petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol legal 2022 ojk

orion88 962Jutaan kata 950387Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol legal 2022 ojk》

5 Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Kecerdasan Anak******

5 Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Kecerdasan Anak
Ilustrasi anak membaca (ANTARA/Pexels/Victoria Rain)
Jakarta (ANTARA) - Memberikan pendidikan yang layak adalah bentuk tanggung jawab utama orang tua kepada anak. Pendidikan tak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah. Adapun salah satu cara yang bisa Parentslakukan yaitu memberikan buku bacaan literasi.
 Buku bacaan literasi memang didesain khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan literasi pembacanya. Misal, meningkatkan kemampuan memahami, menafsirkan, serta mengevaluasi suatu hal. Buku bacaan literasi ini dapat mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Pun kerap memiliki fitur tambahan seperti pertanyaan pemahaman, aktivitas, dan panduan membaca yang membantu pembaca memperdalam pemahamannya tentang teks tersebut. Jenis buku bacaan literasi ini dapat ditujukan untuk berbagai tingkatan usia, termasuk untuk anak-anak. Oleh karena itu, tak ada salahnya Parentsmemberikan buku bacaan literasi kepada si Kecil sedari dini. 5 Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Anak-Anak  Buku bacaan literasi memiliki beragam manfaat untuk perkembangan si Kecil, di antaranya: 1. Menstimulasi Kemampuan Bahasa  Dapat membantu si Kecil memperkaya kosa kata mereka, memahami struktur kalimat yang benar, dan meningkatkan kemampuan berbicara serta menulis. 2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis  Dengan menghadirkan masalah-masalah yang kompleks, bacaan ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menganalisis masalah dengan lebih baik. 3. Mendorong Kreativitas dan Imajinasi  Buku bacaan literasi sering kali menghadirkan cerita-cerita yang kaya akan imajinasi. Alhasil, mampu mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi dan mengembangkan kreativitas saat mereka membayangkan cerita-cerita yang sedang dibaca. 4. Memperluas Wawasan Buku literasi sering menghadirkan berbagai tema, latar, dan karakter. Ini membantu anak-anak memperluas wawasan mereka tentang dunia di sekitar, memperkenalkannya pada budaya-budaya baru, dan membantu memahami perspektif orang lain. 5. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca  Dengan membiasakan buah hati Anda membaca buku bacaan literasi sejak dini, secara tidak langsung ini membuat mereka menjadikan membaca sebagai kebiasaannya. Tentu saja, ini dapat membawa manfaat jangka panjang bagi si Kecil dalam memperluas pengetahuan dan pemahamannya tentang dunia. Berburu Buku Bacaan Literasi di Kinokuniya Pakai BRI  Banyak banget ya, Parents, manfaat memberikan buku bacaan literasi untuk anak? Nah, berita baiknya nih, ada Promo Spesial BRI nih, saat kamu berbelanja di Kinokuniya, toko kesayangan keluarga. Seperti apa promo spesial BRI di Kinokuniya ? 
Promo Spesial BRI
 Pada Promo Spesial BRI di Anniversary Kinokuniya yang berlangsung dari tanggal 1-3 Maret 2024, BRI menawarkan potongan langsung 10% untuk setiap pembelian buku. Yep, Anda bisa menggunakan Kartu Kredit BRI dan Debit BRI Potongan langsung 10% ini berlaku untuk minimal pembelian Rp750.000,- dan hanya untuk pembelian offlineatau in-storeKinokuniya. Jadi, tunggu apa lagi, Parents! Yuk, segera kunjungi toko Kinokuniya terdekat dan manfaatkan Promo Spesial BRI ini untuk memberikan yang terbaik untuk perkembangan si Kecil. Selain itu, kamu juga bisa mendapat berbagai kemudahan dengan bertransaksi via BRImo. Unduh daninstall BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery untuk mempermudah kamu bertransaksi. Follow juga Instagram @bankbri_id untuk informasi promo lainnya. Di mana pun transaksinya, jangan lupa gunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo di EDC BRI untuk merasakan kemudahan transaksi.
 #BRI #PromoBRI #EDCBRI #MudahTransaksi #PromoMerchantBRI #DiskonBRI #MerchantBRI #DebitBRI #KartuKreditBRI #QRISBRImo #EDCBRIkeren #BRImoMudahSerbaBisa #TabunganBRIPasBuatmu     

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

Munster apresiasi Iqbal ciptakan gol cepat ke gawang PSSSleman******

Munster apresiasi Iqbal ciptakan gol cepat ke gawang PSSSleman
Pemain Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) berebut bola dengan sejumlah pemain PSS Sleman saat pertandingan pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion GBT Surabaya, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Rizal Hanafi.
Surabaya (ANTARA) - Pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster mengapresiasi kemampuan tendangan jarak jauh Muhammad Iqbal saat menciptakan gol cepat pada detik ke-13 ke gawang PSS Sleman pada laga pekan ke-27 Liga 1 Indonesia, Minggu.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu Persebaya selaku tuan rumah memetik kemenangan 2-1 atas PSS Sleman. 

"Gol Iqbal sangat bagus dan saya juga kaget dengan gol cepatnya. Namun itu murni kemampuan dari Iqbal karena saat lawan Persita dia juga melakukan hal yang sama dengan menendang dari jarak jauh dan nyaris membuahkan gol, namun hari ini yang bisa berhasil," ujar Munster saat konferensi pers usai pertandingan.

Munster menjelaskan, pemain asal Padang Pariaman tersebut merupakan pemain yang memiliki kemampuan khusus dan tidak dimiliki oleh pemain lain di lini tengah klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut.

"Kalau pun saat babak kedua saya mengganti Iqbal, itu murni hanya karena taktik tim, itu kebutuhan taktikal," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Selama melatih klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut, Munster selalu mengutamakan taktik, fisik dan mental.

"Selama di Persebaya saya selalu mengutamakan untuk melatih taktik, fisik, dan mental, jadi para pemain bisa memahami cara bermain saya," ujarnya.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman

Sementara itu, pemain Persebaya Muhammad Iqbal mengatakan gol yang ia hasilkan saat melawan klub berjuluk Super Elang Jawa (Elja) tersebut merupakan taktik yang sudah dilakukan oleh tim saat latihan.

"Gol dari saya tadi memang merupakan taktik yang diberikan oleh Coach Munster, bahwa kami harus bermain menyerang dari belakang. Saat latihan kami juga sering melakukan tendangan-tendangan dari jarak jauh," ujarnya.

Dirinya juga tidak menyangka bisa membuat gol cepat pada detik ke-13 saat melawan PSS Sleman.

"Saya juga terkejut bisa mencetak gol dengan sangat cepat tadi. Ini gol pertama saya di musim ini. Gol ini saya persembahkan untuk keluarga, Bonek Bonita, dan tentu untuk tim juga," ucapnya.

Pada pertandingan itu, dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.

Saat ini, Persebaya naik ke posisi sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan meraih total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS Sleman tetap di peringkat 14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan.

Pada pertandingan selanjutnya Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret. Sementara, PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret. 

Baca juga: Pelatih PSS Sleman sayangkan gol cepat Persebaya
Baca juga: PSSI minta klub Liga 1 dan 2 perkuat pembinaan talenta muda

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Bojan minta Persib Bandung tidak jemawa ketika hadapi Rans Nusantara******

Bojan minta Persib Bandung tidak jemawa ketika hadapi Rans Nusantara
Pesepak bola Persib Bandung Frets Butuan (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Persita saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/10/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz.
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak meminta anak-anak asuhnya untuk tidak jemawa ketika menghadapi Rans Nusantara FC pada pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu.
Dikutip dari laman resmi klub, Minggu, Bojan menilai meski Rans belum pernah menang pada 10 pertandingan terakhirnya, Mitsuru Marouka serta kolega harus tetap diwaspadai. "Saya pikir besok (hari ini) adalah pertandingan bagus. Rans memang tidak menang 10 laga dan baru ditinggalkan pelatih, tapi mereka harus diwaspadai karena mereka punya motivasi lebih untuk keluar dari masalahnya," ungkap Bojan. Pelatih asal Kroasia itu mengingatkan agar pemainnya mewaspadai kondisi tersebut sebab Persib Bandung memiliki target untuk melanjutkan tren positif. Persib Bandung yang kini menempati posisi kedua klasemen sementara Liga 1 Indonesia dituntut meraih kemenangan pada pertandingan nanti untuk mempertahankan tempat mereka.
Selain itu, pada pekan lalu Persib Bandung menghentikan rentetan hasil minor dengan mengamankan kemenangan meyakinkan 3-0 atas PSIS Semarang.
Baca juga: Persik Kediri fokus ke pemulihan fisik sebelum hadapi PSIS
 Diketahui pada lima pertandingan sebelumnya Persib Bandung hanya mampu mengamankan empat hasil imbang serta menelan satu kekalahan. "Makanya saya melihat besok (hari ini) adalah laga besar, mereka punya motivasi lebih dan kami harus lanjutkan tren positif. Kami berharap hasil positif berlanjut," pungkas Bojan.
Sementara itu bek Persib Bandung Nick Kuipers mengatakan ia dan teman-temannya akan lebih siap serta punya motivasi berlipat untuk meraih kemenangan.
 "Sebagai pemain kami harus siap, kami sudah meraih hasil baik pada laga lalu dan pastinya kami ingin meraih hasil maksimal besok," tutup Nick.

Baca juga: PSIS Semarang siap berikan yang terbaik ketika jumpa Persik Kediri
Baca juga: Rans Nusantara FC bidik tiga poin ketika jamu Persib Bandung

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs slot online 2023

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
blibli cicil
nama situs slot yang gacor
qq slot demo
situs judi slot gacor
cara limit kredivo
go slot 888
cara menaikkan limit shopee pinjam untuk pembeli
slot salju
kejuslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot online pragmatic play
Bab 2 macauklub
Bab 3 powernet
Bab 4 kumpulan slot88
Bab 5 slot gacor di jamin maxwin
Bab 6 bunga di akulaku
Bab 7 link slot
Bab 8 pahlawan 88 slot
Bab 9 slot gacor ini
Bab 10 pinjaman website cepat cair
Bab 11 situs slot gacor pasti wd
Bab 12 nusagg
Bab 13 erek2 99
Bab 14 slot gacor gampang menang terpercaya
Bab 15 puncak303
Bab 16 slot yang sedang gacor hari ini
Bab 17 erek erek jeruk bali
Bab 18 slot gacor 2023
Bab 19 situs slot gampang wd
Bab 20 slot gacor win
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3855bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Keabadian

main slot gacor nya jam berapa
Din Syamsuddin: Jangan beri justifikasi pada perampas hak rakyat
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan ceramah dalam tablik akbar bertema "Strategi Dakwah Muhammadiyah pasca-Pemilu" yang dilaksanakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tangerang, di Masjid Al-Muhajirin, Catalina, Tangerang, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-PD Muhammadiyah Tanggerang.
Seperti tampil dengan merampas hak rakyat dalam Pemilu 2024, Muhammadiyah tidak tinggal diam, juga terhadap kemungkaran menampilkan kelaliman, nir-etika dan nir-kenegarawanan
Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengingatkan kepada seluruh anggota organisasi itu jangan pernah memberi justifikasi kepada para perampas hak rakyat pada Pemilu 2024.

“Seperti tampil dengan merampas hak rakyat dalam Pemilu 2024, Muhammadiyah tidak tinggal diam, juga terhadap kemungkaran menampilkan kelaliman, nir-etika dan nir-kenegarawanan,” kata Din Syamsuddin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, sikap demikian merupakan salah satu bentuk pengamalan Muhammadiyah dalam menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran atau yang dikenal dengan beramar makruf nahyi munkar.

Pengamalan itu mesti dijalankan, kata dia, mengingat merupakan amanat Muktamar Muhammadiyah Yogyakarta pada 2010 dan amanat Al Quran Surah Ali Imran Ayat 104 sebagaimana yang sering dibacakan dalam forum-forum Muhammadiyah.

Baca juga: Muhammadiyah Sumut tegaskan LBH-AP layani seluruh masyarakat

Din Syamsuddin tidak menginginkan organisasi keagamaan yang pernah ia pimpin itu permisif dan legitimatif, meninggalkan kebenaran, dan kejujuran. Karena bila demikian maka akan berujung menjadi malapetaka besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jangan karena ada yang datang membawa janji materi ataupun janji posisi tinggi, lidah kita kelu, kaki kita kaku. Tapi justru inilah saatnya kemungkaran struktural dihadapi dengan amar makruf-nahyi munkaryang bersifat struktural pula,” ujarnya dalam Tabligh Akbar yang bertema “Strategi Dakwah Muhammadiyah pasca-Pemilu” yang turut dihadiri jamaah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang.

Sari kondisi itulah, menurut Din, yang mengharuskan Muhammadiyah meluruskan kembali arah pergerakan bangsa dari kemungkaran yang bahkan berjalan secara terstruktural. Sebab di mata Muhammadiyah, kata dia, kemungkaran struktural ialah penyimpangan dan penyelewengan terhadap nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara yang telah disepakati oleh para pendiri, termasuk di dalamnya sejumlah tokoh Muhammadiyah.

Baca juga: Muhammadiyah imbau pihak keberatan hasil pemilu ambil jalur konstitusi
Baca juga: Ketum Muhammadiyah sebut capres harus beretika luhur dan siap kalah

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Penyihir Hitam Terlahir Kembali

danamu legal atau ilegal
KRL Yogyakarta-Solo melayani 12,7 juta penumpang sejak awal beroperasi
Arsip foto - Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo melakukan uji coba terbatas perdana di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (20/1/2021). KRL jalur Yogyakarta-Solo dijadwalkan uji coba secara terbatas dengan instansi pemerintahan dan pemangku kepentingan terkait hingga 31 Januari mendatang. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Total pengguna yang telah KAI Commuter layani menyentuh angka 12.703.439 orang pengguna.
Yogyakarta (ANTARA) - KAI Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo mencatat sudah melayani lebih 12,7 juta penumpang selama tiga tahun beroperasi sejak 2021.

"Total pengguna yang telah KAI Commuter layani menyentuh angka 12.703.439 orang pengguna," kata Sekretaris Perusahaan KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Anne, tren penumpang Commuter Line Yogyakarta-Solo terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Pada 2021 atau tahun pertama beroperasi, total jumlah pengguna di angka 1.755.865 orang pengguna dan meningkat mencapai 39 persen pada 2022.

Berikutnya, Anne menyebut sepanjang 2023 penumpang mencapai 6.453.099 orang atau meningkat 44 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sepanjang 2024, Commuterline Yogyakarta-Solo telah melayani 1.096.227 pengguna atau rata-rata mengangkut 18.270 pengguna per hari.

Anne menilai tiga tahun beroperasinya layanan Commuterline Yogya-Solo berdampak pada pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Yogyakarta yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mengacu data yang disajikan Badan Pusat Stistik (BPS) Kota Yogyakarta, ia menyebutkan produk domestik regional bruto (PDRB) sektor transportasi tahun 2023 meningkat menjadi Rp2 triliun dari yang sebelumnya Rp1,7 triliun.

"Ini merupakan contoh PDRB salah satu kabupaten/kota yang dilalui layanan Commuterline Yogya-Solo. Geliat peningkatan PDRB ini menunjukkan layanan transportasi di kota tersebut banyak diminati," ujar Anne.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut Anne, KAI Commuter terus meningkatkan layanan Commuterline Yogyakarta-Solo, antara lain dengan melakukan perpanjangan relasi commuter pada Agustus 2022 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Solo Balapan, ditambah dua stasiun yang dilalui yakni Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

Tren pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo, kata dia, berkebalikan dengan pengguna KRL Jabodetabek yang jumlah penggunanya meningkat pada akhir pekan.

"Mobilitas pengguna umumnya adalah untuk berwisata baik dari Yogyakarta maupun dari Solo dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit dari Yogyakarta menuju Palur sedangkan 1 jam 8 menit untuk sampai ke Solo," kata dia pula.
Baca juga: Kemenhub: Masyarakat minati KRL Solo-Yogyakarta
Baca juga: KAI Yogya layani hampir 650.000 penumpang pada Angkutan Lebaran 2022

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Transformasi Naga yang Dipanggil

pola maxwin gate of olympus hari ini
BI Jateng sebut hortikultura jadi penahan inflasi periode Februari
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jatng) Nita Rachmenia. ANTARA/HO-Dok BI.
Komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.
Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) menyebutkan penurunan harga komoditas hortikultura menjadi penahan peningkatan inflasi di Jateng pada periode Februari 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan BI Jateng Nita Rachmenia, dalam pernyataan di Semarang, Minggu, menyebutkan komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.

Penurunan harga berlangsung seiring dengan ketercukupan pasokan sejumlah komoditas hortikultura tersebut di Jateng, seperti panen dini bawang merah di Brebes dengan luas lahan 150 hektare.

Dia mengakui, panen dini dilakukan sebagai dampak dari kekhawatiran petani bawang merah terhadap curah hujan yang tinggi dan banjir di areal lahan bawang merah yang berisiko mengganggu hasil panen.

Pada Februari 2024, kata dia, perkembangan inflasi gabungan di sembilan kabupaten/kota di Jateng masih berada dalam rentang sasaran inflasi, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,57 persen (month to month).

Dengan demikian, inflasi gabungan sembilan kabupaten/kota di Jateng pada Februari 2024 sebesar 2,98 persen dan berada di rentang sasaran target inflasi, yakni 2,5 plus minus 1 persen.

Secara spasial, kata dia, seluruh kabupaten/kota IHK di Jateng mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi di Kota Tegal, yakni 0,9 persen (mtm), diikuti Purwokerto, Kabupaten Wonogiri, Kudus, dan Kota Surakarta sebesar 0,61 persen (mtm).

Ia menjelaskan bahwa inflasi, terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas pangan, yakni beras karena sebagian besar wilayah sentra produksi beras di Jateng belum memasuki masa panen.

Meski demikian, kata dia lagi, harga beras diperkirakan akan berada pada tren penurunan di periode berikutnya, seiring dengan panen yang mulai berlangsung di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Purworejo.

Selain itu, sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jateng, antara lain melalui Gerakan Pangan Murah (GPM), juga menjadi salah satu upaya pengendalian harga pangan, terutama beras.

Inflasi juga dipengaruhi kenaikan harga telur dan daging ayam ras, seiring dengan kenaikan biaya produksi peternak akibat kenaikan harga pangan dan penurunan pasokan setelah sejumlah peternak melakukan afkir ayam.

Pada 2024, inflasi IHK diperkirakan akan berada pada sasaran inflasi 2,5 plus minus 1 persen sehingga BI bersama para pemangku kepentingan yang tergabung dalam TPID Jateng akan terus berkoordinasi dan bekerja sama melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi.

Program pengendalian inflasi tersebut ditujukan untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi barang/komoditas di Jateng.
Baca juga: BPS: Inflasi Jateng di 2023 mencapai 2,89 persen
Baca juga: TPID-BI Jateng resmikan Kios Pandawa Kita stabilkan harga pangan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

kaisar kuno

naga777
Kesuksesan F1 Powerboat jadi promosi wisata Sumut berkelanjutan
Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin saat menyerahkan piala untuk juara F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Minggu (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumut)
Lancarnya kegiatan ini akan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung atau wisatawan yang datang. Hal itu tentunya bisa menjadi promosi wisata Sumut berkelanjutan
Medan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan kesuksesan kejuaraan F1 Powerboat yang digelar di Balige, Kabupaten Toba, pada 2-3 Maret 2024 dapat menjadi promosi wisata berkelanjutan.

“Lancarnya kegiatan ini akan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung atau wisatawan yang datang. Hal itu tentunya bisa menjadi promosi wisata Sumut berkelanjutan," ujar Hasaanudin usai menyerahkan piala untuk juara F1 Powerboat di Balige, Toba, Minggu.

Promosi wisata berkelanjutan, menurutnya, sangat diperlukan bagi keberlangsungan pariwisata di satu daerah. Karena itu, dia mengharapkan destinasi wisata tidak hanya ramai saat ada ajang saja melainkan sepanjang tahun.

“Kita berharap dengan kesan baik yang diberikan saat eventberlangsung, wisatawan pastilah akan balik lagi, ini yang kita kejar dari event-eventini, sehingga wisatawan tidak akan surut," kata dia.

Untuk itu, kata dia, Pemprov Sumut akan terus mendukung ajang-ajang internasional karena sangat memberikan dampak besar bagi masyarakat lokal maupun pemerintah.

“Dari hari pertama kita tadi lihat di jalan ada ribuan orang tumpah ke area sekitar venue, UMKM ramai, hotel atau penginapan penuh, ini hari kedua lebih ramai dari kemarin, kita optimis banyak perputaran uang di sana," jelasnya.

Baca juga: Menpora: Kami bersama IMI lakukan talent scouting pembalap powerboat
Baca juga: InJourney klaim F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari tahun lalu
Baca juga: Wisatawan dan pelaku UMKM: Kami senang ada F1 Powerboat

Sementara itu, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengklaim penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dibanding penyelenggaraan sebelumnya pada 2023.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan perlombaan tahun ini berjalan lancar dan tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Kami sangat bangga karena kejuaraan tahun ini berjalan dengan lancar. Kalau tahun lalu 'kanada beberapa kendala seperti cuaca," ujar Maya.

Ia menjelaskan, dengan berkaca pada tahun lalu, InJourney bersama dengan H2O Racing bersepakat untuk mengganti jadwal perlombaan menjadi pagi hari.

"Kami belajar dari tahun lalu sehingga mengganti jadwal menjadi pagi hari karena kondisi ombak atau gelombang air lebih stabil," kata dia.

Baca juga: Pembalap debutan Rusty Wyatt menang F1 Powerboat Danau Toba 2024
Baca juga: Balapan final F1 Powerboat Danau Toba 2024 dimulai

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024

Pejuang mutlak

cicilan di shopee dengan kartu kredit
BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga 4 meter di Banten hingga besok
Ilustrasi - Gelombang tinggi . ANTARA/Muhamad Nurman.
Serang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk nelayan agar waspada tinggi gelombang mencapai empat meter di perairan Banten, guna menghindari kecelakaan laut pada 3-4 Maret 2024. Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana di Serang, Minggu, mengatakan peringatan kewaspadaan terhadap pelaku pelayaran seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal kargo, kapal feri, dan kapal pesiar, yang melintasi perairan Banten itu antara lain di selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian Selatan. Hal itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan itu berkisar 2,5 sampai 4,0 meter dengan tiupan angin bergerak dari barat laut hingga barat berkecepatan 0,5 - 25 kilometer per jam. Sementara itu penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung), kata dia, relatif aman dan normal karena tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (sedang).

Baca juga: BMKG imbau nelayan Banten waspada tinggi gelombang 2,5 meter BMKG juga mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir di tujuh daerah di Banten yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang. Cuaca ekstrem itu berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi antara lain banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi. Karena itu BMKG minta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan jika terjadi cuaca buruk tersebut. Sedangkan Kota Serang,  menurutnya, relatif aman dari ancaman cuaca ekstrem tersebut. Selanjutnya pada pagi dan siang hari cuaca Banten dan sekitarnya berpotensi cerah berawan-hujan intensitas ringan dengan suhu udara rata-rata 23-32 derajat Celcius dan tingkat kelembapan udara 60-95 persen. Baca juga: BMKG terbitkan 27 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Percetakan Tiandao

situs slot online resmi
DLH Cianjur paparkan upaya atasi sampah menumpuk di perkotaan
Tumpukan sampah menghiasi sudut perkotaan di Cianjur, Jawa Barat, akibat baru beroperasinya TPSA Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulon.(ANTARA/Ahmad Fikri). ANTARA/Ahmad Fikri.
Sampah menumpuk di setiap sudut kota karena TPSA baru Mekarsari baru beroperasi, ditambah armada truk sampah yang dimiliki hanya beberapa yang bisa membuang sampah ke Mekarsari, sehingga pengangkutan sampah terlambat
Cianjur (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan seluruh sampah yang menumpuk di wilayah perkotaan hingga pinggiran Kota Cianjur, diangkut secara bertahap ke TPSA Mekarsari yang sudah beroperasi sejak dua hari terakhir.

Kepala DLH Cianjur Ahmad Rifai saat dihubungi pada Minggu mengatakan menumpuknya sampah di sepanjang jalan protokol hingga jalan provinsi sejak beberapa pekan terakhir akibat belum berfungsinya TPSA baru di Kecamatan Cikalongkulon, ditambah armada truk sampah yang sudah berusia tua.

"Sampah menumpuk di setiap sudut kota karena TPSA baru Mekarsari baru beroperasi, ditambah armada truk sampah yang dimiliki hanya beberapa yang bisa membuang sampah ke Mekarsari, sehingga pengangkutan sampah terlambat," katanya.

Namun pihaknya menargetkan dalam beberapa hari ke depan sampah yang menumpuk di sejumlah wilayah itu akan diangkut dan dibuang ke TPSA Mekarsari. Untuk menunjang kecepatan pengangkutan pihaknya sudah mengajukan penambahan armada truk baru ke pemkab dan pemerintah pusat.

Baca juga: Ketiga kalinya, Pemkab Cianjur perpanjang status darurat sampah

Rifai menjelaskan armada yang dimiliki pemerintah kondisinya tidak 100 persen mampu untuk mengantarkan sampah ke TPSA Mekarsari karena jarak yang cukup jauh, ditambah medan jalan yang dilalui menanjak dan menurun sehingga cukup menyulitkan.

“Kondisi armada yang sudah tua ditambah jarak dan medan yang dilalui cukup berat, membuat waktu tempuh menjadi lama. Harapan kami secepatnya tumpukan sampah di wilayah perkotaan dan jalan provinsi dapat diangkut secepatnya," kata Rifai.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Cianjur Meidy Prasetyadi menambahkan jarak dari kantor DLH di Kecamatan Cilaku ke TPSA Mekarsari sekitar 35 kilometer, sehingga satu armada truk bermuatan sampah membutuhkan waktu empat jam pulang pergi.

Pihaknya mencatat saat ini DLH Cianjur memiliki 24 dump truckdan dua truck arm roll untuk armada pengangkut sampah dengan kapasitas enam ton, namun hanya 16 unit dump truckdapat mengantar sampah ke TPSA Mekarsari.

Baca juga: Kementerian PUPR ubah TPSA di Cianjur jadi tempat wisata

“Hanya belasan yang bisa membawa sampah ke TPSA Mekarsari, bahkan beberapa diantaranya sempat mogok, karena tidak kuat saat memasuki jalan menanjak. Sehingga banyak sampah yang masih menumpuk belum bisa terangkut di wilayah kota dan sejumlah wilayah lainnya,” kata Meidy.

Pihaknya berupaya mengajukan pinjaman armada pengangkut sampah ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) di Jakarta, diarahkan untuk meminjam ke Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P) Jawa II.

“(BP2P) Jabar sudah memberi kabar akan meminjamkan tiga dump truck, namun belum tahu pasti kapan dapat diambil. Kami juga masih berupaya meminjam ke pusat dan provinsi dengan harapan truk dengan kapasitas banyak," katanya.

Baca juga: Pemkab tetapkan Cianjur darurat sampah selama 14 hari

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024