petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kakek123

ini777 823Jutaan kata 296769Orang-orang telah membaca serialisasi

《kakek123》

3 Biang Kerok Kenaikan Harga Beras Versi Badan Pangan, Bukan Bansos******

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyebut beras mahal karena harga gabah, sewa lahan dan pupuk naik.
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyebut beras mahal karena harga gabah, sewa lahan dan pupuk naik. (Foto: Arsip Istimewa)
Daftar Isi
  • 1. Kenaikan harga gabah kering
  • 2. Kenaikan sewa lahan
  • 3. Kenaikan harga pupuk
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkap tiga penyebab hargaberasmelambung tinggi.

Ia menyebut bansos beras pemerintah bukan pemicu harga beras di pasaran mahal.

Lihat Juga :
Jokowi Curhat 22 Ngerem hingga Setop Ekspor Beras ke RI

"Kalau harga gabahnya Rp8.000 maka jangan heran harga berasnya Rp16 ribu. Kalau mau harga berasnya Rp14 ribu maka harga gabahnya kurang lebih Rp7.000," ujar dia di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (27/2).

"Kalau teman-teman melihat harga beras Rp11 ribu atau Rp10 ribu, ya harga gabahnya Rp4.000 sampai Rp5.000," sambungnya.

Ia mengatakan harga GKP naik karena kurangnya produksi. Saat produksi di bawah 2,5 juta ton setara beras dalam sebulan, makan akan menimbulkan rebutan gabah di tingkat petani.

2. Kenaikan sewa lahan

Arief juga mengungkap kenaikan sewa lahan menjadi salah satu penyebab melonjaknya harga beras.

3. Kenaikan harga pupuk

Penyebab ketiga adalah kenaikan harga pupuk. Arief menyebut faktor ini juga menjadi penyebab harga beras masih mahal.

Lihat Juga :
Jokowi Pastikan Pupuk Subsidi Ditambah Jadi 9,5 Juta Ton Tahun Ini

Bapanas menargetkan harga beras akan turun seiring dengan menurunnya harga gabah di sekitar Rp6.500 - Rp7.00 per kg saat panen raya mulai di Maret.

"Maret ini panennya akan 3,5 juta ton. Itu prediksi dari teman-teman BPS. Kemudian, minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai sehingga harga gabah ini akan berangsur turun dari sebelumnya di angka Rp8.600-Rp8.7000, akan turun jadi Rp8.000, dan akan turun lagi menjadi sekitar Rp6.500," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan sebelumnya menyindir lonjakan harga beras dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin.

Reynaldi mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Ia menyebut harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram, naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Otorita Buka Suara soal Janji Elon Musk Investasi di IKN******

OIKN mengklaim SpaceX milik Elon Musk sudah menyampaikan minat membangun jaringan internet di IKN.
OIKN mengklaim SpaceX milik Elon Musk sudah menyampaikan minat membangun jaringan internet di IKN. (Foto: Tangkapan layar instagram @starlink_satellites)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) buka suara soal kabar CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, yang dikabarkan bakal berinvestasi di IKN.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan sudah ada permintaan dari Starlink, satelit milik SpaceX, untuk membangun jaringan internet di ibu kota anyar Indonesia itu.

Agung mengklaim Starlink sendiri sudah menyampaikan minta investasi.

Namun, Agung belum bisa menyampaikan lebih detail terkait investasi Starlink itu. Ia meminta semua pihak untuk bersabar.

"Tapi detailnya, peran Elon Musk nanti kita tunggu tanggal mainnya," ucap Agung.

Kabar Elon Musk akan berinvestasi di IKN pertama kali disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Dari hasil obrolannya dengan Musk, Luhut mengklaim Bos Starlink itu berjanji memasang jaringan internet di IKN.

"Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai ya persyaratannya, dia akan ke IKN," tutur Luhut di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

Ia mengatakan Musk Cs akan datang ke Indonesia setelah persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika rampung. Selang seminggu, Luhut dan jajaran akan mengeluarkan surat izin layak operasi (SILO) kepada SpaceX.

Lima hari usai SILO terbit, Luhut mengatakan Elon Musk Cs bisa datang ke Indonesia.

"Begitu dia datang, kita sudah usul datang ke IKN, katanya dia mau launching di IKN dan Puskesmas dekat IKN," jelas Luhut.

"Karena Presiden (Joko Widodo) minta, kenapa Starlink ini supaya Puskesmas-Puskesmas yang tidak terjangkau komunikasi, dengan Starlink bisa terjangkau. Sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Menilik Celah Korupsi Makan Siang Gratis Ala Prabowo******

Nepotisme, data fiktif hingga lemahnya pengawasan menjadi celah korupsi di program makan siang gratis yang nilai anggarannya jumbo.
Nepotisme, data fiktif hingga lemahnya pengawasan menjadi celah korupsi di program makan siang gratis yang nilai anggarannya jumbo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Daftar Isi
  • 1. Nepotisme alias kongkalikong kontrak pemerintah dengan suplier tertentu
  • 2. Jumlah penerima tidak sesuai
  • 3. Lemahnya pengawasan
Jakarta, CNN Indonesia--

Rencana programmakan siang gratis semakin menjadi sorotan usai pasanganPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul versi real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) di pemilu 2024.

Program ini pun sudah mulai dibahas dalam persiapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Bahkan, sejumlah menteri di Presiden Joko Widodo mengamini adanya pembahasan tersebut dalam Rapat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Senin (26/2).

Sedangkan alokasi anggarannya akan menyesuaikan dengan jumlah penerima tersebut. Namun, Airlangga menyebut kisaran per anak mendapatkan jatah makan siang gratis Rp15 ribu, di luar susu.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) menyebut program makan siang dan susu gratis itu memerlukan Rp120 triliun di tahun pertama, yang akan dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Budiman Sudjatmiko menyebut nantinya secara total pembiayaan penuh yang diperlukan untuk melaksanakan program ini mencapai Rp450 triliun per tahun.

Namun, program ini mendapat kritikan termasuk dari Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB University Dwi Andreas Santosa. Andreas mengatakan anggaran untuk program yang berbentuk natura alias barang banyak disunat dan diselewengkan.

"Ini (makan siang dan susu gratis) program yang aneh menurut saya, karena akan menghabiskan anggaran yang sangat besar sekitar Rp400 triliun-Rp500 triliun per tahun," kata Andreas dalam diskusi virtual Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Selasa (27/2).

Lihat Juga :
CT: Saya Tidak Akan Jadi Menteri di Kabinet Berikutnya

Lantas apa di mana saja celah korupsi program makan siang gratis?

1. Nepotisme alias kongkalikong kontrak pemerintah dengan suplier tertentu

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P. Sasmita mengatakan tidak ada yang bisa menjamin setiap kontrak pengadaan barang dilakukan secara adil dan terbuka. Bisa saja terjadi kongkalikong atau KKN antara lembaga pemerintah yang memegang wewenang anggaran dengan suplier-suplier yang akan mengadakan barang.

"Semua pihak yang terlibat dalam rantai pengadaan makan siang gratis berpotensi melakukan korupsi, mulai dari lembaga pemerintah pemegang wewenang anggarannya sampai pada suplier akhir," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/2).

Senada, Direktur Center of Economic and Law (CELIOS) Bhima Yudhistira juga khawatir program ini hanya dinikmati oleh suplier seperti katering atau jasa makanan minuman yang punya kedekatan dengan pemerintah pusat.

"Sehingga tidak benar semuanya akan mengalir ke pelaku UMKM," katanya.

2. Jumlah penerima tidak sesuai

Ronny mengatakan tak ada yang bisa memastikan apakah penerima makan siang gratis merupakan penerima yang nyata atau fiktif. Banyaknya penerima program tersebut, sambungnya, membuat sulit dilakukan pengecekan satu per satu.

"Kalau ada aja sejuta penerima fiktif, dikali Rp15 ribu, dikali 25 hari sekolah dalam sebulan, nilainya sudah Rp375 miliar. Bagaimana kalau setahun?" katanya.

Lihat Juga :
Alasan Airlangga Turun Gunung Simulasikan Makan Gratis Ala Prabowo

3. Lemahnya pengawasan

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan celah korupsi lainnya adalah makan yang dibagikan tidak sesuai dengan anggaran sebesar Rp15 ribu per penerima. Kondisi tersebut disebabkan panjangnya rantai pengadaan, serta banyaknya pihak yang terlibat, namun pengawasan lemah.

"Bisa jadi yang dibelanjakan tidak Rp15 ribu, apalagi kalau rantai atau aktor yang terlibat makin banyak," katanya.

Senada, Bhima mengatakan anggaran yang dikorupsi bisa terjadi karena pengawasan yang tidak memadai. Bisa saja daerah yang persepsi korupsinya rendah dan pengawasan lebih baik mungkin akan efektif.

"Namun daerah-daerah yang selama ini tingkat korupsinya tinggi kemudian pengadaan barang jasanya belum optimal nah di di situ justru akan meleset dari sasaran dan menyebabkan masalah korupsi," katanya.

Lantas bagaimana mengantisipasi agar tidak terjadi korupsi?

Ronny mengatakan pemerintah jangan buru-buru menganggarkan program makan siang gratis dalam APBN. Desain program tersebut harus jelas dan diawasi publik mulai dari perencanaan sampai pada pengawasan.

"Setelah dianggarkan, semua lembaga pengawasan pemerintah sampai dengan NGO semestinya dilibatkan di satu sisi. Mekanisme pengawasannya dan pelaporannya harus jelas," katanya.

Sementara itu, Bhima mengatakan pemerintah seharusnya tidak bernafsu langsung menyelenggarakan program tersebut di tingkat nasional. Program makan siang gratis, katanya, bisa dilakukan secara bertahap dimulai di kabupaten yang tingkat stuntingnya tinggi.

"Di situ kemudian dilakukan evaluasi termasuk transparansi anggaran dan efektif enggak program makan siang itu menurunkan gizi buruk," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(pta)




bab terbaru:gajah77

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs paling gacor di indonesia
26 togel
erek erek orang utan
sisil4d
asia88bet
pinjaman online tanpa dp
somasi4d
link sering maxwin
nama slot gacor 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 link slot paling gacor hari ini
Bab 2 gapurabola
Bab 3 situs slot via pulsa
Bab 4 cara pinjam di lazada
Bab 5 daftar slot terpercaya dan gacor
Bab 6 daftar situs slot
Bab 7 pro win slot
Bab 8 mentol4d
Bab 9 rtp ollo4d
Bab 10 situs toto macau terpercaya
Bab 11 slot kasih maxwin
Bab 12 gelora4d
Bab 13 erek erek berenang 2d
Bab 14 slot gacor receh
Bab 15 slot yang bisa maxwin
Bab 16 dewi88
Bab 17 situs tergacor sedunia
Bab 18 pinjol menggunakan dana
Bab 19 jayabola
Bab 20 cara dapat duit dari online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9149bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Huang Quan tidak akan menyerah

prediksi togel fabiofa original
BPS menyebut ada peran pedagang dalam lonjakan harga beras yang terjadi belakangan ini. Peran terjadi dalam pembentukan harga di pasar.
BPS menyebut ada peran pedagang dalam lonjakan harga beras yang terjadi belakangan ini. Peran terjadi dalam pembentukan harga di pasar. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) membongkar modus atau siasatpedagangdi pasar yang membuat harga berasmelonjak mahal belakangan ini.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah menyebut harga beras memang tak akan naik drastis jika stok mencukupi. Ia mengatakan pasokan beras tersebut bisa dipenuhi dari yang tersimpan di petani, gudang Perum Bulog, milik swasta, hingga cadangan beras pemerintah (CBP).

"Namun, dalam mekanisme pembentukan harga di pasar oleh pedagang biasanya juga ada efek psikologis, seperti keraguan lancarnya pasokan akibat produksi beras menurun," bongkar Habibullah dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Meski begitu, ia mengamini bahwa harga beras memang terus mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, komoditas ini terus mencatatkan inflasi.

Sebelum puasa dan lebaran 2024, beras sudah mengalami inflasi 5,32 persen pada Februari 2024 ini. Ia mengatakan tingginya harga beras pada bulan lalu turut memecahkan rekor nasional.

"Harga beras secara nasional yang dicatat adalah harga rata-rata dari berbagai jenis kualitas beras di seluruh kabupaten/kota indeks harga konsumen (IHK), di mana Februari 2024 merupakan harga tertinggi dibandingkan periode-periode sebelumnya," ungkap Habibullah.

[Gambas:Video CNN]

"Pada sebagian golongan (masyarakat), beras dapat mempengaruhi daya beli. Kalau seandainya daya beli terpengaruh, apabila income-nya tetap, sementara inflasi terjadi (maka) harga naik. Kalau kita punya uang Rp20 ribu, ada inflasi harga berasnya naik, tentu dampaknya volume yang kita beli akan dapat (turun)," tandasnya.

BPS mencatat kenaikan harga beras terjadi di semua rantai distribusi. Misalnya, harga beras di penggilingan pada Februari 2024 yang naik 6,76 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan meroket 24,65 persen secara year on year (yoy).

Kemudian, harga beras di tingkat grosir naik 5,96 persen secara mtm dan melesat 20,08 persen secara tahunan. Harga beras di level eceran pada bulan lalu juga naik 5,28 persen secara bulanan dan lebih mahal 19,28 persen yoy.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

rencana masa makmur

situs slot gacor terbaru 2023
Nilai tukar rupiah melemah 0,3 persen ke Rp15.692 per dolar AS pada Rabu (18/2) sore.
Nilai tukar rupiah melemah 0,3 persen ke Rp15.692 per dolar AS pada Rabu (18/2) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukarrupiahditutup di level Rp15.692 per dolar AS pada Rabu (28/2). Mata uang Garuda melemah 46 poin atau minus 0,30 persen dari perdagangan sebelumnya.

Senada, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp15.673 per dolar AS pada perdagangan sore ini.

Mata uang di kawasan Asia juga terpantau kompak melemah. Tercatat, won Korea Selatan melemah 0,19 persen, peso Filipina melemah 0,30 persen, baht Thailand minus 0,45 persen, dan ringgit Malaysia minus 0,05 persen.

Setali tiga uang, mata uang di negara maju pun kompak anjlok. Tercatat, poundsterling Inggris melemah 0,23 persen, dolar Australia minus 0,52 persen, dan euro Eropa minus 0,20 persen.

Lalu, dolar Kanada melemah 0,19 persen dan franc Swiss melemah 0,26 persen.

Analis pasar uang Lukman Leong mengatakan rupiah melemah terhadap dolar AS oleh kekhawatiran seputar inflasi, baik dari AS maupun domestik.

"Investor mengantisipasi data inflasi AS dan Indonesia yang akan dirilis besok dan lusa," ujar dia kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Budidaya Keabadian Staf

newmacau88
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono berpesan soal pentingnya menjaga APBN saat perdana menginjakkan kaki di IKN Nusantara.
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono berpesan soal pentingnya menjaga APBN saat perdana menginjakkan kaki di IKN Nusantara. (Dok. Kementerian ATR/BPN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY berpesan soal pentingnya menjaga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat perdana menginjakkan kaki di IKN Nusantara.

AHY mengaku terpukau dengan pembangunan ibu kota anyar tersebut. Menurutnya, kedatangannya ke IKN untuk yang pertama kalinya ini merupakan momen spesial.

Selain mengucapkan selamat kepada Otorita IKN dan jajaran stakeholderterkait, AHY menitipkan pesan khusus demi keberlangsungan pembangunan ke depan.

"Itulah mengapa ATR juga punya peran yang penting. Dengan lahan yangclean and clear, kita berharap investor juga punya keyakinan, kepastian hukum, hak atas tanah yang bisa digunakan untuk usaha yang dikembangkan secara komersial, dan bisnis juga diharapkan akan berkembang," sambungnya.

Selain itu, AHY meluruskan kritiknya terhadap pembangunan IKN beberapa waktu belakangan. Tepatnya, sebelum Demokrat bergabung ke koalisi Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju.

Ketua Umum Partai Demokrat itu tidak menepis ucapannya beberapa waktu lalu soal ketidaktepatan pembangunan IKN Nusantara selepas pandemi covid-19. Menurutnya, ia saat itu juga menyampaikannya dengan santun dan berupa saran kepada pemerintah.

"Iya betul, saya tidak terbiasa mengelak dari apa, tentang apa yang pernah saya sampaikan dan saya menyampaikan dengan nada baik. Presiden Jokowi juga pasti memahami, kami hanya mengingatkan waktu itu, ada masa recovery pasca-covid," ucap AHY.

"Tetapi, setelah itu semua diatasi, telah berakhir, dan Indonesia sudah bangkit kembali, ekonominya juga sudah makin menggeliat, termasuk UMKM kita terus berdayakan. Tentunya tidak ada halangan lain (melanjutkan pembangunan IKN)," imbuhnya.

Selain AHY, pekan ini Presiden Jokowi direncanakan bakal melakukan seremoni peletakan batu pertama alias groundbreakinguntuk pembangunan gedung sektor perbankan di IKN. Ini adalah kali kelimagroundbreakingproyek ibu kota baru oleh Presiden Jokowi sejak September 2023.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Penguasa Ilahi Seluruh Dunia

situs judi slot cepat menang
Konsultan properti menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasi end user beli  untuk ditempati.
Konsultan properti menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasi end user beli untuk ditempati. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan propertiColliers International menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasiend useryang membeli hunian untuk langsung ditempati.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan pada 2022 pembeli apartemen di Jakarta sebanyak 58,1 persen merupakan investor dan 41,9 persen merupakanend user.

Namun pada 2023 investor hanya 46 persen dan end usermencapai 54 persen. Hal itu terjadi karena imbal hasil atau yield apartemen cenderung rendah.

Ferry membandingkan imbal hasil apartemen dengan time deposityang saat ini jaraknya tidak terlalu jauh. Pada 2017, rata-rata imbal hasil apartemen sebesar 5,60 persen dan imbal hasil time deposit 5,98 persen.

Sedangkan pada 2023, rata-rata imbal hasil apartemen turun ke 3,92 persen dan imbal hasil time deposit5,08 persen.

"Sehingga ini memberikan satu opsi bagi pemilik uang untuk cenderung menaruh uangnya di instrumen keuangan dibanding membeli apartemen. Sehingga ini yang sebenarnya menyebabkan investor tidak lagi termotivasi membeli apartemen," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Brahmacharya

rtp yes77
Program makan siang gratis akan berjalan jika paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi Pilpres 2024.
Program makan siang gratis akan berjalan jika paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Fiqih Rusdy Zulkarnain).
Jakarta, CNN Indonesia--

Program makan siang gratis akan berjalan jika paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

Meski anggarannya masih dihitung, rencananya harga makan siang gratis ini sebesar Rp15 ribu per porsi untuk sekitar 28 juta anak SD di seluruh Indonesia.

"Untuk makan siang per anak kira-kira sekitar US atau Rp15 ribu. Itu sudah lumayan kalau untuk anak-anak ya, bukan untuk kita orang dewasa," ujar Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Drajat Wibowo saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.

"Menunya kita pastikan harus ada telur atau daging ayam, atau daging sapi setiap harinya. Jadi nanti kemungkinan menunya diumumkan dari pusat per harinya sehingga seluruh Indonesia sama semua," jelasnya.

Lalu, makan Rp15 ribu dapat apa saja di warteg dan warung nasi padang di Depok?

Berdasarkan tinjauan ke lapangan, makan Rp15 ribu memang cukup untuk membeli telur dan ayam. Namun, tentu saja porsi yang didapat lebih kecil dibandingkan biasanya.

Salah satu penjual Warteg di Cinangka, Sawangan, Depok, Juleha mengatakan untuk Rp15 ribu saat ini hanya mendapatkan lauk telur, sayuran/kentang balado, mie goreng dan sambal saja.

Lihat Juga :
Harga Beras Premium di Wakatobi Sultra Dekati Rp 1 Juta per Karung

"Itu juga porsinya sedikit-sedikit masih bisa. Kalau sekarang harga-harga mahal, telur mahal, cabai mahal, beras mahal, jadi lebih sedikit lagi porsi nasinya. Telurnya pun kecil," jelasnya.

Sedangkan, jika ingin lauknya menggunakan ikan atau ayam di atas Rp15 ribu per porsinya. Seperti ayam pasti Rp20 ribu per porsi.

"Kalau yang lain mana dapat Rp15 ribu. Ayam sekarang Rp20 ribu, itu sudah sama nasi semua. Kalau di bawah itu duh bisa rugi," imbuhnya.

Pengelola Warung Nasi Padang Salero Basamo Yulistiawan menyebutkan Rp15 ribu hanya bisa makan telur dadar ataupun balado ditambah dengan sayur dan sambal. Sebelumnya masih bisa ditambah perkedel, saat ini sudah tidak memungkinkan.

Lihat Juga :
ANALISISKenapa Impor Beras Jutaan Ton Gagal Redam Lonjakan Harga?

"Kalau Rp15 ribu itu paling cuma pake telur ya. Kalau harga-harga belum naik masih bisa ditambah satu perkedel. Sekarang mah, duh, sulit banget itu. Soalnya kita nggak bisa kurangi porsi nasi, nanti pelanggan pada protes. Jadi serba susah," curhatnya.

Sedangkan kalau pakai ayam tetap Rp20 ribu per porsi, tapi besaran potongan ayamnya diperkecil. Harga sudah termasuk dengan nasi dan sayur nangka.

"Ayam tuh biasanya potong 8-10, sekarang kita potong 14. Kalau ikan kecil-kecil, kayak kembung dan lele gitu masih bisa kita jual Rp15 ribu sekarang. Kalau dia besar kita naikin jadi Rp17 ribu mau gak mau, kalau nggak, kita gak bisa bayar pegawai " imbuhnya.

Sementara, pemilik usaha warung makanan di Makassar Asniar Usman mengatakan harga makan siang gratis seharga Rp15 ribu pakai ayam dan telur sulit.

"Rp15 ribu pakai ayam, tidak bisa. Misalkan harga nasi Rp 5 ribu sedangkan ayam satu potong itu sudah Rp 10 ribu, itu sudah Rp 15 ribu belum masuk telur," kata Asniar.

Menurut Asniar harga Rp 15 ribu untuk makan siang dengan tambahan ayam bisa saja tapi potongan ayamnya harus lebih kecil.

"Bisa dapat kalau pakai nasi ayam dan mie goreng dalam porsi sedikit tapi kalau mau pakai telur tidak bisa, angkat tangan saya," jelasnya.

Di warung angkringan Yogyakarta, Rp15 ribu bisa untuk membeli lima bungkus nasi lauk ikan pindang, teri, atau tempe. Tentunya dengan porsi merakyat. Selain itu masih ada hidangan pelengkap berupa sate ati ampela atau usus seharga Rp2 ribu per tusuk serta aneka ragam gorengan senilai Rp1.000 per buah.

Sementara itu, uang Rp15 ribu di Warung Padang yang berlokasi di Jalan Solo, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta bisa untuk membeli nasi sayur daun singkong dengan lauk telur tambah perkedel kentang atau nasi lauk ikan lele tanpa sayur.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Naruto: Aktor Terbaik

pinjaman cepat cair tanpa bi checking
Penerima manfaat program makan siang gratis disebut bakal mendapat jatah Rp15 ribu per warga. Di Jogja, uang Rp15 ribu bisa membeli makan apa saja?
Penerima manfaat program makan siang gratis disebut bakal mendapat jatah Rp15 ribu per warga. Ilustrasi. (iStockphoto/Ika Rahma).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Penerima manfaat program makan siang gratisdiperkirakan mendapat jatah Rp15 ribu per warga.

Program besutan Pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu bahkan disebut telah dibahas dalam rapat persiapan menyusun APBN 2025 di Istana Negara, Senin (26/2) kemarin.

CNNIndonesia.combertanya ke sejumlah warung makan di Kota Yogyakarta dan sekitarnya tentang menu yang bisa diperoleh dalam satu piring dengan uang Rp15 ribu.

"Belum sama minum itu," kata Golun ditemui di warungnya, Rabu (28/2) pagi.

Golun menuturkan, dengan uang Rp15 ribu itu pembeli juga bisa mendapatkan menu dan variasi lauk pauk lainnya. Semisal, nasi lauk telur balado 'double' atau nasi orak-arik ditambah telur ceplok. Pembeli juga bisa menambah porsi nasi menyesuaikan harga dan jenis lauk serta sayur.

"Tapi jarang yang mesen begituan," imbuh Golun.

Warung warmindo cukup menjamur di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Populernya disebut warung burjo alias 'burjoan' meski tak semuanya menjajakan bubur kacang hijau. Menu yang disajikan di setiap warmindo bisa berbeda dengan sajian dan tarif di warung Aa Sayang.

Lihat Juga :
GoTo Janji Migrasi Transaksi TikTok ke Tokopedia Beres 1,5 Bulan Lagi

Lain halnya dengan warmindo, nominal Rp15 ribu di sebuah warung angkringan bisa untuk membeli beberapa bungkus 'nasi kucing' dengan jenis lauk yang berbeda-beda.

Warung angkringan di Jalan Ipda Tut Harsono, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta semisal. Uang Rp15 ribu bisa untuk membeli lima bungkus nasi lauk ikan pindang, teri, atau tempe. Tentunya dengan porsi merakyat. Selain itu masih ada hidangan pelengkap berupa sate ati ampela atau usus seharga Rp2 ribu per tusuk serta aneka ragam gorengan senilai Rp1.000 per buah.

Sementara itu, nominal Rp15 ribu di Warung Padang yang berlokasi di Jalan Solo, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta bisa untuk membeli nasi sayur daun singkong dengan lauk telur tambah perkedel kentang atau nasi lauk ikan lele tanpa sayur.

Namun, di restoran Padang dengan brandterkemuka, menurut penuturan seorang pelanggan, uang Rp15 ribu tidaklah cukup untuk membeli lauk berprotein lebih dari telur.

"Nasi ikan, nasi ayam, apalagi yang ada dagingnya (rendang), udah di atas Rp20 ribu," kata Dian (26), seorang perantau asal Sumatera Barat yang mengaku bisa makan di Restoran Padang sampai empat kali dalam sebulan.

Sejumlah menteri kabinet Jokowi sebelumnya mengatakan APBN 2025 akan mengakomodasi program-program Prabowo-Gibran. Termasuk program makan siang dan susu gratis.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memastikan alokasi dana untuk program tersebut akan masuk di APBN 2025. Hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta penyusunan APBN 2025 harus mengakomodasi program-program Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Angka Rp15 ribu per anak muncul dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta. Jatah tersebut di luar susu gratis.

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan besaran tersebut akan diterapkan merata di semua wilayah di Indonesia. Namun, ia tidak mengungkapkan secara spesifik wilayah mana yang akan mendapat gelontoran program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak.

[Gambas:Video CNN]



(kum/sfr)