petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek erek kawin

euro4d slot 692Jutaan kata 984932Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek erek kawin》

Yusuf Mansur Curhat Ban Mobil Robek Karena Jalan Berlubang Tol Japek******

Yusuf Mansur mengeluh ban mobilnya pecah karena kondisi jalan berlubang di Tol Japek dan meminta pengelola memperbaiki agar tak banyak korban.
Yusuf Mansur mengeluh ban mobilnya pecah karena kondisi jalan berlubang di Tol Japek dan meminta pengelola memperbaiki agar tak banyak korban. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia--

UstadzYusuf Mansur mengeluhkan ban mobilnya pecah karena kondisijalan tol yang berlubang. Ia mengatakan kerusakan tersebut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) KM 65 arah Bandung.

"Di tol, lubangnya dahsyat. Ban mobil sampai robek. Dan di sepanjang jalan, terlihat mobil-mobil mengalami (hal) serupa," ungkapnya melalui akun Instagram pribadi @yusufmansurnew, Minggu (26/2).

Meski begitu, Yusuf bersyukur kondisi dirinya masih baik-baik saja. Ia pun berharap pihak pengelola bisa segera memperbaiki lubang-lubang di jalan tol tersebut karena jumlahnya tidak hanya di satu titik saja.

Menurutnya, permasalahan jalan tol ini adalah pekerjaan rumah bagi beberapa pihak, mulai dari pengelola sampai dengan kementerian terkait. Ia pun mengirimkan doa kepada pihak-pihak tersebut agar bisa memperbaiki dengan lancar.

Yusuf menambahkan masalah tol itu perlu perhatian khusus. Sebab, urusannya adalah nyawa.

"Insyaaallahpostingan ini segera direspons Kementrian dan pihak-pihak terkait. Dan bisa menyeluruh ke seluruh tol. Amin. Nyawa sebab urusannya. Yakin. Kalo nggak siap, asli nyawa," katanya.

[Gambas:Instagram]

Kejadian serupa tak hanya dialami Yusuf Mansur. Sejumlah pengguna jalan Tol Japek juga mengeluhkan kondisi jalan berlubang yang merusak ban kendaraan.

"Ban depan mobil saya, dua-duanya benjol, kena lubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Ali, seorang pengendara yang melintasi Tol Japek di Karawang, seperti dikutip Antara.

Pada Sabtu (25/2) malam lalu, Ali melintasi Tol Japek dengan masuk dari Gerbang Tol Cikampek Utama, lalu keluar Gerbang Tol Karawang Timur.

Di sepanjang jalan tol itu memang ada sejumlah titik jalan yang berlubang, tapi tidak terlalu parah. Namun, saat melintas beberapa kilometer menuju tikungan ke arah Gerbang Tol Karawang Timur, mobilnya terjebak lubang besar.

Keesokan harinya, Ali baru menyadari kalau ban depan mobilnya sebelah kiri dan kanan 'benjol'.

Menanggapi kejadian itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan ada sejumlah langkah penanganan klaim kendaraan akibat jalan rusak atau jalan berlubang di Jalan Tol Jasa Marga Group. termasuk mengambil klaim.

Berikut cara klaim kendaraan rusak ke Jasa Marga:
1. Jika pengguna jalan mengalami gangguan perjalanan di jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group, pengguna jalan dapat melaporkan terlebih dahulu peristiwa yang dialami di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) kepada Call Center Jasa Marga di nomor 14080.

2. Petugas Call Center akan mengirim petugas Mobile Customer Service (MCS) langsung menuju ke lokasi kejadian yang akan membantu pengguna jalan agar dapat melanjutkan perjalanan.

3. Jika pengguna jalan mengalami kerugian dan akan mengajukan klaim, maka petugas akan menjelaskan mekanisme penyelesaiannya, termasuk membuatkan Berita Acara Kerusakan atau Kerugian Pengguna Jalan. Proses pengajuan klaim ini disampaikan kepada Jasa Marga selambat-lambatnya 3x24 jam setelah kejadian dengan melengkapi bukti-bukti sebagai kelengkapan administrasi.

4. Jasa Marga akan memproses klaim pengguna jalan dan jika memenuhi kriteria-kriteria yang dipersyaratkan, akan dilakukan proses ganti rugi sesuai ketentuan yang berlaku.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Anak Buah Luhut Buka Hasil Audit Industri Timah: Hasilnya 'Lucu******

Kemenko Marves menyebut hasil audit industri timah Indonesia 'lucu-lucu' dan akan ditertibkan.
Kemenko Marves menyebut hasil audit industri timah Indonesia 'lucu-lucu' dan akan ditertibkan. (AFP PHOTO / GOH Chai Hin)
Jakarta, CNN Indonesia--

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto menyebut hasil audit industritimahIndonesia lucu-lucu.

"Kami baru saja menyelesaikan audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) soal pertambangan timah. Kalau boleh saya bilang, hasilnya lucu-lucu. Kami akan segera sikapi untuk ditertibkan," ungkapnya dalam Energy and Mining Outlook 2023 di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Ia menyoroti tambang timah ilegal yang masih menjamur. Menurutnya, tantangan pemerintah masih cukup besar meski sudah berusaha menarik hilirisasi timah ke arah yang lebih downstreamlagi.

Bahkan, kata Seto, tambang timah ilegal membuat Apple ogah berinvestasi di Indonesia. Itulah mengapa sangat sulit menarik hilirisasi timah jika penambang ilegal tidak ditertibkan.

"Spiritnya kami tertibkan, kami nggak mau asal menutup segala macam. Kami kasih waktu mereka untuk benerin, kami commitdi sini, selamanyacommitbahwa praktik pertambangannya harus baik dan benar," ucapnya.

Di lain sisi, Kepala Balai Besar Pengujian Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Julian Ambassadur Shiddiq menegaskan bakal melaporkan hasil temuan timnya soal industri timah ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Julian menjelaskan Kementerian ESDM sudah membentuk kelompok kerja (pokja) hilirisasi timah sejak September-Oktober 2022. Tujuannya, mengetahui masalah timah, dari hulu ke hilir dan mencari solusinya.

"Kami sudah menyampaikan hasilnya ke Menteri ESDM dan akan disampaikan ke Presiden Jokowi dengan beberapa masukan untuk menjaga kebijakan ini tetap konsisten diterapkan," jelas Julian.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Kripto Terbakar Jelang Akhir Pekan, Bitcoin Longsor ke US Ribu******

Mayoritas aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdagangan Jumat (24/2). Bitcoin merosot ke US ribu.
Mayoritas aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdagangan Jumat (24/2). Bitcoin merosot ke US ribu. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas asetkripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdaganganJumat (24/2).Bitcoin yang kemarin masih di harga US ribu, kini merosot ke US ribu.

Mengutipcoinmarketcap.com, Bitcoin terjun ke harga US23.967 per keping setelah merosot 2,2 persen. Namun, Si Raja Koin ini masih menguat 0,4 persen dalam sepekan.

Ethereum juga tergelincir 1,1 persen ke US.650 per koin. Dalam sepekan, koin penguasa pasar nomor dua ini turun tipis 0,9 persen.

Dogecoin amblas 1,9 persen ke harga USBawang Putih******

Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putih dan cabai rawit hijau yang justru naik pada awal pekan ini.
Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putih dan cabai rawit hijau yang justru naik pada awal pekan ini. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putihdan cabai rawit hijauyang justru naik pada awal pekan ini.

Mengutip hargapangan.id, Senin (27/2), bawang putih ukuran sedang dibanderol Rp31.800 per kg dari sebelumnya Rp30.900 pada awal pekan kemarin. Sedangkan cabai rawit hijau dijual Rp48.650 per kg dari sebelumnya Rp48.300 per kg.

Sementara untuk harga pangan lainnya seperti daging sapi, ayam, telur hingga cabai-cabaian kompak turun.

Daging ayam ras segar turun dari Rp34.200 per kg menjadi Rp33.400 per kg. Telur ayam ras segar turun dari Rp28.950 per kg menjadi Rp28.200 per kg.

Bawang merah ukuran besar turun dari Rp40 ribu menjadi Rp38.750 per kg. Cabai merah keriting turun dari Rp46.750 per kg menjadi Rp44.900 per kg. Cabai rawit merah turun menjadi Rp63.150 per kg.

Beras kualitas super 1 turun dari Rp14.600 per kg menjadi Rp14.150 per kg. Beras kualitas super 2 turun dari Rp14.100 per kg menjadi Rp13.600 per kg.

Lihat Juga :
Pengguna Mengeluh Tol Japek Banyak Lubang, Jasa Marga Minta Maaf

Beras kualitas medium 1 turun dari Rp13.250 per kg menjadi Rp13 ribu per kg. Beras kualitas medium 2 turun dari Rp13.050 per kg menjadi Rp12.900 per kg.

Beras kualitas bawah 1 turun dari dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.850 per kg, dan beras kualitas bawah 2 sama dengan pekan lalu dijual Rp11.650 per kg.

Adapun harga minyak goreng kemasan bermerek 1 dijual dari Rp21.800 per kg menjadi Rp21.450 per kg. Harga minyak goreng kemasan bermerek 2 turun Rp20.150 per kg menjadi Rp20.100 per kg.

Minyak goreng curah dijual dari sebelumnya Rp15.600 per kg naik tipis menjadi Rp15.700 per kg. Gula pasir premium dijual dari Rp15.900 per kg menjadi Rp15.750 per kg, dan gula pasir lokal dijual dari sebelumnya Rp14.450 per kg menjadi Rp14.500 per kg pada awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr).08 per koin. Polygon pun melemah 4,1 persen ke US,35 per koin.

Tether, USD Coin dan Binance USD masih setia sebagai koin berharga US. Trio koin stabil ini berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pinjol pake rek dana

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
situs web slot
pengertian kredivo
pusat judi onlen
pinjol ojk
alexistogel login
slot game slot
bocoran admin slot jarwo
4d situs slot
glslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 rakyatslot
Bab 2 voucher telkomsel kosong
Bab 3 pinjaman bank mekar online
Bab 4 slot demo dapat uang asli
Bab 5 slot lagi gacor
Bab 6 pola slot gacor maxwin
Bab 7 gagal daftar kredivo
Bab 8 idplay777
Bab 9 cuan128
Bab 10 bonus new member 100c/o
Bab 11 e slot
Bab 12 cara kredit hp tanpa bunga
Bab 13 demo jili slot
Bab 14 info link slot gacor
Bab 15 baim4d
Bab 16 rtp toto88
Bab 17 rtp tuna55
Bab 18 ojs99bet
Bab 19 gengtoro
Bab 20 tafsir mimpi 3d bergambar
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7378bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Perjalanan pulang sang penyihir

mahabet77
AGI memastikan stok gula aman menjelang ramadan. Stok per Januari 2023 mencapai 1,196 ton ditambah gula impor yang akan masuk 500 ribu ton.
AGI memastikan stok gula aman menjelang ramadan. Stok per Januari 2023 mencapai 1,196 ton ditambah gula impor yang akan masuk 500 ribu ton. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asoasi Gula Indonesia (AGI) memastikan stokgulaaman menjelang Ramadan. Sekretaris Eksektuif AGI Dwi Purnomo mengatakan stok gula pada Januari 2023 mencapai 1,196 ton ditambah gula impor yang akan masuk sebanyak 500 ribu ton.

"Aman. Stok Januari 1,196 juta ton sementara kuartal keempat keluar izin impor tambahan 500 ribu ton. Konsumsi per bulan 260 ribu ton," kata Dwi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (23/2)

Dwi menambahkan pada Januari hingga Maret sudah ada penggilingan tebu di Sumatra sehingga akan menambah stok gula.

"Kemarin, (kuota) impor gula 500 ribu ton, yang dilaksanakan itu kira-kira 300 ribu ton, 200 ribu ton yang nggak melaksanakan, itu nanti kita penalti ya," kata Zulhas, Desember tahun lalu.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Apakah Anda suka bermain game?

enterslots
Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto menuding Malaysia menyelundupkan timah dari Indonesia untuk diolah di smelter negara tersebut.
Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto menuding Malaysia menyelundupkan timah dari Indonesia untuk diolah di smelter negara tersebut. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto menuding Malaysiamenyelundupkantimah dari Indonesia untuk diolah di smelternegara tersebut.

"Smelter timah di Malaysia sampai sekarang masih beroperasi, tapi mereka gak punya bijih timah. Mereka impor dari Australia, Myanmar, atau selundupan dari Indonesia. Ya (selundupan) dan mereka survive karena jadi murah," tegasnya dalam Energy and Mining Outlook 2023 di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Achmad menegaskan padahal Indonesia adalah produsen timah terbesar kedua di dunia dengan cadangan timah yang juga terbesar kedua di dunia. Menurutnya, Indonesia harus bisa diuntungkan dengan hal tersebut.

Dengan begitu, ia meminta pemerintah serius menyiapkan kebijakan menarik untuk mendatangkan investor ke Indonesia dan melakukan hilirisasi timah. Bos perusahaan pelat merah itu menyinggung soal capital cost atau biaya yang harus dikeluarkan investor.

Menurutnya, investor bakal datang ke Indonesia untuk melakukan hilirisasi timah jika capital cost-nya rendah. Ia juga menyinggung soal kesiapan lain selain perhitungan capital cost yang menarik untuk investor.

"Kesiapan infrastruktur, elektrik, harga gasnya bisa gak distabilkan, sumber daya manusia (SDM)-nya siap gak untuk bekerja. Itu butuh biaya bagi investor untuk masuk ke satu lokasi dan mengamankan kebutuhan itu ada serta didukung pemerintah," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Halo, Mayor Jenderal

spinhoki88
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN akan bangun dari tidur untuk mengatasi masalah minyak goreng di RI.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN akan bangun dari tidur untuk mengatasi masalah minyak goreng di RI. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohir mengancam pengusaha soal kelangkaan dan lonjakan harga minyak gorengdi Indonesia yang tak kunjung selesai dalam waktu hampir dua tahun belakangan ini.

Ia mengatakan kalau pengusaha swasta tak segera membantu pemerintah mengatasi masalah itu, perusahaan pelat merah yang dikomandoinya bakal bergerak.

Ia pede kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN bisa mengatasi masalah minyak goreng. Kepercayaan diri didasarkan pada kapasitas BUMN dan lahan seluas 600 hektare yang dimiliki perusahaan pelat merah saat ini.

Masalah kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng terjadi di Indonesia sejak pertengahan 2021 lalu. Pada saat itu, harga minyak goreng yang biasanya hanya di kisaran Rp14 ribu per liter tiba-tiba melesat ke atas Rp20 ribu.

Tak hanya melesat, minyak goreng saat itu juga langka di berbagai daerah. Pemerintah sebenarnya sudah mengeluarkan banyak jurus untuk mengatasi masalah itu.

Pertama, meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter di ritel dan pasar tradisional secara bertahap pada Januari-Juni 2022. Total minyak goreng yang digelontorkan 2,4 miliar liter.

Untuk menyediakan minyak goreng ini pemerintah menggelontorkan subsidi Rp7,6 triliun yang diambilkan dari dana perkebunan kelapa sawit.

Kedua, menerapkan kewajiban bagi produsen memasok minyak goreng di dalam negeri (DMO) sebesar 20 persen dari total volume ekspor mereka dengan harga domestik (DPO) mulai 27 Januari lalu. Dengan kebijakan itu harga eceran tertinggi ditetapkan;

- Minyak goreng curah Rp11.500 per liter
- Minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter
- minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter

[Gambas:Video CNN]

Harga mulai berlaku 1 Februari 2022.  Tapi, meskipun pemerintah sudah jungkir balik mengendalikan harga minyak goreng, yang terjadi malah sebaliknya; muncul masalah baru.

Untuk kebijakan satu harga Rp14 ribu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag waktu itu, Oke Nurwan menyebut kebijakan itu membuat masyarakat menyerbu minyak goreng di ritel. Akibatnya, minyak goreng jadi langka di pasaran.

Karena gagal, pemerintah kemudian mengeluarkan jurus baru; memberlakukan harga eceran tertinggi minyak goreng curah naik dari Rp11.500 per liter jadi Rp14 ribu per liter

Supaya itu bisa berjalan, pemerintah akan memberikan subsidi lewat Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Pemerintah juga kemudian memberlakukan larangan ekspor CPO supaya harga minyak goreng bisa ditekan ke Rp14 ribu per liter.

Namun lagi-lagi kebijakan itu malah menimbulkan masalah. Karena tak berhasil, Jokowi kemudian mencopot M Lutfi dari posisinya sebagai menteri perdagangan. Sebagai pengganti Lutfi, ia menunjuk Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Tanya Sumber Harta ke Dirjen Pajak: Saya Yakin Kamu Benar

Di bawah komando Zulkifli, harga minyak goreng dan kelangkaannya berhasil dijinakkan melalui Program Minyakita yang dijual Rp14 ribu per liter. Tapi itu hanya berjalan beberapa bulan saja.

Belakangan ini, Minyakita langka dan juga harganya naik. Zulkifli Hasan mengungkap ada beberapa biang kerok yang menjadi penyebab Minyakita langka dan harganya naik. Biang kerok itu adalah;

- Penurunan penyaluran minyak goreng akibat realisasi pemenuhan minyak goreng untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) bulanan turun dari 100,94 persen pada November menjadi 86,31 persen pada Desember 2022.
- DMO kemudian turun lagi pada Januari 2023 menjadi 71,81 persen dari target pemenuhan bulanan 300 ribu ton.
- Program biodiesel B35 yang menyebabkan pasokan bahan baku minyak goreng berkurang

Lihat Juga :
Sri Mulyani ke Pegawai Pajak: Rileksnya Ga Usah Naik Motor Gede
(ldy/agt)

Kelahiran Kembali Era Pentium

bangkok 0130 paito warna
Harga emas Antam naik Rp1.000 ke Rp1,016 juta pada akhir pekan ini.
Harga emas Antam naik Rp1.000 ke Rp1,016 juta pada akhir pekan ini. (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga EmasPT Aneka Tambang(Persero) alias Antam bertengger di Rp1,016 juta pada Jumat (24/2). Harga emas ini naik Rp1.000 ribu per gram dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya sebesar Rp1,015 juta per gram.

Sedangkan, harga pembelian kembali (buyback) tidak mengalami perubahan atau stagnan di Rp900 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp558 ribu, 2 gram Rp1,97 juta, 3 gram Rp2,93 juta, 5 gram Rp4,85 juta, 10 gram Rp9,65 juta, 25 gram Rp24 juta, dan 50 gram Rp47,94 juta.

Kemudian, untuk harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange (Comex) naik 0,36 persen menjadi US.833 per troy ons. Senada, harga emas di perdagangan spot juga naik 0,12 persen menjadi US.824 per troy ons.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas bakal konsolidasi atau rebounddengan kecenderungan melemah. Hal ini dikarenakan investor menunggu data inflasi AS.

"Investor wait and seemenantikan data inflasi PCE malam ini yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan besar pada pendapatan dan pengeluaran konsumen yang dapat memicu kenaikan pada inflasi," ujar Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang US.810-US.840 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

mitos horor

mahjong ways 2 jackpot
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto berjanji masalah ganti rugi lahan Tol Semarang-Demak yang dikeluhkan masyarakat ke Jokowi kelar dalam waktu seminggu ini.
Foto warga yang terdampak proyek Tol Semarang-Demak saat berunjuk rasa meminta ganti rugi lahan yang digunakan untuk proyek jalan bebas hambatan itu. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Hadi Tjahjanto berjanji masalah ganti rugi lahanyang digunakan untuk pembangunan Tol Semarang-Demakkelar dalam waktu seminggu ini. 

Janji ia sampaikan merespons keluhan warga Semarang-Demak yang menyebut ganti rugi lahan untuk pembangunan tol yang diresmikan Presiden Jokowi akhir pekan lalu itu hingga kini belum jelas.

"Minggu ini saya kira sudah selesai. Tadi Kepala BPN juga sudah saya panggil untuk mensupervisi, mendampingi ke pengadilan kemudian uang segera diserahkan," katanya seperti dikutip dari detik.com, Senin (27/2).

Perwakilan masyarakat setempat, Fathoni Mustofa mengatakan meski keputusan Pengadilan Negeri Demak telah inkrah pada 22 Oktober 2022 lalu, proses ganti rugi lahan hingga kini belum jelas.

Selama tiga tahun terakhir, menurut Fathoni, warga setempat yang lahan dan rumahnya terkena gusuran tol belum mendapat ganti rugi. 

Merespons masalah tersebut, Hadi mengatakan Jokowi telah telah memerintahkan kementerian terkait untuk segera menyelesaikannya.

"Kalau bisa selesai dalam waktu dekat, tidak berlarut-larut. Presiden memerintahkan kepada saya dan Bapak Mensesneg untuk segera diselesaikan masalah ini. Jangan sampai masyarakat rugi menunggu," katanya.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat akan mengawal dan mendampingi masyarakat dalam proses pencairan tersebut. 

Sementara itu dalam keterangan terpisah, Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah mendapatkan arahan dari Presiden agar semua lahan yang dibebaskan akan diperlakukan seperti tanah biasa. Dengan demikian, pendekatan tanah musnah yang menurut aturan bernilai 25 persen dari nilai jual objek pajak (NJOP) sudah tidak berlaku.

"Untuk selanjutnya, tanah yang diganti akan tetap dibayarkan sesuai hasil appraisal(penaksiran harga tanah) dari Kementerian ATR/BPN," ujar Basuki.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut Basuki mengatakan proses appraisaltersebut akan diselesaikan kurang lebih dalam 2 minggu. Hal ini diharapkan bisa cepat terselesaikan agar pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi 1 Semarang-Sayung sepanjang 10,39 km bisa segera dilaksanakan.

"Appraisalakan diselesaikan dalam 2 minggu ke depan agar kita bisa segera mulai konstruksi Seksi 1 nya. Jadi ditargetkan semua ruas Tol Semarang-Demak ini selesai pada akhir 2024," tutur Basuki.

Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,40 km yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU). Adapun seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,01 km baru saja diresmikan Jokowi pada Sabtu (25/2).

Dalam momentum peresmian Seksi 2 ruas Sayung-Demak, Jokowi sempat bertemu dengan sejumlah kelompok masyarakat yang berunjuk rasa untuk meminta kepastian ganti rugi pembebasan lahan dari Tol Semarang-Demak.

Lihat Juga :
Utang Pemerintah Tembus Rp7.754 T Januari 2023, Naik Rp20 T

Merespons aksi masyarakat tersebut, Jokowi meminta Asisten Ajudan Presiden Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah untuk mengundang perwakilan dari kelompok masyarakat tersebut untuk berdialog.

"Nanti undang tiga orang perwakilan," ucap Jokowi.

Usai peresmian, Jokowi pun bertemu dengan perwakilan masyarakat yang menyampaikan aspirasi tersebut. Saat pertemuan, perwakilan masyarakat menyampaikan kepada Jokowi terkait permasalahan pencairan ganti rugi lahan mereka yang terdampak.

Lihat Juga :
Harga BBM di Seluruh SPBU Jabodetabek per 27 Februari
(agt/dzu)

Catatan Baize

naga777