petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

idslot

basah189 795Jutaan kata 260024Orang-orang telah membaca serialisasi

《idslot》

Imbauan Kemnaker ke Pengusaha: Jadikan PHK Jalan Terakhir******

Kemnaker mendorong pengusaha dan buruh untuk terus melakukan dialog bipartit sehingga ancaman PHK di tengah tekanan ekonomi belakangan ini bisa dihindari.
Kemnaker mendorong pengusaha dan pekerja/buruh untuk terus melakukan dialog bipartit alih-alih PHK dalam menghadapi dinamika yang dihadapi perusahaan. (ANTARA FOTO/JOJON).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri mendorong pengusaha dan pekerja/buruh untuk terus melakukan dialog bipartit, supaya badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mengintai di sejumlah industri belakangan ini bisa dihindari. 

"PHK merupakan jalan paling akhir bila suatu hubungan kerja antara pengusaha dengan pekerja tidak lagi dapat dipertahankan. Karena sebagai jalan paling akhir, maka semua pihak harus berupaya agar tidak terjadi PHK," kata Putri melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Kamis (24/11/2022).

Putri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua LKS Tripnas Unsur Pemerintah menilai PHK dilakukan sebagai respons perusahaan akibat adanya perubahan ekonomi global yang menuntut mereka melakukan penyesuaian atas bisnisnya dan efisiensi terhadap pekerjanya.

"Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha sehingga tidak terjadi PHK seperti mengurangi fasilitas pekerja tingkat manajerial, penyesuaian shift dan jam kerja, pembatasan kerja lembur yang keseluruhannya itu sekali lagi harus didiskusikan dan dimusyawarahkan secara bipartit baik pelaksanaan maupun jangka waktunya" ujar Putri.

Namun andaikan PHK tak dapat dihindarkan, ia mengingatkan agar PHK yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan, baik secara prosedur maupun hak-hak yang seharusnya diberikan kepada pekerja.

"Berkaitan dengan hal ini, kami akan lakukan pembinaan terlebih dahulu sampai prosedur yang dilakukan benar-benar telah dilaksanakan sesuai aturan," katanya.

Sedangkan untuk pekerja/buruh yang terkena PHK, Putri menyebut bahwa terdapat beberapa bentuk pelindungan yaitu hak atas akibat PHK berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak sesuai perat peraturan perundang-undangan.

Kemudian, manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja, serta manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dalam bentuk uang tunai. Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan program bantalan sosial lainnya seperti manfaat Kartu Prakerja.

Lebih lanjut, Putri menjelaskan bahwa Pemerintah saat ini tengah menggodok sejumlah opsi kebijakan yang mendukung resiliensi industri dalam negeri dalam menghadapi gejolak ekonomi global.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Cepat Capai Profit, Saham GOTO Direkomendasikan Mandiri Sekuritas******

Dua analis Mandiri Sekuritas memberi rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham, 98 persen di atas harga saham GOTO saat riset Mansek.
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Mandiri Sekuritas (Mansek) merilis riset terbaru saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyusul induk perusahaan Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial yang merilis laporan keuangan kuartal III 2022 yang di luar ekspektasi para analis.

Dua analis Mandiri Sekuritas, yakni Adrian Joezer dan Ryan Aristo memberi rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham. Target harga itu 98 persen di atas harga saham GOTO saat riset Mansek, yang dihitung di level Rp210/saham.

"Kami memberikan rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham. Menurut kami, hasil kinerja kuartal III sangat menunjukkan eksekusi GOTO yang sangat cepat dalam mencapai target waktu menuju profit," demikian pernyataan Adrian dan Ryan dalam riset per 22 November, dikutip Kamis (24/11).

Pada Senin (21/11) malam, manajemen GoTo menyebut kemungkinan percepatan timelinetitik impas untuk margin kontribusi positif, mencapai 1-2 kuartal dari target kuartal 1/2024. Sehingga, GoTo diperkirakan bisa mencetak margin kontribusi positif lebih cepat dari perkiraan Mandiri Sekuritas, yakni pada kuartal III atau IV di 2023.

Margin kontribusi adalah rasio nilai dari profitabilitas masing-masing produk yang ada di perusahaan, sebelum dikurangi biaya headquarteratau operationalexpenses.

Sebelumnya, Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, perseroan mencatat kinerja kuat di kuartal III. Hal ini berhasil mempercepat raihan profitabilitas, seiring pertumbuhan pendapatan dan berkurangnya rugi EBITDA yang disesuaikan.

"Margin kontribusi secara grup melampaui pedoman yang kami sampaikan kuartal sebelumnya, dengan margin kontribusi positif di segmen on-demand servicetercapai (Gojek) pada bulan September, jauh lebih cepat dibandingkan dengan target," kata Andre, Senin (21/11).

Adapun pertimbangan Adrian dan Ryan selanjutnya adalah peningkatan nilai transaksi bruto atau GTV (gross transaction value) di tengah upaya perusahaan mengurangi insentif dan faktor makroekonomi, yang mencapai Rp161 triliun atau naik 33 persen dari periode yang sama tahun lalu dan melampaui target Rp151 triliun hingga Rp156 triliun.

Selain itu, pendapatan bruto QIII/2022 juga naik 30 persen dari periode yang sama tahun lalu mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman yang ditetapkan antara Rp5,7 triliun hingga Rp6,0 triliun.

Selama sembilan bulan tahun ini, GTV GoTo mencapai Rp451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp324,94 triliun (proforma), naik 38,94 persen, sedangkan pendapatan kotor juga naik 42,01 persen, dari sebelumnya Rp11,71 triliun (proforma) menjadi Rp16,63 triliun.

Pencapaian kinerja itu mendekati catatan GTV dan pendapatan kotor di sepanjang tahun lalu. Pada 2021, GTV perusahaan menembus Rp461,60 triliun, dengan pendapatan bruto mencapai Rp17 triliun.

Efisiensi dan Penguatan Sinergi

Hal berikut yang juga jadi perhatian Adrian dan Ryan adalah efisiensi dan penghematan biaya yang secara konsisten dilakukan perusahaan. Dari performa selama sembilan bulan tahun 2022, GoTo mengidentifikasi potensi penghematan biaya tetap opex(operatingexpenditure) atau fixed-cash-opexsebesar 14 persen.

Potensi itu pun di luar penghematan sebelumnya yang sebesar Rp144 miliar.

Berdasarkan basis proforma selama sembilan bulan, penghematan yang bisa dilakukan yakni sebesar Rp775 miliar dari pos biaya kepegawaian (Rp1 triliun secara tahunan) dan Rp271 miliar dari pos non-kepegawaian (Rp400 miliar tahunan).

Apabila digabungkan dengan realisasi langkah penghematan yang sudah dilakukan selama 9M-22, penghematan biaya proforma 9M-22 seharusnya setara dengan Rp1,2 triliun atau bisa mencapai Rp1,6 triliun secara tahunan, setara 16 persen dari penghematan biaya fixed-cash-opex9M-22.

Pada Jumat lalu, GOTO mengurangi karyawan sebanyak 12 persen atau setara 1.300 orang.

Pertimbangan ketiga Mansek merekomendasikan saham GOTO adalah penguatan sinergi ekosistem dan monetisasi dengan fokus ke bisnis inti dan inisiatif berbasis produk.

Tingkat take rate (komisi) pun masih sama secara kuartalan, yakni 3,7 persen di QIII/2022, didorong kontribusi layanan on-demanddan take ratebisnis e-commerce (Tokopedia) yang naik masing-masing 0,6 ppt dan 0,1 ppt menjadi 22,2 persen dan 3,2 persen secara QoQ.

Persilangan bisnis atau cross-pollinationmelalui GoPay Coin berhasil menunjukkan hasil positif dalam mengoptimalkan tingkat penggunaan dan akuisisi konsumen atau LTV/CAC (customer lifetime value/customer acquisition cost), sementara penetrasi pengguna GoPay telah mencapai 60 persen di Gojek dan 58 persen di Tokopedia.

Ditambahkan, GoTo memiliki layanan BNPL atau buy now pay later(GoPayLater Cicil) yang dirilis pada Juli 2022, di mana GOTO memasukkan 4 juta pelanggan berstatus layak dan akan meningkatkan pinjamannya pada 2023. Selain itu, perseroan juga telah memulai uji coba pinjaman tunai pada awal Oktober 2022.

CEO GoTo Andre mengatakan, pencapaian kinerja di kuartal III/2022 didorong oleh fokus perusahaan dalam memberikan produk terbaik kepada pelanggan loyal, serta kedisiplinan GoTo dalam mengelola beban usaha secara efisien.

Contohnya, perluasan layanan GoPay Coins secara langsung mendorong rasionalisasi beban promosi, sekaligus memberikan apresiasi bagi konsumen pengguna layanan GoTo.

"Perbaikan margin usaha sejalan dengan pertumbuhan pendapatan perseroan, yang menunjukkan resiliensi bisnis kami dan kekuatan perekonomian Indonesia. Capaian kinerja keuangan dan operasional pada kuartal ini menegaskan bahwa perseroan berada di jalur pertumbuhan yang tepat sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia," kata Andre dalam rilis resmi.

(rea/rea)

Harga Daging hingga Telur Ayam Naik Pekan Ini******

Harga sejumlah bahan pokok, seperti telur ayam, daging-dagingan hingga bawang-bawangan naik sepekan ini.
Harga sejumlah bahan pokok, seperti telur ayam, daging-dagingan hingga bawang-bawangan naik sepekan ini. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sejumlah bahan pokoknaik sepekan belakangan. Salah satunya, telur ayam.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) harga rata-rata telur ayam pada Senin (28/11) ini adalah Rp31.250 per kg, naik dibanding awal pekan lalu yang Rp31.100.

Di Aceh bahkan, harga telur menyentuh Rp34 ribu per kg. Meski demikian ada juga daerah yang harga telur ayamnya masih di bawah Rp25 ribu, yaitu di Sulawesi Selatan yang Rp24.100.

Untuk daging sapi, harga naik dari Rp165.950 pada pekan lalu menjadi Rp166.400 per kg. Tak hanya daging, kenaikan juga dialami oleh kebutuhan pokok jenis bawang-bawangan.

Untuk bawang merah, harga naik dari Rp52.600 per kg menjadi Rp52.950 per kg. Sementara untuk bawang putih, harga naik dari Rp34.500 menjadi Rp34.700 per kg.

Meski demikian, ada juga bahan pokok yang harganya stabil dan cenderung turun. Untuk beras misalnya, harganya tetap di Rp13.550 per kg.

Sementara untuk yang turun ada cabai merah. Harga komoditas tersebut tercatat turun dari Rp74.950 menjadi Rp74.550 per kg.

Untuk cabai rawit, harga turun dari Rp71.550 menjadi Rp70.550 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(agt/bir)




bab terbaru:cara pinjam uang di bsi

Perbarui waktu:2024-07-08

Daftar bab terbaru
situs slot sering jp
slot gampang wd
akulaku web
slot 888 demo
juragan69 slot online
sisil4d
69 togel
harus slot
cara pinjam uang dengan cepat
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara top up slot pakai dana
Bab 2 cipinang4d
Bab 3 erek2 95
Bab 4 bonus new member to x5
Bab 5 pinjaman ojk
Bab 6 link slot paling gampang menang
Bab 7 cicilan shopee pakai kredivo
Bab 8 trik jp dragon
Bab 9 situs slot bos
Bab 10 wawasan4d
Bab 11 19dewa
Bab 12 slot virtual
Bab 13 buku 1000 mimpi
Bab 14 bestoto88
Bab 15 viral 77 slot login
Bab 16 menangclub88
Bab 17 pinjam online pakai dana
Bab 18 janda4d rtp
Bab 19 pinjol cepat cair
Bab 20 situs slot terbaik indonesia
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7428bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Surga Monster

situs slot jackpot terbesar
Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan struktur prasarana kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dibangun tahan gempa magnitudo 8.
Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan struktur prasarana kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan dibangun tahan gempa. (Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan struktur prasarana kereta cepat Jakarta-Bandung(KCJB) akan dibangun tahan gempa.

Prasarana seperti jembatan, subgrade hingga terowongan yang berada di sepanjang trase KCJB dirancang memiliki ketahanan gempa hingga 8-9 Skala Intensitas Seismik atau setara 8 magnitudo.

"Struktur prasarana KCJB sudah mempertimbangkan kondisi di Indonesia yang sering terjadi gempa. Struktur prasarana KCJB didesain tahan gempa dan bisa memiliki usia pakai hingga 100 tahun," ujar Dwiyana, dikutip dari detikcom, Kamis (24/11).

Selain struktur bangunan yang tahan gempa, sarana KCJB yakni kereta api cepat penumpang (EMU) dan kereta api cepat inspeksi (CIT) juga dilengkapi fitur disaster monitoring atau pendeteksi bencana.

"Desain struktur bangunan yang mumpuni dan juga fitur kereta api yang mampu mendeteksi bencana, disematkan untuk keamanan operasional KCJB. Diharapkan bisa memitigasi dampak apabila terjadi bencana," ujar Dwiyana.



Sebelumnya, Dwiyana mengatakan KCJB ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan 2023. Tiketnya dibanderol Rp125 ribu-Rp250 ribu untuk tiga tahun pertama KCJB beroperasi. Setelah tiga tahun, Dwiyana mengatakan tiket KCJB akan naik ke Rp150ribu-Rp350 ribu.

Dwiyana menjelaskan KJCB nantinya akan beroperasi mulai pukul 05.30 hingga 22.00 WIB dengan total 68 kereta yang akan beroperasi dalam sehari.

"Kapasitas per kereta itu 601 penumpang," ujar Dwiyana dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (23/11).

Lihat Juga :
Rusia Ancam Setop Pasokan Gas Lewat Jalur Ukraina

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan progres fisik KCJB telah mencapai 81,66 persen per November 2022.

Sementara dari sisi biaya, KCJC mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar US,4 miliar. Cost overrun tersebut dipenuhi melalui skema 25 persen ekuitas dan 75 persen pinjaman.

"Porsi ekuitas Indonesia atas cost overrun proyek KCJB yaitu sebesar US7,5 juta atau Rp3,29 triliun," kata Kartika.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

pembuluh darah jahat

ligakembar
Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta pada Senin depan (28/11).
Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta pada Senin depan (28/11). (Muchlis - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia--

Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan mengumumkan besaran Upah MinimumProvinsi (UMP) DKI Jakarta pada Senin depan (28/11).

Ia menyebut pihaknya bersama sejumlah pihak terkait masih menghitung besaran UMP.

"Mungkin sebelum 28 atau pas tanggal 28 (diumumkan). Lagi dihitung sama-sama," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/11).

Apindo mengusulkan kenaikan sebesar 2,62 persen menjadi Rp4,7 juta, angka ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) 36 tahun 2021.

Lalu Kadin mengusulkan kenaikan 5,11 persen menjadi Rp4,8 juta dengan merujuk pada Permenaker Nomor 18 tahun 2022.

Kemudian unsur pekerja mengusulkan kenaikan hingga 10,55 persen menjadi Rp5,1 juta.

Sedangkan Pemprov DKI mengajukan kenaikan sebesar 5,6 persen menjadi Rp4,9 juta dengan merujuk pada Permenaker Nomor 18 tahun 2022.

"Kita kemarin sudah sepakat di dalam sidang dewan pengupahan bahwa baseline untuk penetapan UMP itu adalah (Kepgub)1517," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(yoa/agt)

[Gambas:Video CNN]

Kendalikan dunia

rinduslot
Eks pimpinan cabang Bulog Pinrang Radityo W Putra Sikado mengaku dirinya merasa ditipu oleh jaminan yang diberikan mitra swasta terkait pinjaman beras 500 ton.
Eks pimpinan cabang Bulog Pinrang Radityo W Putra Sikado mengaku dirinya merasa ditipu oleh jaminan yang diberikan mitra swasta terkait pinjaman beras 500 ton. Ilustrasi. (Safir Makki).
Makassar, CNN Indonesia--

Mantan pimpinan cabang Bulog Pinrang, Radityo W Putra Sikado mengaku dirinya merasa ditipu oleh pemilik CV Sabang Merauke Persada (SMP), IF terkait pinjaman berassebanyak 500 ton.

Saat itu, kata Radityo, IF telah memberikan jaminan berupa dua sertifikat tanah yang digunakan sebagai pabrik penggilingan dan pabrik mesin poles.

"Jadi ada dua (sertifikat) atas nama IF. Namun, dilakukan penagihan sampai bulan Oktober beras itu hanya kembali 40 ton sampai hari ini," kata Radityo di Makassar, Jumat (25/11).

"Ini tidak valid. Karena jaminan penggilingan yang dimaksud ada tapi setelah dicek di BPN ternyata hanya tanah kosong yang berlokasi sama dengan pabrik mesin poles," ungkapnya.

Tak hanya itu, jaminan sertifikat pabrik mesin poles kata Radityo juga mengalami masalah. Dimana sertifikat tersebut ganda.

"Sertifikat pabrik mesin poles itu setelah di-crosscheck ternyata ganda ada di bank. Kami merasa ada unsur dari IF untuk mengambil keuntungan. Saya merasa IF melakukan kesengajaan yang merugikan dalam hal perusahaan maupun pribadi saya. Karena sampai saat ini pengembaliannya pun belum sampai 50 persen," jelasnya.

Akibat kasus tersebut, Radityo pun kehilangan jabatannya sebagai pimpinan cabang pembantu Bulog Pinrang. Saat ini, ia ditempatkan sebagai staf biasa di Kanwil Bulog Sulawesi Selatan dan Barat.

"Apapun proses yang sementara berjalan saya tetap kooperatif. Karena memang ini murni bukan rencana dan niat saya menghilangkan beras yang ada di gudang Bulog. Niat saya hanya bagaimana pencapaian target saya di Kabupaten Pinrang ini bisa melampaui. Walaupun prosedur yang saya lalui tidak sesuai saya akui itu," ujarnya.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso sebelumnya mengungkapkan 500 ton beras di Gudang Bulog Bittoeng, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan hilang akibat dipinjamkan kepala Bulog di daerah itu kepada mitra swasta.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya sedang melakukan penyelidikan internal atas kasus itu. Selain itu, kasus ini juga ditangani oleh pihak kepolisian.

"Sementara ini berasnya dipinjamkan dengan mitra, kita belum tahu, tapi yakin (kasus) itu (akan) selesai," kata Buwas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Mitos super datang

panen138 rtp
KSPI mengatakan 4 usulan besaran angka kenaikan UMP 2023 tengah digodok oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
KSPI mengatakan 4 usulan besaran angka kenaikan UMP 2023 tengah digodok oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konfederasi Serikat PekerjaIndonesia (KSPI) mengatakan empat usulan besaran angka kenaikan Upah MinimumProvinsi (UMP) 2023 tengah digodok oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan tiga usulan tersebut khusus untuk pekerja yang berada di DKI Jakarta yang berasal dari pemerintah, pengusaha, dan buruh. Di mana saat ini, sudah diajukan oleh dewan pengupahan Provinsi DKI kepada Pj Gubernur DKI.

"Di dalam Dewan Pengupahan ada tiga unsur. Unsur pemerintah, unsur serikat pekerja, dan unsur pengusaha," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (23/11).

Sementara itu usulan kedua dari Kadin yang mengajukan kenaikan UMP 2023 berdasarkan  Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023. Mereka mengusulkan UMP 2023 naik 5,11 persen menjadi Rp4.879.053 per bulan.

Sedangkan ketiga, dari sisi pemerintah yang mengusulkan UMP DKI Jakarta 2023 naik sebesar 5,6 persen menjadi Rp4.901.798 per bulan. Dan keempat, dari sisi buruh sendiri mengusulkan kenaikan UMP 2023 sebesar 10,55 persen menjadi Rp5.131.569 per bulan.

"Sikap Partai Buruh dan organisasi Serikat Buruh adalah meminta Pejabat Gubernur DKI mengabulkan usulan serikat pekerja yaitu (UMP naik) 10,55 persen karena sangat realistis berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

CNNIndonesia.comtelah menghubungi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta Andri Yansyah melalui pesan singkat, namun hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan belum merespons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Komunikasi offline berenergi tinggi

pinjaman now ilegal atau legal
Pengusaha akan mengajukan judicial review terkait Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum 2023.
Pengusaha akan mengajukan judicial review terkait Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum 2023. (Istockphoto/simpson33).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton J. Supit mengungkapkan pihaknya akan mengajukan judicial review terkait Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum2023.

"Apindo yang ajukan judicial review, di dukung Kadin," kata Anton saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (25/11).

Uji materiil itu akan diajukan pada Mahkamah Agung pekan depan.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Kadin Arsjad Rasjid berdalih langkah hukum itu dilakukan pengusaha demi menjaga stabilitas investasi, kesejahteraan pekerja dan keadilan pengusaha. Ia mengatakan apapun hasil gugatan uji materi itu, akan diterima oleh pengusaha.

"Untuk memastikan agar kebijakan tersebut tidak kontraproduktif, maka Kadin bersama dengan asosiasi pengusaha dan seluruh perusahaan anggota Kadin terpaksa melakukan uji materiil terhadap Permenaker No. 18/2022," ujar Arsjad dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Kamis (24/11).

Tindakan itu merespons menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 yang dikeluarkan oleh Menaker Ida Fauziyah. Permenaker itu mengatur beberapa poin penting dalam penentuan kenaikan UMP 2023.

Lihat Juga :
Foxconn Tawarkan Rp21 Juta ke Pekerja Untuk Meredam Demo di China

Pertama, kewajiban bagi pemerintah daerah menetapkan upah minimum 2023 berdasarkan aturan ini. Artinya, upah minimum 2023 harus terdiri atas;

a. Upah tanpa tunjangan atau
b. Upah pokok dan tunjangan tetap.

Kedua, rumus perhitungan upah minimum

Rumus kenaikannya = Upah tahun sekarang + (Penyesuaian Nilai Upah Minimum (UM) x UM(tahun sekarang).

Penyesuaian upah minimum dihasilkan dari dari inflasi+ (pertumbuhan ekonomi x indeks kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30).

Ketiga, kenaikan upah minimum provinsi tidak boleh melebihi 10 persen. Keempat, kebijakan kenaikan UMP paling lambat harus diumumkan 28 November 2022

Aturan dibuat setelah pengusaha dan pekerja ribut soal rumus yang akan digunakan untuk menentukan kenaikan UMP 2023. Pengusaha minta pemerintah menetapkan kenaikan UMP berdasarkan rumus yang diatur PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Perjalanan pulang sang penyihir

paito togel 8
PT Tri Banyan Tirta Tbk yang merupakan produsen air minum kemasan dengan merek Alto melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 145 orang karyawan.
PT Tri Banyan Tirta Tbk yang merupakan produsen air minum kemasan dengan merek Alto melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 145 orang karyawan. (congerdesign/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Tri Banyan Tirta Tbk yang merupakan produsen air minum kemasan dengan merek Altomelakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 145 orang karyawan.

Keputusan PHK itu seiring dengan penghentian kegiatan operasional salah satu pabriknya di Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat pada 21 November 2022.

"Karyawan yang terkena PHK berjumlah 145 orang," ungkap Corporate Secretary ALTO Januar Pitono seperti dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/11).

Sementara itu, Januar mengatakan untuk memperbaiki kinerja keuangan dan operasional perseroan, pihaknya akan memindahkan seluruh produksi pabrik yang di hentikan kegiatan operasionalnya ke pabrik milik group usaha persero yang juga berlokasi di Sukabumi, yakni PT Tirtamas Lestari.

Adapun ALTO memiliki satu pabrik lain yang berlokasi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pabrik ini masih beroperasi dengan baik.

Januar mengatakan penghentian kegiatan operasional pabrik di Sukabumi tidak berdampak material terhadap operasional perseroan.

Lihat Juga :
Kalah di WTO, Indonesia Banding Gugatan Nikel

Pasalnya, seluruh produksi yang ada di pabrik tersebut dipindahkan ke pabrik PT Tirtamas Lestari.

Ia menambahkan dalam penutupan pabrik di Sukabumi, perusahaan tidak menghadapi gugatan PKPU/pailit dan gugatan lainnya.

"Pemegang saham mayoritas/pengendali tetap komit dalam memajukan kinerja perseroan," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]