petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara belanja cicilan di lazada

angka jitu ditagih hutang 130Jutaan kata 466212Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara belanja cicilan di lazada》

Transmart Full Day Sale Balik Lagi, Ayo ke Gerai Terdekat Sekarang******

Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (5/11), promo ini berlangsung selama seharian. Yuk, ke gerai terdekat sekarang!
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (5/11), promo ini berlangsung selama seharian. Yuk, ke gerai terdekat sekarang! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (5/11). Promo ini berlangsung selama seharian dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Di pesta diskon ini, Transmart kasih diskon gede-gedean mencapai 50 persen dan ekstra diskon 20 persen. Yuk, ke gerai terdekat di kotamu sekarang juga!

Lihat Juga :
Belanja Sekarang di Transmart Bayarnya Belakangan Pakai Allo Paylater

Pelanggan juga bisa mendapat diskon tambahan 20 persen khusus untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Cus, siapkan daftar belanjaan dan langsung kunjungi Transmart terdekat ya, lalu borong belanjaan yang banyak dengan diskon di akhir pekan cuma di Transmart Full Day Sale.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Isi Komentar JK soal Kisruh Negara Vs Pontjo Sutowo di Hotel Sultan******

Jusuf Kalla mengatakan pemerintah harusnya menghargai sejarah pendirian Hotel Sultan yang dilakukan Ibnu Sutowo dalam ribut dengan Pontjo Sutowo.
Jusuf Kalla mengatakan pemerintah harusnya menghargai sejarah pendirian Hotel Sultan yang dilakukan Ibnu Sutowo dalam ribut dengan Pontjo Sutowo. (Dok. Gojek).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kallaikut berkomentar soal ribut yang terjadi antara negara melawan pengusaha Pontjo Sutowo dalam pengelolaan Hotel Sultan

Menurutnya, sengketa Hotel Sultan tersebut hanya persoalan kebijakan pemerintah belaka. Ia mengatakan dalam sengketa tersebut, pemerintah harusnya mengutamakan pengusaha pribumi. 

JK menilai kebijakan pemerintah belakangan ini  terlihat lebih mengutamakan pengusaha asing dibanding pribumi. Contoh itu kata JK terlihat dari langkah pemerintah memberi hak guna lahan kepada asing di IKN hingga 195 tahun.

"Jangan di lain pihak investor asing diundang masuk ke Indonesia dengan segala fasilitasnya sampai kalau di IKN waktu hampir 2 abad. Di lain pihak ini diusir dari tempat dia membangun. Memang tentu ada aturannya seperti itu tapi kebijakannya tentu ada keberpihakan" ujar JK melalui siaran pers Senin (6/11).

Lebih lanjut JK juga meminta agar pemerintah dapat menghargai sejarah pendirian Hotel Sultan. Menurutnya hotel Sultan dibangun oleh Ibnu Sutowo untuk memfasilitasi akomodasi para investor yang akan berinvestasi di Indonesia.

Saat itu katanya, belum ada pengusaha Indonesia yang bersedia membangun hotel bintang bertaraf internasional.

"Hotel Sultan dibangun untuk memenuhi kebutuhan daripada orang-orang yang mau datang ke Indonesia dan cari hotel yang baik, untuk itu Ibnu Sutowo bersedia membangun itu, jangan lihat sekarang tapi lihat tahun berapa itu. Mesti dihargai Jangan hanya asing yang diberi penghargaan" ujar JK.

Pontjo Sutowo memang tengah ribut dengan negara terkait pengelolaan Hotel Sultan.

Polemik antara Pontjo dengan negara ini berawal pada 2006. Dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 952/PDT.G/2006/PN.

Infografis Kronologi Kisruh Pontjo Sutowo Vs Negara di Perang Berebut Hotel SultanInfografis Kronologi Kisruh Pontjo Sutowo Vs Negara di Perang Berebut Hotel Sultan. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Dalam gugatan tersebut, Pontjo menggugat Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Mensekneg selaku Ketua BDN Pengelola GOR B. Karno, Jaksa Agung, Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta, dan Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Jakarta Pusat.

Merujuk pada salinan putusan gugatan tersebut, perkara dimulai pada 1971 saat PT Indobuildco diberi tugas oleh Pemerintah DKI Jakarta untuk membangun gedung konferensi yang bertaraf internasional dengan segala kelengkapannya. PT Indobuildco juga ditugaskan membangun hotel internasional yang harus selesai pada 1974.

Atas tugas tersebut, PT Indobuildco melakukan perjanjian dengan Pemda DKI Jakarta dengan sejumlah poin. Perjanjian tersebut ditandatangani 19 Agustus 1971.

Salah satunya, PT Indobuildco mendapat izin penggunaan lahan seluas 13 hektare dengan membayar kepada Gubernur US,5 juta untuk jangka waktu 30 tahun. Pada saat penandatanganan perjanjian dilakukan pembayaran sebesar US0 ribu.

Dalam perjanjian itu, juga disebutkan Gubernur DKI Jakarta akan membantu soal penyelesaian tanah dan perizinan dan semua biaya dibebankan kepada penggugat. Dituliskan pula, masalah tanah sepenuhnya menjadi tanggung jawab gubernur.

Waktu berlalu, pada 3 Agustus 1972 terbit Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 181/HGB/Da/72 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Agraria atas nama Menteri Dalam Negeri tentang Pemberian Hak Guna Bangunan (HGB) kepada perusahaan Pontjo untuk jangka waktu 30 tahun.

Namun, kemudian HGB tersebut dipecah menjadi dua yakni nomor 26/Gelora tanah seluas 57.120 meter persegi dan HGB Nomor 27/Gelora seluas 83.666 meter persegi. Kedua HGB itu memiliki masa berakhir pada 4 Maret 2003.

[Gambas:Video CNN]

Lalu pada tahun 2002, PT Indobuildco mengklaim telah melakukan perpanjangan terhadap kedua HGB tersebut.

Perpanjangan tersebut diklaim telah disetujui selama 20 tahun berdasarkan surat keputusan Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta. Perpanjangan tersebut turut diklaim telah dicatat pada Buku Tanah dan sertifikat kedua HGB diatasnamakan penggugat.

Meski demikian, ternyata ada Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 169/HPL/BPN/89 tanggal 15 Agustus 1989 tentang Pemberian Hak Pengelolaan Atas Nama Sekretariat Negara Republik Indonesia cq Badan Pengelolaan Gelanggang Olah Raga Senayan.

Hal tersebut yang mendasari gugatan oleh pihak Pontjo. Dalam salah satu petitumnya, penggugat juga meminta agar surat keputusan Kepala BPN itu dinyatakan cacat hukum.

Lihat Juga :
Daftar Pengusaha yang Masuk TKN Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Pada 2007, hakim pun membacakan vonis atas gugatan yang dilayangkan PT Indobuildco. Dalam vonisnya, hakim mengabulkan gugatan penggugat sebagian.
Hakim menyatakan surat perpanjangan HGB oleh PT Indobuild sah menurut hukum. Sementara SK Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 169/HPL/BPN/89 tanggal 15 Agustus 1989 adalah tidak sah dan cacat prosedur.

Menurut hakim, SK tersebut melanggar asas-asas umum pemerintahan yang baik yakni asas kejujuran, asas kecermatan, dan asas kepastian hukum karena telah memasukkan tanah Hak Guna Bangunan nomor 26/Gelora dan Hak Guna Bangunan Nomor 27/Gelora ke dalam lingkup hak pengelolaan lahan.

Atas putusan itu, Kemsetneg pun mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Banding tersebut diterima, tapi putusannya menguatkan vonis PN Jakarta Selatan.

Tak berhenti sampai di situ, pemerintah lantas mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun, MA menolak kasasi yang terdaftar dengan nomor perkara 270 K/PDT/2008 tanggal 18 Juni 2008.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Buka Alasan Pemerintah Banjiri Rakyat Miskin dengan Bansos

Pemerintah terus melanjutkan langkah hukum dengan mengajukan Peninjauan Kembali (PK).

MA pun mengabulkan PK ini dan membatalkan putusan MA nomor 270 K/PDT/2008 tanggal 18 Juni 2008 dan putusan PT DKI Jakarta nomor 262/Pdt/2007/PT.Jkt tanggal 27 Agustus 2007 yang memperbaiki putusan PN Jaksel nomor 952/Pdt.G/2006/PN.Jkt.Sel tanggal 8 Januari 2007.

Dalam putusan PK itu, salah satu pertimbangan MA mengabulkan permohonan pemerintah adalah kasus hukum yang menyeret Robert Jeffrey Lumempouw selaku Kepala Kanwil BPN Jakarta. Ia adalah pihak menerbitkan perpanjangan HGB.

Dalam kasus ini, Robert dinyatakan bersalah karena telah menyalahgunakan wewenang dalam memperpanjang HGB Nomor 26/Gelora dan Nomor 27/Gelora.

(rzr/agt)

Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 21 Ribu Sehari******

KCIC mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tembus 21.312 orang pada Minggu (11/11) dan menjadi rekor tertinggi.
KCIC mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tembus 21.312 orang pada Minggu (11/11) dan menjadi rekor tertinggi. (Foto: AFP/BAY ISMOYO)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Whooshtembus 21.312 orang pada Minggu (11/11) dan menjadi rekor tertinggi sejak kereta cepat ini beroperasi.

Jumlah itu dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan, dengan rincian 28 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan capaian tersebut menjadi kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi.

Ia merinci dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3 persen merupakan penumpang first class, lalu 886 penumpang atau 4,2 persen penumpang business class.

Kemudian, 19.929 penumpang atau 93,5 persen penumpang premium economy class.

Sebelumnya, angka penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu (11/11) sebanyak 20 ribu penumpang dan Sabtu (4/11) pekan lalu, yakni 18 ribu penumpang.

KCIC mencatat dibandingkan pekan lalu, pada minggu ini terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 18 persen atau sebanyak 3.259 penumpang.

Dari sisi jumlah perjalanan pun meningkat sebesar 12 persen, dari 32 perjalanan pada Sabtu (4/11) menjadi 36 perjalanan pada Sabtu (11/11) dan Minggu (12/11).

Eva menyebutkan rata-rata okupansi atau keterisian masing-masing perjalanan mencapai 98,5 persen. Bahkan, di jadwal tertentu okupansi mencapai 100 persen atau terjual habis. Melihat tingginya permintaan penumpang tersebut, KCIC secara berkala juga melakukan evaluasi khususnya terkait jadwal dan jumlah perjalanan kereta.

"Kami turut senang karena antusias penumpang terhadap Kereta Cepat Whoosh sangat tinggi. Kami berharap, ke depannya penumpang akan tetap terus tinggi dan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Kereta Cepat Whoosh," kata Eva.

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan melayani empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)




bab terbaru:interbola2

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot hari ini
aplikasi kredivo bisa pinjam uang
link game judi slot online
livetaiwan
sultantogel
slot20
sabangbet
betslot777
intan77
Daftar isi semua bab
Bab 1 sensa838
Bab 2 cara pinjam saldo dana
Bab 3 situs judi tergacor
Bab 4 powerbet slot
Bab 5 buku mimpi 2d 06
Bab 6 web slot
Bab 7 cara mendapatkan duit dengan mudah
Bab 8 slot gacor pragmatic gampang jackpot
Bab 9 pinjol legal pasti cair
Bab 10 totonesia
Bab 11 slot asli maxwin
Bab 12 slot rekomendasi gacor
Bab 13 liga slot online
Bab 14 nama situs paling gacor
Bab 15 pinjaman instan
Bab 16 voucher gojek pengguna baru
Bab 17 slot resmi di indonesia
Bab 18 bunga pinjaman easycash
Bab 19 judi indonesia terpercaya
Bab 20 depo slot online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1962bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Kekuatan istri

pandabet
'Trust' milik keluarga konglomerat Jack Ma akan menjual 10 juta saham Alibaba senilai US1 juta atau berkisar Rp13,5 triliun.
'Trust' milik keluarga konglomerat Jack Ma akan menjual 10 juta saham Alibaba senilai US1 juta atau berkisar Rp13,5 triliun. (AP/Mark Schiefelbein).
Jakarta, CNN Indonesia--

Trust milik keluarga Jack Maakan menjual 10 juta saham American Depository Shares milik Alibaba Group Holdings seharga US1 juta atau setara Rp13,54 triliun (asumsi kurs Rp15.547 per dolar AS).

Secara umum, 'family trust' merupakan jenis perwalian yang umumnya didirikan oleh seseorang semasa hidupnya untuk kepentingan kelompok keluarga mereka. Trust juga dikenal sebagai produk perencanaan warisan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (16/11), penjualan saham Alibaba Group Holdings itu akan dilakukan pada 21 November 2023 oleh JSP Investment dan JC Properties. Kedua lembaga itu merupakan bagian dari Trust Jack Ma.

Penunjukan ini turut menjadi sejarah perusahaan. Pasalnya, Alibaba sudah dua kali merestrukturisasi jajaran bos usai Jack Ma cabut.

"Meskipun transformasi kami saat ini menghadirkan struktur organisasi dan tata kelola yang baru, namun misi Alibaba tetap tidak akan berubah," tegas Wu beberapa waktu lalu.

Saham Alibaba yang terdaftar di Amerika Serikat (AS) turun lebih dari 3 persen dalam perdagangan pre-market menjelang rilis laporan keuangan kuartalan perusahaan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

kunci ajaib

cara pembayaran adakami
BPS mengungkapkan tiga lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja per Agustus 2023. Mereka adalah; makanan minuman, konstruksi dan pertanian.
BPS mengungkapkan tiga lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja per Agustus 2023. Mereka adalah; makanan minuman, konstruksi dan pertanian. (AP/Anupam Nath).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan tiga lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerjaper Agustus 2023.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan secara keseluruhan jumlah penduduk yang bekerja mencapai 139,85 juta orang per Agustus 2023.

Adapun tiga lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah akomodasi dan makanan minuman, konstruksi, serta pertanian pada 3 kuartal pertama 2023 kemarin.

Sementara itu, terjadi penurunan jumlah tenaga kerja di tiga lapangan usaha. Adapun ketiga lapangan usaha itu adalah aktivitas kesehatan dan kegiatan sosial sebanyak 0,03 juta orang.

Lalu, informasi dan komunikasi menurun 0,02 juta orang. Kemudian, treatment air sampah, dan daur ulang juga menurun 0,02 juta orang.

Lebih lanjut, BPS juga mencatat sebanyak 7,86 juta orang adalah pengangguran per Agustus 2023.

"Pada Agustus 2023 terdapat sebanyak 7,86 juta orang pengangguran atau setara dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,32 pesen," ucap Amalia.

Ia mengatakan jumlah pengangguran itu lebih rendah 0,54 persen dibanding Agustus 2022 yang mencapai 8,42 juta orang.

Meskipun terus menurun, jumlah dan tingkat pengangguran ini masih relatif lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi atau Agustus 2019, yakni 7,1 juta orang.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Matahari menerobos langit

cara menghasilkan uang di dana
OIKN membuka stan di APEC, Amerika Serikat, untuk mengenalkan Nusantara sekaligus mencari investor IKN.
OIKN membuka stan di APEC, Amerika Serikat, untuk mengenalkan Nusantara sekaligus mencari investor IKN. (CNN Indonesia/Suriyanto)
San Francisco, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka stan di lokasi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Stan ini dibuka untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat calon investor asing di eventekonomi internasional tersebut.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan APEC adalah ajang sangat strategis untuk mengenalkan ibu kota negara baru, Nusantara, sekaligus menyosialisasikan peluang-peluang bisnis bagi para investor internasional.

Pasalnya, dari 246 ribu total wilayah daratan IKN, sebanyak 70 persen akan dibiarkan menjadi hutan. Hanya sekitar 30 persen yang akan jadi kawasan pemerintahan, tempat tinggal, kawasan bisnis, dan kawasan-kawasan lain.

Ia berharap konsep tersebut bisa menarik calon investor internasional untuk bersama-sama membangun Nusantara.

Sejak dibuka dua hari lalu, Bambang mengatakan banyak calon investor yang datang untuk mengenal lebih jauh IKN dan mempelajari peluang investasi.

"Harapan kami nanti ada yang menindaklanjuti minat investasi itu," ujarnya.

Mantan Wakil Menteri Perhubungan ini mengatakan selama ini gema IKN Nusantara memang belum merata di kalangan pebisnis. Karena itu, eventAPEC ini diharapkan bisa mengenalkan ibu kota baru tersebut.

"Perhelatan semacam ini jadi tempat strategis bagi kami untuk sosialisasi IKN," kata Bambang.

Lihat Juga :
LAPORAN DARI AMERIKA SERIKATJokowi Berburu Investor IKN di APEC, 3 Sektor Jadi Prioritas

Dalam acara yang sama, Presiden Joko Widodo juga memberi penekanan bagi IKN sebagai peluang bisnis di depan ratusan CEO perusahaan Asia Pacific yang hadir.

"Pembangunan ibu kota baru, kota pintar berbasis hutan dan alam," kata Jokowi.

Jokowi memamerkan IKN nantinya terdiri dari 70 area hijau. Selain itu menurutnya 80 persen transportasi publik berbasis energi hijau yang terbuka di berbagai sektor.

"Infrastruktur, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan dan perumahan" kata Jokowi menyebut sektor-sektor di IKN yang bisa jadi peluang investasi.

Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tempat berinvestasi di Indonesia. Ia berharap para CEO bisa memanfaatkan peluang tersebut.

"Indonesia is your best partner in business, so visit Indonesia, invest in Indonesia, trade with Indonesia, thank you," kata Jokowi menutup pidatonya.

[Gambas:Video CNN]

(sur/pta)

One Piece: Raja Laut Terkuat

slot rtp 666
BPJT Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024.
BPJT Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024.

"Jalan Tol Akses IKN ditargetkan dapat selesai pada April 2024," ujar Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi di Jakarta seperti dikutipAntara,Kamis (16/10).

Rencananya, jalan tol tersebut dapat digunakan saat perayaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

Kemudian, Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B saat ini masing-masing progres pembangunannya mencapai 34,22 persen dan 42,67 persen.

Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang sudah beroperasi.

Jalan Tol Akses IKN menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara dengan Kota Balikpapan. Apabila selesai, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh Balikpapan - KIPP IKN Nusantara dari 2,5 jam menjadi sekitar 30 menit.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Armen Adekristi sebelumnya mengungkapkan terdapat tiga seksi Jalan Tol IKN yang berjalan, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini sudah dalam proses lelang paket pekerjaan dengan target penandatangan kontrak pada Agustus 2023.

"Sementara untuk Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023 dan Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang - Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP - Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak November 2023," kata Armen.

Sedangkan untuk seksi 2 adalah bagian dari Tol Balsam. Untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan, dan di seksi 4 juga disediakan dua lintasan untuk satwa.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Armada Abyss EVE

buku mimpi 234d abjad
IHSG diprediksi menguat jelang pengumuman data pertumbuhan ekonomi RI.
IHSG diprediksi menguat jelang pengumuman data pertumbuhan ekonomi RI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (6/11).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan indeks didongkrak oleh pelemahan indeks dolar AS.

"Rilis data perekonomian mengenai PDB juga diharapkan dapat menjadi salah satu faktor penopang IHSG," kata William dalam risetnya.

Sementara, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menunjukkan potensi pelemahan (bearish).

"IHSG masih berada di bawah garis SMA-20 sehingga hari ini IHSG dapat memulai koreksi jangka pendek menuju 6.700-6.750 sebelum melanjutkan fase uptrenddari wave C menuju resisten berikutnya di 6.878," katanya.

IHSG ditutup di level 6.788 pada Jumat (3/11) sore. Indeks saham menguat 37,46 poin atau 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,26 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,73 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 327 saham menguat, 217 saham terkoreksi, dan 209 saham lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Tiga harta yang sombong, bos misterius menyayangi istrinya dan sibuk

perbedaan akulaku dan kredivo
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah.
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah. (ANTARAFOTO/WAHYU PUTRO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Biaya hajidi Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kementerian Agama(Kemenag) telah mengusulkan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) menjadi Rp105 juta per jemaah.

Jika dibandingkan dengan tahun ini, usulan BPIH tersebut naik Rp15 juta dari penetapan tahun sebelumnya, yakni Rp90 juta per jemaah.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin (13/11), dikutip dari Antara.

Adapun BPIH meliputi komponen biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, Armuzna, embarkasi/debarkasi, keimigrasian, dokumen perjalanan, hingga biaya hidup.

Lantas bagaimana perbandingan biaya haji tahun ini dan tahun depan?

Per Februari silam, Kemenag dan Komisi VII DPR RI secara resmi menyepakati total BPIH sebesar Rp90.263.104 per jemaah.

Dari total BPIH itu, 55,3 persen atau Rp49,812.700 dibebankan langsung kepada jemaah haji atau yang dikenal dengan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Sementara 44,7 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat sebesar Rp40.237.937.

Untuk tahun ini, Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI merinci Bipih sebesar Rp49,8 juta tersebut meliputi biaya penerbangan, biaya hidup dan sebagian biaya paket layanan masyair.

Kemudian, biaya dari nilai manfaat sebesar Rp40,2 juta digunakan untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Armuzna, perlindungan, dokumen perjalanan serta biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.

"Secara keseluruhan nilai manfaat yang digunakan sebesar Rp8.090.360.327.213,67," kata Marwan.

Untuk tahun depan, Yaqut menjelaskan BPIH disusun dengan asumsi nilai tukar kurs dolar AS terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. Sementara asumsi nilai tukar SAR terhadap rupiah sebesar Rp4.266.

Ia mengatakan kebijakan formulasi komponen BPIH diambil untuk menyeimbangkan besaran beban jamaah dengan keberlangsungan nilai manfaat di masa yang akan datang.

"Pembebanan Bipih (biaya perjalanan ibadah haji) harus menjaga prinsip istithaah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya," ucapnya.

Meski usulan BPIH tahun depan lebih besar dari tahun ini, namun formulasi Bipih dan nilai manfaat untuk penyelenggaraan haji 2024 belum diputuskan.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan usulan besaran BPIH tersebut akan menjadi bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat Panja BPIH.



(del/agt)