petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online aman

juara 777 slot 826Jutaan kata 753505Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online aman》

Susi Bicara soal Bahaya Besar Usai Jokowi Izinkan Pasir Laut Diekspor******

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap Presiden Joko Widodo membatalkan keputusannya dalam membuka keran ekspor pasir laut.
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap Presiden Joko Widodo membatalkan keputusannya dalam membuka keran ekspor pasir laut. (Susi Air)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap Presiden Joko Widodo membatalkan keputusannya dalam membuka keran ekspor pasir laut.

"Semoga keputusan ini dibatalkan. Kerugian lingkungan akan jauh lebih besar. Climate change sudah terasakan dan berdampak. Janganlah diperparah dengan penambangan pasir laut," tulis Susi dalam akun resmi Twitternya, Senin (29/5).

Sebelumnya, Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut, dan memasukkan ketentuan baru baru soal pengelolaan dan pemanfaatan pasir laut.



Dalam Pasal 6 beleid tersebut, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut. Dengan alasan mengendalikan sedimentasi itu, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk membersihkannya.

Dalam Pasal 8 beleid itu, Jokowi mengatur sarana yang bisa digunakan untuk membersihkan sedimentasi itu adalah kapal isap. Kapal isap itu diutamakan berbendera Indonesia.

Kalau tidak tersedia, Jokowi mengizinkan kapal isap asing untuk mengeruk pasir di Indonesia. Dalam Pasal 9, Jokowi mengatur pasir laut yang sudah dikeruk boleh dimanfaatkan untuk beberapa keperluan;

a. Reklamasi di dalam negeri;

b. Pembangunan infrastruktur pemerintah;

c. Pembangunan prasarana oleh Pelaku Usaha;
dan/atau

d. Ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lihat Juga :
Jokowi Izinkan Kapal Asing Keruk dan Ekspor Pasir Laut RI

Berkaitan dengan ekspor dan penjualan pasir laut, dalam Pasal 10 Jokowi mengatur bahwa perusahaan harus mendapatkan izin usaha pertambangan menteri esdm atau gubernur.

Pemanfaatan hasil sedimentasi di laut untuk ekspor juga wajib mendapatkan perizinan berusaha di bidang ekspor dari menteri perdagangan.

"Pelaku usaha yang memiliki izin pemanfaatan pasir laut wajib membayar PNBP," katanya Jokowi seperti dikutip dari beleid tersebut, Senin (29/5).

Selain membayar PNBP, Jokowi juga mewajibkan pelaku usaha itu membayar pungutan lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Waspada 'Udang' di Balik Izin Ekspor Pasir Laut Jokowi******

Pengamat mengingatkan dampak negatif terhadap lingkungan jika ekspor pasir laut diizinkan pemerintah.
Pengamat mengingatkan dampak negatif terhadap lingkungan jika ekspor pasir laut diizinkan pemerintah. Ilustrasi. (iStock/seroma72).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengizinkan sejumlah pihak untuk mengeruk pasir lautdengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut.

Izin tersebut ia tuangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. Dalam beleid itu, Jokowi juga mengizinkan pelaku usaha untuk memanfaatkan pasir laut untuk beberapa keperluan, termasuk ekspor.

Namun, ekspor pasir laut hanya boleh dilakukan sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, pemanfaatan hasil sedimentasi di laut untuk ekspor juga wajib mendapatkan perizinan berusaha di bidang ekspor dari menteri perdagangan.

"Pelaku usaha yang memiliki izin pemanfaatan pasir laut wajib membayar PNBP (penerimaan negara bukan pajak)," katanya Jokowi seperti dikutip dari beleid tersebut, Senin (29/5).

Melalui PP nomor 26 tahun 2023 itu, Jokowi juga mencabut aturan pengelolaan pasir laut yang diterbitkan oleh Presiden ke-5, Megawati Soekarno Putri.

Lihat Juga :
Jokowi Izinkan Kapal Asing Keruk dan Ekspor Pasir Laut RI

Aturan itu adalah Keppres Nomor 33 Tahun 2002 tentang Pengendalian dan Pengawasan Pengusahaan Pasir Laut yang berisi beberapa ketentuan, antara lain;

(1) Ekspor pasir laut ditetapkan menjadi komoditi yang diawasi tata niaga ekspornya.

(2) Pasir laut yang ditetapkan sebagai komoditi yang diawasi tata niaga ekspornya dapat diubah menjadi komoditi yang dilarang ekspornya setelah mempertimbangkan usulan dari Tim Pengendali dan pengawas Pengusahaan Pasir Laut.

Setelah keppres itu terbit, pemerintahan Megawati pun pernah melarang ekspor pasir laut. Larangan ekspor tersebut diatur oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Megawati, Rini Soemarno melalui Kepmenperin Nomor 117 Tahun 2003 tentang Penghentian Sementara Ekspor Laut.

Lihat Juga :
Besaran Gaji ke-13 PNS yang Bakal Cair 5 Juni 2023

Dalam beleid itu, Rini mengatur ekspor pasir laut dihentikan sementara demi mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas berupa tenggelamnya pulau kecil. Penghentian akan ditinjau kembali setelah tersusunnya program pencegahan kerusakan terhadap pesisir dan pulau kecil.

Pembukaan kembali keran ekspor pasir laut oleh Jokowi lewat PP Nomor 26 Tahun 2023 tadi pun menuai banyak kritik. Salah satu pihak yang berkomentar adalah Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ia berharap Jokowi membatalkan keputusannya mengizinkan ekspor pasir laut. Menurut Susi, hal tersebut bakal memberikan kerugian besar pada lingkungan.

"Climate changesudah terasakan dan berdampak. Janganlah diperparah dengan penambangan pasir laut," tulis Susi dalam akun resmi Twitternya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Suntik Modal Rp1,52 T ke Bank Pembangunan Islam Dkk

Kekhawatiran Susi ini bukan omong kosong. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengakui pengambilan pasir laut pada masa lalu memang merusak lingkungan. Hal ini yang menjadi alasan ekspor dilarang pada 2003.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik KKP Wahyu Muryadi mengatakan pengambilan pasir pada masa itu tidak teratur dan menggunakan alat yang tak ramah lingkungan.

Berkaca pada pengalaman buruk tersebut, Wahyu mengklaim saat ini pengambilan pasir laut akan dilakukan secara tertata tanpa merusak lingkungan.

Menurutnya, untuk detail pengaturan bakal dimuat dalam Peraturan Menteri (Permen) KKP yang diharapkan bisa segera dirilis. Saat ini, aturan teknis turunan PP 26 Tahun 2023 tersebut masih dalam pembahasan.

"Hal-hal yang lebih detail dan teknis akan diatur dalam Peraturan Menteri KP. Saat ini masih sedang dibahas secara internal di KKP," jelas Wahyu kepada CNNIndonesia.com.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Ekspor Pasir Laut Bisa Rusak Lingkungan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Daftar 3 Menteri di Pusaran Izin Keruk dan Ekspor Pasir Laut******

Izin tiga menteri diperlukan untuk memuluskan izin pengerukan dan ekspor pasir laut, mulai dari menteri KKP hingga menteri perdagangan.
Izin tiga menteri diperlukan untuk memuluskan izin pengerukan dan ekspor pasir laut, mulai dari menteri KKP hingga menteri perdagangan. Ilustrasi. (iStock/Sergey Spritnyuk).
Jakarta, CNN Indonesia--

Izin tiga menteri diperlukan untuk memuluskan izin pengerukan dan ekspor pasir laut.

Restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penambangan hingga ekspor pasir laut tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. Beleid tersebut resmi diundangkan pada 15 Mei 2023.

Dalam pasal 1 ayat 7 beleid tersebut dijelaskan bahwa izin pemanfaatan pasir laut adalah izin yang diterbitkan oleh menteri untuk melakukan kegiatan pembersihan dan pemanfaatan hasil sedimentasi di laut. Menteri terkait yang berhak memberi izin dicantumkan dalam pasal 1 ayat 9.

Hal itu dipertegas di pasal 1 ayat 10 yang menyebut kementerian adalah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kelautan.

Dengan kata lain, izin pemanfaatan pasir laut harus diterbitkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Lalu, pasal 10 mengatur soal pelaku usaha yang boleh terlibat dalam urusan pembersihan hasil sedimentasi di laut. Di pasal 10 ayat 2 dijelaskan pelaku usaha boleh melakukan pengambilan, pengangkutan, penempatan, penggunaan, dan/atau penjualan hasil sedimentasi di laut.

Lihat Juga :
KKP Akui Pengambilan Pasir Laut di Masa Lalu Rusak Lingkungan

Namun, penjualan pasir laut baru boleh dilakukan setelah perusahaan mendapatkan izin usaha pertambangan untuk penjualan. Dengan begitu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berperan untuk memuluskan hal ini.

"Izin usaha pertambangan untuk penjualan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), dijamin penerbitannya oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang mineral dan batu bara atau gubernur sesuai dengan kewenangannya setelah melalui kajian oleh tim kajian dan memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi pasal 10 ayat 4.

Sementara itu, izin ekspor pasir laut dijelaskan dalam pasal 15 ayat 3. Pasal ini menjabarkan apa yang sudah disinggung soal ekspor pasir laut di pasal 9 ayat 2.

"Pemanfaatan hasil sedimentasi di laut untuk ekspor sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (2) huruf d wajib mendapatkan perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha di bidang ekspor dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perdagangan," tulis beleid tersebut.

Kemudian, pada pasal 15 ayat 5 disebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut soal ekspor pasir laut bakal diatur dalam bentuk peraturan menteri.

Dengan kata lain, akan ada peraturan menteri perdagangan (permendag) yang diterbitkan Mendag Zulkifli Hasan untuk memuluskan izin ekspor tersebut.

Terlepas dari keterlibatan 3 menteri untuk memuluskan penambangan hingga ekspor pasir laut, sikap Jokowi ini berlawanan dengan pelarangan 20 tahun lamanya.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Muram Gegara Sentimen Pekan Pendek

Sebelum terbit beleid ini, pasir laut dilarang diekspor sejak masa pemerintahan Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri.

Kala itu, Megawati melarang ekspor pasir laut yang diatur oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rini Soemarno melalui Kepmenperin Nomor 117 Tahun 2003 tentang Penghentian Sementara Ekspor Laut.

Ekspor pasir laut dihentikan sementara demi mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas, yakni tenggelamnya pulau kecil.

Penghentian ekspor itu akan ditinjau kembali setelah tersusunnya program pencegahan kerusakan terhadap pesisir dan pulau kecil.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:cara pinjam uang di rupiah cepat

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
istana slot 365
eroutogel
keterlambatan kredivo
klik388
338slot
slot deposit pulsa axis 5000
dapat uang cepat
situs pinjaman online
uangku pinjol ojk
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara menambah limit shopee pinjam
Bab 2 cuan123
Bab 3 hero4d
Bab 4 situs slot 20%2B20
Bab 5 slot gacor apk
Bab 6 kantor kredivo di surabaya
Bab 7 mantap slot 1
Bab 8 angka jitu ekor hk malam ini
Bab 9 buku mimpi 44
Bab 10 slot gacor online hari ini
Bab 11 slot wd dana
Bab 12 buku mimpi d2
Bab 13 joni 88 slot
Bab 14 51 togel
Bab 15 web maxwin
Bab 16 voucher alfamart gratis 2022
Bab 17 aplikasi slot terbaru
Bab 18 jasabola88
Bab 19 slot tergacor sedunia
Bab 20 senggol138
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1213bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Aku benar-benar iblis

slot jarwo
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) bakal melayani penerbangan internasional umrah ke Arab Saudi mulai Agustus 2023.
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) bakal melayani penerbangan internasional umrah ke Arab Saudi mulai Agustus 2023. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bakal melayani penerbangan internasional umrah YIA-Bandara Pangeran Mohammad Bin Abdulaziz (MED) dan Bandara Internasional King Abdulaziz (JED) - YIA mulai Agustus 2023.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengungkapkan penerbangan internasional tersebut akan menggunakan pesawat jenis Airbus A330-900Neo dari Lion Air.

"Rencana tersebut muncul saat pertemuan dengan 37 agen travel umrah se-Jawa Tengah dan DIY beberapa waktu lalu," kata Agus di Kulon Progo, seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/5).

"Armada menggunakan Airbus A330-900Neo dengan kapasitas 433 tempat duduk," kata Agus Pandu.

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Yogyakarta Ike Yutiane mengatakan dari segi fasilitas dan layanan pendukungnya, Bandara Internasional Yogyakarta sudah siap melayani penerbangan internasional, khususnya penerbangan umrah.

"Kami menyampaikan bahwa YIA siap. Namun informasi sampai dengan saat ini, belum ada permohonan resmi dari maskapai mengenai rute penerbangan dimaksud," ujar Ike.

Selanjutnya perseroan melaporkan selama periode Januari sampai dengan 9 Mei 2023, YIA telahmelayani1.387.636penumpang, dengan10.389pergerakan pesawat, dan3.532.791kilogram kargo."Masing-masing tumbuh sebesar 70,41 persen, 78,17 persen, dan 41,06 persen jika dibandingkan dengan 2022 pada periode yang sama," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Suci yang Bangga

slot959
Harga jual emas Antam menguat Rp1.000 ke Rp1,048 juta per gram pada Selasa (30/5) pagi.
Harga jual emas Antam menguat Rp1.000 ke Rp1,048 juta per gram pada Selasa (30/5) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antamberada di posisi Rp1,048 juta per gram pada Selasa (30/5). Harga emas Antam per gram ini naik Rp1.000 dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Namun, harga pembelian kembali (buyback) mandek di angka Rp939 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp574 ribu, 2 gram Rp2,03 juta, 3 gram Rp3,02 juta, 5 gram Rp5,01 juta, 10 gram Rp9,97 juta, 25 gram Rp24,81 juta, dan 50 gram Rp49,54 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX turun 0,09 persen menjadi US.961,3 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot plus 0,09 persen ke US.944,9 per troy ons pada pagi ini.

Kendati, Senior Analis DCFX Lukman Leong menyebut harga emas masih di bawah tekanan. Ia mengatakan sentimen asing menjadi biang keladi.

"Ekspektasi bahwa The Fed akan kembali menaikkan suku bunga serta perkembangan positif debt ceiling menekan harga emas," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang supportUS.930 per troy ons dan resistanceUS.960 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Bayangan Konoha

cara menghasilkan uang per hari
Sebagai perusahaan investasi saham dan reksa dana, Ajaib menyediakan beragam fitur yang mendukung para trader profesional seperti fitur Advance Charting.
Sebagai perusahaan investasi saham dan reksa dana, Ajaib menyediakan beragam fitur yang mendukung para trader profesional, mulai Advance Charting sampai Stock Screener. (Foto: tangkapan layar CNBC, Dea Duta Aulia/Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) kuartal II tahun 2023 diprediksi masih berlanjut positif.

Financial Expert Ajaib, Chisty Maryani menyampaikan optimisme tersebut berdasarkan sejumlah faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2023 yang sebesar 5 persen.

Chisty mengatakan, neraca perdagangan yang surplus juga dapat berdampak positif terhadap pergerakan IHSG pada kuartal II-2023.

Faktor selanjutnya yang mendukung sentimen positif IHSG, adalah peningkatan tren konsumsi masyarakat, pertumbuhan retail sales yang solid, serta peningkatan neraca pembayaran.

"Retail sales tumbuhnya cukup solid 4,9 persen. Kemudian kalau kita lihat dari neraca pembayaran mengalami peningkatan surplus menjadi US,5 miliar. Dengan surplus ini membuat cadangan devisa kita sangat besar," katanya.

Di sisi lain, Chisty meminta para trader untuk tetap teliti saat melakukan trading saham. Selain analisis teknikal dan fundamental, trader juga diingatkan untuk mengecek perusahaan sekuritas yang digunakan.

"Tentunya sebagai seorang trader bisa mulai perusahaan sekuritas yang memiliki platform fitur cukup lengkap," ujar Chisty.

Fitur Ajaib yang Permudah Trading Saham

Sebagai perusahaan investasi saham dan reksa dana, Ajaib menyediakan beragam fitur yang bertujuan mendukung para trader profesional. Salah satunya, fitur Advance Charting.

Chisty menjelaskan, Advance Charting memberi kemudahan untuk mengevaluasi sebuah performa trading. Melalui Advance Charting, trader bisa melihat berbagai indikator teknis dengan cepat, termasuk data histori dan informasi harga saham.

"Kita ini mem-provide keseluruhan indikator kepada user yang bisa digunakan (Advance Charting). Tidak dibatasi atau hanya satu, dua, atau tiga indikator saja, melainkan penggunaan indikator teknikelnya tanpa batas. Bisa menggunakan lebih dari tiga indikator membantu trader melakukan analisa lebih komprehensif," kata Chisty.

Selain Advance Charting, Ajaib juga memiliki fitur Stock Screener di mana trader dapat melakukan screening terhadap emiten saham. Terlebih, screening secara manual dengan ratusan saham membutuhkan lebih banyak waktu.

Adapun nasabah prioritas Ajaib berhak menggunakan fitur Ajaib Prime yang dirancang membantu pengambilan keputusan. Sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh melalui Ajaib Prime adalah pelayanan personal langsung dari relationship manager (RM), akses webinar khusus, hingga analisa eksklusif dari emiten tertentu.

"Jadi Ajaib Prime ini layanan eksklusif untuk nasabah. Nanti nasabah mendapatkan layanan personal langsung dari dedicated RM tersertifikasi, Sehingga nasabah prioritas bisa memaksimalkan keuntungan," papar Chisty.

Selain itu, nasabah prioritas juga mendapatkan akses ke halaman khusus Ajaib Prime, beragam webinar spesial, serta akses analisa eksklusif di emiten tertentu dari Financial Expert Ajaib.

"Nasabah bisa menanyakan rekomendasi saham harian hingga konsultasi pribadi ke Relationship Manager. Sehingga bisa membuat keputusan investasi yang tepat," lanjut Chisty.

Sementara bagi trader yang sering melakukan jual beli saham di hari yang sama atau scalping dan day trading, Ajaib memberikan fitur khusus berupa tambahan hingga 7x Buying Power. Dengan mengaktifkan akun khusus, trader dan scalper dapat melakukan day trading hingga 100 saham pilihan.

"Proses aktivasi akun mudah dan cepat, kurang dari 15 menit maka akun tersebut sudah bisa untuk melakukan aktivitas day trading dengan tambahan Buying Power," kata Chisty.

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]

Lucunya menumbuhkan keabadian, rubah lucu tidak diizinkan melarikan diri

super win 303 slot
PT Jasamarga Metropolitan Tollroad menaikkan tarif tol di ruas Cipularang dan Padaleunyi mulai 5 Juni 2023 pukul 00.00 WIB.
PT Jasamarga Metropolitan Tollroad menaikkan tarif tol di ruas Cipularang dan Padaleunyi mulai 5 Juni 2023 pukul 00.00 WIB. (Jasamarga)
Jakarta, CNN Indonesia--

PTJasamarga Metropolitan Tollroad menaikkan tarif toldi ruas Cipularang dan Padaleunyi mulai 5 Juni 2023 pukul 00.00 WIB.

Kenaikan tarif ini sejalan dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 496/KPTS/M/2023 tanggal 2 Mei 2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri PUPR No. 533/KPTS/M/2020 tanggal 17 Mei 2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Jasamarga mengklaim penyesuaian tarif adalah kebijakan regular dan telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Adapun ruas jalan tol Cipularang yang mengalami kenaikan tarif sepanjang 58,5 km. Di mana besaran tarif terjauh menjadi sebagai berikut:
- Gol I: Rp45 ribu dari semula Rp42.500
- Gol II: Rp76 ribu dari semula Rp71.500
- Gol III: Rp76 ribu dari semula Rp71.500
- Gol IV: Rp110 ribu dari semula Rp103.500
- Gol V: Rp110 ribu dari semula Rp103.500

Sementara, ruas jalan tol Padaleunyi yang mengalami kenaikan tarif sepanjang 64,4 km, dengan besaran maksimal sebagai berikut:
- Gol I: Rp10.500 dari semula Rp10 ribu
- Gol II: Rp18.500 dari semula Rp17.500
- Gol III: Rp18.500 dari semula Rp17.500
- Gol IV: Rp25 ribu dari semula Rp23.500
- Gol V: Rp25 ribu dari semula Rp23.500

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Mati di Siang Hari

nagahoki303
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu bicara soal peluang kenaikan tarif cukai rokok jelang Pemilu 2024.
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu bicara soal peluang kenaikan tarif cukai rokok jelang Pemilu 2024. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan(Kemenkeu) bicara soal peluang kenaikan tarif cukai rokokjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Nanti sambil jalan. Nanti tentunya kami akan mengikuti mekanisme di DPR, kami akan membahas di UU APBN 2024 untuk kepastiannya," ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (28/5).

"Satu tahap itu memang harus dilakukan dan sudah disepakati untuk jangka menengah 2 tahun, tetapi secara hukum, secara ketentuan regulasi, tetap harus kami bahas dan mendapat penetapan dari DPR," imbuhnya.

Askolani berharap tidak ada banyak perubahan angka penerimaan negara dari cukai rokok di masa Pemilu tahun depan. Namun, ia menuturkan ada dua faktor yang berpengaruh.

Pilihan Redaksi
  • Gobel Minta Pemerintah Dengarkan Kritik DPR Soal Mobil Listrik
  • Waralaba SPKLU Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM
  • JPMorgan PHK 500 Karyawan Pekan Ini

"Mudah-mudahan enggak banyak perubahan (setoran cukai di masa Pemilu 2024). Kita tahu biasanya mengenai penerimaan cukai itu tergantung, satu, kebijakan tarifnya, kedua, produksinya," tuturnya.

"Jadi, tentunya itu menjadi langkah kebijakan yang akan diputuskan tahun depan dan kami akan kelola untuk implementasi dan juga kami monitor," tandas Askolani.

Sebelumnya, kenaikan tarif cukai rokok pada awal 2023 tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191 Tahun 2022 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot dan Tembakau Iris yang diterbitkan Menkeu Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Tarif cukai rokok yang naik menjadi 10 persen membuat harga jual eceran (HJE) rokok ikut melesat tahun ini. Namun, dari aturan yang dirilis, tak semua HJE rokok mengalami kenaikan karena ada beberapa yang masih menggunakan patokan harga tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



Sementara itu, Sri Mulyani mengungkapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) surplus Rp234,7 triliun per April 2023.

Ani, sapaan akrabnya, merinci penerimaan kepabeanan dan cukai RI per April 2023 mencapai Rp94,5 triliun. Namun, angka ini turun 12,81 persen dari penerimaan tahun lalu.

(skt/pra)

menjadi penulis penyihir

rusia777
Masayoshi Son adalah pendiri sekaligus CEO Softbank. Orang terkaya ketiga di Jepang ini mendanai Grab, Tokopedia dan sempat tertarik berinvestasi di IKN.
(Masayoshi Son adalah pendiri sekaligus CEO Softbank. Orang terkaya ketiga di Jepang ini mendanai Grab, Tokopedia dan sempat tertarik berinvestasi di IKN. Basith Subastian/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Masayoshi Son bukan nama asing di bisnis startup Tanah Air. Taipan asal Jepang ini menyalurkan pendanaan ke banyak perusahaan rintisan dalam negeri.

Son dikenal sebagai investor kelas kakap. Melalui SoftBank, ia banyak mendanai hingga mengakuisisi perusahaan teknologi. Kejelian Son dalam memilih perusahaan untuk dikucur modal membuatnya meraup keuntungan jauh lebih besar.

Tak ayal, ia menjadi orang terkaya ke-69 di dunia pada 2023 versi Forbes. Di level Jepang, Son menduduki rangking ketiga dengan nilai kekayaan bersih yang ditaksir mencapai US,9 miliar atau setara Rp313 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS).

Son lahir di Tosu, Jepang, pada 11 Agustus 1957. Meski lahir dan berkewarganegaraan Jepang, Son merupakan keturunan Korea Selatan. Keluarganya berimigrasi ke Korea dan bekerja sebagai penambang batu bara.

Son sendiri merupakan nama keluarga Korea. Ya, ia lebih memilih menggunakan identitas Koreanya ketimbang memakai nama keluarga Jepang yang dipakai ayah dan kakeknya, Yasumoto.

Opsi itu ternyata membuat Son kerap jadi korban perundungan di sekolah. Gara-gara nama Koreanya, Son kecil menjadi korban bully hingga diskriminasi dari kawan-kawannya. Kala itu, hubungan Korea-Jepang memang tak akur. Apalagi, ia tidak lahir dalam keluarga kaya. Ayahnya mencari nafkah sebagai penjual ikan dan mengurus peternakan babi.

Lihat Juga :
TAIPANSavitri Jindal, Wanita Terkaya di Asia Berharta Rp259,8 T

Namun pengalaman pahit masa kecilnya menguatkan tekad Son: suatu hari, ia akan sukses.

Saat berusia 16 tahun, Son nekat menemui Den Fujita, taipan yang membawa McDonald's ke Jepang. Son ramaja begitu terinspirasi saat membaca buku karya Fujita.

Setelah ditolak beberapa kali, ia akhirnya bertemu Fujita meski hanya diberi waktu 15 menit. Dalam kesempatan langka nan singkat itu, Son bertanya kita sukses agar bisa seperti sang taipan. Kuncinya bahasa Inggris dan belajar mengenai informatika, begitu jawab Fujita.

Son pun hijrah ke AS. Ia melanjutkan kuliah di University of California, Berkeley, pada 1976 dan mengambil jurusan ekonomi dan ilmu komputer.

Setiap hari, isi kepalanya sibuk merancang rencana bisnis yang prospektif dan bakal ngetrendi masa depan. Ia pun menjajal bisnis distributor perangkat lunak, meski kala itu software belum populer.

Lihat Juga :
TAIPANSulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal

Son lalu membuat aplikasi penerjemah 8 bahasa. Kamus elektronik iti dibuat seukuran kalkulator. Karya tersebut dibeli Sharp Corporation seharga US juta.

Setelah lulus, Son pulang kampung ke Jepang dan mendirikan perusahaannya sendiri, Nihon Softbank, pada 1981. Masih sebagai distributor software, bisnisnya fokus pada telekomunikasi dan internet. Di awal merintis, hanya ada dua pekerja lepas di kantor kecilnya. Lama-lama, Nihon Softbank berubah menjadi Softbank.

Berkat kegigihan Son, Softbank terus berekspansi dari sekedar distributor perangkat lunak. Softbank berinvestasi di beberapa perusahaan teknologi. Yang paling masyur kala itu investasi Softbank di Yahoo, lalu membangun Yahoo Jepang.

Kini, sudah banyak perusahaan rintisan yang telah mencicipi gelontoran modal Softbank. Sebut saja Grab, Coupang (raksasa e-commerce Korea) dan Paytm (India), Grab hingga Tokopedia.

Ada lebih dari 100 perusahan yang mendapat pendanaan dari Softbank. Modal itu kucur melalui Vision Funds. Investor yang menanam modal di perusahaan Son antara lain Apple, Qualcomm, Foxconn, Larry Ellison, dan Dana Kedaulatan Arab Saudi.

Namun, bisnis tak selalu mulus. Kinerja Softbank pernah sangat terpukul pada 2021. Kala itu, perusahaan ride-hailing Didi Chuxing, mendapat tekanan luar biasa dari pemerintah China. Softbank mencatat kerugian hingga miliar.

Lanjut ke halaman sebelah...

Bertemu Jokowi, kepincut berinvestasi di IKN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2