petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara dapat uang mendadak

duniampo 336Jutaan kata 323063Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara dapat uang mendadak》

Kemenhub Lobi China Agar Boyong Kereta Otonom ke IKN******

Menhub Budi Karya Sumadi melobi agar memboyong kereta otonom atau Automated Rail Transit (ART) ke IKN Nusantara.
Menhub Budi Karya Sumadi melobi agar memboyong kereta otonom atau Automated Rail Transit (ART) ke IKN Nusantara. (Foto: Arsip Humas Kemenhub)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerhubunganBudi Karya Sumadi melobi Menteri TransportasiChina Li Xiaopeng agar memboyongkereta otonom atau Automated Rail Transit (ART) ke IKN Nusantara.

Lobi ini kelanjutan dari pertemuan Kemenhub dengan pihak China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC). Budi ingin CRRC membawa satu set kereta otonom tersebut ke Tanah Air.

"Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km per jam, dan kecepatan maksimal 70 km per jam," tutur Budi melalui keterangan resmi, Jumat (12/1).

Selain itu, pertemuan dengan menteri transportasi China juga membahas peluang peningkatan kerja sama bilateral di sektor transportasi. Menhub Budi menyebut kedua negara berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan infrastruktur transportasi nasional.

"Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung merupakan wujud komitmen kerja sama bilateral, yang kini telah dioperasikan dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Whoosh ini menjadi proyek yang potensial untuk dikembangkan ke depannya," jelas Budi.

Budi juga meminta dukungan Pemerintah China untuk mengundang pihak-pihak swasta. Harapannya, pengusaha China bisa berinvestasi dalam proyek perkeretaapian di kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Semarang, dan Makassar.

Selain perkeretaapian, Budi juga mengajak China untuk berinvestasi di bidang penerbangan.

Pada sektor udara, Kemenhub berniat memenuhi kebutuhan pelayanan penerbangan di daerah dengan landasan pacu yang cukup pendek. Selain itu, Kemenhub juga ingin mengejar kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang penerbangan.

Menhub Budi juga menjajaki kerja sama bidang peningkatan SDM di sektor pelayaran. Ini rencananya dipenuhi melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan di bidang pelayaran.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

nubia Resmi Melansir Ekspansi Global Yang Luas Di MWC24******

nubia Resmi Melansir Ekspansi Global Yang Luas Di MWC24
Booth nubia
Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan solusi teknologi informasi dan komunikasi, mengumumkan ekspansi global nubia yang luas pada hari pertama MWC Barcelona 2024. nubia dikenal sebagai merek ponsel dengan fitur mobile photography berstandar profesional. Guna memenuhi beragam kebutuhan konsumen ponsel pintar, nubai melansir berbagai produk baru di ajang tersebut. Rangkaian produk baru ini mencakup ponsel lipat pertama ZTE, nubia Flip 5G, seri nubia Focus 5G, yang didesain untuk menyediakan pengalaman fotografi profesional bagi pengguna, nubia Music, menawarkan pengalaman musik yang komprehensif, serta nubia Neo 2 5G, mewujudkan pengalaman gaming mutakhir bagi seluruh pengguna. Produk-produk ini akan didistribusikan di Eropa, Amerika Latin, Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika, untuk memenuhi beragam kebutuhan dan ekspektasi konsumen global.
nubia Z60 Ultra: Ponsel Unggulan dengan Under-display Camera Photography yang Eksklusif di Dunia
nubia Z60 Ultra menawarkan tampilan layar yang luar biasa berkat layar penuh nubia UDC dan teknologi under-display camera generasi kelima. Diterapkan dengan sistem fotografi Neovision, nubia Z60 Ultra menghasilkan gambar berdefinisi tinggi melalui modul triple-camera termutakhir yang dapat dikustomisasi, serta dilengkapi OIS. Dengan focal length dan sistem optik yang seimbang, nubia Z60 Ultra memenuhi kebutuhan konsumen dalam berbagai skenario. Selain itu, nubia Z60 Ultra memakai cipset Qualcomm® Snapdragon™ 8 Gen 3, didukung baterai 6.000mAh dan daya tahan terhadap debu dan air dengan peringkat IP68. Seluruh fitur ini menghasilkan kinerja yang tangguh dan komprehensif. Hingga saat ini, nubia Z60 Ultra telah mendapatkan ulasan positif sejak pertama kali dilansir lewat platform e-commerce global. Ke depan, produk ini secara bertahap akan diluncurkan di lebih banyak pasar global.
nubia Flip  5G: Ponsel lipat pertama ZTE
nubia Flip 5G, produk pertama ZTE pada kategori ponsel lipat, didesain sebagai ponsel lipat pertama bagi generasi muda. Konsumen akan mendapat kejutan berkat harga produk ini dan banyaknya aplikasi yang telah disesuaikan untuk layar eksternal, termasuk aplikasi kamera yang menawarkan pengalaman fotografi dan swafoto unik dengan layar ganda internal dan eksternal.
Dengan layar lipat fleksibel dan engsel yang sangat kuat, nubia Flip 5G mudah dilipat dan dibuka tanpa kerutan. Produk ini dilengkapi layar internal fleksibel yang sangat jernih dengan kecepatan 120Hz dan ukuran 6,9 inci, serta layar eksternal multifungsi. Maka, pengguna cepat mengakses berbagai aplikasi tanpa harus membuka ponsel lipat ini. Gambar yang dihasilkan kamera belakang ganda 50MP dapat dipratinjau secara bersamaan pada kedua layar, menawarkan pengalaman fotografi unik lewat berbagai sudut pada posisi atas agar swafoto dapat dilakukan tanpa memakai tangan. Didukung cipset Qualcomm® Snapdragon™ 7 Gen 1, serta baterai 4.310mAh, nubia Flip 5G memiliki kinerja yang tangguh dan luar biasa. nubia Flip 5G dijual mulai dari harga US$ 599. (Harga ritel bervariasi menurut pasar dan spesifikasi tertentu.)
nubia Focus 5G series: Teknologi Fotografi Inovatif 1.08MP
Agar semakin banyak pengguna global yang merasakan pengalaman teknologi fotografi mutakhir, nubia meluncurkan Focus 5G series. Produk ini mewarisi DNA fotografi seluler profesional nubia dari produk unggulan Z series, dikenal luas akan fitur fotografi yang luar biasa, namun tetap hadir dengan harga yang terjangkau. Terinspirasi desain kamera klasik, nubia Focus Pro 5G menghadirkan satu-satunya tombol fotografi ganda di dunia. Berkat tombol Sliding Shortcut, kamera dapat diaktifkan dengan satu sentuhan, sedangkan tombol Capture memberikan pengalaman memotret seperti kamera sungguhan.
Dengan sistem kamera ganda 108MP seperti produk unggulan, dilengkapi sistem fotografi Neovision, nubia Focus 5G series menawarkan performa tinggi dan efisiensi biaya. nubia Focus Pro 5G dilengkapi dengan lima focal length, sedangkan nubia Focus 5G hadir dengan empat focal length. Focus 5G series menampilkan serangkaian fitur impresif, terintegrasi dengan algoritma in-censor zoom, RAW super night mode, RAW HDR, serta 4K video. Maka, pengguna mudah mengambil foto yang menakjubkan. Didesain dengan back cover berbahan kaca, nubia Focus 5G series memiliki tampilan yang indah dan menarik, menyerupai lensa kamera profesional klasik.
nubia Focus Pro 5G dan nubia Focus 5G masing-masing memiliki layar berukuran 6,72 inci dan 6,6 inci. Keduanya memiliki refresh rate 120Hz dengan efek visual yang luar biasa, baterai besar 5.000mAh dengan teknologi hemat daya AI, dan audio DTS berkualitas tinggi. Hasilnya, produk ini menghadirkan pengalaman audio-visual dan bermain game yang sangat jernih. Fitur terbaru Live Island menampilkan berbagai perintah dan notifikasi sehingga meningkatkan pengalaman interaktif. Dengan cip octa-core 6nm 5G, memakai frekuensi maksimum 2,2GHz, nubia Focus 5G menawarkan performa superior. Selain itu, media penyimpanan data UFS3.1-nya memiliki kecepatan baca/tulis data yang dua kali lipat lebih cepat dibandingkan UFS2.2, menjamin pengoperasian ponsel yang semakin lancar. nubia Focus 5G series dijual mulai harga US$ 199. (Harga ritel bervariasi menurut pasar dan spesifikasi tertentu.)
nubia Neo 2 5G: Ponsel Gaming yang Lebih Baik bagi Seluruh Pengguna
nubia Neo series merupakan ponsel gaming yang lebih baik bagi seluruh pengguna. Pada 2023, nubia Neo generasi pertama diluncurkan di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Eropa, serta mendapat banyak pengakuan dari penggemar game.
Melanjutkan produk generasi pertama, nubia Neo 2 5G dilengkapi dual gaming shoulder trigger, mewujudkan pengalaman menyenangkan yang baru pertama kali hadir bagi mobile gamer. Tombol-tombol ini membantu mobile gamer mengatur fungsi ponsel sesuai seleranya. Hal ini meningkatkan pengendalian game secara signifikan. Keunggulan ini diwarisi dari desain produk sebelumnya, secara konsisten menggunakan desain bionic mecha yang sangat unik. nubia Neo 2 5G dilengkapi dengan modul kamera belakang berbentuk segi delapan, menampilkan elemen teknologi futuristik dan estetika mecha. Pada bagian depan, nubia Neo 2 5G memiliki layar 6,72 inci dengan refresh rate 120Hz demi pengalaman visual yang lebih halus dan jernih. Dengan baterai berkapasitas besar 6.000mAh dan pengisian cepat 33W, nubia Neo 2 5G mendukung semua pengguna menikmati game tanpa gangguan sepanjang hari. Gaming Space versi terbaru menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih dan praktis, memberikan kenyamanan ketika bermain game. Lebih lagi, nubia Neo 2 5G dilengkapi dual speaker dan audio DTS:X Ultra sehingga audio dalam game menjadi imersif dan realistis. nubia Neo 2 5G dijual mulai harga US$ 199. (Harga ritel bervariasi menurut pasar dan spesifikasi tertentu.)
nubia Music Series: Menawarkan Pengalaman Musik yang Imersif
Nubia Music Series memiliki volume yang lebih besar hingga 600% dibandingkan model biasa. Produk ini secara khusus dirancang agar semakin banyak orang dapat menikmati musik lewat speaker berkualitas tinggi dan algoritma volume ekstrem yang didukung AI. Dua headphone jack 3,5 mm memberikan pengalaman audio yang imersif dan mendukung fitur music sharing. Nubia Music Series dijual mulai harga US$ 149. (Harga ritel bervariasi menurut pasar dan spesifikasi tertentu.)
Terinspirasi dari slogan "Be Yourself", nubia berkomitmen menghadirkan beragam pilihan lewat desain, fitur, dan pengalaman berbeda bagi kaum muda. Lebih lagi, nubia siap berekspansi di pasar global secara luas dan akan meluncurkan produk baru mulai Maret 2024.
Informasi lebih lanjut tersedia di stan pameran ZTE (3F30, Hall 3, Fira Gran Via) di MWC Barcelona 2024, atau situs: https://www.zte.com.cn/global/about/exhibition/mwc24.html
TENTANG ZTE:
ZTE menghubungkan dunia dengan inovasi berkelanjutan demi menciptakan masa depan yang lebih baik. ZTE menyediakan teknologi inovatif dan solusi terintegrasi. Portofolio produk ZTE mencakup seluruh layanan nirkabel, jalur kabel, perangkat, dan telekomunikasi profesional. Melayani lebih dari seperempat penduduk dunia, ZTE bertekad menciptakan ekosistem digital yang berteknologi pintar, serta menghadirkan konektivitas dan aspek kepercayaan di setiap lokasi. ZTE terdaftar di Bursa Efek Hong Kong dan Shenzhen. www.zte.com.cn/global 
IKUTI ZTE:
Facebook www.facebook.com/ZTECorp
Twitter www.twitter.com/ZTEPress
LinkedIn www.linkedin.com/company/zte
YouTube www.youtube.com/@ZTECorporation
NARAHUBUNG MEDIA:
ZTE CorporationCommunicationsSurel: ZTE.press.release@zte.com.cn
Related stocks: HongKong:0763 Shenzhen:000063

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

Tarif Tol Cengkareng******

Tarif Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK) resmi naik mulai Sabtu (13/1) pukul 00.00 WIB. Tarif golongan I menjadi Rp27 ribu.
Tarif Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK) resmi naik mulai Sabtu (13/1) pukul 00.00 WIB. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK) resmi naik mulai Sabtu (13/1) pukul 00.00 WIB.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng selaku pengelola menegaskan penyesuaian tarif mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor: 1982/KPTS/M/2023. Belied itu diteken pada 29 Desember 2023 lalu.

Kenaikan tarif bervariasi, misalnya golongan I dari Rp25.500 menjadi Rp27 ribu. Sedangkan mobil golongan II dan III kini harus membayar Rp41 ribu, alias naik Rp3.000 dari tarif sebelumnya.

Tarif anyar ini akan berlaku pada 5 lokasi gerbang tol. Mulai dari Gerbang Tol Benda Utama, Tanah Tinggi, Buaran Indah, Pinang, dan Kunciran.

Jasamarga menegaskan jalan tol sepanjang 14,19 km ini melewati Kota Tangerang yang didominasi sektor industri dan tempat tinggal. Oleh karena itu, Jalan Tol CBK diklaim bisa menjadi alternatif angkutan industri.

Selain itu, CBK menjadi opsi untuk menjangkau Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tol ini juga bisa dipilih bagi mereka yang kerap pulang pergi dari Tangerang-Jakarta.

Berikut tarif terjauh (sistem tertutup) Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran:

Gol I: semula Rp25.500, menjadi Rp27 ribu
Gol II: semula Rp38 ribu, menjadi Rp41 ribu
Gol III: semula Rp38 ribu, menjadi Rp41 ribu
Gol IV: semula Rp51 ribu, menjadi Rp54.500
Gol V: semula Rp51 ribu, menjadi Rp54.500

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:39 togel

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot733
maxwin 5000x
voucher shopee hari ini
buku mimpi 2d 29
slot paling gacor jp
cara dapat uang di hago 2022
daftar situs judi slot gacor
buku 1000 mimpi 2d
pinjam uang di pegadaian
Daftar isi semua bab
Bab 1 90 di erek erek
Bab 2 pinjol dengan limit terbesar
Bab 3 buku mimpi 32
Bab 4 rtp untung138
Bab 5 geber88
Bab 6 voucher hokben
Bab 7 winsgoal
Bab 8 slot gacor siang ini
Bab 9 slot89
Bab 10 pro gaming 88 slot
Bab 11 pola kakek zeus maxwin
Bab 12 demoslotmonster
Bab 13 bonus new member 100 to x8
Bab 14 voucher shopee express
Bab 15 apk cicil hp
Bab 16 mas 4d slot
Bab 17 10 situs togel terpercaya
Bab 18 pinjol uangme legal atau ilegal
Bab 19 poker slot gacor
Bab 20 klikwin88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9896bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Penjelasan Guru yang Sebenarnya

id88
Kementan bakal memakai tambahan dana subsidi pupuk Rp14 T untuk penyaluran Maret 2024.
Kementan bakal memakai tambahan dana subsidi pupuk Rp14 T untuk penyaluran Maret 2024. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan tambahananggaransebesar Rp14 triliun akan dialokasikan untuk subsidi pupuksetelah masa tanam (MT) I atau pada Maret 2024.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan hal itu dilakukan karena pasokan pupuk untuk MT I Oktober 2023 hingga Maret 2024 masih mencukupi.

Ia merinci pada MT I, target tanam adalah seluas 6,3 juta hektare dan pupuk yang dibutuhkan 2,4 juta ton.

Kuntoro menyebut dengan tercukupinya kebutuhan pupuk bersubsidi untuk masa tanam pertama, maka anggaran tambahan Rp14 triliun yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dialokasikan untuk masa tanam berikutnya.

"Menteri pertanian telah menangkap kegelisahan petani di seluruh pelosok daerah yang meminta kepastian ketersediaan pupuk bersubsidi dan langsung mengusulkan anggaran tambahan. Alhamdulillah Presiden Joko Widodo telah menyetujui," jelas Kuntoro.

Selain memastikan stok pupuk bersubsidi mencukupi, Kementan juga saat ini telah mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi.

Lihat Juga :
Bahlil Bersuara soal Isu Djarum-Wings Hengkang dari Konsorsium IKN

"Sekarang petani cukup menggunakan KTP untuk menebus pupuk bersubsidi. Mereka bisa mengambil di kios-kios yang sudah mendata namanya," ujar Kuntoro.

Dengan adanya kepastian stok pupuk dan kemudahan akses, Kuntoro berharap petani bisa berproduksi dengan baik.

"Januari-Februari ini menjadi momen penting bagi semua petani padi sehingga kebutuhan pupuk sangat krusial. Kami akan terus memonitor dan memastikan pupuk bisa termanfaatkan dengan baik oleh mereka," pungkasnya.

Jokowi memang telah menambah anggaran pupuk subsidi kepada Kementan sebesar Rp14 triliun tahun ini. Penambahan ini diharapkan bisa menjawab keluhan petani yang mengatakan sulit mendapatkan pupuk subsidi.

Jokowi mengatakan hal tersebut sudah disampaikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar anggarannya dialokasikan.

"Di 2024 ini saya sudah ngomong ke menkeu agar subsidi pupuk ditambahkan senilai angka hitungan kita Rp14 triliun harus ditambah untuk menutup kekurangan pupuk yang ada di lapangan," ujarnya dalam acara Pembinaan Petani Se-Provinsi Jawa Tengah, Banyumas, Selasa (2/1).

Menurutnya, kebutuhan anggaran untuk subsidi pupuk tersebut sudah dikoordinasikan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Sri Mulyani untuk dibahas bersama DPR agar bisa disetujui dan segera direalisasikan.

"Tapi supaya rakyat juga tahu bahwa pengajuan seperti itu harus mendapatkan persetujuan DPR," jelasnya.

Jokowi juga menyebutkan sudah memanggil Dirut PT Pupuk Indonesia untuk mengetahui stok pupuk saat ini. Diharapkan tambahan subsidi dari anggaran Rp14 triliun tersebut bisa dijalankan pada paruh kedua 2024.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Air yang mengalir di masa muda sepertinya tidak ada jejaknya

digital slot login
Direktur Utama PT KAI Commuter (KCI) Asdo Artriviyanto blak-blakan soal wacana kenaikan tarif kereta rel listrik (KRL).
Direktur Utama PT KAI Commuter (KCI) Asdo Artriviyanto blak-blakan soal wacana kenaikan tarif kereta rel listrik (KRL). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT KAI Commuter (KCI) Asdo Artriviyanto blak-blakan soal wacana kenaikan tarif kereta rel listrik (KRL).

Asdo mengungkapkan pihaknya masih menunggu kepastian kebijakan itu dari regulator yang berwenang yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Itu masih di level regulator, kita kan operator hanya jalanin saja. Kalau secara sistem kita ikut dari regulator karena kita PSO, kalau pemerintah menetapkan kebijakan tarif kita, secara IT kita siapkan dan kita siap untuk melakukan itu," ujar Asdo dalam diskusi di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (11/1), seperti dikutip Detik.

Adapun struktur biaya PSO yang ditentukan Kemenhub terdiri dari biaya operasi mulai dari bahan bakar, perawatan kereta, pembayaran kru, hingga margin keuntungan 10 persen untuk KCI.

Tarif KRL sendiri sudah tidak naik sejak 2016. Kalaupun tarif naik, sambung Asdo, pihaknya hanya tinggal menjalankan.

"Kita kan terakhir naik di tahun 2016, sekarang belum ada kenaikan tapi tunggu tanggal mainnya aja. Kalau ditanya akan ada kenaikan? Mungkin ada, tapi tunggu tanggal mainnya," canda Asdo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada akhir 2022 menjelaskan skema tarif KRL akan diubah menjadi subsidi tepat guna.

Dalam hal ini, tarif KRL akan naik bagi masyarakat yang tergolong mampu ekonominya karenanya tidak mendapat subsidi.

Sementara, bagi masyarakat menengah ke bawah tarif KRL tetap terjangkau. Nantinya ada kartu baru yang diterbitkan untuk membedakan profil penumpang KRL.

Kendati demikian, wacana tersebut belum terealisasi hingga kini.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Master Paviliun Jingtian

mantap slot 1
Pengamat menyebut impor beras 3 juta ton  untuk 2024 yang diputuskan sejak Februari 2023 tak wajar. Mereka curiga ada motif politik di balik impor beras itu.
Pengamat mencium keanehan soal rencana impor beras 3 juta ton di 2024 karena sudah diputuskan sejak Februari 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah berencana kembali mengimpor 3 juta ton beras tahun ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah melalui Perum Bulogtelah menandatangani kontrak impor berassebesar 1 juta ton dari India.

Tak hanya 1 juta ton dari India, Jokowi juga bercerita dirinya berhasil mengamankan impor beras sebanyak 2 juta ton dari Thailand.

Kesepakatan impor beras Thailand ini dicapai saat pertemuannya dengan Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin di KTT Asean-Jepang beberapa waktu lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan rencana impor beras sebanyak 3 juta ton pada tahun ini sudah diputuskan sejak Februari 2023 lalu.

Menurutnya, dengan keputusan impor tersebut cadangan pangan Indonesia aman.

"Iya sudah disetujui tahun lalu bulan Februari," ucap Airlangga di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (9/1).

Airlangga pun menargetkan impor 3 juta ton beras itu sudah bisa mulai datang ke Tanah Air pada Maret 2024 mendatang.

"Sekarang sampai Maret diharapkan bisa masuk, sisanya kita lihat lagi kuartal per kuartal," ujarnya.

Lihat Juga :
Tim Anies Sebut WIKA dan Waskita Buat Negara Rugi: Rp150 T Melayang

Lantas wajar kah keputusan impor beras tahun ini sudah ditetapkan sejak tahun lalu?

Peneliti Center of Economic and Law Studies (Celios) Muhammad Andri Perdana mengatakan keputusan impor tahun ini yang diputuskan sejak awal tahun lalu tidak lah wajar. Menurutnya, proses impor sebenarnya tidak selama itu.

Ia mencontohkan yang terjadi saat akhir 2022 lalu, keputusan impor beras tergolong sangat cepat ketika Direktur Utama Bulog Budi Waseso pada November lalu mengatakan cadangan beras pemerintah (CBP) berada di bawah batas aman.

Secara cepat, sambungnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan langsung memberikan izin impor 500 ribu ton beras.

"Jadi keputusan impor beras untuk tahun ini memang terbilang aneh, apalagi jumlahnya sampai 3 juta ton. Padahal, target stok aman CBP untuk tahun lalu hanya sekitar 1,2 juta ton, yang mana stok saat ini saja sebenarnya sudah lebih mencukupi yakni 1,4 juta ton. Jadi dengan target 6,5 juta ton untuk awal tahun ini nilainya cukup membagongkan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/1).

Lihat Juga :
Alasan Sri Mulyani Tolak Penuhi Permintaan Anggaran Prabowo

Andri menyayangkan keputusan pemerintah yang mantap untuk mengimpor beras alih-alih melanjutkan swasembada pangan. Apalagi kesepakatan membeli 2 juta ton beras dari Thailand terjadi tidak sampai satu bulan yang lalu tepatnya saat KTT Asean-Jepang di mana saat itu stok CBP sebenarnya tidak memerlukan tambahan impor.

Karenanya, Andri melihat tidak heran jika ada anggapan bahwa keputusan impor beras bersifat politis dibandingkan keperluan sesungguhnya.

"Entah untuk membuat harga beras jadi lebih murah dan terkendali di tahun politik ini, atau bahkan digunakan untuk bagian dari pemasifan bantuan sosial. Dengan penjelasan pemerintah yang sekarang, asumsi tersebut tidak bisa terelakkan," katanya.

Senada, Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Eliza Mardian menilai keputusan impor beras tahun ini tidak sesuai kebutuhan data. Pasalnya kebutuhan di awal 2024 masih dapat dipenuhi dari sisa impor tahun lalu.

"Per Desember kemarin stok Bulog 1,6 juta ton, di ID Food kurang lebih 2 jutaan ton beras, di level daerah itu 6,7 juta. Per bulan kebutuhan beras nasional berkisar 2,25 sampai 2,5 juta ton," katanya.

Lihat Juga :
Mengecek Klaim Prabowo soal Anggaran Banyak Tak Disetujui Sri Mulyani

Eliza mengatakan puncak panen raya memang akan mundur sekitar tiga minggu hingga satu bulan. Namun, panen biasanya akan mulai sejak Maret. Sehingga dengan cadangan beras yang masih cukup, ia menilai seharusnya tidak perlu dilakukan impor di awal tahun.

"Jika impor memang tujuannya karena untuk memenuhi akibat kekurangan produksi dalam negeri, semestinya keputusan impor diambil setelah panen raya. Ini justru impor diputuskan sebelum panen," katanya.

Eliza mengatakan proses impor beras biasanya memakan waktu dua hingga empat bulan. Ia mengatakan biasanya defisit beras seolah terjadi di akhir tahun dan awal tahun sebelum panen raya. Namun menurutnya jika produksi dan konsumsi beras dihitung, yang terjadi sebenarnya justru surplus.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Eliza mengatakan produksi pada 2022 mencapai 31,54 juta ton sedangkan konsumsi hanya 30,2 juta ton. Kemudian pada 2023 produksi beras 30,9 juta ton sedangkan konsumsi hanya 30 juta ton.

"Berarti yang menjadi soal bukan hanya di produksi, tapi manajemen stok dan distribusi. Karena 90 persen distribusi beras dikendalikan swasta (masyarakat, penggilingan beras, korporasi)," katanya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Aneh Harga Naik Kencang di Tengah Banjir Beras Impor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Dewa Pedang Penelan Langit

togel kamboja togel kamboja
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan regangan Terowongan Cisumdawu imbas gempa Sumedang kecil dan masih kalah dengan efek perubahan suhu.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan regangan Terowongan Cisumdawu imbas gempa Sumedang kecil dan masih kalah dengan efek perubahan suhu. (CNBC Indonesia/Adi Andono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek langsung Terowongan Kembar Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat yang sempat viral dikabarkan retak akibat gempa bumiyang mengguncang Sumedang beberapa waktu lalu.

Usai mengecek, Basuki memastikan tidak ada retakan atau kerusakan lainnya di Terowongan Cisumdawu akibat gempa tersebut.

Ia mengatakan memang ada pola mirip retakan pada terowongan tersebut. Tapi itu bukan retakan, melainkan tumpukan debu/kotoran yang menempel pada permukaan beton tidak rata di terowongan.

Keamanan didasarkan pada hasil pengukuran SHMS (Structural Health Monitoring System) yang tidak menunjukkan kerusakan struktur terowongan akibat gempa. 

Ia mengatakan berdasarkan pengukuran SHMS, regangan terowongan akibat gempa bumi pada 31 Desember 2023 dan gempa susulan pada 1 Januari 2024 yang lalu relatif kecil.

Malahan katanya, regangan masih kalah akibat akibat perubahan suhu yang terjadi setiap hari.

"Jadi suhu siang-malam atau panas-dingin itu menyebabkan adanya regangan pada terowongan. Dampak dari gempa kemarin lebih kecil dari pengaruh perbedaan suhu harian pada terowongan ini. Terowongan ini dilengkapi dengan expansion joint untuk menyerap regangan tersebut, jadi secara struktural aman," jelasnya Rabu (10/1) seperti dikutip dari detikfinance.

Terowongan Cisumdawu memiliki panjang 472 meter. Terowongan itu sempat dikabarkan retak akibat gempa bermagnitudo 4,8 yang mengguncang Sumedang beberapa waktu lalu.

Hal itu juga dikonfirmasi Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari. Ia mengatakan pascagempa di Kabupaten Sumedang, ada keretakan di terowongan ganda Tol Cisumdawu.

"Gempa bumi yang M 4,8, ketiga menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Namun atas keretakan itu, dipastikan sementara tidak mengganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

sistem kehidupan tertinggi

situs slot tergacor dan terpercaya
Tahun ini PLN EPI pasok kebutuhan biomassa di 47 PLTU
Tumpukan biomassa untuk bahan bakar pembangkit listrik batu bara. PLN EPI selama tahun 2024 akan memasok 2,2 juta ton kebutuhan biomassa di 47 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN Grup. ANTARA/HO-PLN EPI
Jakarta (ANTARA) - PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) pada tahun ini akan memasok 2,2 juta ton kebutuhan biomassa di 47 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara milik PLN Grup.

Volume ini naik 220 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar 1 juta ton, kata Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan kebutuhan biomassa dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sebab, penggunaan biomassa ini mampu mereduksi emisi di PLTU, dan mengurangi porsi penggunaan energi fosil.

"Pada tahun ini kami akan memasok biomassa di 47 PLTU milik PLN Grup. Total kebutuhannya mencapai 2,2 juta ton. Ini naik signifikan dibandingkan realisasi tahun 2023," kata Mamit.

Mamit mengatakan kenaikan volume biomassa bagi pembangkit tidak perlu dikhawatirkan, sebab penggunaan biomassa tak akan mengerek biaya pokok produksi pembangkit. Harga biomassa yang terjangkau bahkan 1:1 dengan batu bara, sehingga membuat biomassa sangat ekonomis digunakan.

"Saat ini harga batu bara 5 - 6 sen dolar AS (sekitar Rp 7.795 - 9.354) per kilo Watt hour (kWh). Biomassa juga setara dengan itu. Jika dibandingkan dengan EBT lain, biomassa ini yang paling murah," tegas Mamit.

Reduksi emisi dari penggunaan biomassa di tahun 2024 ditargetkan bisa mencapai 2,4 juta ton CO2 equivalen. Meningkat dibandingkan realisasi penurunan emisi pada tahun 2023 sebesar 1,05 juta ton CO2 equivalen.

Pada tahun 2025, akan ada 52 PLTU yang menggunakan biomassa dengan total kebutuhan hingga 10,2 juta ton biomassa.

Untuk bisa menjaga pasokan, berbagai upaya dilakukan oleh PLN EPI antara lain, melakukan pemetaan digital untuk mengindentifikasi potensi biomassa yang mendukung perencanaan pasokan sebesar 2,2 juta ton pada tahun 2024 dan 10,2 juta ton pada tahun 2025.

Pada Februari 2023, PLN EPI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DIY, Keraton Yogyakarta, dan masyarakat Gunung Kidul, memanfaatkan lahan seluas 30 ha dengan penanaman 50 ribu pohon. Pembibitan saat ini siap tanam sebesar 50 ribu pohon dan target panen perdana tahun 2025 sebesar 25 ton/ha/tahun.

Baca juga: Dekan FTUI sebut biomassa berperan penting kurangi emisi karbon

Baca juga: PLN EPI manfaatkan limbah tepung aren untuk uji cofiring PLTU
 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024

api bintang

daftar slot mudah menang
Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menjelaskan duduk perkara tanah Bob Hasan bisa dimiliki Prabowo Subianto yang sempat disinggung Anies Baswedan.
Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menjelaskan duduk perkara tanah Bob Hasan bisa dimiliki Prabowo Subianto yang sempat disinggung Anies Baswedan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RIJusuf Kalla (JK) menjelaskan duduk perkara tanah Bob Hasan bisa dimiliki Prabowo Subianto, di mana kepemilikan lahan itu disinggung Anies Baswedan.

JK mengatakan tanah itu didapat usai Prabowo membeli pabrik kertas PT Kiani Lestari milik Bob Hasan pada 2004 silam. Pabrik itu punya lahan untuk hutan industri seluas 200 ribu hektare.

Mulanya, Prabowo menyambangi kantor Jusuf Kalla yang kala itu menjabat sebagai wapres dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). JK menyebut Prabowo ingin melebarkan bisnisnya dengan membeli pabrik Kiani Lestari yang saat itu terjerat kredit macet di Bank Mandiri.

Setelah Prabowo setuju membeli pabrik kertas milik Bob Hasan secara tunai, JK memerintahkannya untuk pergi bertemu Agus Martowardojo. Setelah keduanya bertemu untuk merampungkan proses pembelian, Prabowo sah menjadi pemilik pabrik tersebut.

JK menegaskan lahan tersebut bukan pemberiannya, melainkan dibeli langsung Prabowo dari Bank Mandiri. Pabrik kertas yang sebelumnya milik Bob Hasan itu ada di Berau, Kalimantan Timur, sedangkan lahannya berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Rupanya, karena ini pabrik kertas maka punya lahan luas. Hutan industri untuk menanam pohon bahan baku pabrik kertas. Luasnya di Penajam itu sampai 200 ribu ha. Jadi, hak pengelolaan (HPL) kira, hak guna usaha (HGU) saya tidak tahu. Lahan itu bagian dari pabrik kertas yang saya minta ke Bank Mandiri jual ke pengusaha nasional," tuturnya.

Namun, JK mengatakan bisnis pabrik kertas tersebut pada akhirnya tidak berkembang. Operasional pabrik yang tak mulus membuat lahan 200 ribu hektare itu juga tak dipakai.

"Pabriknya kalau tidak salah ada di Berau, lahannya ada di Penajam, itulah yang menjadi bagian dari IKN (IKN Nusantara). Saya tidak tahu jelas di mana tempatnya, saya cuma setuju itu untuk dijual kepada pengusaha pribumi nasional. Saya tidak punya hak memberikan (tanah ke Prabowo), yang memberikan itu Kementerian Kehutanan, tapi izinnya pabrik dan lahan," tutupnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti lahan 340 ribu hektare milik Prabowo. Pada debat capres ketiga, Minggu (7/1), Anies mengatakan kepemilikan tanah seluas itu merupakan ironi.

Anies menyebut Prabowo yang kini menjabat menteri pertahanan bisa punya lahan seluas itu, tetapi setengah dari total jumlah prajurit TNI di Indonesia justru tak memiliki rumah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)