petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sabatoto

jitu 77 slot 544Jutaan kata 198096Orang-orang telah membaca serialisasi

《sabatoto》

Kemenhub: Kepatuhan penerbangan balon udara di Wonosobo meningkat******

Kemenhub: Kepatuhan penerbangan balon udara di Wonosobo meningkat
Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sigit Hani Hadiyanto diwawancara di sela menghadiri festival balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2024). ANTARA/Harianto
Wonosobo (ANTARA) - Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sigit Hani Hadiyanto menyatakan bahwa kepatuhan dalam penerbangan balon udara di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mulai meningkat.

"Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap ketentuan Peraturan Menteri Nomor 40 Tahun 2018, alhamdulillah meningkat. Hal ini tergambar dari penurunan tren laporan gangguan balon udara yang disampaikan para pilot kepada AirNav," kata Sigit di Wonosobo, Minggu.

Sigit terjun langsung memantau puncak Festival Balon Udara di alun-alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Ia menghadiri kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pelestarian budaya balon udara, namun dengan menaati aturan yang telah ditetapkan sehingga tidak mengganggu penerbangan pesawat.

Sigit mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk AirNav Indonesia, yang sudah memfasilitasi kegiatan Festival Balon Udara yang menaati Permenhub Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pada Kegiatan Budaya Masyarakat dan telah mengajukan perijinan pelaksanaan kegiatan.

Baca juga: Keselamatan penerbangan dikampanyekan di Festival Balon Udara Wonosobo

Peraturan tersebut mengatur beberapa ketentuan, seperti diameter balon maksimal 4 meter, tinggi balon maksimal 7 meter, tidak dilengkapi peralatan dengan bahan mengandung api, mudah meledak/sejenis; termasuk ketinggian maksimal 150 meter dari permukaan tanah; dan memiliki minimal tiga tali tambatan.

Dalam peraturan tersebut diatur pula lokasi penyelenggaraan festival, yakni berupa lahan tanpa halangan pepohonan, permukiman, kabel listrik, maupun stasiun pengisian bahan bakar dan berjarak cukup jauh dari bandara.

"Izin penerbangan balon udara dapat disampaikan sewaktu-waktu dan tidak hanya pada saat momen festival saja dengan ketentuan mematuhi persyaratan dan ketentuan peraturan perundangan," tambah Sigit.

Seorang pria memegang Bendera Merah Putih menyemangati rekan-rekannya untuk menerbangkan balon udara dalam puncak festival balon udara yang dilaksanakan di alun-alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2024). ANTARA/Harianto
Senada dengan Sigit, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Agus Wibowo mengatakan bahwa saat ini penerbangan balon udara secara liar di daerahnya telah menurun.

Meski begitu, dia enggan menyebutkan angka pasti karena merupakan kewenangan dari Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

"Tahun ini secara umum untuk penerbangan liar menurun dibandingkan tahun lalu. Ini informasi dari teman-teman AirNav tadi malam menyampaikan datanya, tetapi saya tidak akan sebutkan datanya supaya lebih afdol dari mereka langsung," ucap Agus.

Baca juga: AirNav: 30 laporan penerbangan balon udara liar periode Lebaran 2024

Sementara itu, Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyebutkan pada periode mudik dan balik Lebaran 2024 tercatat 30 laporan dari pilot soal balon udara liar, menurun dibanding tahun sebelumnya sebanyak 68 laporan.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegiantoro menyampaikan dari puluhan laporan mengenai penerbangan udara yang diduga dilakukan secara liar, tidak ada balon udara yang mengenai pesawat.

Hermana menekankan pentingnya menaati aturan yang ditetapkan dalam penerbangan balon udara agar tidak mengganggu penerbangan pesawat karena di atas Pulau Jawa terdapat rute penerbangan tersibuk di Indonesia dengan rata-rata 150 penerbangan per hari.

Menurutnya, tradisi penerbangan balon udara dapat dilakukan, namun harus sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku sehingga tidak membahayakan keselamatan penerbangan.

"Daripada diterbangkan secara bebas dan liar, lebih baik difestivalkan dengan cara ditambatkan sehingga dapat menjadi daya tarik wisata yang unik dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," kata Hermana.

AirNav secara aktif melakukan sosialisasi bahaya balon udara terhadap penerbangan sejak tahun 2017. Sosialisasi dilakukan di dua daerah yang ada di Jawa Tengah, yakni Pekalongan dan Wonosobo, sebagai wilayah yang dikenal dengan tradisi balon udara.

Sosialisasi dilakukan bersama pemerintah daerah, TNI, Polri dan komunitas balon udara setempat dalam bentuk spanduk, baliho, konten di media sosial, serta pemberdayaan masyarakat lewat program tanggung jawab sosial.

Baca juga: Pemkab: Festival Balon Udara Wonosobo sedot ribuan wisatawan
Baca juga: Ditjen Hubud Kemenhub: Festival balon udara Wonosobo miliki izin
Baca juga: Dirjen Hubud Kemenhub harap festival balon udara Wonosobo taati aturan

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Arief, Yunus dan Kisah Porter Pencari Cuan di Tengah Mudik Lebaran******

Hiruk pikuk mudik Lebaran 2024 memberikan sejumlah peruntungan bagi sebagian orang, salah satunya porter. Maklum, permintaan jasa angkut meningkat saat mudik.
Hiruk pikuk mudik Lebaran 2024 memberikan sejumlah peruntungan bagi sebagian orang, salah satunya porter. Maklum, permintaan jasa angkut meningkat saat mudik. (CNN Indonesia/Taufik Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Hiruk pikuk dan ceria masyarakat yang mudik memberikan asa cuan bagi sebagian orang. Salah satunya, bagi para porterpengangkut barang bawaan penumpang kereta api.

Arief misalnya. Porter berusia 37 tahun yang biasa mangkal di Stasiun Gambir ini bercerita momen mudik Lebaran merupakan waktu yang ditunggu oleh para pekerja sepertinya.

Maklum, selama 5 tahun bekerja sebagai porter, pada momen inilah biasanya dia dan teman-temannya menerima lonjakan permintaan jasa angkut barang dari penumpang kereta.

Saat ditemui CNNIndonesia beberapa waktu lalu Arief bercerita pada momen mudik Lebaran ini dirinya bisa mengantongi pendapatan sampai dengan Rp150 ribu per hari. 

"Untuk sekarang, bisa sentuh Rp150 ribu. Biasanya itu, sekitar Rp80 ribuan aja," tutur Arief.

"Suka duka lebih ke tidak tentunya aja pendapatannya, kadang bagus, kadang kurang juga. Tapi kalau sekarang ini bisa lah dibilang bagus," tambahnya.

Segendang sepenarian dengan Arief, kegembiraan sama juga dirasakan oleh Yunus. Lelaki yang sudah bekerja sebagai porter sejak 12 tahun lalu ini bercerita lebaran ini merupakan salah satu yang paling manis bagi porter seperti dirinya.

Pasalnya, ia menerima banjir permintaan jasa angkut dari penumpang kereta. Tak hanya banjir permintaan, ia juga mendapat keberuntungan.

Lihat Juga :
3 Poin Penting Kesaksian Sri Mulyani soal Banjir Bansos di Sidang MK

Beberapa penumpang baik hati memberikan ongkos angkut di luar kebiasaan; Rp200 ribu sekali angkut meskipun barang yang dibawa tidak seberapa. 

Memang rezeki seperti itu tidak selalu terjadi. Hanya penumpang-penumpang tertentu saja yang berbaik hati mau memberikan uang lebih kepadanya.

Tapi, ia merasa itu adalah anugerah terindah bagi seorang porter seperti dirinya.

"Dari 2012 mas (mulai kerja). Ya tahu sendiri mas, kerja seperti ini tidak tentu kan ya hasilnya, cuman kalau untuk lebaran ini cukup baik buat saya dan keluarga," ujar Yunus

"Saya kemarin-kemarin ini sampai Rp180 ribu. Dulu pernah dapat rezeki juga, satu orang ada yang ngasih Rp200 ribu," kata Yunus.

Yunus mengatakan selain mudik Lebaran sebenarnya ada momen lain yang paling ditunggu porter sepertinya; tahun baru dan liburan sekolah. Momen-momen itu biasanya permintaan jasa angkut barang bawaan penumpang kereta naik. 

Tak hanya Arief dan Yunus. Keceriaan sama juga dialami oleh Basuki (54), porter si Stasiun Senen.

Dengan sigap ia menghampiri setiap mobil yang datang di lobi Stasiun Pasar Senen, Jakarta di mudik Lebaran tahun ini. Lelaki yang sudah bekerja sebagai porter di Stasiun Senen selama belasan tahun ini menawarkan jasa mengangkut barang pada setiap penumpang dengan harapan mendapatkan imbalan.

"Mas tujuan kemana? Ayo dibantu [angkut]," sapa Basuki ke penumpang yang baru turun dari mobil pada Sabtu (6/4).

Sapaan itu kadang berbuah manis. Penumpang mengangguk dan ia masuk ke dalam mengantarkan barang.

Kadang juga pupus saat sang penumpang menggelengkan kepala. Kalau sudah begitu, ia pun kembali berdiri dan menunggu penumpang lain.

Basuki selalu antusias menunggu musim mudik yang bisa membuatnya membawa uang lebih ke rumah.

Dengan gigih ia berdiri menunggu. Tangan keriputnya selalu siaga mengantarkan barang bawaan penumpang hingga ke kabin kereta.

[Gambas:Video CNN]

Perawakannya kecil, namun tak bisa dianggap remeh. Basuki mampu mengangkat empat tas sekaligus dalam sekali angkat.

"Dipanggul di pundak satu tas, selempang di tangan bisa dua, koper digeret di tangan kiri," terangnya.

Jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen saat musim mudik sudah pasti lebih banyak dari biasanya. Tapi, membludaknya penumpang tak begitu berpengaruh terhadap pemasukan Basuki.

Bukannya pemasukan Basuki tak bertambah saat musim mudik. Hanya saja, lanjut dia, jika pun ada penambahan, jumlahnya tak terlalu signifikan.

Salah satu pasalnya, tak semua pemudik tertarik menggunakan jasa porter.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bongkar Asal Uang yang Dipakai Jokowi Bagi-bagi Banpres

"Ramai doang. Tapi, kan, enggak semua orang mau [pakai jasa porter]," ujar Basuki.

"Tapi, kalau dibilang [pemasukan] naik, sih, naik. Biasanya Rp100 ribu - 200 ribu, ya, sekarang bisa Rp300 ribu lah," tambah Basuki.

Ongkos angkut barang-barang bawaan ke dalam juga bervariasi. Biasanya, dalam sekali angkut, Basuki bisa mendapatkan kocek sebesar Rp20 ribu - 30 ribu.

"Biasanya saya tawarin dulu Rp30 ribu. Kadang ada juga yang masih nawar jadi Rp20 ribu gitu. Ya udah, saya ambil aja. Penumpang, kan, uangnya juga beda-beda," ujarnya.

(mnf/wlm)

Perputaran Uang Selama Libur Lebaran Diprediksi Tembus Rp369,8 T******

Kemenparekraf mengungkapkan potensi perputaran ekonomi di sektor pariwisata mencapai Rp369,8 triliun selama Lebaran 2024.
Kemenparekraf mengungkapkan potensi perputaran ekonomi di sektor pariwisata mencapai Rp369,8 triliun selama Lebaran 2024. (Foto: CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan potensi perputaran ekonomi di sektorpariwisatamencapai Rp369,8 triliun selamaLebarantahun ini.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan perputaran uang itu mencakup pengeluaran akomodasi, transportasi, makan minum, hingga oleh-oleh.

"Dari tren wisata libur ini adapun angka prediksi atau potensi perputaran ekonomi kira-kira mencapai Rp369,8 triliun," ucapnya dalam konferensi pers Mingguan secara daring, Selasa (16/4).

Nia mengatakan perputaran ekonomi selama libur Lebaran didukung oleh peningkatan pergerakan masyarakat hingga tambahan cuti.

"Hal ini juga didukung pergerakan masyarakat, cuti lebih panjang, dan adanya izin ASN (aparatur sipil negara) boleh cuti lanjutan," katanya.

Ia menuturkan rata-rata pengeluaran masyarakat saat berwisata selama libur Lebaran per orang mencapai Rp2,3 juta. Sementara, berdasarkan durasi perjalanan, wisatawan dengan durasi perjalanan satu hari mampu mengeluarkan dana sebesar Rp904.500.

Selanjutnya, untuk wisatawan dengan durasi wisata 2-4 hari diperkirakan menghabiskan uang sebanyak Rp3,5 juta. Lalu, wisatawan yang bepergian selama sepekan bisa mencapai sebesar Rp6,4 juta.

Sedangkan, untuk wisatawan yang berwisata lebih dari sepekan bisa mengeluarkan dana sebesar Rp7,6 juta.

Nia mencatat pelaku wisata dengan durasi satu hari tercatat sebesar 49,5 persen dan perjalanan dengan durasi 2-4 hari mencapai 36,2 persen.

Dari sisi akomodasi secara umum, wisatawan sebanyak 34,5 persen memanfaatkan hotel berbintang untuk menginap. Adapun 26,9 persen wisatawan memanfaatkan akomodasi milik keluarga.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)




bab terbaru:kredit hp bunga 0

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
erek2 kodok
macan177
warkop4d
daftar situs terpercaya
qq888bet
wapsbobet
slot tergacor terbaru
newvegas99
situs tergacor slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 goltogel
Bab 2 situs judi terbaik dan terpercaya no 1
Bab 3 malam slot
Bab 4 slot paling baru
Bab 5 cara mendapatkan shopee pinjam
Bab 6 qqbos99
Bab 7 bonus new member poker
Bab 8 web situs aman
Bab 9 dewa bola slot
Bab 10 pusbet
Bab 11 petarung slot
Bab 12 kapal judi
Bab 13 togel warna hk
Bab 14 semua situs slot gacor
Bab 15 cara cepat dapat uang banyak
Bab 16 wd 138 slot
Bab 17 pengalaman kredivo
Bab 18 2022 slot
Bab 19 raja555 slot
Bab 20 slot klik 4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9001bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Rel Bisnis

bocoran slot agus
Girona menang 4-1 atas Cadiz untuk kuatkan posisi finis empat besar
Arsip - Pemain Real Madrid, Jude Bellingham dan Rodrygo merayakan gol ke gawang Girona pada La Liga pekan ke-24 di Santiago Bernabeu, Sabtu (10/2). (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Jakarta (ANTARA) - Girona berhasil mengamankan kemenangan 4-1 atas Cadiz dalam pertandingan pekan ke-32 La Liga 2023/24 di Stadion Montilivi pada Minggu dini hari WIB. Empat gol dicetak oleh Eric Garcia, Ivan Martin, Artem Dovbyk dan Cristian Portu. Sementara itu gol hiburan Cadiz dicetak oleh Gonzalo Escalante. Kemenangan ini menguatkan posisi Girona untuk finis empat besar dan lolos Liga Champions musim depan. Mereka saat ini menempati peringkat tiga dengan 68 poin dan hanya tertinggal dua poin dari Barcelona di posisi dua. Sedangkan Cadiz semakin terjerumus dalam jurang degradasi di peringkat 18 setelah hanya mengumpulkan 25 poin dari 32 pertandingan, demikian yang dikutip dari laman resmi La Liga. Girona langsung mendominasi penguasaan bola sejak awal pertandingan dan tampil menekan. Tim tuan rumah bisa membuka keunggulan melalui gol Eric Garcia pada menit ke-10. Gol tersebut tercipta dari hasil tandukan Garcia usai memanfaatkan umpan silang Savinho. Skor menjadi 1-0. Pada menit ke-23, Girona menggandakan keunggulan melalui gol indah Ivan Martin. Berawal dari kombinasi apik antara Yan Couto, Eric Garcia, dan Miguel Gutierrez. Pemain terakhir kemudian memberikan umpan dengan tumit kepada Ivan Martin yang dengan tenang menceploskan bola ke gawang. Skor menjadi 2-0. 
Baca juga: Drama lima gol warnai kemenangan Girona atas Real Betis Di babak kedua, Girona bermain semakin agresif. Mereka berhasil menambah keunggulan melalui gol Dovbyk pada menit ke-71. Gol ini diawali dari umpan Gutierrez kepada Dovbyk yang memasukkan bola ke gawang. Girona 3-0 Cadiz. Cadiz sempat memperkecil kedudukan melalui gol Escalante pada menit ke-82. Namun, Girona kembali memperbesar keunggulan mereka semenit kemudian. Portu langsung mencetak gol balasan untuk Girona setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Cadiz dan membawa Girona unggul 4-1. Skor 4-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Girona meraih kemenangan meyakinkan dan memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kandang sendiri menjadi 11 pertandingan. Baca juga: Barcelona geser posisi Girona usai permalukan Atletico Madrid 3-0 Susunan Pemain Girona (4-2-3-1): Juan Carlos, Yan Couto, Juanpe, Bernardo Espinosa, Miguel Gutierrez, Oriol Romeu, Aleix Garcia, Rodrigo Riquelme (David Junca, 78′), Valentin Castellanos (Viktor Tsygankov, 69′), Cristopher Stuani (Nahuel Bustos, 82′), Talles Magno (Portu, 61′).   Cadiz (4-4-2) Ledesma, Cala, Fali, Luis Hernandez, Alfonso Espino, Alex Fernandez (Theo Bongonda, 67′), Ivan Alejo (Alberto Perea, 82′), Augustin Alcaraz (Rubai Sola, 73′), Choco Lozano (Brian Ocampo, 60′), Alvaro Negredo (Anthony Lozano, 73′), Lucas Perez (Chris Ramos, 60′)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Strategi Madam Shofu dalam melawan monster

mpo777 login
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berjanji tak akan lagi menerima donasi dari McDonald's usai viral dihujat netizen.
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berjanji tak akan lagi menerima donasi dari McDonald's usai viral dihujat netizen. (CNN Indonesia/Mesha Mediani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berjanji tak akan lagi menerima donasi dari McDonald's usai viral dihujat netizen.

Mereka menegaskan tidak mau lagi menerima donasi dari McDonald's untuk disalurkan kepada para mustahik, apalagi sebagai bantuan bagi masyarakat Gaza, Palestina. Keputusan ini diklaim sesuai arahan langsung dari Ketua Baznas RI Noor Achmad.

"Dengan memperhatikan secara saksama atas kritik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat atas bantuan yang diterima oleh Baznas dari McDonald's untuk Palestina, maka Baznas memutuskan mengambil langkah ini (menolak bantuan dari McDonald's)," tegas Deputi I Baznas RI Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta dalam keterangan resmi, Kamis (4/4).

Belakangan Baznas viral karena menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food selaku pemegang lisensi waralaba McDonald's di tanah air. Penyaluran donasi itu dibagikan dalam berbagai bentuk, termasuk paket buka puasa.

Aksi galang dana ini diumumkan resmi di Instagram @mcdonaldsid. Pada unggahan yang tayang 5 Februari 2024, mereka menegaskan kerja sama dengan Baznas RI untuk menghimpun sedekah selama periode 1 Februari 2024 hingga 20 Februari 2024.

"Keseluruhan donasi yang terkumpul hanya akan disalurkan melalui Baznas, dan kemudian dibelanjakan selimut untuk warga Palestina yang tengah menghadapi musim dingin," klaim McDonald's Indonesia.

Kendati, kerja sama tersebut menuai hujatan dari netizen. Tak hanya di Instagram, protes juga datang dari warganet di X (sebelumnya Twitter).

Mereka mengaku kecewa dengan sikap Baznas. Pasalnya, McDonald's diidentifikasi sebagai perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, bahkan masuk dalam sasaran boikot imbas genosida terhadap Palestina.

Sebelum memutuskan tidak akan menerima donasi lagi dari McDonald's, Baznas juga sempat membuat klarifikasi. Mereka mengakui memang menerima donasi dari cabang perusahaan AS itu.

"Dalam pemberitaan akhir-akhir ini, Baznas dikesankan aktif menggandeng perusahaan yang dianggap membantu Israel. Baznas tidak menyalurkan zakat masyarakat dengan membeli produk resto yang dimaksud. Baznas memang menerima donasi dari perusahaan dan pelanggan resto untuk kami salurkan ke masyarakat sebagaimana tugas utama kami," klarifikasi Baznas pada Jumat (29/3) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Penjahat paling kuat, Tang Seng

pinjam mandiri
BEI menyebut kejatuhan IHSG usai libur panjang Lebaran dipicu oleh perang antara Iran dengan Israel. Kejatuhan kata mereka juga terjadi pada bursa lain.
BEI menyebut kejatuhan IHSG usai libur panjang Lebaran dipicu oleh perang antara Iran dengan Israel. Kejatuhan kata mereka juga terjadi pada bursa lain. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Irvan Susandy buka suara soal kejatuhan IHSG usai libur panjang Lebaran2024 ini.

Ia mengatakan kejatuhan dipicu perang antara Iran dengan Israel mulai akhir pekan lalu. Menurutnya, tensi politik antara dua negara itu menjadi salah satu faktor penyebab IHSG melemah tajam pada perdagangan Selasa (16/4).

"Terjadinya peningkatan tensi politik antara negara-negara di Timur Tengah pascaserangan lebih dari 300 drone dan rudal oleh Iran ke Israel pada Sabtu (13/4) waktu setempat (menjadi penyebab melemahnya IHSG)," ujar Irvan, Selasa seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, dari dalam negeri, ia menjelaskan rilis beberapa data ekonomi domestik dalam dua pekan terakhir turut mempengaruhi pelemahan IHSG. Data itu diantaranya inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) periode Maret 2024 yang tercatat sebesar 3,05 persen year on year (yoy), atau meningkat dibandingkan periode Februari 2024 yang sebesar 2,75 persen (yoy).

Selain itu, ada juga data cadangan devisa (cadev) Indonesia periode Maret 2024 yang tercatat sebesar US0,4 miliar, atau turun dibandingkan periode Februari 2024 yang sebesar US4 miliar.

Pelemahan juga dipicu libur panjang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Periode libur panjang Lebaran di Indonesia berlangsung selama 8 sampai 15 April 2024, sehingga penyesuaian pasar baru terjadi pada hari ini," jelas Irvan,

Irvan menjelaskan pelemahan tajam sejatinya tak hanya terjadi pada IHSG. Berbagai indeks bursa saham global, diantaranya Vietnam, Taiwan, China, Korea Selatan, Jepang, Filipina, dan Australia, juga telah mencatatkan penurunan sebesar lebih dari 2 persen dalam dua hari terakhir sejak Jumat (12/4).

"Hal ini mengindikasikan adanya penyesuaian IHSG seiring dengan akumulasi risiko pasar selama periode libur," ujar Irvan.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.164 pada Selasa (16/4) sore. Indeks saham melemah 122 poin atau minus 1,68 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp22,72 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,6 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]

Pada penutupan kali ini, 165 saham menguat, 457 terkoreksi, dan 175 lainnya stagnan.

Terpantau, lima dari 11 indeks sektoral melemah, dipimpin oleh sektor transportasi, yakni minus 0,71 persen.

Beralih ke asing, bursa saham Asia kompak bergerak di zona merah. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 1,94 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 2,07 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 2,28 persen.

Senada, bursa saham Eropa juga kompak ambruk. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 1,53 persen, indeks DAX di Jerman minus 1,46 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 1,35 persen.

Setali tiga uang, bursa saham AS kompak melemah. Indeks S&P 500 melemah 1,2 persen, indeks NYSE Composite minus 0,75 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 1,79 persen.

Lihat Juga :
Bos BI soal Rupiah Terperosok ke Rp16 Ribu: Kami Intervensi
(agt/agt)

Artis pakaian wanita

qqmas
Analis menyebut saham sektor pertambangan dan perbankan bakal bersinar pekan ini. Berikut rinciannya.
Analis menyebut saham sektor pertambangan dan perbankan bakal bersinar pekan ini. (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.087 pada Jumat (19/4) sore. Indeks saham melemah 79,49 poin atau minus 1,11 persen dari perdagangan hari sebelumnya.

Pelemahan indeks pekan lalu itu diperkirakan berlanjut minggu ini. Namun, ada kemungkinan indeks bisa lepas dari tekanan dan bangkit jika bertahan di atas supportjangka panjang yakni MA200 pada level 7.035

Pengamat Pasar Modal dari Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi melihat IHSG bakal bergerak dalam rentang levelsupport7.015 danresistance7.250.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ini. Dari dalam negeri, pertamaada rilis keputusan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan diumumkan pada pekan ini.

BI diperkirakan tetap mempertahankan suku bunga acuan BI di level 6 persen.

"Pelemahan rupiah beberapa waktu terakhir kami perkirakan menjadi landasan mempertahankan suku bunga acuan. Hal ini akan direspons moderat oleh pasar dikarenakan sejalan dengan the Fed yang masih hawkish," kata Audi.

Kedua,pergerakan IHSG pekan ini juga akan dipengaruhi oleh rilis laporan keuangan kuartal I perbankan dan basic, khususnya produsen emas yang diperkirakan memiliki kinerja positif.

"Investor dapat memperhatikan emiten pada kuartal I-2024 yang memiliki kinerja positif di tengah ketidakpastian ekonomi dan suku bunga yang masih tinggi sebagai alternatif investasi," jelas Audi.

Sedangkan, sentimen dari luar negeri ada ketegangan geopolitik di Timur Tengah yang masih akan membuat investor cenderung menahan. Meski demikian, serangan pada Jumat lalu berdasarkan laporan menunjukkan kondisi yang dibesar-besarkan.

"Kami berpandangan positif, jika tensi pada pekan depan kembali menurun dengan potensi pasar saham kembali menarik. Kenaikan harga emas saat ini lebih disebabkan faktor tematikal yang bersifat fluktuatif dalam jangka pendek," terangnya.

Audi mengatakan investor pada pekan ini dapat mulai melirik emiten big capsyang kehilangan market capscukup dalam pekan lalu yang berpotensi terjadi teknikal rebound, seperti dari telekomunikasi dan perbankan.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa saham yang bisa dikoleksi pada pekan ini adalah
- ANTM (trading buy)
Support: 1.710 Resistance: 1.860
- BBRI (buy on weakness) 5.175-5.250
Support:5.025 Resistance: 5.750
- TLKM (buy on weakness) 3.050-3.120
Support: 3.000 Resistance: 3.420
- ADRO (trading buy)
Support: 2.680 Resistance: 2.970.

Lihat Juga :
Prilly Bisa Beli LPG 3 Kg, Syarat Beli Pakai KTP Apa Kabar?

Senada, Analis dan Branch Manager Jasa Utama Capital Sekuritas Solo Robin Haryadi melihat IHSG bakal lanjut melemah sepanjang pekan ini.

"IHSG sepekan ke depan masih cenderung tertekan dengan supportkuat 7.009. Kalau jebol,next support6.906. Resisten ada di 7.244. Kalau bisa breakout, maka nextresistantnya ada di 7.300," kata Robin.

Menurutnya, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG dari dalam negeri sepekan ini adalah nilai dolar AS yang terlalu kuat dan bisa berdampak pada keputusan Bank Indonesia untuk mempertahankan suku bunga acuannya di level 6 persen.

Selain itu, ada juga indeks kepercayaan konsumen yang meningkat, dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres yang akan diumumkan pada Senin, 22 April 2024.

Di tengah sentimen yang beragam ini, Robin menilai investor harus cermat memilih saham-saham yang diuntungkan dengan situasi di atas, sekaligus menghindari saham-saham yang terkena dampak negatif dari situasi tersebut.

"Sektor yang harus dicermati tentu saja energi yang paling diuntungkan dengan situasi tersebut. Sektor yang cenderung untuk dihindari adalah keuangan dan teknologi yang jelas-jelas terkena dampak langsung dari situasi ketidakpastian di atas," jelasnya.

Lihat Juga :
RI-China Segera Bentuk Tim Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Adapun saham yang direkomendasikan Robin pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:
- MDKA dengan target price3.050-3.150
- INCO dengan target price4.790-5.000
- TINS dengan target price1.215-1.250
- PTBA dengan target price3.320-2.500
- MEDC dengantarget price1.705-1.800.

(agt)

Perang Wu Geng Liuli

cara pinjam di pnm mekar
Tesla PHK 10 persen karyawan globalnya gara-gara penjualan mobil listrik menurun, serta perang harga yang intensif untuk kendaraan listrik (EV).
Tesla PHK 10 persen karyawan globalnya gara-gara penjualan mobil listrik menurun, serta perang harga yang intensif untuk kendaraan listrik (EV). (Foto: REUTERS/TINGSHU WANG)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tesla memutus hubungan kerja (PHK) 10 persen karyawan globalnya. PHK dilakukan lantaran penjualan mobil listrik menurun, serta perang harga yang semakin intensif untuk kendaraan listrik (EV).

Informasi PHK berserta alasannya itu diketahui dari memo internal yang ditulis CEO Tesla Elon Musk.

"Saat kami mempersiapkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya, sangat penting untuk mempertimbangkan setiap aspek perusahaan untuk pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas," kata Musk dalam memo yang dikirimkan kepada seluruh karyawan, dikutip Reuters, Senin (16/4).

Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Tetapi, dalam cuitan di X, Musk membenarkan kabar PHK tersebut.

"Setiap lima tahun, kami perlu melakukan reorganisasi dan merampingkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya," tulisnya, Senin (16/4).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada dua pemimpin senior, yakni Kepala Pengembangan Baterai Drew Baglino dan VP Kebijakan Publik Rohan Patel, yang juga mengumumkan mundur dari perusahaan.

Musk terakhir kali mengumumkan pemutusan hubungan kerja pada 2022 lalu, setelah mengatakan kepada para eksekutif bahwa dia memiliki "firasat yang sangat buruk" tentang perekonomian.

Namun, jumlah karyawan Tesla telah meningkat dari sekitar 100 ribu pada akhir 2021, menjadi lebih dari 140 ribu pada 2023.

CEO Rex Shares Scott Acheychek yang mengelola ETF dengan eksposur tinggi terhadap saham Tesla, menggambarkan pengurangan jumlah karyawan sebagai hal yang strategis.

Di sisi lain, Kepala Investasi di Running Point Capital Advisors Michael Ashley Schulman menganggap kepergian para eksekutif senior sebagai "sinyal negatif hari ini" bahwa pertumbuhan Tesla sedang dalam kesulitan.

Kurang dari setahun yang lalu, kepala keuangan Tesla, Zach Kirkhorn, meninggalkan perusahaan, memicu kekhawatiran tentang perencanaan suksesi.

Saham Tesla ditutup anjlok 5,6 persen menjadi US1,48 pada Senin (16/4) waktu setempat, serta jatuh sekitar 33 persen sepanjang tahun ini.

PHK ini muncul usai Tesla membatalkan produksi mobil murah yang telah lama dijanjikan. Berdasarkan laporan eksklusif Reuters pada 5 April lalu, mobil seharga US ribu yang diandalkan para investor untuk mendorong penjualan itu tak jadi dirilis.

Padahal, Musk sempat mengatakan mobil yang dikenal dengan nama Model 2 itu akan mulai diproduksi pada akhir 2025.

Tak lama setelah berita tersebut diterbitkan, Musk mengunggah tulisan "Reuters berbohong" di situs media sosialnya X, tanpa merinci ketidakakuratan apa pun.

Ia belum berkomentar mengenai mobil tersebut sejak saat itu, sehingga membuat investor dan analis berspekulasi tentang masa depan mobil murah tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Guru Tiongkok terlahir kembali di dunia lain

slot mudah menang jackpot
Daftar tujuh negara yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23
Pemain timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman berselebrasi seusai mencetak gol dalam kemenangan 4-1 atas Yordania U-23 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullan bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024). (ANTARA/HO/PSSI)
Jakarta (ANTARA) - Empat gol timnas Indonesia U-23 yang dicetak Marselino Ferdinan (23', 70'), Witan Sulaeman (40'), dan Komang Teguh (86') yang hanya dibalas satu gol Yordania U-23 melalui gol bunuh diri Justin Hubner (79') membuat Garuda Muda menjadi negara ketujuh yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Bertanding di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4) malam, Indonesia yang sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke perempat final, pada laga ini mendominasi penuh jalannya laga atas tim asuhan pelatih Abdallah Abu Zema.

Hasilnya empat gol disarangkan ke gawang Yordania yang dikawal kiper Ahmad Al-Juaid dan membawa Indonesia memetik kemenangan keduanya di Piala Asia U-23.

Kemenangan ini membawa Indonesia menyelesaikan babak penyisihan grup, Grup A di posisi kedua dengan enam poin, hanya selisih satu poin dari tim tuan rumah Qatar di puncak klasemen.

Hasil ini membawa Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah dan lebih spesialnya capaian ini ditorehkan Garuda Muda sebagai tim debutan.

Babak gugur Piala Asia menjadi sejarah baru bagi Indonesia dimana Shin Tae-yong sebagai pelatih menjadi aktor utama setelah pada tahun ini ia juga mengantarkan timnas senior ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Indonesia menyusul enam negara lainnya yang sudah memastikan lolos ke babak perempat final, di antaranya adalah Qatar, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uzbekistan, dan Vietnam.

Satu slot tersisa saat ini sedang diperebutkan dua tim dari Grup C, yaitu Thailand dan Irak. Pada laga pamungkas Senin malam pukul 22.30 WIB nanti, Irak akan bertemu Arab Saudi dan Thailand bertemu Tajikistan.

Pada babak perempat final, Indonesia akan melawan juara Grup B yang sedang diperebutkan Korea Selatan dan Jepang pada Jumat (26/4) 00.30 WIB mendatang di Stadion Abdullan bin Khalifa, Doha.


Baca juga: Indonesia lolos ke 8 besar Piala Asia U-23, Erick Thohir: ini bukti kita bisa
Baca juga: Australia gagal lolos ke 8 besar usai bermain imbang 0-0 lawan Qatar
Baca juga: Komang Teguh tambah keunggulan Indonesia menjadi 4-1 atas Jordania
Baca juga: Enam negara pastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U-23

Daftar tujuh negara yang sudah lolos perempat final Piala Asia U-23:

Grup A
Qatar, Indonesia

Grup B
Korea Selatan, Jepang

Grup C
Arab Saudi

Grup D
Uzbekistan, Vietnam.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024