petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp sihoki

pulsa kredivo 401Jutaan kata 320527Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp sihoki》

Petani Curhat Musim Tanam Mundur, Pemerintah Perpanjang Bansos Pangan******

Menko Airlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.
Menko Airlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianAirlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan Airlangga saat menyalurkan program bantuan pangan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (15/1).

Airlangga mulanya menyinggung apabila program bantuan pangan tersebut memang disediakan pemerintah terhadap 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di pelbagai wilayah.

"Yang biasanya November-Desember mundur jadi Januari-Februari. Akibatnya yang biasanya bulan April kita panen raya, ini mundur ke bulan Juni," ujar Airlangga saat berdialog bersama warga.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Simpel yang merupakan warga Manggarai Barat juga turut mengeluhkan ihwal periode musim tanam padi yang mundur akibat cuaca.

Ia menyebut cuaca di wilayah Manggarai Barat sejak awal tahun kurang baik bagi para petani. Sampai saat ini musim hujan belum tiba di wilayah NTT hingga menyebabkan area pertanian menjadi tandus.

"Tanam padi, tanam apa segala macam karena prediksinya bulan 3 seharusnya sudah mulai panen, tapi sekarang bulan 1 hujannya belum turun. Sehingga kami sebagai masyarakat kewalahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Mendengar keluhan tersebut, Airlangga memastikan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet terakhir telah memerintahkan agar program bantuan pangan tetap dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.

Selain program bantuan pangan, Airlangga menyebut pemerintah juga tengah menyiapkan program bantuan langsung tunai.

Ia pun berharap agar teknis penyaluran tersebut dapat segera selesai sehingga bisa langsung disalurkan pada akhir Januari atau awal Februari mendatang.

"Jadi bapak ibu akan terima 10 kg beras, setiap bulan, sampai bulan Juni," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(tfq/pta)

AAI Awards 2024 apresiasi peran arsiparis kelola memori bangsa******

AAI Awards 2024 apresiasi peran arsiparis kelola memori bangsa
Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) Andi Kasman. (ANTARA/HO-Asosiasi Arsiparis Indonesia)
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) menyelenggarakan AAI Awards 2024 untuk mengapresiasi peran arsiparis dalam mengelola memori individu maupun kolektif bangsa yang berguna sebagai bukti otentik dan informasi vital di masa depan.

"Seringkali tugas seorang arsiparis dipandang sebelah mata. Nah, kami ingin menghilangkan stigma tersebut, dengan menjadikan arsip ini sebagai pekerjaan yang sangat penting, sehingga petugasnya juga punya peran prioritas," ujar Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) Andi Kasman di Jakarta, Jumat.

Andi menegaskan, aktivitas untuk mengarsipkan dokumen menjadi kegiatan yang sangat penting dalam sebuah lembaga, organisasi, atau perusahaan, sehingga peran arsiparis untuk mengelola dokumen yang akan dibutuhkan di masa depan menjadi sangat berguna untuk menyajikan informasi yang vital.

"Arsip merupakan sumber informasi yang otoritatif dalam mendukung kegiatan administrasi yang akuntabel dan transparan. Maka, arsip harus dikelola dengan baik dan benar sehingga bisa melestarikan nilai guna dan pemanfaatannya," ujar dia.

Baca juga: Kepala ANRI ingatkan arsiparis jaga netralitas di masa kampanye pemilu

Baca juga: Duta Arsip RI: Arsiparis adalah pengawal peradaban bangsa

Andi juga mengemukakan, merujuk pada deklarasi universal kearsipan yang disahkan dalam sidang umum UNESCO ke-36 di Paris pada November 2011, kearsipan memainkan peran penting dalam pengembangan masyarakat dengan cara menjaga dan membantu memori individu serta kolektif.

Keterbukaan akses arsip, kata dia, juga memperkaya pengetahuan, mendorong demokrasi, melindungi hak warga negara, dan meningkatkan kualitas hidup.

"Sebagian besar masyarakat apabila mendengar istilah arsip akan timbul bayangan tumpukan kertas penuh debu, ruangan kotor, dan berserakan. Untuk itu, guna memberikan apresiasi kepada petugas arsiparis, PN-AAI menggelar kegiatan AAI Awards 2024," ucapnya.

Ia menjelaskan, AAI Awards 2024 merupakan ajang kontestasi kompetensi arsiparis Indonesia melalui lomba poster infografis tematik bagi arsiparis dan mahasiswa kearsipan termasuk rekam medis, serta lomba kinerja program kerja terbaik organisasi bagi Pengurus Wilayah (PW) AAI atau Forum Arsiparis kementerian/lembaga (K/L), dengan kategori kolaborasi, inovasi, keberlanjutan dan kepedulian sosial organisasi bagi para pemangku kepentingan.

"Kegiatan award ini juga mempertinggi mutu sumber daya manusia bidang kearsipan sehingga tercipta tenaga kearsipan yang andal dan mandiri, serta mempertinggi mutu penyelenggaraan dan pemanfaatan arsip," tuturnya.

Menurutnya, AAI Awards 2024 juga menjadi wadah arsiparis Indonesia dalam menunjukkan talenta terbaiknya dalam olah cipta, rasa, karsa dan karya sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara.

Adapun tema lomba poster infografis untuk kategori arsiparis (anggota AAI) terdapat tiga pilihan, yaitu pengembangan profesi arsiparis, manajemen arsip digital, dan manajemen risiko arsip. Sedangkan khusus untuk kategori mahasiswa, ada dua tema pilihan, yakni serba-serbi pendidikan vokasi kearsipan dan perspektif milenial terhadap arsip.

Untuk lomba kinerja program kerja terbaik organisasi PW-AAI atau forum arsiparis kementerian/lembaga, mencakup empat kategori penilaian, yaitu kolaborasi, inovasi, keberlanjutan, dan kepedulian sosial. Adapun dewan juri AAI Awards 2024 terdiri dari para ahli dan praktisi sesuai bidangnya.

"Kepada juara dan para finalis lomba poster infografis diberikan uang apresiasi dan piagam. Sedangkan bagi juara dan finalis lomba kinerja terbaik organisasi diberikan piala dan piagam. Bagi juara lomba poster infografis, diberi peluang untuk mengikuti ajang international poster award, yang merupakan rangkaian kegiatan Kongres International Council on Archives (ICA) tahun 2025 di Barcelona, Spanyol," tuturnya.

Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan ketentuan lomba akan disampaikan melalui media sosial AAI dan surat pemberitahuan kepada seluruh organisasi PW-AAI, forum arsiparis kementerian/lembaga, dan program studi kearsipan serta rekam medis se-Indonesia.*

Baca juga: Unja gandeng Arsiparis Kerajaan Belanda ajar artikulasi istilah hukum

Baca juga: Mendes: Arsiparis seperti malaikat pencatat perbuatan baik dan buruk

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024

Daftar Lengkap Produk Diskon di Transmart Full Day Sale 14 Januari******

Transmart Full Day Sale kembali hadir hari ini, Minggu (14/1). Sebelum belanja, cek dulu daftar lengkap produk yang diskon di Transmart.
Transmart Full Day Sale kembali hadir, hari ini Minggu (14/1). Sebelum belanja, cek dulu daftar lengkap produk yang diskon di Transmart (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali hadir hari ini, Minggu (14/1) mulai dari jam buka toko sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat.

Yuk segera manfaatkan kesempatan spesial ini untuk borong semua produk incaran kamu di Transmart mumpung diskonnya sampai 50 persen.

Lihat Juga :
Yuk ke Transmart, Mumpung Diskon 50% + 20% Seharian Full!

Produk segar:

  • Dada ayam tanpa tulang diskon 20 persen dari harga normal Rp8.450 jadi Rp6.760 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.
  • Jeruk shantang daun diskon 20 persen dari harga normal Rp4.490 jadi Rp3.592 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.
  • Danish pastry mini diskon 20 persen dari harga normal Rp12.990 jadi Rp10.392 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.

Produk elektronik:

  • LED TV 50" UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit.
  • LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.699.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.799.200 dari harga normal Rp3.899.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung.

Kasur dan sofa:

  • Resta Emattress ukuran 160x200 cm harga normal sekitar Rp2 jutaan. Harga diskonnya jadi Rp1.520.000.
  • Baylack Sectional Sofa Black dari harga normal Rp5 jutaan, harga diskonnya jadi Rp4.399.200.
  • Lady Rose bed sheet diskon produknya sampai 50 persen, plus 20 persen menggunakan Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Sepeda listrik dan sepeda lipat:

  • Sepeda listrik Exotic Scooter HB 320/C dari harga normal Rp3.800.000 diskon jadi Rp2.888.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic Scooter HB 320/C dari harga normal Rp4.100.000 diskon jadi Rp3.181.600 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic E-Bike Revolve dari harga normal Rp4.950.000, diskon jadi Rp3.455.200 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic E-Bike Revolve dari harga normal Rp5.250.000, diskon jadi Rp3.654.000 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa.
  • Sepeda lipat diskon up to 25% jadi mulai Rp951 ribuan. Diskon berlaku di Transmart Pulau Jawa.
  • Sepeda lipat diskon up to 25% dari harga Rp1.349.000 diskon jadi Rp1.079.200. Diskon berlaku di luar Pulau Jawa.

Koper Polo:

  • Polo Classic 20 inci yang dijual dengan harga mulai Rp799.000. Kalau bayarnya pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian koper bakal didiskon 20 persen.
  • Polo Classic 20 inci yang dijual dengan harga spesial mulai Rp555.000. Kalau bayarnya pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian koper bakal didiskon 20 persen.

Perlengkapan rumah tangga:

  • Glass storage harga normal mulai Rp65 ribuan, harga diskon mulai Rp47.920.
  • Magic mop with plastic strainer grey harga normal mulai Rp200 ribuan, harga diskon mulai Rp175.920.
  • Merah putih handuk harga spesial Rp60.000, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
  • Jamas karpet melody harga spesial Rp199.000, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
  • Lady rose bed sheet diskon 50 persen semua item, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:cara pinjam uang bank bri

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
qqfortuna
cara dapat uang di rumah saja
situs baru judi slot
indo138
wasiat4d situs slot
pinjaman online legal terbaik
situs link slot gacor
imdobet
kecurangan slot pragmatic
Daftar isi semua bab
Bab 1 rasqq
Bab 2 rtp titi4d
Bab 3 utama 123 gacor
Bab 4 bola388
Bab 5 cara cicil hp di kredivo
Bab 6 pinjam gampang bangkrut
Bab 7 arti daily wins di slot
Bab 8 bonus288
Bab 9 permainan slot paling gacor
Bab 10 cara dapat uang tambahan tanpa modal
Bab 11 situs slot pakai dana minimal 10rb
Bab 12 bonus new member
Bab 13 slothoky
Bab 14 situs slot honda
Bab 15 judi paling gacor
Bab 16 link gacor hari ini
Bab 17 cara pasang togel pasti menang
Bab 18 juaraslot
Bab 19 luxury1288
Bab 20 pinjaman 50 juta langsung cair
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6303bab
gadisBacaan TerkaitMore+

istri yang penyayang

situs slot gacor bonus new member
Menko Airlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.
Menko Airlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianAirlangga Hartarto memastikan program bantuan sosial (bansos) pangan bakal terus dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan Airlangga saat menyalurkan program bantuan pangan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (15/1).

Airlangga mulanya menyinggung apabila program bantuan pangan tersebut memang disediakan pemerintah terhadap 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di pelbagai wilayah.

"Yang biasanya November-Desember mundur jadi Januari-Februari. Akibatnya yang biasanya bulan April kita panen raya, ini mundur ke bulan Juni," ujar Airlangga saat berdialog bersama warga.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Simpel yang merupakan warga Manggarai Barat juga turut mengeluhkan ihwal periode musim tanam padi yang mundur akibat cuaca.

Ia menyebut cuaca di wilayah Manggarai Barat sejak awal tahun kurang baik bagi para petani. Sampai saat ini musim hujan belum tiba di wilayah NTT hingga menyebabkan area pertanian menjadi tandus.

"Tanam padi, tanam apa segala macam karena prediksinya bulan 3 seharusnya sudah mulai panen, tapi sekarang bulan 1 hujannya belum turun. Sehingga kami sebagai masyarakat kewalahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Mendengar keluhan tersebut, Airlangga memastikan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet terakhir telah memerintahkan agar program bantuan pangan tetap dilanjutkan hingga Bulan Juni mendatang.

Selain program bantuan pangan, Airlangga menyebut pemerintah juga tengah menyiapkan program bantuan langsung tunai.

Ia pun berharap agar teknis penyaluran tersebut dapat segera selesai sehingga bisa langsung disalurkan pada akhir Januari atau awal Februari mendatang.

"Jadi bapak ibu akan terima 10 kg beras, setiap bulan, sampai bulan Juni," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(tfq/pta)

Aku, si penjelajah bayangan

situs slot cepat maxwin
Ketegangan di Laut Merah bakal menganggu perdagangan global anjlok 1,3 persen. Pengiriman molor, biaya logistik melesat.
Ketegangan di Laut Merah bakal menganggu perdagangan global anjlok 1,3 persen. Pengiriman molor, biaya logistik melesat. (Foto: REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH)
Jakarta, CNN Indonesia--

Laut Merah menjadi arena peperangan baru imbasIsraeltak berhenti membombardir Palestina. Kapal-kapal kargo raksasa yang melintasi jalur perdagangan tersebut diserang milisi Houthi Yaman.

Serangan terhadap kapal-kapal pengangkut peti kemas itu merupakan bentuk solidaritas terhadap Palestina yang digempur brutal oleh Israel.

Aksi Houthi Yaman membuat AS ketar-ketik. Bahkan, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sampai turun tangan meloloskan gagasan AS untuk menerbitkan resolusi yang berisi setop menyerang di Laut Merah dengan dalih serangan itu bisa mengganggu perdagangan global.

Lantas, seberapa strategis Laut Merah? Benarkah perdagangan global bakal terdampak jika perang pecah?

Berdasarkan catatan Reuters, milisi Houthi mulai aktif menyerang dan membajak kapal-kapal terafiliasi Israel sejak November tahun lalu. Harga minyak pun beberapa kali bergejolak menyusul eskalasi ini.

Pada awal Januari 2024, Freightos atau sebuah platform pemesanan dan pembayaran untuk angkutan internasional merilis dampak gejolak di Laut Merah terhadap tarif pelayaran. Untuk kontainer berukuran 40 kaki harus naik lebih dari dua kali lipat harga normal, yakni US.000 untuk rute Asia-Eropa Utara dan US.175 di Asia-Mediterania.

Bahkan, Kepala Penelitian Freightos Judah Levine memperkirakan masih akan ada lonjakan harga lagi. Setidaknya harga per kontainer 40 kaki bisa bengkak hingga US.000 untuk sekali berlayar.

Lihat Juga :
Maskapai RI Mulai Lirik Pesawat Buatan China, TransNusa Jadi Pertama

Kiel Institute for the World Economy (IfW Kiel) di Jerman juga merilis hitung-hitungan atas apa yang terjadi di Laut Merah. Mereka mengklaim perdagangan global anjlok 1,3 persen dari November 2023 hingga Desember 2023.

"Enam dari sepuluh perusahaan pelayaran peti kemas terbesar, yaitu Maersk, MSC, Hapag-Lloyd, CMA CGM, ZIM, dan ONE, sebagian besar atau seluruhnya menghindari Laut Merah karena ancaman milisi Houthi," tulis laporanCNN.

Bahaya terhadap awak kapal, kargo, dan kapal pada akhirnya mengorbankan rute pelayaran. Operator kini harus mengubah jalur yang tadinya melintasi Laut Merah ke sekitar Cape of Good Hope di Afrika Selatan.

Mau tak mau, perjalanan memakan waktu lebih lama karena menempuh rute yang lebih jauh. Pengiriman kargo diperkirakan molor hingga tiga minggu lamanya dari jadwal semula.

Serangan terhadap kapal tanker minyak diyakini berdampak besar pada perekonomian global. Kapal curah yang juga mengangkut bahan mentah penting, seperti bijih besi, biji-bijian, dan kayu juga tak luput.

"Dalam konteks meningkatnya konflik, pasokan energi juga dapat terganggu secara signifikan sehingga menyebabkan lonjakan harga energi. Ini akan berdampak signifikan terhadap harga komoditas lainnya," jelas Bank Dunia.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Kutipan Pemberontak

rolet303
Produk segar mulai dari daging ayam hingga buah bakal serba diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale besok, Minggu (14/1) selama seharian penuh.
Produk segar mulai dari daging ayam hingga buah bakal serba diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale besok, Minggu (14/1) selama seharian penuh. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali lagi pada Minggu (14/1) dengan diskon gede-gedeannya. Beragam produk segar mulai dari daging ayam hingga buah bakal serba diskon 20 persen.

Di gelaran pesta diskon seharian ini, dada ayam tanpa tulang diskon 20 persen dari harga normal Rp8.450 jadi Rp6.760 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.

Lihat Juga :
Cerita Pengunjung Belanja di Transmart: Ada Semua!

Jadi jangan sampai rugi ya Bun, pastikan selalu belanja di Transmart dan transaksi pakai Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah karena dijamin diskon.

Yuk, ke Transmart sekarang juga! Diskon seharian ini berlangsung dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 di seluruh gerai se-Indonesia. Kapan lagi bisa belanja murah kalau bukan di Transmart Full Day Sale!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Pahlawan seni bela diri yang hebat

limit akulaku adalah
Pajak hiburan naik 40-75 persen demi mempertebal kas daerah. Ada ancaman PHK jika terapkan pukul rata tanpa melihat skala usaha.
Pajak hiburan naik 40-75 persen demi mempertebal kas daerah. Ada ancaman PHK jika terapkan pukul rata tanpa melihat skala usaha. (Foto: iStockphoto/lisegagne)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kebijakan pemerintah menaikkan pajak hiburanwisata menjadi 40 persen hingga 75 persen menuai kritik pengusaha.

Kenaikan Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) untuk jasa diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

UU ini mengatur adanya batas bawah tarif 40 persen hingga maksimal 75 persen untuk tarif pajak lima jenis bisnis tersebut. Sementara di aturan lama, yakni UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD), hanya diatur batas atas pajak 75 persen, tanpa batas bawah.

Asosiasi mengaku tidak dilibatkan dalam penyusunan UU HKPD, serta belum menemukan kajian akademik aturan tersebut.

Protes juga datang dari pengusaha karaoke sekaligus penyanyi dangdut Inul Daratista. Ia menuturkan kenaikan pajak terlampau tinggi dan bisa membunuh bisnis hiburan.

"17 tahun besar (Inul Vista), ya gitu-gitu aja nggak tiba-tiba jadi raksasa. (Kondisi) begini masih digencet kenaikan pajak yang enggak aturan. Coba warasnya di mana?" tulis Inul dalam unggahan di X, Sabtu (13/1).

Ia pun mengaku heran dengan rencana pemerintah menaikkan tarif pajak hiburan dari 25 persen menjadi 40-75 persen. Sebab, para pelaku usaha serta konsumen yang akan menjerit karena paling terdampak.

Lihat Juga :
Hotman Paris Minta Jokowi Buat Perppu Batalkan Pajak Hiburan 40 Persen

Dalam unggahan lain di Instagram, Inul juga mengeluhkan rencana kenaikan pajak yang akan berdampak bagi ribuan karyawannya, yang saat ini saja jauh berkurang akibat pandemi covid-19.

Sembari menandai akun Menparekraf Sandiaga Uno, Inul mengatakan jumlah karyawannya menyusut dari 9.000 menjadi 5.000 orang imbas hantaman pandemi.

"Baru buka umur satu tahun setengah, belum juga untung sudah dengar berita pajak hiburan naik 40-75 persen. Mabuk kah ini? Niat membunuh apa bagaimana, Pak?" tuturnya.

Inul ingin duduk bersama dengan Sandi mewakili Asosiasi Pengusaha Rumah Bernyanyi Keluarga Indonesia (ASPERKI).

Keesokan harinya, Sandi pun menanggapi protes Inul. Ia mengatakan pemerintah siap mendengar semua masukan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk soal pajak hiburan. Karenanya, para pelaku usaha diimbau untuk tidak khawatir.

"Karena masih proses judicial review, pemerintah memastikan semua kebijakannya itu untuk memberdayakan dan memberikan kesejahteraan, bukan untuk mematikan usaha," tulis Sandi di akun Instagramnya @sandiuno.

Sandi mengatakan pemerintah tidak akan mematikan pariwisata dan ekonomi kreatif, yang membuka 40 juta lebih lapangan kerja. Apalagi industri tersebut baru bangkit dari pandemi covid-19.

Lihat Juga :
Sandiaga Respons Protes Inul Cs soal Pajak Hiburan Naik Jadi 40 Persen

"Seluruh kebijakan termasuk pajak akan disesuaikan agar sektor ini kuat, agar sektor ini bisa menciptakan lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja," katanya.

Lantas, apa dampak dari kenaikan pajak hiburan untuk karaoke-spa cs dan apakah tarif itu sudah ideal?

Direktur Eksekutif Pratama-Kreston Tax Research Institute (TRI) Prianto Budi Saptono mengatakan kenaikan pajak menjadi 40-75 persen itu merupakan keputusan politis antara DPR dan pemerintah pusat sesuai Pasal 23A UUD 1945.

Ia mengatakan berdasarkan naskah akademik RUU HKPD, penerapan pajak diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan spa menjadi 40-75 persen dilatarbelakangi oleh dua faktor, yaitu aktivitas kelima hiburan tersebut bersifat mewah (luxury) dan perlu dikendalikan.

Pajak tinggi biasanya dapat mengubah perilaku masyarakat yang mengonsumsi hiburan tersebut. Dengan kata lain, sambung Prianto, masyarakat dapat mencari substitusi hiburan yang pajaknya masih rendah.

Namun, imbasnya, bisa terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di lima sektor hiburan itu jika masyarakat beralih sehingga pendapatan berkurang.

Lihat Juga :
Pegawai Inul Protes Pajak Hiburan ke Sandi: Anak Istri Saya Makan Apa?

"Konsekuensi logisnya di antaranya adalah pengurangan pegawai," kata Prianto.

Agar mimpi buruk itu tak jadi kenyataan, bola kebijakan pajak ada di pemerintah daerah (pemda). Ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang menjadi aturan pelaksana UU HKPD.

Menurutnya, PP menjadi pedoman bagi pemda menyusun peraturan daerah (perda) serta peraturan kepala daerah mengenai PDRD. Pemda memiliki dua opsi sesuai UU HKPD.

Pertama, memilih kebijakan untuk tidak menerapkan pajak hiburan. Kedua, menerapkan kebijakan PDRD alias pajak hiburan antara 40-75 persen. Jika menolak besaran pajak itu, pemda bisa memilih opsi yang pertama.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Kaji Ulang atau Tunda Kenaikan hingga Ada Tarif Ideal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Legenda tangan dan mata

cara cek transaksi kredivo
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,26 persen ke 7.242 pada Selasa (16/1).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,26 persen ke 7.242 pada Selasa (16/1). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.242 pada Selasa (16/1).

Indeks saham menguat 18,78 poin atau plus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,46 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,33 miliar saham.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia melemah. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,76, indeks Kospi di Korea Selatan turun 1,12 persen, dan indeks Hang Seng Composite di Hong Kong turun 2,05 persen.

Senada, bursa saham Eropa kompak melemah.

Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,52 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,71 persen, dan indeks DAX di Jerman turun 0,71 persen.

Sebaliknya, bursa Amerika mayoritas ditutup perkasa. Indeks S&P 500 menguat 0,08 persen, indeks NYSE naik 0,11 persen, dan indeks NASDAQ Composite naik 0,007 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Panggilan Sihir

cara ajukan kredivo
Transmart Full Day Sale kembali hadir hari ini, Minggu (14/1). Sebelum belanja, cek dulu daftar lengkap produk yang diskon di Transmart.
Transmart Full Day Sale kembali hadir, hari ini Minggu (14/1). Sebelum belanja, cek dulu daftar lengkap produk yang diskon di Transmart (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali hadir hari ini, Minggu (14/1) mulai dari jam buka toko sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat.

Yuk segera manfaatkan kesempatan spesial ini untuk borong semua produk incaran kamu di Transmart mumpung diskonnya sampai 50 persen.

Lihat Juga :
Yuk ke Transmart, Mumpung Diskon 50% + 20% Seharian Full!

Produk segar:

  • Dada ayam tanpa tulang diskon 20 persen dari harga normal Rp8.450 jadi Rp6.760 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.
  • Jeruk shantang daun diskon 20 persen dari harga normal Rp4.490 jadi Rp3.592 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.
  • Danish pastry mini diskon 20 persen dari harga normal Rp12.990 jadi Rp10.392 per 100 gram. Harga berlaku khusus di gerai Transmart Jabodetabek.

Produk elektronik:

  • LED TV 50" UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit.
  • LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.699.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.799.200 dari harga normal Rp3.899.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung.

Kasur dan sofa:

  • Resta Emattress ukuran 160x200 cm harga normal sekitar Rp2 jutaan. Harga diskonnya jadi Rp1.520.000.
  • Baylack Sectional Sofa Black dari harga normal Rp5 jutaan, harga diskonnya jadi Rp4.399.200.
  • Lady Rose bed sheet diskon produknya sampai 50 persen, plus 20 persen menggunakan Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Sepeda listrik dan sepeda lipat:

  • Sepeda listrik Exotic Scooter HB 320/C dari harga normal Rp3.800.000 diskon jadi Rp2.888.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic Scooter HB 320/C dari harga normal Rp4.100.000 diskon jadi Rp3.181.600 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic E-Bike Revolve dari harga normal Rp4.950.000, diskon jadi Rp3.455.200 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa.
  • Sepeda listrik Exotic E-Bike Revolve dari harga normal Rp5.250.000, diskon jadi Rp3.654.000 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa.
  • Sepeda lipat diskon up to 25% jadi mulai Rp951 ribuan. Diskon berlaku di Transmart Pulau Jawa.
  • Sepeda lipat diskon up to 25% dari harga Rp1.349.000 diskon jadi Rp1.079.200. Diskon berlaku di luar Pulau Jawa.

Koper Polo:

  • Polo Classic 20 inci yang dijual dengan harga mulai Rp799.000. Kalau bayarnya pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian koper bakal didiskon 20 persen.
  • Polo Classic 20 inci yang dijual dengan harga spesial mulai Rp555.000. Kalau bayarnya pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian koper bakal didiskon 20 persen.

Perlengkapan rumah tangga:

  • Glass storage harga normal mulai Rp65 ribuan, harga diskon mulai Rp47.920.
  • Magic mop with plastic strainer grey harga normal mulai Rp200 ribuan, harga diskon mulai Rp175.920.
  • Merah putih handuk harga spesial Rp60.000, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
  • Jamas karpet melody harga spesial Rp199.000, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
  • Lady rose bed sheet diskon 50 persen semua item, pakai Allo Prime, Bank Mega atau Bank Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.
Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]