petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

Main303

rtp btv 168 537Jutaan kata 740728Orang-orang telah membaca serialisasi

《Main303》

Daftar Startup Bangkrut, PHK dan Tutup Layanan di RI Pada 2022******

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), tutup layanan, hingga pailit masih menghantui industri startup di Indonesia.
Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), tutup layanan, hingga pailit masih menghantui industri startup di Indonesia. (Tangkapan layar web fabelio.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) masih terus menghantui perekonomian Indonesia. Tak hanya PHK, sejumlah startup bahkan harus menutup layanan hingga bangkutdari awal 2022 hingga sekarang.

Terbaru, startup Fabelio dinyatakan pailit. Ada juga Shopee Indonesia dan Pahamify yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berikut daftar perusahaan yang melakukan PHK, menutup layanan, dan bangkrut pada 2022:

"Menyatakan Debitur (PT. Kayu Raya Indonesia) dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya," isi pengumuman poin satu yang dikutip dari surat kabar Bisnis Indonesia pada Jumat (14/10).

2. Line

Line sempat menjadi sorotan di media sosial karena dikabarkan telah melakukan PHK terhadap sekitar 80 karyawan di Indonesia. Kabar tersebut beredar di media sosial sejak 31 Mei kemarin.

Meski demikian, pihak LINE sudah memberikan klarifikasi bahwa PHK memang terjadi, namun jumlah karyawan yang terdampak tidak sampai ke angka yang disebutkan.

Lihat Juga :
Startup Furniture Fabelio Resmi Dinyatakan Pailit

3. Xendit

Startup fintech Xendit memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 5 persen karyawannya di Indonesia dan Filipina. Chief Operating Office Xendit Tessa Wijaya mengatakan perusahaan melakukan pertimbangan matang sebelum mengumumkan PHK.

Para karyawan Xendit yang terkena PHK akan diberi kompensasi yang layak dan perpanjangan asuransi kesehatan serta dukungan alumni. Perusahaan ini memiliki lebih dari 900 karyawan per Agustus 2022.

4. Tokocrypto

Perusahaan penjual aset digital Tokocrypto memberhentikan 45 karyawannya atau sekitar 20 persen dari 227 orang jumlah pekerja. VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani mengatakan pemberhentian puluhan karyawan ini lantaran perusahaan bakal melakukan perubahan strategi bisnis sejalan dengan pasar kripto dan ekonomi di dunia.

Meski demikian, perusahaan dikatakan akan membantu pegawai yang terkena PHK mencari tempat kerja baru. Salah satunya dengan memberikan rekomendasi kepada beberapa perusahaan mitra kerja selama ini.

Lihat Juga :
Kemenkeu: Beberapa Obligor BLBI Ganti Kewarganegaraan

5. Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap lebih dari 300 karyawannya. Director & Chief of Human Resources Officer IOH Irsyad Sahroni mengatakan langkah rightsizing ini telah berjalan lancar dan 95 persen karyawan yang terkena dampak setuju.

Adapun paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah, bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah. Menurut Irsyad, jumlah ini secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

6. Lummo

Start up penyedia solusi layanan perangkat lunak business-to-consumer (B2C) Lummo yang sebelumnya dikenal sebagai BukuKas melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan di Jakarta dan Bengaluru, India.

Lummo dikabarkan telah melakukan PHK terhadap sekitar 100-120 karyawan yang sebagian besar berada di tim teknis, desain, dan produk.

Lihat Juga :
31 Negara Jadi Pasien IMF, Pasti Kena Resesi?

7. TaniHub

PHK terhadap karyawan start up pertanian TaniHub merupakan dampak dari ditutupnya operasional gudang di Bandung dan Bali. Namun, perusahaan tidak menyebutkan jumlah karyawan yang terdampak.

8. Pahamify

Start up di bidang pendidikan, Pahamify, mengambil keputusan untuk melakukan PHK massal untuk beradaptasi di kondisi ekonomi makro terkini.

Namun, PHK massal yang ditempuh itu tampaknya tidak menjamin keberlangsungan bisnis Pahamify untuk jangka panjang. Pada akhir Juni 2022, Pahamify akhirnya membubarkan diri.

Lihat Juga :
Inflasi China 2,8 Persen per September Gara-gara Daging Babi Mahal

Makin Banyak PHK, Ancaman Resesi Kian Nyata?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ekonom soal Neraca Dagang Surplus 29 Bulan Terakhir: Boom Komoditas******

Ekonom menilai neraca dagang surplus selama 29 bulan terakhir lebih dikarenakan lonjakan harga komoditas (commodities boom).
Ekonom menilai neraca dagang surplus selama 29 bulan terakhir lebih dikarenakan lonjakan harga komoditas (commodities boom). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplusUS,99 miliar pada September 2022. Raihan ini menjadikan neraca dagang surplus 29 kali berturut-turut sejak Mei 2022 lalu.

Surplus neraca dagang mencerminkan kinerja ekspor lebih ciamik dibandingkan impornya.

Namun, Ekonom LPEM UI Teuku Riefky mengingatkan neraca dagang tokcer lebih dikarenakan lonjakan harga komoditas dunia atau commodities boom.

Commodities boom, kata Riefky, memberikan keuntungan bagi Indonesia setelah kenaikan harga komoditas unggulan, seperti batu bara dan sawit.

Sampai saat ini pun, harga batu bara masih terus meroket. Berdasarkan data ICE Newcastle Coal, harga rata-rata batu bara di level US0 per ton sepanjang pekan lalu.

Selain itu, surplus neraca dagang juga ditopang oleh penurunan kinerja impor, terutama bahan baku. Pasalnya, selama pandemi covid-19 menekan perekonomian, kinerja manufaktur pun ikut terseok-seok.

Lihat Juga :
Ekspor Batu Bara RI ke Eropa Melonjak Tajam Sepanjang September

"Turunnya impor, jauh lebih dalam daripada turunnya ekspor di masa pandemi kemarin," katanya.

Bahkan, Riefky meyakini, sekalipun harga-harga komoditas unggulan mulai stabil, neraca dagang masih akan surplus dikarenakan pemulihan ekonomi global akan terus mendorong kinerja ekspor. "Karena, saat produksi domestik naik, biasanya ekspor juga akan tertolong," jelasnya.

Hal senada disampaikan Ekonom Core Indonesia Yusuf Rendy Manilet. Menurut dia, Indonesia diuntungkan oleh lonjakan harga komoditas di tengah risiko global yang meningkat.

Selain itu, kenaikan harga komoditas juga sejalan dengan hilirisasi yang dijalankan pemerintah. Sehingga, kinerja ekspor jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Lihat Juga :
Cerita Sri Mulyani soal Bahaya Lonjakan Inflasi Lewat Taco dan Burrito

"Ini merupakan kombinasi antara program hilirisasi pemerintah untuk beberapa komoditas dan di saat bersamaan, kita melihat kenaikan harga komoditas," terang Yusuf.

Karenanya, ia menyarankan pemerintah untuk terus mendorong hilirisasi demi mendapatkan nilai tambah bagi komoditas unggulan Indonesia.

Misalnya, produk mentah yang tadinya baru setengah jadi, kini bisa dikembangkan atau ditingkatkan.

Ambil contoh, nikel, yang saat ini masih setengah jadi kemudian akan diproses menjadi baterai untuk kendaraan listrik.

Lihat Juga :
Anak Buah Sri Mulyani Angkat Suara soal 4 Negara Hapus Utang RI

"Dalam konteks mendorong hilirisasi produk ekspor komoditas Indonesia, perlu percepatan dari hilirisasi nikel ini menjadi produk yang mempunyai nilai tambah yang lebih tinggi, dalam konteks menjadi produk baterai untuk kendaraan listrik," imbuh Yusuf.

Dengan begitu, saat kinerja ekspor dari harga komoditas turun yang trennya terjadi belakangan ini, namun sektor lainnya tetap bisa menjadi andalan.

"Sekali lagi, untuk mengurangi kerentanan ekspor kita terhadap pergerakan harga komoditas global, maka hal ini (hilirisasi) memang perlu dipertimbangkan untuk dilakukan," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

Mayoritas Harga Bahan Pokok Kompak Turun Sepekan Ini******

Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2.
Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan atau bahan pokokpada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak gorengkemasan bermerk 2.

Mengutip PIHPS, Senin (17/10), harga rata-rata untuk beras kualitas super 1 turun dari Rp13.450 per kg pada pekan lalu menjadi Rp12.500 per kg pada awal pekan ini. Kemudian beras kualitas super II turun dari Rp13.100 per kg menjadi Rp12.400 per kg.

Untuk beras kualitas medium I pada awal pekan lalu dibanderol Rp12.150 per kg, kini turun menjadi Rp11.350 per kg. Beras kualitas medium II turun dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.500 per kg.

Sementara itu, harga gula pasir kualitas premium turun dari Rp15.850 per kg pada awal pekan lalu menjadi Rp15.600 awal pekan ini. Gula pasir lokal turun dari Rp14.450 per kg menjadi Rp14.200 per kg.

Harga telur ayam ras segar turun tipis dari Rp28.300 menjadi Rp28 ribu per kg. Daging ayam segar turun dari Rp33.850 per kg menjadi Rp33.300 per kg.

Untuk harga rata-rata daging sapi, daging sapi kualitas 1 turun dari Rp137.250 per kg menjadi Rp131.650 per kg. Daging sapi kualitas 2 turun dari Rp127.850 per kg menjadi Rp121.550 per kg.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Harga bawang putih turun dari Rp28.200 per kg menjadi Rp26.300 per kg. Bawang merah turun dari Rp35.650 per kg menjadi Rp33.350 per kg.

Cabai rawit merah turun dari Rp60.150 per kg menjadi Rp51.900 per kg. Cabai merah keriting turun harga dari Rp52.900 menjadi Rp43.500 per kg. Cabai merah besar turun dari Rp50.650 per kg menjadi Rp41.700 per kg.

Lebih lanjut, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 turun dari Rp22.050 per kg menjadi Rp21.700 per kg. Minyak goreng curah turun dari Rp14.350 per kg menjadi Rp13.900 per kg.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan bermerek 2 naik dari Rp20.450 per kg pada awal pekan lalu, menjadi Rp20.550 per kg awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:agen asia 777

Perbarui waktu:2024-07-07

Daftar bab terbaru
erek erek penjahat
jet234
kredit hp lewat aplikasi online
apekslot
daftar pinjol ojk resmi
wqbet88
link slot gacor 2022 terbaru
deluna4d login
garuda888 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot tanpa deposit pertama
Bab 2 situs slot yang gampang menang
Bab 3 halo138
Bab 4 surga55
Bab 5 cara untuk dapatkan duit
Bab 6 slot gacor wd cepat
Bab 7 situs tergacor 2022
Bab 8 situs terpercaya judi bola
Bab 9 link slot gacor kakek zeus
Bab 10 ide777
Bab 11 kuda189
Bab 12 ugslot 900
Bab 13 bisaqq
Bab 14 kupon hotel traveloka
Bab 15 sensasi win slot
Bab 16 dapat uang dari google adsense
Bab 17 cara pasang togel lewat atm
Bab 18 psg138
Bab 19 adaro4d
Bab 20 slot gacor 999
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2705bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Kapan saya menjadi tak terkalahkan?

situs slot terpercaya dan mudah menang
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengembangan industri mobil dan motor listrik bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi kreator muda di Tanah Air.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengembangan industri mobil dan motor listrik bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi kreator muda di Tanah Air. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengembangan industri motor dan mobil listrik bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi kreator muda di Tanah Air.

Menurutnya, ada potensi besar terkait motor di Indonesia mengingat sedari dulu masyarakat Indonesia senang bikin dan beli motor.

"Ini kesempatan dengan baterai listrik yang mungkin kita bukan ahlinya mesin, tidak perlu membuang waktu lagi kita intervensi dengan baterai listrik. Ke depan siapa tahu para kreator muda Indonesia yang biasa membuat motor dan mobil kustom, ini menjadi lapangan pekerjaan baru karena tinggal membeli baterai listriknya saja. Ini yang harus kita pikirkan," katanya dalam SOE International Conference di Nusa Dua, Bali dikutip dari Antara, Senin (17/10).

Apalagi Indonesia juga sudah sukses dengan yang namanya biodiesel B40 di mana Indonesia menjadi negara yang satu-satunya berhasil dengan B40.

"Artinya kalau ada motor dan mobil listrik, ada bioetanol dan B40 kita harapkan kebutuhan impor BBM bisa tidak meningkat. Kenapa hanya tidak meningkat? Ingat yang namanya petrokimia membutuhkan minyak mentah," ujar Erick.

Lihat Juga :
Wakil Sri Mulyani soal Ekonomi RI: Pandemi Tinggalkan Scarring Effect

Sebelumnya, Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury menyatakan penggunaan sepeda motor listrik bagi masyarakat dapat menghemat biaya operasional sekitar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta per tahun.

Selain membawa keuntungan bagi masyarakat, lanjutnya, pemerintah juga akan mendapatkan manfaat dalam bentuk penghematan sebesar Rp1 juta sampai dengan Rp1,2 juta per tahun dengan asumsi rata-rata masyarakat mengisi BBM kurang lebih sekitar enam liter per minggu.

Dia mengatakan program penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu dari lima inisiatif pemerintah di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bisa melakukan transisi energi, salah satunya dengan membangun ekosistem kendaraan listrik.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Negeri dongeng

slot gacor gampang jp
Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.
Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.

Bitcoin, misalnya, jatuh 6,25 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.069 per keping. Pada Kamis (13/10) pagi ini, bitcoin terpantau turun tipis 0,05 persen.

Begitu pun dengan ethereum yang merosot 6,30 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.286 per keping. Beruntung, pada pagi ini, ethereum masih mencatat penguatan tipis 0,22 persen.

Setali tiga uang, solana juga ambruk 10,63 persen sepekan terakhir atau 0,73 persen dalam 24 jam terakhir menjadi US,67 per keping.

Tak ketinggalan, dogecoin yang sempat menjadi satu-satunya kripto yang kinclong kemarin, kini meradang di posisi UMayoritas Harga Bahan Pokok Kompak Turun Sepekan Ini******

Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2.
Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan atau bahan pokokpada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak gorengkemasan bermerk 2.

Mengutip PIHPS, Senin (17/10), harga rata-rata untuk beras kualitas super 1 turun dari Rp13.450 per kg pada pekan lalu menjadi Rp12.500 per kg pada awal pekan ini. Kemudian beras kualitas super II turun dari Rp13.100 per kg menjadi Rp12.400 per kg.

Untuk beras kualitas medium I pada awal pekan lalu dibanderol Rp12.150 per kg, kini turun menjadi Rp11.350 per kg. Beras kualitas medium II turun dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.500 per kg.

Sementara itu, harga gula pasir kualitas premium turun dari Rp15.850 per kg pada awal pekan lalu menjadi Rp15.600 awal pekan ini. Gula pasir lokal turun dari Rp14.450 per kg menjadi Rp14.200 per kg.

Harga telur ayam ras segar turun tipis dari Rp28.300 menjadi Rp28 ribu per kg. Daging ayam segar turun dari Rp33.850 per kg menjadi Rp33.300 per kg.

Untuk harga rata-rata daging sapi, daging sapi kualitas 1 turun dari Rp137.250 per kg menjadi Rp131.650 per kg. Daging sapi kualitas 2 turun dari Rp127.850 per kg menjadi Rp121.550 per kg.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Harga bawang putih turun dari Rp28.200 per kg menjadi Rp26.300 per kg. Bawang merah turun dari Rp35.650 per kg menjadi Rp33.350 per kg.

Cabai rawit merah turun dari Rp60.150 per kg menjadi Rp51.900 per kg. Cabai merah keriting turun harga dari Rp52.900 menjadi Rp43.500 per kg. Cabai merah besar turun dari Rp50.650 per kg menjadi Rp41.700 per kg.

Lebih lanjut, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 turun dari Rp22.050 per kg menjadi Rp21.700 per kg. Minyak goreng curah turun dari Rp14.350 per kg menjadi Rp13.900 per kg.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan bermerek 2 naik dari Rp20.450 per kg pada awal pekan lalu, menjadi Rp20.550 per kg awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]
,05876 per keping setelah jatuh 2,16 persen dalam semalam atau 9,60 persen dalam sepekan terakhir.

BNB dan XRP juga tercatat jatuh masing-masing di posisi US8,82 dan USMayoritas Harga Bahan Pokok Kompak Turun Sepekan Ini******

Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2.
Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan atau bahan pokokpada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak gorengkemasan bermerk 2.

Mengutip PIHPS, Senin (17/10), harga rata-rata untuk beras kualitas super 1 turun dari Rp13.450 per kg pada pekan lalu menjadi Rp12.500 per kg pada awal pekan ini. Kemudian beras kualitas super II turun dari Rp13.100 per kg menjadi Rp12.400 per kg.

Untuk beras kualitas medium I pada awal pekan lalu dibanderol Rp12.150 per kg, kini turun menjadi Rp11.350 per kg. Beras kualitas medium II turun dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.500 per kg.

Sementara itu, harga gula pasir kualitas premium turun dari Rp15.850 per kg pada awal pekan lalu menjadi Rp15.600 awal pekan ini. Gula pasir lokal turun dari Rp14.450 per kg menjadi Rp14.200 per kg.

Harga telur ayam ras segar turun tipis dari Rp28.300 menjadi Rp28 ribu per kg. Daging ayam segar turun dari Rp33.850 per kg menjadi Rp33.300 per kg.

Untuk harga rata-rata daging sapi, daging sapi kualitas 1 turun dari Rp137.250 per kg menjadi Rp131.650 per kg. Daging sapi kualitas 2 turun dari Rp127.850 per kg menjadi Rp121.550 per kg.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Harga bawang putih turun dari Rp28.200 per kg menjadi Rp26.300 per kg. Bawang merah turun dari Rp35.650 per kg menjadi Rp33.350 per kg.

Cabai rawit merah turun dari Rp60.150 per kg menjadi Rp51.900 per kg. Cabai merah keriting turun harga dari Rp52.900 menjadi Rp43.500 per kg. Cabai merah besar turun dari Rp50.650 per kg menjadi Rp41.700 per kg.

Lebih lanjut, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 turun dari Rp22.050 per kg menjadi Rp21.700 per kg. Minyak goreng curah turun dari Rp14.350 per kg menjadi Rp13.900 per kg.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan bermerek 2 naik dari Rp20.450 per kg pada awal pekan lalu, menjadi Rp20.550 per kg awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]
,4696 per keping. BNB anjlok 9,27 persen sepekan terakhir, sedangkan XRP merosot 5,01 persen pada periode yang sama.

Lihat Juga :
OPEC Pangkas Prediksi Permintaan, Harga Minyak Merosot US per Barel

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/dzu)

Saya tidak terkalahkan

link server luar di jamin maxwin
Perusahaan ritel asal Amerika Serikat (AS) Kroger berencana membeli Albertsons dalam kesepakatan senilai US miliar atau Rp387 triliun.
Perusahaan ritel asal Amerika Serikat (AS) Kroger berencana membeli Albertsons dalam kesepakatan senilai US miliar. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Asf/mes/14).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan ritel asal Amerika Serikat(AS) Kroger berencana merger dengan Albertsons dengan kesepakatan harga senilai US miliar atau Rp387,14 triliun (kurs Rp15.485 per dolar AS). Kesepakatan baru itu diyakini dapat mengubah industri ritel AS dan mempengaruhi cara jutaan pelanggan membeli bahan makanan.

MengutipCNN, Senin (17/10), kesepakatan yang ditargetkan rampung pada 2024 akan menggabungkan dua jaringan supermarket terbesar di negara tersebut.

Kroger akan membeli Albertsons seharga US,1 per saham, premi sekitar 30 persen di atas harga saham rata-rata, rantai grosir selama sebulan terakhir. Kroger mengoperasikan Ralphs, Harris Teeter, Dillons, Fred Meyer, dan lainnya, sementara Albertsons memiliki Safeway dan Vons.

Merger di industri ritel AS sebelumnya pernah dilakukan oleh Amazon, Walmart dan raksasa ritel lainnya.

CEO Kroger Rodney McMullen mengatakan merger tersebut akan menjadi alternatif yang lebih menarik untuk pesaing yang lebih besar dan non-serikat.

Jika kesepakatan itu selesai, itu akan menjadi salah satu merger terbesar dalam sejarah ritel AS. Lebih besar dari akuisisi Whole Foods oleh Amazon pada 2017 sebesar US,7 miliar.

Lihat Juga :
Utang Luar Negeri RI Turun Jadi Rp6.148 T per Agustus 2022

Nantinya, perusahaan tersebut akan menjadi rantai ritel terbesar ketiga di Amerika berdasarkan penjualan.

Morgan Stanley memperkirakan pangsa pasar gabungannya dalam industri bahan makanan senilai US,4 triliun akan menjadi 13,5 persen, menjadikannya penjual bahan makanan terbesar kedua di belakang 15,5 persen pangsa Walmart.

Langkah ini juga dilakukan ketika perusahaan berjuang melawan biaya yang lebih tinggi dan inflasi makanan mencapai level tertinggi dalam beberapa dekade.

Harga di toko kelontong terus melonjak bulan lalu. Indeks makanan di rumah, proksi untuk harga toko kelontong, meningkat 0,7 persen pada September dari bulan sebelumnya dan 13 persen selama tahun lalu.

Lihat Juga :
Sepertiga SPBU di Prancis Alami Kelangkaan Pasokan BBM

Analis memperkirakan beberapa penutupan toko akan terjadi jika kesepakatan berhasil dan menjadi rintangan signifikan untuk melewati pengawasan antimonopoli.

"Kesepakatan sebesar ini yang memiliki dampak langsung pada konsumen akan menghadapi pengawasan yang signifikan dari regulator dan membutuhkan waktu lama untuk disetujui," ujar Joseph Feldman, seorang analis di Telsey Advisory Group.

Pengawas konsumen, serikat pekerja, dan Demokrat telah menentang keras kesepakatan itu. Mereka mengatakan kesepakatan itu akan merugikan konsumen dengan menaikkan harga dan mengusir persaingan.

Ini juga dapat memacu gelombang baru konsolidasi dalam industri di antara perusahaan-perusahaan kecil yang berusaha untuk bersaing.

Lihat Juga :
Mengintip Uang Pensiun Anies Usai Tanggalkan Jabatan Gubernur DKI

United Food and Commercial Workers International Union (UFCW), yang mewakili 1,3 juta pekerja di toko kelontong, pabrik pengepakan daging, dan industri penting lainnya di sepanjang rantai pasokan makanan juga menyuarakan beberapa kekhawatiran tentang usulan merger.

"Penggabungan yang diusulkan memiliki implikasi serius bagi ratusan ribu anggota UFCW kami dan keluarga Amerika yang lebih peduli dari sebelumnya tentang dampak inflasi pada harga makanan dan bahan makanan, obat resep, dan gas mereka. Sebagai serikat pekerja esensial terbesar di Amerika, melindungi mata pencaharian pekerja grosir, serikat pekerja dan non-serikat, adalah prioritas tertinggi kami, "kata Presiden UFCW Internasional Marc Perrone, dalam sebuah pernyataan Jumat.

"Untuk lebih jelasnya, UFCW akan menentang merger apa pun yang mengancam pekerjaan pekerja esensial Amerika, serikat pekerja dan non-serikat, dan merusak komunitas kami," imbuhnya.

Senator Bernie Sanders menyebutnya sebagai bencana mutlak dan meminta pemerintahan Biden untuk menolak kesepakatan itu.

Lihat Juga :
Bayang-bayang Resesi Dunia Jungkalkan Minyak ke US,61

The American Economic Liberties Project, sebuah organisasi anti-monopoli, mengatakan penggabungan akan menjadi bencana bagi persaingan pasar, usaha kecil, dan terutama - kantong konsumen.

Ketua FTC Lina Khan mengkritik konsolidasi perusahaan, dan regulator telah memblokir merger ritel besar di masa lalu, termasuk upaya Staples untuk bergabung dengan Office Depot.

FTC saat ini sedang mencari praktik anti-persaingan di industri grosir dan meminta informasi tahun lalu dari Kroger dan lainnya tentang penyebab rak kosong dan lonjakan harga di Amerika Serikat.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Yin Zu

larisqq
KSOP Kelas I Balikpapan menyebut enam pelabuhan di Kalimantan Timur siap mendukung arus bongkar muat untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Enam pelabuhan di Kalimantan Timur siap mendukung arus bongkar muat untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ilustrasi pelabuhan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan menyebut enam pelabuhandi Kalimantan Timur siap mendukung arus bongkar muat untuk pembangunan Ibu Kota Negara(IKN) Nusantara.

"Ada empat yang baru keluar izinnya, dan ini menambah dua yang sudah ada," kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan Takwim Masuku, mengutipAntara, Selasa (18/10).

Empat pelabuhan baru tersebut adalah satu yang dikelola Badan Usaha Unit Desa (BUMDes) Makmur Mandiri, Pelabuhan Punggur oleh PT Tepian Benuo Paser, pelabuhan yang dikelola CV Mandiri Multi Material, dan Pelabuhan BRM oleh PT Balikpapan Ready Mix.

Sejauh ini, izin yang sudah ada saat ini baru alur pelayaran di Teluk Balikpapan hingga Pulau Balang. Alur yang sedang dalam proses adalah bagian dari Pulau Balang hingga IKN.

Keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini dibutuhkan untuk pengangkutan material pembangunan IKN. Dengan jumlahnya kini mencapai enam tempat, maka kelancaran logistik pembangunan dapat dijamin.

Kawasan IKN Nusantara dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Wilayah tersebut berada pada sepanjang garis pantai Teluk Balikpapan.

"Angkutan logistik dengan menggunakan kapal laut akan sangat efisien karena bisa mengangkut lebih banyak," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Bepergian dengan Dewa Kematian

tenor adakami

Menikah dengan keluarga kaya

bidadari slot