petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

dana tunai indodana

belut erek erek 215Jutaan kata 342428Orang-orang telah membaca serialisasi

《dana tunai indodana》

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Motor Naik Kapal, Ini Jadwalnya******

Kemenhub membuka program mudik gratis motor naik kapal laut rute Jakarta-Semarang dengan kuota 9.800 orang. Berikut jadwal dan syarat daftarnya.
Kemenhub membuka program mudik gratis motor naik kapal laut rute Jakarta-Semarang dengan kuota 9.800 orang. ( Arsip Ditjen Perhubungan Laut).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan kembali mengadakan program mudik gratissepeda motor menggunakan moda transportasi kapallaut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi mengatakan program tahunan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

"Kami sangat bersemangat untuk kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut. Program ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, terutama selama periode Lebaran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3).

"Melalui platform tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket mudik gratis," jelasnya.

Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor. Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5 dan 7 April. Sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13 dan 15 April 2024.

"Kami berharap bahwa program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik mereka. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta kondisi perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Berikut syarat pendaftaran mudik gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK
2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.
4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:
* Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok - Jakarta Utara
* Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).
5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah.



(ldy/agt)

Daftar 4 Kereta yang Perjalanannya Dibatalkan Imbas Banjir Semarang******

KAI batalkan 4 perjalanan kereta imbas banjir Semarang. Mereka; KA Ambarawa Ekspres, KA Blora Jaya, KA Blora Jaya , KA Kedungsepur.
KAI batalkan 4 perjalanan kereta imbas banjir Semarang. Mereka; KA Ambarawa Ekspres, KA Blora Jaya, KA Blora Jaya , KA Kedungsepur. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta ApiIndonesia (Persero) alias KAImembatalkan 4 perjalanan kereta api jarak jauh imbas banjirdi Semarang, Jawa Tengah.

Banjir di Semarang membuat sejumlah perjalanan KA yang melintas di jalur Pantura mengalami keterlambatan. Pada akhirnya, pembatalan dilakukan per hari ini pukul 04.30 WIB.

Perjalanan empat kereta yang dibatalkan, yakni KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol-Surabaya Pasarturi, KA Blora Jaya relasi Cepu-Semarang Poncol, KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol-Ngrombo, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan.

"Bagi para calon penumpang yang telah memiliki tiket, bisa membatalkan tiket di loket stasiun dan bea akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan," ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (14/3).

Selain pembatalan, Agus menyebut ada rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 KA yang melintas di jalur utara ke jalur selatan. Berikut rinciannya:

1. KA Pandalungan sebanyak 2 KA
2. KA Argo Bromo Anggrek sebanyak 2 KA
3. KA Majapahit sebanyak 2 KA
4. KA Kertajaya sebanyak 2 KA
5. KA Sembrani
6. KA Brawijaya
7. KA Harina
8. KA Darmawangsa
9. KA Gumarang
10. KA Jayabaya

"Rekayasa pola operasi jalan memutar bagi KA-KA tersebut untuk mengurangi dampak kelambatan lebih banyak lagi," jelas Agus.

"Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Klaim Batik soal Waktu Istirahat Pilot Usai Insiden Tidur 28 Menit******

Batik Air mengklaim telah menerapkan kebijakan istirahat yang cukup bagi karyawan termasuk pilot. Klaim buntut pilot tidur 28 menit saat terbangkan pesawat.
Batik Air mengklaim telah menerapkan kebijakan istirahat yang cukup bagi karyawan termasuk pilot. Klaim buntut pilot tidur 28 menit saat terbangkan pesawat. (Lucky R.).
Jakarta, CNN Indonesia--

Batik Air blak-blakan soal kebijakan istirahat bagi karyawan, termasuk pilotmereka. 

Hal itu disampaikan oleh Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro kepada CNNIndonesia.com buntut tidur pilot Batik Air selama 28 menit saat menerbangkan pesawat dari Kendari ke Jakarta pada 25 Januari 2024 lalu.

Danang mengatakan maskapainya selama ini menerapkan kebijakan istirahat yang memadai bagi karyawan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam laporannya mengungkapkan pilot Batik Air tertidur selama 28 menit saat melakukan penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara, menuju Jakarta pada 25 Januari lalu.

Menurut KNKT, insiden ini adalah 'masalah serius' yang menyebabkan serangkaian kesalahan kesalahan navigasi.

Dalam laporannya KNKT mengungkapkan kronologi detik-detik pilot Batik Air yang tertidur selama 28 menit.

KNKT menyebut pesawat dengan nomor penerbangan ID6723 ini dioperasikan oleh pilot berusia 32 tahun dan first officer berusia 28 tahun.

Sekitar pukul 08.37 waktu setempat, saat pesawat mencapai ketinggian jelajah, kedua awak melepas headset. Lalu, pilot bertanya kepada first officer, 'apakah dia boleh tertidur.' First officer menyetujuinya.

First officer pun langsung mengambil alih sebagai pilot selama 40 menit berikutnya sebelum rekannya benar-benar terbangun. Ketika sudah bangun, Pilot itu bertanya apakah first officer ingin beristirahat.

Namun, first officer menolak dan memilih melanjutkan tugasnya.

Sekitar pukul 08.43 WIB, first officer yang masih menerbangkan pesawat melakukan kontak awal dengan pengatur lalu lintas udara Jakarta. Dia diinstruksikan menuju waypoint KURUS yang terletak di timur laut bandara ibu kota.

Saat itu, pesawat tengah terbang dengan arah 250° dan berada di sebelah timur titik jalan.

Sekitar 1 menit setelah kontak dengan Jakarta, first officer tidak sengaja tertidur.

[Gambas:Video CNN]

Saat dia tertidur, pusat kendali wilayah Jakarta menanyakan kepada kru berapa lama A320 perlu terbang pada jalurnya saat ini. Namun, tidak mendapat tanggapan.

Beberapa upaya untuk menghubungi pesawat dilakukan. Termasuk, meminta pilot lain untuk memanggil awak pesawat.

"Sekitar 28 menit setelah petugas pertama tertidur, kapten terbangun dan menyadari bahwa pesawat tidak berada di jalur yang benar," kata KNKT.

Pilot pun membangunkan first officer dan menanggapi panggilan dari pusat kendali wilayah Jakarta. Pilot mengatakan bahwa mereka mengalami masalah komunikasi radio.

Beruntungnya, pesawat mendarat dengan selamat di Jakarta. Tidak ada kerusakan pada pesawat atau cedera pada penumpangnya. Penyelidik tidak menemukan masalah dengan sistem komunikasi pesawat.

"Sebelum penerbangan tidak ada catatan atau laporan kerusakan sistem pesawat. Setelah (insiden) tersebut, sistem komunikasi radio pesawat ditemukan dalam kondisi normal," katanya melansir flight global.

Lihat Juga :
Kemenhub Pastikan Ada Sanksi ke Batik Air Usai Pilot Tertidur 28 Menit

KNKT menyebut awak pesawat yang sama telah mengoperasikan penerbangan Jakarta-Kendari pada pagi yang sama. Penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat pada pukul 02.55 waktu setempat, dan awak pesawat harus melakukan login pada pukul 01.25.

KNKT menemukan bahwa pilot yang lebih muda telah memberitahu temannya bahwa dia tidak mendapatkan istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. Petugas mencatat, first officer adalah orang tua baru, dengan sepasang anak kembar berusia satu bulan.

Meskipun pada malam sebelum ia dijadwalkan terbang ke Kendari, ia berusaha untuk tidur lebih awal, namun ia harus bangun beberapa kali untuk membantu istrinya merawat bayinya.

Lihat Juga :
KNKT Ungkap Pengakuan Pilot yang Tidur Saat Terbangkan Batik Air

First officer juga merasa kualitas tidurnya menurun. Ia diperbolehkan istirahat dalam penerbangan menuju Kendari, sedangkan kapten mengambil alih tugas terbang pilot.

Atas masalah itu, Danang mengatakan Batik Air telah menonaktifkan pilot yang bersangkutan untuk sementara waktu.  Penonaktifan dilakukan sebagai upaya pencegahan agar ke depan masalah serupa yang berpotensi membahayakan keselamatan penumpang bisa dicegah.

"Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024. Keputusan tersebut merupakan bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta dalam rangka menjalankan investigasi yang menyeluruh," katanya.

(agt/agt)




bab terbaru:winslots

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
balon 2d togel
wigogame
slot 5000
tunai4d
judi slot online paling gacor
erek 27
situs logo slot
salam88
petir88
Daftar isi semua bab
Bab 1 pecah99
Bab 2 sultan86
Bab 3 tokopedia kredivo
Bab 4 nsr4d
Bab 5 slot gacor bonus new member 100 to kecil
Bab 6 maxim178
Bab 7 777slot
Bab 8 buku mimpi cangkul
Bab 9 jasa yang bisa menghasilkan uang
Bab 10 voucher sodexo bisa dipakai di indomaret
Bab 11 slot max win terus
Bab 12 anda slot
Bab 13 aplikasi nyicil hp
Bab 14 slot 168 club
Bab 15 bunga pinjaman ada kami
Bab 16 oyo99 slot
Bab 17 aslidomino
Bab 18 mayatogel
Bab 19 tangkasqq
Bab 20 resulsgp
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7311bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali Penguasa Segala Alam

jam gacor slot hari ini 2023
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR karena ia ingin menjaga kredibilitas logo dan organisasi institusinya.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR karena ia ingin menjaga kredibilitas logo dan organisasi institusinya. (CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka-bukaan soal alasannya sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR dalam setiap kesempatan, meski kadang terlihat sudah lusuh alias memudar warnanya.

Basuki mengatakan itu ia lakukan karena ingin menjaga kredibilitas logo Kementerian PUPR. 

"Ini logo ini (sambil nunjuk topi), jadi ini harus dijaga betul kredibilitas logo. Logo itu juga jangan hanya dipakai-pakai, itu tanggung jawab dan kredibilitas. Itu lah gunanya logo. Makanya saya selalu pakai topi dengan logo ini," kata Basuki dalam acara 74th btn Anniversary Festival 2024 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/3) seperti dikutip dari detik.com.

"Saya bilang dengan teman-teman PU nggak anggap saya nggak apa, tapi logo ini yang dijaga, logonya yang dijaga, organisasi," ucapnya.

Basuki memang identik dengan topi PUPR. Kemana pun pergi, ia sering terlihat mengenakan topi tersebut. 

Ia juga sering mengenakan topi itu dengan gaya terbalik. Termasuk saat menjadi fotografer dadakan di KTT G20.

[Gambas:Video CNN]



(detik.com/agt)

Satu pukulan bagi kaisar

slot baru rilis 2022
Kemenhub kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis 2024 untuk melalui jalur darat, laut dan kereta api.
Kemenhub kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis 2024 untuk melalui jalur darat, laut dan kereta api. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Daftar Isi
  • 1. Mudik gratis jalur darat
  • 2. Mudik gratis jalur laut
  • 3. Mudik gratis jalur kereta api
Jakarta, CNN Indonesia--

Mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub2024mulai digelar, mulai dari jalur darat, laut, hingga kereta api.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pihaknya kembali menggelar program mudik gratis di tahun ini demi mengantisipasi lonjakan pemudik. Terutama, mereka yang nekat pulang kampung menggunakan sepeda motor.

"Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," imbau Adita dalam keterangan resminya, Kamis (29/2).

Program mudik gratis tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api. Ini akan diadakan di beberapa titik simpul transportasi.

"Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini," tutur Adita.

"Kami (juga) berharap, tahun ini kian banyak BUMN dan perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis. Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang," tandasnya.

Lihat Juga :
Daftar Tarif Listrik Terbaru per 1 Maret 2024

Berikut jadwal program mudik gratis Kemenhub 2024

1. Mudik gratis jalur darat

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menggelar program mudik gratis dengan tajuk 'Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk'.

Pendaftaran program ini bisa dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan dimulai pada 5 Maret 2024-3 April 2024.

Kemenhub menyediakan 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor pada arus mudik dan balik. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April 2024 hingga 7 April 2024, sedangkan arus balik dijadwalkan pada 14 April 2024 dan 15 April 2024.

2. Mudik gratis jalur laut

Untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mengadakan program 'Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut'. Kuota yang disediakan ada 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, di mana dijadwalkan berangkat pada 3 April 2024-17 April 2024.

3. Mudik gratis jalur kereta api

Ditjen Perkeretaapian juga menyelenggarakan program dengan nama 'Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api'.

Tiket kereta api untuk mudik gratis bisa didapatkan mulai 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024. Ada tiket untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2 April 2024 sampai 8 April 2024. Sementara itu, arus balik akan dilakukan pada 13 April 2024-19 April 2024.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Tian Feng Qi Tan

menang slot terbesar
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan penguatan pada perdagangan Jumat (15/3) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan penguatan pada perdagangan Jumat (15/3) ini. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan penguatan pada perdagangan Jumat (15/3) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks saham berpotensi lanjutkan penguatan ke level 7.503.

"IHSG cenderung bergerak menguat menuju 7.503 sebagai level Fibonacci projection terdekat," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG menguat. Menurutnya, potensi kenaikan lanjutan masih terlihat pada hari ini.

Kendati, fluktuasi harga komoditas serta nilai tukar Rupiah juga turut mewarnai pergerakan IHSG saat ini.

"Namun, jika terjadi koreksi maka momentum ini merupakan momentum yang dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka panjang," imbuh William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentangsupport7.256 dan resistance7.444 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni BBCA, ASII, TLKM, ITMG, BMRI, AALI, dan SMRA.

IHSG ditutup menguat 12,1 poin atau 0,16 persen ke level 7.433 pada perdagangan Kamis (14/3) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp12,69 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14,52 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Setan mengganggu langit

slot dewa 88
Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji memberi 'warisan' Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehat untuk menkeu baru penerusnya.
Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji memberi 'warisan' Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehat untuk menkeu baru penerusnya. (brin.go.id).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyaniberjanji memberi 'warisan' Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehat untuk menkeu baru penerusnya.

Wanita yang akrab disapa Ani itu tegas akan menghargai proses politik terkait siapa yang akan melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Khusus untuk Kementerian Keuangan, ia berjanji memberikan warisan demi keberlangsungan lima tahun ke depan.

"Sehingga pemerintahan baru yang terpilih mampu melanjutkan tongkat estafet kita. Mereka juga akan bisa mencapai tujuan pembangunan, seiring dengan janji-janji politik yang mereka sampaikan," tambahnya.

Ani mengatakan tidak khawatir dengan proses transisi pemerintahan Indonesia. Ia menegaskan yang paling penting adalah bagaimana warga Indonesia mendapatkan kepastian apa yang menjadi prioritas pemerintahan baru.

Sebelum sesi Sri Mulyani, forum ini menghadirkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ia merupakan salah satu calon presiden yang berlaga di Pilpres 2024.

Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka memang belum diresmikan sebagai pemenang Pilpres 2024. Namun, jumlah suara sementara pasangan calon nomor urut 2 ini mencapai 75.363.103 alias 58,82 persen berdasarkan Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sedangkan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan 31.376.801 suara alias 24,49 persen. Bahkan, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD cuma bisa berpuas diri dengan 16,68 persen atau 21.374.884 suara.

"Insyaallah saya akan dilantik (menjadi presiden) pada 20 Oktober (2024)," kata Prabowo di hadapan para bankir dan investor.

"Dan saya rasa transisi (dari pemerintahan Presiden Joko Widodo) akan sangat mulus. Karena seperti kalian tahu, dari 3 kandidat (pasangan calon), tim saya sangat terbuka mengatakan bahwa kami adalah bagian dari tim Jokowi. Kami tidak malu," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Kelahiran Kembali Raja Emas Hitam

link bonus new member
Daftar mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub hingga Pemprov DKI. Ada juga program mudik gratis untuk motor via kapal laut.
Daftar mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub hingga Pemprov DKI. Ada juga program mudik gratis untuk motor via kapal laut. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah program mudik gratisyang diselenggarakan pemerintah pusat maupun daerah kembali dibuka padaLebarankali ini.

Mudik gratis dengan tujuan beberapa kota seperti Yogyakarta, Malang, Semarang, Palembang, hingga Lampung. Para pemudik akan diangkut dengan berbagai moda transportasi.

Berikut daftar program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Pemprov DKI:

Pendaftaran dibuka mulai Rabu (6/3), pukul 12.00 WIB siang, hingga 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi.

"Kuota dibuka secara bertahap. Setiap harinya pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB," tulis akun Instagram @ditjenhubdat yang diunggah Selasa (5/3).

Peserta mudik gratis Kemenhub harus memenuhi sejumlah syarat. Pertama, pendaftaran hanya dilakukan secara online melalui Mitra Darat. Kedua,peserta memiliki KTP yang sah saat mendaftar. Ketiga, peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.

Keempat, peserta mudik gratis dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

Sementara, peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat - surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Lihat Juga :
Jokowi Berterima Kasih ke Aguan di Peresmian Bandara Singkawang

Berikut 33 kota tujuan mudik gratis Kemenhub:

Jawa Barat
1. Garut
2. Tasikmalaya
3. Cirebon

Jawa Tengah
1. Tegal
2. Pekalongan
3. Semarang
4. Demak
5. Jepara
6. Pati
7. Blora
8. Boyolali
9. Solo
10. Sragen
11. Klaten
12. Wonogiri
13. Purwokerto
14. Cilacap
15. Wonosobo
16. Kebumen
17. Magelang
18. Wonosari
19. Yogyakarta

Jawa Timur
1. Tuban
2. Madiun
3. Surabaya
4. Malang
5. Tulungagung

Sumatera
1. Lampung
2. Bengkulu
3. Padang, Sumatera Barat
4. Palembang, Sumatera Selatan

Kalimantan
1. Banjarmasin, Kalimantan Selatan
2. Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Lihat Juga :
Jadwal Penukaran Uang Baru Lebaran 2024 di 4.264 Titik

Berikut 9 kota asal arus balik:
1. Solo
2. Madiun
3. Wonogiri
4. Surabaya
5. Semarang
6. Yogyakarta
7. Purwokerto
8. Palembang
9. Cirebon

Daftar 5 kota arus mudik-balik pengangkutan sepeda motor:
1. Solo
2. Wonogiri
3. Semarang
4. Yogyakarta
5. Purwokerto

2. Mudik Gratis Laut Kemenhub

Kemenhub juga mengadakan program mudik gratis sepeda motor menggunakan moda transportasi kapal laut.

Pendaftaran untuk program Mudik Gratis ini telah dibuka sejak 13 Maret hingga 7 April 2024 melalui website resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor. Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5 dan 7 April. Sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13 dan 15 April 2024.

Lihat Juga :
Berapa Biaya Tol Mudik dari Jakarta, Yogyakarta, hingga Surabaya?

Berikut syarat pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK

2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.

3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:
-Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok - Jakarta Utara
-Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).

5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Mudik Gratis Pemprov DKI ke 19 Daerah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

istri parit

mpo 388 slot
Serikat Petani Indonesia (SPI) mengatakan sejumlah daerah mulai memasuki musim panen, di antaranya di Jawa Tengah dan Sumatera Utara.
Serikat Petani Indonesia (SPI) mengatakan sejumlah daerah mulai memasuki musim panen, di antaranya di Jawa Tengah dan Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia--

Serikat PetaniIndonesia (SPI) mengatakan sejumlah daerah mulai memasuki musim panen, di antaranya di Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Anggota SPI Jawa Timur Kusnan mengatakan petani di provinsi tersebut mulai panen sejak minggu ketiga Januari hingga saat ini. Panen diperkirakan berlanjut hingga April.

"Sekitar 50 persen sudah panen, bahkan yang panen Januari sudah tanam lagi," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/2).

"Kalau harga gabah sekarang Rp7.200, sebelumnya Rp8.000," imbuhnya.

Senada, pengurus SPI Sumatera Utara Subali mengatakan daerah di wilayahnya juga mulai panen. Salah satunya Kecamatan Pagar Merbau, Deli Serdang yang panen sejak tiga minggu lalu.

"Hasil panen 5 sampai 6 ton per hektar. Harganya Rp6.200 per kg," katanya.

Sementara daerah lainnya, katanya, akan menyusul panen.

"Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam akan panen," katanya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan harga beras akan turun seiring dengan menurunnya harga gabah di sekitar Rp6.500 - Rp7.00 per kg saat panen raya mulai di Maret.

Ia mengatakan biang kerok harga beras naik adalah kenaikan harga gabah kering panen (GKP) yang saat ini mencapai sekitar Rp8.000 per kg.

"Maret ini panennya akan 3,5 juta ton. Itu prediksi dari teman-teman BPS. Kemudian, minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai sehingga harga gabah ini akan berangsur turun dari sebelumnya di angka Rp8.600-Rp8.7000, akan turun jadi Rp8.000, dan akan turun lagi menjadi sekitar Rp6.500," katanya.

(fby/agt)