo slot naga emas
Bab 7 gacor 7
Bab 8 cara pinjam bri online
Bab 9 lokasi4d
Bab 10 top slot
Bab 11 link gacor slot hari ini
Bab 12 tempat kredit hp online
Bab 13 dadu4d
Bab 14 rupiah138 rtp
Bab 15 padi777
Bab 16 togecc
Bab 17 slot96
Bab 18 988bet
Bab 19 broslot
Bab 20 ug gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2396bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

kehidupan abadi

kredit hp tanpa dp
Pembelian tiga hunian mewah di Singapura yang nilainya mencapai Rp2,3 triliun oleh konglomerat Indonesia dikabarkan mencetak rekor tertinggi.
Pembelian tiga hunian mewah di Singapura yang nilainya mencapai Rp2,3 triliun oleh konglomerat Indonesia dikabarkan mencetak rekor tertinggi. Ilustrasi. (Istockphoto/ Gazanfer).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pembelian tiga hunian mewah diSingapura yang nilainya mencapai 206,7 juta dolar Singapura atau Rp2,3 triliun (asumsi kurs Rp11.194 per dolar Singapura) oleh konglomerat Indonesia dikabarkan mencetak rekor tertinggi.

Hal ini terungkap dari laporan perusahaan yang bergerak di bidang real estate, Mingtiadi.

"Meskipun 14 persen lebih rendah dari harga awal yang diminta Cuscaden sebesar 239 juta dolar Singapura pada September lalu, transaksi ini tercatat sebagai rekor harga tertinggi baru," tulis Mingtiadi.

Secara rinci, hunian mewah ini masing-masing berlantai dua dan memiliki nomor 42, 42A dan 42B di Distrik 10. Harga rumah itu diketahui 4.500 dolar Singapura per kaki persegi.

Dengan demikian, maka crazy richini bakal bertetangga dengan salah seorang pendiri Facebook Eduardo Saverin.

Sebelumnya, Co-founder Facebook Eduardo Saverin diberitakan membeli sebuah mansion seluas 84.500 kaki persegi di Nassim Road seharga 230 juta dolar Singapura pada 2019.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

pengolahan mayat

vip slot login
3M raksasa manufaktur di belakang beberapa merek konsumen, termasuk Post-It Notes dan Scotch Tape akan melakukan PHK terhadap 6.000 karyawan secara global.
3M raksasa manufaktur di belakang beberapa merek konsumen, termasuk Post-It Notes dan Scotch Tape akan melakukan PHK terhadap 6.000 karyawan secara global. Ilustrasi. (: iStockphoto/fizkes).
Jakarta, CNN Indonesia--

3M, raksasa manufaktur di belakang beberapa merek konsumen, termasuk Post-It Notes dan Scotch Tape akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6.000 karyawan secara global. Langkah ini menyusul PHK terhadap 2.500 karyawan yang dilakukan pada Januari lalu.

PHK dilakukan sebagai bagian dari rencana restrukturisasi besar lainnya karena sektor manufaktur bersiap menghadapi kemungkinan resesi dan merosotnya permintaan barang.

Perusahaan meyakini PHK akan menghasilkan penghematan hingga U0 juta atau Rp13,4 triliun (Rp14.941 per dolar AS) per tahun. 3M juga meyakini pemangkasan karyawan akan membuat mereka lebih kuat, ramping, dan fokus sehingga rantai pasokan bisa lebih mudah.

Tak hanya itu, 3M juga mengumumkan beberapa perubahan manajemen karena pendapatan dan penjualan yang turun dari tahun sebelumnya. Penjualan merosot 9 persen menjadi US miliar.

Sementara laba bersih yang diatribusikan kepada perusahaan anjlok 25 persen menjadi di bawah US miliar pada kuartal terakhir.

Perusahaan akan memprioritaskan produk yang semakin diminati pelanggan, termasuk teknologi iklim, pengemasan berkelanjutan, dan produk industri otomatis, di antara teknologi baru lainnya.

Sementara itu, permintaan barang manufaktur turun dalam beberapa bulan terakhir. Konsumen telah menghabiskan lebih sedikit untuk barang dan lebih banyak untuk pengalaman akhir-akhir ini, dan bisnis bersiap untuk mengantisipasi resesi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

Lancer dari Arad

dapatqq
AP I mencatat jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 450.936 orang selama periode cuti bersama Lebaran 2023, yaitu 19-25 April.
AP I mencatat jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 450.936 orang selama periode cuti bersama Lebaran 2023, yaitu 19-25 April. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat jumlah penumpang di BandaraInternasional I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 450.936 orang selama periode cuti bersama Lebaran 2023, yaitu 19-25 April.

Secara rinci, dari total tersebut sebanyak 235.529 orang merupakan penumpang domestik, serta 215.407 adalah penumpang internasional.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan puncak arus kedatangan terjadi pada 19 April, dengan jumlah penumpang mencapai 34.483 orang.

Menurutnya, ada 137 permohonan penerbangan tambahan atau extra flightdi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 14-25 April 2023 dari maskapai Lion Air, Batik Air, Super Airjet dan AirAsia.

Adapun lima rute domestik tertinggi yang dilayani selama mudik adalah Jakarta tujuan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dengan rata-rata 108 penerbangan per hari, lalu Surabaya dengan 26 penerbangan.

Rute favorit selanjutnya Lombok dengan 14 penerbangan, kemudian Jakarta tujuan Bandara Halim Perdanakusuma sebanyak 11 penerbangan, serta Makassar dengan 10 penerbangan per hari.

Kemudian, lima rute internasional tertinggi internasional antara lain Singapura dengan 32 penerbangan, Kuala Lumpur (Malaysia) dengan 26 penerbangan, Perth (Australia) dengan 15 penerbangan, Melbourne (Australia) 13 penerbangan, dan Sydney (Australia) dengan 10 penerbangan.

"Meskipun periode cuti bersama Idulfitri 2023 telah berakhir, namun Posko Terpadu Transportasi Udara Idul fitri 2023 masih berjalan hingga tanggal 2 Mei 2023," ujar Handy.

[Gambas:Video CNN]

(kdf/pta)

kegelapan ekstrem

dana fortuna pinjol
Puncak arus balik Lebaran 2023 diprediksi akan terjadi pada 30 April 2023, dengan estimasi 174.294 kendaraan melintas.
Sejumlah pemudik menggunakan mobil memasuki Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten, Kamis (20/4/2023). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebanyak 1,6 juta lebih kendaraan melintas di Tol Tangerang-Merak pada periode arus mudik Lebaran 2023.

"Terhitung sejak H-10 atau pada 12 April 2023 sampai dengan hari kedua Lebaran 23 April 2023 total sebanyak 1.665.567 kendaraan," kata Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tamer Uswatun Hasanah dalam keterangannya, Senin (24/4).

Lihat Juga :
Polisi Siaga Atur Simpang Cikunir Urai Macet Arus Balik

Uswatun mengklaim arus mudik tahun ini di ruas Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar. Menurutnya, salah satu alasannya ialah penyeberangan ke Sumatra yang tidak terpusat di Merak.

Di sisi lain, Uswatun memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada 30 April 2023, dengan estimasi 174.294 kendaraan melintas.

"Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," ucap dia.

Adapun, pihak Astra Tol Tangerang Merak juga memberikan diskon tarif jarak terjauh Cikupa-Merak sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan pada 27 April hingga 29 April 2023.

Lihat Juga :
Prediksi Puncak Arus Balik Tol Merak-Tangerang Minggu 30 April
(nfl/ain)

Berkeliaran tanpa akhir

info slot gacor
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan kondisi ekonomi global agak berat di tengah ketegangan kubu Amerika Serikat (AS) dan China.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan kondisi ekonomi global agak berat di tengah ketegangan kubu Amerika Serikat (AS) dan China. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia enggan memberi harapan palsu mengenai investasike depan. Pasalnya, kondisi ekonomi global tengah diliputi ketegangan antara kubu Amerika Serikat (AS) dan China.

"Harus diakui juga bahwa kondisi global sekarang ini agak berat, saya gak bisa memberikan harapan palsu. Terjadi ketegangan, perang geng Amerika dan China," ujarnya di Kementerian Investasi, Jakarta Selatan, Jumat (28/4).

Bahkan, Bahlil mengatakan AS sekarang menerbitkan regulasi bahwa industri baterai kendaraan listrik yang mendapatkan suntikan modal China tidak berhak mengantongi insentif di Negeri Paman Sam. Menurutnya, aturan itu bakal berdampak kepada peluang memasarkan produk baterai tersebut ke AS.

"Ekosistem logistik rantai pasok ini harus betul-betul kita jaga. Kalau enggak, negara kita ada masalah baru dalam tarik menarik kekuatan Amerika dan China. Kita tidak ingin terjebak di situ. Saya ingin mengatakan Indonesia harus menganut asas ekonomi bebas aktif, kita tidak cenderung ke mana, tapi kita berkawan kepada semua," tegasnya.

Terlepas dari itu, Bahlil melaporkan tingkat realisasi investasi di Indonesia pada kuartal I 2023 mencapai Rp328,9 triliun atau tumbuh 16,5 persen secara year on year(yoy). Sedangkan realisasi ini menyerap tenaga kerja Indonesia (TKI) sekitar 384.892 orang dan tenaga kerja asing (TKA) 5.334 orang.

Berdasarkan negara, Singapura menduduki posisi pertama realisasi investasi terbesar di RI sebesar US,3 miliar. Kemudian, ada Hong Kong senilai US,5 miliar, China US,2 miliar, Jepang US miliar, dan Amerika Serikat (AS) sebesar US0 juta.

"Jadi Hong Kong menggeser Tiongkok. Mungkin Hong Kong ini di beberapa negara Eropa dijadikan hub. Kalau Singapura, teman-teman sudah tahu kan ini uang sebagian orang Indonesia dan saya tidak akan pernah bosan menyampaikan itu, jadi mereka tidak paten-paten juga," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

produsen internasional

sistem kerja kredivo
KAI melaporkan jumlah penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami tren peningkatan sejak Senin (24/4).
Jumlah penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami tren peningkatan sejak Senin (24/4). CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sekitar 44 ribu penumpang akan tiba di DKI Jakarta hari ini, Minggu (30/4). KAI melaporkan jumlah penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami tren peningkatan sejak Senin (24/4).

"Secara total pada hari ini Minggu 30 April 2023 terdapat sekitar 43.600 pengguna yang tiba, bahkan hingga KA terakhir nanti angka tersebut masih memungkinkan terus meningkat mencapai angka 44 ribu," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta Eva Chairunnisa dalam keterangannya, Minggu (30/4).

Eva menerangkan dari jumlah 43 ribu pengguna tersebut, sebanyak 16.900 di antaranya merupakan penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen. Kemudian 15.300 penumpang turun di Stasiun Gambir.

Lihat Juga :
Tiket KA Lebaran Terjual Hampir 2,5 Juta, 81 Persen dari Kuota

Menghadapi peningkatan arus bali itu, KAI Daop 1 Jakarta menurutnya telah melakukan sejumlah persiapan pada arus balik, di antaraya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

Selain itu, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, lanjut Eva, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

"Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang," ujarnya.

Lihat Juga :
Kronologi Kematian Atlet Para Tenis Meja David Jacobs Versi KAI

Sementara itu, volume pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 pada hari ini juga masih cukup tinggi. Secara total terdapat sekitar 30 ribu pengguna berangkat dengan jumlah sekitar 19 ribu Penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senan dan 11 ribu penumpang dari Stasiun Gambir.

Eva mencatat okupansi penumpang keseluruhan mencapai 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

"Untuk hari ini KA tambahan masih dijalankan, total terdapat 71 KA yang berangkat dimana 32 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 39 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir," jelasnya.

Adapun berdasarkan data per Minggu (30/4) sekitar 715 ribu tiket untuk keberangkatan masa angkutan lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 hingga 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 hingga 23 April dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen.

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," ujar Eva.

(khr/mik)

[Gambas:Video CNN]