petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara cek tagihan kredivo

situs lowongan kerja terpercaya 2023 510Jutaan kata 73019Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara cek tagihan kredivo》

Produsen furnitur Indonesia diharapkan tingkatkan nilai ekspor******

Produsen furnitur Indonesia diharapkan tingkatkan nilai ekspor
Pembukaan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 di Jakarta, Kamis (29/02/2024). Pemeran yang menampilkan produk mebel dan kerajinan ini digelar di Jiexpo Kemayoran Jakarta selama 29 Februari-3 Maret 2024. ANTARA/HO/Himki
Para pemain industri harus bekerja sama untuk merealisasikan target ekspor produk furnitur kita
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian mengharapkan produsen furnitur meningkatkan nilai ekspor produknya sehingga bisa ikut menikmati pertumbuhan industri mebel dan kerajinan dunia.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan pasar furnitur dunia pada 2023 mencapai 629 miliar dolar AS dan diperkirakan meningkat 5 persen pada tahun ini.

Beberapa tren yang akan mendorong pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan, lanjutnya, antara lain peningkatan belanja furnitur secara online, semakin canggihnya industri 4.0 berbasis teknologi, tingginya permintaan akan furnitur sustainable, dan meningkatnya kebutuhan akan furnitur fungsional, ergonomis dan customized.

"Para pemain industri harus bekerja sama untuk merealisasikan target ekspor produk furnitur kita," ujarnya pada ajagn pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 yang berlangsung di Jakarta selama 29 Februari - 3 Maret 2024.

Indonesia, menurut dia, memiliki banyak keunggulan misalnya dalam hal ketersediaan bahan baku, keunikan desain dan inovasi produk, kemampuan SDM, dan lain-lain.

Untuk itu, Reni menegaskan pemerintah akan mengawal dan mendukung pertumbuhan industri mebel dan kerajinan melalui kebijakan yang pro industri.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan ketersediaan bahan baku, pemberian insentif untuk investasi dan ekspor, dan dukungan terhadap berbagai upaya promosi, termasuk penyelenggaraan IFEX ini," ujarnya.

Ia berharap IFEX terus menjadi pameran furnitur B2B terdepan di dunia yang menjadi acuan bagi para pemain industri furnitur dunia, selain itu juga mengajak pemain industri untuk menampilkan produk berkualitas, stylish, sustainable, dan ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan buyers.

Baca juga: Asmindo bahas pengembangan industri furnitur Indonesia di CAFA

Baca juga: Kemenkop: Industri mebel tingkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur menyatakan IFEX 2024 ditargetkan menarik 13 ribu pengunjung dari 100 lebih negara di dunia.

IFEX juga diharapkan memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor industri furnitur dan kerajinan.

Setiap tahun IFEX, lanjutnya, memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pertumbuhan industri dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Kami yakin tahun ini pun IFEX bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kita.

"Produk-produk unggulan yang ditampilkan pada IFEX selalu menjadi incaran buyers internasional dan nilai ekonomi yang dihasilkan dari nilai ekspor cukup tinggi," ujar Sobur.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekitar 5 persen ia yakin industri furnitur bisa terus menunjukkan kinerja yang positif sepanjang 2024.

Dengan tema "Reflection on Culture, Experiencing the Comfort, Adapting to Sustainability, dan Leading the Innovation (REAL), melalui IFEX 2024, HIMKI mengajak pelaku industri untuk menciptakan produk inovatif dengan desain yang kental dengan nilai budaya dan keindahan alam Indonesia sekaligus tetap mengedepankan kenyamanan.

Wakil Ketua Umum Bidang Promosi dan Pemasaran HIMKI Djujuk Aryati, menambahkan selain pasar-pasar tujuan ekspor tradisional seperti Amerika dan Eropa, pihaknya juga terus mengembangkan tujuan ekspor ke emerging market seperti India, Timur Tengah, dan Afrika.

"Penyelenggaraan IFEX menjadi platform yang tepat untuk memperkenalkan dan mendorong ekspor produk furnitur dan kerajinan Indonesia ke pasar ekspor di atas," katanya.

Baca juga: Asmindo sebut permintaan industri mebel meningkat pesat 

Baca juga: Kemendag: Sembilan peserta LBEC raih transaksi Rp3,87 miliar di Jerman

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Badan Geologi paparkan analisis pergerakan tanah di Bandung Barat******

Badan Geologi paparkan analisis pergerakan tanah di Bandung Barat
Kondisi rumah mengalami kerusakan berat usai bencana pergerakan tanah di Kecematan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-BPBD Jabar/am.
Artinya, daerah ini mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal
Kabupaten Bandung Barat (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memaparkan analisis tentang bencana pergerakan tanah di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang menyebabkan delapan bangunan rusak.

Plt Kepala Badan Geologi M Wafid mengatakan lokasi terjadinya bencana berada di wilayah perbukitan dengan kontur bergelombang dan tingkat kemiringan yang curam dengan ketinggian berada pada 990 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Daerah bencana tersusun oleh Formasi Cimandiri (Tmc) yang terdiri dari perselingan batu lempung, batu lanau, dan batu pasir, serta gampingan setempat meliputi endapan lahar yang tersusun dari tuf, breksi andesit, dan breksi tuf," kata Wafid di Bandung, Jumat.

Berdasarkan peta prakiraan bencana pergerakan tanah yang dirilis Badan Geologi, kata dia, Kecamatan Rongga masuk ke dalam zona yang berpotensi terjadi gerakan tanah menengah hingga tinggi. Pergerakan tanah dapat terjadi bila hujan sedang mengguyur dengan intensitas tinggi.

Baca juga: Pemkab Bekasi minta bantuan PVMBG kaji pergerakan tanah Bojongmangu

"Artinya, daerah ini mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali," katanya.

Lebih lanjut Wafid mengungkapkan berdasarkan hasil analisis terdapat faktor penyebab terjadinya bencana pergerakan tanah, antara lain lereng yang curam, kondisi tanah yang labil, hingga curah hujan tinggi yang mengguyur di sekitar lokasi bencana.

"Bidang lemah berupa kontak antara tanah pelapukan dengan batuan yang bersifat lebih kedap dan berfungsi sebagai bidang gelincir," kata Wafid.

Oleh karena itu, lanjutnya, Badan Geologi memberikan rekomendasi untuk antisipasi potensi longsoran susulan karena mengingat curah hujan yang masih tinggi di daerah tersebut.

Baca juga: Bencana pergerakan tanah rusak rumah di Kampung Cikontrang Sukabumi

“Warga, aparat, maupun tim yang bertugas untuk evakuasi, harus mengantisipasi potensi longsoran susulan dan aliran bahan rombakan mengingat daerah tersebut masih rawan longsor serta material longsoran di kaki gunung masih banyak, terutama jika turun hujan,” katanya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) mencatat sebanyak 34 rumah terancam mengalami kerusakan akibat bencana pergeseran tanah di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat pada Minggu (18/2).

Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat menyampaikan bencana tersebut telah mengakibatkan 48 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 192 jiwa harus mengungsi atas kejadian ini.

Ia menambahkan delapan rumah yang mengalami kerusakan terdiri dari lima rumah warga, satu fasilitas umum, dan satu sekolah dasar di kecamatan tersebut.

“BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung Barat terus melakukan asesmen terhadap bangunan yang rusak,” katanya.

Baca juga: BPBD Cianjur Jawa Barat relokasi delapan rumah di jalur longsor
Baca juga: Tanah bergerak di Kandangan telah dilaporkan ke Badan Geologi

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Polda Metro Jaya belum rekayasa lalu lintas di depan gedung DPR RI******

Polda Metro Jaya belum rekayasa lalu lintas di depan gedung DPR RI
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Ilham Kausar/am.
jika  demonstran masih mencukupi di depan gedung DPR/MPR, maka Jalan Gatot Subroto arah Slipi tak akan ditutup
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya belum menerapkan rekayasa lalu lintas terkait aksi demo yang dilakukan elemen masyarakat di depan Gedung DPR/ MPR RI, Gatot Subroto, Tanah Abang, Jumat. "Situasional dalam arti kita atur sedemikian rupa. Kalau bisa lewat ya harus tetap lewat dan kita harapkan masyarakat yang menyampaikan pendapat menghormati pengguna jalan lain," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Jakarta, Jumat. Latif menyebut jika  demonstran masih mencukupi di depan gedung DPR/MPR, maka Jalan Gatot Subroto arah Slipi tak akan ditutup. "Jalur depan DPR adalah jalur utama yang mengarah ke barat, jadi ini harusnya akan kita pertahankan, kalau massa masih cukup di depan DPR ya akan kita kawal di depan DPR sehingga tidak mengganggu," katanya. Latif menambahkan jika massa bertambah banyak pihaknya bakal melakukan pengalihan lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto menuju Jalan Asia Afrika dan dia juga mengimbau peserta demonstrasi untuk saling menghormati pengendara lain. Polres Metro Jakarta Pusat menerjunkan 2.590 personel gabungan untuk mengamankan demo yang dilakukan elemen masyarakat di depan Gedung DPR/ MPR RI, Gatot Subroto, Tanah Abang, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan personel gabungan tersebut terdiri atas Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan Instansi terkait lainnya.
Suasana apel persiapan pengamanan aksi di depan gedung DPR/MPR RI, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta Pusat.
"Personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar DPR/ MPR RI. Untuk aksi unjuk rasa hari ini sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa masuk ke dalam kawasan DPR/ MPR RI," kata Susatyo di Jakarta, Jumat. Aksi unjuk rasa dari elemen masyarakat, mahasiswa, pelajar dan poros buruh tersebut menyampaikan sejumlah agenda terkait hasil Pemilu 2024. Lebih lanjut Susatyo mengatakan, penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR/MPR RI bersifat situasional. Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan. "Kita lihat nanti jumlah massa, bila nanti di depan DPR/MPR RI cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua. Kendaraan dari Jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi," jelas Susatyo.Baca juga: KPU Jaksel persiapkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota
Baca juga: KPU DKI jaring pemantau Pilgub DKI Jakarta hingga 16 November
Baca juga: Optimisme pengembang properti pacu pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:hokibet88

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
naga303 login alternatif
gacor305
link slot wd 10 ribu
tahun4d
gacorslot168
mantap bro slot
slot88 lite
88vipbet
kiss8toto
Daftar isi semua bab
Bab 1 3d abjad erek erek
Bab 2 cara mendapatkan uang dari membaca
Bab 3 akun wso gacor pragmatic play
Bab 4 pencairan kredit pintar
Bab 5 fintech pinjaman online
Bab 6 tiket777
Bab 7 cicil hp online
Bab 8 bonus slot 88
Bab 9 rtp pulaujudi
Bab 10 indobey
Bab 11 cari slot gacor
Bab 12 mgo55 slot
Bab 13 ibetoto
Bab 14 masterslot88
Bab 15 cara menggunakan voucher telkomsel
Bab 16 gultogel
Bab 17 daduku
Bab 18 macam macam situs slot online
Bab 19 slot777 deposit pulsa tanpa potongan
Bab 20 togel agen
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3821bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Terlepas dari kehidupan ini, Xiang Nanxun

koi55
Transmart Full Day Sale kini hadir lagi dengan diskon gede-gedean 50% + 20% yang berlaku di semua gerai se-Indonesia.
Transmart Full Day Sale kini hadir lagi dengan diskon gede-gedean 50% + 20% yang berlaku di semua gerai se-Indonesia. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Para pemburu diskon, siap-siap ke Transmart yuk! Soalnya Transmart Full Day Sale hadir lagi dengan diskon gede-gedean yang berlaku di semua gerai se-Indonesia.

Kali ini Transmart Full Day Sale hadir selama dua hari yaitu Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12), sejak toko buka hingga berakhir pukul 22.00.

Lihat Juga :
Cara Dapat Diskon Belanja 20 Persen di Transmart Setiap Hari

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Cus ajak pasangan, keluarga, atau sahabat sekarang juga ke Transmart terdekat, jangan sampai lewatkan kesempatan belanja dengan diskon gede-gedean ini.

Saatnya borong belanjaan dengan banyak diskon di akhir pekan ini cuma di Transmart Full Day Sale.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Berubah menjadi lolita yang mahakuasa dalam kiamat

slot gacor 777 demo
BPS: Inflasi di Sumbar akibat naiknya indeks kelompok pengeluaran
Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumbar Sugeng Arianto memaparkan penyebab inflasi di Ranah Minang di Padang, Jumat (1/3/2024). Antara/HO-Humas BPS).
Padang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) menjelaskan naiknya sejumlah indeks kelompok pengeluaran menjadi pemicu terjadinya inflasi di Ranah Minang yang mencapai 3,32 persen secara year on year (yoy).

"Inflasi ini akibat kenaikan harga indeks pengeluaran kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,84 persen," kata Kepala BPS Sumbar Sugeng Arianto di Padang, Jumat.

Kelompok lainnya yang turut memicu inflasi yakni pakaian dan alas kaki sebesar 2,01 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,65 persen.

Selanjutnya kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang inflasi sebesar 0,59 persen, kesehatan 2,88 persen, transportasi 1,39 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,07 persen.

Berikutnya, kata Sugeng, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya juga turut menyumbang inflasi 1,07 persen, kelompok pendidikan 1,83 persen, penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,73 persen serta perawatan pribadi dan jasa lainnya 2,49 persen.

Lebih detail, jika dilihat berdasarkan bulan ke bulan (m to m) maka inflasi Provinsi Sumbar pada Februari 2024 berada di angka 1,17 persen. Secara keseluruhan Kabupaten Pasaman Barat menjadi daerah penyumbang inflasi secara yoy tertinggi yakni sebesar 5,52 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 108,60.

"Inflasi terendah terjadi di Kota Bukittinggi yakni 2,31 persen dengan IHK 105,41," ujarnya.

Ia mengatakan komoditas yang dominan memberikan andil inflasi yoypada Februari 2024 antara lain cabai merah, beras, sewa rumah, daging ayam ras, rokok, cabai rawit, mobil, kentang, bawang putih, kontrak rumah, minyak goreng, ikan, tomat, tarif air minum PAM, dan lain sebagainya.

"Sebaliknya, komoditas yang turut memberikan andil deflasi yakni beberapa jenis ikan, bahan bakar rumah tangga, buah-buahan dan ayam," kata dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024

badai jenius

slot4d2
Mau punya botol minum kece buat dibawa liburan? Beli aja di Transmart, karena produk tumbler lagi ada promo harganya cuma Rp135 ribuan!
Mau punya botol minum kece buat dibawa liburan? Beli aja di Transmart, karena produk tumbler lagi ada promo harganya cuma Rp135 ribuan! (CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau liburan tapi belum punya botol minum buat dibawa bepergian? Beli aja di Transmart Full Day Sale, soalnya produk tumbler lagi ada promo, harganya cuma Rp135 ribuan.

Botol minum stainless steel vacuum flask di Transmart harganya cuma Rp135.920 dari harga normal Rp169.900 per unit. Udah kece, berkualitas, murah lagi!

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Belanja Hemat di Transmart, Diskonnya 50% + 20%

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah tinggal unduh saja aplikasinya dari hp lalu upgrade ke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Selain tumbler, ada banyak produk yang didiskon, seperti bahan pangan, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik.

Transmart Full Day Sale ini cuma berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia, dari jam buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Daripada menyesal, langsung saja ke Transmart terdekat dan bawa pulang tumbler kece ini!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Biografi Wan Zhen'er

pinjol limit 20 juta
Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan, seperti TV LED, kulkas, hingga AC.
Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan, seperti TV LED, kulkas, hingga AC. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kesempatan emas bagi Anda yang ingin melengkapi rumah dengan barang elektronik canggih dengan harga terjangkau.

Transmart kembali hadir dengan promo Full Day Sale yang memberikan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan seperti TV LED, kulkas, hingga AC.

Lihat Juga :
Transmart Tempatnya Belanja Murah, Kini Diskon 20% Tiap Hari

Berikut diskon produk elektronik di Transmart Full Day Sale dari berbagai merek ternama dan berlaku untuk pembelian di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

  • AC Split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp4.199.000, harga diskon jadi Rp2.699.200. Harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung dan bonus pipa plus instalasi standard gratis.
  • AC Split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp3.899.000, harga diskon jadi Rp2.799.200. Harga khusus Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung dan bonus pipa plus instalasi standard gratis.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.649.000, harga diskon jadi Rp9.239.200. Harga khusus Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.049.000, harga diskon jadi Rp8.799.200. Harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung.
  • LED TV 50" UHD SMart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp6.969.000, harga diskon jadi Rp4.799.200.
  • LED TV 65" UHD SMart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.969.000, harga diskon jadi Rp7.199.200.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan bisa mengikut cara berikut.

Download Allo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon puluhan persen tiap transaksi di Transmart Full Day Sale.

Alternatif lain bisa mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart. Jangan sampai terlewat diskonnya ya!

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Bepergian dengan Dewa Kematian

dadunations
Argentina resmi mengumumkan batal gabung dengan organisiasi antarpemerintah BRICS.
Ilustrasi. Argentina umumkan resmi batal gabung organisasi antarpemerintah BRICS. Foto: GIANLUIGI GUERCIA / AFP
Jakarta, CNN Indonesia--

Argentina resmi mengumumkan tidak akan bergabung dengan organisasi antarpemerintah BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan).

Keputusan itu menjawab janji kampanye Presiden Argentina Javier Milei yang telah dilantik pada Desember 2023.

Diberitakan Al Jazeera, keputusan Argentina itu tertulis dalam surat yang ditandatangani pada 22 Desember dan baru dirilis Jumat (29/12).

"[Pendekatan saat ini] berbeda dalam banyak aspek dari pendekatan pemerintahan sebelumnya," tulis surat Javier Milei kepada anggota BRICS.

"Dalam hal ini, keputusan yang telah disepakati oleh pemerintahan sebelumnya akan ditinjau ulang," lanjut pernyataan tersebut.

Namun, dalam suratnya kepada para pemimpin BRICS, Milei mengatakan bahwa Argentina tetap berupaya membangun hubungan bilateral menjadi semakin intensif.

Argentina juga disebut berkomitmen meningkatkan arus perdagangan dan investasi, meski batal bergabung dengan kelompok tersebut.

Keputusan itu menjadi bagian dari sederet reformasi ekonomi radikal yang dilakukan Milei sejak menjabat presiden. Milei yang merupakan seorang liberal sayap kanan sejak awal menyatakan rencananya mengubah pendekatan pemerintah terdahulu yang menjalin hubungan dengan negara berkembang.

Milei lantas menegaskan bahwa kebijakan luar negeri yang akan dilancarkan selama masa kepemimpinannya cenderung sejalan dengan negara-negara Barat.

Lihat Juga :
Pemerintah Tetapkan Pajak Rokok Elektrik Mulai 1 Januari 2024

BRICS merupakan akronim dari lima negara yaitu Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Kelimanya membuat blok ekonomi baru dengan tujuan mempromosikan dialog dan kerja sama antarnegara-negara berkembang.

China dan Rusia belakangan ini juga kian mendorong perluasan kelompok BRICS untuk melawan dominasi ekonomi Barat.

Sebut saja ketika Arab Saudi, Iran, Ethiopia, Mesir dan Uni Emirat Arab turut diundang dalam KTT pada Agustus lalu untuk bergabung dengan BRICS.

(frl/dna)

Senjata kekaisaran

kredivo bisa dicairkan
Satgas Pangan Babel pantau bahan pokok di gudang distributor
Tim Satgas Pangan Provinsi Babel memantau ketersediaan bahan pokok dan barang penting di gudang distributor. (Antara/Elza Elvia)
Kami ingin memastikan ketersediaan dan harga berbagai bahan pokok dan barang penting, terutama untuk komoditas beras .....
Pangkalpinang (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau stok dan harga sejumlah pangan pokok dan barang penting di gudang distributor dan ritel modern di Kota Pangkalpinang.

"Kami ingin memastikan ketersediaan dan harga berbagai bahan pokok dan barang penting, terutama untuk komoditas beras yang ada di daerah ini," kata Pelaksana tugas Wakil Direktur Reskrimsus Polda Babel, AKBP Fahroni di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, selain memantau gudang distributor dan ritel modern, tim Satgas juga mengunjungi sejumlah pedagang di Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang.

"Kami dari Polri pada prinsipnya membantu teman-teman Satgas Pangan untuk rutin mengecek harga bahan pokok di pasar, terutama harga beras," katanya.

Baca juga: Polda Sumbar turunkan Satgas Pangan cegah penimbunan bahan pokok

Ia berharap masyarakat tidak panik dengan harga beras karena saat ini sudah mulai menurun, seperti di salah satu gudang distributor ritel modern di kota tersebut.

Tim Satgas juga melakukan pemantauan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi penimbunan beras, baik yang dilakukan warga maupun pelaku usaha.

"Sejauh pantauan yang kami lakukan sampai saat ini belum ada temuan penimbunan. Kami juga meminta para pedagang tetap mengikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Pengelola salah satu ritel modern, Nur mengatakan sejak empat hari ini harga beras premium sudah ada penurunan yang cukup signifikan dan harganya cukup terjangkau untuk masyarakat.

"Penurunannya lumayan signifikan, jadi harga tidak terlalu tinggi, untuk kemasan lima kilogram beras kualitas premium beberapa merek mencapai Rp73.000-Rp75.000, sedangkan beras kualitas medium ada yang dijual dengan harga Rp69.000," katanya.

Baca juga: Satgas Pangan Jember sidak ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan

Selain harga beras yang mulai turun, ia juga memastikan stok beras premium dan medium cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan karena beras-beras tersebut mereka beli dari salah satu gudang beras yang ada di Sumatera.

"Stok kami ada 40 ton dan aman karena di daerah luar juga siap terus, saat ini konsumen meningkat apalagi sekarang sudah masuk momentum menyambut Ramadhan, jadi konsumen banyak beli beras untuk stok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024