petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

voucher grab hari ini

agen slot resmi terpercaya 49Jutaan kata 531346Orang-orang telah membaca serialisasi

《voucher grab hari ini》

Menakar Urgensi Pembangunan Bandara Bali Utara yang Diamuk Megawati******

Pengamat penerbangan meminta pemerintah mempertimbangkan urgensi pembangunan Bandara Internasional Bali Utara.
Pengamat penerbangan meminta pemerintah mempertimbangkan urgensi pembangunan Bandara Internasional Bali Utara. (Dok. Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Internasional Bali Utaramenjadi perdebatan. Proyek ini direncanakan untuk menopang operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tetapi kemudian ditendang dari proyek strategis nasional (PSN) dan pembangunannya diprotes Megawati Soekarnoputri.

Lalu bagaimana urgensi pembangunan bandara ini dari kacamata pengamat penerbangan?

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan Bandara I Gusti Ngurah Rai bakal overloaddalam 10 tahun mendatang. Proyeksi tersebut didasarkan pada landasan pacu yang hanya satu, serta peningkatan wisatawan ke Bali.

"Kita sudah ada pengalaman Bandara Kertajati (Majalengka). Pengalaman bandara-bandara lain yang setelah dibangun, tidak ada penerbangan, ekosistemnya tidak mendukung, industrinya tidak ada yang menarik untuk penumpang datang ke bandara tersebut. Nantinya justru akan mubazir," jelasnya kepadaCNNIndonesia.com, Selasa (17/1).

Ia tak menolak mentah-mentah rencana pembangunan bandara tersebut. Namun pemerintah perlu memikirkan konektivitas Bandara Bali Utara, misalnya membangun jalan tol, serta daya tarik pariwisata kawasan utara.

"Bali Utara itu ada daya tarik apa sehingga tidak semua penumpang yang mendarat di utara itu harus ke selatan. Apakah juga ada pengembangan pariwisata di sana dengan segala daya tarik dan ekosistemnya, ini yang harus dipikirkan," sarannya.

Lihat Juga :
Kronologi Bentrokan Maut PT GNI Versi Serikat Pekerja

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman menilai meski ada program 10 Bali Baru dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, permintaan wisatawan ke Bali tetap akan meningkat. Butuh solusi tepat untuk menampung peningkatan kapasitas penerbangan ke Bali.

"Yang jadi permasalahan mengenai Bandara Bali Utara adalah masalah timingdan master planuntuk pariwisata Bali sendiri bagaimana? Apakah akan terus digenjot jumlah wisatawannya atau tidak. Harus dilihat lagi bagaimana pemerataan pengembangan pariwisata di Bali dan infrastruktur transportasinya," tutur Gerry.

Menurutnya, tol lintas Bali bisa saja membantu penyebaran wisatawan. Namun, perlu diperhitungkan juga infrastruktur pendukung lain, seperti mutu dan kapasitas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk yang harus ditingkatkan.

Jika akses penyebrangan sudah oke, ia menyebut keberadaan Bandara Banyuwangi sebenarnya sudah cukup untuk menjangkau Bali Utara.

Lihat Juga :
Luhut Sebut BYD Group dan Tesla Siap Investasi Mobil Listrik

"Solusi tepatnya untuk Bali dalam jangka panjang tidak bisa hanya dengan bikin bandara baru, tetap optimalisasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, atau dengan genjot lewat (bandara) Banyuwangi, harus dipikirkan strategi menyeluruh," tandasnya.

Pengamat penerbangan Ziva Narendra Arifin menegaskan sudah tidak sepakat dengan skema atau desain master planBandara Bali Utara tersebut. Menurutnya, proyek tersebut tidak strategis dan secara teknis dan ekonomi penerbangan tidak tepat.

Ziva menilai jika pembangunan bandara tersebut dilanjutkan hanya akan berujung pada disoptimalisasi.

Ia mengingatkan bakal muncul konflik dengan volume penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Juanda di Surabaya, bahkan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai portal utama penerbangan internasional di Indonesia.

"Jadi saya melihat kalau proyek tersebut dilanjutkan hanya akan mubazir. Secara teknis penempatannya juga (kurang tepat). Sistem atau tatanan lalu lintas udara kita ini masih perlu banyak dikembangkan dari segi infrastruktur, teknologi, dan seterusnya," jelasnya.

Ia lantas berkaca dengan Bandara Kertajati di Majalengka yang sepi pengunjung. Selain itu, Ziva menyoroti soal lokasi Buleleng yang jauh dari pusat kota Bali di Denpasar.

Menurutnya, infrastruktur jalur darat harus dibenahi. Bahkan, dengan kondisi jalan yang sudah lebih nyaman dan berkembang pun, tetap saja jarak Bandara Bali Utara jauh dari pusat kota Bali.

"Jadi kembali lagi objektifnya dibangun bandara tersebut (Bandara Bali Utara) apa? Saya tidak melihat ada sebuah nilai positif secara ekonomi maupun strategi, justru saya tidak melihat nilai strategisnya di situ," tutup Ziva.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Daftar Taipan yang Makin Kaya Berkat Sawit******

Para taipan yang kaya berkat kelapa sawit ini tahun lalu mendapat berkah setelah harga minya kelapa sawit mentah (CPO) yang melambung di pasar internasional.
Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesia adalah salah satu negara penghasil produk kelapa sawitterbesar di dunia. Tak heran jika banyak pengusaha di dalam negeri yang tajir melintir dari bisnis tersebut.

Apalagi, pada tahun lalu harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) melambung ke titik tertinggi di pasar internasional. Tentu ini makin membawa berkah bagi para pengusaha yang ada di bidang ini.

Lantas, siapa saja taipan Indonesia yang memperoleh kekayaan dari kelapa sawit?

Pilihan Redaksi
  • Menteri Malaysia Mau Temui Airlangga Bahas Setop Ekspor Sawit ke Eropa
  • Petani Kritik Keras RI-Malaysia Ancam Setop Ekspor Sawit ke Eropa
  • Kronologi Ribut RI-Malaysia Vs Eropa Hingga Ancam Setop Ekspor Sawit

Tak hanya kelapa sawit, perusahaan ini juga mengelola komoditas perkebunan lainnya seperti budidaya karet, tebu, dan tanaman lainnya.

Mengutip data orang terkaya Forbes terbaru, saat ini Anthony Salim menduduki posisi kelima sebagai konglomerat terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US,5 miliar atau setara Rp112,5 triliun (kurs Rp15.000 per dolar AS).

2. Susilo Wonowidjojo

Susilo memang dikenal sebagai pengusaha sigaret dan rokok terkenal yakni Gudang Garam. Namun siapa sangka, sumber kekayaannya juga mengalir dari kelapa sawit melalui PT Matahari Kahuripan Indonesia alias Makin Group.

Perusahaan tersebut juga mengangkat nama Susilo menjadi orang terkaya ke-14 di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai US,5 miliar atau setara Rp52,5 triliun.

3 Taipan Lainnya yang Kaya Berkat Sawit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Profil Bandara Bali Utara, Ditendang dari PSN Hingga Diamuk Megawati******

Profil Bandara Internasional Bali Utara yang rencana pembangunannya diamuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dihapus dari PSN.
Profil Bandara Internasional Bali Utara yang rencana pembangunannya diamuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dihapus dari PSN. (Detik).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Internasional Bali Utara menjadi perhatian usai rencana pembangunannya diamuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain diamuk Mega karena dianggap hanya buang-buang duit, Bandara Bali Utara juga ditendang dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

Lantas, seperti apa sebenarnya profil Bandara Bali Utara tersebut?

Saat itu, Presiden Direktur PT BIBU Panji Sakti Made Mangku mengatakan pembangunan bandara memerlukan lahan sekitar 1.400 hektare hanya untuk runwaysaja, sedangkan 260 hektare lainnya untuk kebutuhan aero city.

Ambisi pembangunan bandara ini bahkan terlihat dari data yang disampaikan PT BIBU Panji Sakti, yang mengklaim proses pembangunan bakal membuka 240 ribu lapangan pekerjaan dan menambah 2,2 persen pendapatan bagi perekonomian Bali.

Mangku mengklaim sudah menggandeng sejumlah investor asing untuk mewujudkan bandara internasional baru di Pulau Dewata tersebut. Ada investor dari Kanada yang mengerjakan runwaybandara, investor Belarus yang mengerjakan aero city, serta investor dari Korea Selatan yang menggarap bangunan bandara.

Lihat Juga :
Alfamart Klarifikasi Viral Calon Karyawan Nangis Dimarahi Atasan

Pembangunan Bandara Bali Utara yang direncanakan di atas laut itu sempat terkendala penerbitan izin penentuan lokasi (penlok) dari Kementerian Perhubungan.

Pada Desember 2018, Menhub Budi Karya Sumadi meninjau langsung lokasi pembangunan Bandara Bali Utara, serta bertemu Gubernur Bali Wayan Koster.

Kala itu, Budi menyebut Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan Bandara di Bali Utara ini harus kolaborasi dan saling mengisi untuk mendukung pariwisata.

"Kami upayakan bandara I Gusti Ngurah Rai untuk penerbangan premium sedangkan bandara di Bali Utara ini untuk penerbanganlow cost carrier(LCC)," ucap Budi saat itu, dikutip dari situs resmi Kemenhub, Selasa (17/1).

Lihat Juga :
Cara Ikut Program Magang Magenta BUMN di Kantor Erick Thohir

Budi menjelaskan lokasi yang direncanakan untuk dibangun Bandara Bali Utara tersebut tidak mempunyai kendala berarti dalam hal pembebasan lahan. Hal tersebut dikarenakan lahan yang akan digunakan merupakan tanah adat milik desa.

Pengembang lantas mengusulkan rencana pembangunan Bandara Bali Utara dengan menyiapkan desain rencana pembangunan bandara melalui pendekatan yang relevan dengan kesesuaian tata ruang wilayah, aspek operasi dan keamanan penerbangan, serta aspek finansial, teknis, dan lingkungan.

"Kami mengajukan usulan desain rencana pembangunan Bandara Bali Utara di lepas pantai sebagairunway, didukung area daratan yang telah diperhitungkan dari sisi operasional keamanan bandara dan bebas dari situs budaya desa adat dan pura dalam hal ini menerapkan konsep kehati-hatian dalam pengalokasian tanah daratan yang relatif terbatas", jelas Direktur Utama BIBU Kinesis Indonesia Iwan Erwanto dalam keterangan resmi.

Sementara itu, lahan seluas 370 hektare yang ditinjau Menhub Budi Karya bakal dikerjasamakan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), sedangkan sisanya seluas 50 hektare akan memanfaatkan lahan Desa Adat Sanih.

Lihat Juga :
Kripto Teratas Kompak Melempem, Dogecoin Paling Parah

PT BIBU Panji Sakti juga menggandeng perusahaan asal China bernama China Construction First Group Corp Ltd (CCFG) yang merupakan anak perusahaan BUMN China State Construction Engineering Corp Ltd (CSCEC) untuk menggarap proyek tersebut.

Selain itu, BIBU juga menggandeng kontraktor lokal, yakni PT Pembangunan Perumahan, PT Waskita Karya, dan PT WIKA.

Pada pertengahan 2022, proyek ini ditendang dari daftar proyek strategis nasional (PSN). Proyek ini menjadi satu dari delapan proyek yang ditendang dari PSN karena kesulitan mencari investor.

"Kami keluarkan karena dukungan masyarakat nggak kuat, juga kajiannya lambat atau misalnya harus mencari mitra yang nggak gampang," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, Juli 2022 lalu.

Namun, Gubernur Bali Wayan Koster membantah pemerintah menghapus proyek Bandara Bali Utara dari PSN. Ia malah menegaskan bahwa proyek Bandara Bali Utara akan tetap dilanjutkan.

"Yang membatalkan siapa? Siapa bilang batal? Itu soal waktu," ujarnya usai meninjau pembangunan Pelabuhan Sanur bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Denpasar Selatan, Bali, Juli 2022 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)




bab terbaru:sevenslot777

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
limit aku laku
slot langsung maxwin
slot 168 vip
youtube slot gacor
trik hoki slot
58 bet
ratu3388
caspo77
slot gacor rekomendasi
Daftar isi semua bab
Bab 1 cukong77
Bab 2 189slot
Bab 3 situs gacor terpercaya 2022
Bab 4 gacor slot 168
Bab 5 laskar303
Bab 6 bukit4d
Bab 7 link slot malam ini
Bab 8 qqmilan
Bab 9 ggwp88
Bab 10 pinjol cicilan 24 bulan
Bab 11 game slot menggunakan dana
Bab 12 penjilat 2d
Bab 13 mimpi mancing belut togel
Bab 14 sipslot88
Bab 15 rtp rupiah138
Bab 16 voucher gosend januari 2022
Bab 17 situs slot 2022
Bab 18 link ratu slot
Bab 19 rtp taktik88
Bab 20 casino138
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7347bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Permainan emas kripton di dunia lain masih belum bisa dihentikan

slot gacor jp terus
Pendiri startup Frank, Charlie Javice, digugat oleh JP Morgan yang merasa tertipu saat akuisisi perusahaan rintisan itu. Berikut profil Charlie Javice.
Pendiri startup Frank, Charlie Javice, digugat oleh JP Morgan yang merasa tertipu saat akuisisi perusahaan rintisan itu. (dok. Daily Mail).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pendiri startupFrank, Charlie Javice, digugat oleh JP Morganyang merasa tertipu saat akuisisi perusahaan rintisan itu senilai US5 juta atau sekitar Rp2,6 triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Javice sempat masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 pada 2019 untuk kategori Finance. Daftar ini ditujukan bagi anak muda berusia di bawah 30 tahun yang dianggap memiliki kontribusi bagi masyarakat luas.

Dilansir dari Forbes, Charlie mendirikan Frank yang awalnya hanya beranggota 15 orang pada 2016. Perangkat lunak milik Frank ini bertujuan untuk mempercepat proses pengajuan pinjaman pelajar.

Javice digugat usai kebohongannya terbongkar oleh JP Morgan. Mulanya, JP Morgan meminta bukti selama uji tuntas mengenai daftar nama, alamat, tanggal lahir, dan informasi pribadi lainnya untuk 4 juta lebih pelajar, yang sebenarnya fiktif.

Temuan JP Morgan, Frank baru memiliki kurang dari 300 ribu akun pelanggan saat itu.

Kasus ini bukan kali pertama menimpa Javice. Dilansir dari Insider, pada 2017 lalu, Javice juga pernah dituduh melanggar merek dagang FAFSA milik pemerintah federal Amerika Serikat.

Lihat Juga :
Pin Khusus Ibu Hamil KRL Dijual Bebas di Marketplace

FAFSA adalah aplikasi gratis milik pemerintah untuk memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa yang mengajukan pinjaman.

Departemen Pendidikan menyatakan Frank dapat menyesatkan pelamar yang mencari situs resmi FAFSA pemerintah. Akibatnya, Javice pun harus mengganti nama situsnya.

Inovasi Javice dalam dunia keuangan sudah ditunjukkan sejak 2013 silam, sebelum ia lulus kuliah. Javice bahkan disebut sebagai "anak ajaib" sebab fokus membangun produk keuangan untuk orang-orang miskin dan pelajar.

Lebih jauh, sekolah bisnis Wharton menyebutnya "The Voice of a Microfinance Generation".

Perempuan kelahiran 1993 ini sempat menjadi Anggota Dewan Pengawas di Universitas Pennsylvania Hillel selama lebih dari tiga tahun dari September 2011 hingga 2015.

Selain itu, Javice juga menjabat sebagai Penasihat Khusus untuk Program Inkubasi Ventura (VIP) di Sekolah Bisnis Wharton sejak 2010 hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)

Protagonis wanita melakukan serangan balik, protagonis pria silakan pergi

kasqq
Menkomarinves Luhut Panjaitan mengatakan pemerintah-Tesla akan menggelar rapat pekan depan guna membahas rencana investasi mobil listrik di RI.
Menkomarinves Luhut Panjaitan mengatakan pemerintah-Tesla akan menggelar rapat pekan depan guna membahas rencana investasi mobil listrik di RI. (REUTERS/STAFF).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan pemerintah akan meladeni investasi Teslajika perusahaan asal Amerika Serikat itu berminat.

Luhut menyampaikan pemerintah masih terus berdiskusi dengan Tesla terkait rencana pembangunan pabrik di Indonesia. Namun, ia mengaku belum bisa membeberkan detail pembicaraan yang telah dilakukan.

"Ya mereka berminat, kita berminat," kata Luhut di Stadiom Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/1).

"Nanti akan diumumkan setelah difinalkan," ujarnya.

Luhut berkata pemerintah telah menyiapkan insentif investasi terkait rencana pembangunan pabrik Tesla. Dia menilai insentif itu cukup menarik dibandingkan dengan tawaran negara lain.

Sebelumnya, perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat Tesla dikabarkan akan berinvestasi di Indonesia. Jokowi pernah mengutus sejumlah menteri ke Amerika Serikat untuk membahas rencana itu.

Sejumlah pemberitaan menyebut Tesla akan segera membangun pabrik di Indonesia. Namun, bos Tesla Elon Musk membantah hal itu.

"Please be cautious about writing articles citing 'unnamed sources', as they are frequently false," tulis Elon di akun Twitter @elonmusk, Kamis (12/1).

[Gambas:Video CNN]



(dhf/agt)

Percaya pada Kerajaan Allah

situs judi online qq terpercaya
Harga tiket pesawat ke sejumlah rute favorit, seperti Jakarta-Bali hingga Jakarta-Surabaya, turun di awal 2023.
Harga tiket pesawat ke sejumlah rute favorit, seperti Jakarta-Bali hingga Jakarta-Surabaya, turun di awal 2023. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga tiket pesawat ke sejumlah rute favorit, seperti Jakarta-Balihingga Jakarta-Surabaya, turun di awal 2023.

Harga tiket ke rute-rute favorit paling murah kini hanya sekitar Rp600 ribu. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Minggu (15/1), harga tiket pesawat ke rute-rute favorit, termasuk Jakarta-Bali, turun drastis dari kisaran harga Rp3 jutaan sekali jalan.

Di aplikasi Tiket.com, untuk keberangkatan Senin (16/1) berkisar Rp708 ribu hingga Rp1,9 juta untuk kelas ekonomi.

Beralih ke situs Traveloka.com, harga tiket pesawat Jakarta-Bali untuk keberangkatan Senin (16/1) dipatok di kisaran Rp708 ribu hingga yang termahal Rp2,6 juta.

Lalu, rute Jakarta-Surabaya kini dipatok dengan harga Rp656 ribu hingga Rp2,7 juta. Sementara itu, harga tiket pesawat untuk rute Jakarta-Medan dihargai paling murah Rp935 ribu hingga termahal Rp3 juta sekali jalan.

Harga ini turun drastis dibandingkan akhir 2022 atau selama periode Nataru. Berdasarkan catatan redaksi, saat itu harga tiket rute Jakarta-Bali dibanderol seharga Rp1,48 juta hingga Rp3,13 juta untuk keberangkatan Sabtu (24/12).

Pada periode tersebut, harga yang ditawarkan untuk rute Jakarta-Surabaya di Tiket.com berkisar antara Rp1,15 juta hingga Rp3,25 juta. Sedangkan untuk rute Jakarta-Medan dipatok di kisaran Rp1,86 juta hingga Rp3,85 juta.

Berikut daftar harga tiket pesawat termurah di Tiket.com untuk keberangkatan 16 Januari:

[Gambas:Video CNN]

Jakarta-Bali

Trans Nusa: Rp708 ribu
Super Air Jet: Rp712 ribu
Sriwijaya Air: Rp725 ribu
Lion Air: Rp730 ribu
Air Asia: Rp778 ribu
Citilink: Rp778 ribu
Pelita Air: Rp798 ribu
Batik Air: Rp840 ribu
Garuda Indonesia: Rp1,9 juta

Jakarta-Surabaya

Super Air Jet: Rp656 ribu
Lion Air: Rp674 ribu
Pelita Air: Rp698 ribu
Lion Air: Rp727 ribu
Citilink: Rp784 ribu
Batik Air: Rp903 ribu
Garuda Indonesia: Rp2,7 juta

Jakarta-Medan

Citilink: Rp935 ribu
Super Air Jet: Rp953 ribu
Lion Air: Rp971 ribu
Air Asia: Rp972 ribu
Batik Air: Rp1,1 juta hingga Rp3,2 juta
Garuda Indonesia: Rp2,3 juta

Lihat Juga :
TAIPANAlice Walton, Pewaris Takhta Walmart yang Ogah Urusi Bisnis Keluarga
(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

superstar terbatas

slot banyak menang
Menteri Malaysia akan bertemu Menko Airlangga Hartarto pada Februari. Keduanya akan membahas rencana penghentian ekspor sawit ke Eropa,
Menteri Malaysia akan bertemu Menko Airlangga Hartarto pada Februari, membahas langkah penyetopan ekspor sawit ke Eropa, (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perladangan dan Komoditi MalaysiaFadillah Yusof disebut bakal bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartartountuk membahas rencana penyetopaneksporminyaksawit ke Uni Eropa (UE).

Direktur Eksekutif Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) Rizal Affandi Lukman menyebut langkah ini digagas untuk melawan praktik diskriminasi Eropa terhadap produk sawit.

"Statementakan hentikan ekspor sawit kan dari Deputi PM/Menteri Perladangan Malaysia. Beliau rencana akan bertemu Pak Menko Perekonomian untuk bahas posisi bersama menghadapi praktik diskriminasi oleh UE terhadap sawit," ujar Rizal kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/1).

"Sedang dicari waktu keduanya. Yang pas mungkin awal Februari," katanya.

Malaysia dan Indonesia mengancam akan menghentikan ekspor minyak sawit ke Eropa, sebagai respons terhadap undang-undang baru yang ditujukan untuk melindungi hutan atau deforestasi, serta memperketat penjualan produk minyak sawit.

Aktivis lingkungan disebut menyalahkan industri kelapa sawit atas maraknya pembukaan hutan hujan Asia Tenggara, meskipun Indonesia dan Malaysia telah membuat standar sertifikasi keberlanjutan wajib untuk semua perkebunan.

Fadillah Yusof mengatakan Malaysia dan Indonesia akan membahas undang-undang yang melarang penjualan minyak kelapa sawit dan komoditas lain yang terkait dengan deforestasi, kecuali importir dapat menunjukkan bahwa produksi barang spesifik mereka tidak merusak hutan.

Fadillah, yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri Malaysia, mendesak anggota CPOPC untuk bekerja sama menentang undang-undang baru tersebut dan memerangi "tuduhan tak berdasar" yang dibuat oleh UE dan Amerika Serikat tentang keberlanjutan minyak sawit.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

[Gambas:Video CNN]

Pangeran Daxia

pinjol yang ilegal 2022
Kementerian PUPR baru menyelesaikan 16 rumah susun (rusun) untuk para pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Kementerian PUPR baru menyelesaikan 16 rumah susun (rusun) untuk para pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian PUPR baru menyelesaikan 16 rumah susun (rusun) untuk para pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Nantinya, bakal ada 22 rusun pekerja konstruksi di ibu kota baru itu. Pembangunan rusun hunian pekerja konstruksi dimulai sejak 29 Agustus 2022 dan ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023.

"Pembangunan rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN terus berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06 persen," ungkap Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto beberapa waktu lalu.

Kompleks rusun hunian pekerja konstruksi IKN juga akan dilengkapi dengan fasilitas sosial dan umum, seperti masjid,mess hall, klinik, dan kantor perwakilan pengelola.

"Setiap rusun akan memiliki kamar tipe barak untuk pekerja, dilengkapi tempat tidur dan kamar mandi, sehingga para pekerja bisa tinggal dengan nyaman dan fokus dalam bekerja membangun infrastruktur di IKN Nusantara," jelas Iwan.

Lihat Juga :
Erick Minta Usut Tuntas Joki Rekrutmen Tes BUMN

Dalam proses konstruksi, Kementerian PUPR mengklaim menerapkan tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance(ESG).

Pertama, dengan menerapkan lean construction dan green construction. Kedua, memberikan fasilitas lebih layak bagi para pekerja konstruksi yang membangun IKN. Ketiga, membangun tata kelola konstruksi yang lebih rapi, sehat, efisiensi, dan efektif.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kecantikan hamil

mas win777
Mendag Zulkifli Hasan meyakini harga kedelai bakal turun dalam dua hari ke depan menjadi Rp11 ribu-Rp12 ribu per kg karena kedelai impor masuk.
Mendag Zulkifli Hasan meyakini harga kedelai bakal turun dalam dua hari ke depan menjadi Rp11 ribu-Rp12 ribu per kg karena kedelai impor masuk. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga kedelai bakal turun dalam dua hari ke depan, dari Rp14 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp11 ribu-Rp12 ribu per kg. Hal itu lantaran kedelai impor telah masuk ke Indonesia.

"Bulog impor kedelai, kedelai sudah sampai di Pelabuhan Merak. Oleh karena itu, satu sampai dua hari ini harga kedelai bisa Rp11 ribu sampai Rp12 ribu, turun dari Rp14 ribu, Rp12 ribu per kg," ujarnya dalam Rakornas Kepala Daerah 2023, Selasa (16/1).

Zulhas juga menyinggung soal pemerintah yang memutuskan untuk impor beras. Ia mengatakan impor beras dilakukan untuk melengkapi stok beras Bulog yang harusnya 1,2 juta ton, tetapi kemudian menyusut menjadi 300 ribu ton.

"Februari sampai Maret sudah enggak boleh impor lagi. Beras impor yang masuk ini agar segera dihabiskan," tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengimpor kedelai dari Amerika Serikat sebanyak 56 ribu ton pada Minggu (15/1).

Kedelai impor disebut digunakan sebagai stok untuk memenuhi permintaan dan konsumsi dalam negeri sehingga diharapkan dapat mengamankan ketersediaan dan menjaga harga kedelai tetap stabil.

"Kondisinya sekarang produksi dalam negeri masih belum mencukupi, maka pemerintah harus menyiapkan solusinya. Memang masih ada beberapa komoditas pangan yang bergantung pada impor karena kebutuhan masih lebih tinggi dibanding produksi dalam negeri, salah satunya kedelai," ungkap Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo dalam keterangan resmi.

Arief menambahkan kedelai tersebut akan dijual dengan harga Rp12 ribu per kg. Harga tersebut mengacu kepada Harga Acuan Penjualan (HAP) kedelai di tingkat konsumen sesuai dengan Peraturan Badan Pangan (Perbadan) Nomor 11 Tahun 2022.

Dalam Perbadan tersebut ditetapkan HAP kedelai di tingkat konsumen Rp11.400 per kg untuk kedelai lokal dan Rp12 ribu per kg untuk kedelai impor.

Ketersediaan kedelai dengan harga terjangkau ini diharapkan bisa menjaga stabilitas harga pangan berbahan dasar kedelai, seperti tahu dan tempe yang banyak dikonsumsi masyarakat. Hal ini sebagai upaya menjaga daya beli masyarakat dan mengendalikan inflasi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)