petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

trik cara bermain slot olympus

game gacor slot 606Jutaan kata 223867Orang-orang telah membaca serialisasi

《trik cara bermain slot olympus》

Menteri Basuki Klaim Pembangunan IKN Sudah Berjalan 25 Persen******

Progres pembangunan fisik infrastruktur dasar IKN mencapai 25 persen, yang meliputi kantor presiden, perumahaan menteri dan infrastruktur lainnya di KIPP.
Progres pembangunan fisik infrastruktur dasar IKN mencapai 25 persen, yang meliputi kantor presiden, perumahaan menteri dan infrastruktur lainnya di KIPP. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono mengatakan progres pembangunan fisik infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mencapai 25 persen.

Adapun pembangunan infrastruktur fisik yang telah berjalan berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seperti kantor presiden dan istana presiden.

Selain itu, ada juga kantor untuk empat menteri koordinator, kompleks perumahan menteri, jalan tol, jalan arteri, bendungan, sumbu kebangsaan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), instalasi pengolahan sampah, instalasi pengolahan air minum, dan infrastruktur lainnya.

Dengan progres pembangunan ini, ia optimis rencana upacara bendera Merah Putih di IKN pada Agustus 2024 mendatang bisa berjalan sesuai jadwal. Hal tersebut sesuai dengan yang direncanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, Jokowi juga telah memerintahkan dirinya untuk merinci peta IKN sehingga investor yang hendak membangun perumahan maupun fasilitas pendukung lainnya di IKN dapat terpetakan.

Peta rinci mengenai IKN itu akan mendeskripsikan lokasi hunian rumah, hunian vertikal, hutan kota, jalur hijau, komersial, olahraga, perkantoran pemerintah, pendidikan, peribadatan, fasilitas kesehatan, hingga taman. Dengan rincian tersebut, investor potensial dapat memetakan letak fasilitas atau hunian yang akan dibangun.

"Jadi ini ada tempat komersial, yang warna kuning itu permukiman dan komersial, yang biru-biru ini perkantoran. Jadi tujuannya itu beliau (presiden)ngecek, nanti setelah Lebaran beliau mudah-mudahan akan ke sana," pungkas Basuki.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

[Gambas:Video CNN]

Apple PHK Karyawan, Susul Meta hingga Amazon******

Apple akhirnya harus melakukan PHK, menyusul perusahaan teknologi besar lain, seperti Meta hingga Amazon.
Apple akhirnya harus melakukan PHK, menyusul perusahaan teknologi besar lain, seperti Meta hingga Amazon. Ilustrasi. (Matcuz/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa teknologi Apple akhirnya harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), menyusul perusahaan teknologi besar lain, seperti Meta hingga Amazon.

Mengutip Reuters, PHK di pabrikan iPhone itu akan berdampak pada tim pengembangan dan pelestarian. Belum ada kepastian berapa jumlah karyawan Apple Inc yang bakal di-PHK.

Sumber yang mengetahui rencana PHK tersebut hanya memastikan posisi yang dipangkas kemungkinan sangat kecil. Namun, Apple belum memberikan pernyataan resmi terkait isu PHK di internal perusahaannya ini.

Sebelum Apple, Meta selaku induk Facebook juga mengumumkan harus memecat 10 ribu karyawannya beberapa waktu lalu. PHK ini berlangsung hingga akhir Mei 2023.

"Kami berharap untuk mengumumkan restrukturisasi dan pemutusan hubungan kerja di kelompok teknologi kami pada akhir April, dan kemudian kelompok bisnis kami pada akhir Mei," tulis CEO Meta Mark Zuckerberg di Facebook, dikutip dari CNN Business.

Selain Meta, perusahaan-perusahaan Big Tech lainnya juga telah mengonfirmasi PHK besar-besaran pada awal tahun ini, termasuk Amazon, induk perusahaan Google Alphabet, dan Microsoft.

Khusus untuk Amazon, mereka kembali melakukan PHK terhadap 9.000 pegawainya demi efisiensi perusahaan di tengah badai ketidakpastian ekonomi global.

Perusahaan multinasional teknologi dan e-commerce asal AS itu sudah memecat 27 ribu karyawan hanya dalam beberapa bulan terakhir. PHK ini sekitar 9 persen dari total 300 ribu tenaga kerjanya yang tersebar di berbagai negara di dunia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Dogecoin Melesat usai Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi Shiba Inu******

Harga token kripto Dogecoin melesat lebih dari 25 persen usai Elon Musk mengganti ikon burung tradisional Twitter menjadi gambar Shiba Inu.
Harga token kripto Dogecoin melesat lebih dari 25 persen usai Elon Musk mengganti ikon burung tradisional Twitter menjadi gambar Shiba Inu. Ilustrasi. (Tangkapan layar twitter)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga token kripto Dogecoin melesat usai Elon Muskmengganti ikon burung tradisional Twitter menjadi gambar Shiba Inu.

Mengutip coinmarketcap.com, Selasa (4/4), harga Dogecoin melonjak 25,24 persen dalam 24 terakhir menjadi USBasuki Minta Pengelola Tol Perbanyak Diskon Tarif Mudik Lebaran 2023******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ingin lebih banyak pengelola jalan tol memberi diskon tarif saat mudik Lebaran 2023, seperti di Tol Japek dan Kalihurip.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ingin lebih banyak pengelola jalan tol memberi diskon tarif saat mudik Lebaran 2023, seperti di Tol Japek dan Kalihurip. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin agar lebih banyak pengelolajalan tolyang memberikan diskon tarif saat mudik Lebarantahun ini.

Ia mengatakan saat ini Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) baru mengusulkan diskon tarif diberikan di Tol Jakarta-Cikampek dan Kalihurip sebesar 20 persen.

"Yang diusulkan oleh ATI untuk diskon tarif tol di ruas Tol Cikampek. Ini masih menunggu, mudah-mudahan di ruas lain juga ada diskonnya," kata Basuki di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4).

Basuki sudah menyetujui usulan diskon tarif di Tol Jakarta-Cikampek dan Kalihurip itu. Diskon diberikan pada H-5 sampai H-6 Lebaran atau dari 16-17 April.

Sedangkan diskon tarif saat arus balik diberikan pada H+4 dan H+5 atau 27-28 April. Diskon diberikan untuk mengurangi kemacetan saat mudik Lebaran.

Lihat Juga :
Jokowi Kembali Bubarkan 2 BUMN

Ia juga memastikan jalan yang akan dilintasi pemudik sudah aman. Misalnya, lubang-lubang di Tol Cipali diperkirakan akan selesai diperbaiki H-10 Lebaran. Sementara itu, beberaparest areamasih belum jadi semuanya, tetapi diperkirakan rampung sebelum Lebaran.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus mudik 2023 jatuh pada Jumat (21/4) atau H-1 lebaran. Saat itu, jumlah pergerakan diperkirakan mencapai 17,7 juta orang atau 14,3 persen dari proyeksi pergerakan masyarakat selama masa lebaran tahun ini.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+2 (Selasa 25 April 2023) dan diprediksi pergerakan yang masih cukup tinggi hingga H+3 (Rabu 26 April 2023).

Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa, yaitu sebesar 62,5 persen atau 77,3 juta orang.

Adapun lima daerah asal pemudik terbanyak yaitu Jawa Timur 17,1 persen (21,2 juta orang). Kemudian, Jawa Tengah 15,1 persen (18,7 juta orang), Jabodetabek 14,8 persen (18,3 juta orang), Jawa Barat 12,1 persen (14,9 juta orang), dan Sumatra Utara 3,6 persen (4,4 juta orang).

Sementara, lima daerah tujuan perjalanan masyarakat tertinggi yaitu Jawa Tengah 26,45 persen (32,75 juta orang). Kemudian, Jawa Timur 19,87 persen (24,6 juta orang), Jawa Barat 16,73 persen (20,72 juta orang), Jabodetabek 6,52 persen (8,07 juta orang), dan Yogyakarta 4,78 persen (5,9 juta orang).

Terkait moda, Kemenhub memperkirakan akan didominasi oleh moda darat yaitu mobil pribadi 22,07 persen (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3 persen (25,13 juta orang), bus 18,39 persen (22,77 juta orang), kereta api antarkota 11,69 persen (14,47 juta orang), dan mobil sewa 7,7 persen (9,53 juta orang).

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta),09702 pada pukul 10.00 WIB.

Dilansir CNN, pada Senin kemarin, Musk yang juga menjabat sebagai CEO Twitter mencuit "seperti yang dijanjikan" di atas gambar percakapan lama di mana pengguna lain menyarankan agar Musk "beli saja Twitter" dan "ubah logo burung menjadi doge."

Pengacara untuk Musk dan Tesla menyebut gugatan oleh investor dogecoin sebagai "karya fiksi yang fantastis" atas "tweet yang tidak berbahaya dan sering kali konyol" dari Musk.

Tidak jelas apakah perubahan logo itu permanen. Musk dikenal menggunakan Twitter untuk menjebak para penggemar dan pengkritiknya.

Dogecoin diciptakan pada 6 Desember 2013, oleh sepasang insinyur perangkat lunak - sebagai lelucon. Nama itu mengacu pada meme "doge" yang menjadi populer satu dekade lalu.

Maskot Shiba Inu meniru meme tersebut dengan seekor anjing yang dikelilingi oleh sekumpulan teks Comic Sans dalam bahasa Inggris yang terpatah-patah.

Pagi ini, nilai kapitalisasi pasar aset kripto naik 1,05 persen menjadi US,17 triliun dengan mayoritas koin kripto teratas menghijau. Bitcoin, koin dengan kapitalisasi pasar terbesar, menguat 0,64 persen menjadi US.868,81 per keping.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:agen89

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
sor777
dinasti slot 88
qq8821
zeus online 89
indobola338
slot deposit 10000 via dana
merdekawin rtp
web slot baru
malam slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol yang tenor panjang
Bab 2 info link gacor
Bab 3 mpo555 slot demo
Bab 4 rtp kode4d
Bab 5 ajukan pinjaman kredivo
Bab 6 bri4d
Bab 7 slot deposit pulsa bonus new member
Bab 8 akun slot yang mudah menang
Bab 9 erek2 29
Bab 10 idn89 slot
Bab 11 situs minimal wd 25
Bab 12 star slot 888
Bab 13 logo kakek zeus
Bab 14 pojok slot
Bab 15 info situs gacor hari ini
Bab 16 buku mimpi 13
Bab 17 ntp server thai 2023
Bab 18 airbet88 slot login link alternatif
Bab 19 37 erek erek togel
Bab 20 persyaratan pinjam uang di bank bca
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4999bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Hanya seorang pendeta Tao

java303
Charlie Javice, pendiri startup bantuan keuangan mahasiswa Frank, ditangkap atas tuduhan penipuan terhadap JPMorgan Chase senilai US5 juta.
Charlie Javice, pendiri startup bantuan keuangan mahasiswa Frank, ditangkap atas tuduhan penipuan terhadap JPMorgan Chase senilai US5 juta. Ilustrasi. (iStockphoto/Milan Markovic).
Jakarta, CNN Indonesia--

Charlie Javice, pendiri startup bantuan keuangan mahasiswa Frank, ditangkap Securities and Exchange Commission (SEC) AS atas tuduhan penipuan terhadap JPMorgan Chase dalam akuisisi perusahaannya senilai US5 juta atau Rp2,6 triliun (kurs Rp14.958 per dolar).

SEC menyatakan, dalam gugatan yang diajukan ke Pengadilan Distrik New York, bahwa Javice membuat JPMorgan Chase percaya bahwa Frank memiliki 4,25 juta pengguna, padahal sebenarnya hanya memiliki kurang dari 300 ribu pengguna.

Penyelidikan SEC yang berikutnya mengklaim bahwa Javice menerima US,7 juta langsung dari hasil penjualan saham, jutaan dolar lebih banyak melalui trust, dan kontrak yang memberinya hak atas bonus penggajian sebesar US juta melalui penjualan perusahaannya pada 2021.

Javice ditangkap pada Senin malam di New Jersey atas tuduhan yang terkait dengan transaksi yang sama.

Dia dituduh dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan perbankan dan penipuan melalui telekomunikasi, satu tuduhan penipuan melalui telekomunikasi, satu tuduhan penipuan perbankan, dan satu tuduhan penipuan sekuritas.

Jika terbukti bersalah, setiap tuduhan tersebut dapat menghadapi hukuman penjara selama beberapa dekade.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

Dewa Raja Sepuluh Arah

modal 123 slot
PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga(Persero) Tbk akan memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Diskon tarif tol 20 persen ini hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan pemberlakuan diskon itu merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

"Kami memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan atau mengalami kenaikan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2 persen dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 (135 ribu kendaraan)," ujar Subakti.

Sementara itu, imbuhnya, untuk puncak arus balik kami prediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa 25 April 2023, yaitu sebesar 178 ribu kendaraan yang peningkatannya mencapai 237 persen dibandingkan normal (53 ribu kendaraan) atau naik 5 persen dari Puncak Arus Balik Lebaran 2022 (170 ribu kendaraan).

"Berdasarkan inilah, diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik," ujar Subakti.

Lihat Juga :
Airlangga Waspadai Kekeringan Ancam Ketahanan Pangan Tahun Depan

Subakti berharap diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Besaran diskon tarif tol 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Semula Rp20 ribu menjadi Rp16 ribu, diskon sebesar Rp4.000
Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp30 ribu menjadi Rp24 ribu, diskon sebesar Rp6.000
Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp40 ribu menjadi Rp32 ribu, diskon sebesar Rp8.000

"Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Teknik Dekomposisi Super Ilahi

jam gacor slot roma
Nilai tukar rupiah melemah 0,24 persen ke Rp14.934 per dolar AS pada Rabu (5/4) pagi.
Nilai tukar rupiah melemah 0,24 persen ke Rp14.934 per dolar AS pada Rabu (5/4) pagi. Ilustrasi. (ANTARA/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp14.934 per dolar ASdi perdagangan pasar spot pada Rabu (5/4) pagi. Mata uang Garuda melemah 36 poin atau minus 0,24 persen dibandingkan penutupan di hari sebelumnya.

Namun, mayoritas mata uang Asia menguat. Dolar Singapura naik 0,05 persen, yen Jepang tumbuh 0,06 persen, peso Filipina naik 0,12 persen, baht Thailand plus 0,23 persen, dan won Korea Selatan meroket 0,27 persen.

Sedangkan pelemahan dialami dolar Hong Kong yang turun 0,01 persen, yuan China minus 0,02 persen, dan rupee India anjlok 0,19 persen.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi rupiah bakal melemah. Ia mengatakan penguatan besar rupiah belakangan ini rentan aksi profit taking.

"Rupiah berpotensi melemah di tengah sentimen risk offdi pasar, namun penurunan pada imbal hasil obligasi dan indeks dolar AS yang turun akan membatasi perlemahan," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Ia memperkirakan rupiah bergerak di kisaran Rp14.850 sampai Rp15.050 per dolar AS pada hari ini.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Dunia Gelap Tertinggi

bwinqq
Menko Airlangga Hartarto mengimbau perusahaan segera membayarkan THR kepada para karyawan, paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2023.
Menko Airlangga Hartarto mengimbau perusahaan segera membayarkan THR kepada para karyawan, paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2023. (CNN Indonesia/ Panji Septo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianAirlangga Hartarto mengimbau pihak perusahaan segera membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawan. Ia berharap THR tersebut cair sebelum Lebaran 2023.

"THR swasta diharapkan bisa diberikan sebelum Lebaran. Minimal seminggu sebelum Lebaran," kata Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4).

Menurutnya, pencairan THR H-7 Lebaran memang sudah lazim dilakukan pengusaha.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi mewajibkan pengusaha untuk membayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2023 paling lambat H-7 Idulfitri 1444 H atau 15 April 2023 (asumsi 1 Syawal 1444 H jatuh pada 22 April 2023).

Ida mengatakan hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor M/2/HK.0400/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2023 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Lihat Juga :
Warga Bisa Ajukan Banyak Motor untuk Dikonversi ke Kendaraan Listrik

"THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil," ujar Ida dalam konferensi pers di kantornya yang disiarkan secara virtual, Selasa (28/3).

Ida mengungkapkan THR ini diberikan untuk membantu pekerja dalam memenuhi kebutuhan dalam menyambut hari raya.

"Pemberian THR adalah kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja," ujarnya.

THR sendiri diberikan kepada pekerja atau buruh yang sudah bekerja di perusahaan minimal satu bulan atau lebih, serta pekerja yang memiliki perjanjian hubungan kerja dengan pengusaha selama paruh waktu tertentu ataupun tidak tentu.

Untuk pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih, diberikan THR sebesar gaji satu bulan. Sedangkan untuk pekerja atau buruh yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai perhitungan berapa bulan masa kerja dibagi 12 bulan dan dikali besaran gaji satu bulan.

Besaran gaji satu bulan untuk pekerja atau buruh yang memiliki perjanjian kerja harian lepas dapat dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan. Hal yang sama diterapkan pada pekerja yang upahnya ditetapkan berdasarkan satuan hasil.

Jika pekerja harian memiliki masa kerja kurang dari 12 bulan, maka gaji satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima setiap bulan selama masa bekerja.

Sesuai Pasal 79, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, perusahaan akan dikenakan sanksi apabila tidak memberikan THR kepada pekerjanya. Sanksi itu bertingkat mulai dari teguran hingga pembekuan operasional.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/pta)

Remaja yang merindukan penyakit cinta

slotking69 bonus
China memiliki 15.906 proyek di Indonesia di antaranya kereta cepat Jakarta-Bandung hingga pabrik baterai di Morowali.
China memiliki 15.906 proyek di Indonesia di antaranya kereta cepat Jakarta-Bandung hingga pabrik baterai di Morowali. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

. Bahkan, capaian itu menobatkan Negeri Tirai Bambu menjadi investorketiga terbesar di Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dengan bangga memamerkan capaian China tersebut yang merupakan akumulasi sejak 2014 hingga 2022.

"Sehingga bersama-sama dengan Tiongkok kita berjuang menjadi negara maju di 2045 nanti," tulis Luhut di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Rabu (5/4).

Menko Marves Luhut tak merinci daftar proyek China di Indonesia. Namun, ada beberapa proyek jumbo RI yang sudah dikenal merupakan andil Negeri Tirai Bambu, yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Selain KCJB, ada juga proyek-proyek fantastis lain yang merupakan sinergi Indonesia-China. Berikut daftar 5 proyek RI yang dibiayai China:

Lihat Juga :
Menaker Ungkap Alasan Drivel Ojol Tak Dapat THR

1. Kereta Cepat Jakarta-Bandung

China sukses mengalahkan Jepang dalam rebutan tender proyek KCJB. Mereka menawarkan proyek dengan nilai US,5 miliar atau lebih murah dari Jepang yang mematok US,2 miliar.

Namun, pembengkakan biaya (cost overrun) dalam pembangunan proyek ini terus menanjak, bahkan menembus US,2 miliar atau sekitar Rp 18 triliun. Luhut sampai harus terbang ke China untuk negosiasi bunga utang tersebut.

Rencananya, KCJB beroperasi Agustus 2023. Luhut mengklaim kereta cepat bakal jadi kado terindah HUT ke-78 Republik Indonesia.

Lihat Juga :
ANALISIS

Menyoal Etika DPR Minta Sedekah Sarung ke Pertamina Buat Dapil

2. Pabrik Baterai Listrik di Kawasan Industri Morowali

Selain kereta cepat, China ada di balik proyek Kawasan Industri Morowali alias Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi Tengah. Luhut mengklaim kawasan ini menjadi pabrik bahan baku baterai terbesar di dunia.

Investor pabrik ini adalah perusahaan baterai terbesar China CATL, perusahaan daur ulang baterai GEM, Tsingshan Group, dan perusahaan Jepang Hanwa.

Luhut menyebut investasi awal mencapai US0 juta. Namun, investor telah berkomitmen untuk menanamkan investasi hingga US,2 miliar selama lima tahun ke depan, terhitung sejak 2019.

Lihat Juga :
Bocoran THR Pensiunan PNS Mulai Cair Hari Ini, Tembus Rp4,4 Juta

3. Pengolahan Bijih Nikel di Morowali

PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) merupakan perusahaan pengolahan bijih nikel yang dimiliki pengusaha tambang asal China bernama Tony Zhou Yuan. Pusat operasinya ada di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun.

Pabrik smelter PT GNI dibuka dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 Desember 2021. PT GNI bahkan masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang hilirisasi mineral dan batu bara (minerba).

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan smelter oleh PT GNI dan ini akan memberikan nilai tambah yang tidak sedikit dari bijih nikel yang diolah menjadi feronikel. Ini nilai tambahnya meningkat 14 kali," kata Jokowi.

Berdasarkan data di situs GNI, mereka melakukan ekspor perdana produk hasil olahan nikel pada 20 Januari 2022. Hasil olahan yang diekspor adalah produk turunan nikel dalam bentuk nickel pig iron (NPI) atau feronikel.

Bos sekaligus Direktur Operasional PT GNI Tony Zhou Yuan menyebut ada 13.650 ton feronikel yang diekspor ke China. Nilai ekspornya mencapai US juta.

Bersambung ke halaman berikutnya...

PLTA Sungai Kayan dan Tol Medan Kualanamu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2