petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek erek 2d 03

line slot888 817Jutaan kata 558074Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek erek 2d 03》

Konflik Rempang di Tengah Urgensi Kelanjutan Investasi Asing******

Pengamat menilai pemerintah perlu meninjau perencanaan proyek Rempang Eco City agar tidak dianggap merugikan masyarakat setempat.
Pengamat menilai pemerintah perlu meninjau perencanaan proyek Rempang Eco City agar tidak dianggap merugikan masyarakat setempat. Ilustrasi. (Cun Cun via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengembangan kawasan ekonomi baru Rempang Eco-city di Pulau Rempang, Kepulauan Riau mendapat penolakan sejumlah warga setempat.

Warga menolak direlokasi demi memuluskan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Penolakan pun berujung bentrok warga dengan aparat gabungan TNI-Polri pada Kamis (7/9) lalu.

Bentrokan menjadi perhatian publik nasional setelah video penembakan gas air mata beredar di media sosial. Sejumlah anak sekolah harus dilarikan ke fasilitas kesehatan karena terkena gas yang membuat dada terasa panas itu.

Berdasarkan konfirmasi dari salah satu pegawai di PT Makmur Elok Graha, perusahaan tersebut adalah anak usaha dari Artha Graha Group milik taipan Tomy Winata.

Dalam perkembangannya, proyek ini masuk daftar PSN 2023. Hal itu tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Mengutip situs BP Batam, kawasan ekonomi ini rencananya dikembangkan di lahan seluas 7.572 hektare atau sekitar 45,89 persen dari total luas Pulau Rempang 16.500 hektare.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut RI-Warga Rugi Besar Jika Xinyi Batal Investasi di Rempang

Pengembangan Pulau Rempang mencakup kawasan industri, perdagangan, hingga wisata yang terintegrasi di sana agar bisa bersaing dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

BP Batam memperkirakan investasi pengembangan Pulau Rempang mencapai Rp381 triliun dan akan menyerap 306 ribu tenaga kerja hingga 2080. Hal ini diharapkan bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi setempat.

Selain itu, kawasan Rempang juga akan menjadi lokasi pabrik kaca terbesar kedua di dunia milik perusahaan China, Xinyi Group. Investasi proyek itu diperkirakan mencapai US,6 miliar atau sekitar Rp174 triliun.

Xinyi Group bakal membangun pabrik yang digadang-gadang menjadi pabrik kaca dan solar panel terbesar setelah China. Demi pembangunan ini, warga yang mendiami di Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru tersebut harus direlokasi ke lahan yang sudah disiapkan.

Lihat Juga :
Pontjo Sutowo Blak-blakan soal Rebutan Hotel Sultan dengan Negara

Jumlah warga tersebut diperkirakan antara 7.000 sampai 10 ribu jiwa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bentrokan di Pulau Rempang terjadi akibat komunikasi yang kurang baik. Ia mengatakan warga yang terdampak telah diberikan ganti rugi berupa lahan dan rumah. Namun terkait lokasi masih kurang dikomunikasikan dengan baik.

"Ini hanya salah komunikasi saja, di bawah salah mengkomunikasikan saja. Diberi ganti rugi, diberi lahan, diberi rumah tapi mungkin lokasinya belum tepat itu yang harusnya diselesaikan," kata Jokowi dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Rabu (13/9).

Jokowi mengatakan telah meminta Kapolri untuk turun tangan terkait persoalan itu. Ia pun mempertanyakan mengapa masalah itu harus sampai ke presiden.

Lihat Juga :
Menteri Hadi Janji Beri Sertifikat Lahan Warga 16 Kampung Tua Rempang

"Masa urusan begitu harus sampai presiden?" imbuh Jokowi.

Jokowi menekankan dalam pembangunan PSN tidak boleh dilakukan pendekatan represif ke masyarakat. Pasalnya tujuan PSN adalah untuk memberi manfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, masyarakat akan senang jika diberi ganti rugi dengan harga terbaik dalam pembebasan lahan.

Masyarakat yang terdampak pembangunan akan dialihkan pemerintah ke lokasi yang sudah disiapkan. Mereka akan mendapat biaya hidup Rp1,03 juta per orang dalam satu KK.

Lihat Juga :
Daftar Kompensasi BP Batam ke Warga Terdampak Rempang Eco City

Bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di tempat lain akan mendapat bantuan biaya sewa Rp1 juta per bulan. Selain itu, BP Batam akan akan memberikan rumah seharga Rp120 juta ukuran 45 meter persegi bagi mereka yang tak memiliki tempat tinggal lain.

Karena konflik terus bergulir, Jokowi pun mengutus Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia untuk menyelesaikan kasus di sana. Ia pun mengingatkan agar penanganan di lapangan harus dilakukan dengan cara-cara yang tidak menggunakan kekerasan.

Bahlil juga menuturkan proses penanganan Rempang harus dilakukan dengan cara-cara yang baik. Sebab, ia juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang memang sudah secara turun-temurun berada di sana.

Meski demikian, Bahlil mengatakan proyek Rempang Eco-city harus tetap berjalan. Ia menilai akan banyak kerugian yang dialami Indonesia jika Xinyi Group batal berinvestasi.

Lihat Juga :
Daftar Masalah dan Korupsi di BUMN yang Terbongkar Belakangan Ini

Kerugian mulai dari segi pendapatan pemerintah maupun perekonomian masyarakat. Potensi kerugian muncul dari nilai investasi di Rempang yang tembus Rp300 triliun lebih.

"Ini investasinya total Rp300 triliun lebih, tahap pertama itu Rp175 triliun. Kalau ini lepas, itu berarti potensi pendapatan asli daerah (PAD) dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk saudara-saudara kita di sini itu akan hilang," ujar Bahlil.

Menurutnya, investasi tersebut diperlukan untuk menggerakkan roda ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Bahlil mengatakan penanaman modal asing (FDI) global terbesar saat ini ada di negara tetangga. Indonesia tengah bersaing menarik investor asing masuk ke dalam negeri.

Lihat Juga :
Bahlil Ungkap Alasan Proyek Rempang Dipercepat, Singgung Singapura

Atas dasar itulah ia tak ingin masalah Rempang terus berlanjut.

"Ini kami ingin merebut investasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau kita menunggunya terlalu lama, emang dia mau tunggu kita. Kita butuh mereka tapi juga kita harus hargai yang di dalam," tegas Bahlil.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tinjau Ulang Proyek Rempang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Elektronik LG sampai Samsung Diskon Gila******

Berbagai elektronik aneka merek mulai dari LG, Panasonic, Polytron, Sharp, sampai Samsung diskon gila-gilaan di Transmart besok (1/10). Cek daftarnya.
Elektronik aneka merek mulai dari LG, Sharp, sampai Samsung diskon gila-gilaan di Transmart besok (1/10). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Berbagai elektronik aneka merek mulai dari LG, Panasonic, Polytron, Samsung, Sharp, sampai Sony diskon gila-gilaan di Transmart pada Minggu (1/10).

Soalnya, Transmart kembali menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale mulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia. Mulai dari AC, kulkas sampai TV berbagai merek diskonnya enggak main-main deh!

Lihat Juga :
Transmart Balik Lagi dengan Diskon Seharian, Berlaku Semua Gerai!

Begitu juga dengan kulkas 4D 472 L dari harga normal Rp12,04 juta jadi Rp8,79 juta per unit. Harga berlaku untuk pembelian di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Sedangkan, pembelian kulkas 4D 472 L di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung diskon dari harga normal Rp12,64 juta jadi Rp9,23 juta per unit.

Nah untuk TV LED 50" UHD Smart diskonnya dari harga normal Rp6,96 juta jadi Rp4,79 juta per unit.

Untuk TV LED 65" UHD Smart, diskonnya dari harga normal Rp11,2 juta jadi Rp7,67 juta per unit. Harga diskon ini berlaku untuk berbagai merek sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, untuk kamu yang lagi cari-cari elektronik atau mau kasih hadiah elektronik ke keluarga, saudara, sampai teman bisa banget beli di Transmart Full Day Sale. Mumpung diskon gila-gilaan, kan?

Makanya enggak perlu pikir panjang, langsung cus mampir ke gerai Transmart terdekat di kotamu dan dapatkan diskon aneka elektronik di Transmart Full Day Sale besok!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Biar Gajian Enggak Cuma Lewat, Belanja Bulanan di Transmart Aja******

Belanja bulanan di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (1/10) banyak promo dan diskon, jadi gajian enggak cuma numpang lewat!
Belanja bulanan di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (1/10) banyak promo dan diskon, jadi gajian enggak cuma numpang lewat (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja bulanan, tapi takut boros dan bikin gajian cuma lewat doang? Nih, ada caranya.

Caranya, belanja bulanan di Transmart saat pesta diskon seharian alias Full Day Sale pada Minggu (1/10) mulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia.

Lihat Juga :
Buruan Gercep ke Transmart Full Day Sale, Selagi Masih Ada Waktu

Selain itu, ada juga diskon tambahan sebesar 20 persen untuk pengguna metode pembayaran Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Wah, kapan lagi belanja bulanan dapat double discountbegini? Ya cuma di Transmart lah! Harga produk diskonnya dijamin lebih murah dari toko lain.

Enggak percaya? Yuk langsung aja buktikan belanja di Transmart Full Day Sale dengan mengunjungi gerai terdekat.

Ingat! Transmart Full Day Sale ini berlangsung seharian ini aja! Mumpung masih ada waktu, cus langsung ke gerai terdekat ya biar uang gajian enggak cuma numpang lewat!

Gif banner Allo Bank
(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pola main mahjong ways 1

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
pinjaman lancar ilegal atau legal
login kredivo di web
cara pasang bbfs 10 digit
paito carolina day
slot yang kasih maxwin
pinjol ojk limit tinggi
situs slot 33
bonus slot 100
e slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 logo maxwin
Bab 2 cara hutang pulsa di lazada
Bab 3 link slot gacor 2023
Bab 4 cara pinjam uang dari shopee paylater
Bab 5 erek erek 2d urutan angka
Bab 6 ituqq
Bab 7 alamat slot online
Bab 8 slot mantap
Bab 9 bangkok 0130 paito warna
Bab 10 kode slot gacor
Bab 11 paten4d
Bab 12 bar slot
Bab 13 mamibet88
Bab 14 situs judi slot yang gacor
Bab 15 premiumslot
Bab 16 slot gacor x250 x500
Bab 17 cara dapat uang dari cookpad
Bab 18 situs slot terbaik saat ini
Bab 19 cara ngutang di akulaku
Bab 20 keju4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4356bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Ji Youjiang Yuchu

voucher pulsa tokopedia
Kapolri: Empat keluarga jalani antemortem terkait kecelakaan di KM 58
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyapa keluarga korban kecelakaan di KM 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek. ANTARA/Ali Khumaini/pri.
Karawang (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan saat ini sudah ada empat keluarga yang menjalani proses antemortem atau pengumpulan data korban meninggal dalam peristiwa kecelakaan di KM 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Mungkin perlu saya jelaskan bahwa saat ini yang dilaksanakan oleh kepolisian khususnya dan juga dibantu TNI dengan pemerintah daerah dan Kemenhub, kita sedang melakukan upaya untuk mendapatkan ciri-ciri dari korban yang meninggal di KM 58," kata Kapolri, saat meninjau korban kecelakaan maut di RSUD Karawang, Jabar, Senin.

Dalam kunjungannya bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menhub Budi Karya Sumadi, Kapolri menyampaikan perkembangan terbaru terkait identifikasi korban kecelakaan di KM 58, jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada empat keluarga yang menjalani proses antemortem atau pengumpulan data korban. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi 12 korban meninggal dalam kecelakaan itu yang kondisinya hangus terpanggang, karena saat kecelakaan terjadi kebakaran pada mobilnya.

"Jadi saat ini sedang berlangsung. Sudah ada empat keluarga yang saat ini sudah melaksanakan kegiatan antemortem," katanya.

Untuk pihak keluarga lainnya diharapkan bisa datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang.

"Keluarga dari korban yang lain, tentunya sedang kami tunggu. Kami juga berupaya untuk menghubungi pihak keluarga korban," katanya.

Untuk sementara ini baru ada dua korban yang telah dikenali identitasnya, yakni berasal dari Ciamis dan berasal dari Bogor.

"Kemudian saat ini untuk upaya selanjutnya adalah melakukan pemberian pelayanan terkait dengan proses pengambilan jenazah yang artinya akan diambil oleh keluarga," katanya.

Kecelakaan maut di jalur contraflow di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek terjadi pada Senin pagi melibatkan tiga kendaraan, yakni Bus Primajasa nopol B-7655-TGD, Gran Max nopol B-1635-BKT dan Daihatsu Terios.

Akibat kecelakaan itu,12 orang meninggal dunia yang terdiri atas tujuh laki-laki dan lima perempuan.

Korban meninggal dunia yang berjumlah 12 orang itu kini berada di ruang Pemulasaran Jenazah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang.

Ke-12 korban merupakan penumpang mobil Gran Max yang kondisinya hangus terbakar akibat kecelakaan itu. Sedangkan dari mobil Terios yang kondisinya juga terbakar tidak ada korban, dan dari bus Primajasa terdapat dua orang mengalami luka-luka. 

Baca juga: Kapolri: Penyebab pasti kecelakaan maut di km 58 masih didalami
Baca juga: Menhub minta KAI antisipasi dampak cuaca selama periode mudik

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Akhir dari kerajaan hewan peliharaan dunia

gampang cuan slot
Pemerintah resmi melarang social commerce berjualan di Indonesia demi melindungi pelaku usaha kecil di dalam negeri. Berikut kronologinya.
Pemerintah resmi melarang social commerce berjualan di Indonesia demi melindungi pelaku usaha kecil di dalam negeri. Berikut kronologinya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pedagang Pasar Tanah Abang menjadi saksi hidup dari gempuran social commerceseperti TikTok Shop di Indonesia.

Pantauan CNNIndonesia.compada Selasa (12/9), kala itu para pedagang nampak sepi pengunjung.

Soleh, salah satu pedagang di pasar tersebut, mengaku omzetnya anjlok semenjak TikTok Shop mulai merajalela.

"Dulu sebelum TikTok ada, tokonya masih ada, Lazada, Shopee itu enggak ngaruh ke pasaran. Sekarang sudah ada TikTok hadir (jadi sepi)," aku Soleh.

Jeritan Soleh itu pun sampai ke telinga Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Sepekan pasca Soleh menuturkan keluh kesahnya, Teten mengunjungi pasar tersebut.

Kunjungan di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat pada Selasa (19/9) juga disambut protes para pedagang pakaian.

Lihat Juga :
Bahlil ke TikTok: Jangan Adu Domba Bangsa Indonesia

Terpantau di lantai LG Pasar Tanah Abang, para pedagang memasang selembar kardus bertuliskan 'Tolong pak, TikTok ditutup pak', 'Tolong hapus TikTok Shop', hingga 'Kembalikan senyum pedagang'.

Anton, salah seorang pedagang yang memasang kardus itu, mengaku sangat rugi gara-gara TikTok Shop. Pasalnya harga jual di platform tersebut jauh lebih murah dibanding di mal dan juga Pasar Tanah Abang.

"Minta tolong ke pak menteri online shop TikTok berpengaruh banget buat pedagang di sini," ujar Anton.

Ia mengeluhkan omzetnya turun drastis saat ini. Biasanya ia bisa mengantongi Rp20 juta per hari. Namun, kini mendapat Rp2 juta saja sudah berat.



Jokowi kumpulkan menteri di Istana bahas TikTok Shop Cs

Bak gayung bersambut, Presiden Joko Widodo lantas menggelar rapat terbatas (ratas) untuk membahas polemik TikTok Shop yang membunuh UMKM pada Selasa (26/9).

Sejumlah menteri yang dipanggil Jokowi, antara lain Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan ratas dengan Jokowi membahas perdagangan digital. Ia berkata tak hanya TikTok Shop yang dibahas dalam rapat.

Anehnya, Wishnutama Kusubandio menghadiri ratas tersebut. Ini terungkap dari foto yang dirilis Biro Pers Sekretariat Presiden dan diunggah pada situs presidenri.go.id.

Lihat Juga :
Luhut Klaim Investasi TikTok di RI Tak Terganggu Larangan TikTok Shop

Kehadiran mantan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif itu dikonfirmasi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Namun, ia tak paham Wishnutama datang sebagai apa.

"Ada (Wishnutama), ada. Saya tidak tahu sebagai apa, tetapi yang jelas dia diundang," ujar Bahlil.

Saat dihubungi, Wishnutama mengakui ia hadir di rapat tersebut. Menurutnya ia hadir untuk dimintai masukan terkait transformasi digital secara umum.

"Mungkin karena latar belakang pekerjaan saya yang datang dari industri media digital, infrastruktur digital, ekonomi digital dan industri kreatif yang juga erat dengan digital," kata Wishnutama melalui pesan tertulis kepada CNNIndonesia.com.

Zulhas resmi larang TikTok Shop Cs

Mendag Zulhas resmi meneken revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Sudah saya teken kemarin, tinggal mau diundangkan di Kemenkum HAM. Saya kira minggu ini selesai," katanya di Semarang, Selasa (26/9).

Zulhas menegaskan perdagangan digital harus diatur. Ia mengatakan media sosial yang ingin menjadi social commerce harus memiliki izin usaha sendiri.

Lalu, social commerce dilarang berjualan dan bertransaksi.

"Kalau dia jadi social commerce, harus izin usahanya sendiri. Social commerce seperti media TV. Dia boleh iklan, promosi boleh, tapi tidak boleh jadi toko," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Ciptakan kerajaan besar

aladdin 138 slot
Langgar aturan finansial, Everton kembali disanksi pengurangan poin
Ilustrasi - Everton dihukum pengurangan poin. ANTARA/HO.
Jakarta (ANTARA) - Everton kembali mendapatkan sanksi pengurangan dua poin tambahan oleh Liga Premier Inggris karena terbukti melanggar aturan Keuntungan dan Keberlanjutan (PSR) yang diterapkan kompetisi teratas Inggris tersebut. "Komisi independen telah memberikan sanksi langsung berupa pengurangan dua poin kepada Everton karena melanggar aturan PSR di akhir periode musim 2022/23," kata Liga Premier Inggris dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Athletic pada Senin. Sebelumnya, Everton juga sempat terkena hukuman pengurangan 10 poin. Namun, sanksi tersebut kemudian berkurang jadi enam poin setelah proses banding.

Baca juga: Dua gol penalti bawa Manchester United tekuk Everton 2-0
Baca juga: Onana selamatkan Everton dari kekalahan saat imbang 1-1 dengan Palace Kini dengan adanya sanksi baru, Everton terancam mendekati zona degradasi. Setelah pengurangan tersebut, The Toffees kini mengoleksi 27 poin dan hanya berjarak dua angka dari Luton Town yang berada di peringkat atas zona degradasi. Everton juga telah merilis pernyataan terkait sanksi baru yang mereka terima dan siap untuk melakukan banding atas keputusan komisi tersebut. "Everton berkomitmen untuk terus kooperatif dengan pihak liga (Inggris) terkait PSR, tetapi tidak puas dengan tidak konsistennya sejumlah komisi sehubungan dengan pengurangan poin yang diterapkan," tulis Everton di situs resmi mereka. Pengurangan poin ini jelas jadi pukulan telak bagi Everton menjelang akhir musim. Mereka juga dihadapkan dengan laga-laga berat untuk tetap bisa berada di Liga Premier Inggris musim depan. Mereka masih harus berhadapan dengan Chelsea, Liverpool, dan Arsenal dalam rangkaian tujuh laga terakhir di Liga Inggris.

Baca juga: Banding diterima, Everton hanya dihukum pengurangan enam poin

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Yang Dijunjung Dunia

obs188
Soal kesehatan, ini yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat mudik
Sejumlah kendaraan antre melintas pada H-2 Lebaran di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Menurut Pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 140 ribu-160 ribu kendaraan diprediksi melewati jalur Puncak, Bogor, saat periode mudik dan libur Lebaran 2024, yaitu empat kali lipat dari kapasitas jalan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym
Pertama, obat-obatan rutin pribadi yang harus diminum tepat waktu, vitamin untuk menjaga imunitas seperti vitamin C dan vitamin D3.
Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama menyebut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat mudik.

"Pertama, obat-obatan rutin pribadi yang harus diminum tepat waktu, vitamin untuk menjaga imunitas seperti vitamin C dan vitamin D3," kata Ngabila saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Kemudian, kata dia lagi, bagi penderita asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau sesak napas dianjurkan untuk membawa obat uap atau inhaler untuk mengantisipasi serangan kambuh.

"Pada penderita hipertensi atau diabetes bisa membawa alat pengukur tensi digital, alat pengukur gula darah dan kolesterol yang dijaga valid alatnya (sudah dilakukan kalibrasi berkala)," kata Ngabila.

Berikutnya, kata dia pula, sesuaikan pakaian dengan kondisi pancaroba yang kini tengah berlangsung.

"Untuk mencegah dehidrasi pada kondisi panas siapkan payung, topi, kacamata hitam, baju tipis dan berwarna terang, air putih yang cukup. Dan untuk cuaca dingin, jaket, selimut, dan lain-lain. Terus jika akan melakukan aktivitas fisik, jangan lupa membawa sepatu olahraga," kata Ngabila.

Kemudian, ujar dia lagi, menyiapkan bekal cemilan di perjalanan seperti potongan buah atau kacang-kacangan.

"Siapkan juga menu sahur dan berbuka tepat waktu dengan menu makanan yang sehat dan seimbang," kata dia.

Ngabila melanjutkan, jika ada ancaman macet berjam-jam selama perjalanan, kelompok rentan seperti pralansia di atas 40 tahun yang memiliki komorbid cukup serius seperti hipertensi dan Diabetes Melitus, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal kronis, atau ibu hamil < 14 minggu / > 28 minggu, dianjurkan untuk memeriksa kesehatan (check up) terlebih dahulu.

"Kemudian untuk intensitas pemberhentian selama mudik itu tidak tentu, tapi untuk mencegah infeksi saluran kencing jangan menahan kencing," kata dia lagi.

Selain itu, jika badan dirasa pegal atau kelelahan dan merasa perlu meregangkan badan, dianjurkan beristirahat per 3-4 jam di rest area.

"Jadikan mudik aktivitas yang menyenangkan, jangan stres dengan kondisi kemacetan yang ada, karena stres bisa memicu kenaikan berat badan dan penurunan imunitas, sehingga mudah terkena sakit (baik penyakit menular dan tidak menular)," kata Ngabila pula.
Baca juga: Dokter ingatkan pemudik cukupi konsumsi cairan selama perjalanan
Baca juga: Tujuh hal harus dilakukan ketika tinggalkan motor untuk mudik

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

hubungan pasien

rtp admin agus
Puncak mudik melalui Suramadu diperkirakan H-2 dan H-1 Lebaran
Kondisi lengang pada jalur Jembatan Suramadu sisi Kota Surabaya pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Jumat (8/4/2024). ANTARA/Ananto Pradana
Surabaya (ANTARA) - Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKP Moch Suud menyatakan lalu lintas puncak arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah di Jembatan Suramadu diperkirakan berlangsung selama dua hari, yakni per Senin hingga Selasa atau 8-9 April 2024. "Kami memprediksi bahwa puncak arus mudik Lebaran tahun 2024 terjadi selama dua hari, yakni pada hari ini dan besok," kata Suud di Surabaya, Senin. Berdasarkan data volume kendaraan per hari ini, pukul 18.53 WIB, jumlah arus keluar di Jembatan Suramadu sisi Kota Surabaya mengalami peningkatan. Pada tanggal 28 Maret 2024 ada 7.386 kendaraan keluar, kemudian meningkat menjadi 9.098 kendaraan di tanggal 29 Maret 2024. Jumlah kendaraan keluar terus bertambah hingga paling tinggi terjadi pada tanggal 7 April 2024 dengan total 34.893 kendaraan. Sedangkan per sore ini tercatat arus keluar sudah mencapai 32.754 kendaraan. Kemudian untuk arus masuk ke Kota Surabaya dari Pulau Madura per hari ini sebanyak 21.351 kendaraan. Angka pergerakan arus kendaraan masuk kota setempat dari Pulau Madura di Jembatan Suramadu cenderung fluktuatif, pada tanggal 28 Maret 2024 ada 7.507 kendaraan kemudian meningkatkan drastis hingga mencapai 10.140 di tanggal 1 April 2024. Namun, pada tanggal 2 April turun menjadi 9.718 kendaraan dan di 3 April 2024 ada 9.477 kendaraan yang melintas masuk dari Pulau Madura. Jumlah pergerakan tertinggi yang masuk ke Surabaya melalui jalur tersebut terjadi di tanggal 6 April 2024 dengan jumlah 24.501 kendaraan. Sementara, Suud menyatakan upaya pengamanan mencegah munculnya sudah diterapkan. Jajarannya disiagakan di lokasi tersebut hingga rampungnya masa arus balik mudik Lebaran 2024. "Kami bersama PJR (Patroli Jalan Raya) 8 Polda Jawa Timur dan Polres Bangkalan melakukan pemetaan pergerakan masyarakat yang keluar dan masuk Madura," ujarnya. Selain itu, kepolisian setempat juga membuka Pos PAM yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para pemudik. "Apabila membutuhkan bantuan kepolisian juga bisa ke sana," kata dia. Pantauan ANTARA di Jembatan Suramadu sisi Kota Surabaya pukul 19.10 WIB, tidak ditemukan penumpukan arus lalu lintas. Kendaraan roda dua maupun roda empat melintas lancar menuju Pulau Madura. Namun, petugas kepolisian bersama personel gabungan yang diterjunkan tetap melaksanakan pengawasan untuk mencegah munculnya kemacetan.
Baca juga: Kapolri: Puncak arus mudik terlampaui dengan baik
Baca juga: Dishub prediksi pergerakan pemudik di Jatim capai 31,3 juta jiwa
Baca juga: Pelni Medan: Puncak arus mudik di Pelabuhan Belawan di luar prediksi
 

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024

Lagu Kebangkitan Jiwa

play slot88
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada tiga arahan Presiden Jokowi dalam menangani persoalan pembangunan Rempang Eco City di Batam, Kepulauan Riau.
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada tiga arahan Presiden Jokowi dalam menangani persoalan pembangunan Rempang Eco City di Batam, Kepulauan Riau. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada tiga arahan Presiden Jokowi dalam menangani persoalan pembangunan Rempang Eco City di Batam, Kepulauan Riau.

Pertama,Jokowi ingin proses penyelesaian harus dilakukan dengan pendekatan yang baik, kekeluargaan dan lembut.

"Kedua, bahwa Presiden juga mengarahkan kepada kami bahwa (untuk) dengar apa yang masyarakat juga punya aspirasi," ujar Bahlil dalam konferensi pers di Kementerian Investasi, Jakarta Selatan, Senin (25/9).

"Bapak presiden menitipkan bahwa kepentingan rakyat harus kita pikirkan dan lakukan dalam kerangka aturan dan proses secara kekeluargaan," lanjut dia.

"Atas dasar itu, kami langsung menindaklanjuti rapat pada hari ini, karena kebetulan kami ditunjukkan oleh presiden untuk menyelesaikan berbagai dinamika yang ada di Rempang," sambungnya.



Sebelumnya, Proyek Strategis Nasional Rempang Eco-City menimbulkan bentrokan warga dengan polisi. Warga menolak digusur untuk proyek tersebut.

Pemerintah berencana menggunakan Rempang untuk pabrik kaca dan panel surya. Perusahaan China Xinyi Group hendak berinvestasi Rp381 triliun untuk mendirikan pabrik di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau.

Bentrokan di Rempang menjadi perhatian nasional. Jokowi mengakui ada masalah komunikasi dalam kebijakan itu. Ia mengutus Bahlil untuk menengahi persoalan yang ada.

"Ya itu bentuk komunikasi yang kurang baik. Kalau warga diajak bicara, diberikan solusi. Karena di sana sebenarnya sudah ada kesepakatan," ucap Jokowi di Cilegon, Selasa (12/9).

[Gambas:Video CNN]



(del/dzu)