petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara mengajukan kredit di lazada

pola maxwin 525Jutaan kata 277645Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara mengajukan kredit di lazada》

Neraca Dagang RI Surplus 29 Bulan Berturut******

BPS mencatat neraca dagang RI surplus US,99 miliar per September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang sudah surplus 29 bulan berturut-turut.
BPS mencatat neraca dagang RI surplus US,99 miliar per September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang sudah surplus 29 bulan berturut-turut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganIndonesia kembali surplus sebesar US,99 miliar secara bulanan pada September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang RI surplus 29 berturut-turut.

"Jadi pada September 2022 ini neraca perdagangan barang masih mencatatkan surplus sebesar US,99 miliar. Jadi neraca dagang Indonesia sampai September 2022 ini membukukan surplus selama 29 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," papar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto dalam konferensi pers, Senin (17/10).

Menurutnya, surplus neraca perdagangan terjadi karena nilai ekspor mencapai US,80 miliar atau turun 10,99 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat US,86 miliar. Sementara nilai impor hanya US,81 miliar atau turun 10,58 persen dibanding Agustus 2022 sebesar US,15 miliar.

Berdasarkan sektor, ekspor migas turun 21,44 persen, pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 8,65 persen, industri pengolahan turun 14,24 persen, serta pertambangan naik 2,61 persen.

Berdasarkan kode HS dua digit, peningkatan ekspor tertinggi terjadi pada komoditas bijih logam, terak, dan abu; kendaraan dan bagiannya; gula dan kembang gula; buah-buahan; serta pulp dari kayu.

Di sisi lain, ekspor beberapa komoditas turun, seperti lemak dan minyak hewan/nabati; pakaian dan aksesorisnya/rajutan; besi dan baja; mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya; bahan bakar mineral.

[Gambas:Video CNN]

Berdasarkan negara tujuan, ekspor nonmigas meningkat ke Bangladesh, Filipina, Bulgaria, Jerman, dan Yunani. Namun, ekspor terlihat turun ke lima negara, yakni India, Amerika Serikat, Malaysia, Belanda, dan Pakistan.

"Penurunan ekspor terbesar nonmigas terbesar ke India sebesar US2,1 juta secara bulanan ini utamanya adalah komoditas lemak dan minyak hewan nabati, kemudian bahan bakar mineral, serta bahan kimia an organik" ujar Setianto.

Sementara, pangsa ekspor nonmigas Indonesia masih didominasi ke China senilai US,16 miliar. Lalu, ekspor ke Amerika Serikat (AS) sebesar US,11 miliar, dan Jepang US,10 miliar.

Secara total (Januari-September 2022), nilai ekspor mencapai US9,35 miliar. Nilai ini tumbuh 33,49 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni US4,32 miliar.

Lihat Juga :
Mengintip Uang Pensiun Anies Usai Tanggalkan Jabatan Gubernur DKI

Impor

Impor September (month to month/mtm) ditopang oleh migas yang tercatat US,43 miliar atau turun 7,44 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar US,7 miliar. Penurunan ini ditopang oleh impor komoditas minyak yang turun sebesar 6,78 persen atau volume turun 1,33 persen, gas turun 36,06 persen dan volume turun 32,82 persen.

Senada, impor non migas juga turun 11,21 persen dari US,45 miliar menjadi US,38 miliar. Penurunan ini ditopang oleh impor komoditas besi dan baja (HS 72) yang turun sebesar 25,57 persen, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya (HS 85) yang turun 11,45 persen, komoditas mesin mekanis dan bagiannya (HS 84) turun 6,65 persen.

Sedangkan, dibandingkan September 2021 (year on year/yoy), kinerja impor naik 22,01 persen dari US,23 miliar. Impor non migas naik 14,02 persen dari US,37 miliar menjadi US,38 miliar dan impor migas naik 83,53 persen dari US,87 miliar menjadi US,43 miliar.

Berdasarkan penggunaan barang (mtm), semua jenis barang mengalami penurunan impor. Impor konsumsi turun 14,13 persen, bahan baku atau penolong turun 11,07 persen, dan barang modal turun 6,39 persen.

Lihat Juga :
Utang Luar Negeri RI Turun Jadi Rp6.148 T per Agustus 2022

Berdasarkan kode HS dua digit, peningkatan impor tertinggi berasal dari komoditas logam mulia dan perhiasan; kapal, perahu, dan struktur terapung; biji dan buah mengandung minyak; ampas dan sisa industri makanan; serta bijih logam, terak, dan abu.

Sementara, komoditas impor yang mengalami penurunan tertinggi adalah, besi dan baja; mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya; mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya; plastik dan barang dari plastik; bahan kimia organik.

Berdasarkan negara asal, impor meningkat dari Brasil, Hungaria, Bulgaria, Singapura, Italia. Namun, impor dari lima negara lainnya tampak turun signifikan, yakni China, Jepang, Korea Selatan, India, dan Afrika Selatan.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Pangsa impor Indonesia utamanya didominasi oleh China mencapai US,69 miliar atau setara 34,74 persen dari total impor Indonesia. Kemudian, diikuti oleh Jepang US,30 miliar dan Thailand US0 juta.

Secara total (Januari-September), nilai impor mencapai US9,49 miliar. Nilainya tumbuh 28,93 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni US9,22 miliar.

(ldy/agt)

Kantor Pos Inggris Ancam PHK 6.000 Karyawan******

Kantor pos Inggris, Royal Mail, akan memangkas 5.000-6.000 orang karyawan pada Agustus 2023, akibat perselisihan dengan serikat pekerja.
Perusahaan Royal Mail, akan memangkas 5.000 sampai 6.000 orang karyawan pada Agustus tahun depan, akibat perselisihan dengan serikat pekerja. (AFP/DANIEL LEAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan kantor pos di Inggris, Royal Mail, mewanti-wanti akan memangkas (PHK) 5.000 sampai 6.000 orang karyawan pada Agustus tahun depan, akibat perselisihan dengan serikat pekerja.

Mengutip Reuters, Jumat (14/10), perusahaan tersebut menyatakan akan melakukan PHK lebih banyak jika rencana pemogokan terus berlanjut.

Komunikasi dan Serikat Pekerja (CWU), yang mewakili 115.000 pekerja pos Royal Mail, telah mengadakan pemogokan pada September dan awal Oktober, dan telah mengancam lebih banyak pemogokan pada bulan ini dan berikutnya.

Proposal Royal Mail bulan lalu untuk membawa perselisihan gaji ke arbitrase dan mengubah kebijakannya setelah berbulan-bulan negosiasi yang gagal telah membuat marah CWU.

Royal Mail mengalami kerugian operasional yang disesuaikan sebesar 219 juta poundsterling pada semester pertama tahun ini, termasuk sekitar 70 juta poundsterling dari tiga hari pemogokan pada periode tersebut, dan kerugian untuk tahun ini diperkirakan sekitar 350 juta poundsterling.

Kerugian itu bisa melonjak hingga 450 juta poundsterling tahun ini jika pelanggan terus beralih ke layanan perusahaan lain.

Lihat Juga :
Ritel AS Terancam Bangkrut, Tersapu Resesi 2023

"Kami akan memulai proses konsultasi tentang penyesuaian bisnis sebagai tanggapan atas dampak tindakan industri, keterlambatan dalam memberikan peningkatan produktivitas yang disepakati dan volume paket yang lebih rendah," katanya dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan mengatakan besar kemungkinan ada lebih banyak PHK di Royal Mail jika pemogokan berlangsung selama periode liburan.

"Pengumuman ini menahan pekerja pos untuk tebusan karena mengambil tindakan hukum industrial terhadap pendekatan bisnis yang tidak demi kepentingan pekerja, pelanggan, atau masa depan Royal Mail," kata Sekretaris Jenderal CWU Dave Ward.

"CWU menyerukan pertemuan mendesak dengan Dewan dan akan mengajukan rencana bisnis alternatif pada pertemuan itu," katanya.

Adapun Royal Mail baru-baru ini mengubah nama perusahaan induknya menjadi Layanan Distribusi Internasional dari Royal Mail Plc.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Harga Barang******

Harga barang di gerai ritel modern Indomaret dan Alfamart terpantau naik. Kenaikan harga beragam berkisar Rp1.000 hingga Rp1.500.
Harga barang di gerai ritel modern Indomaret dan Alfamart terpantau naik. Kenaikan harga beragam berkisar Rp1.000 hingga Rp1.500. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sejumlah barang di gerai ritel modern, seperti Indomaret dan Alfamart, terpantau naik. Kenaikan hargaberagam berkisar Rp1.000 hingga Rp1.500.

Kepala Toko Indomaret Palakali Kukukasn Depok, Jawa Barat, Reza Viciro mengakui ada kenaikan harga sejak awal September 2022 atau selepas kenaikan harga BBM.

"Naik drastis sih nggak terlalu. Cuma naiknya memang rata. Nggak langsung gede. Jadi, naiknya sedikit-sedikit saja. Tapi, nggak semua item," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (13/10).

Beruntungnya, kata Reza, kenaikan harga tidak berlaku untuk bahan-bahan pokok. Seperti, beras pulen wangi yang dipatok Rp64 ribu per 5 kg.

Kemudian, beras kristal pulen Rp63.900 per 5 kg, dan pandan wangi dihargai Rp79.500 per 5 kg. Sementara itu, harga gula pasir dibanderol Rp13.500 per kg.

"Ada yang naik, ada yang turun. Cuma, bahan pokok masih stabil harganya. Nggak ada kenaikan yang tinggi banget," tutur dia.

Lihat Juga :
Sri Mulyani dari Washington: Dunia Dalam Bahaya

Masih di kawasan sekitar, Alfamart juga mengakui ada kenaikan harga barang. Namun, kenaikan masih dalam batas wajar.

"Mi instan misalnya, ada kenaikan Rp100 per bungkus. Kalau pun ada kenaikan harga (barang lain) paling tinggi itu di angka Rp500 per item. Itu pun, misalnya untuk produk yang sudah tidak promo," imbuh Staf Alfamart Palakali Kukusan Fika.

Ia juga membantah kenaikan harga barang dikarenakan kenaikan harga BBM. Begitu pula dengan harga bahan pokok yang diklaim tidak naik signifikan.

"Harga beras, misalnya, normalnya Rp64 ribu. Kalau promo bisa Rp56 ribu per 5 kg. Kalau minyak sebelum harga BBM naik itu kan langka, sekarang harganya turun. Lalu, harga gula masih sama Rp13.500 per kg," jelasnya.

Di lain sisi, ia menyoroti produk deterjen. Menurutnya, produk deterjen buatan salah satu produsen besar kini mengalami pengurangan berat isi produk. Namun, harganya sama. Fika tidak merinci lagi alasan berat deterjen 'kurang berbobot'.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)




bab terbaru:pola slot gacor gatot kaca

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot maxwin receh
rtp ohtogel
tangkasqq
angka jitu 4d.wap
viral 168 slot
jiwabola
pinjol yang masuk slik ojk 2022
slot183
slot 5000
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor today
Bab 2 rtp titanslot88
Bab 3 link slot gacor hari ini
Bab 4 liga 77 slot
Bab 5 sydney 6d paito
Bab 6 promo kredivo cicilan 0
Bab 7 pinjol tanpa kartu atm
Bab 8 pengeluaran sdy
Bab 9 royaltoo
Bab 10 gacor77 slot
Bab 11 nineqq
Bab 12 ibu slot
Bab 13 berkah138
Bab 14 agenasia88
Bab 15 mendapatkan dollar gratis
Bab 16 seribu mimpi mbah barong
Bab 17 cicilan belanja online
Bab 18 cara mengisi voucher kosong telkomsel
Bab 19 pinjam di pegadaian
Bab 20 gates of olympus server thailand
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6369bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Penguasa perjalanan pesawat

slot gacor maxwin x500
Bapanas jamin impor beras tak rugikan petani pada musim panen
Tangkapan layar - Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani memberi paparan dalam acara bertajuk “Persiapan Ramadan, Kondisi Harga Bahan Pokok” yang disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP dan dipantau di Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA/Putu Indah Savitri
Untuk impor beras, ini hanya untuk cadangan beras pemerintah. Jadi, tidak langsung masuk ke pasar
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional menjamin impor beras tidak akan merugikan petani yang memasuki musim panen, karena impor tersebut dilakukan hanya untuk menambah cadangan beras pemerintah.

“Untuk impor beras, ini hanya untuk cadangan beras pemerintah. Jadi, tidak langsung masuk ke pasar,” ujar Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani dalam acara bertajuk “Persiapan Ramadan, Kondisi Harga Bahan Pokok” di Jakarta, Senin.

Dalam rangka mengendalikan peredaran beras impor, katanya, Bapanas menugaskan Perum Bulog.

Rachmi menambahkan, pada saat musim panen datang pun, Bulog juga memiliki tanggung jawab untuk membeli produk petani.

“Agar NTP (nilai tukar petani) yang saat ini sudah bagus, sudah di angka 120-an, itu tidak turun,” ucap dia.

Ia mengatakan bahwa pemerintah memiliki tugas untuk menjaga para petani agar tetap memperoleh keuntungan, sejahtera, dan gembira dengan hasil panennya. Selain itu, kata dia, pemerintah juga harus menjaga kebutuhan konsumen, dalam hal ini masyarakat di Indonesia, agar tetap terpenuhi.

“Jadi, tidak boleh terus impor. Itu membuat petani rugi,” kata dia.

Sebelumnya, Arief Prasetyo menyatakan, tambahan impor beras sebanyak 1,6 juta ton bertujuan untuk mencegah risiko kekurangan beras.

Ia menyampaikan pemerintah harus memiliki cadangan beras pemerintah (CBP) untuk mencegah kelangkaan, baik yang disebabkan oleh ancaman cuaca maupun produksi dalam negeri yang terganggu oleh hama.

Arief menyebut, antisipasi kelangkaan beras tidak bisa dilakukan secara mendadak, dibutuhkan persiapan hingga tiga bulan ke depan.

Oleh karenanya, rencana impor beras menjadi langkah mitigasi untuk memenuhi kebutuhan beras dalam negeri yang mencapai 2,5 juta ton per bulan.

Sementara itu, untuk menggenjot produksi beras dalam negeri, Presiden Joko Widodo telah menyetujui penambahan pupuk subsidi dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong produktivitas pangan.

Baca juga: Kemenkeu gandeng Bapanas berencana bentuk dana siaga
Baca juga: Bapanas: Harga beras mulai turun jadi Rp14.000 per kilogram
Baca juga: Bapanas minta kepala daerah lakukan tiga hal stabilkan harga pangan

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024

masa depan yang sempurna

aplikasi pinjaman kredivo
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan optimistis pendapatan per kapita Indonesia bisa menembus US ribu pada 2030.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan optimistis pendapatan per kapita Indonesia bisa menembus US ribu pada 2030. (CNN Indonesia/Harvey Darian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan optimistis pendapatan per kapitaIndonesia bisa menembus US ribu pada 2030.

Targt tersebut lebih dari dua kali lipat pendapatan per kapita Indonesia yang dicatat CEIC pada 2021 lalu, US.349,17.

"Kami yakin pendapatan per kapita bisa naik sampai US ribu per kapita. Kami optimis bisa mencapai itu," ujar Luhut dalam SOE International Conference secara virtual, Senin (17/10).

Menurutnya, para pembuat kebijakan di berbagai belahan dunia hanya bisa membuat prediksi perekonomian negaranya selama satu kuartal saja, selebihnya harus mencermati segala risiko yang begitu tak menentu.

"Tidak ada yang bisa menduga, memprediksi keadaan ekonomi dalam waktu lebih dari tiga bulan pada saat ini," ujarnya.

Luhut menyebutkan, hampir seluruh negara sedang menghadapi tekanan karena risiko yang datang secara bertubi-tubi. Covid-19 belum usai, tapi langsung dihadapkan dengan perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan krisis energi, pangan, hingga keuangan.

Lihat Juga :
OPEC 'Pasang Badan' Bela Arab Saudi Lawan Tudingan AS soal Minyak

"Saat ini kita menghadapi perfect storm (badai sempurna), sangat-sangat volatil dan setiap negara harus serius dalam menangani kondisi ini dengan segala strategi," imbuhnya.

Tekanan ke perekonomian dunia dinilai tak akan berhenti disini. Sebab, terbaru ada ancaman perang nuklir antara Rusia dan sekutu Nato. Kondisi ini dikhawatirkan akan kembali memberikan tekanan ke harga minyak mentah dunia.

"Ekonomi dunia masih dibayangi dengan kemungkinan menuju situasi terburuk, peran nuklir. Harga komoditas bisa makin tinggi dengan harga minyak kembali mendekati US0 per barel. Ini perlu diwaspadai terutama Indonesia, karena ada tren penurunan harga komoditas unggulan kita," jelasnya.

Lihat Juga :
Ekspor Batu Bara RI ke Eropa Melonjak Tajam Sepanjang September

Luhut menjelaskan jika kenaikan harga terjadi, inflasi akan kembali meningkat, terutama di negara maju. Dalam hal ini, inflasi Indonesia dikatakan masih akan bisa dijaga dengan baik seperti tahun ini.

Menurutnya, meski terjadi kenaikan harga BBM dan berbagai barang di dalam negeri, inflasi tak akan melebihi 6 persen sampai akhir tahun.

"Kenaikan harga picu inflasi, meskipun begitu inflasi Indonesia masih lebih moderat dibandingkan negara lain yang bahkan sudah naik 10 persen. Dengan kebijakan yang dilakukan pemerintah, kami yakin dan percaya diri inflasi tahun ini akan berada di sekitar 6 persen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Kaisar Suci yang Bangga

demoslot4d
Uji coba Damri rute Kupang, NTT menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan, dengan tarif sesuai kurs dolar AS.
Uji coba Damri rute Kupang, NTT menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan, dengan tarif sesuai kurs dolar AS. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).
Kupang, CNN Indonesia--

Uji coba Damri rute Kupang, Nusa Tenggara Timur menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan.

Angkutan antar lintas negara merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) on Cross Border Movement of Commercial Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste.

Uji coba dilakukan perdana pada Senin (10/10 lalu dengan titik keberangkatan awal dari Kupang menuju Atambua. Kemudian, dari Atambua menuju perbatasan PLBN Motaain Indonesia, dilanjutkan ke pos Batugade Timor Leste dan seterusnya menuju ke Dili.

Dalam uji coba hari kedua dilakukan langsung oleh Dirjen Transportasi dan Komunikasi Republic Democratic Timor Leste, Gaspar de Araujo, didampingi oleh Kepala Agen Konsulat Timor Leste di Atambua, Joao Simao de Saosa bersama Perwakilan KBRI Dili Daniel.

Mewakili Indonesia adalah Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Amirulloh bersama rombongan, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 8 Provinsi NTT, Pengelola Damri, dan Kepala Administrator PLBN Motaain dan perwakilan PLBN Motaain.

"Kami ingin menunjukkan dukungan dan sinergitas dalam rangka perencanaan implementasi operasi bus lintas batas antar negara, yang diagendakan terealisasi dalam waktu dekat," ujar Halim.

Lihat Juga :
Sri Mulyani dari Washington: Dunia Dalam Bahaya

Amirulloh mengapresiasi fasiltias terminal bus yang disiapkan oleh Pemerintah Timor Leste. Dia berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Kami juga berkomitmen menyediakan fasilitas yang memadai untuk transportasi darat rute Kupang ke Dili," imbuhnya.

Konsulado Timor Leste di Kupang Jesuino dos Reis de Carvalho menargetkan lima unit bus Damri dari Dili beroperasi. Begitu pula sebaliknya dari Kupang.

"Kami uji coba dulu, nanti masyarakat akan diinformasikan bahwa mereka juga bisa menggunakan layanan pemerintah yang sudah disediakan supaya langsung ke Timor Leste dan untuk sementara nanti lima kendaraan dulu," terang dia.

Adapun, untuk tarif yang diberlakukan, Jesuino menuturkan pihaknya menerapkan tarif dengan kurs dolar AS sesuai yang berlaku di Timor Leste.

"Tarifnya sendiri kami akan sesuaikan dengan rate dolar AS dan hari ini kalau per dolarnya Rp15 ribu, ya rupiah juga senilai, karena Timor Leste mata uang yang digunakan dolar AS," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(eli/bir)

Mendampingi Putri Serangga

situs slot terpopuler di indonesia
Menurut Kemenhub kenaikan 11 persen merupakan keputusan yang adil dan paling tepat untuk pengusaha.
Aktivitas penyeberangan Merak - Bakauheni. (Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
Jakarta, CNN Indonesia--

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno buka suara terkait tarif penyeberanganyang naik 11 persen yang diprotes pengusaha.

Menurutnya kenaikan 11 persen merupakan keputusan yang adil dan paling tepat. Kemenhub telah memperhatikan kebutuhan pengusaha penyeberangan dan juga kemampuan pengguna angkutan penyeberangan mulai dari masyarakat ataupun pengusaha angkutan barang.

Hendro juga mengingatkan penetapan tarif baru harus memperhatikan daya beli pengguna angkutan penyeberangan. Jangan sampai kenaikan tarif malah diiringi ketidakmampuan masyarakat sebagai penumpang membeli tiket penyeberangan.

Ketetapan tarif baru penyeberangan yang naik 11 persen tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 Tahun 2022 Tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) menilai kenaikan itu terlalu kecil, masih jauh dari kenaikan biaya operasional mereka.

Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan besaran kenaikan tarif 11 persen per 1 Oktober 2022 itu masih sangat jauh dari kebutuhan pengusaha.

Sesuai perhitungan pemerintah sebelumnya, menurut Khoiri ada kekurangan tarif terhadap Harga Pokok Produksi (HPP) angkutan penyeberangan sebesar 35,4 persen.

Apalagi, pengaruh kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap biaya operasional dapat menaikkan HPP hingga kurang lebih 8 persen. Oleh karena itu, Khoiri menilai seharusnya kenaikan tarif angkutan penyeberangan yang sesuai adalah 43 persen.

Lihat Juga :
Daftar Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk

Meski demikian, pengusaha sendiri hanya menuntut kenaikan tarif angkutan penyeberangan ini 35,4 persen saja. Tapi justru pemerintah menetapkan hanya 11 persen kenaikannya, jauh sekali dari perhitungan yang dia paparkan.

"Dengan ditetapkannya KM 184/2022 itu, kami dengan terpaksa melakukan pemenuhan standar keselamatan dan kenyamanan yang sifatnya darurat dan negosiable saja. Jika ini dibiarkan terus menerus, ini seolah Kemenhub mendorong pengusaha melakukan penipuan kepada rakyat karena tidak bisa mencover standar keselamatan dan kenyamanan," jelas Khoiri dalam keterangannya.

Atas dasar tersebut, Khoiri mengatakan pengusaha di bawah bendera Gapasdap melakukan somasi terhadap Keputusan Menteri Perhubungan KM 184 Tahun 2022 tentang kenaikan tarif angkutan penyeberangan yang hanya sebesar 11 persen.

Bahkan, jika somasi tersebut tidak mendapatkan tanggapan dari pemerintah, maka kalangan pengusaha angkutan penyeberangan ini akan mengajukan gugutan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kami akan mengajukan gugatan ke PTUN jika somasi ini tidak mendapat tanggapan," tegas Khoiri.

(mrh/mik)

api bintang

rtp angsa4d
AP I mencatat melayani 4,44 juta penumpang pesawat di 15 bandara yang dikelolanya per September 2022.
AP I mencatat melayani 4,44 juta penumpang pesawat di 15 bandara yang dikelolanya per September 2022. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura I(Persero) atau AP I mencatat melayani sebanyak 4,44 juta penumpang pesawatudara melalui 15 bandarayang dikelolanya per September 2022.

Jumlah ini naik 127 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Saat itu, jumlah penumpang yang dilayani AP I hanya sebanyak 1.958.964 orang.

AP I juga tercatat melayani 40.637 pergerakan pesawat dan 40.177 ton kargo pada September 2022.

"Pada September 2022, terdapat 1 reaktivasi rute domestik, 12 pembukaan rute baru domestik, 8 reaktivasi rute internasional, dan 1 pembukaan rute baru internasional," ujarnya lewat keterangan resmi, Senin (17/10).

Dengan tambahan jumlah penumpang, pergerakan pesawat udara, dan pergerakan kargo tersebut, AP I mencatat telah melayani sebanyak 36,92 juta penumpang, 388.947 pergerakan pesawat udara, serta 339.567 ton kargo selama periode Januari hingga September 2022.

Jika dibandingkan dengan catatan di periode Januari hingga September 2021, maka pada periode Januari hingga September 2022 terdapat pertumbuhan sebesar 98 persen untuk jumlah penumpang, 34 persen untuk pergerakan pesawat, serta 10 persen untuk kargo.

Lihat Juga :
Anak Buah Sri Mulyani Angkat Suara soal 4 Negara Hapus Utang RI

Lebih rinci, selama periode Januari-September 2022, jumlah penumpang terbanyak yang dilayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Jumlah penumpang di bandara tersebut mencapai 8.186.696 orang.

Jumlah itu terdiri dari 5.664.091 penumpang rute domestik, 2.480.407 penumpang rute internasional, dan 42.198 penumpang transit domestik.

Di urutan kedua ada Bandara Juanda, Surabaya, dengan total 7.709.605 penumpang. Rinciannya, 6.745.282 merupakan penumpang rute domestik, 486.662 penumpang rute internasional, dan 477.661 penumpang transit domestik.

Sementara, Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, berada di urutan ketiga terbanyak dengan 7.140.029 penumpang. Jumlah itu terdiri dari 5.364.075 penumpang rute domestik, 75.702 penumpang rute internasional, dan 1.700.252 penumpang transit domestik.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

[Gambas:Video CNN]

Ratuku Zhou Jielun

bike discount de voucher
Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya.
Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Ilustrasi. (Virgina Maulita Putri/detikINET).
Jakarta, CNN Indonesia--

Startup pendidikan Binar Academymelakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Hal itu merupakan bagian dari strategi menghadapi ketidakpastian ekonomi global. 

CEO Binar Academy Alamanda Shantika mengatakan langkah PHK merupakan keputusan sulit yang diambil oleh perusahaan. Ke depan, perusahaan disebut akan berfokus untuk menguatkan lini bisnis utama, mengoptimalkan aktivitas investasi, dan men-streamline-kan operasional agar menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

"Meskipun perusahaan telah mencapai pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, kami harus menyiapkan strategi yang kuat untuk menghadapi dinamika ekonomi global, salah satunya dengan mengambil keputusan ini (PHK)," ujar Alamanda dalam keterangan resmi, Senin (17/10).

Ia menambahkan perusahaan akan melakukan perubahan peran pada beberapa fungsi bisnis dengan kapabilitas yang sesuai dengan strategi bisnis ke depan.

Alamanda berjanji perusahaan akan membantu pekerja yang terkena PHK untuk berkonsultasi seputar karier. Perusahaan akan memberikan pendampingan bagi karyawan untuk menemukan peluang baru dengan menghubungkan mereka dengan perusahaan mitra yang mencari karyawan baru di berbagai tingkat pekerjaan.

"Dalam proses transisi ini, perusahaan akan memberikan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan skilllewatcoursesyang tersedia di Binar," ujar Alamanda.

Lihat Juga :
Kemenhub Buka Suara soal WNI Bikin Ribut di Turkish Airlines

Perusahaan juga memastikan seluruh karyawan menerima pesangon sesuai ketentuan yang berlaku dan jaminan kesehatan karyawan beserta anggota keluarga akan tetap dilanjutkan hingga 30 Oktober 2022.

Di sisi lain, Binar Academy memastikan bahwa penyesuaian organisasi ini tidak mengganggu tingkat layanan klien dan kelangsungan bisnis.

Binar disebut akan terus berkomitmen untuk melayani pengguna dengan menyediakan layanan peningkatan kemampuan digital dan penempatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)