petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

juara jp slot

777aja 654Jutaan kata 207063Orang-orang telah membaca serialisasi

《juara jp slot》

LPEI Dorong Ekspor Batik Aroma Terapi Asal Madura ke Mancanegara******

LPEI mendorong ekspor batik yang beraroma terapi asal Madura, Al Warits, ke luar negeri.
LPEI mendorong ekspor batik yang beraroma terapi asal Madura, Al Warits, ke luar negeri. Ilustrasi. (Arsip IAPC Maryland)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lembaga Pembiayaan EksporIndonesia (LPEI) mendorong ekspor batik aroma terapi asal Madura ke luar negeri.

Batik aroma terapi merupakan produk unik yang mengeluarkan aroma wangi rempah dan bunga dari kain. Batik jenis ini diproduksi Al Warits, yang merupakan mitra binaan LPEI sejak 2019.

Dalam rilis resmi, LPEI menyatakan terus memperkuat komitmen guna mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan sehingga bisa memberi kontribusi signifikan bagi ekspor nasional.

Untuk mendorong ekosistem ekspor berkelanjutan yang dapat memberikan kontribusi signifikan, LPEI berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Beberapa di antaranya Kemenkeu Satu (Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak), dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Timur.

Mereka melakukan pendampingan ke 139 perajin perempuan binaan Al Warits dari 11 desa di Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

Pendiri Al Warits Warisatul Hasanah mengatakan LPEI dan Kemenkeu Satu memberi pelatihan dalam rangka penguatan kapasitas dan organisasi perusahaan.

"Kami juga diberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan, manajemen perusahaan, prosedur dan perizinan ekspor serta penyuluhan perpajakan dalam rangka meningkatkan kapasitas bisnis Desa Devisa Batik aroma terapi," ujar Warisatul.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Ilham Mustafa menjelaskan program Desa Devisa dirancang untuk memberi pendampingan dengan tujuan membuka potensi ekspor komoditas unggulan daerah.

Program Pendampingan Desa Devisa Batik Aroma terapi ini, lanjut dia, berhasil mendorong ekspor produk batik aroma terapi ke negara Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Korea, dan Jepang.

"LPEI terus berkomitmen mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan hingga menciptakan kesejahteraan bagi para perajin batik," ujar Ilham.

Lihat Juga :
Lengser dari Presiden Oktober 2024, Berapa Uang Pensiun Jokowi?

Selain itu, berbagai pelatihan dan pendampingan LPEI untuk desain batik gentong Madura dan peningkatan kapasitas produksi dalam satu tahun terakhir membuahkan hasil.

LPEI meningkatkan kapasitas produksi perajin batik dari 400 kain menjadi 4.000 kain per hari. Pendapat juga melonjak dari Rp300.000 menjadi Rp1.250.000 per bulan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja nilai ekspor batik mencapai US,45 juta pada 2023.

Batik asal Indonesia paling banyak diekspor ke negara-negara seperti Amerika Serikat sebanyak 74,75 persen, Jerman 3,61 persen, Singapura 3,23 persen, Malaysia 2,82 persen, dan Kanada 1,92 persen.

[Gambas:Video CNN]

 

(isa/pta)

Stafsus Klarifikasi soal Erick Thohir Minta BUMN Borong Dolar******

Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan Erick Thohir tidak pernah meminta perusahaan pelat merah memborong dolar AS di tengah konflik Iran-Israel.
Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan Erick Thohir tidak pernah meminta perusahaan pelat merah memborong dolar AS di tengah konflik Iran-Israel. (Dok. PSSI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan bahwa Erick Thohir tidak pernah meminta perusahaan-perusahaan pelat merah untuk memborong dolar ASdi tengah konflik Iran-Israel.

Arya mengatakan bahwa yang dimaksud Erick adalah agar BUMN-BUMN dapat mengoptimalkan pembelian dolar AS. Ia mencontohkan, jika ada BUMN yang memiliki utang dan harus dibayar dengan dolar AS, maka perusahaan itu harus membeli dolar secara optimal.

"Harus optimalkan untuk saat pembayaran, dia tepat pembayarannya. Jadi bijak. Jadi bukan BUMN-BUMN disuruh borong dolar," kata Arya melalui keterangan resmi, Jumat (19/4).

Permintaan ia sampaikan demi meminimalisir dampak gejolak ekonomi dan geopolitik dunia imbas konflik antara Iran dengan Israel belakangan ini. Dampak terutama yang berkaitan dengan pelemahan rupiah hingga ke level Rp16 ribu beberapa hari belakangan ini.

"Serta melakukan kajian sensitivitas terhadap pembayaran pokok dan atau bunga utang dalam dolar yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat," kata Erick dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (17/4).

Selain itu, Erick juga meminta BUMN yang memiliki utang luar negeri atau berencana menerbitkan instrumen dalam dolar AS untuk mengkaji opsi hedging untuk meminimalisasi dampak fluktuasi kurs.

"Seluruh BUMN diharapkan dapat waspada dan awas dengan memantau situasi saat ini, mengingat kemungkinan terjadi kenaikan tingkat suku bunga dalam waktu dekat," katanya.

Erick juga mengatakan BUMN perlu melakukan peninjauan ulang terhadap biaya operasional belanja modal, utang yang akan jatuh tempo, rencana aksi korporasi, serta melakukan uji stres untuk melihat situasi terkini.

"Serta melakukan kajian sensitivitas terhadap pembayaran pokok dan atau bunga utang dalam dolar yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat," tutur Erick.

[Gambas:Video CNN]

Ia menilai situasi ekonomi dan geopolitik tersebut sudah dan akan berdampak terhadap Indonesia melalui foreign outflow dana investasi, yang diyakini dapat memicu melemahnya rupiah dan naiknya imbal hasil obligasi.

Selain itu, dampak ini juga akan berimbas pada semakin mahalnya biaya impor bahan baku dan pangan karena gangguan rantai pasok.

"Dan akan menggerus neraca perdagangan Indonesia," katanya lebih lanjut.

Erick meminta BUMN perbankan menjaga proporsional porsi kredit yang terdampak oleh volatilitas rupiah, suku bunga, dan harga minyak.

Selain itu, BUMN yang berorientasi pasar ekspor seperti pertambangan MIND ID, perkebunan PTPN bisa memanfaatkan tren kenaikan harga ini untuk memitigasi tergerusnya neraca perdagangan.



(mrh/agt)

Sulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal******

Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah.
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah. llustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menikmati kekayaandari hasil kerjakeras di masa tua mungkin itu menjadi impian setiap orang. Tapi itu tidak sama halnya dengan yang dilakukan olehSulaiman Al Rajhi.

Pengusaha sukses Arab itu memilih untuk jatuh miskin lagi dengan menyumbangkan hartanya, baik dalam bentuk uang, saham maupun properti untuk beramal.

Lalu siapa sebenarnya Sulaiman Al Rajhi dan bagaimana dia bisa kaya raya dan menyumbangkan banyak hartanya?

Maklum, Al Rajhi kecil memang berasal dari kalangan keluarga miskin. Karena keadaan tersebut, ia sudah harus bekerja sebagai porter di Pasar Al Khadra Riyadh meski baru berusia 9 tahun.

Di usianya yang masih hijau, ia harus mondar mandir membawa barang belanjaan untuk pembeli di pasar tersebut. Kemudian pada saat usianya menginjak 12 tahun, Al Rajhi harus bekerja sebagai pengumpul kurma dengan bayaran tak lebih dari 6 rial per bulan.

Lihat Juga :
Daftar Teranyar 10 Orang Terkaya RI, Ada 1 Pendatang Baru

Kondisi hidup yang demikian membuatnya juga tidak jarang harus tidur beralas kerikil di tempat kerja. Tak hanya itu, karena kondisi tersebut ia sering tidur dengan mengenakan pakaian yang ia kenakan saat bekerja.

Pada satu titik, Al Rajhi juga pernah bekerja sebagai juru masak di salah satu hotel di Riyadh dan pelayan di salah satu perusahaan kontraktor Saudi dengan bayaran 60 rial sebulan.

Setelah mempunyai tabungan dari hasil jerih payahnya, Al Rajhi banting setir menjadi pedagang grosir minyak tanah impor. Ia kemudian membuka toko kelontong sendiri untuk melancarkan bisnisnya.

Namun, itu tak berlangsung lama. Pada saat berusia 15 tahun, ia memutuskan untuk menjual tokonya. Langkah tersebut dilakukan terkait keputusannya untuk menikah. Ia memerlukan banyak uang untuk biaya pernikahan sehingga harus menjual tokonya dan menguras tabungannya.

Lihat Juga :
TAIPANAbdulsamad Rabiu, Konglomerat Muslim Asal Nigeria Berharta Rp124 T

Usai menikah, Sulaiman bekerja di perusahaan penukaran uang milik saudaranya Saleh Al Rajhi. Kolaborasi Al Rajhi dan saudaranya itu membuahkan hasil gemilang. Berkat kerja sama mereka berdua, usaha jasa penukaran uang berkembang pesat.

Mereka memutuskan untuk membuka cabang baru demi menopang perkembangan usaha tersebut. Namun, perkembangan itu tak lantas membuat Al Rajhi berpuas diri.

Pada 1970, Al Rajhi memutuskan untuk mencari tantangan baru; berpisah dengan saudaranya dan kemudian membuka perusahaan penukaran uang sendiri.

Berkat Kepiawaiannya, bisnis tersebut membuat usahanya berkembang pesat. Hanya dalam waktu singkat, ia berhasil mengembangkan usaha penukaran uang yang dikembangkannya menjadi 30 cabang yang tersebar di seluruh Arab Saudi.

Lihat Juga :
Mengenal Nassim Road, Tempat Taipan RI Beli Rumah Rp2,3 T di Singapura

Bahkan, ia berhasil melebarkan sayap usahanya ke beberapa negara Arab, seperti Mesir dan Lebanon. Setelah sukses dengan pengembangan jasa penukaran uang itu, pada 1978, Al Rajhi kemudian kembali berkolaborasi dengan ketiga saudara; Saleh Al Rajhi, Mohammed Al Rajhi dan Abdullah Al Rajhi membentuk payung Perusahaan Perdagangan dan Penukaran Al Rajhi.

Setelah dua tahun berjalan, perusahaan tersebut berubah nama jadi Al Rajhi Banking and Investment, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Al Rajhi Bank, salah satu bank syariah terbesar di dunia.

Bank tersebut tumbuh besar hingga memiliki 600 cabang yang tersebar di Arab Saudi, Kuwait, Yordania hingga Malaysia dan memiliki aset hingga US miliar.

Kegemilangan kinerja banknya tersebut membuat kekayaannya melejit. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Al Rajhi pada 2011 kemarin tembus US,7 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp14.674 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp112,9 triliun. 

Lihat Juga :
TAIPANLiu Qiangdong, 'Anak Ubi Jalar' Berharta Rp190 T dari China

Namun, pada 2015 kekayaan itu turun menjadi tinggal US,1 miliar atau Rp30,8 triliun. Penurunan kekayaan terjadi setelah 2011 lalu, Al Rajhi menyatakan komitmennya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mendanai upaya pengentasan kelaparan dan pendidikan di Arab Saudi. 

Puncak dari komitmen itu, ia mentransfer 20 persen sahamnya di Al-Rajhi Bank pada 2013 lalu ke lembaga amal. 

Karena amalnya tersebut, Al Rajhi harus rela terlempar dari daftar orang kaya versi Forbes.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Undangan Pemerintah Arab dan Hiburan Tak Sesuai Syariat Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:pola gacor olympus

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
dragon99
situs resmi judi slot
cari duit cepat dan halal
gagah4d
cara pinjam di jenius
slot terbaik 2022
play slot77
Hotbet888
mpo4d terbaru 2022
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs yang gampang maxwin
Bab 2 nama situs slot terbaik
Bab 3 situs online terbaru
Bab 4 slot gacor terpercaya mudah menang
Bab 5 pesgslot
Bab 6 trik gacor hari ini
Bab 7 cara dapat uang dari academia edu
Bab 8 blibli bisa kredit
Bab 9 pola maxwin lucky neko
Bab 10 deposit pulsa tanpa potongan
Bab 11 qqslot77
Bab 12 kredit hp terbaik
Bab 13 slot mandiri
Bab 14 slot gampang gacor
Bab 15 situs slot tergacor bulan ini
Bab 16 slotwin138
Bab 17 cara bayar tokopedia pakai kredivo
Bab 18 pinjam uang jaminan atm
Bab 19 hadir gacor
Bab 20 slot modal receh gampang menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6722bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Raksasa zaman

slot gacor hari selasa
Kemendag menyebut kelangkaan gula di ritel modern terjadi akibat pelaku usaha kesulitan mendapatkan pasokan dan harga gula impor yang tinggi.
Kemendag menyebut kelangkaan gula di ritel modern terjadi akibat pelaku usaha kesulitan mendapatkan pasokan dan harga gula impor yang tinggi. (CNN Indonesia/William).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap biang kerok penyebab kelangkaan guladi ritel modernbelakangan ini.

Menurut Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim, kelangkaan terjadi karena pelaku usaha kesulitan mendapatkan stok gula dari impor dan harga yang tinggi.

"Ya karena lebih kesulitan memperoleh gula di sana (dari impor) dengan harga yang boleh di Indonesia kan. Harganya kan di luar tinggi," kata di Kementerian Perdagangan, Jumat (19/4) seperti dikutip dari detikfinance.

Lihat Juga :
IHSG Ambruk ke Posisi 7.087 Usai Israel Balas Serangan Iran

"Sekarang juga udah memasuki musim giling kan Mei," jelasnya.

Meski begitu, menurut data yang dimilikinya, stok gula konsumsi masih cukup sampai bulan depan. Stok yang dimaksud adalah berada di BUMN hingga swasta sebanyak 330 ribu ton.

"Kalau dari sisi stok masih cukup sampai bulan depan, karena dari stoknya dari 300 (ribu ton) kan, dari catatan kami di BUMN dan swasta itu lebih dari 330 (ribu ton). Artinya cukup untuk satu bulan. Ketahanan stok itu kan 1,5 bulan hampir 2 bulan, jadi cukup lah itu stoknya," terangnya.

Menurut Isy pemerintah dengan pelaku usaha juga tengah membahas terkait kelangkaan gula yang saat ini terjadi. Namun memang soal ketersediaan berada pada ranah Badan Pangan Nasional.

"Saya sudah ke Kemenko (Bidang Perekonomian), sekarang ada rapat gula di sana mengenai roadmap pergulaan. Sekalian ngobrolin ini karena sudah mulai ada kelangkaan. Tapi penanganannya di Bapanas. Kami menyampaikan hasil pemantauan kami," jelas dia.

Gula di sejumlah toko ritel modern langka dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu kelangkaan terjadi di Indomaret di kawasan Otista, Jakarta Timur. Ardita, petugas di Indomaret tersebut mengatakan kelangkaan terjadi sejak beberapa waktu belakangan ini.

"Banyak banget yang nanyain gula, setiap hari pasti ada yang bertanya 1 atau 2 orang," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/4).

Tapi sayang barangnya lagi tidak ada. Ia bercerita pasokan gula terakhir masuk ke toko yang dijaganya sejak seminggu sebelum Lebaran lalu. Saat itu pasokan masuk sebanyak 2 karung gula.

Karung berisi 20 kg. Saat masuk, harga gula berangsur naik dari Rp16 ribu menjadi Rp17.500 per kg.

[Gambas:Video CNN]

"itu terjadi seminggu sebelum Lebaran," katanya.

Tak hanya di Indomaret, kekosongan juga terjadi di Alfamidi di kawasan yang sama. Pegawai bernama Vera mengungkap pasokan gula di tempatnya pun kosong dalam beberapa hari terakhir.

Padahal, banyak masyarakat yang mencari gula.

"Habis mas, gulanya belum datang. Puluhan orang ada mas yang nanyain gula. Biasanya sekali datang, kita dapat 3 karung gula, tapi memang ini belum ada" ujar Vera.

Namun pemandangan berbeda terjadi di Alfamart Otista Raya. Di sana, pasokan gula baru masuk.

"Itu baru datang mas 2 karung, sudah dibuka karungnya," pungkas Bimas yang merupakan karyawan di sana.

Selanjutnya, harga di ketiga ritel tersebut dibanderol dengan harga yang sama, yakni Rp17.500 per kilogram (kg).

Lihat Juga :
Luhut-Menlu China Bahas Kereta Cepat Sambil Makan Durian
(agt/agt)

Kaisar Suci yang Bangga

slot terbaru gacor
BEI menghentikan sementara atau suspensi perdagangan saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11.
BEI menghentikan sementara atau suspensi perdagangan saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11. ( ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara atau suspensi perdagangan sahamPT Waskita Karya(Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11.

Langkah itu dilakukan dengan mengacu pada surat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. KSEI-1184/DIR/0523 tanggal 5 Mei 2023 terkait Penundaan Pembayaran Bunga Ke-11 Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 (WSKT04CN1).

"Dalam rangka menjaga perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien maka Bursa Efek Indonesia (Bursa) memutuskan untuk melakukan penghentian sementara Perdagangan Saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Seluruh Pasar terhitung sejak Sesi I Perdagangan Efek tanggal 8 Mei 2023, hingga pengumuman Bursa lebih lanjut," bunyi pengumuman BEI, Senin (8/5).

Sementara itu, Waskita mengatakan penundaan pembayaran obligasi dilakukan karena perseroan masih dalam masa standstillatau bentuk optimal dari equal treatmentkepada kreditur dan pemegang obligasi non penjaminan. Kondisi ini akan memberikan waktu bagi perseroan dalam melakukan preservasi kas untuk aktivitas operasi.

SVP Corporate Secretary Waskita Ermy Puspa Yunita mengatakan perseroan juga sedang mempersiapkan skenario modifikasi master restructuring agreement (MRA)dan skema restrukturisasi yang komprehensif kepada seluruh kreditur termasuk pemegang obligasi non penjaminan.

Masa standstill disebut bersifat sementara yaitu berlangsung dari 7 Februari 2023 hingga 15 Juni 2023 karena terdapat ketentuan yang mewajibkan perseroan untuk menerapkan equal treatmentkepada seluruh kreditur termasuk pemegang obligasi non penjaminan.

"Sehingga perseroan tidak dapat melakukan pembayaran apapun termasuk melakukan pembayaran bunga dan/atau pokok atas kewajiban keuangan perseroan terhadap seluruh kreditur dan pemegang obligasi non penjaminan serta pemberi pinjaman perbankan," kata Ermy dalam pernyataan resmi.

Meski sahamnya mengalami suspensi, Waskita disebut tetap akan menjalankan seluruh program dan strategi sesuai dengan target yang telah ditetapkan serta memasukkan penyelesaian proyek-proyek yang saat ini sedang berjalan tidak terkendala atau terganggu.

"Perseroan terus berkomitmen terhadap penguatan implementasi tata kelola perusahaan (good corporate governance), serta mengedepankan bisnis yang profitable, sustainable, dan implementasi manajemen risiko yang hati-hati," tutup Ermy.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Sangat sulit untuk memupuk keabadian

cempakabet
Apple berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia, sementara di Vietnam sebesar Rp256,79 triliun.
Apple berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia, sementara di Vietnam sebesar Rp256,79 triliun. (Foto: Matcuz/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa teknologi Apple punya rencana berinvestasi di Indonesiasenilai Rp1,6 triliun.

Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang ikut hadir dalam pertemuan itu mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.

"Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota," kata Agus.

Ia juga memastikan pemerintah akan mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, Indonesia menurutnya memiliki kesiapan dalam mengadakan sejumlah komponen seperti baterai, kabel, dan lain sebagainya.

"Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Sebelum mengungkapkan keinginan berinvestasi di Indonesia. Apple sendiri sudah berinvestasi di negara Asia Tenggara lain, yakni Vietnam.

Sehari sebelum kedatangannya ke Indonesia, Tim Cook mengatakan ingin menambah investasi di Vietnam dan Asia Tenggara. Hal itu ia ungkapkan usai bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Adapun investasi Apple di Vietnam telah mencapai US,84 miliar atau setara Rp256,79 triliun (asumsi kurs Rp16.211 per dolar AS). Investasi ini telah menciptakan 200 ribu lapangan kerja.

Saat ini, Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

"Hari ini, Apple mengumumkan akan meningkatkan belanja pemasok di Vietnam, seiring dengan kemajuan baru dalam inisiatif mendukung air bersih untuk sekolah-sekolah lokal," kata Apple seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/4).

Saat bertemu dengan Cook, Chinh mengatakan bahwa Vietnam sedang mencari dukungan dari Apple untuk mengembangkan energi terbarukan serta pelatihan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Apple memproduksi iPad, AirPods, dan Apple Watch di Vietnam.

Perusahaan ini memiliki 25 pemasok di Vietnam pada 2022. Pemasok tersebut termasuk Foxconn, GoerTek, Luxshare, Intel, Samsung Electronics dan Compal.

Pemasok vendor utamanya, seperti Foxconn, juga berencana pindah ke Vietnam. Selain itu, beberapa diantaranya mengalihkan sebagian aktivitas ke luar Tiongkok di tengah ketegangan AS-China.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Musim semi tahun 1970 adalah saat yang tepat

uno4d
Apple berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia, sementara di Vietnam sebesar Rp256,79 triliun.
Apple berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia, sementara di Vietnam sebesar Rp256,79 triliun. (Foto: Matcuz/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa teknologi Apple punya rencana berinvestasi di Indonesiasenilai Rp1,6 triliun.

Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang ikut hadir dalam pertemuan itu mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.

"Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota," kata Agus.

Ia juga memastikan pemerintah akan mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, Indonesia menurutnya memiliki kesiapan dalam mengadakan sejumlah komponen seperti baterai, kabel, dan lain sebagainya.

"Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Sebelum mengungkapkan keinginan berinvestasi di Indonesia. Apple sendiri sudah berinvestasi di negara Asia Tenggara lain, yakni Vietnam.

Sehari sebelum kedatangannya ke Indonesia, Tim Cook mengatakan ingin menambah investasi di Vietnam dan Asia Tenggara. Hal itu ia ungkapkan usai bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Adapun investasi Apple di Vietnam telah mencapai US,84 miliar atau setara Rp256,79 triliun (asumsi kurs Rp16.211 per dolar AS). Investasi ini telah menciptakan 200 ribu lapangan kerja.

Saat ini, Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

"Hari ini, Apple mengumumkan akan meningkatkan belanja pemasok di Vietnam, seiring dengan kemajuan baru dalam inisiatif mendukung air bersih untuk sekolah-sekolah lokal," kata Apple seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/4).

Saat bertemu dengan Cook, Chinh mengatakan bahwa Vietnam sedang mencari dukungan dari Apple untuk mengembangkan energi terbarukan serta pelatihan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Apple memproduksi iPad, AirPods, dan Apple Watch di Vietnam.

Perusahaan ini memiliki 25 pemasok di Vietnam pada 2022. Pemasok tersebut termasuk Foxconn, GoerTek, Luxshare, Intel, Samsung Electronics dan Compal.

Pemasok vendor utamanya, seperti Foxconn, juga berencana pindah ke Vietnam. Selain itu, beberapa diantaranya mengalihkan sebagian aktivitas ke luar Tiongkok di tengah ketegangan AS-China.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

One Piece: Musuh Dunia

rupiahtoto rtp
Rincian kandungan gula tambahan berlebih pada produk bubur dan susu bayi Nestle di negara miskin dan berkembang yang dinilai berlebihan.
Rincian kandungan gula tambahan berlebih pada produk bubur dan susu bayi Nestle di negara miskin dan berkembang yang dinilai berlebihan. (Foto: iStockphoto/HandmadePictures)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nestle dilaporkan memakai gula tambahan pada produk susu danbubur bayiyang dinilai membahayakan bagi kesehatan anak di sejumlah negara.

Produk-produk dengan gula berlebih ini utamanya dipasarkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Hal ini diungkapkan oleh Public Eye selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Swiss berdasarkan hasil investigasi yang mereka lakukan bersama dengan International Baby Food Action Network (IBFAN).

Kadar gula tersebut berbeda dengan apa yang dijual di Swiss, tempat asal perusahaan tersebut. Temuan itu menyebut tidak ada gula tambahan dalam produk yang dijajakan di Swiss serta beberapa negara Eropa lain seperti Jerman, Inggris dan Prancis.

"Ada standar ganda (kadar gula) di sini yang tidak dapat dibenarkan," kata Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Nigel Rollins terkait hasil investigasi, dikutip dari laporan Public Eye dan IBFAN yang dirilis Rabu (17/4).

Mirisnya, jumlah gula tambahan pada produk Nestle seringkali tak diungkapkan ke publik. LSM asal Swiss itu mengklaim tak ada informasi soal gula tambahan dalam keterangan nutrisi di kemasan produk tersebut.

Public Eye dan IBFAN pun menguji 115 produk Cerelac atau bubur bayi yang dijual Nestle di pasar utamanya, meliputi Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Hasilnya, 108 produk cerelac atau 94 persen terbukti mengandung tambahan gula.

Rata-rata temuannya mengungkapkan tambahan gula itu hampir 4 gram per porsi sajian atau sekitar satu sendok teh.

Lihat Juga :
Nestle Klaim Sukses Turunkan 11 Persen Kadar Gula di Produk Bubur Bayi

Berikut rincian kandungan gula per porsi pada bubur bayi di sejumlah negara: 

1. Filipina 7,3 gram

2. Nigeria 6,8 gram

3. Senegal 5,9 gram

4. Vietnam 5,4 gram

5. Etiopia 5,2 gram

6. Afrika Selatan 4,2 gram

7. Indonesia 3,8 gram

8. Bangladesh 3,3 gram

9. Thailand 3,2 gram

10. Brasil 3 gram

11. India 2,7 gram

12. Pakistan 2,7 gram.

Sementara itu, tambahan gula pada produk Nido atau susu anak, Public Eye dan IBFAN memeriksa 29 produk yang dijual oleh Nestlé di beberapa pasar utama di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Hasilnya, 21 produk atau sekitar 72 persen mengandung gula tambahan.

Penelitian itu mengungkapkan rata-rata gula tambahan pada produk susu Nestle mencapai 2 gram per porsi sajian.

Lebih rinci, nilai maksimum sebesar 5,3 gram per porsi sajian terdeteksi pada produk yang dijual di Panama. Di posisi kedua, ada Nikaragua dengan tambahan gula mencapai 4,7 gram.

Berikut rincian kandungan gula pada susu bayi di sejumlah negara:

1.  Panama 5,3 gram

2. Nikaragua 4,7 gram

3. Meksiko 1,8 gram

4. Kosta Rika 1,6 gram

5. Afrika Selatan 0,9 gram

6. Indonesia 0,7 gram

7. Nigeria 0,6 gram

8. Senegal 0,6 gram

Nestlé menyoroti bahwa produk-produk ini tanpa tambahan sukrosa. Tetapi memang mengandung gula tambahan dalam bentuk madu.

Di sisi lain, madu dan sukrosa sama-sama didefinisikan WHO sebagai gula yang tidak boleh ditambahkan ke makanan bayi.

"Gula tidak boleh ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil karena tidak diperlukan serta sangat membuat ketagihan," komentar Ahli Epidemiologi di Departemen Nutrisi Universitas Federal Paraiba Brasil Rodrigo Vianna.

"Anak-anak (yang) terbiasa dengan rasa manis mulai mencari makanan yang lebih manis. Ini memulai siklus negatif yang meningkatkan risiko gangguan gizi di masa dewasa, termasuk obesitas dan penyakit tidak menular kronis lainnya, seperti diabetes atau darah tinggi," wanti-wanti sang profesor.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Tanggapan Nestle soal Kandungan Gula Berlebih

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Panduan Dewi Bintang

trik slot gacor malam ini
Kementerian Perhubungan mengakui ada sumbangsih calo tiket di balik macet parah Pelabuhan Merak, Banten pada periode mudik lebaran 2024.
Kementerian Perhubungan mengakui ada sumbangsih calo tiket di balik macet parah Pelabuhan Merak, Banten pada periode mudik lebaran 2024. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan mengakui ada sumbangsih calo tiketdi balik macet parah Pelabuhan Merak, Banten pada periode mudik lebaran 2024.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan pemudik yang ingin menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera memang membludak saat mudik lebaran kemarin. Padahal, perkiraan potensi pemudik secara keseluruhan hanya 56 persen, termasuk penyeberangan.

"Tapi ternyata angkanya jauh lebih besar karena penyeberangan di puncak (arus mudik) mencapai 68 persen. Jadi, di atas prediksi potensi pergerakan 56 persen, itu khusus di hari puncak," ucapnya usai Penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Meski demikian, ia mengklaim sebenarnya pemerintah melalui stakeholderterkait sudah menyiagakan armada kapal untuk puncak arus mudik. Begitu juga dengan kesiapan dermaga di Pelabuhan Merak.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan juga mengamini kemacetan parah yang terjadi di Merak tempo hari lalu. Bahkan, ia memohon maaf.

"Mohon maaf karena masih terjadi beberapa kemacetan, terutama di Merak. Ini menjadi catatan kami untuk lebih baik. Ini perlu kajian kembali sehingga 2025 bisa terurai permasalahan di Merak," jelas Aan.

Aan mengatakan aktivitas mudik di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung memang padat. Bahkan, antrean terjadi sejak H-5 lebaran 2024.

Lihat Juga :
IHSG Ambruk ke Posisi 7.087 Usai Israel Balas Serangan Iran

Kepadatan arus atau meningkatnya volume lalu lintas itu sampai membuat Korlantas Polri melakukan delaying system. Ini merupakan skema berupa penundaan perjalanan kendaraan yang dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, mulai dari jumlah kendaraan, kapasitas, jumlah kapal, waktu tempuh, dan bongkar muat.

"Sehingga kami melakukan 40 kali delay systemdari Km 13 sampai dengan Km 68 di jalan tol," ungkapnya.

"Ini menjadi catatan kita untuk tahun depan. Merak-Bakauheni ini harus ada solusi yang revolusioner sehingga tahun depan bisa menampung arus lalu lintas menuju ke Sumatera," tutup Aan.

Kemacetan di Merak saat mudik bahkan menjadi sorotan Presiden Joko Widodo. Ini diungkap oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi menegaskan catatan dari orang nomor satu di Indonesia itu bakal menjadi evaluasi untuk mudik tahun-tahun berikutnya.

"Presiden (Jokowi) menyampaikan evaluasinya, terutama terkait kemacetan yang terjadi di Merak dan beberapa ruas tol," ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (17/4).

"Hal ini tentu saja menjadi bahan pembelajaran bagi kami (Kemenhub) untuk penyelenggaraan angkutan lebaran maupun natal dan tahun baru (nataru) ke depannya," imbuh Budi.

(skt/agt)