petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

permainan slot terbaik

chelsea 19 paito 815Jutaan kata 773045Orang-orang telah membaca serialisasi

《permainan slot terbaik》

Buka Stan di APEC San Francisco, IKN Tarik Minat Calon Investor******

OIKN membuka stan di APEC, Amerika Serikat, untuk mengenalkan Nusantara sekaligus mencari investor IKN.
OIKN membuka stan di APEC, Amerika Serikat, untuk mengenalkan Nusantara sekaligus mencari investor IKN. (CNN Indonesia/Suriyanto)
San Francisco, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka stan di lokasi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Stan ini dibuka untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat calon investor asing di eventekonomi internasional tersebut.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan APEC adalah ajang sangat strategis untuk mengenalkan ibu kota negara baru, Nusantara, sekaligus menyosialisasikan peluang-peluang bisnis bagi para investor internasional.

Pasalnya, dari 246 ribu total wilayah daratan IKN, sebanyak 70 persen akan dibiarkan menjadi hutan. Hanya sekitar 30 persen yang akan jadi kawasan pemerintahan, tempat tinggal, kawasan bisnis, dan kawasan-kawasan lain.

Ia berharap konsep tersebut bisa menarik calon investor internasional untuk bersama-sama membangun Nusantara.

Sejak dibuka dua hari lalu, Bambang mengatakan banyak calon investor yang datang untuk mengenal lebih jauh IKN dan mempelajari peluang investasi.

"Harapan kami nanti ada yang menindaklanjuti minat investasi itu," ujarnya.

Mantan Wakil Menteri Perhubungan ini mengatakan selama ini gema IKN Nusantara memang belum merata di kalangan pebisnis. Karena itu, eventAPEC ini diharapkan bisa mengenalkan ibu kota baru tersebut.

"Perhelatan semacam ini jadi tempat strategis bagi kami untuk sosialisasi IKN," kata Bambang.

Lihat Juga :
LAPORAN DARI AMERIKA SERIKATJokowi Berburu Investor IKN di APEC, 3 Sektor Jadi Prioritas

Dalam acara yang sama, Presiden Joko Widodo juga memberi penekanan bagi IKN sebagai peluang bisnis di depan ratusan CEO perusahaan Asia Pacific yang hadir.

"Pembangunan ibu kota baru, kota pintar berbasis hutan dan alam," kata Jokowi.

Jokowi memamerkan IKN nantinya terdiri dari 70 area hijau. Selain itu menurutnya 80 persen transportasi publik berbasis energi hijau yang terbuka di berbagai sektor.

"Infrastruktur, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan dan perumahan" kata Jokowi menyebut sektor-sektor di IKN yang bisa jadi peluang investasi.

Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tempat berinvestasi di Indonesia. Ia berharap para CEO bisa memanfaatkan peluang tersebut.

"Indonesia is your best partner in business, so visit Indonesia, invest in Indonesia, trade with Indonesia, thank you," kata Jokowi menutup pidatonya.

[Gambas:Video CNN]

(sur/pta)

Kementan Batasi Rekomendasi Impor Bawang Putih Maksimal 650 Ribu Ton******

Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan.
Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putihmulai tahun depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya hanya akan menerbitkan RIPH tersebut paling banyak untuk 650 ribu ton.

Arief mengatakan ketentuan jumlah tersebut mengacu pada kebutuhan nasional yang hanya sebanyak 600 ribu hingga 620 ribu ton. Selain itu, pembatasan ini juga dilakukan guna meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri.

Selain itu, ia juga mengatakan bakal transparan terkait siapa saja yang mendapat RIPH. Ia berjanji bakal menjabarkan siapa saja importir yang diberikan rekomendasi oleh Kementan.

Menurut Arif, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada kecurigaan bahwa Kementan hanya memberikan rekomendasi kepada pihak tertentu saja.

"Kemarin ada suara hanya 1-2 importir (yang diberikan rekomendasi), enggak. Pak Dirjen punya datanya ada 140. Jadi orang itu suka membuat opini, itu yang akan kami counter back kepada masyarakat bahwa di Kementan tidak ada permainan seperti itu," ucap Arief.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk tahun ini pihaknya memang telah menerbitkan RIPH untuk 1,1 juta ton bawang putih untuk tahun. Namun, ia yakin dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan kembali membatasi melalui Surat Persetujuan Impor (SPI).

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

"Kalau sudah dikeluarkan 1 juta ton tinggal Kemendag membatasi importasi supaya tidak over stok," ucap Arief.

Kementan telah menerbitkan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton pada tahun ini.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan dalam penerapan penerbitan RIPH harus mengikuti aturan sesuai Permentan nomor 39 tahun 2019 tentang RIPH dan terbuka untuk semua pelaku usaha importir bawang putih.

"Saat ini sudah terbit 2 ratusan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton. Jadi bukan hanya beberapa importir saja," ucap Prihasto melalui keterangan resmi, Sabtu (14/10).

Lihat Juga :
Kemenko Marves Kabarkan Kondisi Luhut: Membaik Sesuai Harapan

"Saya sampaikan bahwa, Wewenang perizinan impor bawang putih ada di Kementerian Perdagangan. Setelah RIPH diterbitkan oleh Kementan, pelaku usaha melakukan pengajuan PI (Persetujuan Impor) ke Kementerian Perdagangan," imbuhnya.

Prihasto menjelaskan pelaku usaha mengajukan RIPH bawang putih secara online melalui SINAS NK terintegrasi dengan Sistem RIPH. Apabila pengajuan telah memenuhi persyaratan administrasi dan teknis akan diterbitkan RIPH.

Ia pun menegaskan rekomendasi RIPH adalah rekomendasi teknis yang menyatakan bahwa produk hortikultura yang akan diimpor telah memenuhi persyaratan produk yang aman konsumsi dan bermutu baik.

Kemudian menerapkan prinsip telusur balik yang baik (traceability) dan memenuhi standar keamanan pangan segar asal tumbuhan.

"RIPH diperlukan oleh pelaku usaha sebagai salah satu syarat melakukan impor produk hortikultura," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Thomas Lembong, Penulis Pidato Jokowi yang Kini Dukung Anies******

Profil Thomas Lembong, mantan menteri sekaligus penulis pidato yang Jokowi yang kini gabung Timnas AMIN.
Profil Thomas Lembong, mantan menteri sekaligus penulis pidato yang Jokowi yang kini gabung Timnas AMIN. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha ternama Thomas Trikasih Lembong atauTom Lembong resmi ditunjuk menjadi salah satu co-captain dalam Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024.

Namanya diumumkan langsung oleh Anies. Ia dan 11 co-captain lainnya akan membantu kerja Ketua Timnas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

"Co-captain berikutnya adalah Bapak Thomas Trikasih Lembong. Beliau adalah ekonom senior dari Indonesia, lulusan dari Universitas Harvard Amerika (Serikat)," kata Anies saat mengumumkan daftar tim pemenangan nasionalnya, Selasa (14/11).

Tom lahir pada 4 Maret 1971. Ia meraih gelar sarjananya di Universitas Harvard pada 1994 dengan gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dan tata kelola.

Setelah lulus, ia bekerja di Divisi Ekuitas Morgan Stanley di New York dan Singapura pada 1995. Ia kemudian menjadi bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia pada 1999-2000.

Jejak karir Tom mentereng. Tom bekerja di Deutsche Bank di Jakarta periode 1998-1999. Tugasnya, mengerjakan rekapitalisasi dan merger Bank Bumi Daya, Bank Eksim, Bank Dagang Negara dan Bank Bapindo menjadi Bank Mandiri.

Ia pun sempat menjadi Senior Vice President dan Kepala Divisi penanggung jawab restrukturisasi dan penyelesaian kewajiban Salim Group kepada negara akibat Bank BCA runtuh pada krisis moneter 1998.

Lihat Juga :
Profil Leontinus Alpha Edison, Pendiri Tokopedia yang Merapat ke Anies

Tom juga pernah dipercaya sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) periode 2000-2002.

Kala itu, BPPN berada di bawah Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI), yang bertugas untuk merekapitalisasi dan merestrukturisasi sektor perbankan Indonesia usai mengalami krisis keuangan pada 1998.

Setelah itu, Tom pindah ke Farindo Investments pada 2002-2005.

Ia merupakan salah satu pendiri, juga Chief Executive Officer dan Managing Partner di Quvat Management. Ini adalah perusahaan dana ekuitas swasta yang didirikan pada 2006.

Tom juga tercatat sebagai presiden komisaris di PT Graha Layar Prima atau Blitz Megaplex pada 2012-2014.

Lihat Juga :
Apakah Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Utang Terbesar ke China?

Seperti kata Anies, Tom Lembong merupakan mantan 'pembantu' Jokowi di kabinet. Tak cuma itu, ia juga menulis beberapa pidato Jokowi.

Ia terjun ke dunia politik pada 2013 sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Gubernur DKI Jakarta kala itu, Jokowi. Peran ini diteruskan sepanjang masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden.

Saat Jokowi menjabat presiden, Tom ditunjuk Jokowi sebagai menteri perdagangan pada 2015-2016. Ia kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Tom adalah orang di balik layar yang menulis beberapa pidato Jokowi yang paling ikonik. Salah satunya adalah pidato "Game of Thrones" pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 2018, dan juga pidato "Thanos" di Forum Ekonomi Dunia.

Saat ini, Tom bertugas di Dewan Penasihat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan Dewan Penasihat Internasional Plastic Omnium, perusahaan komponen otomotif di Perancis.

Pada Agustus 2021, Anies yang kala itu menjabat Gubernur DKI Jakarta, menunjuk Tom sebagai Ketua Dewan PT Jaya Ancol, satu-satunya Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Setelah itu, Tom mendirikan Consilience Policy Institute yang secara resmi beroperasi di Singapura. Lembaga ini merupakan sebuah wadah pemikir yang mengadvokasi kebijakan ekonomi internasionalis dan reformis di Indonesia.

Berkat kerja kerasnya, Tom meraih sejumlah penghargaan bergengsi di kancah dunia. Ia terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada 2008.

Selain itu, Tom dianugerahi Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada 2017.

Kemudian pada 2020, Tom menerima penghargaan Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal dari Korea Selatan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)




bab terbaru:juara138

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
cara kredit shopee pakai kredivo
kredivo tidak bisa di tokopedia
situs member baru maxwin
situs slot yang gampang jp
main telegram dapat uang gimana caranya
danaqq
octabet88
judi slot terbaik indonesia
pinjaman di bank tanpa jaminan
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara dapat uang 20 juta
Bab 2 demo slot arwana
Bab 3 situs online gacor hari ini
Bab 4 bandar togel
Bab 5 slot mudah gacor
Bab 6 pinjam uang mudah
Bab 7 74 di erek erek
Bab 8 boz388
Bab 9 raja89 slot demo
Bab 10 daftar pinjol ilegal ojk
Bab 11 datukqq
Bab 12 rtp palu4d
Bab 13 mega138 slot
Bab 14 situs game slot gacor
Bab 15 buku mimpi 2d ular
Bab 16 rtp slot pola gacor
Bab 17 tradisibet
Bab 18 slot gacor di dunia
Bab 19 situs gacor maxwin
Bab 20 main168
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9549bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Setan Fana

cara pinjam uang di jenius btpn
Penumpang Kereta Cepat Whoosh kini bisa memesan tiket via WhatsApp dengan nomor 0813-4000-2920 mulai h-10 keberangkatan.
Penumpang Kereta Cepat Whoosh kini bisa memesan tiket via WhatsApp dengan nomor 0813-4000-2920 mulai h-10 keberangkatan. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Penumpang Kereta CepatWhoosh kini bisa memesan tiket via WhatsApp.

Dengan layanan ini, masyarakat yang berencana melakukan perjalanan rombongan, seperti liburan, gathering, study touratau aktivitas lainnya tidak akan kesulitan mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh.

Namun, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) hanya membatasi pembelian lewat WhatsApp minimal 20 penumpang.

Sejak 17 Oktober hingga 18 November 2023, Whoosh melayani sekitar 670 permintaan perjalanan rombongan, dengan total penjualan tiket perjalanan rombongan sekitar 54 ribu kursi.

"Dengan melakukan pemesanan secara grup ini, calon penumpang tidak perlu repot memesan tiket dengan menggunakan beberapa akun atau khawatir mendapatkan tempat duduk yang terpisah dengan grupnya," kata Eva dalam keterangan resmi, Senin (20/11).

Berikut cara pesan tiket Whoosh lewat WhatsApp:

1. Menghubungi nomor Whatsapp 0813-4000-2920
2. Pemesanan bisa dilakukan mulai H-10 hari keberangkatan
3. Menyediakan tanggal dan rute perjalanan. Lengkap dengan informasi perjalanan satu kali jalan atau pulang pergi.
4. Menyediakan jumlah dan data penumpang yang akan mengikuti perjalanan serta kelas yang diinginkan.
5. Melakukan pembayaran.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

kontrak terbatas

superheboh88
Pengamat transportasi meminta pemerintah tak melanjutkan kereta cepat ke Surabaya karena biaya investasi besar dan bisa mematikan bisnis penerbangan dan tol.
Pengamat transportasi meminta pemerintah tak melanjutkan kereta cepat ke Surabaya karena biaya investasi besar dan bisa mematikan bisnis penerbangan dan tol. (AFP/YASUYOSHI CHIBA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah di era PresidenJokowi masih berambisi untuk melaksanakan pembangunan kereta cepat.

Lihat saja, setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh diresmikan Oktober kemarin, pemerintahannya berencana melanjutkan proyek tersebut menuju Surabaya.

Jokowi bahkan menyebut proses studi kereta cepat dari DKI ke Kota Pahlawan itu sudah bergulir. Ia mengatakan jika proses studi sudah rampung dan kalkulasi sudah matang, maka kelanjutan proyek itu akan diputuskan.

Usut punya usut, Jokowi ternyata telah membuat komitmen dengan China untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut pun membocorkan motif Jokowi kembali memilih Negeri Tirai Bambu. Menurutnya, bunga yang ditawarkan China lebih murah dibanding negara lain.

"Pak Jokowi mau kereta cepat Jakarta-Surabaya diterusin. Tadi saya dengar perjanjian dengan China sudah jalan, malah bunganya lebih murah daripada yang ditawarkan negara lain," kata Luhut dalam tayangan video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, dikutip Minggu (29/10).

Luhut yakin pemerintah bisa melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan bermodal pengalaman mengerjakan Whoosh. Namun, ia mengakui masih ada permasalahan dalam proyek transportasi publik yakni pembebasan lahan.

"Kunci utamanya pembebasan lahan yang memang enggak jelas. Sekarang dengan kita punya pengalaman we don't have problem anymore," kata Luhut.

Lihat Juga :
Erick Thohir Akhirnya Bersuara soal Rosan 'Ikut' Prabowo Gibran

Teranyar, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Kartika Wirjoatmodjo memastikan Indonesia bekerja sama dengan China untuk studi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

Pria yang akrab disapa Tiko itu mengatakan saat ini pemerintah tengah menjalankan studi pembangunan proyek tersebut. Dalam proses ini, kata dia, Indonesia menggandeng China Railway Group Limited (CREC).

"Lagi bikin studinya. Kemarin dengan China kami tanda tangan untuk joint studydengan China Railway," ucapnya di Kantor Kemenko Merves, Jakarta, Selasa (31/10).

Lihat Juga :
ANALISISJanji Ekonomi Anies, Ganjar dan Prabowo, Mana yang Paling Realistis?

Lantas, sebenarnya perlukah kereta cepat dibangun lagi dan dilanjutkan dari Bandung ke Surabaya?

Ketua Institusi Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas menolak pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Ia mengingatkan pemerintah sebaiknya meninjau ulang urgensi proyek tersebut.

Apalagi, pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya tentu membutuhkan dana yang fantastis. Darmaningtyas memperkirakan biayanya bakal lebih dari Rp150 triliun.

Maklum, pembangunan Whoosh saja biayanya membengkak dari Rp76,95 triliun menjadi Rp131 triliun. Selain itu, jika proyek kereta kilat itu benar dilaksanakan, hal tersebut kian mempertebal narasi Jawa sentris.

"Dana lebih dari Rp150 triliun lebih baik untuk membangun jaringan kereta api di Merauke dan Kalimantan agar mereka juga memiliki jaringan kereta api," kata Darmaningtyas kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
ANALISISMempertanyakan BLT-Gratis PPN Rumah Rp2 M Keluar Jelang Pemilu 2024

Ia menyebut bukan hanya orang Jawa yang perlu difasilitasi dengan beragam infrastruktur transportasi yang aman dan nyaman. Tapi, masyarakat di luar Jawa juga memerlukan fasilitas yang sama.

Darmaningtyas menilai sangat tidak etis bila anggaran infrastruktur yang begitu besar hanya dialokasikan di Jawa. Padahal, Pulau Padi itu sudah surplus infrastruktur transportasi.

"Sedangkan luar Jawa yang masih minus infrastruktur transportasi justru terabaikan," imbuh Darmaningtyas.

Selain itu, ia juga curiga pemerintah bakal kembali memberikan jaminan seperti APBN agar pengembang dari luar mau menggarap proyek tersebut.

Belajar dari proses pembangunan Whoosh, Darmaningtyas tidak percaya kalau swasta akan mampu dan rela membiayai pembangunan kereta cepat tersebut.

Di dunia manapun, kata dia, swasta itu akan investasi di tempat yang menguntungkan. Oleh karena itu, jaminan dari pemerintah tetap mereka perlukan, sehingga mereka tidak khawatir akan rugi.

Lihat Juga :
8 Janji 'Cepat' Prabowo-Gibran: Arahkan UMP ke Gaji Tinggi-Susu Gratis

Hal lain yang perlu diperhatikan kalau pemerintah akan membangun Kereta Cepat Jakarta-Bandung-Surabaya adalah keberadaan bisnis penerbangan, jalan tol, dan layanan KAI yang ada saat ini.

Karenanya, jangan sampai nanti setelah ada kereta cepat Jakarta-Bandung-Surabaya lantas bisnis penerbangan Jakarta-Surabaya sepi dan Bandung-Surabaya tutup.

"Demikian pula trafficjalan Tol Trans Jawa bisa sepi sehingga operator jalan tol dirugikan. Ini akan menyebabkan permintaan perpanjangan konsesi karena traffictidak tercapai," ucap Darmaningtyas.

Lihat Juga :
Cara Cek Jadi Penerima BLT El Nino Rp400 Ribu Atau Tidak

Boleh Lanjut Asal Tak Pakai APBN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Perjalanan Orang Asing

daftar cicilan hp
Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan bangkrut yang menimpa beberapa BUMN terjadi karena pengelolaannya yang tak efisien, termasuk dalam melaksanakan proyek.
Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan bangkrut yang menimpa beberapa BUMN terjadi karena pengelolaannya yang tak efisien, termasuk dalam melaksanakan proyek. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bakal calon presiden Ganjar Pranowomenanggapi kondisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sulit balik modal karena menggarap proyek infrastrukturyang dibebankan pemerintah kepada mereka.

"Sudah ada berapa perusahaan, BUMN bangkrut, yang karya-karya karena ngurus ini? Banyak. Inefisien kuncinya," kata Ganjar dalam Sarasehan 100 Ekonom, Rabu (8/11).

Ganjar mengatakan hal itu terjadi karena tata kelola yang tidak baik dalam BUMN. Ia mengatakan BUMN seharusnya bisa menilai proyek yang akan dikerjakan.

Ganjar juga menyindir BUMN yang kemudian akhirnya harus disuntik modal negara. Ia mempertanyakan apakah ada sanksi bagi BUMN yang tak efisien.

"Akhirnya APBN disuntik terus, disuntik terus gitu kan. Ada enggak sih penaltinya ke mereka kalau kamu tidak perform kamu tidak gajian?," katanya.

Ke depan, Ganjar mengatakan akan mereview BUMN-BUMN yang bermasalah jika terpilih dalam Pilpres 2024.

"Artinya, ketika kita menangani hal-hal semacam ini, ini yang sebelah sini sudah terlanjur ugal-ugalan, yang disini sudah terlanjur depend onjadi utang. Tugas kita menyelesaikan tak perlu menyalahkan," kata Ganjar.

[Gambas:Video CNN]



(skt/fby)

Lagu Pemakaman Para Dewa

pinjam uang pakai dana
Berdasarkan hasil simulasi buruh, rumus kenaikan upah yang baru saja diterbitkan Jokowi hanya akan membuat UMP 2024 naik sekitar 4,5 persen saja.
Berdasarkan hasil simulasi buruh, rumus kenaikan upah yang baru saja diterbitkan Jokowi hanya akan membuat UMP 2024 naik sekitar 4,5 persen saja. (iStock/Jaka Suryanta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Jokowi baru saja mengeluarkan aturan berisi rumus baru perhitungan upah buruh

Rumus tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan. Jokowi melalui beleid itu mengatur kenaikan upah dihitung dengan menggunakan 3 variabel.

Ketiganya adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu. Pada pasal 26 ayat 4 dijelaskan UMP 2024 dihitung via upah minimum tahun berjalan ditambah nilai penyesuaian upah minimum tahun depan.

Tapi, buruh memandang aturan baru Presiden Joko Widodo tidak akan mengangkat kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2024 lebih dari 5 persen.

Lantas, bagaimana simulasi perhitungannya sehingga UMP dengan formula Jokowi tersebut tak akan naik lebih dari 5 persen?

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mencoba menghitungnya dengan rumus yang diberikan Jokowi. Ia mengatakan variabel yang akan digunakan nantinya adalah inflasi provinsi serta nilai indeks di kisaran 0,1-0,3.

"Kalau inflasi itu sekitar 3 persen dan pertumbuhan ekonomi 5 persen, maka kenaikan UMP di 2024 antara 3,5 persen sampai 4,5 persen," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (14/11).

Angka 3,5 persen didapat jika indeks tertentunya 0,1. Sedangkan perkiraan kenaikan upah 4,5 persen berlaku apabila indeks yang dipakai 0,3.

Berikut simulasi yang digunakan Timboel:

UMP 2024= inflasi + (pertumbuhan ekonomi X indeks tertentu)
UMP 2024= 3 + (5 x 0,1)= 3,5 persen atau UMP 2024= 3 + (5 X 0,3)= 4,5 persen

Timboel mengatakan rumus tersebut hanya mengukur kenaikan upah nominal, tetapi tidak menjamin kenaikan upah riil para buruh. Padahal, ia menilai kesejahteraan ditentukan berdasarkan upah riil.

"Upah riil menurun bila inflasi pada kebutuhan pokok buruh, seperti pangan, sandang, papan, pendidikan, dan sebagainya nilainya lebih tinggi dari kenaikan upah minimum tersebut," jelasnya.

"Sebagai contoh, inflasi beras sudah mencapai 5 persen sampai 7 persen lebih. Belum lagi kenaikan di sektor transportasi dan papan, seperti kontrakan rumah dan indekos yang nilainya juga di atas kenaikan UMP 2024," tutup Timboel.

[Gambas:Video CNN]

Serupa, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) Mirah Sumirat menilai kenaikan upah buruh di 2024 tidak akan lebih dari 5 persen jika menggunakan rumus baru Jokowi.

Mirah mengatakan kenaikan UMP 2024 yang kecil ini dikarenakan adanya variabel indeks tertentu.

"Angka (UMP 2024) yang akan dihasilkan dengan formula yang telah dirilis melalui PP Nomor 51 Tahun 2023 tidak akan lebih dari di bawah 5 persen atau 7 persen. Karena ada koefisien (indeks) tertentu," tuturnya.

Padahal, Mirah menyebut para buruh mengusulkan kenaikan UMP 15 persen kepada pemerintah. Ia menegaskan usul ini sudah berupa angka kompromi, di mana seharusnya bisa sampai 20 persen-25 persen.

Lihat Juga :
ANALISISSudah Idealkah Rumus Kenaikan Upah Buruh yang Baru Diteken Pemerintah?
(skt/agt)

Ada seorang gadis pedang yang tersembunyi di ruang penyimpanan

daftar pinjol ojk
IHSG ditutup menguat ke level 6.958 pada Rabu (15/11). Terpantau sepuluh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor teknologi.
IHSG ditutup menguat ke level 6.958 pada Rabu (15/11). Terpantau sepuluh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor teknologi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.958 pada Rabu (15/11). Indeks saham menguat 96,14 poin atau plus 1,40 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,93 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,76 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 319 saham menguat, 207 terkoreksi, dan 227 lainnya stagnan. Terpantau sepuluh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor teknologi yang meroket 2,47 persen.

Serupa, bursa saham Eropa serempak kokoh. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris naik 1,08 persen, indeks CAC 40 di Prancis tumbuh 0,73 persen, dan indeks DAX di Jerman plus 0,46 persen.

Bursa Amerika pun ditutup hijau. Indeks S&P 500 naik 1,91 persen, indeks NYSE plus 2,14 persen, dan indeks NASDAQ Composite merangsek 2,37 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Dunia abu-abu yang berbeda

neng4d
Kabar gembira buat kaum rebahan yang lagi nyari kasur baru. Hari ini kasur empuk berkualitas banting harga di Transmart Full Day Sale!
Kabar gembira buat kaum rebahan yang lagi nyari kasur baru. Hari ini kasur berkualitas banting harga di Transmart Full Day Sale! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat kaum rebahan yang lagi nyari kasur baru, hari ini (29/10) di Transmart Full Day Sale ada diskon khusus pembelian kasur dari berbagai merek berkualitas dengan harga mulai Rp583.299 aja!

Harga kasur mulai Rp500 ribuan ini bisa kamu dapat dengan pembelian di Transmart menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang di Transmart Bayarnya Nanti Pakai Allo Paylater

Murah-murah banget kan? Enggak cuma itu, ada ekstra diskon 20 persen jika menggunakan metode pembayaran Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah. Belanja jadi makin murah!

Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya! Mumpung lagi diskon langsung aja kunjungi gerai-gerai Transmart terdekat dan bawa pulang kasur impianmu.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]