petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

qqturbo

indosaku ilegal 752Jutaan kata 445629Orang-orang telah membaca serialisasi

《qqturbo》

AirAsia Tunda Pindah Penerbangan Domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta******

AirAsia menunda rencana relokasi seluruh penerbangan domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta yang sebelumnya dijadwalkan pada 6 Desember 2023.
AirAsia menunda rencana relokasi seluruh penerbangan domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta yang sebelumnya dijadwalkan pada 6 Desember 2023. (Stocksnap/danist soh).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan penerbangan Indonesia AirAsia menunda rencana relokasi seluruh penerbangan domestik ke Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Bantenyang sebelumnya dijadwalkan pada 6 Desember 2023.

Saat ini, seluruh penerbangan domestik Indonesia AirAsia tetap akan beroperasi di Terminal 1A.

"Penundaan ini kami lakukan untuk memastikan kesiapan dan kenyamanan dalam memberikan pengalaman perjalanan yang terbaik kepada seluruh penumpang Indonesia AirAsia yang melakukan rute perjalanan domestik," kata Direktur Operasi Indonesia AirAsia Wuri Septiawan di Jakarta, Sabtu (2/12) seperti dikutip dari Antara.

Indonesia AirAsia menyarankan seluruh calon penumpang dapat memeriksa email dan SMS untuk mendapatkan notifikasi terkait dengan jadwal penerbangan serta check-in dan mencetak kembali boarding pass melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp) atau situs airasia.com.

"Untuk informasi terkait lokasi dan pilihan transportasi dari dan menuju Terminal 1A, kunjungi situs web Bandara Internasional Soekarno-Hatta di soekarnohatta-airport.co.id," kata dia.

Dalam keterangan persnya pada Rabu (29/11), Indonesia AirAsia menginformasikan akan memindahkan seluruh penerbangan domestik ke Terminal 2, pintu 1 dan 2 di Bandara Soetta mulai 6 Desember 2023.

[Gambas:Video CNN]

Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine mengatakan perpindahan penerbangan Indonesia AirAsia ke Terminal 2 bertujuan untuk memberikan dan menjaga mutu pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan AirAsia di Indonesia.

"Terminal 2 dipilih sebagai lokasi baru untuk memastikan pengalaman perjalanan yang lebih efisien dan terbaik untuk penumpang setia kami. Terutama untuk meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan interkoneksi penerbangan internasional dan domestik," kata Veranita saat itu.

Sementara, untuk penerbangan dengan rute internasional tidak mengalami perubahan dan masih tetap beroperasi di Terminal 2F Bandara Soetta.

Lihat Juga :
SECRET AT NEWSROOMBlak-Blakan Kemenhub soal Program Terminal Ciamik Agar Naik Bus Asik
(antara/agt)

Promo Sepeda Listrik di Transmart, Ada Potongan Sampai Rp2 Juta******

Pengunjung bisa mendapat potongan harga sampai Rp2 juta untuk pembelian sepeda listrik khusus gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (26/11).
Pengunjung bisa mendapat potongan harga sampai Rp2 juta untuk pembelian sepeda listrik khusus gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (26/11). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali hadir pada Minggu (26/11) dengan diskon besar-besaran untuk berbagai produk, salah satunya sepeda listrik.

Sepeda listrik Pacific E-Bike Syncros 8.0 dari harga normal Rp9.550.000, diskon jadi Rp7.640.000 per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.910.000.

Lihat Juga :
TV Hingga AC Jadi Incaran Warga saat Transmart Full Day Sale

Sementara di luar Jawa, sepeda listrik Pacific E-Bike Crosser VX dari harga normal Rp11.300.000, diskon jadi Rp9.040.000 per unit. Pembeli hemat Rp2.260.000.

Selain sepeda listrik, sepeda gowes biasa juga tak luput dari diskon. Sepeda gowes dijual mulai Rp879.200 dari harga normal Rp1.099.000 per unit. Harga tersebut berlaku di seluruh Transmart khusus Pulau Jawa.

Sementara luar Pulau Jawa, sepeda gowes dihargai mulai Rp966.400 dari harga normal Rp1.208.000 per unit.

Semua diskon sepeda tersebut bisa Anda dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart. Selamat berburu diskon di Transmart Full Day Sale!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Membongkar Sebab Harga Sembako Naik Terus, Benarkah Efek El Nino Saja?******

Pengamat menyebut lonjakan harga pangan belakangan ini bukan semata karena efek El Nino tapi juga tata kelola pangan di dalam negeri yang buruk.
Pengamat menyebut lonjakan harga pangan belakangan ini bukan semata karena efek El Nino tapi juga tata kelola pangan di dalam negeri yang buruk. (CNN Indonesia/Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokoktak banyak berubah menjelang akhir 2023. Cabai, gula, hingga minyak goreng semuanya kompak mahal.

Bahkan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sampai harus mengerek harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng besutan pemerintah, Minyakita. Harga minyak jenis ini rencananya akan dinaikkan dari Rp14 ribu per liter menjadi Rp15 ribu per liter.

"Ya memang Rp14 ribu mestinya, tapi mengikuti perkembangan inflasi. Tapi kita belum memutuskan. Masih harus rapat menteri koordinator (menko) dulu untuk jadi Rp15 ribu (per liter)," kata pria yang akrab disapa Zulhas di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (29/11).

Tak hanya satu pedagang, naiknya harga cabai juga dikeluhkan pedagang lain. Mereka mengaku kenaikan disebabkan sedari cabai di pasar induk yang dipatok Rp100 ribu per kg.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat harga gula pasir lokal naik 1,1 persen ke Rp17.450 per kg pada awal pekan ini. Kemudian, gula kualitas premium naik 1,4 persen ke Rp17.550 per kg.

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Eliza Mardian melihat adanya kompleksitas biang kerok mahalnya harga bahan pokok. Setidaknya ada dua pokok alasan yang menjadi biang kerok kenaikan harga bahan pokok itu, yakni; El Nino dan permintaan yang meningkat.

"Stabil mahal karena beberapa komoditas, seperti beras dan cabai yang mayoritas dipenuhi dalam negeri disebabkan dua faktor, yakni supplyterganggu akibat El Nino dan demandmasyarakat relatif tinggi menjelang Nataru serta momentum pesta demokrasi (Pemilu 2024)," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/12).

Sedangkan beberapa komoditas lain, seperti gula, yang 60 persen dipenuhi dari impor harganya dipengaruhi kondisi di level global. Eliza menyinggung kini harga gula berfluktuasi karena India sebagai salah satu negara pengekspor membatasi pengirimannya.

Lihat Juga :
Buwas Usai Dicopot dari Jabatan Bos Bulog: Amanah Itu Sudah Selesai

Mirip seperti Indonesia, India juga memasuki tahun pemilu sehingga pemerintahnya berkepentingan menjaga stabilitas harga demi menghindari chaos.

Eliza menganggap sengkarut masalah pangan Indonesia sekarang sudah selayaknya fenomena gunung es. Kendati, ia mengakui yang terlihat kini seolah-olah harga mahal murni imbas El Nino.

"Padahal jika kita dalami, persoalan pangan ini tidak terlepas dari tata kelola yang masih semrawut. Data pangan yang akurat dan real timetidak ada, insentif bagi petani berkurang, subsidi pupuk dan solar dikurangi sehingga biaya produksi meningkat serta berujung kepada kenaikan harga di konsumen," kritiknya.

Selain itu, ia menyoroti rantai pasok yang masih panjang sehingga menyebabkan inefisiensi. Kurangnya research and development (RnD)untuk menerapkan teknologi yang bisa menggenjot jumlah produksi dan menekan biaya turut ia permasalahkan.

Lihat Juga :
Bahlil Ungkap Investor Mulai Ragu Gegara Ada Capres Mau Batalkan IKN

"Karena kurangnya insentif bagi petani serta kurangnya RnD menyebabkan kita ketergantungan impor. Ketergantungan impor ini sudah bertahun-tahun lamanya, bukan satu atau dua tahun terakhir saja. Sayangnya, ini tidak ditangani dengan kebijakan komprehensif karena ada konflik kepentingan," tutur Eliza.

Menurutnya, persoalan pangan yang sistemik mengharuskan pemerintah menerbitkan kebijakan komprehensif. Eliza menegaskan impor dan operasi pasar yang dilakukan selama ini hanyalah short cutpenyelesaian masalah jangka pendek.

Selain solusi jangka pendek, ia menekankan pentingnya komitmen menempuh perbaikan tata kelola dalam jangka menengah dan panjang.

"Political willdan paradigma pembangunan pertanian akan mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dipilih. Jika paradigmanya kemandirian pangan, maka sedari dulu sudah dibenahi persoalan-persoalan yang seperti fenomena gunung es tersebut," sindir Eliza.

"Isu pangan ini klasik, dari sejak saya kuliah dulu itu terus persoalannya. Jadi memang strateginya yang kurang tepat karena masih kurang komprehensif dan itu semua bergantung pada political willdan paradigma pembangunan pengambil kebijakan," tambahnya.

Lihat Juga :
Erick Blak-blakan Alasan Geser Buwas dari Dirut Bulog ke Komisaris SIG

Mengintip masalah pangan di negeri orang, apakah yang terjadi di RI wajar?

Eliza menyebut persoalan pangan tiap negara sejatinya berbeda-beda.

Itu semua tergantung dengan kekayaan sumber daya alam dan kebijakan yang diambil pemerintahnya.

Jika negara yang bergantung dengan pasokan global alias tidak mandiri, Eliza menilai harga pangannya akan tidak stabil hingga bisa mengganggu stabilitas perekonomian. Ia mencontohkan negara-negara Arab, di mana saat harga gandum naik pada musim semi membuat harga roti meroket dan memicu kemarahan rakyat.

Lihat Juga :
Alasan Kekayaan Prajogo Pangestu Melesat dalam Waktu Singkat

Tak Ada Kemauan Pemerintah Perkuat Cadangan Pangan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:situs slot gacor sore ini

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
bayar tanpa kartu kredit
rtp mpo888
terus slot
panen138 rtp
judisgp
online138
ma slot
pinjam uang bri online
arwana89
Daftar isi semua bab
Bab 1 okeyplay777
Bab 2 3dbet
Bab 3 cara mendapatkan voucher gratis ongkir shopee
Bab 4 koi365 slot
Bab 5 bravotogel
Bab 6 cara pinjam bri
Bab 7 trik cara menang main slot
Bab 8 pusatgercep88
Bab 9 buku mimpi 2d 44
Bab 10 games gacor
Bab 11 suntoto
Bab 12 judi slot yang resmi
Bab 13 slot gacor pasti wd
Bab 14 stiker kakek zeus lucu
Bab 15 dotmax99
Bab 16 syarat pinjam uang di kredivo
Bab 17 nomor togel
Bab 18 jos55
Bab 19 cara kredit elektronik di shopee
Bab 20 koi388
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5672bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Penguasa Surgawi Segala Alam

sembilandewa88
Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag menyebut Pemerintah Jepang tak pernah mempersulit masuknya pisang dari Indonesia.
Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag menyebut Pemerintah Jepang tak pernah mempersulit masuknya pisang dari Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pernyataan calon presiden nomor urut 2Prabowo Subiantosoal ekspor pisang Indonesia yang dipersulit Jepangternyata tak sepenuhnya benar.

Prabowo mendapat informasi itu dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Pria yang akrab disapa Zulhas itu juga menjabat ketua umum PAN, partai yang ikut mengusung Prabowo di Pilpres 2024.

Lihat Juga :
Prabowo: Jepang Jual Mobil-Motor, Tapi Kita Jual Pisang Tak Diizinkan

Meski begitu, Djatmiko mengakui memang belum semua eksportir pisang Indonesia bisa memenuhi standar yang ditetapkan. Ia menyebut ada most favourable nations (MFN) yang harus dipenuhi alias pungutan tarif bea masuk umum yang disepakati kedua negara.

Dalam kasus ini, Djatmiko menyebut sudah menjadi keharusan Pemerintah Indonesia membantu produsen dalam urusan ekspor. Ia merujuk instansi di bidang pertanian yang harus membantu pemenuhan standar dari negara tujuan.

Lihat Juga :
Cerita Zulhas RI Susah Ekspor Ikan ke Jepang: Panjangnya Saja Diukur

"Sementara, Kemendag berperan mengoordinasikan kementerian/lembaga (K/L) agar dapat memenuhi standar produk yang diterapkan semua mitra dagang. Kemendag juga melakukan komunikasi dengan otoritas negara mitra dagang untuk melakukan kerja sama teknis guna memenuhi standar yang dipersyaratkan," tuturnya.

Ia menyebut bentuk kerja sama teknis bisa bermacam-macam. Ada joint research, capacity building, hingga technical assistance.

Djatmiko pun membeberkan data ekspor pisang ke Jepang dalam lima tahun terakhir, yakni 2018 hingga 2022. Ekspor pisang dengan kode HS 08039090 diklaim mengalami pertumbuhan dengan tren sebesar 3,14 persen.

"Lalu, nilai ekspor pisang Indonesia ke Jepang pada periode Januari 2023-September 2023 senilai US,35 juta (setara Rp20,9 miliar jika asumsi kurs Rp15.552 per dolar AS). Ini meningkat 38,78 persen dibanding nilai ekspor pada Januari 2022-September 2022 senilai US8 ribu," tandas Djatmiko.

Sebelumnya, Prabowo mengaku resah dengan geliat perdagangan Jepang. Ia melihat Jepang bisa leluasa menjual barang-barang produksinya ke Indonesia, tetapi tidak sebaliknya.

Lihat Juga :
Kementan Tebar Benih di Food Estate Pulang Pisang

"Saya diberitahu Mendag Pak Zulkifli Hasan. Beliau ke Tokyo. Beliau negosiasi perdagangan antardua negara. Masa, selama berapa puluh tahun kita izinkan bangsa Jepang jual mobil, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Honda, motor, kita izinkan," ungkapnya dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa, di Universitas Muhamadiyah Surabaya (UMS), Jumat (24/11).

"Berapa juta motor kita izinkan. Televisi, Hitachi, tapi kita mau jual pisang saja mereka tidak izinkan, jual pisang," sambung Prabowo.

(skt/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Perang Tianjiao

alamat main slot
Berikut duduk perkara kasus dugaan korupsi pembangunan Tol MBZ 2016-2017 dan respons Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait temuan Kejagung.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersuara terkait temuan Kejagung terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Tol MBZ tahun 2016-2017. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Duduk perkara kasus dugaankorupsi pembangunan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II aliasTol MBZ tahun 2016-2017 mulai terungkap.

September lalu, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan modus yang dilakukan adalah mengurangi spesifikasi atau volume proyek dan mengatur pemenang tender.

Kuntadi menjelaskan perbuatan tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh tiga tersangka, yakni Djoko Dwijono (DD) selaku Dirut PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JCC) periode 2016-2020, YM selaku Ketua Panitia lelang proyek JCC, serta TBS selaku tenaga ahli jembatan PT LAPI Ganeshatama Consulting.

Sedangkan, YM selaku Ketua Panitia Lelang proyek JCC turut serta melakukan pemufakatan jahat dengan mengkondisikan pengadaan barang yang sudah ditentukan siapa pemenangnya.

"Saudara TBS selaku tenaga ahli, diduga turut serta menyusun gambar rencana teknik akhir atau Detail Engineering Design (DED) yang di dalamnya terdapat pengkondisian pengurangan spesifikasi Kuntadi, September 2023 lalu.

Atas perbuatannya, para tersangka diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Selain tiga tersangka tadi, Kejagung juga menjerat Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama, Sofiah Balfas (SB) sebagai tersangka korupsi.

Satu tersangka lainnya adalah Ibnu Noval (IBN), mantan Kepala Divisi 5 PT Waskita Karya karena dinilai menghalangi penyidikan.

Lihat Juga :
Daftar 5 Daerah dengan UMP Terendah di Indonesia

Baru-baru ini, Kejagung mengungkap secara spesifik modus kecurangan dalam proyek tol MBZ itu.

Kasubdit TPPU Direktorat Penyidikan Jampidsus Haryoko Ari Prabowo mengatakan aksi korupsi tersebut dilakukan para tersangka dengan mengurangi spesifikasi atau volume proyek.

Ia menyebut proyek jalan layang yang seharusnya dibangun dengan menggunakan rangka beton itu justru diubah menjadi rangka baja.

"Rencananya memang diawal pakai beton, kemudian diubah menjadi baja," ujarnya, Senin (20/11).

Kendati demikian, Haryoko enggan membeberkan lebih lanjut siapa sosok tersangka yang berperan melakukan perubahan tersebut.

Lihat Juga :
Pertamina Tuntut Rp14,8 M ke 400 SPBU yang Selewengkan Pertalite Cs

Kejagung masih berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung total kerugian keuangan negara dalam kasus tersebut.

Dalam kasus ini, Kejagung juga menduga terdapat perbuatan melawan hukum berupa persekongkolan dalam mengatur pemenang lelang yang menguntungkan pihak tertentu. Akibatnya ditemukan indikasi kerugian keuangan negara pada proyek senilai Rp13,5 triliun tersebut.

Menteri PUPR buka suara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun turut bersuara soal penggantian material rangka beton menjadi baja.

Menurutnya, penggunaan rangka baja tak akan menimbulkan risiko dan tak jauh berbeda dengan rangka beton. Pasalnya, rangka baja yang digunakan sekarang sudah diuji sertifikasi.

"Menurut kami dari Kementerian PUPR, enggak ada risiko. Itu sudah diuji oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Sudah ada sertifikasinya," kata dia saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).

Basuki pun memastikan bahwa Tol MBZ sudah sesuai dengan standar keamanan. Menurutnya, pemilihan penggunaan rangka beton atau baja tergantung pada teknis.

"Kalau teknis enggak ada masalah. Itu pilihan teknis. Bisa beton, bisa baja. Hanya pilihan teknis. Kalau baja akan lebih cepat dikerjakan," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Mulai sekarang aku akan menjadi Tuhan

lagunatoto
Mendag Zulkifli Hasan menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom.
Mendag Zulkifli Hasan menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom. (CNNIndonesia/Thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom.

Kratom sendiri merupakan salah satu komoditas tanaman yang masuk dalam golongan I kategori narkotika. Selama ini kratom diperbolehkan ekspor ke luar negeri, salah satu pasarnya adalah Amerika Serikat (AS).

Kratom merupakan obat alternatif sebagai penawar rasa sakit untuk berbagai kondisi medis. Dilansir dari laman Badan Narkotika Nasional (BNN), kratom menuai banyak kontroversi karena dampaknya yang memiliki efek candu.

Menurut Zulhas, perdagangan kratom sangat menguntungkan bagi para petani di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, ia menyebut perdagangan kratom perlu diatur lantaran ada perbedaan cara pandang.

Namun Zulhas tak merinci penataan seperti apa yang akan dilakukan, termasuk soal potensi nilai ekonomi dari kratom.

"Ya belum (dihitung), baru akan ditata ya," ucap dia.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat nilai ekspor kratom mencapai US,33 juta atau setara Rp114,92 miliar (asumsi kurs Rp15.678 per dolar AS) sepanjang Januari-Mei 2023.

Nilai ekspor kratom ini mengalami tren kenaikan secara sejak 2019 hingga 2022. Tercatat pada 2019 nilai ekspor kratom mencapai US,95 juta dengan volume 5,33 ribu ton.

Kemudian naik menjadi US,16 juta dengan volume ekspor 4,25 juta ton pada 2020. Lalu, pada 2021 nilai ekspor kratom kembali naik menjadi US,22 juta dengan volume 4,37 ribu ton.

Selanjutnya, pada 2022 nilai ekspor kratom naik lagi menjadi US,51 juta dengan volume 8,21 ribu ton. Namun, pada 2022 nilai ekspor kratom anjlok menjadi US,82 juta dengan volume 2,25 ribu ton.

Kemendag menegaskan ekspor kratom saat ini masih tidak dilarang. Pasalnya, belum ada aturan khusus yang mengikat terkait ekspor tanaman itu.

"Kan memang belum ada aturan yang melarang. Jadi, ini masih dalam wacana pembahasan mengenai apakah ini terlarang atau tidak, apakah ini masuk unsur psikotropika atau tidak. Kami pun akan mengikuti kalau sudah ada keputusan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi Kemendag di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (5/10) lalu.

Hingga kini, sambung Didi, wacana aturan ekspor kratom masih dalam tahap pembahasan antar kementerian dan lembaga seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Bea Cukai Kemenkeu, serta BNN.

Kemendag sendiri sangat berhati-hati dalam melakukan ekspor kratom meski belum ada aturan tertulis yang melarangnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS), kratom sudah memiliki harmonized system code(kode HS).

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Kelahiran Kembali Penguasa Segala Alam

cara dapat uang gampang
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Australia akan membangun kampus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Australia akan membangun kampus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Australia akan membangun kampus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Australia berkomitmen meningkatkan pendidikan bangsa Indonesia. Dengan itu mereka akan membuka universitas di Nusantara ataupun di beberapa tempat," kata Erick dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Kamis (23/11).

Tak hanya pendidikan, Erick menyebut Australia akan bekerja sama dengan Indonesia terkait energi hijau di IKN. Ini katanya, memberikan angin segar.

Selain itu, lanjut Erick, kerja sama dengan Australia juga akan dilakukan dalam pengelolaan air. Ia mengatakan salah satu kampus di Australia memiliki kemampuan mengelola air agar tidak mengendap.

"Kita tahu di IKN banyak air, bagaimana air ini menjadi air yang sehat bisa mengalir, tidak mengendap. Karena kalau mengendap itu malah jadi penyakit," kata Erick.

"Salah satu yang terbaik di Australia, bagaimana mem-balanceantara sebuah kota yang tumbuh tapi juga hijau baik airnya," katanya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Dhony Rahajoe mengungkapkan Indonesia akan bekerja sama dengan Australia di bidang ketahanan pangan di Nusantara.

Potensi kerja sama disebut besar karena kedua negara telah memiliki kesepakatan (MoU) di berbagai sektor, termasuk agribisnis.

Adapun produk kerja sama yang bisa dihasilkan adalah pengembangan pertanian modern atau smart farming.

Ia mengatakan Indonesia bisa belajar dari Australia untuk mengembangkan pertanian di IKN.

"Food security(ketahanan pangan) itu kita sudah tahu lah bagaimana ke depan dengan perubahan iklim dan segala macam, penting sekali untuk kita perhatikan. Di IKN itu, masuk generator ekonomi," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Diamond Ace Raja Kursus

tentang aku laku
Kabar gembira buat para pemburu diskon. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (3/12) di seluruh gerai se-Indonesia!
Kabar gembira buat para pemburu diskon. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (3/12) di seluruh gerai se-Indonesia! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat para pemburu diskon. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (3/12) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia!

Di pesta diskon ini, Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen selama seharian. Mulai jam operasional toko sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Sekarang, Banyak Diskon dan Bayarnya Bisa Nanti

Caranya cukup dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Kalau belum punya kartu kredit Bank Mega, bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Nah bagi yang belum memiliki Allo Prime cukup unduh aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Jangan lupa ke Transmart besok ya dan bayar belanjaan pakai Bank Mega atau Allo Bank agar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik. Selamat belanja ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

cahaya tanpa debu

fun4d
Menkomarinves Luhut Panjaitan ingin setelah pensiun nanti bisa merawat cita-citanya mengembangkan pendidikan RI lewat research centernya di Toba.
Menkomarinves Luhut Panjaitan ingin setelah pensiun nanti bisa merawat cita-citanya mengembangkan pendidikan RI lewat Research Centernya di Toba. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan buka-bukaan soal keinginannya kalau pensiun dan tak jadi pejabat lagi.

Rencana itu ia ungkap dalam akun Instagram @luhut.pandjaitan pada Selasa (28/11) malam. Rencana ia sampaikan usai sembuh dari sakit yang dideritanya belakangan ini.

Luhut mengatakan kalau Tuhan masih memberikan kesempatan, ia dan istri akan melanjutkan dan merawat cita-cita yang sudah diimpikan bersama; memajukan pendidikan.

Luhut mengatakan sudah mendirikan Research Center di Toba. Melalui lembaga itu, ia ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak dari seluruh Indonesia belajar dan berinovasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka minati.

"Kalau saya kan mau pensiun, mau lihat research centersaya di Toba," katanya.

Luhut mengatakan keinginannya tersebut memang cukup sederhana dan kecil. Tapi, ia berharap lembaga itu nantinya bisa berperan besar dalam memajukan pendidikan Indonesia sehingga ke depan bisa sejajar dengan negara maju di dunia. 

"Intinya kita lagi siapkan semua kita buat yang kecil-kecil lah tapi bermanfaat," katanya.

[Gambas:Instagram]



Luhut mengatakan mengabdi ke negara tidak perlu menjadi presiden atau wakil presiden. Mengabdi dalam mengembangkan pendidikan saja sudah besar dan bermanfaat.

"Hidup itu kan tidak hanya harus jadi presiden atau wakil presiden untuk mengabdi dan berkarya. Jadi apa pun kalau kita lakukan dengan sungguh sungguh itu ada value-nya," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)