petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

situs loker terpercaya 2023

778 slot 220Jutaan kata 38916Orang-orang telah membaca serialisasi

《situs loker terpercaya 2023》

UKM Kerohanian Islam UNS Gelar Seminar Nasional Al******

“Mudah-mudahan kita semua diakui menjadi sahabat oleh Al-Qur’an dan mendapatkan syafaat atau pertolongan di akhirat kelak,” ucap Muzammil.

Baca Juga: Dewan Profesor UNS Solo Lakukan Benchmarking ke NUS soal Nilai-Nilai Pancasila 

Acara yang bertema “Antara Aku dan Al-Qur’an” ini didukung oleh Lembaga Koordinator Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (LKG TPA) se-Soloraya. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara pengajar TPA se-Soloraya.

Turut hadir memberi sambutan, Ketua Pelaksana Maulidan Mirza Tsany Gozali, Pembina Ormawa Kerohanian Islam UNS Dr. Ariffudin, Lc., MA., dan Wakil Rektor 1 Prof. Ahmad Yunus.

Baca Juga: Puluhan Sukarelawan Kota Solo Berangkat ke Cianjur Bantu Cari Korban Gempa

Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan berharap agar acara ini mampu memberikan inspirasi dalam kehidupan ke depan dan bisa menjadi pondasi yang kokoh di kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di tengah rangkaian seminar, terdapat sesi Wisuda Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an. Wisudawan dan wisudawati merupakan peserta yg telah melewati ujian hafalan Al-Qur’an dan dinyatakan lolos untuk mengikuti prosesi wisuda. Sebanyak sembilan peserta mengikuti wisuda secara luring dan 24 lainnya secara daring melalui zoom meeting.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcomdan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini. Tags UNS Solo Kampus Di Solo Kegiatan UNS Ukm Uns Share
Honda Motor JatengHonda Motor Jateng

The Fed Pertahankan Suku Bunga, Begini Prediksi Pergerakan IHSG Februari

The Fed Pertahankan Suku Bunga, Begini Prediksi Pergerakan IHSG FebruariauthorPandu Gumilar ,  Anggara Pernando ,  Anik Sulistyawati Kamis, 1 Februari 2024 - 07:44 WIB share SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

JAKARTA –Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memasuki Februari 2024 sekali pun tanpa fenomena January Effect.

Saham-saham bank bisa menjadi pendorong karena mencatatkan pertumbuhan laba yang fantastis. IHSG terpantau menguat pada perdagangan perdagangan kemarin, Rabu (31/1/2024), sekaligus perdagangan terakhir Januari 2024. Namun, sepanjang bulan ini IHSG cenderung melemah sehingga tidak terjadi fenomena January Effect.

Promosi Lolos Kurasi, 15 UMKM Ini Unjuk Gigi di Kick-Off HUT ke-128 BRI

Kemarin IHSG terpantau menguat 0,22% atau 15,72 poin ke 7.207,94. Sepanjang sesi, indeks komposit bergerak di rentang 7.192-7.247. Sebanyak 18,69 miliar saham diperdagangkan kemarin dengan nilai transaksi Rp11,26 triliun dan frekuensi 1,12 juta kali jelang penutupan.

Sejumlah 257 saham menguat, 257 saham melemah, dan 251 saham stagnan. Kapitalisasi pasar tercatat Rp11.452 triliun. Kendati naik, IHSG cenderung menurun pada Januari 2024 sehingga fenomena January Effect tidak terjadi. Pada akhir 2023, IHSG berada di posisi 7.272,79 sehingga pada Januari 2024 turun 0,89%. Koran Solopos

Dari jajaran saham berkapitalisasi jumbo atau big cap, saham BBRI kemarin naik 1,33%, ASII naik 0,49%, BBNI naik 1,77%, GOTO naik 1,15%. Di lain sisi, Grup Mayapada SRAJ melonjak 20%, disusul RSCH yang naik 13,08%, PMMP 9,63%, dan PSAB 8.26%. Sementara itu, dari jajaran top losers antara lain PTMP yang turun 24,82%, MXPL 24,48% dan MSKY 13,02%.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan, IHSG dapat melanjutkan rebound menuju 7.230-7.255 dan diperkirakan akan mengonfirmasi pembentukan wave (v) apabila menembus ke atas 7.281.

“Namun apabila penutupan hariannya masih di bawah garis SMA-20 maka IHSG mestinya akan melanjutkan struktur koreksi wave c dari (iv),” ujar Ivan dalam publikasi riset seperti dilansir Bisnis.com.Emagazine Solopos

Level support IHSG berada di 7.021 sampai 6.803, sementara level resistennya di 7.281 hingga 7.503. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bearish.

Keputusan The Fed

Sementara itu, The Federal Reserve (The Fed) mengumumkan mempertahankan suku bunga dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC), Rabu (31/1/2024) waktu Amerika Serikat.

The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga acuan pada level 5,25%-5,5%. Kebijakan mempertahankan suku bunga acuan ini diambil oleh anggota komite dengan suara bulat. Interaktif Solopos

Meski telah diperkirakan sebelumnya The Fed akan mempertahankan tingkat suku bunga dalam pertemuan kali ini, Bloomberg melaporkan The Fed kembali mengisyaratkan keterbukaan untuk menurunkan suku bunga, meski tidak segera dilakukan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan dua hari mereka, para pejabat Fed membatalkan pernyataan mereka sebelumnya bahwa kenaikan suku bunga mungkin terjadi dan malah mengadopsi penilaian yang lebih adil terhadap jalur kebijakan di masa depan.

“Komite menilai bahwa risiko untuk mencapai tujuan lapangan kerja dan inflasi bergerak ke arah yang lebih seimbang,” ulas FOMC.

Disebutkan, para pengambil kebijakan bank sentral ini dalam mempertimbangkan penyesuaian apa pun terhadap kisaran target suku bunga dana federal, Komite akan secara hati-hati menilai data yang masuk, prospek yang berkembang, dan keseimbangan risiko.

Namun sebagai tanda bahwa para pejabat tidak terburu-buru menurunkan suku bunga, FOMC juga mengatakan tidak memperkirakan akan tepat untuk mengurangi kisaran target sampai mereka memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%.

The Fed juga menegaskan kembali niatnya untuk terus mengurangi neraca keuangannya sebanyak US miliar per bulan. Dalam pernyataan pasca-pertemuan mereka, para pembuat kebijakan mengubah deskripsi mereka mengenai kegiatan ekonomi.

Menyusul pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan pada kuartal keempat, komite tersebut menggambarkan aktivitas ekonomi berkembang dengan kecepatan yang solid. Di antara perubahan lain dalam pernyataan tersebut, komite tersebut menghilangkan bahasa yang telah dimasukkan dalam beberapa bentuk sejak bulan Maret lalu, dengan menyebut sistem perbankan sehat dan tangguh dan memperingatkan kondisi kredit yang lebih ketat kemungkinan akan membebani perekonomian.

FOMC juga menggunakan pertemuan pertama tahun ini untuk menegaskan kembali tujuan jangka panjang dan strategi kebijakan moneternya, termasuk komitmennya untuk mengejar target inflasi rata-rata 2%. Komite juga memperbarui kebijakannya yang mengatur investasi dan perdagangan oleh staf dan pembuat kebijakan Fed.

Hal ini memperluas jumlah staf Fed yang tunduk pada pembatasan paling ketat dan memperketat pembatasan pada semua staf yang memiliki akses terhadap informasi rahasia FOMC. Secara keseluruhan, kinerja perekonomian lebih baik dari perkiraan pembuat kebijakan tahun lalu. Inflasi turun lebih tajam, dengan kebijakan yang disukai The Fed pada akhir tahun 2023 sebesar 2,6%.

Perekonomian berkembang lebih cepat, dengan produk domestik bruto naik 2,5% dan pasar tenaga kerja lebih kuat, dengan tingkat pengangguran pada Desember mencapai 3,7%.

TKN Prabowo******

SOLO —Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran kembali menegaskan tidak pernah memikirkan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung dua putaran. Mereka optimistis pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 itu menang satu putaran.

“Kami tidak pernah berpikir adanya pilpres dua putaran. Sejak awal kami berkeyakinan pilpres berlangsung satu putaran,” kata Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani, di Padang, Sumatra Barat, Selasa (30/1/2024).

Promosi Lewat Holding UMi, BRI Dorong Literasi Pelaku Usaha Ultra Mikro

Ketika ditanya awak media jika nantinya pilpres benar-benar berlangsung dua putaran, Ahmad Muzani yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu kembali menegaskan tidak memikirkan pesta demokrasi lima tahunan itu berlangsung dua putaran.

“Kami tidak pernah berpikir pilpres dua putaran,” kata Ahmad kembali menegaskan sebagaimana dilansir Antara.

Mengenai tingkat keterpilihan Prabowo Subianto di Provinsi Sumatra Barat, Muzani menyakini Ketua Umum Partai Gerindra itu masih mendapatkan tempat di hati masyarakat Ranah Minangkabau.

Kendati demikian, TKN Prabowo-Gibran mengaku sempat ragu setelah adanya klaim sepihak, termasuk upaya mendiskreditkan Prabowo Subianto yang dilakukan secara sistematis. Namun, Gerindra terus berupaya meyakinkan konstituen di Sumatra Barat bahwa komitmen Prabowo kepada bangsa dan Ranah Minangkabau tidak berubah.

Dari kerja keras yang dilakukan partai tersebut, Ahmad Muzani menyebut masyarakat di Ranah Minang tetap berada dalam barisan atau berpihak kepada Prabowo Subianto.

Hal itu dapat dilihat dari hasil lembaga survei yang menyatakan Sumatra Barat mendukung anak ekonom Soemitro Djojohadikoesoemo tersebut.

Namun, ia mengingatkan bahwa hasil survei adalah sebuah potret atau kenyataan ketika survei dilakukan. Artinya, hal itu belum menggambarkan hasil pemilihan umum atau pemilu yang sesungguhnya.

Ia menambahkan menjelang hari pencoblosan 14 Februari 2024, TKN menjadwalkan Prabowo Subianto atau Gibran Rakabuming Raka akan mengunjungi Ranah Minang.

Deputi V Staf Presiden Ikut Mundur, Tak Mau Jadi Beban Politik******

Jaleswari yang diketahui masuk dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md sejak November 2023, menyatakan mundur karena tidak ingin dipersepsikan sebagai beban politik Presiden Joko Widodo.

“Alasan pengunduran diri saya didasari pada etika dan keyakinan yang saya harus pegang. Dalam hal ini, saya menyadari penuh bahwa saya perlu menghindari situasi dimana saya dapat dipersepsikan sebagai beban politik bagi Bapak Presiden maupun lembaga kepresidenan secara umum dikarenakan pilihan politik pribadi saya,” tutur Jaleswari.

Dia juga menyatakan memahami dan menangkap kebutuhan publik atas netralitas dan profesionalisme pemerintah terutama di tahun politik.

“Saya pribadi memohon maaf apabila dalam mengemban jabatan sebagai Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, terdapat ruang penyempurnaan yang belum saya isi secara maksimal,” ujar Jaleswari.

Dia mendoakan Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik dan senantiasa diterangi jalannya oleh Allah SWT.




bab terbaru:situs slot jadul

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
zues138
lion988
slotsgg
situs togel malaysia terpercaya
jembatan slot
klik gambar dapat uang
situs slot wso
slot bonus new member 200 di depan
mpo108
Daftar isi semua bab
Bab 1 panen 268 slot
Bab 2 cara beli hp lewat kredivo
Bab 3 goldenbet88 slot login
Bab 4 cicilan pelajar
Bab 5 daftar game slot online
Bab 6 flokitoto
Bab 7 slot tergacor
Bab 8 buku mimpi 3 angka
Bab 9 cara mengaktifkan cicilan akulaku
Bab 10 pinjam uang kredivo
Bab 11 markastoto
Bab 12 calon4d rtp
Bab 13 bolagg
Bab 14 kredivo tidak bisa digunakan di tokopedia
Bab 15 situs bonus new member 100
Bab 16 cara masuk ke server thailand slot
Bab 17 surga slot 77 link alternatif
Bab 18 pinjamanku
Bab 19 slot gmwin
Bab 20 pinjaman 5 menit cair 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah588bab
takutBacaan TerkaitMore+

tukang sampah pesawat

voucher gratis ongkir zalora

Undang-undang No. 7/2017 tentang Pemilu melarang sejumlah pejabat negara untuk terlibat dalam tim kampanye, di antaranya Ketua Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, Gubernur Bank Indonesia, ASN, TNI, Polri, hingga direksi ataupun komisaris BUMN.

Hal itu juga ditegaskan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga. Dia mengatakan jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah tidak diperbolehkan melakukan kampanye untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Menurutnya, komisaris ataupun direksi perusahaan pelat merah dapat menunjukkan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Akan tetapi, dengan catatan, para komisaris tidak secara aktif melakukan kampanye politik.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan sejauh mana batasan direksi dan komisaris BUMN dapat terlibat dalam agenda politik salah satu calon presiden dan wakil presiden.

“Aku belum lihat detailnya, tapi kalau ikut kampanye tidak boleh. Begini saja, lihat definisi kampanye KPU [Komisi Pemilihan Umum],” ujarnya pada Selasa (30/1/2024) siang.

Aturan yang membatasi direksi dan komisaris BUMN terkait kegiatan pemilu juga tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN nomor: S-560/S.MBU/10/2023 pada 27 Oktober 2023.

Surat edaran itu mengatur keterlibatan direksi, dewan komisaris/dewan pengawas dan karyawan Grup BUMN pada penyelenggaraan pemilu, pilkada, atau sebagai pengurus partai politik atau penjabat kepala daerah dan wakil kepala daerah, serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.

Sebelumnya, Ahok sempat dikabarkan akan hadir dalam kampanye terbuka Ganjar-Mahfud di Lapangan Merdeka Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024). Dia disebutkan hadir dalam acara itu untuk mendampingi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Namun Ahok menyatakan dirinya tidak menghadiri kampanye tersebut lantaran memimpin Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Pertamina di Kementerian BUMN, Jakarta.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ahok Buka Peluang Kampanyekan Ganjar, Bakal Mundur dari Komut Pertamina?”

Kaisar Dewa Mekanik

slot paling gacor di indonesia

SOLO —Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menempati urutan ke-7 nasional dalam pemeringkatan UI GreenMetric World University Ranking 2022 yang diumumkan melalui kanal YouTube Universitas Indonesia, Senin (12/12/2022).

Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS Prof. Sajidan mengatakan masuknya UNS ke dalam 10 besar UI GreenMetric pada tahun ini merupakan pencapaian besar yang tidak sekadar untuk diapresiasi namun juga dimaknai.

Promosi Digitalisasi, Layanan Keuangan Holding Ultra Mikro BRI Group Lebih Efisien

Sebab, peringkat ke-7 UI GreenMetric yang diberikan kepada UNS menunjukkan Kampus Benteng Pancasila ini berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

Tak hanya itu, kata Sajidan, masuknya UNS ke dalam daftar perguruan tinggi yang mempunyai perhatian kepada lingkungan hidup adalah hasil dari kerja keras bersama antar sivitas akademika, mulai dari dosen, mahasiswa, hingga tenaga kependidikan (tendik).

“Ini capaian yang luar biasa setidak-tidaknya bagi UNS untuk menutup tahun 2022 dengan prestasi yang gemilang. Selamat untuk kita, terkhusus untuk sivitas akademika UNS yang telah berkontribusi pada pencapaian UI GreenMetric ini,” ujar Sajidan, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Sosialisasi IKD, UNS Solo Jadi Pilot Project Program Dukcapil Goes to Campus

Sajidan juga menyampaikan masuknya UNS ke dalam 10 besar UI GreenMetric membuktikan perguruan tinggi di Kota Bengawan ini semakin siap menjadi World Class University (WCU).

Ia menilai perguruan tinggi berstandar internasional tidak hanya dilihat dari kualitas riset, publikasi ilmiah, paten, sebaran lulusan, dan prestasi dosen atau mahasiswa, namun juga ditentukan dari teknologi dan cara-cara untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Perlu diketahui bahwa belakangan ini isu seputar lingkungan menjadi perhatian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jadi, tercapainya UNS pada UI GreenMetric menunjukkan kampus kita up to date terhadap perkembangan zaman, utamanya perubahan iklim,” jelas Sajidan.

Standar Penilaian UI GreenMetric

UI GreenMetric yang memasukkan UNS pada pemeringkatan perguruan tinggi di bidang keberlanjutan untuk level Indonesia dan dunia adalah acara publikasi yang digelar secara tahunan.

Pemeringkatan ini diinisasi oleh UI yang menilai peringkat perguruan tinggi di Indonesia dan dunia peserta UI GreenMetric berdasarkan komitmen dan tindakan terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga: Terus Berinovasi, UNS Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Pada tahun 2022, UNS harus bersaing dengan 126 perguruan tinggi di Tanah Air yang mengikuti UI GreenMetric. Pemeringkatan ini juga diikuti 1.050 perguruan tinggi dari 85 negara.

Ada beberapa pilar yang diterapkan UI GreenMetric untuk menilai komitmen sebuah perguruan tinggi terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

Bobot penilaian pada pemeringkatan ini mencakup pendidikan dan riset (18 persen), penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), keadaan dan infrastruktur kampus (15 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), dan pengelolaan sampah (18 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di WhatsApp Komunitas dengan klik Solopos News Updatedan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini. Tags Uns UNS Solo Penghijauan Kampus Ramah Lingkungan Share
Honda Motor JatengHonda Motor Jateng

KPPS di Karanganyar Wajib Ingatkan Pemilih Tak Bawa Ponsel ke Bilik Suara

KPPS di Karanganyar Wajib Ingatkan Pemilih Tak Bawa Ponsel ke Bilik SuaraauthorIndah Septiyaning Wardani ,  Kaled Hasby Ashshidiqy Rabu, 31 Januari 2024 - 12:42 WIB share SOLOPOS.COM - Tempat penitipan HP disediakan di TPS saat simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Karanganyar di Hotel Permata Sari pada Rabu (31/1/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

KARANGANYAR —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar melarang warga membawa ponsel ke bilik suara saat pencoblosan Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti.

Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) diminta menyediakan tempat penitipan ponsel di tempat emungutan suara (TPS) masing-masing. Larangan membawa ponsel ini juga disosialisasikan KPU saat menggelar simulasi pemungutaan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di Hotel Permata Sari, Tasikmadu, Karanganyar, pada Rabu (31/1/2024).

Promosi Digitalisasi, Layanan Keuangan Holding Ultra Mikro BRI Group Lebih Efisien

Simulasi ini merupakan yang kali kedua. Sebelumnya simulasi digelar KPU di Hotel D’wangsa Lorin, Colomadu, Senin (26/12/2023).

Ketua KPU Karanganyar, Daryono, mengatakan dalam simulasi kali ini lebih menekankan larangan membawa ponsel berkamera saat pencoblosan. Ketentuan ini diatur dalam peraturan KPU. Selain itu juga mengenalkan lebih lanjut aplikasi Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi Suara dan Manajemen Relawan) yang akan digunakan dalam Pemilu 2024. Koran Solopos

Di acara itu, KPU melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara secara riil, seperti halnya proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu mendatang.

KPU menghadirkan KPPS, pemilih riil, dan saksi dari partai politik dalam simulasi tersebut. Pemilih melakukan pencoblosan dan memasukkan surat suara ke kotak suara, diakhiri dengan mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda sudah memilih. Setelah itu, dilakukan penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara.

Komisioner KPU Karanganyar, Devid Wahyuningtyas, menyebut larangan membawa ponsel berkamera diatur di antaranya dalam Pasal 28 Ayat (1) dan Ayat (2) PKPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024, serta Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilu Tahun 2024. Emagazine Solopos

KPPS harus menyediakan wadah plastik di depan bilik suara tempat menitipkan ponsel pemilih. “KPPS harus berulang kali mengingatkan pemilih yang membawa ponsel agar meninggalkannya di sana. Setelah selesai nyoblos surat suara hingga mencelup jari ke tinta, ponsel dipersilakan diambil,” kata dia.

KPPS wajib menegur keras pemilih yang nekat melanggar aturan itu. Simulasi dibuat riil untuk mendapat gambaran utuh dari proses pemungutan dan penghitungan suara.

Desainer game serba bisa

erek 35 2d

Baca Juga: 47 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Ikut Uji Kompetensi Jurnalistik

Dari keseluruhan rangkaian acara, hal yang menarik dari Archevent tahun ini adalah dilaksanakannya dua metode pameran karya, Virtual Exhibition yang diadakan pada 19-30 November 2022 dan Live Exhibition yang dilaksanakan pada 25-27 November 2022 di Gedung 2, Fakultas Teknik, UNS. Kedua pameran ini memiliki alur cerita yang berkaitan satu sama lain.

“Visi utama kita ingin memberikan visualisasi, jadi ada kontras antara lingkungan yang banyak kriminalitas sama lingkungan yang aman dari kriminalitas. Dari segi Virtual Exhibitionitu sendiri fungsinya sebagai prolog atau pembuka ke Live Exhibition,” ujar Koordinator Subdivisi Virtual Exhibition, Izza Dennas atau yang biasanya dipanggil Jaden, Rabu.

Konten yang dipamerkan dalam Virtual Exhibition Archevent 2022 yang pertama adalah hasil karya Archevent Photography Submissionyang temanya terbagi menjadi dua, yaitu The Treacherousdan The Serene. Kedua tema lomba fotografi ini memiliki makna masing-masing yang mencerminkan tema besar Archevent, isu kriminalitas.

“Untuk tema The Treacherousmenampilkan hal-hal yang berbau kriminalitas atau bahaya, jadi misalnya kayak lingkungan yang gelap, lingkungan minim cahaya, dan sebagainya. Sedangkan, yang The Serenelebih menampilkan lingkungan yang memberikan rasa aman, senang, dan sebagainya,” ujar Jaden.

Baca Juga: Dosen Farmasi UNS Beberkan 4 Cara Mudah Memastikan Keamanan Obat

Konten kedua yang ditayangkan adalah pameran dari sayembara Archevent 2022 berupa lomba desain lingkungan yang aman dari kriminalitas. Pameran sayembara ini berupa poster terpilih dari para pemenang mini sayembara dan sayembara utama Archevent UNS 2022. Poster sayembara ini juga bisa dijadikan solusi atau penyelesaian dari kriminalitas yang menjadi topik besar Archevent.

“Biasanya output sayembara kan hanya berbentuk poster makanya kurang memberikan rasa visual kepada pengamat.  Jadi di pameran virtual ini aku berinisiatif membuat 3D modelnya. Jadi pengunjung bisa merasakan sendiri kenapa si bangunan itu bisa menyelesaikan permasalahan kriminalitas yang ada,” ucap Jaden.

Para pengunjung, terutama mahasiswa UNS sangat tertarik melihat Virtual Exhibitiondi Archeven. Bagas, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 UNS yang mengunjungi situs web pameran virtual Archevent 2022 ini mengaku sangat terhibur dan tertarik dengan alur cerita serta konsep yang dikembangkan dalam Archevent 2022.

“Menurut saya ini sangat menarik karena masih jarang sebagai seorang mahasiswa membuat Virtual Exhibitionyang bisa se-kompleks ini. Jujur itu menjadi suatu hal yang baru dan menarik. Foto-foto yang ditampilkan juga menarik punya cerita masing-masing,” kata Bagas saat ditemui di Hutan FISIP UNS, Rabu.

Bagas juga berharap kegiatan Virtual Exhibitiondi Archevent ini bisa terus diselenggarakan karena ide-ide atau konsep yang ditayangkan memukau para pengunjung. Hal ini diharapkan juga menginspirasi fakultas lain yang ingin menyelenggarakan pameran karya dan memilih Virtual Exhibitionsebagai konsepnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcomdan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini. Tags Fakultas Teknik UNS Arsitektur UNS Pameran Virtual Berita UNS Share
Honda Motor JatengHonda Motor Jateng

Di Solo, 2.500 Sahabat Bang Ara dan Gusma Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Di Solo, 2.500 Sahabat Bang Ara dan Gusma Siap Menangkan Prabowo-GibranauthorKurniawan ,  Ika Yuniati Kamis, 1 Februari 2024 - 00:19 WIB share SOLOPOS.COM - Ribuan Sahabat Ara dan Gusma saat konsolidasi di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (31/1/2024) malam. (Istimewa)

SOLO —Ribuan orang yang tergabung dalam Relawan Sahabat Ara Sirait dan Stefanus Gusma mengikuti konsolidasi di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (31/1/2024) malam.

Mereka menyatakan siap untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam satu putaran Pemilu Tahun 2024.

Promosi Terus Bertumbuh, Pemberdayaan dan Pendampingan BRI Sentuh 19.533 Klaster Usaha

Sebab sejumlah survei telah menunjukkan keunggulan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas di atas 50 persen. Kondisi itu ditunjang juga kepuasan atas Presiden Jokowi yang tinggi.

“Kita harus mengakui kepuasan atas kinerja Jokowi sangat tinggi dan kami melihat bahwa Jokowi terasosiasi dengan Prabowo-Gibran,” ujar Gusma di hadapan 2.500-an sukarelawan. Koran Solopos

Di antara mereka adalah tokoh lintas agama, TKN Prabowo-Gibran, para aktivis, serta sukarelawan Sahabat Bang Ara dan Stefanus Gusma. Dia meyakini peluang Pemilu satu putaran kian besar.

“Ini peluang besar dan kami relawan Bang Ara dan Gusma berkomitmen untuk menguatkan elektabilitas Prabowo-Gibran di Solo dan beberapa wilayah di Indonesia,” ungkap dia.

Gusma menegaskan dirinya dan Ara tegak lurus ke Jokowi. Mereka siap melanjutkan capaian Jokowi. “Kami senafas dengan rakyat yang puas terhadap pemerintahan Jokowi,” kata dia. Emagazine Solopos

Dia menjelaskan indikator keunggulan Jokowi tidak hanya soal pembangunan infrastruktur. Tapi juga pembangunan manusia Indonesia. Jokowi terbukti menegakkan Pancasila.

“Jokowi berhak membawa kemajuan ekonomi bangsa, punya perhatian pada rakyat kecil, mengedepankan visi Indonesia sentris, tegas terhadap radikalisme,” sambung Gusma.

Dia menilai Jokowi telah membangun peradaban bangsa lewat nawacita dengan memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial. “Masyarakat hidup rukun dan damai demi Indonesia maju,” terang Gusma. Interaktif Solopos

Jokowi juga dinilai telah menunjukkan keberanian melawan agenda asing yang tidak baik. Indonesia bersama Jokowi terus memperjuangkan perdamaian dunia dan relasi yang sehat.

“Pak Jokowi berhasil menjadikan Indonesia mandiri, berkepribadian, dan berdaulat. Sebuah tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan dipercaya. Banyak pemimpin negara angkat topi padanya,” sambung Gusma.

Sambil mengajak relawan agar bekerja keras, simpatik, dan cerdas di masa Pemilu, Gusma meminta para relawan agar mewujudkan Pemilu damai melalui kampanye yang menghadirkan narasi dan suasana riang gembira, menghindari penggunaan narasi hoaks yang berpotensi memecah belah masyarakat.

“Kita siarkan keberhasilan pemerintah hari ini sebagai ajakan persuasif agar publik memilih Prabowo-Gibran dalam rangka memastikan keberlanjutan pemerintah hari ini. Sambil terus memastikan Pemilu yang rukun dan damai demi Indonesia maju,” pungkas Gusma.

Konsolidasi Relawan Sahabat Bang Ara dan Gusma diisi dengan pembacaan Deklarasi Sahabat Bang Ara dan Gusma. Di akhir acara ada doa lintas agama yang dibawakan oleh para tokoh agama.

Penyelamat Pesawat

gebyard4d

SOLO—Di tengah Desa Jetiskarangpung, Kecamatan. Kalijambe, Sragen ada satu rumah tembok yang sederhana. Di depan rumah kuning berbentuk Joglo itu tertulis spanduk kecil “Rumah Baca Kaliyoso”.

Rumah itu difungsikan sebagai tempat kegiatan literasi yang melibatkan masyarakat terutama anak-anak sekitar. Ada sekitar 500 koleksi buku yang tersusun rapi di rak.

Promosi Resmi Terpilih sebagai Ketum Forum Humas BUMN, Ini Visi Hendy Bernadi

Separuh dari koleksi itu merupakan buku anak seperti buku cerita, komik, dan buku pelajaran SD. Lalu sisanya ada novel, buku pengembangan diri, buku religi, kamus dan teknologi.

Mayoritas koleksi buku itu hasil sumbangan dari orang-orang yang peduli dengan dunia literasi. Sedangkan hanya seperempat koleksi buku hasil dari membeli. Itupun hanya ketika ada diskon.

Rumah Baca Kaliyoso ini didirikan, salah satunya, atas inisiatif pemuda setempat, Afif Muchlisin yang menggunakan rumah milik keluarganya untuk kegiatan literasi. “Rumah itu merupakan warisan dari kakek, terus dibeli oleh ayah saya dan direnovasi,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (11/1/2024).

Afif mendirikan Rumah Baca Kaliyoso tiga tahun lalu, tepatnya pada 17 September 2020 saat kasus pandemi sedang naik-naiknya. Waktu itu dia melihat anak-anak di desa tempatnya tinggal terpaksa Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) di rumah untuk meminimalisasi penyebaran virus.

Dia melihat ketika masa PPJ itu banyak anak yang membutuhkan akses Internet dan bimbingan. Sebab tidak mungkin bagi anak usia SD belajar secara mandiri tanpa pembimbing.

“Atas dasar hal tersebut kami ingin menyediakan fasilitas dan ruang publik yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk proses pembelajaran online, sekaligus dijadikan pusat literasi,” kata dia.

Di sisi lain, setelah pada 2021 lalu Afif menamatkan kuliah S2 program studi Sosiologi di UNS, terbesit di pikirannya untuk mempraktikkan ilmu yang dia miliki. Semangat yang dia pegang adalah memberikan manfaat kepada sekitar.

“Sehingga saya putuskan untuk memberikan fasilitas belajar, terutama lewat buku dan kegiatan literasi lainnya. Kami berharap dengan adanya rumah baca dapat menarik masyarakat untuk berkunjung dan berkenalan dengan buku,” kata dia.

Selain meminjam buku, Afif menjelaskan ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di Rumah Baca Kaliyoso, seperti dongeng, kreasi hand madeatau origami, mewarnai, dolanan tradisional di halaman rumah baca. Termasuk kegiatan berbasis literasi hasil kerja sama dengan universitas dan Non Governmental Organization (NGO).

Dirinya juga mengajak pemuda dan Karang Taruna untuk ikut membantu mengelola rumah baca. Dia mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu cara melibatkan anak muda agar lebih peduli terhadap isu literasi.

Sejauh ini, kegiatan yang dilakukan di Rumah Baca Kaliyoso masih banyak menyasar anak-anak. Dia mengakui lebih mudah mengajak anak-anak ketimbang orang dewasa.

“Kemampuan kami di usia yang masih muda ini agaknya sulit mengajak orang yang lebih dewasa. Tapi kami tidak menutup peluang untuk orang dewasa. Kami sediakan juga buku-buku untuk masyarakat umum dan orang dewasa,” kata dia.

Upaya Afif dan kawan-kawan memantik minat baca anak-anak tidak mulus. Sejauh ini ada yang antusias, namun ada juga yang kurang. Beberapa anak lebih memilih memegang mainan ketimbang buku. Afif memang sengaja menaruh mainan di rumah seperti seperti puzzle, lego, ular tangga, bola kecil, basket mini, bowling dan lainnya.

“Mainan yang kami sediakan untuk menarik perhatian mereka. Sejauh ini kami berusaha dengan awalan mengajak anak-anak bermain di rumah baca, kemudian setelah bermain, baru kita arahkan untuk membaca bersama sama,” kata dia.

Cara itu lumayan efektif karena sudah ada seperti tiga anak di desa yang rajin meminjam dan mengembalikan buku setiap pekan. Afif bercerita sisanya, anak-anak masih sebentar memegang buku dan lanjut bermain.

“Supaya tertib dalam berkunjung biasanya kami adakan kegiatan bersama seperti dongeng, kreasi hand made, mewarnai,” kata dia.

Keberadaan Rumah Baca Kaliyoso yang sederhana itu sebetulnya penting untuk menjawab persoalan akses bacaan di desa-desa yang terkadang sangat sulit. Desa yang memiliki perpustakaan dengan koleksi yang lengkap bisa dihitung jari.

“Iya rumah baca membuka akses seluas luasnya, pernah ada rencana untuk meminjamkan buku dengan konsep deliveryatau ketemu COD. Namun tentu hal itu butuh orang dan tenaga yang lebih. Sehingga untuk saat ini masih dalam lingkup desa saja,” kata dia.

Satu tujuan untuk menaklukkan kota

kredivo pinjaman 1 juta

SALATIGA –Mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga penerima beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) mengadakan GenBI Fair dengan tema “Develop Yourself, Get a Scholarship and Become an Agent of Change with Bank Indonesia” di Auditorium dan Student Center Prof. Dr. Achmadi, Kampus III UIN Salatiga, Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, beberapa kegiatan yang digelar pada kesempatan tersebut antara lain seminar nasional, sosialisasi beasiswa, donor darah, bazar QRIS UMKM, dan Sosialisasi Beasiswa GenBI.

Promosi Tangguh Dampingi UMKM Selama Lebih dari Satu Abad, Ini Logo HUT BRI ke-128

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga, Hammam, Ph.D berharap kegiatan itu dapat memberi dampak positif bagi mahasiswa.

“Mahasiswa harus lebih sering mengikuti kegiatan seperti ini agar bisa menambah pengetahuan dan jejaring sosial,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Dia juga berpesan agar mahasiswa bisa menggunakan sumber daya yang disediakan kampus secara maksimal.

“Agar kehidupan perkuliahan berjalan dengan optimal, mahasiswa harus selalu menumbuhkan kreativitas dan memupuk inisiatif. Gunakan semua sumber yang ada di kampus untuk mengasah bakat dan minat,”ujarnya.

Menurut panitia penyelenggara, kegiatan GenBI Fair bertujuan untuk mengenalkan program beasiswa BI kepada mahasiswa UIN Salatiga dan memberi insight baru terkait perkembangan ekonomi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh delegasi dari berbagai Komisariat yang berada di bawah naungan GenBI Koordinator Komisariat Semarang, antara lain GenBI Komisariat UNNES, GenBI Komisariat UKSW, GenBI Komisariat IAIN Kudus, GenBI Komisariat UNTIDAR, dan GenBI Komisariat UIN Walisongo.

Dalang tingkat dewa

angka jitu ekor togel

SOLO—Platform financial technology peer-to-peer(fintech P2P) lending atau pinjaman online(Pinjol) PT Inclusive Finance Group atau DanaCita akhir-akhir ini menjadi sorotan setelah menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kerja sama tersebut memungkinkan mahasiswa membayar uang kuliah tunggal atau UKT dengan skema bulanan melalui DanaCita. Hal ini kemudian menjadi perbincangan warganet terutama di platform X.

Promosi Sambut HUT ke-128, BRI Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Berdasarkan situs resmi danacita.co.id, Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo terdaftar sebagai mitra. Dalam situs tersebut, mahasiswa bisa mengajukan pinjaman sesuai tagihan UKT. Tertera di situs tersebut biaya bulanan platform sebesar 1.60% sampai 2% dan biaya persetujuan 3%. Namun khusus biaya persetujuan dibayarkan sekali.

Namun, hal itu dibantah oleh Plt. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Pendidikan, Irwan Trinugroho mengatakan tidak ada kerja sama dengan DanaCita untuk pembayaran UKT ataupun Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) mahasiswa. Pihaknya juga bakal menegur terkait nama UNS Solo yang tercantum di websiteresmi DanaCita.

“UNS memiliki nota kesepahaman atau MoU dengan DanaCita yang sifatnya umum untuk kerja sama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditandatangani pada 19 Januari 2023 antara Rektor UNS dengan President Director DanaCita,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1/2024).

Dia mengatakan ruang lingkup dari nota kesepahaman kerja sama tersebut mencakup beberapa bidang di antaranya pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan dan pemberdayaan sumber daya, seminar, sampai penugasan profesional sebagai dosen tamu.

“Adapun implementasi kegiatan kerja sama yang telah berjalan adalah webinar bersama untuk knowledge sharing. Oleh karena itu, sekali lagi kami sampaikan bahwa UNS tidak bekerja sama dengan DanaCita dalam kaitannya dengan pembayaran UKT maupun SPI mahasiswa,” kata dia.

Dia juga menegaskan bahwa UNS Solo tidak berencana untuk bekerja sama dengan DanaCita untuk pembayaran UKT maupun SPI mahasiswa. Saat ini UNS hanya bekerja sama dengan bank untuk memfasilitasi mahasiswa membayar UKT. Bank tersebut adalah Mandiri, BSI, BTN, BNI, BRI, dan Bank Jateng.

Mengutip Bisnis.com, DanaCita ramai menjadi perbincangan warganet lantaran tawaran skema pembayaran UKT yang bekerja sama dengan ITB. DanaCita mengklaim bahwa perusahaan hadir untuk menurunkan kendala keuangan agar semua dapat meraih pendidikan di Indonesia. 

Perusahaan mengklaim DanaCita sebagai platform dengan solusi pendanaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi dan program kejuruan. 

Perusahaan yang dinakhkodai Alfonsus Dwianto Wibowo itu bahkan menunjuk Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sebagai salah satu advisor DanaCita.

Dalam rilis resminya, Direktur Utama DanaCita, Alfonsus Wibowo, mengklaim DanaCita bukan Pinjol atau pinjaman online. Hal itu lantaran istilah tersebut sering dikaitkan dengan praktik layanan pendanaan yang tidak legal, tidak beretika, dan berkonotasi negatif.

“DanaCita adalah penyedia Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi [LPBBTI] yang senantiasa berkomitmen untuk melakukan praktik layanan pendanaan yang bertanggung jawab,” kata dia.

Dia mengatakan menjalankan praktik layanan pendanaan yang bertanggung jawab dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menentukan apakah pendanaan yang diberikan sesuai dengan kemampuan dari penerima dana dalam hal ini pelajar dan/atau wali. 

Hal ini bertujuan agar setiap pengajuan biaya pendidikan di DanaCita sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari pelajar, sehingga mengedepankan kesejahteraan keuangan dari pelajar dalam jangka panjang.

Dia menjelaskan DanaCita juga mengacu kepada pedoman perilaku yang dikeluarkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sebagai  asosiasi yang mewadahi seluruh perusahaan penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).