petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cicilan barang online

slot959 463Jutaan kata 417544Orang-orang telah membaca serialisasi

《cicilan barang online》

Membandingkan Harga Beras RI dan Tetangga, Mahal Mana?******

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menyebut harga beras sudah tembus rekor tertinggi di Rp18 ribu per kg. Harga itu lebih mahal dibandingkan negara tetangga.
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menyebut harga beras sudah tembus rekor tertinggi di Rp18 ribu per kg. Harga itu lebih mahal dibandingkan negara tetangga. (CNN Indonesia/Abraham Utama).
Jakarta, CNN Indonesia--

Berasdi Indonesia tengah naik harga. Bahkan harganya lebih mahal dibandingkan negara tetangga seperti Malaysiadan Singapura.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini tembus rekor tertinggi hingga Rp18 ribu di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kualitas premium.

Padahal, biasanya harga beras hanya sebesar Rp12 ribu - Rp14 ribu per kg untuk kualitas premium.

Lihat Juga :
Alasan Prabowo Ingin Pilih Amran Sulaiman Jadi Mentan Lagi

Berapa harga beras di negara tetangga?

Di Malaysia dan Singapura, harga eceran beras terbaru 2024 sekitar Rp6.000  - Rp12 ribu per kilogram. Untuk harga grosir bahkan lebih murah lagi.

Harga eceran beras di Malaysia tercatat sebesar antara USApa Itu Beras Premium yang Kini Langka dan Mahal?******

Beras premium memiliki beberapa standar seperti kadar air, warna hingga keberadaan gabah atau benda lainnya dalam beras.
Beras premium memiliki beberapa standar seperti kadar air, warna hingga keberadaan gabah atau benda lainnya dalam beras. (Foto: CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Beras premium terpantau langka di ritel modern beberapa waktu terakhir. Kalaupun ada, harganya melonjak.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan beras premium langka karena keterlambatan panen akibat El Nino.

"Beras premium memang suplainya itu agak melambat, panen kita kan mundur. Karena suplainya melambat, harganya naik," jelasnya di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

"Stok beras SPHP cukup, kita ada 1,3 juta ton di Bulog, jadi aman, enggak ada masalah," tutur Zulhas.

Lantas apa yang dimaksud beras premium?

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2017 tentang Kelas Mutu Beras, beras terdiri atas medium dan premium. Perbedaan kedua jenis beras itu terletak pada komponennya yakni derajat sosoh, kadar air, beras kepala, butir patah, butir beras, butir gabah, dan kebersihan beras dari benda asing lainnya.

Beras premium merupakan beras dengan mutu terbaik sesuai SNI beras, dengan persentase derajat sosoh minimal 95 persen. Derajat sosoh adalah tingkat terlepasnya lapisan perikarp, testa, aleuron dan lembaga dari butir beras pecah kulit. Derajat sosoh dipersyaratkan dalam beras karena menentukan tingkat putihnya warna beras.

Kadar air beras premium maksimal 14 persen. Kadar air pada beras merupakan faktor mutu utama karena menentukan masa simpan beras. Kadar air penting karena menentukan kondisi kritis di mana mikroorganisme dapat tumbuh dan merusak beras.

Lihat Juga :
ANALISISPerlukah Dibentuk Kemenko Baru Demi Program Makan Siang Gratis?

Lalu, beras premium juga harus mengandung beras kepala minimal 85 persen. Beras kepala disyaratkan dalam SNI beras karena menentukan tingkat keutuhan beras setelah proses penggilingan.

Selanjutnya, butir patah dalam beras premium maksimal 15 persen. Kandungan butir patah menunjukkan ketidakutuhan beras sehingga beras terlihat seperti hancur.

Beras premium juga tidak boleh mengandung butir beras lainnya, seperti butir menir yang menunjukkan ketidakutuhan beras dan butir merah yang menunjukkan adanya jenis campuran sehingga beras tidak tampak putih.

Dalam beras premium juga tidak boleh ada butir kuning atau rusak akibat proses fisik atau aktivitas mikroorganisme, serta butir kapur yang disebabkan oleh faktor fisiologis.

Beras premium juga tidak boleh terdiri atas butir gabah atau butiran padi yang sekamnya belum terkupas. Butiran gabah tidak diinginkan karena akan mengganggu palatabilitas atau rasa nasi.

Terakhir, beras premium juga tidak boleh mengandung benda asing atau benda selain butiran beras seperti butiran batu kecil, sekam, atau lainnya. Benda asing menunjukkan tingkat pencemaran beras atau tidak bersihnya proses pengolahan beras.

Sementara beras medium, memiliki persentase derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen, beras kepala minimal 75 persen, butir patah maksimal 25 persen, dan boleh mengandung butir beras lainnya seperti butir menir, merah, kuning rusak, dan kapur maksimal 5 persen.

Beras medium juga boleh mengandung butir gabah dan benda asing lainnya maksimal 0,05 persen.

Berdasarkan Panel Harga Badan Pangan Nasional, beras premium dibanderol Rp14.640 per kg pada Rabu (21/2), turun tipis dari Rp14.600 pada pekan lalu.

Sementara beras medium dibanderol Rp13.220 per kg, turun tipis dari Rp13.230 per kg pada pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta),40 (MYR 1,83) dan US$ 0,64 (MYR 2,92) per kg atau Rp6.240 - Rp9.984 per kg (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS).

Untuk harga grosir beras Malaysia tercatat sekitar USKemendagri Kritik Pembatasan di Ritel Picu Emak******

Kemendagri mengkritik pembatasan pembelian beras di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu orang menimbun.
Kemendagri mengkritik pembatasan pembelian beras di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu orang menimbun. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengkritik pembatasan pembelianberas di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu kelangkaan.

Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir menyebut kebijakan yang dianggap bisa meminimalisir panic buying itu malah membuat emak-emak panik sehingga menimbun beras. Pada akhirnya, terjadi kelangkaan di sejumlah toko ritel modern.

"Dengan dibatasi dua plastik (pack) itu, itu menimbulkan kepanikan," kata Tomsi dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (19/2).

Kritik itu diungkap Tomsi usai mendengarkan penjelasan Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Cahyaningtiyas Rispinatri. Ia menilai apa yang disampaikan Bulog belum menjawab keluhan masyarakat.

Kemendagri ingin ada kejelasan target acuan kapan harga dan stok beras di pasar bisa terkendali.

Sementara itu, Bulog mengatakan pembatasan pembelian beras adalah kebijakan dari pengusaha ritel, yakni Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

"Terkait pembatasan pembelian di ritel modern kemarin, saya baru konfirmasi dengan teman-teman, jadi memang adanya pembatasan itu lebih ke kebijakan Aprindo, bukan dari Bulog," tegas Cahyaningtiyas alias Tiyas.

"Jadi, Bulog itu menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke ritel atas permintaan dari rekan-rekan penjual ritel modern. Mereka melakukan kebijakan pembatasan penjualan lebih untuk menghindari adanya panic buying, pemerataan stok," imbuhnya.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa ikut berkomentar. Ia menyebut sudah ada rakor dengan Aprindo untuk membahas isu kelangkaan beras di Indomaret dan Alfamart Cs.

Akan tetapi, Ketut membantah adanya kelangkaan beras seperti yang ramai dikeluhkan masyarakat.

"Kami melakukan rakor dengan ritel modern sebagaimana kemarin isu kelangkaan, padahal sebenarnya bukan langka, tapi pasokan tidak optimal. Oleh karena itu, dengan rakor kemarin sudah diambil langkah-langkah dan sedang berkembang pasokan ke ritel modern," tegas Ketut.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta),28 - USDorong Diaspora Ambil Peran, Menkominfo: Mari Bergerak Majukan Indonesia!******
Dorong Diaspora Ambil Peran, Menkominfo: Mari Bergerak Majukan Indonesia!
Menkominfo Budi Arie Setiadi bertemu dengan Diaspora Indonesia yang berada di Barcelona, Spanyol, Selasa (27/02/2024).
Barcelona, Spanyol (ANTARA) - Saat ini, digitalisasi menjadi keniscayaan bagi setiap negara. Keterlibatan warga negara memiliki arti penting agar percepatan transformasi digital lebih mudah diwujudkan.
Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak diaspora Indonesia untuk menjadi bagian dalam transformasi digital nasional.
“Saya mengajak teman-teman diaspora yang memiliki wawasan dalam lingkup transformasi digital untuk memberi masukan mengenai arah pengembangan dan pembangunan transformasi digital di Indonesia. Saya selalu konsisten bahwa digitalisasi adalah keniscayaan dalam perkembangan peradaban manusia, dan penggerak ekonomi sosial di masyarakat,” jelasnya dalam Pertemuan dengan Diaspora Indonesia di Hotel Sofia Barcelona, Spanyol, Selasa (27/02/2024) malam waktu setempat.
Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Menurutnya pemikiran dan masukan diaspora memiliki arti penting agar Indonesia bisa terus bergerak maju dan memberi warna bagi kemajuan dunia dalam 10 sampai 20 tahun ke depan.
“Sumbangsih para diaspora sangat dibutuhkan bagi Indonesia untuk makin maju,” tandasnya.
Menkominfo juga berharap agar Diaspora Indonesia dapat berkontribusi dalam kepentingan nasional secara aktif. Bahkan, Menteri Budi Arie mengusulkan aksi Nation Calluntuk mengoordinasikan seluruh diaspora demi kepentingan nasional.
“Ini suatu saat harus ada National Call, harus ada langkah-langkah untuk mengkoordinasikan semua. Banyak negara rebutan sumberdaya manusia kita, karena orang Indonesia yang berprestasi dan mampu membuat banyak hal. Tinggal kepentingan nasional kita yang perlu dirumuskan, supaya kita jangan terlalu tertinggal dari banyak negara,” ungkapnya.
Menkominfo menjelaskan Pemerintah terus berupaya untuk mengikis kesenjangan antarwilayah, bahkan menargetkan penurunan jumlah wilayah tertinggal di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan Kementerian Kominfo dengan menyediakan akses internet di wilayah tertinggal.
“Tahun lalu kita meresmikan di Talaud sama Bapak Presiden Joko Widodo. Jaringan BTS di seluruh Indonesia terutama di daerah-daerah kita punya istilah terluar, terdepan, tertinggal,” tuturnya.
Menurut Menteri Budi Arie dari total 74 ribu desa di Indonesia, saat ini jumlah desa yang tertinggal sebanyak sembilan ribu desa.
“Saya tiga tahun lebih jadi Wakil Menteri Desa PDTT jadi saya agak paham tentang desa ini. Jumlah desa di Indonesia itu 74.961 desa, dan saat ini jumlah desa yang tertinggal mencapai 9 ribu desa. Saya yakin dengan kemauan. Desa Tertinggal, mudah-mudahan bisa kita hilangkan,” ungkapnya.
Dalam pertemuan itu, setiap Diaspora Indonesia yang hadir menerima Buku Biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol dengan judul “Jokowi Hace Realidad El Sueno de Indonesia: Comprender el desarrollo basado en el carácter y los valores humanos.”
Buku besutan Darmawan Prasodjo itu mengisahkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam memetakan mimpi Indonesia serta capaian dalam membangun Indonesia di berbagai sektor. Selain diterjemahkan dalam Bahasa Spanyol, buku itu juga sudah ada dalam Bahasa Korea dan Arab. Saat ini tengah dalam proses terjemahan dalam Bahasa Jepang, China, dan Swahili.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

,45 per kg atau Rp4.368 - Rp7.020 per kg.

Sementara, di Singapura harga beras tercatat sebesar USAHY Janji Belajar Cepat di Kementerian ATR Demi Kenyamanan Investor******

Menteri ATR/ Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono berjanji akan belajar cepat soal seluk-beluk kementerian ini agar bisa memberi kenyamanan kepada investor.
Menteri ATR/ Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono berjanji akan belajar cepat soal seluk-beluk kementerian ini agar bisa memberi kenyamanan kepada investor. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjanji akan belajar cepat soal seluk-beluk kementerian ini agar bisa memberi kenyamanan kepadainvestor.

Ketua Umum Partai Demokrat ini dilantik Presiden Joko Widodo menggantikan posisi Hadi Tjahjanto. Hadi digeser ke Kemenko Polhukam yang ditinggal Mahfud MD karena mentas di Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo.

"Tadi malam, sekitar pukul 21.00 WIB, saya diterima beliau (Hadi Tjahjanto) di kediaman dan belajar cepat saya. Beliau dengan bersemangat, saya bisa menilai beliau begitu menguasai permasalahan dan juga sangat passionate," ucap AHY di Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Rabu (21/2).

Sederet target yang akan dikebut adalah menuntaskan 120 juta target bidang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain itu, AHY menyinggung soal sertifikasi elektronik dan isu-isu sengketa tanah di Indonesia.

Agus juga berharap Kementerian ATR/BPN bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

"Itu tidak bisa sendirian. Tapi, dengan kepastian hukum di bidang tata ruang, space, termasuk juga tanah yang disiapkan untuk pembangunan maka memberikan keyakinan, keamanan, kenyamanan bagi para investor baik dari dalam maupun luar negeri," jelasnya.

"Sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, meningkatkan penghasilan, dan seterusnya. Termasuk tentu ini menciptakan keadilan, beliau (Hadi) menyampaikan kita harus tegas, kita harus menghadapi siapapun yang melawan hukum. Kita ingin ATR ini benar-benar profesional melayani dan terpercaya," tutup AHY.

Usai pelantikan di Istana Negara, Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono melaksanakan serah terima jabatan di Kementerian ATR/BPN.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr),79 (SGD 1,06) per kg atau Rp12.324 per kg dan di grosir sebesar USPendiri Ritel Jepang Daiso Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun******
Pendiri ritel Jepang Daiso, Hirotake Yano, meninggal dunia pada Senin (12/2) di usia 80 tahun akibat gagal jantung.
Pendiri ritel Jepang Daiso, Hirotake Yano, meninggal dunia pada Senin (12/2) di usia 80 tahun akibat gagal jantung. (AFP/STR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pendiri ritel Jepang Daiso, Hirotake Yano, meninggal dunia pada Senin (12/2) di usia 80 tahun akibat gagal jantung. Perusahaan baru mengumumkan kabar itu pada Senin (19/2) dan mengatakan pemakaman akan dilakukan secara privat oleh keluarga dekat.

Menurut Bloomberg Billionaire Index seperti dikutip CNN, kekayaan bersih Yano berkisar US,9 miliar saat ia meninggal.

Yano mendirikan Daiso pada 1977. Nama Daiso sendiri memiliki arti "menciptakan sesuatu yang besar." Perusahaan tersebut menjual segala macam pernak-pernik dan perlengkapan rumah tangga, termasuk alat tulis dan makanan ringan, dengan harga sebagian besar di bawah US per item.

Kini, Daiso telah berkembang menjadi kerajaan ritel dengan lebih dari 4,360 toko di seluruh Jepang dan lebih dari 990 toko di luar negeri pada akhir 2023.

Pada Februari 2022, Dasio dilaporkan menghasilkan penjualan lebih dari 550 miliar yen atau US,6 miliar.

Pada 2018, Daiso mendirikan toko ritel Threeppy dengan harga lebih mahal, yaitu 300 yen, yang menawarkan lebih banyak perabot rumah tangga.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),55 (SGD 0,48) atau Rp8.580 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Luhut Ungkap China Minat Bikin Pabrik Sendok Garpu di RI******

Menko Marves Luhut mengungkapkan China ingin berminat membangun pabrik sendok dan garpu sebagai bentuk hilirisasi nikel.
Menko Marves Luhut mengungkapkan China ingin berminat membangun pabrik sendok dan garpu sebagai bentuk hilirisasi nikel. (Foto: CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkanChina ingin berinvestasi di industri hilirisasi nikel di Indonesia berupa pabrik sendok dan garpu.

Luhut menyebut pabrik yang memproduksi turunan stainless steel tersebut akan dibangun seiring dengan kelanjutan pembangunan proyek pabrik petrokimia di Kalimantan Utara (Kaltara).

"Downstreaming dari stainless steel yang menjadi garpu, sendok, jarum suntik, dan sebagainya itu mereka (China) sudah minta ingin masuk dan kita akan bikin kawasan khusus untuk ini," ujar Luhut dalam unggahan Instagram resminya, dikutip Kamis (22/2).

Dengan dibangun kawasan khusus, Luhut juga berharap hal ini bisa membuka peluang bagi industri lokal bahkan UMKM untuk ikut terlibat dalam industri petrokimia tersebut.

"Yang saya senang lagi, kemarin walaupun di China, atau semua dunia, mengalami ekonomi agak sulit, mereka juga sudah sampaikan petrochemical yang akan dibangun juga akan tetap dilanjutkan," jelas Luhut.

[Gambas:Instagram]

Lebih lanjut, Luhut juga mengungkap investasi asing ke Indonesia akan semakin moncer usai Pilpres 2024 rampung. Ia mengklaim para investor sempat wait and see karena berlangsungnya kontestasi politik di Indonesia.

"Itu benar sekali (investor wait and see). Jadi memang mereka menanti-nanti. Tapi kemarin saya dapat beberapa telepon yang menyampaikan selamat bahwa Pilpres di Indonesia, salah satu atau mungkin pilpres yang terbesar di dunia," tuturnya.

Ia juga optimis target investasi yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp1.650 triliun akan tercapai lantaran Pilpres 2024 membawa optimisme dan kabar baik terhadap kepastian investasi dalam negeri.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Transmart Full Day Sale Datang Lagi 24******

Transmart Full Day Sale datang lagi, kali ini hadir selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2) dengan diskon 50% + 20%!
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale datang lagi, kali ini hadir selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2) dengan diskon 50% + 20%! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale datang lagi, kali ini hadir selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2) dengan diskon gede-gedean.

Di pesta diskon ini, Transmart kasih diskon hingga 50 persen dan tambahan diskon 20 persen. Belanja jadi makin hemat!

Lihat Juga :
Nikmati Diskon 50% + 20% Transmart di Semua Gerai se-Indonesia

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon di gelaran ini. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal murah-murah.

Promo ini berlaku di seluruh gerai Transmart se-Indonesia dimulai sejak jam toko buka hingga berakhir pukul 22.00 waktu setempat.

Catat daftar belanjaan dari sekarang buat ke Transmart besok ya. Jangan lupa bayarnya pakai Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah supaya dapat diskon dan promo menarik lainnya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:power4d

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
cara menghasilkan uang saldo dana
singapore slot188
situs menang
kredivo bisa pinjam uang
slot gacor member baru
qq8821 demo
dana kredivo belum cair
slot88 gacor hari ini
situs judi slot cepat menang
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara dapat uang gratis
Bab 2 kuota4d
Bab 3 cara mendapatkan uang dari you cubez
Bab 4 pinjaman 500 ribu langsung cair
Bab 5 qqstar88 situs judi slot online
Bab 6 harga voucher axis 5gb 7 hari
Bab 7 cara pasang togel biar jp terus
Bab 8 agen slot gampang maxwin
Bab 9 wayang prediksi togel
Bab 10 sevenslot777
Bab 11 singapore paito
Bab 12 link to slot
Bab 13 sairhk
Bab 14 link slot gacor pagi hari
Bab 15 perbandingan kredivo dan akulaku
Bab 16 togel demo
Bab 17 pinjaman danamas
Bab 18 99cashaa
Bab 19 erek54
Bab 20 cara mendapatkan uang sehari
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1693bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Permaisuri Qianlong

sobat168
Kementan sebut 10 provinsi di Indonesia pemasok beras nasional
Tanaman padi yang tumbuh di kawasan Kabupaten Serang, Banten. ANTARA/HO-Humas Kementan
Kementerian Pertanian saat ini terus memperkuat peningkatan luas lahan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan ada 10 provinsi di Indonesia yang menjadi penghasil atau produsen beras tertinggi dengan memiliki potensi luas panen yang cukup besar pada tahun 2024, sehingga bisa menjadi penyangga pangan nasional.

“Berdasarkan data Kerangka Sampel Area atau KSA Badan Pusat Statistik yang kami terima, itu menyebut 10 provinsi sebagai penghasil produsen beras nasional tertinggi dengan memiliki potensi luas panen yang cukup besar pada tahun 2024,” kata Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Suwandi merinci 10 provinsi tersebut yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Banten.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pengamatan KSA BPS, pada Januari 2024 potensi produksi beras nasional pada Maret diperkirakan mencapai 3,54 juta ton yang tersebar di 10 provinsi tersebut.

“Kementerian Pertanian saat ini terus memperkuat peningkatan luas lahan melalui optimasi rawa yang dilakukan di sejumlah daerah serta melibatkan semua stakeholderguna menggenjot produksi di semua daerah,” ujar Suwandi.

Untuk kegiatan panen raya padi Maret-April ini, Kementan memperkuat pengawasan dan pengawalan bersama pemangku kepentingan agar produksi padi optimal.

"Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kementan fokus meningkatkan produksi padi melalui tiga strategi, yakni meningkatkan perluasan areal tanam, peningkatan indeks pertanaman serta produktivitas. Peningkatan produksi padi melalui optimasi lahan rawa yang ada di sejumlah provinsi pun menjadi program prioritas," beber Suwandi.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik M Habibullah mengatakan, produksi utama beras tersebut terdapat di wilayah Jawa Timur yang mencapai 840,94 ribu ton, Jawa Tengah 19,03 ribu ton dan Jawa Barat sebesar 358,61 ribu ton.

"Potensi produksi besar di tiga Provinsi tersebut mencakup 57 persen dari total potensi produksi beras pada Maret 2024," katanya.

Habibullah mengatakan apabila dilihat secara detail maka produksi beras paling besar berasa di daerah Banyuasin Sumatera Selatan, Lamongan Jawa Timur dan Grobogan Jawa Tengah.

"Kalau kita lihat secara detail kabupaten kota dengan potensi produksi beras relatif besar pada Maret 2024 antara lain ada di Banyuasin, Lamongan dan Grobogan," ucap Habibullah.

Sementara itu, tiga provinsi dengan luasan jagung terbesar berada di Sumatera Utara sebesar 211,11 ribu hektare, Banten 1,92 ribu hektare dan Kalimantan Utara sebesar 0,17 ribu hektare dengan kadar air rata-rata 14 persen.

"Dilihat potensi jagung produksi jagung Januari April 2024 diperkirakan sebesar 5,34 juta ton jagung pimpinan kering dengan kadar 14 persen," Habibullah.

Baca juga: BPS: Vietnam dan Thailand jadi pemasok utama beras ke Indonesia
Baca juga: Pemerintah tetapkan enam provinsi pemasok beras antisipasi El Nino
Baca juga: BPS catat produksi beras nasional turun 440 ribu ton

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Makan seluruh dunia

agen slot gacor

Dewa laki-laki Gao Xiaoleng

jembatan emas pinjaman

Memotong Langit dan Menangis Jalan Darah

situs judi slot online