petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bidadari29

harimau 4d slot 683Jutaan kata 35394Orang-orang telah membaca serialisasi

《bidadari29》

Cara Naik Kereta Bandara Soekarno******

Berikut cara naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta lengkap beserta informasi harga tiketnya.
Cara naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta lengkap beserta informasi harga tiketnya. (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon penumpang pesawat bisa menggunakan Kereta Api (KA) Bandara untuk mengejar jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Cara naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta mudah dan cepat. Sebab, beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta bisa dilakukan secara online maupun dibeli langsung di tempat (on the spot).

Lihat Juga :
Railink Tambah Rute KAI Bandara di Stasiun Bandar Khalipah

Jika tak ingin naik dari Stasiun Manggarai, Anda juga bisa naik kereta bandara melalui stasiun lain, yaitu BNI City, Duri, dan Batu Ceper. Berikut penjelasan lengkapnya.


Harga Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Melansir akun Instagram KAI Bandara @kabandararailink,berikut harga tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Eksekutif

  • Bandara Soetta - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp70 ribu
  • Bandara Soetta - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp70 ribu
  • Bandara Soetta - Stasiun Manggarai dan sebaliknya Rp70 ribu
  • Stasiun Batu Ceper - Stasiun Manggarai dan sebaliknya Rp35 ribu
  • Stasiun Batu Ceper - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp35 ribu
  • Stasiun Batu Ceper - Bandara Soetta dan sebaliknya Rp35 ribu
  • Stasiun Batu Ceper - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp25 ribu
  • Stasiun Manggarai - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun Manggarai - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun Duri - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp10 ribu

Premium

  • Bandara Soetta - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp30 ribu
  • Bandara Soetta - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp30 ribu
  • Bandara Soetta - Stasiun Manggarai dan sebaliknya Rp30 ribu
  • Bandara Soetta - Stasiun Batu Ceper dan sebaliknya Rp25 ribu
  • Stasiun Manggarai - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun Manggarai - Stasiun BNI City dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun Manggarai - Stasiun Batu Ceper dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun BNI City - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun BNI City - Stasiun Batu Ceper dan sebaliknya Rp10 ribu
  • Stasiun Batu Ceper - Stasiun Duri dan sebaliknya Rp10 ribu

Metode Pembelian dan Pembayaran Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Mengutip situs resmi KAI Bandara, berikut metode pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

  • Vending machine stasiun keberangkatan kereta bandara
  • Website KAI Bandara di reservation.railink.co.id
  • Booth di Terminal Soekarno-Hatta
  • Aplikasi KA Bandara
  • Meja informasi di stasiun kereta bandara
  • Tap and go menggunakan kartu uang elektronik (e-money)
  • e-Commerce, seperti Traveloka dan tiket.com

Berikut metode pembayaran tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

  • Kartu debit
  • Kartu kredit
  • OVO
  • LinkAja
  • BCA KlikPay
  • Klik BCA
  • TapCash BNI
  • eMoney Mandiri
  • Flazz BCA
  • Brizzi BRI


Cara Naik Kereta Bandara Soekarno Hatta

Berikut cara naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

  1. Periksa jadwal keberangkatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta di railink.co.id/jadwal/id atau akun Instagram KAI Bandara @kabandararailink
  2. Lakukan pembelian tiket sesuai metode pembelian tiket secara online. Jika ingin membeli langsung, bisa datang lebih awal ke stasiun keberangkatan
  3. Pilih dan tuju stasiun keberangkatan yang diinginkan, misalnya Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, atau Batu Ceper
  4. Jika belum memiliki tiket, bisa dibeli secara offline melalui mesin pembelian di stasiun keberangkatan
  5. Buka barcode tiket untuk akses masuk menuju perjalanan kereta bandara, lalu scan barcode di pintu masuk
  6. Tuju peron kereta bandara, lalu masuk ke gerbong kereta. Pilih tempat duduk yang diinginkan
  7. Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta berlangsung
  8. Begitu tiba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, turun dan buka kembali barcode tiket yang dimiliki, lalu scan di pintu keluar
  9. Lanjutkan perjalanan menuju Terminal 1, 2, atau 3 sesuai tujuan menggunakan Kalayang (Skytrain) atau shuttle bus.

Demikian cara naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Semoga bermanfaat.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Jasa Marga Prediksi 2,7 Juta Kendaraan Keluar Jabodetabek Saat Nataru******

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PTJasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023 atau periode 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Jumlah ini naik 8,4 persen dari dari volume lalu lintas normal.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan puncak arus mudik diperkirakan terbagi dalam dua hari yaitu pada 23 Desember 2022 dan 30 Desember 2022.

"Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,71 juta kendaraan, naik 9 persen dari volume lalu lintas normal, dengan prediksi puncak arus balik juga terbagi dalam dua hari, yaitu pada Minggu, 25 Desember 2022, untuk periode Natal dan Minggu, 1 Januari 2023, untuk periode Tahun Baru," jelas Atika dalam keterangan resmi, Jumat (16/12).

Mayoritas distribusi volume lalu lintas yang keluar masuk Jabotabek pada periode tersebut adalah menuju Timur atau Trans Jawa dengan angka distribusi mencapai 47 persen.

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) , Jasa Marga memastikan kesiapan strategi dan layanan operasi jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol yang berperan di sektor infrastruktur transportasi darat telah menyiapkan berbagai upaya dan strategi mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru.

Lihat Juga :
Viral Rupiah Seri Unik Mahar Pernikahan Kaesang, BI Buka Suara

Jasa Marga bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaksimalkan kapasitas jalan tol dengan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, khususnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, satu lajur juga akan ditambah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta mulai km 50 hingga km 67 sepanjang 16,3 km.

"Serta mempersiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang sampai Kutanegara) sepanjang 8,5 km," ujar Atika.

Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif untuk kendaraan kecil golongan 1 non bus pada arus balik jika terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun jalur ini perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan nasional Karawang, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat km 47.

Sementara untuk optimasi kapasitas di gerbang tol, perusahaan menambah gardu operasi di GT Karangantar dan GT Madiun serta menyiagakan gardu temporer di km 149 Gedebage Jalan Tol Padaleunyi dan Km 99 Darang dan Jalan Tol Cipularang.

Sedangkan di gerbang tol lainnya, Jasa Marga mengoptimalkan gardu Oblique Approach Booth(OAB) atau gardu miring dan menambah mobile reader, hingga mengatur distribusi kendaraan di gerbang tol utama dan akses masuk.

Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business juga akan menambah toilet portable, berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM, menambah layanan BBM Pertashop dan motoris, penyediaan posko layanan kesehatan dengan berkoordinasi dengan daerah setempat hingga berkoordinasi dengan kepolisian untuk pelaksanaan buka tutup rest areajika rest areamengalami kepadatan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Neraca Dagang RI Surplus Sudah 31 Bulan, Rp80,6 T pada November******

Neraca dagang RI surplus US,16 miliar atau Rp80,6 triliun per November 2022. Surplus ini udah terjadi 31 bulan berturut-turut.
Neraca dagang RI surplus US,16 miliar atau Rp80,6 triliun per November 2022. Surplus ini udah terjadi 31 bulan berturut-turut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganIndonesia surplus US,16 miliar atau setara dengan Rp80,6 triliun (asumsi kurs Rp15.621 per dolar AS) secara bulanan pada November 2022.

Namun capaian ini lebih rendah dibandingkan Oktober kemarin yang sebesar US,67 miliar atau setara dengan Rp88,2 triliun.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah mengatakan capaian neraca dagang Indonesia sudah mengalami surplus dalam 31 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

Habibullah mengatakan surplus neraca dagang karena nilai ekspor melonjak 5,58 persen dari US,85 miliar pada November 2021 menjadi US,12 miliar pada November 2022.

Sementara nilai impor hanya US,96 miliar atau turun 1,89 persen dari tahun lalu yang sebesar US,33 miliar.

Neraca perdagangan komoditas nonmigas tercatat surplus US,83 miliar dengan komoditas penyumbang surplus utama yaitu bahan bakar mineral kode HS 27, lemak dan minyak hewan nabati kode HS 15, serta besi dan baja kode HS 72.

Sedangkan, untuk neraca perdagangan komoditas migas tercatat defisit sebesar US,67 miliar dengan komoditas penyumbang defisit yaitu minyak mentah hasil minyak hasil minyak .

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)




bab terbaru:rtp sensa138

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
ucokbet
pokercc
permainan yang bisa mendapatkan uang
remember gulag slot demo
link slot tergacor 2023
duit 138 slot login
pola gacor slot
virtusplay
jewel4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 menu 4d slot
Bab 2 bocoran slot gacor jarwo
Bab 3 klikme88
Bab 4 bocoran harmonibet hari ini
Bab 5 maxwin terbaru
Bab 6 aplikasi mirip kredivo
Bab 7 cara pinjam di julo
Bab 8 bayar4d
Bab 9 cara tarik limit kredivo
Bab 10 maxwin mahjong ways 2
Bab 11 rtp untung88
Bab 12 pencairan kredivo berapa lama
Bab 13 tafsir mimpi 3d abjad lengkap
Bab 14 togel korea
Bab 15 rtp rupiahtoto
Bab 16 situs gacor bonus new member
Bab 17 surgaslot777
Bab 18 kerja dapat uang banyak
Bab 19 ronaldo slot88 login
Bab 20 situs slot88 online terbaik 2021
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9171bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Dewa Makanan di Alam Liar Hiburan

hoki 77 slot
Konsumen Meikarta mengklaim tuntutan refund dimentahkan dan diganti dengan janji menjual unit (titip jual) lewat Bank Nobu.
Konsumen Meikarta mengklaim tuntutan refund dimentahkan dan diganti dengan janji menjual unit (titip jual) lewat Bank Nobu. (CNN Indonesia/Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kuasa hukum Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Rudy Siahaan mengklaim Bank Nobu berjanji akan membantu konsumen untuk menjual unit apartemen.

Kendati, Rudy mengaku kecewa sebab dua jam mediasi hasilnya tak menggembirakan. Tadinya, konsumen menuntut pengembalian dana (refund). Bukan titip jual.

Apalagi, titip jual sejatinya dilakukan hanya jika unit apartemennya sudah ada. Sementara saat ini, unit tersebut belum terealisasi.

"Tapi titip jual itu sepertinya tidak masuk akal, logikanya kalau titip jual berarti unitnya ada dong? Kita pertanyakan kalau ada unitnya kasih saja ke kita, kita yang akan jualkan dan pasarkan," kata Rudy di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (19/12).

Selain itu, Rudy meyakini ada vendor atau pihak ketiga lain yang bisa membantu menjualkan unit apartemen milik anggota komunitas. Namun, pihak Bank Nobu meminta waktu 20 hari kerja untuk berkomunikasi dengan pihak pengembang.

"Mereka tadi minta waktu SLA untuk menyelesaikan permintaan permasalahan kita ini 20 hari kerja ke depan, tapi tetap kita melakukan langkah-langkah upaya-upaya kami," ucap Rudy.

Lihat Juga :
GBK Aset Termahal di Indonesia, Bernilai Rp348 T

Ia menjelaskan bahwa langkah itu seperti melanjutkan audiensi dengan DPR atau stakeholder yang berkaitan. Baik dari pihak pembiayaan, seperti Bank Nobu, developer, yaitu PT MSU, dan konsumen Meikarta lainnya.

"Untuk pihak Nobu-nya belum mengakomodir (refund), alasannya mereka minta 20 hari ke depan untuk berkoordinasi. Kalau dikabulkan kita tetap optimis ya mudah-mudahan," tuturnya.

Lebih jauh, Rudy memaparkan pihaknya ditemui oleh empat hingga lima orang jajaran direksi dan legal dari Bank Nobu.

CNNIndonesia.comsudah minta tanggapan atas hasil mediasi dengan pembeli Meikarta ke Corporate Communication Bank Nobu Mario Satrio. Tapi yang bersangkutan menolak untuk berkomentar.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir)

[Gambas:Video CNN]

Gadis malang dan gadis bangsawan

kredivo uang tunai
Peningkatan omzet ini dirasakan UMKM setelah mendapat pelatihan dan bimbinga dari PT HM Sampoerna lewat Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC).
Neneng Apriani (kiri), dan sejumlah pelaku UMKM di Jawa Timur yang merasa terbantu dengan keberadaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), inkubator pengembangan bisnis bagi UMKM. Pelaku UMKM tersebut mendapati bisnisnya berkembang pesat setelah mengikuti pelatihan yang disediakan oleh SETC. (Foto: Arsip Sampoerna)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berhasil meningkatkan omzet penjualannya setelah mengikuti bimbingan dan pelatihan. Hal ini tentunya ikut membantu roda perekonomian di daerah tersebut.

Peningkatan omzet ini dirasakan pelaku UMKM setelah mendapat pelatihan dan bimbinga secara aktif dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna/HMSP). Hal ini dilakukan suapaya UMKM dapat semakin bersaing.

Program bimbingan itu dilakukan Emiten perusahaan tembakau lewat Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), yang berada dalam payung program Sampoerna Untuk Indonesia.

Bagi UMKM, kehadiran SETC menjadi laboratorium penting demi meningkatkan kapasitas, baik itu dari sisi hardskillmaupun softskill. Lasti Suhartini, yang berasal dari Malang, mengatakan bahwa SETC memiliki pengaruh signifikan baginya, khususnya ketika situasi pandemi dua tahun lalu lagi tinggi-tingginya.

Perempuan dengan latar belakang arsitektur, namun memiliki kegemaran di bidang mode, mengaku sangat terbantu dengan bimbingan dari SETC selama pandemi. Memulai bisnis dengan produksi masker, kini Lasti mulai merambah ke bisnis baju lukis sesuai dengan passion yang dimiliki.

Saat ini, Lasti mengaku mampu mengembangkan bisnisnya yang kini memiliki omzet di kisaran Rp8-10 juta per bulan. Pada saat ramai, omzetnya bisa mencapai Rp20 juta per bulan. Tidak hanya itu, efek domino ikut dirasakan oleh orang sekitar lewat pemberian lapangan kerja kepada empat orang.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Neneng Apriani, pebisnis bawang hitam asal Malang. Bisnis ini berawal ketika dirinya tidak sengaja memproduksi bawang hitam sebagai bagian dari pengobatan alternatif yang ditempuh. Lewat bimbingan SETC, Neneng mampu menangkap celah pasar yang pemainnya masih relatif terbatas.

Secara personal, Neneng yang pernah masuk 10 besar kompetisi bergengsi nasional yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengaku bangga menjadi bagian dari UMKM binaan SETC.

Bawang hitam sendiri merupakan produk dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60-70 derajat Celsius selama 30-40 hari.

Melansir Alodokter, bawang hitam memiliki sejumlah manfaat medis mulai dari kesehatan jantung, menjaga gula darah hingga mencegah kanker. Saat ini produknya sudah dikirimkan ke banyak pelanggan, bahkan mencapai Turki dan Australia.

Neneng juga bercerita dengan bangga bahwa usaha yang digelutinya saat ini menjadi laboratorium bagi calon-calon pemikir muda baru Indonesia.

Neneng mengaku bahwa rumah yang menjadi tempat operasi bisnis UMKM miliknya kini telah menjelma jadi pusat penelitian mahasiswa, termasuk untuk bahan penelitian akhir. Neneng menyebut mahasiswa yang datang berasal dari berbagai kampus, mulai Universitas Brawijaya hingga sejumlah kampus di Surabaya.

Selain Lasti dan Neneng, SETC juga memberikan bimbingan dan inkubasi bagi lebih banyak UMKM. SETC sendiri hingga saat ini telah memberi keterampilan kewirausahaan kepada lebih dari 65.000 peserta dari seluruh Indonesia.

(inh/inh)

Kaisar Naga Kesunyian Ilahi

slot88resmi
Menkeu Sri Mulyani menerbitkan aturan kenaikan harga eceran rokok yang berlaku mulai 1 Januari 2023. Berikut daftar kenaikan harga eceran rokok.
Kemenkeu menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191 Tahun 2022 tentang tarif cukai hasil tembakau yang akan mengubah harga jual eceran rokok mulai 2023. (CNN Indonesia/ Daniela Dinda).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Keuangan resmi menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191 Tahun 2022 tentang Tarif Cukai Hasil TembakauBerupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot dan Tembakau Iris.

Dalam aturan tersebut cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok resmi naik rata-rata 10 persen mulai 1 Januari 2023.

Kenaikan tarif cukai tersebut akan mengubah harga jual eceran (HJE) rokok buatan dalam negeri pada tahun depan. Berikut rincian harga rokok usai kenaikan tarif cukai 10 persen tersebut;

2. Jenis Sigaret Putih Mesin (SPM)

- Golongan I dijual paling rendah Rp2.165 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp2.005 per batang
- Golongan II dijual paling rendah Rp1.295 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp1.135 per batang

Lihat Juga :
Jokowi soal Resesi Global: Bukan Menakut-nakuti, Hanya Mengingatkan

3. Jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) atau Sigaret Putih Tangan (SPT)


- Golongan I dijual paling rendah Rp1.800 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp1.635 per batang
- Golongan II dijual paling rendah Rp720 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp600 per batang
- Golongan III dijual paling rendah Rp605 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp505 per batang

4. Jenis Sigaret Kretek Tangan Filter (SKTF) atau Sigaret Putih Tangan Filter (SPTF)

Harga jual ecerannya paling rendah hanya Rp2.055 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp1.905 per batang

5. Jenis Sigarete Kelembak Kemenyan (KLM)

-Golongan I dijual paling rendah Rp860 per batang, naik dibandingkan 2022 yang sebesar Rp780 per batang
-Golongan II dijual paling rendah Rp200 per batang, masih sama dengan 2022

Lihat Juga :
Menhub Dorong Saudi Airlines Layani Penerbangan Umrah

6. Jenis Tembakau Iris (TIS)

Harga jual paling rendah Rp55-Rp180 per batang, masih sama dengan 2022

7. Jenis Rokok Daun atau Klobot (KLB)

Harga jual eceran paling rendah Rp290 per batang, masih sama dengan 2022

8. Jenis Cerutu (CRT)

Harga jual eceran paling rendah Rp495-Rp5.500 per batang, tidak berubah dari 2022.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Penguasa Binatang Buas

link slot gacor hari ini 2023
Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN Nusantara.
Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN Nusantara. (youtube/Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rumah susun (rusun) untuk hunian pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Target, bakal ada 22 rusun pekerja konstruksi di ibu kota baruitu.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan 16 rusun yang sudah terbangun dalam proses penyelesaian kelistrikan, pemasangan dinding, dan toilet bagi pekerja.

"Pembangunan rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN terus berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06 persen," katanya, Minggu (18/12), dikutip dari Antara.

Proses pengerjaan dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Gedung dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kerja sama operasi (KSO) ini bernilai Rp567 miliar.

Kompleks rusun hunian pekerja konstruksi IKN juga akan dilengkapi dengan fasilitas sosial dan umum, seperti masjid,mess hall, klinik, dan kantor perwakilan pengelola.

"Setiap rusun akan memiliki kamar tipe barak untuk pekerja, dilengkapi tempat tidur dan kamar mandi, sehingga para pekerja bisa tinggal dengan nyaman dan fokus dalam bekerja membangun infrastruktur di IKN Nusantara," jelas Iwan.

Lihat Juga :
Harga Minyak Terjun Bebas ke US per Barel Imbas Suku Bunga Naik

Dalam proses konstruksi, Kementerian PUPR mengklaim menerapkan tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance(ESG).

Pertama, dengan menerapkan lean constructiondan green construction. Kedua, memberikan fasilitas lebih layak bagi para pekerja konstruksi yang membangun IKN.

Ketiga, membangun tata kelola konstruksi yang lebih rapi, sehat, efisiensi, dan efektif.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]

sebuah surga

dominoqq
Harga sayur mayur di Sumut semakin mahal imbas curah hujan tinggi menyebabkan banjir di sejumlah sentra produksi.
Harga sayur mayur di Sumut semakin mahal imbas curah hujan tinggi menyebabkan banjir di sejumlah sentra produksi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Medan, CNN Indonesia--

Harga sayurmayur di Sumatera Utara (Sumut) makin mahal imbas curah hujan yang tinggi memicu bencana banjir di sejumlah sentra produksi.

Salah satunya, kacang panjang yang dibanderol Rp20 ribu-Rp22 ribu dari sebelumnya Rp10 ribu per kg. Ada pula sawi hijau yang tadinya dihargai Rp7.000 per kg menjadi Rp15 ribu di pedagang eceran.

Selanjutnya, bayam yang biasanya dipatok Rp2.500 per ikat, kini mencapai Rp5.000 per ikat. Harga sayur-sayuran lainnya juga terpantau naik nyaris atau bahkan melampaui dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Ditambah lagi, curah hujan yang tinggi itu memicu kerusakan pada sejumlah tanaman jenis sayur, dan pembusukan lebih cepat.

"Belum lagi, gangguan distribusinya. Pada dasarnya, kenaikan harga sayur-sayuran lumrah terjadi saat berlangsungnya hari besar keagamaan. Namun, tidak seharusnya terjadi pada saat sekarang ini," urainya.

Apalagi, Natal dan Tahun Baru 2023 juga masih beberapa pekan lagi. Tetapi, kenaikan harga sayuran kali ini banyak dipengaruhi oleh tingginya curah hujan yang tinggi ditambah dengan kenaikan biaya input produksi seiring kenaikan harga pupuk dan pestisida.

Lihat Juga :
Industri Pangan dan Energi Jadi Kunci Hindari Resesi

"Harga biaya input produksi yang naik turut mempengaruhi petani menggunakan lebih sedikit pupuk atau pestisida, sehingga hasil panennya menjadi tidak maksimal. Kalau kenaikan harga sayur sayuran melebihi 100 persen atau dua kali lipat kerap terjadi saat perayaan hari besar itu berlangsung," terangnya.

Menurutnya, saat perayaan Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru harga sayur sayuran bahkan ada yang sempat naik hingga 200 persen. Tetapi, terjadi di saat hari-H, dimana keseimbangan pasar tengah mengalami gangguan tentunya.

"Namun, untuk kali ini memang situasinya berbeda, sehingga beberapa komoditas sayur-sayuran terpaksa naik meskipun hari-H (Nataru) masih jauh," bebernya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/bir)

[Gambas:Video CNN]

Dewa laki-laki Gao Xiaoleng

alam4d
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,89 persen ke 6.812 pada Jumat (16/12) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,89 persen ke 6.812 pada Jumat (16/12) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.812 pada Jumat (16/12). Indeks saham menguat 60,33 poin atau plus 0,89 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14,95 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,82 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 219 saham menguat, 297 terkoreksi, dan 178 lainnya stagnan. Terpantau, enam dari sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor basic di angka 1,53 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas melemah. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang melemah 1,87 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,53 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan minus 0,04 persen.

Bursa saham Eropa terpantau dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,93 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 3,09 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 3,28 persen.

Sementara itu, bursa Amerika kompak melemah. Indeks S&P 500 turu 2,49 persen, indeks NYSE melemah 2,02 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 3,23 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)