petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman saku

slot798 12Jutaan kata 669026Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman saku》

Kemendag Klaim Warga Bengkalis Tak Konsumsi Daging Kerbau Ilegal******

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan daging kerbau ilegal yang diperebutkan warga Bengkalis dari tempat sampah tak dikonsumsi dan sudah dikembalikan.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan daging kerbau ilegal yang diperebutkan warga Bengkalis dari tempat sampah tak dikonsumsi dan sudah dikembalikan. (Tangkapan layar web kemendag.go.id).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan daging kerbau ilegal yang diperebutkan warga Bengkalis dari tempat sampah tak dikonsumsi dan sudah dikembalikan.

Plt Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (PKTN) Kemendag Moga Simatupang menyebut Bea Cukai dan Polres setempat sudah melakukan mitigasi risiko. Ia mengatakan rumah-rumah warga Bengkalis didatangi untuk mengembalikan daging tak layak konsumsi tersebut.

"Sejauh ini tidak ada (warga Bengkalis yang konsumsi daging dari tempat sampah). Informasi terakhir yang diperoleh, masyarakat sudah mengembalikan daging ilegal tersebut dan dilakukan penimbunan kembali dengan menambah kedalaman gali menjadi 5 meter," jelas Moga kepada CNNIndonesia.com, Rabu (31/5).

Pernyataan Kemendag tersebut senada dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Bengkalis.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Bengkalis Ariyadi Permana Hamdani menyebut pihaknya memang langsung membentuk tim investigasi untuk mengecek potensi daging ilegal tersebut dijual di pasar.

"Iya betul (daging kerbau di TPA merupakan barang sitaan Bea Cukai Bengkalis). Setelah diperebutkan, sudah ditindaklanjuti. Kami segera membentuk tim melibatkan aparat terkait untuk inspeksi di peredaran atau pasar dan memberikan edukasi kepada masyarakat," katanya saat dikonfirmasi.

Lihat Juga :
Menteri ESDM Bongkar Alasan Jokowi Izinkan Ekspor Pasir Laut

"Sudah ditimbun kembali setelah dirusak. Secara prosedur sudah sesuai, acara lancar sampai selesai. Yang jelas itu barang masuk secara ilegal, tidak ada yang menjamin kelayakan konsumsinya karena tidak dilengkapi dokumen. Sangat berpotensi membawa hama penyakit," sambung Ariyadi.

Sebelumnya, Plt KPPBC TMP C Bengkalis M Hakim Satria mengatakan daging kerbau tersebut diamankan dari KM Nur Muhammad GT.27 No. 700/PPE pada 6 April 2023 pukul 02.00 WIB, tepatnya di Kuala Sungai Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Ia menekankan daging impor tersebut tidak dilengkapi dokumen kepabeanan yang sah.

Barang bukti yang diamankan adalah daging kerbau beku tanpa tulang merek Black Gold sebanyak 1.123 box alias 20 kilogram. Ada juga daging kerbau beku tanpa tulang merek Al Tamam sebanyak 937 box atau 20 kilogram. Perkiraan nilai barang menyentuh Rp2,17 miliar dengan potensi kerugian negara Rp279,95 juta.

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo turut membenarkan daging musnahan Bea Cukai itu diperjualbelikan oleh warga nakal.

Bimo lantas meminta Polsek di Bengkalis mendatangi rumah-rumah warga. Ia menegaskan pihaknya meminta warga tidak menjual dan mengkonsumsi daging yang sudah ditimbun di tempat sampah.

"Ada yang diperjualbelikan. Kami sudah arahkan Kapolsek agar daging ini bisa diambil untuk dimusnahkan dengan cara-cara lain. Kita melakukan ini sebagai langkah menjaga, kita tidak tahu daging dari mana, banyak bakteri karena sudah ditimbun dalam sampah basah," ujarnya, dikutip dari Detik.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Kunjungan Turis Asing Melesat 276 Persen pada April 2023******

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 865,81 ribu turis asing masuk ke Indonesia pada periode April 2023, naik 276 persen dibanding April 2022.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 865,81 ribu turis asing masuk ke Indonesia pada periode April 2023, naik 276 persen dibanding April 2022. ( (Dok. Sekretariat Kabinet).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 865,81 ribu wisatawan asing(wisman) atau turisasing masuk ke Indonesia pada periode April 2023.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini mengatakan jika dibandingkan dengan Maret 2023 jumlah ini turun 0,39 persen. Namun, dibandingkan April 2022 realisasi tersebut naik 276,31 persen.

"Jumlah kunjungan wisman pada April 2023 mencapai 865,81 ribu kunjungan," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (5/6).

Kunjungan wisman melalui pintu masuk utama dengan moda angkutan udara pada April 2023 mencapai 560,43 ribu kunjungan, naik 475,39 persen dibandingkan dengan April 2022 (yoy) dan naik 1,04 persen dibandingkan dengan April 2023 (mtm).


Bandara Ngurah Rai dan Soekarno Hatta tercatat menjadi pintu masuk utama moda angkutan udara dengan kunjungan wisman terbanyak. Keduanya berkontribusi 90,92 persen atau mencapai 509,57 ribu kunjungan.

Berdasarkan asal negaranya, wisman paling banyak berkunjung ke Indonesia berasal dari Malaysia 147,3 ribu kunjungan. Lalu disusul oleh Australia sebanyak 109,9 ribu kunjungan, dan Singapura sebanyak 97,3 ribu kunjungan.

Sementara, secara kumulatif (Januari-April), jumlah kunjungan wisman ke dalam negeri mencapai 3,17 juta kunjungan atau naik 393,83 persen dibandingkan periode yang sama 2022.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Kripto Jagoan Kompak Rontok, BNB Paling Anjlok******

Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar melemah pada perdagangan Selasa (6/6) pagi. BNB turun paling tajam di jajaran kripto papan atas.
Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar melemah pada perdagangan Selasa (6/6) pagi. BNB turun paling tajam di jajaran kripto papan atas. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga asetkripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdagangan Selasa (6/6) pagi. BNB terpantau turun paling tajam di jajaran kripto papan atas.

Mengutipcoinmarketcap, BNB merosot 8,6 persen ke US5 per koin. Tren sepekan, nilainya jatuh 11,9 persen.

Bitcoin terkoreksi 4,2 persen ke harga US.737 per keping. Pelemahan Si Raja Koin diikuti kripto papan atas lainnya.

XRP terperosok 4,7 persen ke USIHSG Menguat Tipis di Penutupan Sore Ini******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.633 pada Senin (5/6). Indeks saham terpantau menguat tipis 0,176 poin dari pembukaan pagi ini.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.633 pada Senin (5/6). Indeks saham terpantau menguat tipis 0,176 poin dari pembukaan pagi ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.633 pada Senin (5/6). Indeks saham terpantau menguat tipis 0,176 poin dari pembukaan pagi ini.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14,872 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,668 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 305 saham menguat, 237 saham terkoreksi, dan 209 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia kompak menguat. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 2,20 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,66 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,54 persen.

Sedangkan, bursa saham Eropa bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,56 persen, indeks DAX di Jerman menguat 0,03 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis melemah 0,06 persen.

Senada dengan Asia, bursa Amerika juga kompak berada di zona hijau. Indeks S&P 500 menguat 1,45 persen, indeks NYSE Composite menguat 2,09 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 1,07 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu),506 per koin, sementara Cardano dibanderol USErick Thohir Usul ke DPR Agar INKA Diberi Tambahan Modal Negara Rp3 T******
Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan ke DPR agar INKA mendapatkan tambahan modal Rp3 triliun pada 2024 supaya produksi kereta bisa digenjot.
Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan ke DPR agar INKA mendapatkan tambahan modal Rp3 triliun pada 2024 supaya produksi kereta bisa digenjot. (Dok. PSSI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan ke DPR agar PT Industri Kereta Api (INKA) mendapatkan tambahan modal dari negara dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp3 triliun pada 2024.

Hal ini dilakukan agar INKA bisa meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan gerbong kereta api.

Erick mengatakan usulan tersebut telah ia bahas di level pemerintah saat rapat dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Erick mengatakan gerbong kereta api perlu ditambah karena pertumbuhan penumpang pasca pandemi covid-19 yang jauh dari prediksi PT PT Kereta Api Indonesia (KAI). Menurutnya, jika produksi INKA tidak bisa mencukupi, maka harus dilakukan impor gerbong kereta api. Namun harus dalam jumlah yang terbatas.

[Gambas:Video CNN]

"Kalaupun ada impor seminimal mungkin kita minta karena itu hanya menutupi gap dari kebutuhan beberapa tentu 6 atau 7 bulan ke depan," kata Erick.

Terkait dengan impor kereta, Erick berharap INKA dan KAI bisa duduk bersama agar bisa menyesuaikan data kebutuhan kereta dengan produksi INKA. Dengan begitu polemik impor yang sejak beberapa bulan telah dibahas bisa menemui kejelasan.

"Kedua belah pihak harus duduk bersama supaya datanya ketemu, supaya tidak jadi polemik hiruk pikuk yang tidak ada penyelesaian," kata Erick.



(fby/agt),350 per koin setelah terpeleset 6,5 persen.

Dogecoin pun amblas 6,9 persen ke harga USSistem Bayar Tol Tanpa Setop Masih Tahap Uji Coba Terbatas******

Uji coba terbatas ini masih terus berlangsung di internal Jasa Marga dan juga kalangan eksternal, di antaranya melibatkan Instansi Pemerintah, Perusahaan BUMN.
Sistem pembayaran tol elektronik tanpa setop (nirhenti) berbasis Single Lane Free Flow (SLFF) masih berjalan dalam tahap uji coba terbatas. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sistem pembayaran tol elektronik tanpa setop (nirhenti) berbasis Single Lane Free Flow (SLFF) yang pernah berjalan pada 2020 lalu hingga saat ini masih berjalan dalam tahap uji coba terbatas.

Teknologi yang diimplementasikan yaitu dengan menggunakan stikerRFID (Radio Frequency Identification) yang terintegrasi dengan aplikasi yang diberi nama Let ItFlo.

Sistem ini dikembangkan oleh anak perusahaan Jasa Marga yaitu PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO). Sistem ini untuk memenuhi arahan pemerintah dalam meningkatkan penetrasi pemakaian dan untuk mengurangi biaya alat yang dipasang di kendaraan pemakai.

Peningkatan itu, terutama terkait dengan kesulitan monitoring transaksi pembayaran tol, potensi kehilangan saldo maupun fisik uang elektronik hingga keterbatasan dalam melakukan top up uang elektronik.

"Pada dasarnya, Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi yang memudahkan masyarakat khususnya yang termasuk dalam transaksi nirhenti di jalan tol, bahkan jauh sejak sebelum diberlakukannya 100 persen penggunaan uang elektronik di jalan tol pada 2017," ujar Yoga dikutip Rabu (31/5).

Yoga menjelaskan, untuk implementasi uji coba terbatas Let It Flo saat ini dilakukan di total 100 titik ruas jalan tol di wilayah Jabodetabek dan Bali. Hingga saat ini, jumlah pengguna Let it Flo sudah mencapai lebih dari 13.000 pengguna aktif dengan rata-rata transaksi harian sebanyak 3.770 kendaraan.

"Uji coba terbatas masih terus berlangsung di internal Jasa Marga dan juga kalangan eksternal, di antaranya melibatkan Instansi Pemerintah, Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta hingga Komunitas, yang diajak untuk menguji keandalan sistem Let It Flo," ujarnya.

"Selain itu, kami juga mendengarkan berbagai masukan dari para pengguna sebagai catatan perbaikan dan pengembangan di JMTO," ujarnya.

Yoga menjelaskan mekanisme penggunaan sistem pembayaran tol nirsentuh ini. Mobil pengguna Let It Flo akan dipasangkan stiker RFID di lampu utama sisi kanan. Stiker yang digunakan ini nantinya akan terbaca saat melintas di tol tanpa harus berhenti dan tanpa harus menempelkan uang elektronik saat melintas gerbang tol.

"Walaupun dalam keadaan hujan maupun panas, pengguna Let It Flo tidak perlu khawatir, stiker tersebut tetap akan terbaca oleh sistem. Hanya dengan memperlambat laju kendaraan maksimal 20 KM/jam saat memasuki gerbang tol, mobil bisa langsung melintas," katanya.

"Pengguna juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan monitoring dan top up saldo Let it Flo hanya dengan menggunakan aplikasi Let It Flo yang bisa didapatkan melalui Google Play dan AppStore," tambah Yoga.

Selain itu Yoga menambahkan, PT JMTO juga mengoperasikan Pusat Monitoring Let it Flo yang berfungsi sebagai pusat pemantau keberfungsian peralatan Let it Flo.

Pusat Monitoring ini terintegrasi dengan Customer Care Let it Flo untuk memastikan kendala dan aduan pengguna Let it Flo mampu ditangani dengan cepat dan tepat.

Saat ini PT JMTO juga bekerja sama dengan Bluebird sebanyak kurang lebih untuk 1.000 kendaraan. Hal ini memberikan kenyamanan, pengalaman yang unik dalam transaksi pembayaran tol bagi para pengguna Bluebird serta memberikan nilai tambah bagi Bluebird dalam monitoring transaksi tol untuk kendaraan operasionalnya.

Sehingga, kata Yoga, dapat disimpulkan bahwa teknologi sistem bayar tol tanpa setop oleh PT JMTO sudah berjalan baik di Indonesia sejak tahun 2017.

(inh/inh),066 per keping. Polygon melemah 6,1 persen ke harga USHarga Cabai******
Mayoritas harga pangan seperti cabai-cabaian daging sapi hingga beras kualitas super kompak melandai pada awal pekan ini dibandingkan pekan lalu.
Mayoritas harga pangan kompak melandai pada awal pekan ini dibandingkan pekan lalu. Penurunan terjadi pada cabai, daging sapi hingga beras kualitas super. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangan kompak melandai pada awal pekan ini dibandingkan pekan lalu. Bahan pokok itu seperti daging sapihingga beraskualitas super.

Mengutip hargapangan.id, Senin (5/6), cabai merah besar terjun bebas dari Rp47.150 per kg menjadi Rp43.750 per kg. Cabai merah keriting merosot dari Rp43.600 per kg menjadi Rp41.500 per kg.

Cabai rawit merah anjlok dari Rp46.050 per kg menjadi Rp44.900 per kg. Daging sapi kualitas 1 turun dari Rp138.350 per kg pada pekan lalu menjadi Rp137.500 per kg pada pekan ini. Daging sapi kualitas 2 turun dari Rp129.200 per kg menjadi Rp128.700 per kg.

Minyak goreng curah tergelincir dari Rp15.850 per kg menjadi Rp15.800 per kg. Minyak goreng bermerek 1 turun dari Rp21.650 per kg menjadi Rp21.500 per kg. Minyak goreng kemasan bermerek 2 turun dari Rp20.200 per kg menjadi Rp20.100 per kg.

Gula pasir premium turun dari Rp16 ribu per kg menjadi Rp15.950 per kg. Gula pasir lokal turun dari Rp14.700 per kg menjadi Rp14.650 per kg.

Beras kualitas medium I turun dari Rp13.550 per kg menjadi Rp13.500 per kg, beras kualitas medium II turun dari Rp13.300 per kg menjadi Rp13.250 per kg.



Beras kualitas super I stagnan di Rp14.800 per kg, beras kualitas super II juga masih di level Rp14.250 per kg.

Beras kualitas bawah II yang stabil di Rp12 ribu per kg. Bawang putih ukuran sedang juga stabil di Rp39.150 per kg.

Sementara itu, harga ayam ras segar naik dari Rp38.600 pada pekan lalu menjadi Rp38.900 per kg di awal pekan ini. Cabai rawit hijau naik dari Rp37.850 per kg menjadi Rp37.950 per kg.

Beras kualitas bawah I naik tipis dari Rp12.350 per kg menjadi Rp12.400 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt),830 per keping, lalu Solana layu ke harga US,9 per koin imbas pelemahan 7,8 persen.

Tether dan USD Coin yang merupakan stable coin, masih setia di harga US per keping. Keduanya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)




bab terbaru:pinjam di dana

Perbarui waktu:2024-06-25

Daftar bab terbaru
slot judi paling gacor
cara dapat uang lewat online
erek erek 2d 3d bergambar
mpoterbaru
bidadari29
akun judi slot
pinjol ilegal kominfo
bo slot online terpercaya
prediksi angka jitu macau 5d
Daftar isi semua bab
Bab 1 joker 888 slot
Bab 2 slot paling maxwin
Bab 3 slot terbaru dan gacor
Bab 4 buku mimpi 2d 05
Bab 5 pinjamyuk
Bab 6 sosial4d
Bab 7 jam gacor gates of olympus 2023
Bab 8 angka jitu nanti malam
Bab 9 bukti4d
Bab 10 situs judi terbaru
Bab 11 slot gacor kedai69
Bab 12 bonus new member slot
Bab 13 togel86
Bab 14 cara nyicil hp
Bab 15 situs slot jp terbesar
Bab 16 king 555 slot
Bab 17 situs slot lgo
Bab 18 cara pinjam di ovo
Bab 19 uang388
Bab 20 kakek zeus pemilik slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5088bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Bab dari masa lalu

ina4d slot
Garuda Indonesia Tbk memutuskan hubungan kerja (PHK) hingga menerapkan pensiun dini karyawan demi menghemat biaya perusahaan.
Garuda Indonesia Tbk memutuskan hubungan kerja (PHK) hingga menerapkan pensiun dini karyawan demi menghemat biaya perusahaan. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA) memutuskan hubungan kerja (PHK) hingga menerapkan pensiun dini karyawan demi menghemat biaya perusahaan.

Langkah pemangkasan ini merupakan restrukturisasi perusahaan dari upaya right sizing. Dalam kurun empat tahun, ada penurunan rasio komposisi pegawai dengan rata-rata 17 persen.

Dari paparan kinerja perseroan, jumlah pegawai pada 2019 mencapai 7.878 orang, lalu menyusut 25 persen menjadi 5.946 pada 2020. Selanjutnya turun lagi 12 persen menjadi 5.203 orang pada 2021, kemudian kembali berkurang 14 persen menjadi 4.459 pada 2022.

Dalam penyesuaian tersebut, perusahaan mengklaim telah mengedepankan opsi sukarela dan pensiun dipercepat. Selain itu, ada juga opsi penyelesaian kontrak, kompensasi dan implementasi agar tetap kondusif baik internal maupun eksternal.

Dari data Garuda, pada 2022 jumlah pegawai yang pensiun dipercepat tercatat 752 orang. Kemudian pegawai yang penyelesaian kontrak dipercepat sebanyak 78 orang. Dengan begitu, total karyawan yang dirumahkan mencapai 830 orang pada 2022.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Saya dipermainkan oleh dunia

angka jitu laba laba
Harga bawang putih melesat dari Rp34.050 per kg pada 1 Mei 2023 jadi Rp38.950 di akhir Mei. Badan Pangan Nasional menyebut itu dipicu masalah di China.
Harga bawang putih melesat dari Rp34.050 per kg pada 1 Mei 2023 jadi Rp38.950 di akhir Mei. Badan Pangan Nasional menyebut itu dipicu masalah di China. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bawang putihterus melesat belakangan ini. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga bawang putih dibanderol di Rp34.050 per kg pada 1 Mei 2023.

Namun, harganya melonjak terus hingga menyentuh angka Rp38.950 per kg pada 31 Mei. Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan lonjakan harga bawang putih di pasaran dipengaruhi oleh masalah di China.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan harga bawang putih di China sempat menembus angka US.300 atau setara Rp19,5 juta per ton (asumsi kurs Rp15.004 per dolar AS). Terlebih, Indonesia masih ketergantungan impor bawang putih.

Demi menstabilkan harga bawang putih, Arief menyebut pihaknya berkoordinasi intens dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mempercepat penerbitan surat perizinan impor (SPI). Ia menegaskan impor diperlukan untuk menambah pasokan sehingga bisa menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen.

Arief meminta masyarakat tidak khawatir soal stok bawang putih. Ia menyebut Bapanas sudah melakukan perencanaan matang untuk menjaga pasokan.

"Kami juga terus lakukan pemantauan dan penghitungan melalui Neraca Pangan Nasional. Ini sesuai arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) agar pasokan dan keseimbangan harga pangan dijaga sepanjang tahun," jelas Arief.

Merujuk Prognosa Neraca Pangan Nasional Januari-Desember 2023, kebutuhan bawang putih nasional dalam setahun sekitar 652 ribu ton. Sementara itu, produksi dalam negeri mencapai 18 ribu ton dengan stok awal atau carry overdari 2022 sebesar 143 ribu ton.

Ia juga menyinggung soal kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan untuk menstabilkan harga bawang putih di pasar. Langkah yang dilakukan saat ini adalah mengisi Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk komoditas bawang putih.

"Kami sudah mulai isi secara bertahap. Kami targetkan memiliki stok CPP bawang putih 55,7 ribu ton sehingga bisa dioptimalkan untuk langkah-langkah intervensi menjaga stabilitas harga dan kondisi kedaruratan," tandasnya.

Berdasarkan Panel Harga Bapanas, harga bawang putih di tingkat pedagang eceran hari ini menyentuh Rp36.690 per kg, naik Rp70 atau 0,19 persen dibandingkan pekan lalu. Sedangkan harga bawang putih bonggol di pedagang grosir dihargai Rp33.760 per kg, naik Rp30 atau setara 0,09 persen.

Lihat Juga :
Garuda Putus Kontrak dan Pensiunkan Dini Karyawan demi Hemat Biaya
(skt/agt)

Raja Tianjiu

prakasajitu

Kronik Penulis Lucu

cara pasang togel 6d