petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

paito mongolia

tafsir mimpi 21 335Jutaan kata 63279Orang-orang telah membaca serialisasi

《paito mongolia》

Arsitek Bantah Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain******

Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana membantah proyek tersebut salah desain.
Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana membantah proyek tersebut salah desain. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-KuninganLRT Jabodebek Arvilla Delitriana membantah proyek tersebut salah desain.

"Tidak ada salah desain, tidak ada salah perkiraan, semua sudah direncanakan dengan baik," ujar Dina, sapaan akrabnya, saat diwawancara CNN Indonesia Bisnis & Referensi pada Selasa (8/8).

Menurut Dina, kritik yang disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo beberapa waktu itu mengarah pada kecepatan yang harus diperlambat saat melintasi jembatan menjadi 20 km per jam. Namun, ia mengingatkan kecepatan dari jalur lurus ke belok pasti harus diturunkan.

"Ada ahlinya yang sudah merancang sedemikian rupa supaya trase LRT Kuningan ini bisa dilewati oleh LRT yang sudah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk kecepatan. Kami sebagai perencana jembatan menyesuaikan hal tersebut," sambungnya.

Dina juga memastikan komunikasi antar berbagai pihak terkait sudah dilakukan dengan baik. Pembangunan dilakukan berdasarkan perencanaan yang mempertimbangkan kondisi lingkungan yang ada.

"Selalu ada pembahasan mengenai kriteria desain, jembatan ini mau berfungsi sebagai apa kemudian nanti apa yang akan lewat, berapa kecepatannya itu sudah dibahas di awal," ujarnya.

Lihat Juga :
ANALISISPahami Rambu-rambu Kripto agar Tak Terlilit Utang dan Jadi Kriminal

Sebenarnya, menurut Dina, lebih sulit untuk merancang jembatan yang lengkungnya kecil. Namun, untuk proyek ini, perencanaan di awal sudah mempertimbangkan kondisi yang terbatas. Apabila ingin lengkung besar maka ada kendala pembebasan lahan.

"Gedung-gedung di sekitar harus menyingkir dulu. Saya yakin pembebasan lahannya pasti akan sangat mahal," ujarnya.

Ia juga memastikan keamanan dari jembatan longspan itu. Dalam pembangunan, jembatan itu dirancang untuk bisa dilewati LRT dengan kecepatan sekitar 35 km per jam. Selain itu, serangkaian uji coba, termasuk dengan muatan, juga sudah dilakukan.

"Disampaikan ke kami itu (kecepatan) sekitar 35 km per jam, aturan untuk lengkung seperti ini, tetapi ada faktor-faktor lain terkait safety, yang sepahaman kami ini dari LRT yang paham, mungkin ada softwarenya, sehingga disepakati 20 km per jam," ujar insinyur yang juga merancang Simpang Susun Semanggi ini.

Lihat Juga :
Blak-blakan Ahok soal Isu Dapat Gaji Rp8,3 M dari Pertamina

Lebih lanjut, Dina mengambil hikmah dari tudingan kesalahan desain jembatan LRT ini. Menurutnya, hal ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat.

"Dengan ada statement itu (salah desain) masyarakat bisa melihat jembatan tidak hanya kuat, gagah, bagus, tetapi pembangunannya juga terintegrasi dengan kondisi di sekitar," ujarnya.

Kesalahan desain LRT Jabodebek disampaikan oleh Kartika Wirjoatmodjo Selasa (1/8) lalu.

"Itu salah desain karena dulu Adhi sudah bangun jembatannya, dia tidak mengetes sudut kemiringan keretanya. Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya lebih lebar tikungannya," kata Tiko seperti dikutip dari detik.com.

"Kalau tikungannya lebih lebar dia bisa belok sambil speed up,karena tikungannya sekarang sudah terlanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelan banget," tambahnya.

Lanjutnya, hal itu terjadi karena pembangunan prasarana tidak berkomunikasi dengan pihak yang membangun sarananya.

Selain desain, Tiko juga menyebut LRT Jabodebek memiliki 2 masalah lain. Pertama,terkait ketersediaan sistem integrator. Masalah keduaterkait spesifikasi kereta yang digunakan dalam proyek LRT.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Revolusi Mental Diperlukan untuk Meningkatkan Citra Koperasi******

Lewat koperasi, ide-ide tentang kebersamaan, gotong-royong, kekeluargaan, nilai solidaritas sosial, hingga kerja sama mampu memperkuat ekonomi rakyat.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menghadiri acara National Cooperative Summit 2023 di GOR SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, DIY, Sabtu (22/7). (Foto: KEMENKOP UKM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, revolusi mental diperlukan untuk meningkatkan citra koperasi, sehingga kian dipercaya oleh publik di tanah air.

Salah satunya melalui program Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terkait revolusi mental yang harus diimplementasikan dalam membangun koperasi di lingkungan pendidikan.

Demikian disampaikan Menteri Teten saat pidato kunci dalam acara National Cooperative Summit 2023 di GOR SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, DIY, Sabtu (22/7).

"Membangun usaha tak harus dengan modal besar atau konglomerat, tapi bagaimana bisa berkembang dengan modal yang kecil. Cara berpikir seperti ini yang harus direvolusi," ujarnya.

Koperasi lanjut Teten, hadir sebagai instrumen untuk melakukan revolusi mental melalui pengajaran atau edukasi kepada masyarakat agar memiliki kepedulian sosial, mau membangun sistem sosial yang baik dan berkeadilan.

"Membangun revolusi mental koperasi penting bagi kita. Karena saat ini citra koperasi itu sudah menurun di kalangan masyarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, Menteri Teten juga menyoroti Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang menurut dia perlu melakukan perbaikan dalam implementasinya. Kehadiran KSP masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat unbankable atau peminjam mikro meskipun bunganya tinggi.

"Karena rata-rata di koperasi itu bunganya di atas bunga bank. Ini juga yang harus diubah. Harusnya jati diri koperasi itu memberikan pinjaman murah. Yang ada kenapa koperasi bunganya lebih mahal padahal itu kan untuk rakyat kecil. Seharusnya dengan bunga yang murah, anggota koperasi yang memiliki usaha mikro bisa meminjam dan usahanya lebih kompetitif," ucap Teten.

Koperasi Sekolah

Untuk itu, kehadiran program revolusi mental di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini diharapkan mampu membangun model koperasi yang lebih baik. Sehingga sekolah bisa menjadi semacam laboratorium revolusi mental, sekaligus menciptakan para calon wirausaha sejak dini.

"Kemenkop UKM berminat sekali bekerja sama dengan Kemenko PMK dan Muhammadiyah untuk implementasi nilai-nilai koperasi. Tadi kami juga berbicara bagaimana koperasi di dunia ini berkembang, konglomerasi dunia banyak berbasis koperasi baik di sektor agrikultur, perbankan, hingga otomotif yang bisa menjadi contoh atau best practice," kata Menteri Teten.

Ia mengatakan, pentingnya mengubah pola pikir, sehingga tidak lagi mencetak anak didik sebagai pegawai namun melahirkan entrepreneur yang menciptakan lapangan kerja bukan mencari kerja.

MenkopUKM menegaskan, Indonesia segera memiliki bonus demografi sampai nanti puncaknya pada tujuh tahun mendatang yakni 2030. Berdasar Sensus Penduduk (BPS, 2020), lebih dari separuh komposisi penduduk Indonesia berusia muda. Artinya lebih dari separuh penduduk termasuk dalam kelompok usia yang memiliki produktivitas tinggi.

"Itulah sebabnya disebut sebagai bonus demografi, dengan karakteristik semacam itu, Indonesia memiliki daya ungkit untuk meningkatkan produktivitas ekonomi yang tinggi. Dengan menciptakan lapangan kerja, maka sesungguhnya adalah Local Heroes di abad digital ini. Melalui koperasi hal itu terlihat rasional, terukur, dan bisa dikerjakan," kata Menteri Teten.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Muhammad Ikhwan Ahada mengatakan, ada 60 ribu siswa di sekolahnya yang menjadi potensi untuk dididik agar memiliki rasa kebersamaan, kejujuran, dan gotong-royong melalui pendirian koperasi sekolah. Di mana sifat tersebut harus dimunculkan sebagai watak dasar Bangsa Indonesia.

"Koperasi menjadi soko guru perekonomian harus dihidupkan kembali sejak dini, dan terus dikembangkan tak hanya pada level sekolah. Muhammadiyah terbuka dalam mengembangkannya hingga di level pegawai serta pengurus di wilayah Muhammadiyah," ucap Ikhwan.

Dikatakannya, koperasi mengalami pasang dan surut hingga hari ini. Namun ia menegaskan, kehidupan berkoperasi tak bisa ditawar lagi, semangat perserikatan khususnya di wilayah Yogyakarta harus terus bangkit dan kembali hidup dalam kegotongroyongan yang menjadi jati diri koperasi dan bangsa Indonesia.

(inh/inh)

IHSG Jatuh ke 6.899 Imbas Pelemahan 308 Saham******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.899 pada Kamis (24/8). Indeks saham turun 22,01 poin atau minus 0,32 persen dari perdagangan sebelumnya.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.899 pada Kamis (24/8). Indeks saham turun 22,01 poin atau minus 0,32 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.899 pada Kamis (24/8). Indeks saham turun 22,01 poin atau minus 0,32 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,74 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,32 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 219 saham menguat, 308 terkoreksi, dan 215 lainnya stagnan. Terpantau delapan dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor industri yang layu 1,35 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia kompak kokoh. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,87 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong plus 2,02 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan melesat 1,28 persen.

Serupa, bursa saham Eropa kompak menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,45 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,75 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,62 persen.

Begitu pula dengan bursa Amerika yang serempak ditutup hijau. Indeks S&P 500 meroket 1,10 persen, indeks NYSE bangkit 0,85 persen, dan indeks NASDAQ Composite naik 1,59 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:game paling gacor

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
club 88 slot
gacor malam ini slot
cara dapat uang 1jt dalam sehari
slot rame138
link terbaru bola88
trik main starlight
rupiah ajaib pinjol
skywind slot
gbo777
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot judi
Bab 2 akun slot gacor
Bab 3 slot gacor 2022 bonus new member 100
Bab 4 cuan138
Bab 5 situs gacor terpercaya 2023
Bab 6 admin jarwo gacor
Bab 7 pinjol yang gak ribet
Bab 8 situs slot online 24 jam
Bab 9 situs slot gacor malam ini
Bab 10 slot terpercaya resmi
Bab 11 game slot yang paling banyak bonus
Bab 12 login slot
Bab 13 sukaslot88
Bab 14 slot gacor terpercaya
Bab 15 belanja online paylater
Bab 16 slot liga logo
Bab 17 kimdototo
Bab 18 situs game online gacor
Bab 19 slot online paling gacor
Bab 20 maxwin bet 600
Klik untuk melihattersembunyi di tengah410bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Jiwa Pedang yang Tak Terkalahkan

200m slot
PT Bank DKI mencopot Fidri Arnaldy dari jabatannya sebagai direktur utama dan digantikan oleh Amirul Wicaksono sebagai pelaksana tugas.
PT Bank DKI mencopot Fidri Arnaldy dari jabatannya sebagai direktur utama dan digantikan oleh Amirul Wicaksono sebagai pelaksana tugas. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank DKI memutuskan mencopot Fidri Arnaldy dari jabatannya sebagai direktur utama PT Bank DKI. Posisi  Fidri lantas digantikan oleh Amirul Wicaksono sebagai pelaksana tugas. 

Kepala Badan Pembina (BP) BUMD DKI Jakarta Nasrudin Djoko Surjono mengatakan pergantian itu dalam rangka penyegaran organisasi perseroan serta guna mendukung penerapan tata kelola perseroan yang baik.

"RUPS telah memberhentikan Bapak Fidri Arnaldy dan mengangkat Bapak Amirul Wicaksono yang telah menjabat sebagai Direktur untuk merangkap sebagai pelaksana tuigas dalam menjalankan kewenangan Direktur Utama sampai dengan diangkatnya Direktur Utama Perseroan yang definitif sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Djoko dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8).

Penerapan tata kelola perusahaan diharapkan mampu memperkuat posisi daya saing PT Bank DKI secara berkesinambungan, mengelola sumber daya dan risiko secara lebih efisien dan efektif, meningkatkan corporate value serta kepercayaan stakeholders.

"Persetujuan pemegang saham diputuskan dalam RUPS Luar Biasa pada 1 Agustus 2023," ujarnya.

Djoko menjelaskan per 31 Desember 2022, total aset PT Bank DKI sebesar Rp78,885 triliun. Sementara total Laba Bersih sebesar Rp939,11 miliar.

"Pergantian pengurus ini diharapkan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kapabilitas dan daya saing, serta adaptif dalam mengantisipasi dinamika perubahan teknologi perbankan," tutur Djoko.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Kapitalis Misterius

fokuswin
Ekonom Senior UI Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja.
Ekonom Senior UI Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membenahi hilirisasi. Jika tidak, ia mengimbau program ini cukup berhenti di nikel saja.

Faisal membedah sengkarut hilirisasi nikel ala Jokowi. Ia menyebut nilai tambah hilirisasi datang dari smelter alias fasilitas pemurnian, di mana rumusnya adalah outputdikurangi input antara.

Output yang dimaksud, antara lain nickel pig iron (NPI), ferronickel, nickel matte, dan lainnya. Sedangkan input antara merupakan bijih nikel.

Ia lantas mengutip data United States Geological Survey (USGS) soal cadangan nikel di seluruh dunia per 2022. Indonesia dan Australia berada di urutan puncak dengan cadangan 21 juta metrik ton.

Tepat di bawah keduanya, ada Brasil dengan 16 juta metrik ton, Rusia 7,5 juta metrik ton, New Caledonia 7,1 juta metrik ton, dan Filipina 4,8 juta metrik ton. Lalu, Kanada punya 2,2 juta metrik ton, China 2,1 juta metrik ton, serta Amerika Serikat 0,37 juta metrik ton.

Namun, umur cadangan nikel Indonesia paling singkat dibandingkan negara-negara lain. Faisal mengatakan ini disebabkan ganasnya pengerukan nikel di tanah air, di mana produksinya menembus 1,6 juta metrik ton per tahun.

Lihat Juga :
Jokowi: Ada yang Tanya ke Saya, RI Dapat Apa dari Hilirisasi Nikel?

"Indonesia paling gila, cuma 13 tahun (umur cadangan nikel), kalau seperti yang sekarang. Ini kan smelter nambah terus, jadi bisa lebih cepat (habis). Pak Jokowi enggak peduli sama itu, dapat Rp510 triliun dengan mengeruk semakin dalam kekayaan kita. Enggak dihitung sebagai ongkos, dampak lingkungannya enggak dihitung, enggak benar," tuturnya.

Faisal membandingkan dengan Australia yang sama-sama punya cadangan 21 juta metrik ton, tetapi produksinya hanya 160 ribu metrik ton per tahun. Dengan begitu, umur cadangan nikel Australia masih bisa bertahan 131 tahun, sehingga manfaatnya masih bisa dicicipi generasi-generasi selanjutnya.

Sementara itu, Filipina yang punya cadangan 4,8 juta metrik ton nikel akan habis dalam 15 tahun mendatang imbas produksi sebesar 330 ribu metrik ton per tahun. Faisal menegaskan nasib nikel Filipina juga dibelenggu China.

"China sekarang, bijih nikelnya hampir semua impor dari Filipina. Nah, yang seperempat jadi segala macam (impor) dari Indonesia. Jadi, smelter di China ada yang tidak memindahkan atau tidak bikin fasilitas baru di Indonesia, mereka mengandalkan pada yang lain-lain," ungkap Faisal.

Lihat Juga :
LRT Jabodebek Beroperasi Hari Ini, Rp5 Ribu hingga Akhir September

Ia pun mengkritik larangan ekspor bijih nikel yang diberlakukan Jokowi. Menurutnya, lebih baik keran ekspor tetap dibuka agar mekanisme pasar berjalan.

Dengan larangan ekspor saat ini, pasokan bijih nikel di pasar internasional merosot sehingga harganya melonjak. Di lain sisi, harga di dalam ambruk karena pasokan melimpah.

"Larangan itu bikin kacau, bikin pasar tidak bekerja. Karena yang paling bagus buat dunia usaha adalah sinyal pasar bagaimana, ini tidak terjadi karena harga ditetapkan pemerintah dengan harga patokan mineral (HPM)," ujarnya.

"HPM menurut saya keliru sekali. Jadi, HPM itu ditetapkan berdasarkan harga timah murni 99 persen di pasar London Metal Exchange (LME) yang harganya puluhan ribu dolar AS. Masa patokan bijih nikel (kadar 1,8 persen-2 persen) pakai harga yang 99 persen? Ya itu dibikin-bikin saja," sambung Faisal.

Bersambung ke laman berikutnya...

Ekspor Feronikel Untungkan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

biksu perang terakhir

pragmatic play
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur. Ilustrasi. (Joko Sulistyo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatpertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud mengatakan ekonomi manufaktur secara total tumbuh 4,88 persen (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi manufaktur itu lebih ditopang oleh masih kuatnya permintaan domestik maupun global," ucapnya dalam konferensi pers, Senin (7/8).

Lalu, industri logam dasar tumbuh sebesar 11,49 persen. Pencapaian ini didorong oleh peningkatan permintaan ekspor komoditas baja dan feronickel. Kemudian, industri alat angkutan tumbuh 9,66 persen, didorong oleh peningkatan permintaan domestik dan luar negeri, terutama kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan.

Selain kinerja industri manufaktur, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II 2023 juga ditopang oleh sektor perdagangan.

"Di sektor perdagangan, pertumbuhan perdagangan terutama ditopang oleh peningkatan aktivitas produk," ucap Edy.

BPS mencatat perdagangan besar dan eceran, bukan mobil dan sepeda motor tumbuh 4,97 persen. Capaian ini didorong oleh peningkatan aktivitas produksi, konsumsi, dan mobilitas masyarakat.

Sedangkan, perdagangan mobil, sepeda motor, dan reparasinya tumbuh sebesar 6,56 persen. Ini didorong oleh peningkatan penjualan mobil dan sepeda motor.

Selanjutnya, sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah transportasi dan pergudangan. Sektor ini tumbuh solid seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

Tercatat, angkutan udara tumbuh 32,88 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang angkutan udara seiring peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Angkutan laut tumbuh 18,26 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang. Sementara, angkutan rel tumbuh 19,4 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang sejalan dengan peningkatan mobilitas setelah penghapusan PPKM di akhir tahun 2022 dan momen liburan.

"Banyak sekali momen liburan di 2023, di kuartal II terutama saat Lebaran maupun libur sekolah," pungkas Edy.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Shihuang Daluo

aztecslot
Pertamina akan membangun terminal bernama Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) di lahan Pelindo.
Pertamina akan membangun terminal bernama Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) di lahan Pelindo. Ilustrasi. (Arsip Pelindo).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pertamina(Persero) akan membangun terminal bernama Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) di lahan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi mengatakan nilai investasi proyek itu mencapai US0 juta pada tahap pertama.

"Ini akan ada multi stage, ada tigastage. Tahap awal, kita proyeksikan US0 juta sampai US0 juta," kata Yoki dalam penandatangan proyek tersebut di Menara BRILiaN, Jakarta, Jumat (1/9).

Jakarta Integrated Green Terminal nantinya akan akan menampung bahan bakar termasuk produk hijau, di antaranya LPG, BBM, Gasoline, LNG, petrokimia, dan lainnya dengan kapasitas penampungan 6 juta barel.

"JIGT ini untuk mengantisipasi demandJakarta ke depan," kata Yoki.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko berharap dengan proyek ini Pelindo bisa bertransformasi tak hanya dari pelabuhan kontainer tetapi juga pelabuhan khusus untuk greenterminal.

Pelindo juga ia harapkan bisa bertransformasi mengelola pelabuhan dengan kompleksitas tinggi.

Sementara terkait Pertamina, Tiko mengatakan perusahaan energi itu harus menyiapkan kebutuhan energi hijau yang lebih ramah lingkungan untuk Jabodetabek. Apalagi belakangan kualitas udara Jabodebek memburuk.

"Ini menjadi salah satu langkah awal Pertamina menyediakan bahan bakar yang renewfil yang bisa menurunkan emisi di Jabodetabek," kata Tiko.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Zootopia Masa Depan

dewa234
Progres pembangunan Stasiun Halim untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 97 persen.
Progres pembangunan Stasiun Halim untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 97 persen. (CNN Indonesia/Ridwan Apandi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Slamet Riyadi menyebutkan kemajuan pembangunan Stasiun Halim di Jakarta Timur untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah mencapai 97 persen. 

Adapun proses pembangunan tengah berlangsung menjelang uji coba operasional pada September 2023 mendatang.

Pantauan CNN Indonesia.com pada Sabtu (12/8), terlihat sejumlah pekerja menggunakan perlengkapan keselamatan masih berada di lokasi. Mereka sudah mulai bekerja saat awak pers berkunjung sekitar pukul 09.30 WIB.

Sementara itu, di bagian dalam gedung tampak elevator dan eskalator masih belum difungsikan. Para awak media ditemani pihak KCIC meniti anak tangga dari stasiun ke peron. Untuk menuju peron, penumpang nantinya terlebih dulu melewati pintu masuk dan memindai tiket pada alat yang sudah disediakan.

Adapun akses menuju Stasiun Halim masih belum selesai dibangun. Pantauan di lokasi, jalan beraspal menuju DI Pandjaitan sudah terbangun sebagian. Pun dengan Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Bantu Jokowi Jawab Kritik Hilirisasi Faisal Basri

Dwiyana mengatakan untuk akses terusan jalan DI Pandjaitan dan Exit Tol km 1+850 Jakarta - Cikampek bakal dioperasikan pada Agustus 2023. Sementara untuk yang lainnya. Ia menuturkan masih dalam proses penyelesaian.

"Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023," kata Dwiyana dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8).

Ia juga mengatakan Stasiun KA Cepat Halim akan terhubung dengan sejumlah akses seperti Jalan Raya, Tol, hingga LRT.

"Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvensional maupun online," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(pan/dzu)

Saya mungkin seorang pembunuh palsu

pinjaman kredivo tidak masuk rekening
Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membatasi impor komputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi.
Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membatasi impor komputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi membatasiimporkomputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi.

Mengutip CNN Business, Jumat (8/9), importir harus mengajukan izin untuk membawa laptop, tablet, komputer pribadi, dan perangkat elektronik lainnya ke negara tersebut, sesuai dengan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri pada Kamis (7/9).

Sebelumnya, impor barang-barang seperti itu tidak terbatas.

Impor elektronik India mencapai US,7 miliar dalam periode April hingga Juni, naik 6,25 persen dari periode yang sama pada 2022.

CNN telah menghubungi Apple (AAPL) dan Samsung (SSNLF), penjual laptop teratas di negara Asia Selatan ini, untuk memberikan komentar tetapi belum menerima tanggapan.

Upaya India untuk memproduksi secara domestik datang pada saat yang penting bagi negara dengan populasi terbanyak di dunia ini, ketika perusahaan-perusahaan mencari alternatif di luar China untuk mengamankan rantai pasokan penting.



Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan memprediksi populasi kerja India diperkirakan akan mencapai satu miliar dalam satu dekade mendatang.

Angkatan kerja yang besar dan muda membuat negara ini menarik bagi perusahaan-perusahaan global yang mencari pusat manufaktur alternatif selain China.

Pada awal tahun ini, Menteri Perdagangan India Piyush Goyal mengatakan bahwa Apple sudah memproduksi antara 5 persen hingga 7 persen produknya di India.

"Jika saya tidak salah, mereka berencana meningkatkan hingga 25 persen dari produksi mereka," katanya dalam sebuah acara pada Januari.

Pada Juni, produsen chip Amerika Serikat Micron (MICR) mengumumkan pabrik baru di negara bagian Gujarat bagian barat, menyebutnya sebagai fasilitas perakitan dan pengujian semikonduktor pertama di negara ini.

Lihat Juga :
Bahlil Harap Jokowi Hadiri 'Groundbreaking' Proyek Aguan Cs di IKN

Ventura ini akan melihat Micron berinvestasi hingga US5 juta dan menciptakan hingga 5.000 pekerja Micron langsung baru dan 15 ribu pekerja komunitas dalam beberapa tahun mendatang.

Foxconn, produsen elektronik kontrak terbesar di dunia dan pemasok kunci untuk Apple, juga berencana untuk memperluas operasi manufakturnya di India.

Bulan lalu, perusahaan ini secara tiba-tiba mengumumkan keluar dari kemitraan patungan senilai US,4 miliar dengan Vedanta (VEDL), sebuah konglomerat logam dan energi India, untuk membantu membangun salah satu pabrik chip pertama di negara ini.

Namun, perusahaan tersebut mengatakan masih berkomitmen untuk berinvestasi dalam pembuatan chip di India dan mengajukan permohonan ke program pemerintah yang mensubsidi biaya pembangunan fasilitas produksi semikonduktor atau tampilan elektronik di negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)