petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

detikcapsa

slot paling aman 643Jutaan kata 704168Orang-orang telah membaca serialisasi

《detikcapsa》

Deret Saham 'Tahan Banting' di Tengah Ketidakpastian Global******

Rekomendasi saham yang dinilai tahan banting di tengah ketidakpastian global, ada sektor consumer good hingga energi.
Rekomendasi saham yang dinilai tahan banting di tengah ketidakpastian global, sektor consumer good hingga energi. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 28,97 poin atau minus 0,42 persen ke level 6.809 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat jual bersih (net sell) Rp1,35 triliun selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham melemah tiga kali dan hanya dua kali ditutup hijau. Secara total, performa indeks saham masih menguat 0,30 persen pada pekan lalu.

Pjs Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan penguatan paling besar dirasakan rata-rata nilai transaksi harian sebesar 16,60 persen. Data menunjukkan rata-rata transaksi harian melesat dari Rp10,95 triliun ke Rp12,77 triliun.

Sementara itu, rata-rata frekuensi transaksi harian sepekan kemarin anjlok 11,36 persen. Tercatat turun dari 1.258.036 kali transaksi menjadi 1.115.185.

"Rata-rata volume transaksi harian saham turun sebesar 16,34 persen menjadi 19,11 miliar lembar saham dari 22,84 miliar lembar saham pada sepekan yang lalu," ujarnya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (10/11).

Supervisor Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memprediksi IHSG masih akan bergerak mixedcenderung terbatas dalam rentang 6.750-6.920. Ia menyebut arus keluar modal asing akan menahan laju kenaikan indeks.

Sentimen dari dalam negeri yang kudu diwaspadai adalah rilis data neraca dagang Oktober 2023. Audi menyebut perkiraan konsensus surplus yang dicatat turun dari bulan lalu menjadi US,3 miliar.

Lihat Juga :
Prajogo Pangestu Orang Terkaya RI, Salip Low Tuck Kwong & Duo Hartono

Menurutnya, penurunan surplus neraca dagang Indonesia akan direspons moderat oleh pasar. Audi mengatakan kekhawatiran pasar saat ini adalah perlambatan ekonomi di tengah sikap higher for longer suku bunga acuan dari bank sentral di dunia.

Di lain sisi, Audi meminta investor ikut mencermati sentimen data inflasi AS pada Oktober 2023 yang diperkirakan tumbuh lebih rendah sebesar 3,3 persen year on year (yoy). Sikap The Fed juga diperkirakan belum akan melunak dalam meredam inflasi.

"Pekan depan investor dapat menunggu momentun swing IHSG jika bertahan di atas level 6.793 dan bisa memanfaatkan trading jangka pendek," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (11/11).

Ia mengatakan sektor 'tahan banting' di tengah gonjang-ganjing dunia saat ini adalah konsumer. Audi mengacu pada laporan keuangan di kuartal III 2023 yang mencatat performa positif sektor ini.

Lihat Juga :
TAIPANThai Lee, Bos Lady Raksasa IT Berharta Rp83 T

Secara teknikal, ia merekomendasikan tiga emiten. Pertama, saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk alias ACES. Meski layu 2,42 persen ke 805 pada pekan lalu, Audi yakin saham emiten ini bisa bangkit dan menembus 900.

Kedua, ia menyarankan investor melirik saham PT HM Sampoerna Tbk yang pekan sebelumnya menguat 3,14 persen ke 985. HMSP diramal bergerak di rentang 910-1.095 pekan ini.

Ketiga,ada saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk alias CMRY yang diprediksi bisa tembus 4.200. Emiten ini sempat naik ke 3.780 pada penutupan pekan kemarin.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mewanti-wanti pasar saham masih akan dibayangi beberapa sentimen utama, termasuk perang Israel-Hamas yang belum usai. Ada juga perekonomian China yang stagnan dalam beberapa waktu ini serta sinyal hawkish The Fed.

"Ada juga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Selain itu, pada pekan ini akan ada rilis data inflasi AS, data produksi dan penjualan ritel China, serta perkembangan neraca dagang Indonesia," tutur Herditya.

Berdasarkan beberapa sentimen itu, ia meramal IHSG masih rawan terkoreksi sepekan ini. Herditya mengatakan indeks akan bergerak di level support 6.639 dan resistance 6.887.

Ia menyarankan investor melirik tiga saham. Pertama, ESSA alias PT ESSA Industries Indonesia Tbk, yang diyakini bisa menembus level 725 pada pekan ini.

Kedua, ada saham PT Ulima Nitra Tbk yang merangkak 5,22 persen ke level 242 pekan lalu. Gerak emiten berkode UNIQ ini diproyeksi di rentang 254-260.

Ketiga, Herditya menyarankan investor mengoleksi saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk alias ADRO yang naik 30 poin ke 2.480 pada penutupan pekan kemarin. Emiten ini dipercaya bisa menembus posisi 2.750.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Belanja Makin Hemat di Transmart Pakai Bank Mega atau Allo Bank******

Bagi pengguna Allo Prime dari Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah, ada promo menarik kalau belanja di Transmart hari ini!
Bagi pengguna Allo Prime dari Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah, ada promo menarik kalau belanja di Transmart hari ini! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja dengan banyak diskon? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja yang berlangsung hari ini, Minggu (12/11).

Soalnya selain banyak diskon, pelanggan juga bisa hemat dengan menggunakan Bank Mega atau Allo Bank!

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

Diskonnya pun berlaku untuk aneka produk, mulai dari buah-buah segar, kebutuhan rumah tangga, fesyen, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik.

Jadi kalau belanja di Transmart Full Day Sale dan bayar pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah, kamu bisa dobel untung!

Makanya, jangan sampai kelewatan ya! Soalnya, diskonnya cuma berlaku satu hari aja, mulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Yuk segera ke gerai Transmart terdekat sekarang juga, dan belanja pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Thai Lee, Bos Lady Raksasa IT Berharta Rp83 T******

Thai Lee adalah co-founder sekaligus CEO SHI International, perusahaan TI bernilai Rp219 triliun.
Thai Lee adalah co-founder sekaligus CEO SHI International, perusahaan TI bernilai Rp219 triliun. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nama Thai Leemungkin tidak familiar bagi orang awam. Namun, namanya masuk dalam daftarwanita terkayaAmerika Serikat (AS), bersama Diane Hendricks, Meg Whitmen dan Oprah Winfrey.

Thai Lee adalah co-foundersekaligus CEO SHI International, perusahaan penyedia teknologi informasi (TI) bernilai US miliar atau setara Rp219 triliun (asumsi kurs Rp15.689 per dolar AS).

Berkat bisnisnya itu, Forbes mencatat harta Bos Lady ini mencapai US,3 miliar. Jika dirupiahkan, pundi-pundi uang Lee mencapai Rp83 triliun.

Tak heran jika namanya masuk jajaran orang terkaya dunia versi Forbes, kategori perempuan terkaya atas usaha sendiri di AS. Di daftar itu, Lee menempati urutan kelima.

Lee lahir dari keluarga terpandang di Korea Selatan. Ayah Lee merupakan seorang ekonom Korea Selatan terkemuka. Pemerintah menugaskan ayahnya keliling dunia untuk mempromosikan potensi ekonomi Korsel ke berbagai negara.

Tak heran, Lee lahir di Bangkok, Thailand. Atas dasar itulah orang tuanya menamainya Thai. Namun, Lee tumbuh besar di Korea Selatan.

Begitu menginjak remaja, Lee dan kakaknya hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan sekolah menengah atas.

Lihat Juga :
TAIPANOprah Winfrey, Miliarder Wanita Kulit Hitam Pertama Berharta Rp37 T

Lee lalu melanjutkan studi di Amherst College, AS. Ia mengambil dua jurusan sekaligus, yakni biologi dan ekonomi.

Ia sengaja memilih jurusan yang membuatnya tak banyak berbicara dalam bahasa Inggris. Pasalnya, Lee merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan.

Siapa sangka, kini Lee menjadi salah satu alumni paling sukses di Amherst College.

Begitu lulus kuliah, ia balik kampung ke Korea Selatan. Di sana, ia bekerja di Daesung Industrial Co.

Lihat Juga :
TAIPANMeg Whitman, Wanita Tangan Besi Sukses Berharta Rp42,5 T

Tak lama, ia melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan magister bisnis di Havard Bussiness School. Lee menjadi perempuan Korea pertama lulusan Harvard.

Beres program magister, Lee pun kembali bekerja di Protect & Gamble. Kemudian, ia menjadi bankir di American Express selama dua tahun.

Bosan jadi pegawai, Lee kepincut bikin usaha sendiri. Ia dan Leo Koguan, yang saat itu masih suaminya, bertekad membangun bisnis sendiri.

Pada akhir tahun 80-an, mereka merintis Lautek, perusahaan peranti lunak. Namun, kliennya cuma sedikit hingga akhirnya bangkrut.

Lee tak menyerah meski gagal. Ia optimis bisnis peranti lunak punya prospek bisnis cerah.

Lihat Juga :
TAIPANAlice Walton, Pewaris Takhta Walmart yang Ogah Urusi Bisnis Keluarga

Ia dan Koguan pun mengakuisisi perusahaan peranti lunak, yang nyaris gulung tikar pada 1989. Nilai pembeliannya kurang dari US juta, itu pun mamakai uang hasil berutang ke bank.

Setelah dibeli, perusahaan ini berganti nama menjadi Software House International atau SHI International Corp. Bisnisnya menjual peranti keras, peranti lunak dan jasa konsultasi.

Di bawah tangan dingin Lee, SHI menjelma menjadi menjadi raksasa IT AS yang menyerap ratusan pekerja, serta melayani klien dari berbagai negara.

Kini, SHI Internasional memiliki sekitar 15 ribu pelanggan dari berbagai negara, termasuk Boeing dan AT&T.

Bos Lady ini memang berhasil menyulap SHI jadi perusahaan IT terbesar AS, tetapi ia gagal mempertahankan perkawinannya.

Lee dan Leo Koguan memutuskan bercerai 2002.

Setelah bercerai, Lee didapuk menjadi CEO, sementara Koguan pun masih memiliki saham minoritas di SHI.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)




bab terbaru:erek erek penjahat

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
bet 400 maxwin berapa
kpktoto slot gacor
slot kursi777
valbet situs slot
linetigel
gacor slot 138 login
gacor5000
bonus new member depo 10k
bosswin168 rtp
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot rtp terbaik
Bab 2 dagangjudi
Bab 3 judi388
Bab 4 situs game slot online resmi
Bab 5 ceriaslot
Bab 6 nama situs slot yang gacor
Bab 7 membuat situs slot
Bab 8 kredit hp bunga rendah
Bab 9 pinjam dana langsung cair
Bab 10 apa itu maxwin slot
Bab 11 pinjam duit cepat
Bab 12 spboasia
Bab 13 sihoki rtp
Bab 14 pilar play login
Bab 15 77 play slot
Bab 16 slot gacor 212
Bab 17 menara4d
Bab 18 tawon togel 2d
Bab 19 situs game slot gacor
Bab 20 slot gacor deposit 50 bonus 50
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6271bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Perjalanan ke Barat: Guru Surgawi Penakluk Setan

web judi bola parlay
Menaker Ida Fauziyah dipanggil Komisi IX DPR RI, Selasa (14/11) ini membahas angkatan kerja lulusan SMK hingga loker di proyek PSN.
Menaker Ida Fauziyah dipanggil Komisi IX DPR RI, Selasa (14/11) ini membahas angkatan kerja lulusan SMK hingga loker di proyek PSN. (Foto: Dok. Kemnaker)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri KetenagakerjaanIda Fauziyahbeserta jajaran dipanggil Komisi IX DPRRI, Selasa (14/11) ini. Pemanggilan atau rapat kerja itu bertujuan untuk membahas tiga poin diskusi.

Pertama, progres capaian kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam pemenuhan link and match, perluasan kesempatan kerja di dalam negeri, perluasan pasar kerja di luar negeri, pengembangan talenta muda, dan pengembangan digital ketenagakerjaan.

Kedua, monitoring dan evaluasi program sistem penempatan kerja satu kanal (SPSK) untuk penempatan ke Timur-Tengah dan kawasan lainnya.

Dalam rapat tersebut, Ida mengungkapkan tantangan ketenagakerjaan di Indonesia. Ia mengungkapkan pasar tenaga kerja saat ini menampung banyak lulusan SMA, SMK, atau MA yang tak terserap perguruan tinggi.

Ida memaparkan saat ini sebanyak 1,8 juta lulusan SMA terpaksa masuk pasar tenaga kerja. Namun, lulusan SMA itu menghadapi tantangan besar lantaran pasar tenaga kerja membutuhkan pegawai yang menguasai skill digital.

Sementara, para lulusan SMA ini belum memiliki kemampuan tersebut.

Lihat Juga :
Menghitung Kenaikan UMP dengan Rumus Baru Jokowi, Naik Berapa di 2024?

"Keterampilan digital yang dimiliki tenaga kerja Indonesia masih bersifat teoritis dan umum, sehingga terjadi kesenjangan sisi supply dan demand," kata Ida.

Ia lantas mengatakan di masa mendatang pola permintaan tenaga kerja akan lebih banyak pekerjaan yang bersentuhan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Selain itu, sisi soft skill seperti kemampuan analitis, orientasi penyelesaian masalah, kreativitas, dan komunikasi juga akan sangat dibutuhkan.

Ida pun merinci sejumlah keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja saat ini. Berikut daftarnya:

- Creative thinking kebutuhannya 73,2 persen

- Analytical thinking kebutuhannya 71,6 persen

- Technological literacy kebutuhannya 67,7 persen

- Curiosity and lifelong learning kebutuhannya 66,8 persen

- Resilience, flexibility and agility kebutuhannya 65,8 persen

- Systems thinking kebutuhannya 59,9 persen

- AI and big data kebutuhannya 59,5 persen

- Motivation and self awareness kebutuhannya 58,9 persen

- Talent management kebutuhannya 56,4 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Novel Mo Ji Jiu Yao

slot gacor jam 3 pagi
Menteri PUPR Basuki menyebut uji coba bayar tol tanpa setop dilakukan pada pertengahan Desember mendatang di Tol Bali Mandara.
Menteri PUPR Basuki menyebut uji coba bayar tol tanpa setop dilakukan pada pertengahan Desember mendatang di Tol Bali Mandara. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Uji coba bayar tol tanpa setop dilakukan pada pertengahan Desember mendatang di Tol Bali Mandara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan uji coba transaksi tol tanpa setop ataumultilane free flow(MLFF) akan berlangsung pada minggu kedua Desember 2023.

"Minggu kedua Desember," kata Basuki dikutip dariDetik Finance, Selasa (14/11).

"Jadi setelah itu dicoba, akhir Desember kita evaluasi. Kalau itu bagus, berhasil, kita expand. Kalau ada yang kekurangan, kita improve dulu baru coba lagi, baru expand," ungkapnya.

Ia menjelaskan jika uji coba di Bali berhasil, maka akan dilanjutkan ke enam ruas tol di Jakarta.

"Kalau berhasil baru ke Jakarta, di perkotaan dulu," pungkas Basuki.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Tersenyum bangga di dunia keabadian

slot paling gacor banget
Sandiaga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam merespons ancaman massa anti-LGBT bakal membakar panggung konser Coldplay.
Sandiaga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam merespons ancaman massa anti-LGBT bakal membakar panggung konser Coldplay. (Foto: CNN Indonesia/Khaira Ummah JP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)Sandiaga Uno merespons ancaman massa yang akan membakar panggung Coldplay saat konser di Indonesia pada 15 November besok.

Menanggapi ancaman itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar konser (Coldplay) ini berjalan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan," tegas Sandi di Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Sandi mengatakan pihaknya saat ini tengah mematangkan persiapan konser yang akan dihelat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, tersebut. Beberapa persiapan final dan koordinasi terus dirampungkan.

Akan tetapi, ia tidak bisa memastikan apakah dirinya akan hadir dalam konser itu besok. Sandi mengatakan bisa saja ia diwakilkan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, meski tak menutup kemungkinan dirinya datang langsung.

Sebelumnya, ancaman pembakaran panggung konser Coldplay dilontarkan oleh Massa Gerakan Nasional Anti-LGBT (Geranati LGBT). Mereka menolak kedatangan Coldplay dan berunjuk rasa di Kantor Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia pada Jumat (10/11) lalu.

"Jangan sampai nanti acara berlanjut, umat Islam marah, rakyat marah, ramai-ramai bawa bensin bakal kita bakar nanti panggung Coldplay," kata salah satu orator dalam demo tersebut, dikutip dari detiknews.

"Bukan kita anti dengan konser. Ini bukan konser sembarangan. Ini karena di dalamnya ada propaganda LGBT. Andai kata konser biasa pun pada saat ini konser di Palestina banyak manusia yang dibantai yang dibunuh yang harusnya kita berduka, mengapa mereka harus paksakan untuk berhura-hura," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Evolusi tanpa batas dimulai dari sungai

kta online bunga rendah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengklaim rumus kenaikan UMP baru yang ditetapkan Jokowi sudah memenuhi teori pengupahan mana pun.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengklaim rumus kenaikan UMP baru yang ditetapkan Jokowi sudah memenuhi teori pengupahan mana pun. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyahmengklaim rumus kenaikanUpahminimum (UM) baru yang ditetapkan Presiden Jokowi dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sudah memenuhi teori pengupahan mana pun.

"Untuk 2024 dan seterusnya saya kira ini perlu saya sampaikan kami sudah ada payung hukum yang menurut teman-teman akademisi, teman-teman perguruan tinggi, peraturan ini jauh lebih memenuhi dari sisi teori apapun," ucap Ida dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (14/11).

Presiden Jokowi baru saja menetapkan rumus perhitungan upah buruh yang baru. Dalam rumus baru itu, kenaikan upah minimum ditentukan dengan tiga komponen; Inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu (disimbolkan dalam bentuk α).

Adapun nilai penyesuaian upah minimum tahun depan dihitung dengan menambahkan inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dikali indeks tertentu (α) dalam rentang yaitu 0,10 sampai dengan 0,30, kemudian dikalikan dengan upah minimum tahun berjalan.

Lebih lanjut, Ida mengatakan PP Nomor 51 Tahun 2023 merupakan aturan yang paling panjang dalam proses penyerapan aspirasinya. Ia mengklaim aturan itu sudah menampung banyak masukan dari para pengusaha maupun pekerja.

"Harapannya, karena ini aspirasi banyak pekerja, mudah-mudahan PP ini diterima sebagai bentuk upaya yang mendekatkan kepentingan pengusaha dan pekerja," kata Ida.

Sementara itu, para buruh tak puas dengan terbitnya PP Nomor 51 Tahun 2023 tersebut. Pasalnya, aturan itu tak mencantumkan persentase kenaikan gaji secara jelas.

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Mirah Sumirat berpendapat seharusnya PP tersebut menyebutkan angka atau persentase kenaikan.

"Jadi dalam peraturan yang diketok palu Pak Presiden itu kan tidak menyebutkan angka besaran. Yang paling penting bagi kami para buruh adalah besarannya. Besaran nilai UMP yang ditetapkan harus bersifat layak dan berkeadilan," kata Mirah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (11/11).

Mirah juga menilai tiga komponen penentuan upah terbaru dari pemerintah, terutama soal komponen indeks tertentu itu rancu dan berpotensi membuat kenaikan upah minimum tidak sesuai harapan. Ia juga menuntut pemerintah menetapkan kenaikan upah minimum sebesar 15 persen pada 2024.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Siapa saya

foto kakek zeus pakai peci
Mentan Amran Sulaiman mengatakan produksi beras pada Januari 2024 bakal terancam karena lahan yang ditanam baru 500 ribu hektare (ha) dari kebutuhan 1 juta ha.
Mentan Amran Sulaiman mengatakan produksi beras pada Januari 2024 bakal terancam karena lahan yang ditanam baru 500 ribu hektare (ha) dari kebutuhan 1 juta ha. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan produksi beras pada Januari 2024 bakal terancam karena lahan yang ditanam baru 500 ribu hektare (ha) dari kebutuhan 1 juta ha.

"Ini sudah tanam 500 ribu, itu berbahaya di Januari. Harusnya satu juta baru bisa bernapas," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IV, Senin (13/11).

"Sekarang kering kerontang, ini cuma 500 ribu, separuh dari kebutuhan. Sudah pasti kita kesulitan di Januari," imbuhnya.

"Bulan ini kami kejar sampai pertengahan nanti 1 juta. Artinya Februari nanti aku aman. Tapi Januari yang kita akan panen nanti enggak. Ini cuma 500 ribu," katanya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal Kementan Prihasto mengatakan musim tanam mundur karena fenomena El Nino. Biasanya musim tanam mulai Oktober, namun mundur ke November dan Desember.

Ia menjelaskan produksi beras akan terancam pada Januari karena penanaman yang kurang pada Oktober.

"Makanya sekarang kita betul-betul mengejar penanaman. Makanya betul-betul-betul di November dan Desember ini kita genjot untuk penanaman," katanya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebelumnya memperkirakan musim panen padi tahun depan bakalan mundur sekitar dua bulan.

Menurutnya, molornya waktu panen ini lantaran hujan turun terlambat. Akibatnya, masa tanam juga terlambat.

"Kemarin Agustus, September, Oktober, belum turun hujan. Turun hujannya baru akhir November dan Desember, jadi panen agak mundur," ungkap Arief di Komplek PT Pupuk Kujang, Karawang, Jawa Barat, dikutip dari Detik, Senin (13/11).

Karena masa tanam terlambat, Arief kemudian menjelaskan masa panen padi baru akan dimulai pada April, Mei, dan Juni 2024.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kisah Yang Abadi dengan Pedang

akun demo slot sky77
Cisco, Autodesk, dan ESRI teken MoU dengan otorita IKN untuk bersama-sama membangun IKN Nusantara dari sisi teknologi guna mewujudkan Smart City.
Otorita IKN Nusantara menandatangani MoU dengan tiga perusahaan teknologi dunia di Silicon Valley, San Francisco, AS, Senin (13/11).(Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan tiga perusahaan teknologi dunia di Silicon Valley,San Francisco, Amerika Serikat, Senin (13/11) waktu AS.

Tiga perusahaan teknologi tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI). Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.

Dalam sambutannya, Bambang mengatakan penandatanganan MoU ini adalah peristiwa bersejarah bagi sebuah pembangunan sebuah kota. Bukan kota biasa, tapi kota yang jadi ibu kota negara Republik Indonesia.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi perusahaan-perusahaan raksasa dunia tersebut untuk bersama-sama membangun nusantara.

MoU ditandatangani oleh Deputi bidang Transformasi Hijau dan Digital Muhammed Ali Berawi. Dari Cisco yang mewakili adalah Vice President Engineering Sustainability Office Denise Lee Yeh, Autodesk diwakili Allison Rose selaku Senior Director Government Affairs and Public Policy, dan ESRI diwakili oleh Dean Angelides selaku Director of Global Business Development.



Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. Di IKN nantinya, Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Sementara Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur.

Lihat Juga :
Presiden FIFA: 30 Pegawai FIFA Berkantor di Jakarta

Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial.

Teknologi tersebut dimanfaatkan di IKN bisa digunakan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial. Teknologi informasi geospasial dapat membantu dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.

Pemanfaatan data dan informasi geospasial ini dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar, dan biodiversitas, hingga mitigasi risiko bencana.

Ali Berawi mengatakan bukan cuma perusahaan-perusahaan ini yang menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan IKN. Sejumlah perusahaan lain juga akan menjalin kerja sama dengan Otorita IKN untuk membangun Nusantara jadi ibu kota baru.

"Bukan cuma dari Amerika Serikat, tapi juga dari Korea Selatan dan China," kata Ali.

(sur/sur)

[Gambas:Video CNN]