petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

trik olympus modal receh

situs bonus new member 359Jutaan kata 157371Orang-orang telah membaca serialisasi

《trik olympus modal receh》

BRI Umumkan Pembagian Dividen Rp48,10 T usai RUPST 2024******

Nominal dividen tersebut tercatat meningkat 10,59 persen dibandingkan nominal pada tahun 2023 sebesar Rp43,49 triliun.
BRI yang baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta menyetujui pembagian dividen sebesar Rp48,10 triliun. (Foto: BRI)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta menyatakan menyetujui pembagian dividen sebesar Rp48,10 triliun atau per saham sebesar Rp319, setara dividend payout ratio kurang lebih 80,04 persen dari laba atribusi.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, dengan pembayaran Dividen untuk Laba Tahun Buku 2023, CAR Perseroan tetap terjaga pada kisaran 20 persen, atau tetap di atas ketentuan minimum regulator. Dividen tersebut tercatat meningkat 10,59 persen dibandingkan nominal pada tahun 2023 sebesar Rp43,49 triliun.

"Perseroan memiliki struktur modal yang kuat dan likuiditas yang cukup dalam rangka ekspansi bisnis dan antisipasi risiko yang mungkin terjadi dalam pengelolaan bank," kata Sunarso.

Sunarso menyebut, hal itu sekaligus membuktikan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fungsi agent of development dan value creator seperti BRI dapat menjalankan peran economic dan social value secara bersamaan.

"Melalui pembayaran pajak dan dividen, laba tersebut akan kembali ke negara sebagai pemegang saham mayoritas. Selanjutnya, laba ini digunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia melalui berbagai program pemerintah," ujar Sunarso.

Agenda RUPST dan Perubahan Struktur BRI

Pada RUPST 2024, setidaknya ada tujuh agenda, dua di antaranya adalah perubahan jajaran komisaris dan jajaran direksi.

Kelima agenda RUPST lainnya adalah sebagai berikut.

  • Menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan, menyetujui Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta mengesahkan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil Tahun Buku 2023, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi atas tindakan oengurusan Perseroan dan Dewan Komisaris atas tindakan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2023.
  • Menetapkan remunerasi (gaji/honorarium, fasilitas dan tunjangan) untuk Tahun Buku 2024, serta tantiem untuk Tahun Buku 2023, bagi Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.
  • Menunjuk Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan Tahun Buku 2024 serta Laporan Keuangan dan Pelaksanaan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil untuk Tahun 2024.
  • Menyetujui laporan Realisasi Penggunaan Dana, yang terkait laporan realisasi penggunaan dana obligasi subordinasi IV BRI tahun 2023 dan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan I tahap II BRI tahun 2023.
  • Menyetujui perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terakhir.

Adapun perubahan struktur jajaran komisaris dan direksi perseroan seperti berikut:

Perseroan memberhentikan dengan hormat dan mengangkat kembali Catur Budi Harto sebagai Wakil Direktur Utama BRI, Agus Noorsanto sebagai Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan dan Agus Sudiarto sebagai Direktur Manajemen Risiko.

RUPST memberhentikan dengan hormat Hendrikus Ivo sebagai Komisaris Independen dan mengangkat Haryo Baskoro Wicaksono sebagai Komisaris Independen BRI.

RUPST lalu memutuskan mengubah nomenklatur jabatan anggota-anggota Direksi Perseroan, di antaranya Direktur Bisnis Kecil dan Menengah menjadi Direktur Commercial, Small, and Medium Business serta Direktur Jaringan dan Layanan menjadi Direktur Retail Funding and Distribution.

Sehingga, RUPST mengalihkan penugasan Amam Sukriyanto semula Direktur Bisnis Kecil dan Menengah menjadi Direktur Commercial, Small, and Medium Business dan Andrijanto semula Direktur Jaringan dan Layanan menjadi Direktur Retail Funding and Distribution.

Dewan Komisaris

Komisaris Utama
Kartika Wirjoatmodjo

Wakil Komisaris Utama / Komisaris Independen
Rofikoh Rokhim

Komisaris
Awan Nurmawan Nuh

Komisaris
Rabin Indrajad Hattari

Komisaris Independen
Dwi Ria Latifa

Komisaris Independen
Heri Sunaryadi

Komisaris Independen
Paripurna Poerwoko Sugarda

Komisaris Independen
Agus Riswanto

Komisaris Independen
Numaria Sarosa

Komisaris Independen
Haryo Baskoro Wicaksono

Anggota Direksi

Direktur Utama
Sunarso

Wakil Direktur Utama
Catur Budi Harto

Direktur Keuangan
Viviana Dyah Ayu R.K

Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan
Agus Noorsanto

Direktur Bisnis Mikro
Supari

Direktur Digital dan Teknologi Informasi
Arga Mahanana Nugraha

Direktur Commercial, Small & Medium Business
Amam Sukriyanto

Direktur Retail Funding & Distribution
Andrijanto

Direktur Human Capital
Agus Winardono

Direktur Manajemen Risiko
Agus Sudiarto

Direktur Bisnis Konsumer
Handayani

Direktur Kepatuhan
Ahmad Solichin Lutfiyanto

Para anggota Dewan Komisaris yang baru diangkat diwajibkan terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memenuhi ketentuan yang berlaku sebelum melaksanakan tugas dan fungsi jabatan.

Sunarso menambahkan, RUPST 2024 mengokohkan komitmen BRI untuk memperkuat kapabilitas retail banking dan mengoptimalkan kontribusi perusahaan anak.

"Strategi tersebut akan berfokus pada pengelolaan assets & liabilities yang lebih produktif, diversifikasi sumber pertumbuhan, keandalan pendukung operasional serta implementasi prinsip-prinsip ESG agar memberi nilai positif bagi lingkungan, dan BRI mampu men-deliver value beyond profit secara berkelanjutan," katanya.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

BPS Prediksi Produksi Beras Capai 10,71 Juta Ton Januari******

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan produksi beras Indonesia tembus 10,71 juta ton dari Januari 2024 hingga April 2024.
Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan produksi beras Indonesia tembus 10,71 juta ton dari Januari 2024 hingga April 2024. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan produksiberasIndonesia tembus 10,71 juta ton dari Januari 2024 hingga April 2024.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah mengatakan potensi produksi padi pada empat bulan pertama di 2024 akan menyentuh 18,59 juta ton gabah kering giling (GKG). Ini turun 3,95 juta ton GKG atau 17,54 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni 22,55 juta ton gabah kering giling.

Kemudian, BPS mengonversi berapa banyak beras yang akan dihasilkan dari potensi produksi padi dalam bentuk GKG tersebut. Konversi dilakukan berbekal data Hasil Survei Konversi Gabah ke Beras 2018.

Rinciannya, produksi beras pada Januari 2024 sebanyak 0,86 juta ton dan Februari 2024 naik ke 1,38 juta ton. Kemudian, produksi beras pada Maret ini diperkirakan melesat ke 3,54 juta ton dan puncaknya di April 2024 menyentuh 4,92 juta ton.

Meski begitu, dalam bahan paparan BPS dijelaskan bahwa perkiraan ini merupakan angka sementara. Pasalnya, data ini memakai luas panen Januari 2024 dan potensi luas panen Februari 2024-April 2024 serta rata-rata produktivitas subround (SR) I 2018-2023.

Habibullah mengatakan luas tanaman padi alias standing crops pada Januari 2024 mengalami peningkatan dibandingkan Desember 2023. Luas tanaman padi ini mencakup vegetatif 1, vegetatif 2, dan generatif.

"Peningkatan luas tanam di Januari tersebut meningkatkan potensi luas panen padi pada Maret dan April 2024. Jadi, kalau ditanam pada Januari, terjadi peningkatan peluang untuk panen pada Maret dan April (2024)," ungkap Habibullah.

"Angka-angka potensi yang disampaikan karena itu berdasarkan fase tumbuh, kemungkinan bisa berubah, bergantung pada dinamika dalam dua bulan ke depan. Misalnya, ada terjadi kegagalan panen ini kan menyangkut aspek cuaca. Maka, potensi ini akan terkoreksi. Jadi, kita melakukan amatan setiap akhir minggu di bulan berjalan," tambahnya.

Terlepas dari potensi tersebut, BPS mencatat harga beras pada Februari 2024 menyentuh level tertinggi dalam sejarah. Harga beras di tingkat eceran menembus Rp15.157 per kg atau naik 19,28 persen secara tahunan.

Harga beras di level grosir juga naik ke Rp14.398 per kg alias melesat 20,08 persen year on year (yoy). Sedangkan di tingkat penggilingan harganya meroket 24,65 persen secara tahunan menyentuh Rp14.274 per kg.

"Harga beras secara nasional yang dicatat adalah harga rata-rata dari berbagai jenis kualitas beras di seluruh kabupaten/kota indeks harga konsumen (IHK), di mana Februari 2024 merupakan harga tertinggi dibandingkan periode-periode sebelumnya," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Badan Pangan Ungkap Alasan Beli Beras Premium di Ritel Dibatasi 5 kg******

Badan Pangan Nasional menyebut jumlah 5 kg beras cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama beberapa hari sehingga pembeliannya di ritel dibatasi.
Badan Pangan Nasional menyebut jumlah 5 kg beras cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama beberapa hari sehingga pembeliannya di ritel dibatasi. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan alasan pembelian beras premiumkemasan 5 kg di ritel dibatasi dua pack per konsumen.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo mengatakan pembatasan dilakukan karena jumlah tersebut dinilai cukup untuk per satu rumah tangga.

Lihat Juga :
Daftar 4 Bankir yang Disebut Media Asing Dilirik Prabowo Jadi Menkeu

Ia mengatakan 10 kg tidak akan cukup bila itu diperuntukkan dijual kembali. Nah, untuk itu sebenarnya pemerintah sudah membuat skema berbeda untuk UMKM yang ingin menjual kembali.

"Kalau 2 ton ya nggak cukup. Itu harus ambil ke Pasar Cipinang," imbuhnya.

Ia mengatakan pemerintah memang membatasi pembelian di ritel modern karena tujuannya hanya untuk penggunaan rumah tangga saja.

"Orang ada yang komplain 'nggak boleh lebih dari dua ya?' ya ini untuk ritel. Kalau mau banyak ke Cipinang," jelasnya.

Beras premium mendadak hilang dari ritel modern. Hal ini menyebabkan kelangkaan dan beras di pasar naik tinggi tembus Rp18 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)




bab terbaru:pola maxwin olympus bet 200

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
trik main slot hari ini
cahayabet
situs slot paling gacor
situs slot pakai dana minimal 10rb
slot penghasil saldo dana gratis
win slot 77
cara tarik uang di kredivo
slot paling sering menang
jitu 777 slot online
Daftar isi semua bab
Bab 1 ceria123
Bab 2 pinjaman online ojk terbaru
Bab 3 togelcamboja
Bab 4 situs yang lagi gacor saat ini
Bab 5 slot deposit pulsa 5000 tanpa potongan indosat
Bab 6 agen slot gacor terbaru
Bab 7 aladdin 138 slot
Bab 8 pinjol ilegal yang cepat cair
Bab 9 japan slot 88
Bab 10 situs gacor online
Bab 11 slot97
Bab 12 rtp mevius88
Bab 13 link alternatif dragon slot 99
Bab 14 trik slot mahjong 2
Bab 15 situs slot online resmi
Bab 16 olenation888
Bab 17 pangerantoto3
Bab 18 slot gacor 2022
Bab 19 mahirqq
Bab 20 slottube99
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6374bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

spektrum kebobrokan

togel master
Pembangunan PDN dan IKN wujud nyata teknologi dukung keberlanjutan
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. (ANTARA/HO)
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) dan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan wujud nyata pemanfaatan teknologi untuk mendukung prinsip keberlanjutan lingkungan.

Ia mencontohkan untuk PDN misalnya telah menggunakan teknologi untuk mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

“Pembangunan PDN di Cikarang, Jawa Barat, telah mendapatkan sertifikasi Green Data Center dengan dilengkapi fitur panel surya, pencahayaan LED, dan sistem pendingin evaporative,” kata Nezar di dalam keterangan resminya yang diterima, Sabtu.

Baca juga: Teknologi energi hijau China untungkan negara-negara peserta BRI

Baca juga: Indonesia usung isu energi hijau di Hannover Messe 2023

Komitmen serupa juga ditunjukkan dalam pembangunan IKN yang dirancang sebagai Smart City atau Kota Pintar yang bakal mengandalkan konektivitas internet.

Menurutnya dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things yang memungkinkan semua layanan publik terintegrasi, nantinya IKN dapat mengurangi emisi karbon.

"Dengan mengadopsi Internet of Things dalam segala pelayanan publik agar dapat menekan emisi karbon,”ujarnya.Wamenkominfo menjelaskan cita-cita pembangunan berkelanjutan selaras dengan semboyan filosofi dalam beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.

Salah satunya lewat prinsip kehidupan Suku Dayak yaitu "Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata" yang artinya Adil kepada Sesama Manusia, Bercermin ke Surga, Nafas Hidup itu berasal dari Sang Pencipta.
 

“Dengan mengambil inspirasi dari kearifan lokal itu, saya mengajak kita semua untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan sebagai ruang hidup tempat kita dan generasi pendatang bertumbuh,” tuturnya.
 

Pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung prinsip keberlanjutan menurut Nezar dapat berlaku karena teknologi digital memiliki kelebihan penerapan circular design dan efisiensi energi.

Nezar mengambil contoh lebih luas bahwa praktik dekarbonisasi telah nampak terlihat di sektor strategis seperti logistik, manufaktur, pertanian, energi dan konstruksi lewat digitalisasi. Upaya itu disebutkan berpotensi menurunkan emisi CO2 global sebanyak 20 persen.

Maka dari itu, dalam pembangunan proyek-proyek strategis nasional maka Pemerintah juga ikut menerapkan langkah serupa.

Harapannya dengan perspektif pembangunan digitalization for sustainability maka pemerintah dapat ikut berkontribusi mengatasi masalah perubahan iklim dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: Indonesia tekankan pentingnya peningkatan pendanaan energi dan iklim


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Tempat Perburuan Gen Super

cara dapat uang kerja di rumah
PT KAI menyebut tarif parkir VIP Rp350 ribu yang viral di media sosial ditentukan mitra KAI Daops 6 selaku pengelola.
PT KAI menyebut tarif parkir VIP Rp350 ribu yang viral di media sosial ditentukan mitra KAI Daops 6 selaku pengelola. (Getty Images/Tutik Purwaningsih).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

PT KAI(Persero) buka suara soal unggahan berisi keluhan masyarakat terkait tarif parkirkendaraan di area VIP Stasiun TuguYogyakarta sebesar Rp350 ribu yang belakangan viral di media sosial.

Nampak dalam unggahan, karcis dengan tarif parkir Rp350 ribu tersebut ditulis tangan tertanggal parkir 27 Februari 2024. Durasi parkir selama tujuh jam, yakni dari pukul 12.30 WIB hingga 18.30 WIB.

"Gimana tanggapan Dishub dan warga sekitar?? Parkir bandara saja kalah. Loksi: didepan stasiun tugu drop off pintu selatan sblm putar balik," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Krisbiyantoro menyebut tarif tersebut besarannya ditentukan oleh salah satu mitra PT KAI Daop 6 selaku pengelola area parkir.

"Tarif sebesar itu diakui oleh pihak pengelolanya yaitu Sheyco Tour & Travel, salah satu mitra kami," kata Krisbiyantoro saat dihubungi, Kamis (29/2) malam.

Dia memastikan bahwa pihaknya akan menertibkan besaran tarif parkir ini agar menyesuaikan peraturan daerah setempat, sehingga tak membebani pengunjung atau pemakai jasa layanan PT KAI Daop 6.

"Kami akan meminta kepada pengelola slot parkir tersebut untuk mengikuti Perda Yogyakarta," katanya.

"Kami juga mengimbau kepada para pengendara yang akan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta untuk memastikan area parkir yang akan digunakan, bisa menggunakan area parkir sisi barat yang dikelola oleh Reska atau KAI servis dengan tarif biasa," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengklaim telah memanggil PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan pengelola parkir guna memintai keterangan atas kejadian viral ini.

Pemkot meminta agar PT KAI Daop 6 Yogyakarta selalu penanggungjawab lokasi dan pengelola parkir merevisi tarif parkir VIP supaya bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Kota Yogyakarta.

"Kami minta untuk menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku," kata Agus saat dihubungi, Kamis malam.

[Gambas:Video CNN]



(kum/agt)

Perjalanan ke Timur Dinasti Tang

situs win net

“Tidak hanya pintar, kalau pintar hatinya busuk tidak bagus. Kalau pintar hatinya busuk, itu koruptor, dia akan membawa lari kekayaan Indonesia. Kalau pintar tapi bekerja untuk orang asing, tidak baik untuk kita,” katanya.

Yang diinginkan, kata Prabowo adalah orang pintar hatinya baik, cintanya untuk rakyat Indonesia. Prabowo kembali menegaskan, Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa dan menjadi tugas dirinya bersama dengan Gibran dan KIM manakala diberi mandat oleh rakyat adalah menjaga kekayaan itu, mengelola, mengatur, mengurus kekayaan.

Prabowo berharap semua kekayaan itu ketika dikelola memiliki nilai tambah dan bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Saya bicara di Jakarta, saya bicara dengan orang-orang kaya di Jakarta, saya bilang, saudara-saudara kalau kaya sendiri dan rakyat di luar kalian miskin dan lapar, tidak mungkin satu negara hanya orang kaya, tidak mungkin, kita harus bikin seluruh rakyat Indonesia menikmati kekayaan itu,” kata Prabowo menegaskan.

Pembunuh Tertinggi yang Terlahir Kembali

jahetoto
Bapanas menyebut penyaluran bansos beras 10 kg bukan tugas Kemensos. Karena itu, Mensos Tri Rismaharini tak pernah dilibatkan Jokowi dalam pembagian beras.
Bapanas menyebut penyaluran bansos beras 10 kg bukan tugas Kemensos. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi membongkar kenapa sosok Menteri Sosial Tri Rismaharinitak ada setiap Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bansos beras 10 kg.

Arief menjelaskan bansos pangan itu memang tidak disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran bansos beras 10 kg dikerjakan oleh Bapanas.

Ia menyebut hal itu sesuai ketentuan Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional. Arief menjelaskan Pasal 2 Perpres itu menyebut Badan Pangan mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan. 

"Bantuan pangan untuk 22 juta KPM dan tidak terkait politisasi atau apapun karena bantuan sejak 2023 dikerjakan Bapanas," ucapnya.

Sejak awal tahun hingga jelang Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu, Jokowi getol turun tangan membagikan sendiri bansos-bansos pemerintah, termasuk bansos beras 10 kg.

Namun dalam setiap pembagian bansos tersebut, Jokowi tidak pernah tak didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan alasan Risma tidak ikut Jokowi saat membagikan bansos beberapa waktu belakangan.

Ari menyebut kementerian/lembaga yang diajak langsung oleh Jokowi dalam pembagian bansos adalah mereka yang terkait dengan program bansos tersebut.

"Karena terkait dengan cadangan pangan ya, ada Bulog dan Badan Pangan. Jadi lebih pada hal itu, termasuk juga mengecek mengenai keberadaan pangan di setiap daerah. Jadi yang diajak tentu berkaitan dengan itu," kata Ari di Kantor Kemensetneg, Jakarta Pusat, Senin (29/1).

Ia membantah anggapan Jokowi tidak mengajak Risma karena berstatus sebagai kader PDIP. Ari menegaskan tidak ada unsur politik dalam pembagian bansos.

"Enggak. Enggak ada (korelasi dengan) status kepartaian," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Kekuatan MAX adalah yang utama

pragmatic zhongwen
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan kelangkaan dan tingginya harga beras tak lepas dari penurunan produksi.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan kelangkaan dan tingginya harga beras tak lepas dari penurunan produksi. Ilustrasi. (Pixabay/ImageParty).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan kelangkaan dan tingginya harga berastak lepas dari penurunan produksi.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Anggota KPPU Hilman Pujana usai Focus Group Discussion (FGD) terkait masalah beras bersama produsen, pengusaha penggilingan, Badan pangan Nasional, Kementerian perdagangan, Kementerian Pertanian, hingga Food Station Cipinang di kantor KPPU, Jakarta, Rabu (28/2).

Hilman menyebut saat ini suplai beras turun. Oleh karena itu, harganya pun melambung.

Selain itu, penurunan produksi juga tak lepas dari el nino.

Terkait kelangkaan beras premium di ritel modern, Hilman mengaku para produsen memang kesulitan menyalurkan beras ke pasar modern itu.

Sebab, para produsen tidak bisa memenuhi harga eceran tertinggi (HET) yang mencapai Rp13.900 per kg. Sementara, biaya yang harus dikeluarkan lebih dari angka itu.

"Jadi mereka (produsen) tidak bisa suplai ke market karena nggak masuk harga bahan gabahnya untuk mereka produksi sudah di atas Rp7.000. Tentunya, dengan produksi segala macem, sampai di ritel ya nggak akan masuk, pasti akan di atas HET," ujar Hilman.

Lihat Juga :
AHY saat Perdana Sambangi IKN: Kita Tak Ingin Habis-habisan dari APBN

Selanjutnya, ia mengatakan ketentuan HET merupakan ranah dari pemerintah. Namun, ia mengatakan Badan Pangan Nasional akan mereview HET itu.

"Tadi juga disampaikan oleh Bapanas juga akan dilakukan review terkait HET dan lain-lain," katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Billy Haryanto mengatakan beras langka di ritel modern karena diserbu oleh para calon legislatif (caleg).

Menurutnya, para caleg mulai memborong beras di ritel modern sejak masa kampanye dimulai pada November.

Ia mengatakan awalnya para caleg itu memesan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC). Namun, PIBC baru bisa menyediakan beras dalam 1-2 hari. Akhirnya, para caleg lebih memilih langsung di ritel modern.

"Kemarin kan beras langka di ritel diberitakan. Itu betul. Karena diserbu caleg yang 5 kilogram. Banyak yang memesan di sini caleg itu, tapi nggak mampu produsen karena waktu nggak cukup, akhirnya beli di modern market," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (28/2).

Billy mengatakan karena diserbu caleg, pembelian beras di ritel kemudian dibatasi seperti saat ini.

"Waktu itu kan belum dibatasi jadi ngambil dari sana (ritel). Biasanya yang beli se-Jabodetabek dapilnya," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Kaisar Wu dari Jiuzhou

slot gacor maxwin 2022
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi membeberkan penyebab harga beras naik.
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi membeberkan penyebab harga beras naik. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi membeberkan penyebab harga beras naik.

Menurut Arief, beras makin mahal lantaran kenaikan harga gabah kering panen (GKP) yang mencapai Rp8.000 per kg. Biasanya, sambung Arief, harga beras dua kali lipat harga GKP.

"Kalau harga gabahnya Rp8.000 maka jangan heran harga berasnya Rp16 ribu. Kalau mau harga berasnya Rp14 ribu maka harga gabahnya kurang lebih Rp7.000," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (27/2).

Arief mengatakan harga GKP naik karena kurangnya produksi. Saat produksi di bawah 2,5 juta ton setara beras dalam sebulan, maka akan menimbulkan rebutan gabah di tingkat petani.

Penyebab lainnya, lanjut Arief, adalah kenaikan sewa lahan dan kenaikan harga pupuk.

Ia menargetkan harga beras akan turun seiring dengan menurunnya harga gabah di sekitar Rp6.500 - Rp7.00 per kg saat panen raya mulai di Maret.

"Maret ini panennya akan 3,5 juta ton. Itu prediksi dari teman-teman BPS. Kemudian, minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai sehingga harga gabah ini akan berangsur turun dari sebelumnya di angka Rp8.600-Rp8.7000, akan turun jadi Rp8.000, dan akan turun lagi menjadi sekitar Rp6.500," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)