petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pasar123

juditoto4d 751Jutaan kata 353332Orang-orang telah membaca serialisasi

《pasar123》

Kontak Terakhir SYL dengan Wamentan Sebelum Dikabarkan 'Hilang'******

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan 'hilang' saat lawatan ke Eropa, tak lama setelah ia dikabarkan telah ditetapkan KPK menjadi tersangka korupsi.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan 'hilang' saat lawatan ke Eropa, tak lama setelah ia dikabarkan telah ditetapkan KPK menjadi tersangka korupsi. (CNN Indonesia/Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpodikabarkan 'hilang' saat lawatan ke Eropa, tak lama setelah ia dikabarkan telah ditetapkan KPK menjadi tersangka korupsi penempatan pegawai di Kementerian Pertanian.

Informasi itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Komplek Istana Negara, Selasa (3/10) kemarin.

Ia mengatakan belum tahu keberadaan Syahrul hingga saat ini. Kontak terakhir yang dilakukannya dengan Syahrul Yasin Limpo adalah sebelum menteri dari Partai Nasdem itu berangkat ke Eropa beberapa waktu lalu.

"Kalau saya, (kontak) terakhir pas keberangkatan. Cuma kalau pejabat eselon 1 yang ikut (ke Eropa)  terakhir sampe di Spanyol. Itu masih bersama-sama," katanya. 

Saat pulang katanya,Syahrul berpisah dengan rombongan. Harvick menyebut hal itu terjadi karena tiket pesawat rombongan terpisah-pisah.

Namun, setelah pisah tersebut, sampai dengan saat ini tidak ada komunikasi dengan Syahrul. Padahal kata Harvick, harusnya Syahrul sudah harus kembali dari kunjungan kerja pada Sabtu (30/9) atau Minggu (1/10) kemarin.

"Sabtu atau minggu harusnya sudah kembali. Sampai sekarang belum ada komunikasi," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya belum melaporkan masalah tersebut ke pihak terkait. Pihaknya baru melapor ke Presiden Jokowi.

Harvick mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi mengenai masalah itu. 

"Masih menunggu situasi arahan Pak Presiden. Kita tunggu saja sama-sama," katanya. 

Syahrul saat ini terseret kasus dugaan korupsi di tubuh Kementerian Pertanian. Korupsi terkait masalah penempatan pegawai.

[Gambas:Video CNN]

KPK mengaku telah menemukan tiga klaster terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Yang diselidiki saat ini merupakan klaster pertama.

Puluhan pihak terkait telah diklarifikasi dalam proses penyelidikan dugaan kasus korupsi tersebut. Satu di antaranya ialah Syahrul Yasin Limpo.

Berdasarkan informasi hasil gelar perkara yang diterima CNNIndonesia.com, pimpinan KPK menyepakati Yasin Limpo dan dua pejabat Kementan lainnya sebagai tersangka. Yasin Limpo pun enggan menanggapi kabar tersebut.

Lihat Juga :
ANALISIS3 Bahaya Mengintai Usai UU Izinkan Investor Kuasai Lahan IKN 190 Tahun

Nah, untuk menyelidiki dan mencari bukti atas dugaan kasus itu, pekan lalu KPK melakukan penggeledahan di sejumlah tempat. Pertama, rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di Komplek Perumahan Menteri Widya Chandra.

Dalam penggeledahan ini, KPK menemukan uang rupiah dan dolar dalam jumlah miliaran, catatan laporan keuangan dan pemberian aset. KPK juga menemukan 12 pucuk senjata api.

Kedua,KPK juga menggeledah Kantor Kementerian Pertanian.

Saat penggeledahan terjadi, Syahrul sedang kunjungan kerja ke luar negeri. Salah satunya, Spanyol.

(fby/agt)

Impor Sumut Turun, Barang China Masih Mendominasi******

Nilai impor melalui Sumatera Utara (Sumut) mencapai US2,53 juta pada Agustus 2023 atau turun 14,83 persen dibandingkan Juli 2023.
Nilai impor melalui Sumatera Utara (Sumut) mencapai US2,53 juta pada Agustus 2023 atau turun 14,83 persen dibandingkan Juli 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Medan, CNN Indonesia--

Nilai impormelalui Sumatera Utara (Sumut) mencapai US2,53 juta pada Agustus 2023. Jumlah tersebut turun 14,83 persen dibandingkan Juli 2023, US6,56 juta.

"Selain itu, bila dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya, nilai impor mengalami penurunan sebesar 5,75 persen," kata Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara, Nurul Hasanudin, Rabu (4/10).

Nurul menyebutkan nilai impor menurut golongan penggunaan barang pada Agustus 2023 dibanding Juli 2023. Rinciannya, bahan baku/penolong turun sebesar 11,1 persen, barang modal turun sebesar 47,07 persen, barang konsumsi turun 4,94 persen.

Akan tetapi, nilai impor Agustus 2023 dari Tiongkok merupakan yang terbesar yaitu US9,00 juta dengan perannya mencapai 22,59 persen dari total impor Sumatera Utara, diikuti Singapura sebesar US,73 juta (20 persen) dan Malaysia sebesar US,79 juta (7,02 persen).

"Dari total nilai impor Sumatera Utara sebesar US2,53 juta pada Agustus 2023, sebesar US8,62 juta (30,8 persen) berasal dari Asia di luar ASEAN, sebesar US3,44 juta (31,8 persen) berasal dari ASEAN dan sisanya berasal dari kawasan lainnya. Negara pemasok barang impor terbesar pada Agustus 2023 adalah Tiongkok sebesar US9,00 juta (22,59 persen)," paparnya.

Sementara itu, ekspor barang melalui pelabuhan muat di wilayah Sumatera Utara pada Agustus 2023 juga mengalami penurunan dibandingkan Juli 2023, yaitu dari US0,08 juta menjadi US4,97 juta atau turun sebesar 4,65 persen.

Lihat Juga :
Zulhas Cerita Ditunjuk Jokowi Bereskan 'Badai' di Kemendag

"Bila dibandingkan dengan Agustus 2022, ekspor Sumatera Utara mengalami penurunan sebesar 31,37 persen," ungkap Nurul.

Nurul mengatakan golongan barang yang mengalami kenaikan nilai ekspor terbesar pada Agustus 2023 terhadap Juli 2023 adalah golongan lemak dan minyak hewan/nabati yaitu naik sebesar US1,53 juta (53,51 persen).

"Sedangkan golongan barang yang mengalami penurunan nilai ekspor terbesar adalah golongan kopi, teh dan rempah-rempah sebesar US,17 juta (-30,86 persen)," jelasnya.

Namun begitu, ekspor ke Tiongkok pada Agustus 2023 tetap menjadi yang terbesar yaitu US3,99 juta diikuti Amerika Serikat sebesar US0,04 juta dan India sebesar US,44 juta dengan kontribusi ketiganya mencapai 39,94 persen.

Lihat Juga :
Jokowi: Kita Tidak Sadar Sudah Dijajah Secara Ekonomi

"Menurut kelompok, negara utama tujuan ekspor pada Agustus 2023, ekspor ke kawasan Asia (di luar ASEAN) merupakan yang terbesar dengan nilai US0,71 juta (41,16 persen)," paparnya.

Terpisah, pengamat ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan impor dan ekspor Sumut masih didominasi oleh Tiongkok. Secara keseluruhan, Sumut masih surplus atau diuntungkan berdagang dengan Tiongkok sejauh ini.

"Namun ada sejumlah resiko yang menuntut kewaspadaan kita. Yakni perlambatan ekonomi Tiongkok yang bisa saja menyeret perlambatan kinerja ekspor di Sumut," urainya.

Gunawan menambahkan Tiongkok pada Juli membukukan deflasi yang memicu kekhawatiran bahwa negeri panda tersebut tidak akan mampu mempertahankan akselerasi laju pertumbuhan ekonominya.

"Sementara itu, perlambatan ekonomi Tiongkok juga terus terjadi belakangan ini. Di kuartal kedua ekonomi Tiongkok memang tumbuh 6,3 persen secara tahunan atau year on year," ujarnya.

Realisasi pertumbuhan tersebut menurut Gunawan masih lebih rendah dari ekspektasi sebelumnya yang di atas 7 persen. Dan jika pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat maka sangat potensial menekan ekspor Sumut ke China.

"Di sisi lain, kita juga tengah dikuatirkan penerapan UU Deforestasi Eropa yang mungkin saja akan menekan ekspor Sumut selanjutnya. Jadi ada resiko yang tengah mengintai kinerja ekspor Sumut," paparnya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/sfr)

Alasan Pengusaha Batasi Pembelian Beras Maksimal 10 Kg di Toko Ritel******

Pengusaha ritel membatasi pembelian beras maksimal 10 kg di toko ritel karena arahan Bapanas dan Bulog. Pembatasan dilakukan demi cegah panic buying.
Pengusaha ritel membatasi pembelian beras maksimal 10 kg di toko ritel karena arahan Bapanas dan Bulog. Pembatasan dilakukan demi cegah panic buying. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha ritelmembatasi pembelian berasdi tempat usaha mereka.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan pembatasan itu sesuai dengan arahan yang diterima asosiasinya saat bertemu dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Bulog beberapa waktu lalu.

"Betul, jadi ini sesuai dengan arahan dalam pertemuan dengan instansi terkait, yakni ada Bapanas, Bulog dalam pembicaraan bersama kami peritel. Pembatasan ini antara 2-3 kemasan per konsumen itu maksud tujuannya agar ada pemerataan," kata Roy Mandey kepada CNNIndonesia.com.

"Mengingat ketidakstabilan beras akibat badai, el nino, dan impor, dengan impor sekitar 400 ribu ton diharapkan segera tiba. Saat ini sudah masuk 1,6 juta ton, dan sisa 400 ribu ton diperkirakan tiba dalam beberapa hari atau bulan ini. Hal ini diharapkan meningkatkan ketersediaan beras," katanya.

Ia menyebut kebijakan pembatasan itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pembatasan tersebut  tidak hanya berlaku untuk beras program stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) melainkan juga semua varian beras.

"Iya betul. Ini tidak ada jalan lain karena masalah stok atau jumlah ini belum signifikan," katanya.

Roy mengatakan pembatasan pembelian beras akan dicabut usai beras impor masuk ke Indonesia.

"Ya, setelah impor tiba, pembatasan akan dicabut. Pembatasan ini sesuai arahan pemerintah untuk mencapai pemerataan. Rencananya, setelah impor 400 ribu ton, akan ditambah 1 juta ton pada awal 2024," katanya.

"Meskipun El Nino baru mencapai puncaknya pada awal 2024, pemerintah sudah berupaya meningkatkan Cadangan Beras Pangan (CBP) untuk menghadapi dampaknya. Produksi petani menurun akibat dampak El Nino di beberapa daerah," imbuhnya.

Sejumlah toko ritel seperti Super Indo hingga Alfamart mulai membatasi pembelian beras kategori premium maksimal sebanyak 10kg per hari per konsumen.

Beras di sejumlah ritel modern umumnya dikemas dengan berat 5 kg per kemasan. Dengan pembatasan ini, masyarakat hanya bisa memboyong 2 kemasan beras per hari dari Super Indo Cs.

Pantauan CNNIndonesia.com, Senin (2/10), di Super Indo Duren Tiga, Jakarta Selatan tertulis jelas aturan pembatasan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

"Maksimal 2 kemasan per konsumen per hari. Pembelian produk beras all variant," tulis keterangan di rak penyimpanan beras tersebut.

Serupa, di Alfamart Minangkabau Setiabudi, Jakarta Selatan juga membatasi pembelian beras. Sang pelayan toko mengatakan pembatasan sudah berlaku sejak satu atau dua minggu lalu.

Akan tetapi, ia mengklaim di toko tersebut belum ada pelanggan yang membeli beras melebihi ketentuan.

Sementara itu, pembatasan pembelian beras juga berlaku di Indomaret di kawasan Duren Tiga. Namun, ada sedikit kelonggaran di gerai yang belum lama beroperasi ini.

Lihat Juga :
Bahlil Bocorkan Pakuwon Bakal Groundbreaking di IKN November 2023
(skt/agt)




bab terbaru:togel hongkon模 hari ini

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
situs slot terbaik mudah menang
akulaku cicilan
situs slot 988bet
kiu77
btv168 rtp
ditolak kredivo
situs gacor bonus new member 100
menang slot gacor
situs terpercaya di indonesia
Daftar isi semua bab
Bab 1 main hp menghasilkan uang
Bab 2 pasti slot88
Bab 3 jam gacor starlight princess
Bab 4 pinjol aman tenor panjang
Bab 5 slot gacor77
Bab 6 pola slot mahjong ways 2
Bab 7 bo rekomendasi slot
Bab 8 cara memakai kredivo di shopee
Bab 9 pinjam duit cepat
Bab 10 slot gacor 853
Bab 11 rajajp88
Bab 12 pola gacor cat cafe
Bab 13 ahha4d demo
Bab 14 daily wins daftar slot
Bab 15 slot gacor kaisar328
Bab 16 lazawin slot
Bab 17 agen18
Bab 18 daftar slot tergacor hari ini
Bab 19 keringanan easycash
Bab 20 musik4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6342bab
takutBacaan TerkaitMore+

Sistem monster kekerasan paling kuat

erek erek lele
Menkop UKM Teten Masduki menyambut baik jika TikTok membuka ecommerce di Indonesia supaya mereka bisa berjualan lagi seperti TikTok Shop sebelumnya.
Menkop UKM Teten Masduki menyambut baik jika TikTok membuka ecommerce di Indonesia supaya mereka bisa berjualan lagi seperti TikTok Shop sebelumnya. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut baik jika TikTok membuka e-commercedi Indonesia. Dengan begitu, TikTok bisa berjualan lagi seperti yang dilakukan TikTok Shop sebelumnya.

"Bagus dong kalau bikin baru, kan mereka juga bisa buka lagi TikTok Shopnya di Indonesia, yang selama ini mereka ditutup karena memang izinnya belum boleh berjualan," katanya di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis (4/10).

Teten mengatakan TikTok saat ini hanya memiliki izin kantor perwakilan. Sehingga jika ingin berjualan dan bertransaksi lagi maka harus membentuk badan hukum di Indonesia, mengajukan izin , dan mematuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Banyak channel lain, emangnya cuman TikTok saja yang jualan? Kan enggak. Toh pemasaran juga bisa dilakukan di TikTok medsosnya, marketingnya, promosinya bisa dilakukan," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas berjanji membantu TikTok jika ingin membuat e-commercesendiri dan mengajukan izin ke pemerintah.

Ia membantah jika pemerintah dituding melarang seluruh operasional TikTok, apalagi diklaim antiasing. Menurutnya, apa yang dilakukan negara adalah mengatur social commerce yang dianggap membunuh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tanah air.

"TikTok sebagai media sosial kita persilakan. Kalau mau jadi social commercesilakan, dia bisa iklan dan promosi. Tapi, kalau jualan (transaksi), dia nanti bisa urus (izin) e-commerce, kita bantu," janjinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Hiburan Korea: Berjalan di Bumi

fftoto
Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20% belanja di Transmart besok.
Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20% belanja di Transmart besok (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20 persen kalau belanja di Transmart besok, Minggu (8/10).

Soalnya Transmart kembali lagi menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale yang sayang banget buat dilewatkan!

Lihat Juga :
Cuma Hari Ini, Belanja di Transmart Full Day Sale Diskonnya 50%+20%

Diskon ini belum termasuk diskon masing-masing produk yang bisa mencapai 50 persen, loh! Jadi, diskonnya dobel!

Diskonnya pun berlaku untuk aneka produk, mulai dari buah-buah segar, kebutuhan rumah tangga, fesyen, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik.

Makanya, jangan sampai kelewatan ya! Soalnya, diskonnya cuma berlaku satu hari.

Serbu diskonnya besok di gerai Transmart terdekat dan belanja pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah biar bisa dapat diskon tambahan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Era Abadi

mpo123
Transmart Full Day Sale kembali diselenggarakan besok Minggu (8/10) dan menghadirkan berbagai promosi menarik.
Transmart Full Day Sale kembali diselenggarakan besok Minggu (8/10) dan menghadirkan berbagai promosi menarik. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali diselenggarakan besok Minggu (8/10) dan menghadirkan berbagai promosi menarik. 

Para pelanggan yang bertransaksi menggunakan Allo Prime, Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah bisa mendapat diskon gede-gedean.

Apalagi kamu yang butuh mengisi rumah dengan berbagai barang elektronik. Tipe barang ini paling banyak mendapatkan diskon gede-gedean besok.

Televisi tipe lain yang dapat diskon badai adalah TV LED 65" UHD Smart TV. Harga normal TV tersebut mulai dari Rp 11,2 jutaan, tapi harga promonya mulai Rp 9,59 jutaan.

Jika menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah maka pelanggan bisa mendapatkan TV tersebut mulai dari Rp 7,67 jutaan.

Jadi jangan sampai ketinggalan. Ayo merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, nggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park.

Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik link ini, download, dan upgrade ke Allo Prime.

Berikut Syarat dan Ketentuan Transmart Full Day Sale

1. Diskon tambahan 20% hanya untuk menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah

2. Diskon tambahan 20% hanya berlaku di tanggal 8 Oktober 2023 mulai buka toko - 22.00 (waktu setempat) di seluruh toko Transmart

3. Khusus untuk elektronik maksimal pembelian 2 Pcs per kategori (TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, Audio (Tipe PAS Pro) Small Appliance tanpa pembatasan

4. Khusus untuk pembelian ayam maksimal 2 ekor dan daging 2 kg

5. Khusus untuk sepeda listrik maksimal pembelian 2 unit

6. Khusus untuk kosmetik dan fragrance berlaku diskon 10% regular dan tidak berlaku diskon di Body Shop & Sport Station

7. Diskon tidak berlaku untuk minyak goreng, susu bayi dan anak, mie instant, beras, terigu, telur, rokok, item kebutuhan rumah tangga di katalog dan Instore Promo, Minuman Berakohol, Parcel/Hampers, Gadget dan laptop, dan produk lainnya yang bertanda "Tidak Berlaku Diskon"

8. Diskon tidak berlaku untuk kartu Mega Corporate, Mega Wholesale Card, Mega Groserindo, TVS, dan Trans Hello

9. Tidak dapat refund dan tidak berlaku pembelian partai besar (Pedagang)

(vws/vws)

Ketakterbatasan Wisatawan

360kredi ojk
Mendag Zulkifli Hasan mengungkap biang kerok pedagang offline sepi pembeli.
Mendag Zulkifli Hasan mengungkap biang kerok pedagang offline sepi pembeli. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerdaganganZulkifli Hasan alias Zulhas yang tengah rajin berkeliling ke pasar-pasar tradisional akhirnya menemukan biang kerok mengapa para pedagang sepi pembeli.

"Kan ini baru pandemi (covid-19), perlu waktu pulih. Lalu, sekarang memang ekonomi dunia melambat, Tiongkok (China) dan lain-lain melambat, Amerika juga," katanya usai mengunjungi ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Rabu (4/10).

"Tidak mudah sekarang Tiongkok ekspor ke Amerika. Tiongkok itu kan dia bikin terus, barangnya banyak. Jangan sampai barang banyak itu membanjiri kita dan mematikan toko-toko atau usaha kita yang lain. Ini yang akan diatur pemerintah," sambung Zulhas.

"Agar juga teman-teman (pedagang) offline mulai berlatih online digital. Saya melatih pedagang pasar tradisional, selain orang belanja ke pasar juga bisa jualan langsung. Agar seimbang nanti diatur di Permendag Nomor 31, diatur nanti yang impor di media sosial apa, e-commerce apa saja. Sehingga nanti toko-toko ini tidak sepi," tandasnya.

Selain ke ITC Mangga Dua, Zulhas baru-baru ini mendatangi Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur hingga Pasar Asemka, Jakarta Barat. Di setiap pasar tersebut, Zulhas memborong barang-barang milik pedagang.

(skt/sfr)

Jin Ke Ru Giok

voxi88
Menhub Budi Karya Sumadi menilai integrasi antarmoda yang menudahkan masyarakat mengakses transportasi massal menjadi kunci mengatasi macet dan polusi.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di acara Hub Space x KAI Expo 2023. (Foto: Detikcom/Samuel Gading)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, gencar melakukan perubahan terhadap moda transportasi umum di Indonesia. Pembangunan yang dicanangkan tidak hanya dari sisi infrastruktur, tetapi juga sistem maupun integrasi antarmoda untuk kemudahan masyarakat.

Langkah itu bertujuan menciptakan budaya baru masyarakat dalam menggunakan angkutan massal. Dengan integrasi antarmoda dari first milehinggalast mile, diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mengakses angkutan massal.

"Membangun angkutan massal adalah keniscayaan, karena jika tidak dilakukan kerugiannya mencapai ratusan triliun per tahun akibat kemacetan," ujarnya dikutip dari detikcom, Jumat (6/10).

Budi mengungkapkan tujuan merubah budaya masyarakat untuk mengatasi masalah kemacetan dan polusi udara yang bersumber dari banyaknya pengguna kendaraan pribadi, sehingga dirinya bersama stakeholderterkait membangun berbagai moda transportasi massal seperti BRT, KRL, LRT, MRT, hingga kereta cepat.

"Kita tentu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan kepada kita, karena kita bukan lah apa-apa apabila tidak ada kolaborasi pentahelix," ucap dia.

Di sisi lain, Mantan Menteri Perhubungan, Evert Ernest Mangindaan, turut menyampaikan integrasi transportasi sudah menjadi proyek strategis pemerintah sejak 50 tahun lalu.

"Dibuat merata secara bertahap saja, karena dipaksakan nanti terbengkalai sebagainya, prosesnya. Ini sudah dikatakan, sebenarnya program strategis sejak 50 tahun lalu. Ini diterjemahkan perhubungan itu, secara bertahap kita atasi semua dalam rangkainterconnectedkonektivitas," tuturnya

Sementara itu, Mantan Menteri Perhubungan, Agum Gumelar, menyebut transportasi massal seperti halnya LRT memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama di perkotaan karena meminimalisir polusi dan kemacetan.

"LRT juga membanggakan, itu produk dalam negeri dan LRT juga memberikan sumbangsih yang besar terhadap sistem transportasi, mengurangi dampak-dampak tidak baik seperti polusi, kemudian macet lah. Itu kan sudah bisa teratasi walaupun belum sepenuhnya terselesaikan," kata Agum.

Diharapkan integrasi antarmoda dapat berjalan dengan baik dan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan massal. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya kemacetan dan polusi udara di Indonesia.

(rir/rir)

Saya mendengar angin bertiup

slot gacor
Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyebut Jokowi menyetujui pembangunan LRT Bandung Raya trase Utara-Selatan Bandung meski butuh Rp11 triliun.
Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyebut Jokowi menyetujui pembangunan LRT Bandung Raya trase Utara-Selatan Bandung meski butuh Rp11 triliun. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia--

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyebut Presiden Jokowi menyetujui pembangunan kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Bandung Raya trase Utara-Selatan Kota Bandung.

Bey mengungkapkan LRT yang direstui Jokowi tersebut akan mengambil trase antara Babakan Siliwangi dan Leuwipanjang. LRT itu membutuhkan biaya hampir Rp11 triliun.

"Pada saat ratas dengan presiden minggu lalu, disetujui LRT Bandung Raya juga LRT Bali. Dari Babakan Siliwangi ke Leuwi Panjang, 15 kilometer. Nilainya sekitar Rp10,9 triliun," ujarnya Selasa (3/10) seperti dikutip dari Antara.

"Segera diajukan studinya untuk LRT, walaupun sudah banyak dilakukan, dengan teknologi yang digunakan yang terbaik," ujarnya.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa groundbreaking. Jadi tidak hanya studi terus, karena pemecahan kemacetan di Bandung harus ada," ucapnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat mengatakan pembangunan kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) di Bandung Raya ditargetkan mulai dibangun pada 2027.

"Target kalau dari timeline kita itu pada 2027 atau 2028 mulai konstruksi," kata Kadishub Jabar Koswara saat ditemui di Stasiun Bandung, Senin (2/9).

Lebih lanjut, dia mengatakan jalur LRT nantinya mulai dibangun dengan dua koridor prioritas yakni rute Tegalluar-Leuwipanjang dan Leuwipanjang-Dago dengan menghabiskan dana mencapai Rp26 triliun.

"Jadi kurang lebih bisa Rp13 triliun untuk satu koridor termasuk infrastruktur dan sarananya," kata Koswara.

[Gambas:Video CNN]



(antara/agt)