petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

aku4d

pinjol resmi ojk terbaru 974Jutaan kata 406987Orang-orang telah membaca serialisasi

《aku4d》

IHSG Macet di 6.895 di Akhir Pekan******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 6.895 pada Jumat (17/2). Indeks saham tak berubah dari perdagangan sebelumnya.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 6.895 pada Jumat (17/2). Indeks saham tak berubah dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.895 pada Jumat (17/2).  Indeks saham tak berubah dari perdagangan sebelumnya.

IHSG sempat dibuka dengan positif pada perdagangan sesi I sebelum merosot jauh dan akhirnya ditutup di posisi serupa kemarin.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9.726 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25.324 miliar saham.

Indeks sektoral pun mayoritas merah, tujuh dari 11 sektor melemah dipimpin properti minus 0,97 persen. Sementara empat sektor lainnya menguat dipimpin kesehatan dengan 0,62 persen.

Nilai tukar rupiah pada pukul 15.10 WIB melemah 0,30 persen di level Rp15.204 per dolar AS.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Amerika kompak ambruk. Indeks S&P 500 turun di 1,38 persen disusul indeks NASDAQ Composite minus 1,78 persen. Berbeda, indeks NYSE Composite minus 0,89 persen.

Kemudian, bursa saham Asia kompak di zona merah. Indeks Nikkei 225 di Jepang tercatat minus 0,66 persen disusul index Kospi di Korea ikut turun 0,98 persen. Indeks Hang Seng Composite di Hong Kong ikut anjlok 1,17 persen.

Sementara, bursa saham Eropa terpantau kompak perkasa. Indeks CAC 40 di Prancis juga menguat dengan persentase 0,18 persen disusul indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,18 persen. Serupa, Indeks DAX di Jerman ikut menguat 0,89 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]

Manoj Punjabi, dari Cinta Fitri Kini Masuk Daftar 50 Orang Terkaya RI******

Manoj Punjabi, produser film dan sinetron ternama seperti Cinta Fitri, Ayat-ayat Cinta kini berharta Rp16 triliun dan masuk jajaran 50 orang terkaya RI.
Manoj Punjabi, produser film dan sinetron ternama seperti Cinta Fitri, Ayat-ayat Cinta kini berharta Rp16 triliun dan masuk jajaran 50 orang terkaya RI. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Daftar 50 orang terkayadi Indonesia versi Forbeskedatangan wajah baru. Salah satunya,Manoj Punjabi.

Mengutip data Forbes, Manoj memiliki harta US,05 miliar per Desember 2022 kemarin. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp15.606 per dolar AS, nilai kekayaan Manoj Punjabi tersebut tembus Rp16,37 triliun.

Kekayaan itu membuatnya jadi orang terkaya ke-43 di Indonesia.

Mengutip berbagai sumber, Manoj merupakan pria keturunan India yang lahir di Jakarta pada 7 Desember 1972. Ia merupakan anak dari salah satu produser film terkenal Dhamoo Punjabi.

Latar belakang itulah yang kemudian ikut membentuk kesuksesannya hingga bisa jadi orang kaya seperti sekarang ini. Maklum, karena latar belakang keluarga yang bekerja di dunia film dan sinetron, sejak kecil ia sudah bermain dengan dunia itu.

Saat masih kecil, ia sudah belajar soal film dari perusahaan milik keluarganya, Parkit Film. Di situ, ia juga tahu bagaimana seluk beluk membuat film, mengeditnya.

Dari sanalah, kegemarannya pada dunia perfilman tumbuh. Karena itulah, selepas menamatkan pendidikannya di Gandhi Memorial School, ia berkeinginan menimba ilmu di bidang perfilman.

Lihat Juga :
5 Konglomerat dengan Kenaikan Harta Terbesar 2022

Sayang, saat itu keluarganya tak memberikan lampu hijau kepada Manoj. Dalih mereka, industri perfilman Indonesia sedang terpuruk.

Manoj pun tak bisa berbuat apa-apa. Ia akhirnya memutuskan untuk mengubur keinginannya mendalami dunia perfilman. Ia kemudian bekerja dan mendirikan usaha.

Ia pernah kerja di sebuah industri pulp and papper. Tapi, ia tak kerja lama di perusahaan itu karena 3 bulan kemudian dipecat. Ia kemudian mendirikan bisnis tekstil.

"Pada 1993, saya mulai kerja di bidang tekstil, pulp and papper, 3 bulan di sana tapi tidak sesuai," katanya seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com.

Lihat Juga :
TAIPANWang Chuanfu, Penantang Elon Musk di 'Ring' Mobil Listrik

Hingga 1995, kesempatan baginya masuk ke industri perfilman datang lagi. Ia masuk di Multivision, perusahaan perfilman milik Raam Punjabi dan Gobind Punjabi yang tak lain adalah paman dari Manoj.

Di situ katanya, ia belajar soal industri perfilman. Tapi sayang, karena perbedaan pandangan, akhirnya pada 2001, Manoj kemudian keluar dari Multivision. Ia memilih jalan di industri perfilman sendiri. Bersama dengan ayahnya, ia mendirikan MD Entertainment.

Nama itu diambil dari singkatan Manoj dan Dhamoo. Saat mendirikan rumah produksi itu, ia mempunyai visi; mau membesarkan dan menjalankan perusahaan sendiri. Melalui rumah produksi ini, ia berhasil menelorkan sejumlah sinetron fenomenal.

Lihat Juga :
Deret Bisnis Low Tuck Kwong Raja Batu Bara Taipan Terkaya di Indonesia

Salah satunya, Cinta Fitri yang berhasil bertahan sampai dengan tujuh season. Selain Cinta Fitri, ada juga Bawang Merah dan Bawang Putih yang sukses menduduki rating tertinggi selama 30 minggu berturut-turut.

Kesuksesan sinetron ini semakin membuat MD Entertainment berkibar. Jumlah slot sinetron hasil produksi MD Entertainment yang pada awal kelahirannya hanya 1 jam per minggu, terus melesat jadi 55 jam per minggu. 

Tak hanya sukses dalam produksi sinetron, MD besutan Manoj juga berhasil melahirkan produksi beberapa film terkenal, seperti; Habibi & Ainun yang berhasil memberikan pendapatan kotor sampai dengan Rp101 miliar, Ayat-ayat Cinta yang berhasil menyumbang pendapatan Rp107 miliar, Surga yang Tak Dirindukan yang memberi sumbangan pendapatan Rp53 miliar dan KKN di Desa Penari.

Lihat Juga :
TAIPANJay Y Lee, Putra Mahkota Samsung yang Pernah Terlibat Skandal Suap

Kesuksesan itu kemudian mendorong Manoj mendirikan PT Multi Dimensia Corpora yang membawahi MD Entertainment. MD Entertaniment berfokus pada hiburan televisi. Multi Dimensia Corpora juga membawahi MD Pictures yang berfokus pada layar lebar, MD Music serta MD Animation.

Ia kemudian membawa perusahaannya melantai di bursa pada 2018 lalu. Aksi korporasi yang dilakukannya membuat MD semakin berkibar. 

Pada kuartal III 2022, MD Pictures membukukan pendapatan lebih dari dua kali lipat menjadi US juta atau setara Rp382 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sampai akhir tahun, Manoj berharap nilai itu bisa ditingkatkan jadi Rp500 miliar. Karena kinerja yang moncer, nilai saham MD pun terus melesat hingga empat kali lipat dalam setahun terakhir.

Diperkirakan, kapitalisasi pasar perusahaan besutan Manoj itu mencapai Rp23,3 triliun pada pertengahan November 2022. Manoj percaya ke depan industri perfilman dan MD akan semakin besar.

Hal itu ia sadari setelah memproduksi film Surga yang Tak Dirindukan pada 2015 lalu. 

"Setelah itu, saya merasa dan melihat film ini adalah industri yang sedang sun rise," katanya.

Perkiraan itu ia dasarkan pada besarnya potensi industri film di Indonesia. Dari sisi penonton saja misalnya, potensi itu bisa dilihat dari peningkatan jumlah.

Pada 2015 lalu, data yang dimilikinya, jumlah penonton film di Indonesia masih 18 juta orang. Tapi dalam waktu setahun, jumlah itu melesat hampir dua kali lipat jadi 32 juta dan pada 2017 jadi 42 juta.

"Benar-benar besar. Sekarang pertumbuhannya signifikan. Kepercayaan orang terhadap film Indonesia sangat positif," katanya. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/dzu)

Genjot Pasar Saudi, Zulhas Dorong Eksportir Bisa Penuhi Standar******

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta pelaku usaha untuk bisa meningkatkan hubungan bisnis dengan Arab Saudi.
Kemendag siapkan eksportir Indonesia untuk bisa menembus pasar Arab Saudi. (Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasanmengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pelaku usaha eksporuntuk memenuhi permintaan pasar Arab Saudi. Persiapan itu dilakukan dengan memperhatikan standar, kualitas, kuantitas, permodalan, keberlanjutan, dan keterampilan.

Zulhas, sapaan akrabnya, yakin produk ekspor RI yang berkualitas dapat terus meningkat di pasar Arab Saudi. Ini seiring dengan upaya Indonesia yang sedang mempersiapkan diri sebagai pusat perdagangan produk halal dunia pada 2024 mendatang.

"Saya berharap para pengusaha Indonesia dan pengusaha Arab Saudi dapat terus bekerja sama meningkatkan hubungan bisnis dan perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi. Kuncinya adalah komunikasi, komunikasi, dan komunikasi yang lebih intens," kata Zulhas melalui keterangan resmi, Senin (23/1).

"Sebagai menteri perdagangan, saya diberi tugas oleh Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor nonmigas khususnya ke negara mitra dagang strategis seperti Arab Saudi," imbuh Zulhas.

Berdasarkan catatannya, pada periode Januari-Oktober 2022, kinerja ekspor nonmigas Indonesia-Arab Saudi naik 26,48 persen yang sebesar US,43 miliar. Nilai ini naik dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebesar US,92 miliar.

Menurut Zulhas, Arab Saudi merupakan salah satu mitra strategis untuk Indonesia. Khusus untuk produk makanan olahan, Arab Saudi menempati posisi ke-8 sebagai negara tujuan ekspor produk makanan olahan Indonesia antara lain tuna kaleng, mi instan, saus sambal, kecap, serta biskuit dan wafer.

"Saya melihat bahwa perdagangan dari kedua negara dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Berbagai produk yang diperlukan oleh Arab Saudi, seperti alas kaki, pakaian, farmasi, jasa konstruksi, makanan olahan, kertas, plywood, dan produk konsumsi harian lainnya masih dapat ditingkatkan perdagangannya," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slot gacor via qris

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjaman dana online resmi
erek erek borgol
demo gates of olympus maxwin
manis 888 link alternatif
situs slot adalah
kapal judi
mgo777
link situs slot gacor hari ini
pinjaman online yang mudah
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot bayar
Bab 2 rtp panen138
Bab 3 bidadari29
Bab 4 agen slot mudah menang
Bab 5 qqmega368
Bab 6 6d sydney paito
Bab 7 kunci maxwin slot
Bab 8 slot pagi gacor
Bab 9 buku 1001 mimpi togel 2d
Bab 10 bunda 138 slot login
Bab 11 turbo slot
Bab 12 nama situs tergacor
Bab 13 situs gacor gampang menang
Bab 14 pinjol gampang cair ilegal
Bab 15 rtp ciputra88
Bab 16 hadiah138
Bab 17 logamtoto
Bab 18 merchant kredivo offline bandung
Bab 19 bareng88
Bab 20 tafsir mimpi 27
Klik untuk melihattersembunyi di tengah945bab
takutBacaan TerkaitMore+

santo

cara pasang togel di key4d
Aturan PHK dalam Perppu Ciptaker menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Aturan PHK dalam Perppu Ciptaker menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. (AFP/NHAC NGUYEN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Aturan pemutusan hubungan kerja (PHK) di Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pasalnya, dalam Perppu tersebut pengusaha tidak perlu lagi mendapatkan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Mengacu pada pasal 151 ayat 3 UU Ketenagakerjaan, jika tidak ada kesepakatan antara pengusaha dan pekerja atau serikat buruh, maka PHK hanya bisa dilakukan setelah mendapatkan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial atau dalam hal ini Mahkamah Agung (MA).

Sementara, dalam pasal 151 ayat 4 Perppu Ciptaker, PHK bisa dilakukan tanpa keputusan incrachtdari MA. Dalam hal ini, jika tidak terjadi kesepakatan, PHK akan dilakukan melalui tahap penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

"Dalam hal perundingan bipartit sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak mendapatkan kesepakatan, pemutusan hubungan kerja dilakukan melalui tahap berikutnya sesuai dengan mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial," bunyi pasal 151 ayat 4.

Selain itu, pasal 152 dalam UU Ketenagakerjaan ikut dihapus di Perppu Ciptaker. Pasal ini terdiri dari tiga ayat yang mengatur cara permohonan penetapan PHK kepada lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Lihat Juga :
Zulhas soal Isu Reshuffle Kabinet: Urusan Istana, Saya Urusi Ibu-ibu

Berikutnya, pasal 155 UU Ketenagakerjaan juga ikut dihapus. Pasal itu terdiri dari tiga ayat yang menyebutkan bahwa PHK tanpa penetapan dari MA akan batal demi hukum.

"Selama putusan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial belum ditetapkan, baik pengusaha maupun pekerja/buruh harus tetap melaksanakan segala kewajibannya," dikutip dari ayat 2 pasal 155 UU Ketenagakerjaan.

Serta, ayat terakhir dalam pasal ini menyebutkan pengusaha bisa menskors pekerjanya dengan tetap wajib membayarkan upah dan hak lain selama proses PHK berlangsung.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Rasa hormat yang tinggi terhadap siswa

slot pasti jackpot
Aturan PHK dalam Perppu Ciptaker menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Aturan PHK dalam Perppu Ciptaker menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. (AFP/NHAC NGUYEN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Aturan pemutusan hubungan kerja (PHK) di Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi lebih mudah dibandingkan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pasalnya, dalam Perppu tersebut pengusaha tidak perlu lagi mendapatkan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Mengacu pada pasal 151 ayat 3 UU Ketenagakerjaan, jika tidak ada kesepakatan antara pengusaha dan pekerja atau serikat buruh, maka PHK hanya bisa dilakukan setelah mendapatkan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial atau dalam hal ini Mahkamah Agung (MA).

Sementara, dalam pasal 151 ayat 4 Perppu Ciptaker, PHK bisa dilakukan tanpa keputusan incrachtdari MA. Dalam hal ini, jika tidak terjadi kesepakatan, PHK akan dilakukan melalui tahap penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

"Dalam hal perundingan bipartit sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak mendapatkan kesepakatan, pemutusan hubungan kerja dilakukan melalui tahap berikutnya sesuai dengan mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial," bunyi pasal 151 ayat 4.

Selain itu, pasal 152 dalam UU Ketenagakerjaan ikut dihapus di Perppu Ciptaker. Pasal ini terdiri dari tiga ayat yang mengatur cara permohonan penetapan PHK kepada lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Lihat Juga :
Zulhas soal Isu Reshuffle Kabinet: Urusan Istana, Saya Urusi Ibu-ibu

Berikutnya, pasal 155 UU Ketenagakerjaan juga ikut dihapus. Pasal itu terdiri dari tiga ayat yang menyebutkan bahwa PHK tanpa penetapan dari MA akan batal demi hukum.

"Selama putusan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial belum ditetapkan, baik pengusaha maupun pekerja/buruh harus tetap melaksanakan segala kewajibannya," dikutip dari ayat 2 pasal 155 UU Ketenagakerjaan.

Serta, ayat terakhir dalam pasal ini menyebutkan pengusaha bisa menskors pekerjanya dengan tetap wajib membayarkan upah dan hak lain selama proses PHK berlangsung.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

harry potter louis

taipan78
Aprindo menyatakan ada beberapa penyebab sejumlah mal sepi di DKI Jakarta. Mulai dari strategi yang salah hingga sistem strata yang digunakan mal.
Aprindo menyatakan ada beberapa penyebab sejumlah mal sepi di DKI Jakarta. Mulai dari strategi yang salah hingga sistem strata yang digunakan mal. (CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey mengatakan ada beberapa penyebab sejumlah mal sepi di DKI Jakarta. Pertama, mal yang sepi biasanya menerapkan sistem strata.

Roy mengatakan ada dua jenis mal yakni strata dan lease. Dalam sistem strata, tenant membeli tempat di dalam mal untuk menjalankan usaha mereka, sehingga mereka bebas menentukan apakah akan membuka atau menutup usaha mereka.

Sedangkan dalam, sistem lease, tenant menyewa tempat di dalam mall dengan ketentuan yang disepakati. Jika tidak membuka tenant, mereka akan dikenakan sanksi sesuai kesepakatan.

"Jadi sebenarnya bukan mati mal-nya, tapi yang kesorot itu mal-mal yang tipenya strata," ujarnya di Hypermart Puri Indah, Jakarta Barat, Rabu (8/2).

Kedua, mal sepi karena pemiliknya terlambat melakukan perubahan strategi, padahal perilaku konsumen berubah terutama setelah era new normal. Ia mencontohkan Ratu Plaza yang sepi.

Roy mengatakan Ratu Plaza seharusnya berinovasi dan tidak hanya berfokus pada penjualan barang elektronik. Pasalnya saat ini konsumen lebih memilih membeli barang elektronik di daerah Glodok atau membelinya secara online.

Lihat Juga :
Zoom Akan PHK 1.300 Karyawan, Pangkas Gaji CEO 98 Persen

Ia mengatakan Ratu Plaza seharusnya berubah menjadi mal makanan dan minuman atau leisure mal. Pasalnya konsumen saat ini cenderung makan dan minum terlebih dahulu sebelum belanja.

"Sebelum tahun 2000 orang belanja dulu baru makan minum, tapi setelah 2015 ke atas atau sekarang orang makan minum dulu baru belanja," ujarnya.

Maka dari itu, Roy mengatakan mal yang tidak menjual makanan dan minuman akan cenderung ditinggalkan pengunjung.

Sejumlah mal di DKI Jakarta sepi pengunjung usai pandemi covid-19 menghantam Indonesia sejak 2020 lalu, di antaranya Ratu Plaza, Glodok City, Mal Blok M dan Plaza Semanggi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Mendobrak Alam Kesengsaraan Surgawi

pusat slot gacor
Belanja di Transmart rupanya tak sekadar dapat memenuhi kebutuhan harian. Lebih dari itu, ada sejumlah keuntungan belanja di Transmart. Apa saja, ya?
Belanja di Transmart tak sekadar dapat memenuhi kebutuhan harian. Lebih dari itu, ada sejumlah keuntungan belanja di Transmart. (Arsip Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja di Transmart rupanya tak sekadar dapat memenuhi kebutuhan harian seperti membeli bahan pangan misalnya beras, telur, ayam, dan lainnya.

Begitu juga dengan kebutuhan rumah tangga seperti sabun, sampo, sabun cuci muka, pembersih lantai, dan lainnya.

Lihat Juga :
Sinergi dengan Bukalapak, Transmart Jadi Hub Belanja Online Allo Fresh

"Di Transmart tuh lumayan murah menurut saya soalnya ada diskonnya," ucap Ella saat berbincang dengan CNNIndonesiaTV,Minggu (12/2).


2. Diskon tambahan

Tak hanya lebih murah, belanja di Transmart juga semakin menguntungkan karena dapat diskon tambahan. Syaratnya, konsumen membayar dengan Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega.

Diskonnya mencapai 10 persen. Sementara pembayaran dengan kartu debit Bank Mega diskon 5 persen.

"Kebetulan saya punya Allo Bank dan Mega juga, jadi saya pilih diskonnya di sini," ungkap Ella.


3. Produk lengkap

Belanja di Transmart juga dijamin lengkap. Soalnya, ada sekitar 14 ribu produk yang dijual di Transmart.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Lebih Untung Pakai Allo Bank dan Bank Mega


4. Lihat langsung bentuk dan kualitasnya

Keuntungan belanja di Transmart selanjutnya adalah bisa melihat langsung bentuk dan kualitas produk yang dibeli.

"Soalnya enak bisa langsung pilih dan kita langsung tahu kualitasnya, dia itu segar atau tidak, saya juga bisa lihat expired-nya," kata Ella.


5. Anti-penipuan

Adam Setia Halim, konsumen lain di Transmart mengatakan produk yang dibeli di Transmart juga pasti anti gagal dan anti penipuan. Sebab, kualitasnya barang yang dijual di Transmart dijamin asli.

"Kalau belanja offline, kita bisa tahu fisiknya, kalau online kita cuma tahu, 'Oh gini,' tapi engga tahu isinya gimana, takutnya nanti pas datang tidak sesuai yang kita harapan," kata Adam.


6. Bisa coba produk

Konsumen juga dapat mencoba langsung produk yang hendak dibeli, misalnya ingin mencoba baju, celana, atau sendal yang juga dijual di Transmart.

Lihat Juga :
Kaum Hemat Boleh Cek, Produk Transmart Lebih Murah dari Toko Sebelah


7. Fasilitas lengkap

Vice President Corporate Communications PT Trans Retail Indonesia Satria Hamid mengungkapkan belanja di Transmart tentu menyenangkan karena dilengkapi dengan banyak fasilitas.

Misalnya seperti Transmart yang ada di Trans Icon Mall Surabaya yang dilengkapi dengan wahana Trans Snow World. Jadi, belanja di Transmart bisa sekalian mengajak keluarga dan teman untuk rekreasi.

"Jadi ada permainan Trans Snow di situ, dan kedua, juga didukung ada fasilitas entertainment yang lain katakan ada bioskop, arena bermain yang besar," ucap Satria.

Nah,tunggu apalagi? Ayo segera berbelanja di Transmart dan nikmati semua keuntungannya.

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Wanita Pedang Cang Lei

linetoge
Nestle (NESN.S) akan menaikkan harga produk makanan perusahaan demi menyiasati lonjakan biaya produksi.
Nestle (NESN.S) akan menaikkan harga produk makanan perusahaan demi menyiasati lonjakan biaya produksi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nestle (NESN.S) akan menaikkan harga produk makanan mereka. Informasi soal rencana kenaikan harga tersebut disampaikan oleh Kepala Eksekutif Mark Schneider kepada sebuah surat kabar Jerman.

Mengutip Reuters, Senin (6/2), ia mengatakan kenaikan harga terpaksa dilakukan demi mengimbangi lonjakan biaya produksi. 

"Kenaikan tidak akan setinggi pada 2022, tetapi kami memiliki beberapa hal yang harus dilakukan selama setahun penuh," kata Schneider.

[Gambas:Video CNN]



(agt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Memikirkan Tibet

buku mimpi capung
Badai PHK di e-commerce masih berlanjut imbas ekonomi lesu. Tak hanya PHK, e-commerce JD.ID bahkan harus gulung tikar di awal tahun ini.
Badai PHK di e-commerce masih berlanjut imbas ekonomi lesu. Tak hanya PHK, e-commerce JD.ID bahkan harus gulung tikar di awal tahun ini. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di e-commercemasih berlanjut imbas ekonomi lesu. Tak hanya PHK, e-commerceJD.ID bahkan harus gulung tikar di awal tahun ini.

JD.ID merupakan perusahaan patungan e-commerce China JD.com dan Provident Capital. Marketplace ini resmi menutup layanan belanja online mereka per 31 Maret 2023, dan melayani pesanan terakhir pada 15 Februari 2023.

Sebelum mengumumkan akan menutup layanannya, JD.ID menutup cabang logistiknya JDL Express Indonesia per 22 Januari 2023. Perusahaan juga melakukan PHK secara bertahap.

Selain JD.ID, PT Shopee Indonesia juga memangkas jumlah karyawannya pada September tahun lalu.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan PHK merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh perusahaannya sebagai efisiensi, setelah sebelumnya melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

Senada, PHK juga dilakukan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo terhadap 12 persen dari total karyawannya atau sebanyak 1.300 orang.

Lihat Juga :
Daftar Diskon 8 Produk JD.ID Jelang Tutup di RI, Elektronik 99 Persen

PHK dilakukan agar perusahaan lebih agile atau lincah dan bisa menjaga tingkat pertumbuhan, sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

Menanggapi gempuran PHK yang terus terjadi di perusahaan e-commerce, Peneliti Center of Economic and Law Studies (Celios) Muhammad Andri Perdana mengatakan pendanaan yang seret menjadi alasan kuat mengapa para e-commerce goyah.

Andri menegaskan investor sudah semakin selektif dan kini beralih ke instrumen investasi yang lebih aman ketimbang harus menyuntikkan dana ke e-commerce. Dengan alasan itu, Andri melihat promo e-commerce saat ini sangat terbatas.

"Di saat pertumbuhan e-commerce meredup, sedangkan return obligasi negara, seperti US Treasury meningkat padahal tingkat resikonya jauh lebih rendah, maka sekarang e-commerce kesulitan mendapatkan dana segar dari investor. Mau mendapatkan pendanaan dari bank pun juga mahal karena suku bunga ikut meningkat," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (1/2).

Lihat Juga :
PGN Bakal Konversi Truk Pertamina BBM ke Gas Mulai Maret 2023

Selain masalah pendanaan, minimnya promo dan persaingan antar e-commerce juga menjadi penyebab runtuhnya satu per satu bisnis belanja online tersebut.

Andri menilai meningkatnya mobilitas masyarakat setelah pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia pada akhir Desember 2022.

Menurutnya, banyak konsumen yang akhirnya kembali berbelanja di toko konvensional ketimbang check out di e-commerce. Apalagi, semenjak suntikan dana terhadap e-commerce seret, para marketplace tersebut kini minim promo.

Ia menilai daya beli masyarakat juga belum pulih sepenuhnya karena inflasi tidak dibarengi kenaikan pendapatan rumah tangga.

Lihat Juga :
Cerita Luhut Usai Kunjungi Afrika: Kaya Litium Tapi Sangat Miskin

Kondisi ini pada akhirnya membuat masyarakat lebih memilih pilihan yang lebih ekonomis dengan belanja di toko konvensional, meninggalkan e-commerce. Terlebih, Andri menilai sekarang e-commerce semakin dituntut untuk mengurangi kerugian.

"Sehingga sekarang banyak e-commerce menambah biaya admin dan potongan penjualan kepada penjual. Biaya ini biasanya oleh penjual akan dibebankan ke pembeli yang membuat harga-harga di e-commerce semakin tidak ekonomis bagi pembeli," jelasnya.

Terkait persaingan e-commerce yang semakin ketat. Ia menilai hadirnya social commerce seperti TikTok Shop yang viral belakangan ini dengan istilah "keranjang kuning", juga menjadi pesaing marketplace.

Ia menjelaskan pasar e-commerce Indonesia banyak beririsan dengan platform media sosial. Namun, platform media sosial seperti Facebook hingga TikTok terus berinovasi menghadirkan layanan belanja online milik mereka masing-masing.

Lihat Juga :
Stabilkan Harga, Bulog Bali Salurkan 16 Ribu Liter Minyakita ke Warung

Oleh karena itu, Andri menyarankan e-commerce mengambil langkah tepat dalam menjaga pasar. Tujuannya agar para pengguna tetap menggunakan platform belanja online mereka.

"Seperti memberikan insentif bagi penyebar link produk di sosial media atau bahkan memperkuat positioning mereka pada segmen-segmen yang menjadi target sehingga pengguna sosial media tetap mengandalkan e-commerce tersebut untuk membeli barang," tandasnya.

Di lain sisi, Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono menyoroti secara khusus soal badai PHK di industri startup, termasuk e-commerce. Ia memproyeksi PHK di industri digital masih berpeluang besar berlanjut di tahun ini.

Bagi perusahaan mapan, Yusuf menilai kemunduran usaha mereka banyak disebabkan aksi over ekspansi di masa pandemi. Memang permintaan terhadap produk dan jasa digital melonjak drastis pada saat itu, sehingga banyak perusahaan digital merekrut tenaga kerja secara besar-besaran.

Lihat Juga :
Produksi Batu Bara Dalam Negeri Capai 687 Juta Ton pada 2022

Sayang, seiring dengan penghapusan berbagai pembatasan sosial selepas pandemi membuat permintaan terhadap produk dan jasa digital menurun. Pada akhirnya PHK e-commerce tidak bisa dihindari.

Sementara itu, Yusuf merinci tiga faktor PHK di startup digital yang banyak mengandalkan pembiayaan non-bank. Pertama, model bisnis yang tidak solid. Kedua, persaingan yang semakin keras. Ketiga, dukungan pendanaan yang melemah seiring pengetatan moneter dunia dan berakhirnya era suku bunga rendah.

Ia juga menyinggung soal fenomena 'bakar uang' di dunia startup. Menurutnya, strategi tersebut jika tidak kunjung menghasilkan revenue dan profit memadai hanya akan berujung terhentinya kucuran dana dari investor.

"Akibatnya startup banyak yang mulai berhenti melakukan strategi 'bakar uang' untuk akuisisi konsumen, melakukan efisiensi seperti PHK karyawan, bahkan tidak sedikit yang mengalami kebangkrutan," jelasnya.

Yusuf menegaskan bahwa persaingan memperebutkan pasar semakin keras dan akuisisi konsumen tidak lagi bisa hanya mengandalkan promo dan diskon. Sementara penyedia dana tidak lagi memiliki keleluasaan seiring kenaikan suku bunga dan likuiditas yang semakin ketat.



Bisnis e-commerce di Indonesia masih menarik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2