petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara bayar tokopedia kredivo

cuan 77 slot 526Jutaan kata 8267Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara bayar tokopedia kredivo》

Penutupan Bursa 2023, Saham BBNI Naik 16,53 Persen******

saham BBNI ditutup pada harga Rp5.375 per lembar atau naik 16,5 persen secara Year to Date (YTD), dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp200,5 triliun.
Saham BBNI ditutup pada harga Rp5.375 per lembar atau naik 16,5 persen secara Year to Date (YTD). Foto: Arsip BNI
Jakarta, CNN Indonesia--

Saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengalami penguatan positif sepanjang tahun. Bahkan, hingga penutupan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (29/12) saham bank pelat merah ini menguat.

Adapun saham BBNI ditutup pada harga Rp5.375 per lembar atau naik 16,5 persen secara Year to Date(YTD), dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp200,5 triliun.

Pencapaian ini diiringi dengan penguatan nilai market cap hingga Rp200,5 triliun, yang tercatat sebagai pencapaian terbesar dalam sejarah perseroan. Didukung oleh net foreign buysebesar Rp3,5 triliun atau setara dengan 1,75 persen dari total market cap.

"Kami bersyukur dengan penguatan saham BBNI sepanjang tahun ini. Hal ini akan mendorong kami untuk mencatatkan kinerja yang lebih baik di masa depan," ujar Novita dikutip Sabtu (30/12).

Novita menegaskan, komitmen perseroan untuk mencapai profitabilitas yang semakin sehat dan berkelanjutan, memberikan nilai optimal bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama para pemegang saham.

"Secara konsensus, analis menargetkan fair value saham BNI di kisaran Rp5.800 per lembar, dengan ekspektasi harga saham BNI terus meningkat seiring kinerja keuangan yang sehat," ujarnya.

Menurut Novita, 2023 merupakan periode yang menantang bagi BNI dalam menjaga kinerja di pasar modal. Meski menghadapi tantangan ekonomi global, konflik geopolitik, dan peningkatan suku bunga, BNI telah menyiapkan langkah strategis untuk mempertahankan momentum kinerja dan kepercayaan investor.

"Kami konsisten dalam melaksanakan transformasi yang berorientasi pada penguatan fundamental, terlihat dari perbaikan Cost of Fund dan penurunan profil risiko. Kami juga fokus pada transformasi bisnis perusahaan anak, seperti yang sedang diimplementasikan di BNI Finance dan hibank," katanya.

Adapun hingga September 2023, BNI membukukan laba sebesar Rp15,8 triliun, tumbuh 15,1 persen YoY. Pertumbuhan laba didorong oleh penyaluran kredit yang tumbuh 7,8 persen YoY menjadi Rp671,4 triliun hingga September 2023.

Kinerja pertumbuhan kredit tersebut didorong oleh ekspansi di segmen korporasi blue chip, kredit konsumer, dan bisnis Perusahaan Anak.

Kualitas aset BNI juga terus membaik, dengan penurunan rasio NPL per September 2023 ke level 2,3 persen dari 3,0 persen pada periode yang sama tahun lalu, dan rasio LaR yang membaik dari 19,3 persen pada September 2022 menjadi 14,4 persen pada September 2023.

"Kami berkomitmen untuk membukukan pertumbuhan berkualitas guna menghasilkan return optimal bagi para pemegang saham dalam jangka panjang," kata dia.

(inh/inh)

Percepat pengembangan kecerdasan buatan, China bangun Pusat Inovasi AI******

Percepat pengembangan kecerdasan buatan, China bangun Pusat Inovasi AI
Sejumlah pengunjung mencoba berinteraksi dengan robot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam sebuah acara pameran di Beijing, China. ANTARA/Xinhua
Beijing (ANTARA) - Model besar kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang diwakili oleh ChatGPT, memimpin gelombang baru pengembangan teknologi AI global, dengan penelitian baru terkait dan munculnya beragam produk-produk baru.

Baru-baru ini, kemunculan Sora, model AI yang mampu menciptakan adegan realistis dan imajinatif dari instruksi teks, juga telah kembali menarik perhatian pada AI.

Teknologi AI merupakan kekuatan pendorong yang signifikan untuk produktivitas baru. Dalam beberapa tahun terakhir, China sangat mengutamakan pengembangan AI sehingga banyak tempat telah memperkenalkan serangkaian langkah untuk memanfaatkan peluang-peluang tersebut, yang menghasilkan perkembangan teknologi dan industri AI yang pesat.

Teknologi seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, robot cerdas, realitas virtual (virtual reality/VR), kendaraan swakemudi, banyak digunakan dalam kehidupan sosial China, yang mencakup berbagai bidang seperti pendidikan, perawatan medis, ilmu pengetahuan dan teknologi, logistik, pertanian, hiburan. Sejumlah perusahaan backboneterkemuka pun berkembang pesat.

Guna mendukung pengembangan AI, pemerintah China telah memperkenalkan sejumlah kebijakan penelitian dan pengembangan (litbang) teknologi ilmiah, mendorong penerapan dan pengembangan industri, mengoordinasikan peningkatan inovasi skenario AI, serta berfokus pada pemecahan masalah penerapan dan industrialisasi utama.

Menurut Perencanaan Pengembangan Generasi Baru Kecerdasan Buatan (Development Planning for a New Generation of Artificial Intelligence), pada 2030, teori, teknologi, dan penerapan AI di seluruh dunia akan mencapai level maju secara umum.

China bertekad menjadi pusat inovasi AI utama di dunia. Dan skala industri inti AI akan menembus satu triliun yuan yang akan mendorong skala industri terkait melampaui 10 triliun yuan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kota di China telah mempercepat integrasi sumber daya inovasi untuk memanfaatkan peluang pengembangan AI, mendorong pembuatan sistem teknologi independen AI, dan pengembangan industri.

Beijing merupakan daerah dengan sumber daya talenta AI yang terkonsentrasi, kemampuan litbang dan inovasi yang kuat, serta iterasi produk yang aktif di China.

Menurut laporan yang dirilis oleh Institut Strategi Pengembangan Kecerdasan Buatan Generasi Baru China (Chinese Institute of New Generation Artificial Intelligence Development Strategies/CINGAI), dari sekitar 2.200 perusahaan AI di negara itu, Beijing menyumbang sekitar 28 persen, menempati urutan pertama di antara semua provinsi dan kota di negara itu.
 
Foto yang diabadikan pada 29 Februari 2024 ini menunjukkan sebuah kegiatan di sela-sela kegiatan Konferensi Pengembangan Inovasi Industri Kecerdasan Buatan Beijing yang digelar di Beijing, China. (Xinhua)   

Beijing saat ini memiliki 122 tim inovasi model besar, menempati peringkat pertama di China dan mencakup sekitar separuh dari jumlah tim terkait di negara itu, menurut laporan resmi dari Komisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kota Beijing.  

Tahun lalu, Beijing merilis sebuah rencana terperinci untuk mendorong pengembangan AI. Menurut rencana tersebut, skala industri inti AI Beijing ditargetkan mencapai 300 miliar yuan pada 2025, mempertahankan pertumbuhan lebih dari 10 persen, yang pada dasarnya menjadi sumber inovasi AI dengan pengaruh global.

Saat ini, Beijing sedang mempercepat penyusunan teori dasar frontier dan teknologi inti utama AI.

Pada saat yang sama, provinsi dan kota lainnya seperti Guangdong, Shanghai, Jiangsu, Anhui, dan Sichuan juga memanfaatkan peluang AI dan melakukan kerja sama erat dalam teknologi terkait. Misalnya, Kota Shenzhen berencana membangun zona percontohan pengembangan inovasi nasional dan zona percontohan penerapan inovasi untuk AI.

Langkah-langkah khusus akan diterapkan untuk mendukung pengembangan AI sebagai proyek ilmiah dan teknologi utama, termasuk meneliti dan mengembangkan produk inovatif berdasarkan teknologi arus utama internasional, meningkatkan teknologi utama dan kemampuan inovasi produk.

Shanghai juga mempercepat peningkatan pengembangan industri AI yang berkualitas tinggi dan kini giat mengembangkan ekologi inovasi model besar. Saat ini, kota tersebut memiliki lebih dari 20 model besar yang lulus audit dan catatan pemerintah daerah.

Selain itu, ruang ekologi inovasi penerapan industri model besar telah beroperasi kurang dari setengah tahun, menarik hampir 60 perusahaan menetap, ungkap seorang pejabat dari Komisi Ekonomi dan Informatika Kota Shanghai belum lama ini.
 
Seorang pengunjung di Pameran Kesenian Digital Asia Beijing 2022 sedang menjajal produk berteknologi tinggi di Beijing pada 24 September 2022. (Xinhua)

Total skala industri inti AI di China telah mencapai 500 miliar yuan, dan jumlah perusahaan terkait telah melampaui 4.300, menurut sumber dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

"Sebagai teknologi strategis yang memimpin babak baru revolusi ilmiah dan teknologi serta perubahan industri, teknologi AI akan sangat mendorong integrasi mendalam antara teknologi digital dan ekonomi riil, membangun industri baru, model baru, dan momentum baru," ujar Liu Qingfeng, Chairman iFlytek.

Dalam pandangannya, China saat ini telah membentuk keunggulan komparatif dengan daya saing internasional di bidang model besar suara dan model besar medis.

Namun, sejumlah pakar mengungkapkan bahwa masih ada kesenjangan antara China dan beberapa negara lain dalam hal algoritme dasar, perangkat keras dan perangkat lunak utama, serta ekosistem di bidang ini.

Komunitas ilmiah dan teknologi serta industri masih harus bekerja sama untuk mendorong pengembangan teknologi dan perubahan industri di masa depan, termasuk mempercepat pengembangan ekosistem inovasi terbuka model besar dan mempromosikan pengembangan talenta inovatif terbaik.

China memiliki pasar yang luas untuk penerapan AI, namun masih lemah dalam hal teknologi dasar dan talenta, menurut Dai Qionghai, Chairman Asosiasi Kecerdasan Buatan China (Chinese Association for Artificial Intelligence/CAAI) yang juga merupakan profesor di Universitas Tsinghua.

"Kita harus memperdalam pelatihan para talenta AI dan penelitian dasar serta memperkuat inovasi orisinal dalam hal kebijakan, mekanisme, dan investasi," ujarnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:rajaku4d

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
erek 50 2d
cara ajukan akulaku
cara mendapatkan uang dari kredivo
main slot link alternatif
cepat slot
cara kredit tv di akulaku
168 bet slot
link tergacor slot
daftar slot gacor maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 qqmacan situs slot online pragmatic play dengan jackpot tertinggi
Bab 2 judi slot asia
Bab 3 ubosport
Bab 4 situs slot no 1
Bab 5 rtp amanahtoto
Bab 6 semar123
Bab 7 maxplay99
Bab 8 hitamslot
Bab 9 forumsyairhk
Bab 10 liga slot778
Bab 11 togel4d
Bab 12 cara pinjam uang di kredivo tanpa rekening
Bab 13 new member depo 10k
Bab 14 nama slot terbaru
Bab 15 bursa777
Bab 16 live chat slot
Bab 17 slot218
Bab 18 slot gacor pagi pagi
Bab 19 pinjaman 1 juta langsung cair
Bab 20 pola room gacor rezeki nomplok
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8297bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Su Ungu Mencari Keabadian

demo suara4
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, produsen mobil listrik asal China, BYD, bakal meramaikan pasar kendaraan listrik RI pekan depan.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, produsen mobil listrik asal China, BYD, bakal meramaikan pasar kendaraan listrik RI pekan depan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, produsen mobil listrikasal China, Build Your Dream atau BYD, bakal masuk ke pasar kendaraan listrik berbasis baterai Indonesia pada pekan depan.

"Kabar baik yang perlu saya sampaikan adalah sebentar lagi produsen mobil listrik asal China, BYD, akan resmi meramaikan pasar kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia minggu depan," ujar Luhut dalam unggahan Instagram, Jumat (21/12).

Rencananya, lanjut Luhut, BYD akan melakukan peluncurannya pada 18 Januari 2023 mendatang.

Luhut mengatakan, kehadiran BYD dapat memperkuat Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang.

Selain itu, momentum ini juga digunakan oleh Luhut untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Luhut sendiri menyambut positif kehadiran BYD di pasar dalam negeri. Secara penjualan, lanjutnya, BYD telah berhasil melampaui produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla.

"Dia [BYD], kan, sekarang sudah melampaui Tesla sales-nya ya. Kualitasnya pun tidak kalah dengan Tesla," ujarnya.

Kehadiran BYD juga diharapkan akan membantu menangani masalah polusi udara di banyak kota besar, utamanya Jakarta.

Dalam hal ini, lanjut Luhut, ada dua langkah yang bakal diambil pemerintah. Pertama adalah mempercepat adopsi kendaraan listrik, termasuk sepeda motor.

Selain itu, pemerintah juga akan segera memutuskan penggunaan Euro 4 dan Euro 5 karena yang rendah kadar sulfur demi meredam polusi.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]

Penguasa Naga Putih dari Dunia Lain

judi lapak pusat
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore.
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. Indeks saham menguat 50,7 poin atau minus 0,70 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp6,8 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 13,9 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 320 saham menguat, 240 terkoreksi, dan 212 lainnya stagnan. Terpantau, tujuh dari 11 indeks sektoral menguat, dipimpin oleh sektor transportasi, yakni naik 3,34 persen.

Sedangkan, bursa saham AS kompak berada di zona merah. Indeks S&P 500 melemah 0,28 persen, indeks NYSE Composite minus 0,22 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,56 persen.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)

Petualangan dimulai dari reruntuhan Kota Raksasa

angker4d
Tarif Kargo ke Israel dan negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen imbas serangan Houthi Yaman di Laut Merah.
Tarif Kargo ke Israel dan negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen imbas serangan Houthi Yaman di Laut Merah. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif kargo ke Israel dan negara-negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen usai perusahaan pengapalan mengalihkan rute dari Laut Merah, menghindari serangan Houthi Yaman.

Perusahaan jasa angkut peti kemas raksasa asal Prancis CMA CGM bakal menaikkan tarif kargo dari Asia ke kawasan Mediterania, termasuk Israel, hingga 100 persen pada Senin (15/1) mendatang.

Negara-negara di kawasan Mediterania di antaranya Israel, Palestina (Jalur Gaza), Yunani, Turki, Prancis, Mesir, Italia, Monako, Spanyol, Lebanon, Libya, Maroko, Siprus, Slovenia, Kroasia, Albania, Britania Raya, Montenegro, Bosnia, dan Tunisia.

Serangan di jalur tersebut berisiko mendongkrak biaya pengiriman barang, sehingga menimbulkan kekhawatiran bakal memicu inflasi global.

Sebagai informasi, Terusan Suez menghubungkan laut Mediterania dan Laut Merah, serta digunakan oleh sekitar sepertiga kargo kapal peti kemas global. Pengalihan rute ke Tanjung Harapan Afrika diperkirakan membutuhkan biaya tambahan bahan bakar hingga US juta untuk setiap perjalanan pulang pergi antara Asia dan Eropa utara.

DilaporkanReuters, perusahaan pelayaran raksasa seperti Maersk dari Denmark dan Hapag-Lloyd dari Jerman, menyetop penggunaan rute Laut Merah dan memilih perjalanan yang lebih jauh di sekitar Tanjung Harapan, Afrika Selatan, demi keselamatan.

Serangan ini dikhawatirkan mengganggu pasokan minyak dari Timur Tengah yang berimbas pada melambungnya harga minyak.

Maersk menghentikan semua pelayaran di Laut Merah selama 48 jam menyusul upaya Houthi Yaman untuk menaiki kapal Maersk Hangzhou. Helikopter militer Amerika Serikat menghalau serangan tersebut dan menewaskan 10 penyerang.

"Investigasi atas insiden ini sedang berlangsung dan kami akan menghentikan sementara semua pergerakan kargo melalui area tersebut sambil menilai lebih lanjut situasi yang terus berkembang," kata Maersk dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan pernyataan resminya, Maersk memiliki lebih dari 30 kapal kontainer yang akan berlayar melalui Suez melalui Laut Merah, sementara 17 pelayaran lainnya ditunda.

Sementara Hapag-Lloyd mengatakan bahwa kapal-kapalnya akan terus beralih dari Laut Merah dan berlayar melalui ujung selatan Afrika hingga setidaknya 9 Januari, lalu mereka akan memutuskan apakah akan melanjutkan pengalihan rute kapalnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Nama saya Ryan

kadal4d
BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini.
BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganbarang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. Hal ini dikarenakan ekspor lebih tinggi dibandingkan impor.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan secara bulanan (mtm) surplus neraca dagang naik 0,90 persen. Sedangkan secara tahunan (yoy) turun 0,61 persen.

"Dengan demikian maka neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," ujar Pudji dalam konferensi pers, Senin (15/1).

Berikut perkembangan ekspor dan impor Indonesia sepanjang Desember 2023:

Ekspor

Ekspor Indonesia sepanjang Desember 2023 tercatat US,41 miliar atau naik 1,89 persen dibandingkan November 2023 yang sebesar US miliar. Sedangkan, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya turun 5,76 persen yang sebesar US,78 miliar.

Ekspor miga tercatat senilai US,48 miliar pada bulan lalu atau naik 15,28 persen dari November 2023. Sedangkan ekspor nonmigas naik 1,06 persen dari US,72 miliar menjadi US,93 miliar.

Kenaikan ekspor Desember didorong oleh peningkatan ekspor nonmigas terutama golongan barang bahan bakar mineral yang naik 10,07 persen dan bijih logam yang naik 37,37 persen.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Unggah Foto Diskusi IKN Bareng Basuki Usai Dibujuk Mundur

Menurut sektornya, ekspor industri pengolahan tercatat sebesar US,75 miliar, pertambangan dan lainnya US,83 miliar, serta pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar US0 juta.

Sementara, untuk komoditas unggulan Indonesia seperti batu bara, besi dan baja, nilai ekspornya meningkat pada Desember 2023. Batu bara naik 9,6 persen dari US,74 miliar menjadi US miliar.

Lalu, ekspor besi dan baja naik 0,10 persen dari US,28 miliar menjadi US,28 miliar. Sedangkan, ekspor minyak kelapa sawit turun 28,73 persen dari US,04 miliar menjadi hanya US,45 miliar.

Secara kumulatif (Januari-Desember) total nilai ekspor tercatat sebesar US8,82 miliar. Realisasi ini turun 11,33 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar US1,90 miliar.

Impor

Nilai impor Indonesia pada Desember 2023 tercatat mengalami kontraksi sebesar 2,45 persen dari sebesar US,59 miliar pada November menjadi US,11 miliar. Penurunan kinerja impor ini terjadi pada kelompok migas dan nonmigas masing-masing 3,33 persen dan 2,26 persen.

Penurunan terjadi pada bahan baku penolong turun 0,97 persen (mtm) dan anjlok 4,43 persen (yoy). Sedangkan, impor barang konsumsi dan modal naik masing-masing 1,90 persen dan 10,51 persen.

Secara kumulatif (Januari-Desember), total nilai impor mencapai US1,89 miliar. Realisasi ini turun 6,55 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berhasil mencapai US7,45 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Sulit mengendalikan diri saat bertemu istri tercinta di jalan

slot demo 206
Jasa Marga mencatat arus balik ke kawasan Jabotabek tembus 107.904 kendaraan pada 25 Desember atau Hari Natal 2023.
Jasa Marga mencatat arus balik ke kawasan Jabotabek tembus 107.904 kendaraan pada 25 Desember atau Hari Natal 2023. (Foto: CNN Indonesia/ Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatatarus balikke kawasan Jabotabek tembus 107.904 kendaraan pada 25 Desember atau Hari Natal 2023.

Jumlah pergerakan arus balik ini meningkat 12,33 persen dibandingkan kondisi lalu lintas normal. Kendaraan ini tercatat melewati Tol Jabotabek dan Jawa Barat.

"Total sebanyak 107.904 kendaraan (kembali) atau meningkat 12,33 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal, yaitu 96.056 kendaraan transaksi yang menuju Jabotabek atau arus balik kendaraan yang berasal dari jalan tol ruas Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya, dikutip Antara, Rabu (27/12).

Untuk GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 6 Jalan Tol JORR Seksi E, terjadi peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cikunir 4 & 6 sebanyak 33,82 persen atau 44.870 kendaraan dibanding lalu lintas normal, yakni 33.530 kendaraan.

Sedangkan untuk GT Halim Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit, terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 0.81 persen atau 63.034 kendaraan dari volume lalu lintas normal sebanyak 62.526 kendaraan.

Sementara itu di wilayah Jawa Barat, total sebanyak 67.550 kendaraan atau meningkat 16,01 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal, yaitu 58.229 kendaraan transaksi yang meninggalkan Kota Bandung dan sekitarnya atau sudah mulai arus balik kendaraan yang melalui jalan tol ruas Padaleunyi.

Adapun lalu lintas di sekitar Tol Jawa Barat terdistribusi melalui dua gerbang tol (GT), yakni GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi dan GT Pasteur Jalan Tol Padaleunyi.

Untuk GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi, Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 34.416 kendaraan menuju Bandung meninggalkan wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT tersebut meningkat 17,13 persen dari lalu lintas normal, yaitu sebanyak 29.383 kendaraan.

Sedangkan volume lalu lintas yang meninggalkan Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 26.779 kendaraan atau turun 8,25 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 29.186 kendaraan.

Sementara itu, untuk GT Pasteur Jalan Tol Padaleunyi volume kendaraan yang meninggalkan Kota Bandung tercatat 33.134 atau meningkat 14,87 persen dari lalu lintas normal sebanyak 28.846.

Sedangkan, volume lalu lintas yang menuju Kota Bandung melalui GT Pasteur tercatat 31.808 kendaraan atau turun 5,85 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 33.783 kendaraan.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Saya adalah pemimpin Jalan Abadi

trik cara menang slot
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengungkapkan selain Jakarta, kota-kota di bagian utara Jawa juga terancam tenggelam akibat kenaikan permukaan air laut.
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengungkapkan selain Jakarta, kota-kota di bagian utara Jawa juga terancam tenggelam akibat kenaikan permukaan air laut. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto mengungkapkan selain Jakarta, kota-kota di bagian utara Jawajuga terancam tenggelam akibat kenaikan permukaan air laut.

Hal itu ia ungkapkan dalam cara seminar nasional 'Strategi perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut', di Jakarta, Rabu (10/1).

Menurut Hadi, hal ini terjadi karena penurunan muka tanah dan kenaikan air laut makin parah. Dari paparannya, pantai utara Jawa menghadapi tantangan penurunan muka tanah rata-rata sebesar 5-20 centimeter (cm) per tahun.

Selain itu, Hadi juga menuturkan Pulau Jawa menanggung beban yang berat buntut tingginya populasi. Oleh karena itu, ia mengatakan perlu kolaborasi untuk menyiapkan tata ruang agar Jawa tak tenggelam.

"Jika itu sesuai dengan peruntukannya maka akan bisa menyelamatkan Pulau Jawa bagian utara dari ancaman tenggelam," tutur Hadi.

Ia lantas mengatakan Jawa bagian utara perlu untuk dilindungi. Maklum, di daerah tersebut banyak lahan sawah hingga tambak.

Hadi menyebut lahan-lahan itu menjadi sumber pendapatan masyarakat di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, ia pun mendukung program pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall.

"Dari masalah-masalah itu, kendala-kendala yang ada kami juga berperan untuk mendukung pelaksanaan program giant sea wall adalah dengan melihat berbagai tantangan, khususnya terkait dengan penurunan muka tanah, kenaikan muka air," kata Hadi.

Selain utara Jawa, sebelumnya Jakarta juga terancam tenggelam. Alasannya sama, yakni penurunan muka tanah dan kenaikan permukaan air laut.

Selain itu, kondisi Jakarta di dataran rendah dan didominasi rawa-rawa juga menjadi alasan wilayah ini terancam tenggelam.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)