petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

daftar game slot

erek07 927Jutaan kata 137794Orang-orang telah membaca serialisasi

《daftar game slot》

Kemenpora ajak Red Sparks keliling TMII sebelum pulang ke Korsel******

Kemenpora ajak Red Sparks keliling TMII sebelum pulang ke Korsel
Para pemain dan ofisial klub voli Red Sparks menyaksikan pertunjukan Tari Kecak di TMII, Jakarta, Minggu (21/4/2024). ANTARA/HO-Kemenpora RI
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora RI, mengajak pemain dan ofisial klub voli Red Sparks untuk berkeliling mengenal ragam budaya Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, sebelum pulang ke Korea Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur LPDUK Kemenpora, Ferdinand Kamariki Tangkudung, mengatakan bahwa kegiatan itu menjadi kesempatan terakhir sebelum skuad asuhan Ko He-jin pulang ke negara asalnya pada Minggu (21/4) malam.

"Iya tadi kami antar Red Sparks city tour, sekaligus makan malam di TMII," kata Ferdinand dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin dini hari.

Lebih lanjut dia mengatakan, kedatangan rombongan klub itu disambut pengelola TMII dengan hangat, serta langsung mengajak tim untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak yang sedang berlangsung.

Menurut dia, Park Hye-min dan kawan-kawan tampak menikmati pertunjukan bersama para pengunjung lain yang memadati area tempat penampilan budaya khas Bali itu.

Bahkan, sesekali para pemain dan ofisial terlihat mengabadikan momen pertunjukan dengan kamera telepon genggam.

Ferdinand menambahkan, usai menonton Tari Kecak, rombongan lanjut untuk jelajah kekayaan bangsa Indonesia di miniatur wilayah Sabang sampai Merauke di TMII, menggunakan bus listrik dalam area seluas 363 hektare.

Semua rombongan, dikenalkan kekayaan dan keberagaman bangsa Indonesia mulai dari rumah, suku, adat istiadat hingga museum-museum penting.

Kemudian, tambah dia, kegiatan dilanjutkan dengan makan malam dengan menu nasi goreng dan sate ayam yang menjadi makanan favorit para penggawa Red Sparks.

Selain itu, semuanya juga diajak untuk menikmati layanan pijat tradisional khas Indonesia, guna menyegarkan kembali kondisi tubuh setelah menjalani pertandingan ekshibisi bertajuk Fun Volley Ball melawan Indonesia All Star pada Sabtu (20/4) lalu.

"Pertandingan sebelumnya yang luar biasa, memang menguras tenaga mereka karena bermain lima set. Jadi Minggu pagi juga sempat massage tradisional di Mustika Ratu," ujar Ferdinand.

Ia menyampaikan, pelayanan itu sesuai dengan permintaan dari pemain dan ofisial klub yang menginginkan pijat tradisional, serta memakan sejumlah buah khas dalam negeri seperti mangga dan manggis.

Baca juga: Kemenpora sebut laga lawan Red Sparks bangkitkan olahraga voli

Baca juga: Selebriti yakin kehadiran Red Sparks bangkitkan minat voli anak muda

Baca juga: Red Sparks sukses hibur pecinta bola voli di Indonesia Arena

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Buntut Erupsi Gunung Ruang******

Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini (18/4) imbas erupsi Gunung Ruang, Sitaro, Sulawesi Utara.
Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini (18/4) imbas erupsi Gunung Ruang, Sitaro, Sulawesi Utara. (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara imbas erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Penutupan sementara bandaradiumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) penutupan sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini.

PT Angkasa Pura I (AP I) selaku pengelola menyetop sementara operasional bandara lantaran adanya abu vulkanik hasil erupsi.

Menurutnya, tindakan itu diambil sebagai hasil koordinasi dengan otoritas Bandara, BMKG dan beberapa pemangku kepentingan lainnya.

"Hal ini penting kami putuskan karena dampak ini dapat membahayakan keselamatan bandara," imbuhnya.

Maya mengatakan bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya. Untuk sementara, pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Ia menjelaskan penutupan sementara ini telah diumumkan kepada penumpang melalui pengeras suara bagian informasi Bandara Sam Ratulangi.

"Kami memohon maaf atas penundaan keberangkatan para penumpang, ini merupakan faktor alam yang tidak bisa dihindari," ujarnya.

Akibat penutupan ini, beberapa jadwal penerbangan terganggu dan dibatalkan. Jadwal penerbangan dari Manado menuju Jakarta, Makassar, dan Sorong, mengalami penundaan. Demikian pula dengan kedatangan dari China dan Ternate.

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas.

Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 meter dari puncak.

Kemudian Rabu (17/4) pukul 20.15 WITA kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak. Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ruang.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Kenapa Harga Emas Melonjak Tembus Rp1,3 Juta Jelang Lebaran?******

Harga emas dunia terus menanjak hingga menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di level US.364 per troy ons pada Selasa (9/4). Berikut alasannya.
Harga emas dunia terus menanjak hingga menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di level US.364 per troy ons pada Selasa (9/4). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emas dunia terus menanjak hingga menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di level US.364 per troy ons pada Selasa (9/4).

Pantauan CNNIndonesia.com, per hari ini, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange Comex tercatat US.364 per troy ons atau menguat 0,57 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengikuti, harga emas di perdagangan spotjuga menguat 0,27 persen ke US.345 per troy ons pada perdagangan hari ini.

Sementara, harga jual kembali (buyback) emas batangan tetap Rp1.197.000 per gram.

Lantas mengapa harga emas melonjak?

Analis Komoditas dan Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan kenaikan harga emas dunia tidak terlepas dari ketegangan geopolitik di kawasan Timur Tengah dan Ukraina-Rusia. Pasalnya emas dipandang sebagai instrumen yang aman alias safe haven.

"Pemicu utama kenaikan harga emas karena emas dijadikan investasi karena status emas sebagai aset safe haven," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/2).

Lihat Juga :
Kemenperin Resmi Batasi Impor AC, TV, Mesin Cuci hingga Laptop

Aset safe havenadalah instrumen investasi yang tidak mudah terpengaruh gejolak di pasar keuangan. Selain itu, aset safe havenjuga tidak memiliki indikator pengaruh yang banyak dari pasar keuangan itu sendiri.

Contohnya, ketika pandemi virus corona semakin menyebar, tentu aktivitas ekonomi tidak bisa berjalan, sehingga prospek ekonomi memburuk. Hal ini membuat pemerintah dan bank sentral di dunia 'panik' menggelontorkan stimulus fiskal dan moneter, termasuk menurunkan tingkat suku bunga acuan dan kebijakan lain di pasar keuangan yang berdampak pada investor.

Indikator memburuknya perekonomian ini, biasanya langsung mempengaruhi aset berisiko, seperti saham. Sebab, investor dan trader biasanya menggunakan pertimbangan prospek ekonomi untuk investasi.

Ketika prospek memburuk, mereka akan cenderung menahan diri untuk menambah investasi di saham.

Lihat Juga :
TAIPANAl-Waleed bin Talal, Raja Investasi Muslim Saudi Berharta Rp235 T

Hal ini berbeda dengan emas. Emas biasanya tidak mudah dipengaruhi oleh sentimen-sentimen yang datang dan pergi di luar instrumen seperti itu. Emas biasanya terpengaruh pada faktor fundamental, misalnya posisi cadangan emas dan perdagangan emas itu sendiri.

Ariston menambahkan harga emas juga naik karena beberapa negara membeli emas dalam jumlah besar seperti China yang cadangan emasnya di akhir Maret 2024 ini meningkat sekitar 160 ribu ons dibandingkan bulan sebelumnya.

Melihat momentum saat ini, Ariston memperkirakan peluang harga emas naik masih terbuka hingga menyentuh US.400 per troy ons.

Namun di sisi lain, ia melihat kisaran harga emas sudah berada di level tinggi yang tentunya membuka peluang penurunan dalam karena pelaku pasar institusi berpotensi melakukan realisasi profit.

Lihat Juga :
Menhub: Pemudik via Tol Lebih Suka Keluar Malam Hari, Siang Kosong

Karena itu, ia menyarankan masyarakat yang ingin membeli logam mulia mempertimbangkan selisih harga jual kembali (buyback) dengan harga beli.

"Kalau beli sekarang tentu tidak bisa jual dalam beberapa minggu atau bulan dengan spread (selisih harga)yang cukup besar. Untuk yang sudah memiliki lama bisa dijual dulu untuk merealisasikan profit dan membeli lagi ketika terjadi koreksi dalam," katanya.

Sementara itu, Analis Komoditas dan Pasar Uang Lukman Leong mengatakan harga emas yang naik tinggi dan cepat akhir-akhir ini disebabkan oleh fear of missing out(FOMO) sejumlah investor pasar.

"Jadi mereka berusaha masuk ke pasar lebih awal," katanya.

Ia memperkirakan kenaikan harga emas akan berlangsung lama. Hingga akhir tahun, ia memperkirakan harga emas dunia bakal mencapai US.500 per troy ons.

Karena itu, ia menyarankan masyarakat untuk membeli emas saat ini.

"Masih beli dong, (harga) masih akan naik tinggi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)




bab terbaru:slot natal

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
roboslot
cara mengajukan pinjaman online
erek erek anjing
cara wd slot ke akun dana
rtp slot pg soft
pinjaman online yang langsung cair
togel slot terpercaya
nagaslot168
buku tafsir mimpi 2d bergambar erek erek terlengkap terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot via pulsa tanpa potongan
Bab 2 sky77 rtp
Bab 3 erek erek dewa langit
Bab 4 logam77 slot
Bab 5 bocoran slot gacor
Bab 6 link slot minimal deposit 1000
Bab 7 babawins
Bab 8 joker188
Bab 9 situs slot gacor bulan ini
Bab 10 slot online baru
Bab 11 zend4d
Bab 12 bulan 88 slot
Bab 13 seribu mimpi 32
Bab 14 maindomino99
Bab 15 anakan kredivo
Bab 16 pahlawan 88 slot
Bab 17 tiara4d
Bab 18 daftar judi slot terpercaya
Bab 19 duniabet88
Bab 20 demo slot parametrik
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5524bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Kelahiran kembali Naruto

buku mimpi 42
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan PNS bakal pindah ke IKN Nusantara usai HUT Kemerdekaan RI pada Agustus tahun ini.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan PNS bakal pindah ke IKN Nusantara usai HUT Kemerdekaan RI pada Agustus tahun ini. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono mengungkapkan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) bakal pindah ke IKN Nusantara usai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Agustus tahun ini.

"Kalau untuk ASN sendiri, rencananya akan digelar Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, dan baru setelah itu ASN pindah ke IKN," ujar Basuki di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/4).

Ia mengatakan kepindahan PNS dilakukan pada waktu tersebut karena hunian serta bangunan kantor di IKN akan terlebih dahulu digunakan bagi petugas yang melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di sana.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengatakan rencana tersebut molor karena persoalan ketersediaan tempat tinggal.

"Rencananya itu kan Juli. Kemudian, atas arahan dari Mensesneg yang terbaru, koordinasi dengan Kemenpan RB, Insya Allah nanti sebelum Oktober, kira-kira September," kata Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2).

Anas mengatakan apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan upacara 17 Agustus. Dengan demikian, tempat tinggal itu belum bisa digunakan untuk para abdi negara.

Tempat tinggal yang tersedia pun belum seperti yang direncanakan. Awalnya, pemerintah berencana memindahkan 9 ribu orang ASN pada gelombang pertama pemindahan IKN.

"Kurang lebih enam ribu. Ini kita sesuaikan nanti terkait dengan penyelesaian tower-tower yang sudah selesai, tentu akan berkembang lagi," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Pedang Tanpa Jiwa

depo 100 bonus 100 to rendah
Kulkas side by side (SBS) turun harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart. Hematnya sampai Rp3 jutaan!
Ilustrasi. Kulkas side by side (SBS) turun harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart. Hematnya sampai Rp3 jutaan! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon fantastis untuk pelanggan setianya di seluruh Indonesia.

Kulkas side by side (SBS) turun harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart. Hematnya sampai Rp3 jutaan!

Lihat Juga :
Serbu Transmart Sekarang, Belanja Kebutuhan Harian Diskon sampai 20%

Pesta diskon ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4). Mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan syarat pembayaran menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Jadi pastikan bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Bagi yang belum memiliki Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgradeakunnya ke Allo Prime.

Yuk ke gerai Transmart terdekat sekarang juga dan bawa pulang kulkas SBS dengan diskon fantastisnya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Yaozei

bonus maxwin slot
Klasemen Liga Inggris: Arsenal dan Liverpool bersaing ketat
Gelandang Dominik Szoboszlai (dua kiri) bersama para pemain Liverpool . ANTARA/AFP/Oli Scarff/aa.
Jakarta (ANTARA) - Arsenal dan Liverpool bersaing ketat memperebutkan posisi pertama klasemen sementara Liga Inggris setelah kembali ke jalur kemenangan pada pekan ke-34.
The Gunners tercatat mampu meraih kemenangan ketika bertandang ke markas Wolves dengan skor 2-0 di Stadion Molineux, Wolverhampton, Sabtu malam.
Sementara itu Liverpool berhasil mengamankan tiga poin setelah menaklukkan Fulham 3-1 di Stadion Craven Cottage, London, Minggu malam. Kini kedua tim telah sama-sama mengumpulkan 74 poin dari 33 pertandingan, namun Arsenal berada di peringkat pertama karena unggul selisih gol, sedangkan Liverpool berada di posisi kedua. Posisi Arsenal dan Liverpool sangat mungkin kembali turun pada pekan-pekan selanjutnya karena pekan ini Manchester City yang berada di peringkat ketiga klasemen sementara tak bermain karena berlaga di semifinal Piala FA.
Selain itu, Aston Villa mengokohkan posisi mereka di peringkat keempat klasemen sementara Liga Inggris setelah mengalahkan Bournemouth dengan skor 3-1 di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu malam. Skuad asuhan Unai Emery tercatat kini telah mengumpulkan total 66 poin dari 34 pertandingan dan semakin membuka peluang mereka lolos ke Liga Champions musim depan. Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-34: Luton Town 1 - 5 Brentford
Sheffield United 1 - 4 Burnley
Wolves 0 - 2 Arsenal

Everton 2 - 0 Nottingham Forest
Aston Villa 3 - 1 Bournemouth
Crystal Palace 5 - 2 West Ham
Fulham 3 - 1 Liverpool Berikut klasemen sementara Liga Inggris, Senin dini hari WIB: 
NoTimMainSGPoin
1Arsenal335174
2Liverpool334374
3Manchester City324473
4Aston Villa342166
5Tottenham Hotspur321660
6Newcastle United321750
7Manchester United32-150
8West Ham32-948
9Chelsea31947
10BrighBrighton32244
11Wolves33-743
12Fulham34-442
13Bournemouth33-1242
14Crystal Palace33-1436
15Brentford34-735
16Everton33-1430
17Nottingham Forest34-1826
18Luton Town34-2825
19Burnley34-3223
20Sheffield United33-5716

Baca juga: Liverpool kembali ke jalur kemenangan setelah taklukkan Fulham 3-1

Baca juga: Aston Villa tekuk Bournemouth, Crystal Palace hancurkan West Ham

Baca juga: Everton jauhi zona degradasi setelah tekuk Forest 2-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

badai setan

bo slot 888
Nilai tukar rupiah bertengger di Rp15.848 per dolar AS pada Jumat (5/4) sore. Mata uang Garuda menguat 44 poin atau 0,28 persen dari perdagangan sebelumnya.
Nilai tukar rupiah bertengger di Rp15.848 per dolar AS pada Jumat (5/4) sore. Mata uang Garuda menguat 44 poin atau 0,28 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiah bertengger di Rp15.848 per dolar ASpada Jumat (5/4) sore. Mata uang Garuda menguat 44 poin atau 0,28 persen dari perdagangan sebelumnya.

Senada, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp15.873 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Mata uang di kawasan Asia bergerak bervariasi. Tercatat, baht Thailand menguat 0,14 persen, dolar Singapura menguat 0,03 persen, rupee India menguat 0,16 persen, dan yen Jepang menguat 0,04 persen.

Sementara, mayoritas mata uang di negara maju terpantau bergerak di zona merah. Tercatat, poundsterling Inggris melemah 0,11 persen dan dolar Australia melemah 0,10 persen.

Lalu, dolar Kanada melemah 0,16 persen dan franc Swiss minus 0,30 persen. Hanya euro Eropa yang menguat 0,02 persen.

Analis pasar uang Lukman Leong mengatakan rupiah menguat terhadap dolar AS yang disebabkan oleh intervensi dan ekspektasi Bank Indonesia (BI) akan menaikkan suku bunga 25 basis poin (bps) pada pertemuan berikutnya untuk menjaga rupiah di bawah Rp16 ribu.

"Dari data ekonomi, cadangan devisa Indonesia turun US miliar ke US0 miliar, lebih besar dari perkiraan untuk turun US miliar," kata dia kepada CNNINdonesia.com.

(del/agt)

Dewa kekayaan kota

cicil laptop
Pengusaha khawatir pelemahan nilai tukar rupiah hingga ke level bawah Rp16 ribu usai lebaran bisa memukul industri dan daya beli masyarakat.
Pengusaha khawatir pelemahan nilai tukar rupiah hingga ke level bawah Rp16 ribu usai lebaran bisa memukul industri dan daya beli masyarakat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha resah dengan nilai tukar rupiahyang tembus Rp16 ribu perdolar ASdalam beberapa hari terakhir.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan pelemahan rupiah salah satunya disebabkan oleh konflik Timur Tengah. Pelemahan rupiah katanya akan berdampak pada kenaikan biaya produksi maupun biaya beban utang yang nilainya dalam dolar AS.

Pelemahan rupiah katanya akan paling berpengaruh bagi sektor industri yang bergantung pada bahan baku impor, seperti manufaktur.

Arsjad menambahkan pelemahan rupiah juga berdampak pada instrumen finansial di Indonesia seperti emas, minyak mentah, dan imbal hasil treasury 10-tahun (US10Y bond yield) yang telah mengalami peningkatan.

Risiko yang ditimbulkan terhadap pasar finansial katanya terus meningkatkan kekhawatiran pelaku pasar yang  bisa dilihat dari tekanan capital outflow.

Karena itu, Kadin berharap berharap pemerintah dapat tanggap melakukan berbagi kebijakan fiskal sehingga inflasi dan daya beli masyarakat dapat terus terjaga. Kadin juga berharap Bank Indonesia (BI) memperhatikan arah kebijakan suku bunga serta strategi pengendalian nilai tukar untuk menjaga kepercayaan pada pasar.

Kerja sama strategis regional katanya perlu terus dikomunikasikan segera dengan berbagai bank sentral dunia demi mengantisipasi dampak regional dan global eskalasi konflik.

Arsjad menambahkan Kadin juga terus mendukung pemerintah menggencarkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) terutama bagi produk atau industri yang masih bergantung pada impor.

"Sehingga jika ada situasi 'shock' pada nilai tukar, biaya produksi dan industri secara garis besar tidak akan terlalu terdampak," kata Arsjad.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan pelemahan rupiah akan berpengaruh pada industri manufaktur nasional yang masih perlu mengimpor bahan baku dan barang modal. Apalagi katanya 70 persen dari total impor nasional adalah impor bahan baku atau penolong industri.

" Jadi dampak terhadap kenaikan overhead cost usaha industri manufaktur akan sangat memberatkan," katanya.

Shinta mengatakan pelemahan rupiah akan dirasakan oleh semua subsektor manufaktur. Maklum, semua industri manufaktur nasional umumnya punya kebutuhan impor bahan baku atau penolong dan impor barang modal yang tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Ia menambahkan akan ada banyak industri manufaktur yang menekan volume produksi karena kenaikan beban biaya yang dikeluarkan perusahaan tapi tidak berhubungan langsung dengan proses produksi.

Menurutnya, tidak semua pelaku industri manufaktur bisa menanggung kenaikan beban produksi yang tinggi akibat pelemahan rupiah.

"Tahun lalu saja kami lihat beberapa industri secara voluntarymenghentikan produksi sementara karena bahan baku impor yang menjadi mahal karena pelemahan nilai tukar," katanya.

Jika rupiah terus melemah selama lebih dari sebulan, Shinta mengatakan maka harga jual barang bisa naik. Imbasnya pertumbuhan penjualan atau konsumsi melambat dan tingkat inflasi akan naik di atas target inflasi nasional.

Lihat Juga :
ESDM Ajukan Revisi Aturan Beli LPG Buntut Kasus Prilly Latuconsina
(fby/agt)

Suamiku adalah seekor rubah tua

airbet88 slot link alternatif
Gol Josep Stanisic selamatkan Leverkusen dari kekalahan atas Dortmund
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso menggenggam replika trofi juara Liga Jerman setelah timnya dipastikan menjuarai Liga Jerman berkat kemenangan 5-0 atas Werder Bremen di BayArena, Leverkusen, Minggu (14/4/2024). ANTARA/AFP/Ina Fassbender/am.
Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen selamat dari kekalahan setelah gol Josep Stanisic memaksa laga melawan Borussia Dortmund berakhir imbang 1-1 dalam lanjutan pekan ke-30 Bundesliga 2023/24 di Signal-Iduna Park pada Minggu (21/4) malam WIB.  Leverkusen sendiri sudah memastikan juara Bundesliga musim pekan lalu, tetapi tetap menurunkan tim terbaiknya demi menjaga catatan tak terkalahkan musim ini. Leverkusen langsung tampil ofensif sejak kick-off, tetapi mereka kesulitan untuk membongkar pertahanan Dortmund. Leverkusen mencatatkan total enam percobaan, tetapi cuma satu yang mengarah ke gawang. Sedangkan Dortmund cuma sekali melakukan tembakan on target dari total tiga percobaan. Babak pertama berakhir tanpa gol. Dortmund dan Leverkusen tetap bermain menyerang di babak kedua demi memecahkan kebuntuan, tetapi sejumlah upaya dari kedua tim masih belum menghasilkan gol. Kebuntuan baru pecah pada menit ke-81 saat Niclas Fuellkrug menjebol gawang Lukas Hradecky. Umpan silang Marcel Sabitzer disambut dengan sepakan voli Fuellkrug yang tidak bisa dihentikan Hradecky. Skor menjadi 1-0. Saat Leverkusen terlihat akan menelan kekalahan pertama mereka musim ini, Stanisic menjadi penyelamat dengan mencetak gol penyeimbang. Gol tersebut tercipta pada menit ke-97 saat Leverkusen mendapat sepak pojok. Florian Wirtz memberikan umpan dari tendangan sudut yang disundul Josep Stanisic tanpa bisa dihentikan kiper Gregor Kobel. Skor 1-1 menutup pertandingan, dengan begini catatan tanpa terkalahkan Leverkusen berlanjut hingga 45 laga dan kini punya 80 poin di puncak Bundesliga dari 30 laga. Sedangkan Dortmund gagal merebut posisi empat dari RB Leipzig dan tetap tertahan di urutan kelima dengan 57 poin, selisih dua poin.


Baca juga: Tuchel senang dengan catatan tiga kemenangan beruntun Muenchen
Baca juga: Bayern Muenchen menang telak 5-1 saat bertandang ke Union Berlin
Baca juga: Setelah juarai Bundesliga, Alonso sebut Leverkusen masih lapar trofi

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024