petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bel4d slot

tidak bayar tagihan kredivo 996Jutaan kata 613620Orang-orang telah membaca serialisasi

《bel4d slot》

Tim SAR Gabungan patroli pada wilayah terdampak erupsi Lewotobi******

Tim SAR Gabungan patroli pada wilayah terdampak erupsi Lewotobi
Tim SAR Gabungan memberikan imbauan kepada beberapa warga Desa Nawokote yang belum mengungsi namun terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)
Wulanggitang (ANTARA) - Tim SAR Gabungan melakukan patroli ke beberapa desa yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sasaran kunjungan ke tenda pengungsian yang ada di sekitar lereng gunung dan kami beri imbauan agar masyarakat berhati-hati," kata Komandan Tim SAR Satuan Brimob Polda NTT, Ipda Hermanus Pati Bean di Wulanggitang, Flores Timur, Minggu.

Tim SAR Gabungan itu terdiri dari Satuan Brimob Polda NTT, Basarnas Maumere, Polairud Polda NTT, PMI Kabupaten Sikka, dan Mapala Universitas Nusa Nipa Maumere Sikka.

Patroli dilakukan ke tiga desa, yakni Desa Hokeng Jaya, Nawokote, dan Hewa.

Selain memberikan imbauan, Hermanus mengatakan Tim SAR Gabungan juga mendata jumlah warga terdampak yang berada di posko-posko yang disiapkan di rumah warga.

Tujuan dari patroli itu, menurut dia untuk memastikan lokasi dan jumlah warga yang belum mengungsi.

Baca juga: Warga diimbau tidak melepas masker antisipasi gas belerang erupsi Lewotobi

Baca juga: Gunung Lewotobi di Flores Timur kembali erupsi setinggi 1.500 meter

Dengan demikian, Tim SAR Gabungan bisa mengambil langkah yang tepat baik penanganan maupun evakuasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu pula, pihaknya dapat melihat rute yang tepat sebagai jalur evakuasi apabila erupsi terus terjadi dan evakuasi tak terhindari.

"Berapa orang yang ada, baik ibu hamil, kemudian orang tua dan anak kita data yang belum mengungsi," ucapnya.

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang telah berstatus Siaga atau Level III sejak Senin (1/1) pukul 04.00 Wita.

Sampai hari ini, gunung api itu terus menerus mengalami erupsi sehingga warga beberapa desa pada Kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura mengungsi pada tenda pengungsian atau posko yang telah disiapkan pemerintah daerah, serta rumah-rumah warga.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara mencatat adanya peningkatan Gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal yang cukup signifikan dalam satu minggu terakhir.

Kemunculan gempa-gempa ini mengindikasikan peningkatan tekanan atau stres pada tubuh gunung api yang berkaitan dengan suplai magma pada kedalaman dalam dan dangkal.

Baca juga: Pemprov NTT siagakan kapal pengirim bantuan korban erupsi Lewotobi

Baca juga: Jarak pandang terbatas dampak letusan Lewotobi, otoritas larang aktivitas pelayaran

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Undang 1.500 tamu, pernikahan putra Paku Alam X bakal dihadiri Wapres******

Undang 1.500 tamu, pernikahan putra Paku Alam X bakal dihadiri Wapres
Ketua Bidang II Panitia "Dhaup Ageng" Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo saat konferensi pers di Yogyakarta, Senin (8/1/2024) (ANTARA/Luqman Hakim)
Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati
Yogyakarta (ANTARA) - Pura Pakualaman memastikan tidak ada kirab pengantin dalam prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra bungsu penguasa Pura Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Kuntonugroho, dengan Laily Annisa Kusumastuti.

Ketua Bidang II Panitia Dhaup Ageng Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo di Yogyakarta, Senin, mengatakan berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta, kirab pengantin memang tidak ada dalam tradisi di Pakualaman.

"Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati," katanya. 

Radyowisroyo menuturkan peniadaan kirab juga mengingat pelaksanaan prosesi Dhaup Ageng yang dimulai 7-11 Januari 2024 seluruhnya berlangsung di satu kawasan Pura Pakualaman.

"Berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, karena selain ada pelaksanaan di Keraton Yogyakarta juga ada pahargyan (resepsi) di Kepatihan, Malioboro," ujarnya. 

Baca juga: Pakualaman akan gelar "Dhaup Ageng" putra bungsu Paku Alam X

Meski tidak ada prosesi kirab pengantin, menurut dia, Panitia Dhaup Ageng bakal menyediakan layar monitor bagi masyarakat agar bisa turut menyaksikan pengantin mulai dari prosesi akad hingga resepsi pada 10 Januari 2024.

Sejumlah layar monitor rencananya dipasang di kawasan Alun-alun Sewandanan yang berada tepat di depan Pura Pakualaman.

"Nanti saya pastikan lagi videotron ada di mana, tapi yang jelas ada videotron yang kami sediakan," kata Radyowisroyo.

Pahargyan atau resepsi hari pertama Dhaup Ageng putra bungsu Paku Alam X pada 10 Januari 2024 itu mengundang 1.500 tamu, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, serta tiga pasang capres-cawapres.

Radyowisroyo menuturkan hingga saat ini tamu VVIP yang telah mengonfirmasi hadir diantaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri. Selain itu para raja Dinasti Mataram Islam atau Catursagatra juga memastikan hadir yakni Sri Sultan HB X (Keraton Yogyakarta), Sri Susuhunan PB XIII (Keraton Surakarta) dan KGPAA Mangkunegara X (Kadipaten Mangkunegaran).

"Masyarakat adat Kerajaan Nusantara, kurang lebih ada 58 para raja atau pemangku adat se-Nusantara juga konfirmasi hadir," kata Radyowisroyo.

Baca juga: Pasangan pengantin Puro Pakualaman menjalani prosesi panggih
Baca juga: Calon menantu Paku Alam X belajar Adat Pakualaman

 


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

TKN nilai skor buruk menhan dari Ganjar******

TKN nilai skor buruk menhan dari Ganjar-Anies tak sesuai sikap partai
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/aa.
Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menilai skor buruk kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diberikan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak sesuai sikap partai politik yang mengusung Anies dan Ganjar sebagai calon presiden.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Meutya Hafidz, saat ini juga aktif menjabat Ketua Komisi I DPR RI, menyebut sejauh ini belum ada anggota Komisi I DPR, termasuk dari partai politik pengusung Anies dan Ganjar, yang tidak menyetujui program-program dan kebijakan menteri pertahanan.

“Kami belum pernah dengar bahwa ada satu pun fraksi yang apa namanya tidak setuju dengan program-program dan fungsi pertahanan. Jadi ngakada yang bilang nilainya 5, semua bilang bagus, semua setuju anggaran harus naik. Tiba-tiba hari ini menjelang debat memberikan nilai 5,” kata Meutya Hafidz menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers selepas acara debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Oleh karena itu, Meutya menilai skor rendah yang diberikan Ganjar dan Anies kepada Prabowo, selaku menteri pertahanan dan calon presiden nomor urut 2, tidak sejalan dengan sikap partai politik pengusung mereka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Meutya juga berkeyakinan sepatutnya jika ada ketidakpuasan partai politik pengusung Ganjar dan Anies sebaiknya menyampaikan itu dalam forum-forum yang mempertemukan Komisi I DPR RI dan Menhan RI. Alasannya, Meutya menyebut pemilihan presiden itu juga menyangkut partai politik yang mengusung para pasangan calon.

“Orang selama ini mengatakan baik, di DPR yang kami dengar di Komisi I, tiba-tiba karena mau debat jadi nilainya 5,” kata Meutya.

Tiga calon presiden yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3) mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar oleh KPU RI di Istora Senayan, Jakarta, Minggu. Debat ketiga itu mengangkat isu-isu pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan globalisasi.

Prabowo, meskipun diyakini banyak pihak mampu tampil unggul karena posisinya sebagai menteri pertahanan aktif, pada debat ketiga justru menjadi sasaran kritik dua capres lainnya. Keduanya, dalam sesi debat, menyampaikan secara terbuka penilaian mereka terhadap kinerja Prabowo sebagai menhan. Ganjar, misalnya, memberi skor 5 dari 10 untuk kinerja Prabowo, sementara Anies memberi skor 11 dari 100.

Terkait skor rendah itu, Prabowo selepas debat menyampaikan beberapa pencapaian Kementerian Pertahanan selama dipimpin oleh dirinya.

“Saya kira prestasi Kemhan sangat jelas di bawah kepemimpinan saya. Industri pertahanan kita, di dalam negeri, mendapat kontrak paling besar selama sejarah Republik Indonesia, mendekati 11 miliar dolar AS. Kemudian, industri pertahanan juga mulai mendapatkan laba yang juga cukup tersebar di republik ini. Kita punya terobosan-terobosan banyak. Kita bangun 25 rumah sakit di seluruh Indonesia dalam kurun waktu masa kepemimpinan saya, kemudian kita bangun empat fakultas di bidang sains, teknologi, engineering, matematika, fisika, kimia, biologi,” kata Prabowo saat jumpa pers selepas debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu, dia menilai narasi yang dibangun dua capres lainnya, yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, saat debat tidak pas, karena beberapa narasi tidak berbasis data-data yang tepat.

Baca juga: Ganjar tolak ajakan temu Prabowo untuk bahas data pertahanan
Baca juga: Pengamat Unej nilai Anies dan Ganjar kuasai materi debat ketiga
Baca juga: Prabowo kecewa atas narasi 2 capres lainnya saat debat ketiga

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:bolamas88

Perbarui waktu:2024-05-20

Daftar bab terbaru
king388
daftar nama slot gacor
asia9 slot
kaisar168
benteng777
harga voucher m3
cara pinjam di easycash
tempur88
erek erek 36 2d
Daftar isi semua bab
Bab 1 paito angkanet sgp
Bab 2 bonus new member 100 persen
Bab 3 pengajuan kredit akulaku
Bab 4 viral slot gacor
Bab 5 prediksi thailand togel
Bab 6 web slot
Bab 7 gacor max 4d
Bab 8 ultra voucher alfamart
Bab 9 slot gacor gratis saldo
Bab 10 musik4d slot
Bab 11 slot gacor hari ini 2023 terbaru
Bab 12 anting 2d togel
Bab 13 pinjam uang di bca mobile
Bab 14 doku633
Bab 15 game tergacor
Bab 16 elittogel
Bab 17 slot di modalin di awal
Bab 18 kiwbet88
Bab 19 pinjam uang akulaku ke dana
Bab 20 situs slot mudah maxwin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4939bab
takutBacaan TerkaitMore+

Lagu Pemakaman Para Dewa

lpo88
PSBS Biak menang 1-0 lawan Gresik United FC
Striker PSBS Biak Alexandro Dos Santos Perreira menjebol gawang Gresik United FC yang dikawal Fajar Ali melalui tendangan penalti pada menit 90+1 babak 12 besar Liga 2 Pegadaian, Sabtu sore (6/1/2024). ANTARA/Muhsidin.
Biak (ANTARA) - Skuad PSBS Biak, Papua meraih kemenangan 1-0 lawan Gresik United FC pada pertandingan pembuka babak 12 besar Liga 2 Pegadaian yang berlangsung di Stadion Cenderawasih, Sabtu sore.

Gol semata wayang PSBS Biak dicetak Alexander Dos Perreira melalui eksekusi tendangan penalti menit 90+1.

Pertandingan pembuka 12 besar Liga 2 PSBS Biak menjamu Gresik United berlangsung menarik selama 90 menit babak normal permainan.

Gresik United diperkuat eks pemain Timnas Syamsul Arif pada babak pertama menerapkan pola bermain dengan serangan balik.

Strategi pola bermain serangan balik diterapkan pelatih Gresik United Agus Indra Kurniawan nyaris membuka peluang gol tetapi kepiawaian kiper kawakan PSBS Mariyo Londok berhasil menghalau sejumlah serangan pemain Gresik United.

Pelatih Gresik United Agus Indra seusai pertandingan mengaku, penampilan anak asuhnya sudah sesuai dengan strategi yang diterapkan saat menghadapi PSBS Biak tetapi hasil akhir kalah 1-0.

"Ada banyak peluang diciptakan pemain Gresik United di daerah gawang PSBS tetapi tidak satupun terciptanya gol. Inilah pertandingan sepak bola hasil akhirnya kami kalah," ujar Agus Indra.

Ia akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil pertandingan untuk menghadapi lawan berikutnya Persipal Palu dan Persewar Waropen.

Sementara itu pelatih PSBS Biak Regi Aditya mengaku senang anak asuhnya bisa meraih poin penuh di kandang dengan mengalahkan Gresik United FC 1-0.

"Pertandingan PSBS Biak dengan Gresik United sangat menarik ditonton dan saling serang selama 90 menit permainan," kata Regi didampingi Kapten tim PSBS Ruben Sanadi.

Dengan hasil kemenangan 1-0 PSBS atas Gresik United FC untuk sementara tim "Badai Pasifik" PSBS memimpin klasemen grup Z dengan nilai tiga poin.

Ia memberikan catatan khusus akan melakukan evaluasi untuk pertandingan PSBS melawan Persewar Waropen dan Persipal Palu pada lanjutan babak 12 besar Liga 2 Pegadaian.

Baca juga: PSBS Biak taklukan Persipura Jayapura 3-1
Baca juga: PSBS Biak lepas pemain asing asal Jepang Miyazaki

Pewarta: Muhsidin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

ahli olahraga super

angka main result
273 rumah warga di Muba terendam banjir
Rumah warga yang terendam banjir di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba, Sumsel, Senin (8/1/2024). (ANTARA/HO/BPBD Sumsel)
Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan sebanyak 273 unit rumah warga di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terendam banjir akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi pada Ahad (7/1) malam.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Senin, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi bahwa telah terjadi banjir di Dusun 1, Dusun 2, Dusun 3, Dusun 4, Dusun 5 dan Dusun 6 Desa Kertajaya, di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba, Sumsel pada Ahad (7/1) malam.

Banjir tersebut diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi dan luapan (air pasang) anak Sungai Keruh, dikarenakan ada pendangkalan di Sungai Keruh sehingga harus dilakukan normalisasi.

“Sebanyak 290 keluarga, 273 unit rumah, dan dua sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) terdampak akibat banjir tersebut,” cakapnya.

Baca juga: Gubernur Sumsel minta Pemkab Muba antisipasi banjir kiriman

Baca juga: Lima kabupaten di Sumsel nyatakan status siaga bencana banjir-longsor

Ia menjelaskan kondisi saat ini ketinggian banjir kurang lebih 1,5 meter dari titik terendah wilayah itu. Lalu, sebanyak 120 keluarga yang ditinggal di bagian bawah rumah mengungsi ke lantai dua rumah panggung.

Namun, ada sebagian masyarakat masih tinggal di rumah masing-masing dikarenakan bangunan milik mereka cukup tinggi.

“Terkait dengan akses jalan, masyarakat membuat jembatan kayu yang maupun menggunakan perahu kayu untuk melewati akses jalan yang terendam banjir,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin bersama Instansi terkait secara langsung memberikan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati di saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, sebab adanya kemungkinan banjir susulan akan tiba.

“Tim posko lapangan akan terus berkoordinasi untuk perkembangan selanjutnya,” kata Sudirman.*

Baca juga: Jalan lintas Muba-Bengkulu banjir

Baca juga: Gubernur Sumsel kirim bantuan korban banjir Muba

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024

Archon misterius

slot deposit dana 1000
Copa Del Rey: Barcelona atasi perlawanan Barbastro dengan skor 3-2
Arsip foto - Pemain tengah Barcelona Sergi Roberto berselebrasi bersama rekan-rekannya dalam pertandingan di Estadi Olimpic Lluis Companys Barcelona 20 Desember 2023. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO.
Jakarta (ANTARA) - Barcelona berhasil mengatasi perlawanan Barbastro dengan skor 3-2 di babak 32 besar Copa Del Rey atau Piala Raja di Gminy Stadion Sportowy pada Senin dini hari WIB. Penguasaan bola Barca mencapai 73 persen. Namun Barbastro mampu memaksa mereka bekerja keras untuk meraih kemenangan. Gol-gol Barcelona dipersembahkan Fermin Lopez, Raphinha, dan Robert Lewandowski. Sementara gol Barbastro dicetak Adria De Mesa Garrido dan Marc Prat. Barcelona langsung berusaha mendominasi jalannya laga. Mereka menekan pertahanan Barbastro. Peluang langsung didapat Raphinha pada menit keenam. Namun, bola sepakannya melebar dari sasaran meski gawang dalam posisi tidak terkawal. Pada menit ke-16, Barca akhirnya bisa membuka skor. Mereka menyerang dari sisi kanan melalui Raphinha yang mengirim umpan datar ke tengah kotak penalti. Bola kemudian disambar oleh Fermin Lopez yang masuk ke kotak penalti. Skor menjadi 1-0. Pada menit ke-42, Barcelona sempat mencetak gol melalui tandukan Joao Felix melalui sundulannya saat menyambar umpan silang dari kanan. Namun, gol ini dianulir wasit karena Felix diklaim berada dalam posisi offside.

Baca juga: Real Madrid dan Atletico Madrid melaju ke babak 16 besar Copa Del Rey Kemudian tidak ada gol lagi yang tercipta di babak pertama. Barbastro 0-1 Barcelona. Barbastro kemudian coba menyerang Barcelona lebih dahulu di awal babak kedua. Namun, justru kebobolan gol kedua. Pada menit ke-51, Raphinha berhasil membawa tim tamu unggul 2-0 setelah ia menyambar umpan Fort dari sisi kiri lapangan. Meski tertinggal, Barbastro tidak menyerah. Mereka bisa mencetak gol melalui De Mesa pada menit ke-60 melalui situasi sepak pojok. Kedudukan menjadi 1-2. Barcelona kemudian memasukkan Robert Lewandowski. Ia akhirnya menghasilkan penalti setelah bola tandukannya mengenai tangan pemain lawan. Lewandowski sendiri yang maju dan sukses mengeksekusi penalti tersebut. Skor menjadi 3-1. Namun, setelah itu Barbastro juga mendapat hadiah penalti usai Fermin melanggar Crespo saat akan menghalau bola. Marc Prat mengeksekusi bola dengan baik untuk mengubah skor menjadi 2-3 pada menit 90+3. Barbastro gagal menyamakan kedudukan di waktu yang tersisa dan harus kalah 2-3 dari Barcelona. Susunan Pemain Barbastro (5-4-1): Arnau Fàbrega Manas; Carlos Gascó Puyot, Eduardo Mingotes Pelegrin, Israel Garcia Moreno, Jaime Ara Sauco, Franc Carbonell Tarifa, Javito, Hugo Bautista Jiménez, Enrique Rausell García, Oscar Gonzalez Piera, Adrià de Mesa Garrido  Barcelona (4-3-3): Inaki Pena Sotorres; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Hector Fort, Oriol Romeo, Frenkie de Jong, Fermin Lopez, Joao Felix, Ferran Torres, Raphinha

Baca juga: Real Madrid juarai Copa del Rey musim 2022/23
Baca juga: Penalti Gundogan bawa Barcelona menang dramatis 2-1 atas Las Palmas

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Masakan dari dunia lain

ligabetwin
Rafael Alun pikir-pikir atas vonis 14 tahun penjara
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (RAT) mendengarkan vonis majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (8/1/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)
Jakarta (ANTARA) - Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo menyatakan pikir-pikir terlebih dahulu atas vonis 14 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin.

Selain itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut. Oleh karenanya, Rafael Alun dan JPU KPK akan pikir-pikir selama satu minggu untuk kemudian menyatakan sikap menerima atau banding terhadap putusan itu.

"Berarti sama-sama menyatakan pikir-pikir, berarti putusan ini belum mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Jadi, supaya digunakan haknya selama satu minggu, tujuh hari, terhitung mulai besok," kata Hakim Ketua Suparman Nyompa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin.

Rafael Alun Trisambodo divonis 14 tahun penjara dan denda sebesar Rp500 juta subsider tiga bulan penjara dalam kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Rafael Alun Trisambodo dengan pidana penjara selama 14 tahun serta denda sebesar Rp500 juta, jika tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan," ucap Suparman.

Baca juga: Rafael Alun Trisambodo divonis 14 tahun penjara

Selain itu, Rafael Alun juga dijatuhi pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp10,79 miliar dalam kurun waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap subsider tiga tahun penjara.

"Menetapkan masa penahanan yang tekah dijalani terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan," sambung hakim Suparman.

Di sisi lain, majelis hakim menyatakan pengabdian sebagai PNS selama lebih dari 30 tahun menjadi pertimbangan meringankan bagi Rafael.

"Keadaan yang meringankan, terdakwa telah bekerja pada negara sebagai pegawai negeri selama lebih 30 tahun," ucap Suprman.

Dua pertimbangan meringankan lainnya adalah Rafael Alun memiliki tanggungan keluarga serta belum pernah dihukum sebelumnya.

"Keadaan yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat memberantas tindak pidana korupsi," tambah Suparman.

Baca juga: Mengabdi PNS selama lebih 30 tahun jadi pertimbangan meringankan RAT

Menurut majelis hakim, Rafael Alun terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan TPPU, sebagaimana dakwaan kesatu, kedua, dan ketiga JPU KPK. Dengan demikian, Rafael dinyatakan melanggar seluruh pasal yang didakwakan.

Pertama, Rafael melanggar Pasal 12 B jo Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kedua, Pasal 3 Ayat (1) huruf a dan c Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, sebagaimana dakwaan kedua.

Ketiga, melanggar Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, sebagaimana dakwaan ketiga.

Sebelumnya, Senin (11/12/2023), Rafael Alun Trisambodo dituntut hukuman 14 tahun kurungan penjara serta pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider pidana kurungan pengganti selama 6 bulan. Ia juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp18.994.806.137,00, subsider 3 tahun.

Baca juga: KPK yakin Rafael Alun diputus bersalah oleh Pengadilan Tipikor
Baca juga: Rafael Alun minta dilepaskan dari segala tuntutan
Baca juga: Rafael Alun dituntut 14 tahun kurungan penjara

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

kaisar naga merah

bos01 slot
Airlangga Hartarto kenalkan tokoh muda Golkar kepada Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menaiki mobil golf buggy di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/HO-Partai Golkar/aa.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenalkan tokoh muda partainya yang berusia di bawah 40 tahun kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Dalam salah satu video yang diterima di Jakarta, Sabtu, tampak Airlangga Hartarto mengajak para tokoh muda partai bertemu Presiden Jokowi.

"Terima kasih, terima kasih," ujar Jokowi sambil menyalami para tokoh Golkar under forty(under-40) yang hadir.

Tampak hadir tokoh muda Golkar, seperti Putri Komarudin, Dyah Roro Esti, dan Rian Ernest.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Airlangga di tengah rasa nyaman dengan Golkar

Dalam video lainnya terlihat Airlangga didampingi tokoh muda, menjelaskan kepada Jokowi tentang spesialisasi Golkar di wilayah kabupaten.

"Kalau Golkar memang spesialisasinya kabupaten pak. Kita semua kabupaten," kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu.

Dalam pertemuan di Kebun Raya Bogor itu, setidaknya ada tiga momentum Airlangga dan Presiden Joko Widodo berbincang empat mata, yakni ketika keduanya berolahraga jalan pagi bersama.

Selanjutnya, saat Jokowi berdua dengan Airlangga menaiki mobil listrik golf buggy, yang dikendarai sendiri oleh Presiden.

Lalu saat keduanya berdiskusi empat mata dalam sebuah jamuan minum teh.

Pertemuan ini dilakukan setelah pada Jumat (5/1). Presiden Jokowi makan malam dengan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kawasan Menteng, Jakarta.

Baca juga: Hoaks! Airlangga Hartarto deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan
Baca juga: Airlangga: Golkar satu-satunya parpol yang jaga program ekonomi Jokowi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Saya bukan orang baik dalam sistem

mulia 77 slot
Airlangga Hartarto kenalkan tokoh muda Golkar kepada Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menaiki mobil golf buggy di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/HO-Partai Golkar/aa.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenalkan tokoh muda partainya yang berusia di bawah 40 tahun kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Dalam salah satu video yang diterima di Jakarta, Sabtu, tampak Airlangga Hartarto mengajak para tokoh muda partai bertemu Presiden Jokowi.

"Terima kasih, terima kasih," ujar Jokowi sambil menyalami para tokoh Golkar under forty(under-40) yang hadir.

Tampak hadir tokoh muda Golkar, seperti Putri Komarudin, Dyah Roro Esti, dan Rian Ernest.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Airlangga di tengah rasa nyaman dengan Golkar

Dalam video lainnya terlihat Airlangga didampingi tokoh muda, menjelaskan kepada Jokowi tentang spesialisasi Golkar di wilayah kabupaten.

"Kalau Golkar memang spesialisasinya kabupaten pak. Kita semua kabupaten," kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu.

Dalam pertemuan di Kebun Raya Bogor itu, setidaknya ada tiga momentum Airlangga dan Presiden Joko Widodo berbincang empat mata, yakni ketika keduanya berolahraga jalan pagi bersama.

Selanjutnya, saat Jokowi berdua dengan Airlangga menaiki mobil listrik golf buggy, yang dikendarai sendiri oleh Presiden.

Lalu saat keduanya berdiskusi empat mata dalam sebuah jamuan minum teh.

Pertemuan ini dilakukan setelah pada Jumat (5/1). Presiden Jokowi makan malam dengan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kawasan Menteng, Jakarta.

Baca juga: Hoaks! Airlangga Hartarto deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan
Baca juga: Airlangga: Golkar satu-satunya parpol yang jaga program ekonomi Jokowi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024