petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo ditutup

121gacor 726Jutaan kata 679852Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo ditutup》

BPS Lampung: Beras sumbang inflasi 0,31 persen di Februari******

BPS Lampung: Beras sumbang inflasi 0,31 persen di Februari
Kepala BPS Lampung Atas Parlindungan Lubis tengah menerangkan tingkat inflasi Lampung di Februari 2024 secara daring. Bandarlampung, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-Tangkap layar BPS Lampung.
Tingkat inflasi bulan ke bulan di Provinsi Lampung pada Februari ini adalah 0,39 persen.
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS)  menyatakan bahwa komoditas beras telah menyumbang inflasi bulan ke bulan sebesar 0,31 persen di Lampung pada Februari 2024. "Tingkat inflasi bulan ke bulan di Provinsi Lampung pada Februari ini adalah 0,39 persen," ujar Kepala BPS Lampung Atas Parlindungan Lubis dalam keterangan secara daring di Bandarlampung, Jumat. Ia mengatakan bila dilihat berdasarkan kelompok pengeluaran,  makanan, minuman, dan tembakau memberi andil inflasi bulanan sebesar 0,39 persen. Dan bila dilihat berdasarkan komoditas, beras memiliki andil menyumbang inflasi tertinggi dengan besaran 0,31 persen. "Kemudian komoditas lain penyumbang inflasi bulan per bulan adalah cabai merah sebesar 0,15 persen, telur ayam ras 0,06 persen, daging ayam ras 0,04 persen, dan cabai rawit 0,04 persen," katanya.

Baca juga: BPS catat Jatim alami inflasi 0,49 persen pada Februari 2024 Dia menjelaskan komoditas beras pun menjadi penyumbang inflasi tertinggi berdasarkan angka tahun ke tahun yakni sebesar 1,31 persen dari persentase inflasi per tahun sebesar 3,28 persen di Februari. "Selain beras, komoditas penyumbang inflasi tahun ke tahun lainnya ada cabai merah dengan andil 0,30 persen, bawang putih 0,26 persen, tomat 0,12 persen, dan gula pasir 0,11 persen," ucap dia. Menurut dia bila melihat inflasi antar wilayah cakupan indeks harga konsumen (IHK) di Februari 2024 di empat kabupaten dan kota, Kabupaten Lampung Timur dengan IHK 109,32 menjadi daerah dengan tingkat inflasi tahun per tahun tertinggi dengan persentase 4,53 persen. "Yang memiliki inflasi year on year tertinggi adalah Kabupaten Lampung Timur dengan inflasi sebesar 4,53 persen, sedangkan yang terendah adalah Kota Metro sebesar 2,37 persen," tambahnya.

Baca juga: BPS sebut kabupaten lumbung padi Bali alami inflasi beras tertinggi Ia merinci inflasi tahun ke tahun di Kabupaten Mesuji sebesar 4,19 persen dan Kota Bandarlampung sebesar 2,69 persen. "Kabupaten Mesuji inflasi year on year sebesar 4,19 persen dengan IHK 109,51, sedangkan Kota Bandarlampung 2,69 persen dengan IHK 105,82," ujar dia.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024

Basuki Akhirnya Ungkap Alasan Sering Pakai Topi PUPR******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR karena ia ingin menjaga kredibilitas logo dan organisasi institusinya.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR karena ia ingin menjaga kredibilitas logo dan organisasi institusinya. (CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka-bukaan soal alasannya sering memakai topi berlogo Kementerian PUPR dalam setiap kesempatan, meski kadang terlihat sudah lusuh alias memudar warnanya.

Basuki mengatakan itu ia lakukan karena ingin menjaga kredibilitas logo Kementerian PUPR. 

"Ini logo ini (sambil nunjuk topi), jadi ini harus dijaga betul kredibilitas logo. Logo itu juga jangan hanya dipakai-pakai, itu tanggung jawab dan kredibilitas. Itu lah gunanya logo. Makanya saya selalu pakai topi dengan logo ini," kata Basuki dalam acara 74th btn Anniversary Festival 2024 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/3) seperti dikutip dari detik.com.

"Saya bilang dengan teman-teman PU nggak anggap saya nggak apa, tapi logo ini yang dijaga, logonya yang dijaga, organisasi," ucapnya.

Basuki memang identik dengan topi PUPR. Kemana pun pergi, ia sering terlihat mengenakan topi tersebut. 

Ia juga sering mengenakan topi itu dengan gaya terbalik. Termasuk saat menjadi fotografer dadakan di KTT G20.

[Gambas:Video CNN]



(detik.com/agt)

Sompo Kembali Menyelenggarakan Gelombang 6 Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia******

Sompo Kembali Menyelenggarakan Gelombang 6 Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia
Sompo Kembali Menyelenggarakan Gelombang 6 Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia
Jakarta, Indonesia (ANTARA/PRNewswire)- PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), dan Sompo Environmental Foundation (SOMPOEF), bagian dari grup asuransi global Sompo Holdings Inc. (Sompo Group), kembali menghadirkan gelombang keenam dari Program Magang Pembelajaran LSM di Indonesia. Program ini ditujukan untuk mengirimkan 25 mahasiswa sarjana dan pascasarjana terpilih untuk bekerja magang di LSM lingkungan terpilih. Pada hari Selasa, 27 Februari, upacara pembukaan program ini dihadiri oleh para mahasiswa yang terpilih dari lebih dari 200 pendaftar, Dra. Jo Kumala Dewi, M.Sc selaku Direktur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, representatif Sompo Insurance dan SOMPOEF, serta representatif dari 11 LSM lingkungan.
Program Magang Pembelajaran LSM merupakan pengembangan sistem magang di luar negeri yang pertama kali dilakukan oleh SOMPOEF di Jepang selama lebih dari 20 tahun, dan diluncurkan di Indonesia pada bulan Februari 2019. Dengan mengirimkan mahasiswa Indonesia yang tertarik dengan isu-isu lingkungan sebagai pekerja magang di LSM lingkungan di berbagai bidang, program ini bertujuan untuk mengembangkan generasi pemimpin masa depan yang akan berkontribusi dalam memecahkan masalah lingkungan di Indonesia. Selama lima tahun terakhir, program ini telah menghasilkan lebih dari 100 lulusan, banyak di antaranya telah bekerja di Kementerian terkait, di LSM, atau terlibat dalam program lingkungan hidup mereka sendiri, dan terus aktif di bidangnya.
"Kami sangat senang bisa menyelenggarakan Program Magang Pembelajaran LSM ke-6 ini. Tahun ini, di tengah-tengah meningkatnya jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 200 orang, dan kesadaran atas pentingnya pembinaan generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan, kami bangga dapat terus mendukung program ini. Pengalaman ini penting untuk membina pengetahuan generasi muda, serta memberdayakan mereka dalam mengembangkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik," ucap Eric Nemitz, Presiden Direktur Sompo Insurance.
Para mahasiswa yang berpartisipasi magang selama periode delapan bulan dari Februari hingga September di sebuah LSM di dekat Bogor, Jakarta. Selain itu, mereka berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dalam pertemuan rutin bulanan, kemah kerja, dan laporan kegiatan. Dua hingga tiga mahasiswa akan magang ke setiap LSM dan memulai kegiatan sesuai dengan bidang keahlian dan minat mereka masing-masing.
"KLHK sangat mendukung berbagai program dan aksi yang didasari atas kepedulian terhadap lingkungan. Saya mengapresiasi Sompo yang sudah menanamkan bibit-bibit pahlawan lingkungan masa depan melalui program ini, dengan lebih dari 100 pemagang lulus dari program ini. Karena itu, di tahun ke-6 program ini saya ingin mengajak para LSM dan pemagang yang berpartisipasi untuk melanjutkan kesadaran dan kepedulian mereka pada lingkungan pada masyarakat agar dampaknya bisa lebih luas lagi," ujar Dra. Jo Kumala Dewi, M.Sc, Direktur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia.
Tahun ini terdapat dua LSM baru, Yayasan KIARA dan SAWIT Watch yang yang menjadi tujuan siswa magang, sehingga total menjadi 11 LSM. Bidang kegiatannya beragam, mulai dari konservasi ekosistem hingga pengelolaan limbah dan pendidikan lingkungan, dan juga telah membantu membentuk jaringan di antara LSM yang berpartisipasi yang memiliki tujuan yang sama dengan skema ini. Sekretariat di Jakarta dipercayakan kepada kantor Forum Pendidikan Lingkungan Hidup Jepang (JEEF) di Indonesia.
Program ini juga telah menerima pengakuan internasional, termasuk Penghargaan Menteri Lingkungan Hidup untuk Aksi Iklim-2023 yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada bulan Desember tahun lalu. SOMPO Group akan terus mendukung pengembangan generasi muda di Indonesia dan Jepang di masa depan. SOMPO Group akan terus memberikan dukungan dari berbagai sisi untuk pengembangan generasi muda di bawah kolaborasi antara Indonesia dan Jepang.
Tentang Program Magang Pembelajaran LSM SompoSompo Environment Foundation (SOMPOEF), bersama dengan Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), meluncurkan Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia pada 6 Februari 2019. Program ini bertujuan membantu mahasiswa Indonesia untuk memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai masalah lingkungan, perubahan iklim, konservasi hutan, dan untuk memperluas kesadaran mereka tentang bagaimana LSM lingkungan bekerja untuk mengatasi beragam masalah selama periode program magang delapan bulan. Siswa yang mengikuti program ini akan didanai oleh Sompo Environment Foundation selama program magang. Program berjalan atas kolaborasi bersama dengan Japan Environmental Education Forum (JEFF).
Situs program: https://sompo-ef-internship.or.id/  
Tentang Sompo Insurance IndonesiaSompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) adalah perusahaan asuransi global asal Jepang dan merupakan bagian dari Sompo Holdings, salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Jepang dan 10 besar di dunia. Sompo Insurance telah meindungi keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pelanggannya di Indonesia sejak tahun 1975. Sompo Insurance memberikan solusi asuransi umum untuk melindungi bisnis dan individu terhadap risiko terkait kesehatan, kecelakaan diri, perjalanan, kendaraan bermotor, kargo, kebakaran, gempa bumi, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sompo Insurance Indonesia, silakan kunjungi www.sompo.co.id

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:fixbet88

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
cara mencairkan maucash paylater
ver 88 slot login
semarpoker
sultan77 play
100 jackpot
cara gunakan voucher lazada
rajawali303
slot gacor jackpot terbesar
joker 888 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 duniagacor77
Bab 2 rtp pucuk4d
Bab 3 4d slot gacor hari ini
Bab 4 kapaljudi777
Bab 5 trik menang slot princess
Bab 6 slot paling gacor sekarang
Bab 7 18hoki
Bab 8 ultra slot 77
Bab 9 situs terbaru paling gacor
Bab 10 bos89
Bab 11 link slot situs thailand
Bab 12 paito 16
Bab 13 kaptenmpo
Bab 14 slot lagi gacor sekarang
Bab 15 ini 77 slot
Bab 16 mamibet88
Bab 17 cara ubah alamat di kredivo
Bab 18 slot online terpercaya di indonesia
Bab 19 rtp live felicia
Bab 20 lambangbet
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9848bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

evolusi pasang surut

togel dulu
BPS catat Jatim alami inflasi 0,49 persen pada Februari 2024
Kepala BPS Provinsi Jatim Zulkipli saat menyampaikan Berita Resmi Statistik di Surabaya, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin
Kondisi Jawa Timur secara year to year akan mengalami inflasi sebesar 2,81 persen....
Surabaya (ANTARA) - Badan Pusat Statistik mencatat Provinsi Jawa Timur mengalami inflasi sebesar 0,49 persen pada Februari 2024 dibanding pada bulan sebelumnya yang deflasi 0,10 persen.

Angka inflasi tersebut diperoleh 
berdasarkan Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan 11 kota di Jatim.

Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Zulkipli saat menyampaikan Berita Resmi Statistik di Surabaya, Jumat, mengatakan bila dilihat pada Januari dan Februari 2024, bisa diasumsikan untuk 10 bulan yang tersisa kondisinya tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kondisi Jawa Timur secara year to yearakan mengalami inflasi sebesar 2,81 persen, ini menunjukkan bahwa sampai dengan saat ini perkembangan harga di Jawa Timur masih di dalam area target yang ditetapkan oleh pemerintah 2,5 plus minus 1 persen dari 11 kabupaten kota di Jawa Timur," ujarnya.

Baca juga: BPS: Inflasi tahunan capai 2,75 persen pada Februari

Zulkipli menjelaskan, pada Februari 2024, secara bulanan (m-to-m) semua wilayah IHK mengalami inflasi, namun Sumenep yang tertinggi sebesar 0,70 persen dan Bojonegoro menjadi yang terendah sebesar 0,39 persen.

"Tentu hal ini menjadi catatan tersendiri untuk para pemangku kepentingan di mana dengan meningkatnya inflasi khususnya di kabupaten Sumenep, kondisi ini juga tidak berbeda dengan kondisi pada 2023 di mana umumnya Kabupaten Sumenep memiliki inflasi yang lebih tinggi dibanding dengan kabupaten kota lainnya," ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, jika dilihat berdasarkan kelompok,  makanan, minuman dan tembakau mempunyai andil yang paling tinggi terhadap inflasi Jawa Timur pada Februari 2024, yakni sebesar 1,65 persen secara bulanan dengan andil inflasi di angka 0,46 persen.

"Baik pada inflasi bulanan, tahunan, maupun tahun kalender. Bahkan, inflasi bulanan pada kelompok ini merupakan yang tertinggi dalam tiga belas tahun terakhir, namun dalam catatan lainnya ada juga yang mengalami penurunan harga seperti kelompok transportasi," katanya.

Selain itu, lanjutnya, jika dilihat berdasarkan komoditas,  beras menjadi yang paling tinggi menyumbang inflasi pada Februari 2024, yakni sebesar 0,35 persen, diikuti daging ayam ras sebesar 0,08 persen, telur ayam ras 0,07 persen, cabai merah 0,05 persen. "Namun inflasi tertinggi ada di cabai merah secara month to month cabai merah mencapai 21,06 persen, year on yearjuga tertinggi di angka 114,23 persen, namun untuk year to dateTomat menjadi tertinggi di angka 35,11 persen," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau  para pemangku kepentingan bisa melihat polanya dan dapat melakukan antisipasi.

"Dari ini bisa dilihat polanya, komoditas apa yang akan terlihat mengalami fluktuasi sangat tajam di sepanjang 2024 nantinya," kata Zulkipli.

Baca juga: BPS: Waspadai inflasi pada Ramadhan

Jika dilihat lebih dalam lagi, untuk komoditas penyumbang tertinggi inflasi Jawa Timur yakni beras, harga rata-ratanya cenderung mengalami kenaikan setiap bulan, dari Rp14.068 pada Januari 2024, saat ini menjadi Rp14.920 per kilogram.

"Inflasi komoditas beras terjadi di seluruh kabupaten kota di Jawa Timur, baik secara bulanan maupun tahunan," ucapnya.

Secara bulanan, inflasi beras tertinggi ada di Kabupaten Gresik sebesar 9,98 persen. Sedangkan secara tahunan yang tertinggi di Kabupaten Sumenep yakni sebesar 30,36 persen.

"Untuk andil tertinggi secara bulanan ada di Sumenep sebesar 0,61 persen," katanya.

Namun, kata Zulkipli, pada periode Februari 2024 seluruh provinsi di pulau Jawa mengalami inflasi baik secara m-to-m, y-on-y bahkan y-to-d.

"Jawa Timur masih berada di tengah-tengah di antara provinsi lainnya yang mengalami inflasi," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024

Selir iblis yang tiada taranya

mainan gacor
BNI membukukan laba bersih Rp20,9 triliun pada 2023, tumbuh 14,2 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy).
BNI membukukan laba bersih Rp20,9 triliun pada 2023, tumbuh 14,2 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy). (Foto: Arsip Bank BNI)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI membukukan laba bersih sebesar Rp20,9 triliun sepanjang 2023.

Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini mengatakan angka itu tumbuh 14,2 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy).

"Laba bersih BNI pada tahun buku 2023 tercatat sebesar Rp20,9 triliun, atau tumbuh 14,2 persen yoy. Laba perusahaan anak berkontribusi Rp419,4 miliar dengan pertumbuhan 36,2 persen yoy," ucapnya dalam konferensi pers, Jumat (26/1).

Tercatat, rasio NPL pada akhir 2023 telah berada di level 2,14 persen. Menurut Novita, angka ini membaik jika dibandingkan 2022 yang sebesar 2,81 persen.

Sementara, LaR pada 2023 berada di level 12,9 persen. Capaian ini juga lebih baik dari posisi 2022, yakni pada level 16 persen.

Novita juga mengungkapkan dana pihak ketiga (DPK) BNI tumbuh 5,4 persen yoy menjadi Rp810,73 triliun pada 2023. Rasio Current Account Savings Account (CASA) pun terpantau kokoh di posisi 71,2 persen.

"Pendapatan non-bunga (non-interest income) juga terus memberikan dorongan positif pada profitabilitas, dengan pencapaian satu tahun penuh sebesar Rp21,47 triliun atau tumbuh 6,6 persen," imbuh Novita.

Lihat Juga :
Luhut Kritik Lagi Tom Lembong soal Contekan: Anda Dibayar Untuk Itu

Ia juga menyebut BNI secara proaktif memperluas bisnis dengan fokus pada kualitas aset dan peningkatan transaksional. Dengan kinerja positif di 2023, BNI optimis untuk terus meningkatkan produktivitas, inovasi, dan ekspansi global.

"Melalui kesempatan ini, manajemen ingin menyampaikan apresiasi kepada pemegang saham BNI dan masyarakat atas kepercayaan yang diberikan terhadap kuatnya fundamental kinerja Perseroan. Proses transformasi di BNI juga semakin memberikan outlook yang positif terhadap kinerja ke depan," kata Novita.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan kinerja positif BNI seiring dengan berjalannya program transformasi selama tiga tahun terakhir.

Melalui program transformasi tersebut, perseroan terus mendorong penguatan struktur bisnis sehingga siap menghadapi dinamika dan tantangan ekonomi ke depan. Royke menuturkan hasilnya juga tercermin dari tingkat profitabilitas perusahaan yang terus meningkat, antara lain terlihat dari rasio Return on Equity (ROE).

BNI mencatatkan ROE sebesar 15,2 persen pada 2023. Angka itu meningkat sebesar 120 basis poin dari posisi 14 persen di 2019.

"Pencapaian ini diperoleh di tengah nilai modal atau ekuitas yang terus meningkat, sehingga menggambarkan naiknya tingkat profitabilitas perusahaan," kata Royke.

Ia menyebut capai tersebut juga diperoleh dari perbaikan fundamental, termasuk kontribusi fee-based income, efisiensi operasional, serta kualitas aset.

Royke memaparkan sepanjang periode 2020-2023, BNI mampu mencatatkan rata-rata pertumbuhan kredit mencapai 7,9 persen per tahun. Pertumbuhan kredit utamanya berasal dari segmen prospektif berisiko rendah.

"Segmen ini menghasilkan penurunan profil risiko yang tergambar dari ATMR (aset tertimbang menurut risiko) untuk risiko kredit yang turun dari 82 persen di tahun 2019 menjadi 73 persen di tahun 2023," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Jalan menuju kebangkitan

situs slot baru
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut 4 calon bankir yang dikabarkan sedang ditimbang Prabowo Subianto bagus. Padahal, tidak ada nama Sri Mulyani di situ.
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut 4 calon bankir yang dikabarkan sedang ditimbang Prabowo Subianto bagus. Padahal, tidak ada nama Sri Mulyani di situ. (CNNIndonesia/Farid Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohir ikut berkomentar soal bursa calon menteri keuangan yang akan dipilih Prabowo Subianto jika nanti resmi menang Pilpres 2024.

Erick mengaku sudah mendengar empat nama calon menkeu dari kalangan bankir yang salah satu di antaranya kebetulan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

"Empat-empatnya bagus. Tapi, saya bukan posisinya untuk menilai itu (siapa dari keempat calon tersebut yang lebih pantas). Pasti ada otoritas yang lebih mengerti," kata Erick Minggu (3/3) seperti dikutip dari detik.com.

Media asing Bloomberg beberapa waktu lalu menginformasikan bahwa empat bankir sedang ditimbang oleh Prabowo menjadi menteri keuangan. Dari sejumlah calon itu, tidak ada nama Sri Mulyani yang sekarang ini menjadi menkeu.

Bankir pertama, Budi Gunadi Sadikin. BGS yang disebut masuk dalam bidikan Prabowo ini malang melintang di dunia perbankan.

Ia pernah bergabung dengan PT Bank Bali Tbk pada awal-awal karier profesionalnya. Lalu, Budi pernah menjabat sebagai director of consumer and commercial bankinguntuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia dan sempat bergabung dengan PT Bank Danamon Tbk serta Adira Quantum Multi Finance.

Bahkan, ia pernah menjadi direktur micro and retail bankingMandiri. Usai menyelesaikan jabatannya di bank pelat merah tersebut, Budi didapuk sebagai senior advisor menteri BUMN periode 2016-2017. Karirnya menanjak saat menjadi direktur utama Bank Mandiri.

Kedua, Prabowo disebut melirik Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo untuk menjadi menkeu. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu pernah menjabat sebagai direktur utama Mandiri sejak 2015.

Pria yang akrab disapa Tiko itu masuk ke Mandiri pada 2003 sebagai kepala departemen analisis strategi dan keuangan. Sejak saat itu, posisinya makin mentereng.

Ketiga, ada Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar. Ia merupakan seorang ekonom yang juga sempat menjabat sebagai wakil menteri luar negeri 2019-2022, wakil menteri perdagangan 2009-2011, dan wakil menteri keuangan 2011-2013.

Mahendra juga pernah bertugas sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2013-2014. Selain itu, ia pernah didapuk sebagai duta besar untuk Amerika Serikat di Washington DC pada 2019.

Keempat, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar yang ikut meramaikan bursa calon menteri keuangan. Sebelum di BNI, Royke juga pernah memegang berbagai jabatan struktural di Bank Mandiri.

Bloomberg membeberkan alasan Prabowo menimbang empat nama itu dan tak memilih Sri Mulyani menjadi calon menteri keuangan. Pasalnya, sosok yang terpilih nanti punya tugas besar membantu Prabowo menghadapi berbagai risiko geopolitik, khususnya gangguan rantai pasok global imbas persaingan AS-China

"(Prabowo) mencari teknokrat yang dapat mengamankan pendanaan untuk janji-janji kampanyenya, sembari menjunjung tinggi kehati-hatian fiskal," tulis media asing tersebut.

"Orang tersebut harus menjaga disiplin fiskal, yang sangat penting dalam menstabilkan rupiah dan meyakinkan investor asing, juga mengamankan pendanaan yang cukup untuk rencana pengeluaran besar Prabowo," tandas Bloomberg.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Penyihir Ekstradimensi

pinjol tanpa rekening dan cair lewat gopay
Menteri Perdagangan, Zulkifi Hasan, ingin menggandeng APPSI guna melatih dan mengedukasi para pedagang pasar untuk go digital.
Menteri Perdagangan, Zulkifi Hasan, ingin menggandeng APPSI untuk melatih pedagang pasar go digital. (Foto: Arsip PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), mendorong pedagang pasar di Tanah Air untuk go digital. Ia pun berencana menggandeng Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) untuk melatih dan mengedukasi cara berjualan online ke pedagang pasar.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI di Hotel MG Setos, Semarang, ia pun mengungkapkan harapannya agar para pedagang di pasar tradisional bisa mengikuti ekonomi digital.

"Tugas kita bersama APPSI mau latih pedagang pasar agar nggak gaptek, bisa juga (jualan) online," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12).

Maka dari itu, dia meminta agar pedagang pasar dapat mengikuti tren penjualan secara online. Sehingga mereka tidak hanya mengandalkan penjualan konvensional saja.

"Mau nggak mau kita harus ikutin, termasuk pedagang pasar. Masyarakat kan maunya telepon, barang sudah datang," pungkas Zulhas.

Sebagai informasi, turut hadir dalam rakernas tersebut Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono.

(rir/rir)

Guizhou Fengyun

slot asia online
Ekonom mewanti-wanti investasi asing akan turun menjelang Pemilu 2024.
Ekonom mewanti-wanti investasi asing akan turun menjelang Pemilu 2024. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Bank Mandiri mewanti-wanti investasi asingakan turun menjelang Pemilu 2024.

Chief Economist Mandiri Andry Asmoro mengatakan tren penurunan investasi asing juga terjadi di tahun-tahun politik sebelumnya.

"Selama ini kita lihat di tahun-tahun politik investasi mengalami penurunan. Namun kalau kita breakdown lebih detail, investasi yang turun adalah investasi asing," katanya dalam media briefing Economic Outlook 2023, Selasa (19/12).

Namun, ia memperkirakan pemilu berdampak positif terhadap sisi konsumsi. Asmo mengatakan konsumsi relatif stabil di kisaran 4,5 persen sampai 5 persen saat pemilu-pemilu sebelumnya.

"Ini tentu saja peluang di tahun 2024, di tengah tantangan global," katanya.

Sementara itu, ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,06 persen di 2024.

Hal itu sejalan dengan proyeksi Dana Moneter Internasional (IMF) bahwa ekonomi Indonesia masih akan tumbuh di kisaran 5 persen pada tahun ini dan tahun depan.

"Konsumsi dan aktivitas masyarakat domestik diperkirakan akan tetap solid, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga tahun 2024," katanya.

Sementara itu, tingkat inflasi tahun depan diperkirakan berkisar di 3,19 persen.

"Pengelolaan pasokan yang baik turut menopang laju penurunan inflasi, terutama dari sisi harga pangan," kata Asmo.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Penginapan Ruang dan Waktu Super

cara pembayaran akulaku di blibli
Menjelang Nataru, Mendag Zulhas meninjau Pasar Bulu di Semarang, Jawa Tengah, dan memastikan harga sejumlah bahan pokok stabil, bahkan cenderung terjangkau.
Menjelang Nataru, Mendag Zulhas meninjau Pasar Bulu di Semarang, Jawa Tengah, dan memastikan harga sejumlah bahan pokok stabil, bahkan cenderung terjangkau. (Foto: PAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga bahan pokok (bapok) di Semarang aman dengan harga yang stabil, bahkan cenderung murah.

Hal itu diketahui usai pria yang karib disapa Zulhas itu meninjau Pasar Bulu, Semarang Jawa Tengah, Selasa (19/12).

Zulhas sendiri tiba di lokasi pukul 07.10 WIB. Ia turut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Ratna Kawuri, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto, serta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim.

"Jadi sudah tidak ada lagi nyari cabai (harganya) Rp100 ribu. Itu sudah murah," katanya,

Tak hanya cabai, harga sejumlah bapok juga tergolong terjangkau seperti telur, ayam, dan minyak. Adapun untuk ayam harganya di level Rp32-33 ribu per kg, padahal di kota lainnya harganya masih berada di kisaran Rp35-38 ribu.

"Harga minyak stabil. Telur murah (harganya) Rp26 ribu. Harusnya Rp28 ribu lah, di sini (harga telur) Rp26 ribu," terangnya.

Zulhas mengatakan, stabilnya harga bahan pokok jelang Nataru lantaran suplai yang melimpah. Karena itu dia meminta masyarakat tak perlu khawatir dan memborong barang berlebihan.

Sebagai informasi, Zulhas sebelumnya juga melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Indonesia, mulai dari Sumedang, Aceh, Kepulauan Riau, Sambas dan sejumlah daerah lainnya.

Upaya ini dilakukan untuk melihat stabilitas harga bahan pokok menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

(ory/ory)