petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek erek 01 sampai 99

paten188 600Jutaan kata 221642Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek erek 01 sampai 99》

Badai musim dingin landa AS, 33 orang tewas******

Badai musim dingin landa AS, 33 orang tewas
Salju turun di New York, AS, pada 16 Januari 2024, saat kota ini mengalami hujan salju terukur pertama dalam dua tahun, dengan satu inci salju tercatat akibat badai musim dingin. Layanan Cuaca Nasional melaporkan bahwa Central Park menerima 0,4 inci salju pada hari Senin, dan tambahan 1 inci salju antara tengah malam dan 7 pagi pada hari Selasa, sehingga total salju mencapai 1,4 inci dari badai sejauh ini. Central Park berfungsi sebagai tempat pengukuran resmi Kota New York. Peringatan cuaca musim dingin telah dikeluarkan oleh Layanan Cuaca Nasional, yang mencakup wilayah dari New Jersey hingga Long Island. Sekolah mengumumkan penundaan dan penutupan sebagai tanggapannya. Kota New York telah mengeluarkan peringatan perjalanan, dan peraturan parkir samping alternatif ditangguhkan mulai hari Selasa. Di New Jersey, pembatasan kecepatan terkait cuaca diberlakukan di Jalan Tol. ANTARA/Deccio Serrano via Reuters Connec/pri.
Houston (ANTARA) - Hingga Rabu malam, sedikitnya 33 orang tewas akibat badai musim dingin yang parah sehingga sebagian besar wilayah Amerika Serikat membeku.

Sebagian besar dari 33 kematian yang dilaporkan sejauh ini disebabkan oleh kondisi terkait cuaca, seperti kecelakaan mobil karena jalan tertutup es dan hipotermia akibat suhu yang mendekati titik beku, menurut media.

Salju lebat dan hujan es menyelimuti wilayah Pacific Northwest, menutupi jalan dan menyebabkan pemadaman listrik pada hampir 100 ribu tempat tinggal, menurut situs PowerOutage.us.

Dinas Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan bahwa selain badai es, cuaca musim dingin yang lebih parah juga akan terjadi.

"Salju tebal (30 hingga 60 cm) diperkirakan terjadi hingga Jumat di seluruh Cascades dan Pegunungan Rocky Utara yang membuat perjalanan menjadi berbahaya," kata NWS.

Dinas itu menambahkan bahwa salju setinggi 0,6 cm bisa menutupi daratan Portland, Oregon.

Peringatan cuaca dikeluarkan di negara-negara bagian di selatan AS, seperti Mississippi, Florida dan Tennessee serta negara bagian di timur laut seperti New York, Connecticut dan Maine.

NWS mengatakan salju efek-danau (lake-effect snow) akan terus melanda Mississippi, sementara tornado tiba di Florida. Di Tennessee, 10 juta penduduk diminta menghemat energi untuk mencegah pemadaman listrik karena suhu mendekati angka di bawah nol akibat angin dingin.

Menurut dinas cuaca itu, ketinggian salju di New York dan Connecticut bisa mencapai 12 cm pada Jumat. Buffalo di New York telah dilanda salju setinggi 76 cm dan terus bertambah hingga dua kali lipat dalam waktu 24-48 jam ke depan.

Selain itu wilayah bagian Maine juga bersiap menghadapi hujan salju tambahan. Peringatan banjir dan ledakan Arktik diperkirakan akan membawa suhu angin dingin di bawah nol derajat.

Badai musim dingin telah menyebabkan kekacauan di jalan raya ketika kendaraan semi-truk terbalik dan kecelakaan lalu lintas terjadi akibat hujan salju dan kondisi jalan yang tertutup es.

Selain itu, lebih dari 10.000 penerbangan telah ditunda dan hampir 3.000 lainnya telah dibatalkan. Diperkirakan akan ada lebih banyak penundaan dan pembatalan karena badai terus terjadi hingga akhir pekan ini.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Badai salju tewaskan 13 orang di New York, AS dilanda cuaca ekstrem
Baca juga: Badai salju terjang Pantai Timur AS, ribuan penerbangan dibatalkan

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Menhan: RI masih negosisasi bangun RS lapangan buat pengungsi Gaza******

Menhan: RI masih negosisasi bangun RS lapangan buat pengungsi Gaza
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kanan) saat memberikan keterangan usai upacara pelepasan keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 membawa bantuan untuk rakyat Palestina ke El Arish, Mesir, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Kamis (18/1/2024). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Pemerintah Indonesia masih berupaya negosiasi dengan Pemerintah Mesir untuk membangun rumah sakit (RS) lapangan bagi rakyat Palestina dari Gaza yang mengungsi di Mesir, tepatnya di daerah berbatasan dengan perbatasan Rafah.

Setelah upacara pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Kolinlamil TNI AL, Jakarta, Kamis, Prabowo menyebut negosiasi itu tidak mudah karena situasi perang yang saat ini terjadi menyeret kepentingan banyak pihak.

"Sekarang kami negosiasi kirim rumah sakit lapangan, tentu ini harus juga negosiasi sama semua pihak di situ," kata Prabowo.

Baca juga: Menhan pastikan RI langsung kirim kapal RS saat diizinkan Mesir

Dia menyampaikan Indonesia memahami kesulitan Pemerintah Mesir belum memberikan izin untuk membangun RS lapangan, karena mungkin ada tekanan-tekanan yang dihadapi selama situasi perang di Gaza.

Prabowo menegaskan jangan sampai rakyat Palestina di Gaza terusir dari rumahnya karena digempur oleh tentara Israel.

"Jadi, kita harus paham tekanan yang dialami oleh pemerintah di situ. Mereka khawatir bahwa nanti rakyat Gaza akan diusir dari kampung halamannya. Mereka nyebrang ke Mesir dan akhirnya penduduk Palestina diusir lagi. Jadi, itu kekhawatiran," jelasnya.

Baca juga: BAZNAS kerja sama dengan lembaga filantropi Mesir dukung Palestina

Prabowo pertama kali mengungkap rencana Indonesia menawarkan bantuan untuk membangun RS lapangan pada 1 Desember 2023 di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat.

"Ada saran dari beberapa pihak di negara itu (Mesir), sekitar itu, malah kalau bisa rumah sakit lapangan. Jadi, ini sedang kami bahas nanti, apakah kita (Indonesia) kirim rumah sakit lapangan," kata Prabowo saat itu.

Terkait rencana itu, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan KRI dr. Radjiman mampu membangun RS lapangan di daerah-daerah kantong pengungsi, termasuk di daerah El Arish yang berbatasan langsung dengan Rafah di Gaza.
​​​​​​​
Walaupun demikian, lanjut Ali, sejauh ini Indonesia hanya diizinkan untuk mengantar bantuan ke El Arish. Bantuan-bantuan itu dijadwalkan tiba di El Arish pada 15 hari ke depan, setelah KRI dr. Radjiman berlayar dari Jakarta, Kamis, untuk mengantarkan bantuan tersebut.

Baca juga: Dubes Palestina pastikan bantuan kemanusiaan Banjarbaru sampai ke Gaza

Bantuan sebanyak 80 truk, yang saat ini berada di KRI dr. Radjiman, terdiri atas popok sekali pakai (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mie instan (470 kardus).

Jika dikelompokkan sesuai wadah, maka jumlahnya ada 4.080 kardus, 2.732 karung, 500 boks, dan 1.254 galon.
​​​​​​​
Pengiriman bantuan itu merupakan bagian dari operasi kemanusiaan Muhibah/Port Visit ke Mesir 2024 yang dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Laksma TNI Bimo Aji.

Bimo Aji membawahi lebih dari 200 kru kapal, yang 40 di antaranya merupakan pasukan khusus TNI AL.

Baca juga: Menhan Prabowo lepas KRI dr. Radjiman antar bantuan buat Palestina

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024

Prabowo bakal bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan******

Prabowo bakal bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan
Calon presiden RI sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1/2024). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto)
“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu, sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna. SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, dan akan bangun satu SMA Taruna
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyebut akan membangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan untuk menjawab permintaan warga yang mengeluhkan adanya keterbatasan anak-anak mengenyam pendidikan hingga berdampak pada sulitnya akses mendaftar pendidikan TNI dan Polri.

“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu, sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna. SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, dan akan bangun satu SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan,” kata Prabowo saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta.

Prabowo menjelaskan, ia akan memproses terlebih dahulu dengan meminta petunjuk dari Presiden RI Joko Widodo untuk mencari lokasi terbaik di mana sekolah tersebut akan dibangun.

“Saya akan minta petunjuk Bapak Presiden tempatnya di mana dan nanti akan saya serahkan Bapak Presiden segera kita bangun sebelum saya perkirakan akan selesai Oktober 2024,” imbuh dia.

Mengingat pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kalimantan masih dalam proses, Prabowo memberikan kesempatan bagi anak-anak Dayak di Pontianak untuk mengenyam bangku pendidikan di SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

“Sebelum itu, kalau ada anak-anak Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara, saya siap menjemput mereka,” ujar Prabowo.

Prabowo yang juga calon presiden RI itu melanjutkan safari politiknya ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu pagi. Kedatangan Prabowo disambut meriah masyarakat Dayak berikut juga dengan tarian penyambutan Baras Banyu.

Prabowo juga disambut dengan topi adat Dayak dan rompi bermotif khas Dayak yang dipasangkan langsung oleh Pimpinan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Panglima Jilah.

“Saya merasa sangat terhormat dengan saudara-saudara sekalian, Panglima Jilah, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih saya dengan begitu baik dan saudara bagi saya, ini sangat berarti,” tutur Prabowo.

Adapun kedatangan Prabowo adalah dalam rangka acara Bahaupm Bide Bahana (silaturahmi) bersama pasukan merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR).

Prabowo juga merasa salut dengan masyarakat Dayak saat pembukaan acara mereka secara serentak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh rasa semangat.

“Waktu disambut saya hadir di depan saudara-saudara dengar lagu kebangsaan Indonesia Raya begitu semangat, begitu setia kepada bangsa Indonesia,” kata Prabowo.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:millenium 88 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
dewa slot 555
wso138
javabetsport
beli iphone cicilan tanpa kartu kredit
situs slot mantap
cara pasang colok bebas togel
32 togel
apk cicilan barang
pokeridn
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp infini88
Bab 2 link infini88 terbaru
Bab 3 168jackpot
Bab 4 prediksi togel cambodia bang bona
Bab 5 slot gacor maxwin
Bab 6 bigpot88
Bab 7 mutiara slot
Bab 8 agen judi slot terpercaya
Bab 9 warungslot88
Bab 10 idola88
Bab 11 118 slot
Bab 12 slot kalian besar
Bab 13 pinjol yang tenor lama
Bab 14 slot yang sering kasih maxwin
Bab 15 daftar youtube untuk dapat uang
Bab 16 oke777
Bab 17 cara upgrade ke cicilan kredivo
Bab 18 situs slot yang bisa demo
Bab 19 daftar slot server thailand
Bab 20 bocoran admin riki
Klik untuk melihattersembunyi di tengah629bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Naruto: Dewa Kota

cara bermain judi bola parlay
Sekjen PBB tidak ingin Lebanon menjadi seperti Gaza
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (ANTARA/Anadolu)
Washington (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (15/1) menyuarakan keprihatinan atas ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan Lebanon, serta mengatakan bahwa konflik lain seperti Gaza tidak boleh terjadi di Lebanon.

"Kami tidak ingin Lebanon menjadi seperti Gaza. Dan kami tidak bisa membiarkan apa yang terjadi di Gaza berlanjut," kata Guterres dalam sebuah konferensi pers di markas besar PBB.

Sekjen PBB tersebut mengatakan sebanyak puluhan ribu orang di Israel utara dan Lebanon selatan telah mengungsi akibat pertempuran tersebut sekaligus akses kemanusiaan di Lebanon terus terhambat.

"Berhenti bermain api di Garis Biru (Blue Line), kurangi eskalasi, dan akhiri permusuhan sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan 1701," katanya.

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel sejak tentara negara Zionis itu melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober.

Baku tembak lintas batas baru-baru ini terjadi antara HIzbullah dan pasukan Israel, yang merupakan bentrokan paling mematikan sejak kedua pihak terlibat perang skala penuh pada 2006.

Sekjen PBB tersebut juga mengulangi seruannya untuk gencatan senjata di Gaza.

"Serangan gencar pasukan Israel di Gaza selama 100 hari ini telah menyebabkan kehancuran besar-besaran dan pembunuhan warga sipil pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama saya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal," katanya.

Dengan menekankan bahwa sebagian besar dari mereka yang tewas adalah perempuan dan anak-anak, Guterres mengatakan bahwa tidak ada alasan yang bisa membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina.

Guterres juga menguraikan dasar-dasar tertentu untuk operasi kemanusiaan yang efektif di Gaza.

Guterres mengatakan bahwa PBB dan mitra-mitranya tidak dapat memberikan bantuan secara efektif ketika Gaza berada di bawah pemboman besar-besaran dan tak henti-hentinya oleh Israel.

Dia juga mencatat bahwa operasi bantuan menghadapi "rintangan besar" di perbatasan Gaza dan hambatan besar dalam distribusi di Gaza.

"Ini termasuk penolakan berulang kali terhadap akses ke wilayah utara (Gaza), tempat ratusan ribu orang masih tinggal. Sejak awal tahun ini, hanya tujuh dari 29 misi pengiriman bantuan ke wilayah utara yang dapat dilanjutkan," lanjutnya.

Baca juga: PBB sebut upaya Israel ubah komposisi Jalur Gaza 'harus tegas ditolak'
Baca juga: PBB: kelaparan, rusaknya permukiman perkuat tudingan genosida di Gaza
Baca juga: Badan PBB serukan lebih banyak penyaluran bantuan ke Gaza

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Bunuh seluruh dunia

situs gacor main slot
Ratusan TPS di Karawang berlokasi di daerah rawan banjir
Ilustrasi - Warga memberikan hak suaranya di TPS 16 yang terdampak banjir di Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww
Karawang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mencatat ratusan tempat pemungutan suara Pemilu 2024 berada pada titik rawan bencana banjir saat musim hujan sehingga perlu disiapkan langkah antisipasi.

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana saat dihubungi di Karawang, Senin, mengatakan KPU telah berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan bencana banjir itu.

Selain itu, KPU Karawang juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencari lokasi alternatif pendirian TPS jika saat pemungutan suara terjadi hujan deras.

Menurut dia, pemindahan titik TPS yang rawan bencana ke lokasi yang aman akan menjadi bagian utama dalam upaya mengantisipasi bencana alam.

"Secara keseluruhan terdapat 313 TPS yang rawan bencana saat musim hujan," katanya.

Baca juga: KPU Karawang siapkan ratusan TPS cadangan antisipasi bencana banjir

Ratusan TPS yang rawan bencana itu tersebar pada 17 kecamatan, meliputi Kecamatan Karawang Barat, Pangkalan, Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, Rengasdengklok, Batujaya, dan Pedes, Pakisjaya, Cikampek, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Tirtamulya, Rawamerta, Tempuran, Jayakerta, Kotabaru, Purwasari, dan Cilebar.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Karawang meminta KPU setempat segera melakukan langkah antisipasi terhadap TPS yang berlokasi di daerah rawan banjir.

"Kami telah menggelar rapat kordinasi persiapan pemilu bersama KPU dan pihak terkait, di antaranya membahas tentang langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam pada hari pemungutan suara nanti," kata Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Karawang Eka Sanatha.

Ia mengatakan bahwa rapat koordinasi itu difokuskan pada pengelolaan manajemen distribusi logistik dan langkah-langkah antisipasi terhadap TPS yang berada di lokasi rawan bencana.

Pada Pemilu 2024, KPU Karawang menyiapkan sebanyak 6.890 TPS yang tersebar di 309 desa/kelurahan untuk tempat penyaluran hak suara bagi 1.779.207 orang yang masuk daftar pemilih tetap. Mereka terdiri atas 893.869 orang pemilih laki-laki dan 885.338 orang perempuan.

Baca juga: KPU Karawang sebut pemilih dari kalangan disabilitas capai 6.697 orang
Baca juga: KPU Karawang: 18 parpol sudah sampaikan laporan awal dana kampanye

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Kacamata ajaib dunia film

gas4d
Kualitas udara Jakarta semakin membaik ke kategori sedang
Ilustrasi - Foto udara bangunan kawasan pesisir utara di Jakarta. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wpa/am.
Kategori sedang artinya tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif, dan nilai estetika
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyebutkan kualitas udara di kawasan DKI Jakarta semakin membaik yakni masuk ke dalam kategori sedang pada Jumat pagi.

Kategori tersebut termasuk dalam angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5 berdasarkan indek standar pencemar udara (ISPU) berada pada kisaran 51-100 dengan rincian  Bundaran HI (55), Kelapa Gading (58), Lubang Buaya (59), Kebun Jeruk (59), dan Jagakarsa (59).

Kategori sedang artinya tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif, dan nilai estetika.

Sedangkan, kategori tidak sehat yakni kualitas udaranya yang bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Lalu, kategori baik yakni tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan ataupun nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 0-50.

Kemudian, kategori sangat tidak sehat dengan rentang PM2,5 sebesar 200-299 atau kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar.

Terakhir, kategori berbahaya yakni tingkat kualitas udara berbahaya yang secara umum dapat merugikan kesehatan serius pada populasi dengan rentang PM2,5 sebesar 300-500.

Sementara itu, pada situs pemantauan IQ Air pada Jumat pukul 08.31 WIB, Jakarta diklasifikasikan sebagai kota nomor 68 dengan pencemaran udara tertinggi di dunia (45).

Sedangkan peringkat pertama jatuh pada Dhaka, Bangladesh (314), kedua Karachi, Pakistan (215), dan ketiga Delhi, India (204).

Indeks kualitas udara di Jakarta tinggi karena konsentrasi PM2.5 saat ini sudah 2,2 kali lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 45 AQI US.

Data kualitas udara diperoleh berdasarkan pantauan di 20 stasiun pemantau, di antaranya berada di Layar Permai (PIK), Jalan Raya Perjuangan (Kebon Jeruk) dan Jimbaran (Ancol).

Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, tutup jendela menghindari udara kotor, memakai masker, dan menyalakan penyaring udara.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Kisah Heroik Laksamana Kapal Suci

rgo365
Peneliti: Belum semua capres-cawapres dukung perdagangan karbon
Arsip - Presiden Joko Widodo berpidato saat peresmian bursa karbon Indonesia di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/9/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Jakarta (ANTARA) - Peneliti karbon Carbonethics Ahmad Hidayat mengatakan belum semua capres-cawapres memperlihatkan dukungan terhadap perdagangan karbon, padahal Indonesia sudah memulai perdagangannya.

Presiden Joko Widodo telah membuka bursa karbon pada September 2023 dan bursa karbon merupakan kontribusi Indonesia dalam melawan krisis iklim.

Sementara, tiga pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden memang memasukkan perdagangan karbon dalam visi dan misinya. Namun, lanjutnya, belum semua capres-cawapres itu memperlihatkan dukungannya terhadap perdagangan karbon.

"Dari tiga calon ini, sebenarnya yang paling mendukung untuk perdagangan karbon adalah Ganjar Pranowo. Karena, dari visi-misi dan orang-orang di belakang tim kampanyenya memang pro perdagangan karbon," kata Ahmad dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, untuk Prabowo, semua orang sepertinya sudah paham konsep nasionalismenya.

"Kadang konsepnya bertabrakan dengan konsep lain, belum pas untuk dunia usaha misalnya. Dan, sejauh ini yang agak di tengah dan belum terlalu jelas adalah Anies. Walaupun dalam analisa dokumen visi-misinya, kita akui itu paling komprehensif dan paling pro lingkungan dibandingkan capres yang lain," tambahnya.

Ahmad menjelaskan paslon Anies-Muhaimin berupaya menyeimbangkan kolaborasi pemerintah dan masyarakat.

Sementara, paslon Prabowo-Gibran berkonsentrasi pada mitigasi dan pencegahan kerusakan lingkungan melalui pendekatan nasionalis dan Ganjar-Mahfud menekankan mekanisme pasar dalam pengelolaan iklim.

Menurut Ahmad, di semua kubu capres ada aktor-aktor yang punya kepentingan. Tapi, yang paling kentara adalah kubu Ganjar dan Prabowo.

"Ini dilihat dari visi-misi dan latar belakang orang-orang di belakang tim kampanye kedua pasangan calon ini yang pro perdagangan karbon, yang mana perdagangan karbon dilihat sebagai alternatif untuk penyelesaian masalah iklim, seperti pengurangan emisi," ujarnya.

Namun, lanjutnya, sejauh mana mereka memvisikan perdagangan karbon itu, belum terlihat.

"Dan, memang biasanya dokumen visi-misi itu tidak akan sampai detail secara teknis. Tapi, ide besarnya ada pada dua capres ini. Terutama Ganjar yang sudah sampai membicarakan insentif untuk pihak swasta pelaku perdagangan karbon," kata Ahmad.

Sedangkan Anies, tambah Ahmad, berada di tengah, antara pasar dan pemerintah. Dokumen visi-misinya dibaca paling komprehensif dan paling pro lingkungan dibandingkan capres yang lain.

"Mungkin karena latar belakangnya sebagai akademisi yang unggul dalam naskah akademik. Tapi, posisinya konservatif. Jadi, tidak bisa 100 persen ke pasar. Dorongan ke arah perdagangan karbon terbatas. Namun, dalam visi-misinya, ada juga ke arah sana," ujar Ahmad.

Untuk Prabowo, dokumen visi-misinya lebih banyak menekankan tentang peran sentralistik pemerintah dan nasionalisme. Ada kecenderungan kontrol negara yang sangat luas, yang bisa diartikan memberi peluang bagi kelompoknya sendiri.

Sementara itu, peneliti Carbonethics Hansen Sukma menambahkan, saat menjadi gubernur, Ganjar punya pengalaman mengembangkan proyek energi terbarukan dan transisi energi, serta berkolaborasi dengan Norwegia.

Sementara, Anies tidak terlalu teknis dalam hal perdagangannya, tapi lebih kepada kolaborasi internasional. Sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies terlibat dalam forum kota-kota global memerangi perubahan iklim.

Menurutnya, Prabowo belum terlihat, sebab tidak pernah menjabat sebagai kepala daerah, sehingga kinerjanya terbatas untuk merambah pasar karbon ataupun regulasi-regulasi yang terkait dengan isu lingkungan.

"Jadi, jika bisa disimpulkan, memang Ganjar itu punya fleksibilitas yang lebih tinggi terhadap pasar ketika memandang isu lingkungan. Pelibatan sektor privat soal isu lingkungan kemungkinan akan lebih banyak," ujarnya.

Sementara Anies, akan lebih kontrol dan bisa dilihat dari berbagai pernyataannya yang selalu melakukan realokasi anggaran untuk pembangunan yang sifatnya soft atau hard infrastruktur. "Jadi, pada akhirnya, pemerintah akan lebih banyak berperan dalam perdagangan karbon," sebutnya.

Baca juga: Menteri ESDM sebut perdagangan karbon upaya pemerintah kurangi emisi
Baca juga: Pengamat: Presiden terpilih harus akselerasi program transisi energi
Baca juga: OJK: Akumulasi nilai 41 pengguna jasa di Bursa Karbon Rp30,91 miliar

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024

Paviliun Tianxuan

daftar link slot gacor
Presiden Jokowi lantik anggota KPPU di Istana Negara
Presiden Joko Widodo melantik sembilan anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024). ANTARA/Yashinta Difa/aa.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis.

Sembilan anggota KPPU yang dilantik oleh Presiden yaitu M. Fanshurullah Asa, Aru Armando, Rhido Jusmadi, Gopprera Panggabean, Hilman Pujana, Moh Noor Rofieq, Mohammad Reza, Eugenia Mardanugraha, dan Budi Joyo Santoso.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Presiden Jokowi, yang diikuti oleh para anggota KPPU.

Kesembilan anggota KPPU juga bersumpah bahwa dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Akan bertugas selama lima tahun, mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha, yang ditetapkan pada 8 Januari 2024.

KPPU adalah lembaga independen yang bertugas mengawasi pelaksanaan UU Nomor 5/1999 dan UU Nomor 20/2008, terdiri dari Anggota KPPU yang diangkat oleh Presiden Republik Indonesia atas persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Seluruh anggota KPPU berkomitmen untuk menyejahterakan rakyat melalui penegakan hukum persaingan usaha dan pengawasan kemitraan UMKM yang sehat di Indonesia.
Baca juga: Presiden Jokowi lantik Arsul Sani jadi Hakim Konstitusi
Baca juga: KPPU putuskan 105 perkara persaingan usaha sejak 2018 hingga 2023
Baca juga: KPPU catat pelaksanaan atas putusan tahun 2018-2023 naik 7,2 persen

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Mimpi Besar Kelahiran Kembali Selama Tujuh Tahun

slot manjur
Gol Ali Al Bulayahi bawa Arab Saudi menang dramatis 2-1 atas Oman
Selebrasi Ali Al Bulayahi usai mencetak gol kemenangan Arab Saudi atas Oman dalam pertandingan Grup F Piala Asia di Stadion Khalifah, Rabu (17/1/2024). ANTARA/HO-the-afc.com/am.
Jakarta (ANTARA) - Timnas Arab Saudi meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Oman dalam pertandingan Grup F Piala Asia 2023 di Stadion Khalifah pada Rabu dini hari WIB.
Oman unggul terlebih dahulu lewat gol Salaah Al-Yahyaei di babak pertama. Abdulrahman Ghareeb berhasil menyamakan kedudukan sebelum gol kemenangan Arab Saudi dicetak oleh Ali Al Bulayahi. Berdasarkan laman resmi AFC, Arab Saudi menepati peringatan dua di Grup F. Mereka berada di bawah Thailand yang meraih kemenangan 2-0 atas Kirgistan di laga Grup F lainnya.
Arab Saudi memulai laga dengan buruk setelah mereka dihukum penalti setelah Muhsen Al Ghassani dijatuhkan Hassan Al Tambakti di kotak terlarang. Salaah Al Yahyaei maju sebagai eksekutor dan sukses mencetak gol untuk Oman pada menit ke-14. Skor menjadi 1-0.
Setelah kebobolan Arab Saudi terus menyerang pertahanan Oman. Namun, upaya Arab Saudi untuk menyamakan kedudukan kerap tidak membuahkan hasil.
Arab Saudi baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-78 yakni lewat tendangan rekan setim Cristiano Ronaldo di Al Nassr, Abdulrahman Ghareeb. Kedudukan menjadi imbang 1-1. Pada menit ke-90+6 Arab Saudi mampu mencetak gol kedua lewat sundulan Ali Al Boleahi dalam situasi sepak pojok. Wasit Evans Shaun Robert sempat mengecek VAR untuk memastikan Ali Al Boleahi tidak terjebak offside sebelum mencetak gol. Wasit Evans sempat menganulir gol tersebut karena mengira laporan wasit VAR menyebut offside. Keputusan wasit Evans sempat membuat para pemain Oman selebrasi girang. Lalu kemudian wasit Evans mendapat komunikasi lagi dari wasit VAR, dan akhirnya dia ternyata salam interprestasi dan mengesahkannya menjadi gol untuk keunggulan Arab Saudi 2-1. Hingga pertandingan berakhir tidal ada gol tambahan yang tercipta. Arab Saudi menang dramatis 2-1 atas Oman. Susunan Pemain Arab Saudi (3-5-2): Ahmad Al Kassar; Ali Al Boleahi, Ali Lajami, Hassan Al Tambakti; Nasser Al Dawsari, Mohamed Kanno, Sami Al Naji, Abdullah Al Khaibari, Saud Abdulhamid; Salem Al Dawsari, Saleh Al Shehri   Oman (4-3-1-2): Ibrahim Al Mukhaini; Arshad Al Alawi, Khalid Al Braiki, Ahmed Al Khamisi, Ahmed Al Kaabi; Jameel Al Yahmadi, Harib Al Saadi, Abdulah Fawaz; Salaah Al Yahyaei; Issam Al Sahbi, Muhsen Al Ghassani

Baca juga: Dua gol Supachai Chaided bawa Thailand menang atas Kirgistan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024