petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

surya303

slotmetro 322Jutaan kata 11539Orang-orang telah membaca serialisasi

《surya303》

Cara Hitung THR Karyawan 2023******

Menaker Ida Fauziyah mewajibkan pengusaha membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat H-7 Lebaran. Berikut cara menghitungnya.
Menaker Ida Fauziyah mewajibkan pengusaha membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat H-7 Lebaran. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mewajibkan pengusaha membayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2023 paling lambat H-7 Idulfitri 1444 H atau 15 April 2023 (asumsi 1 Syawal 1444 H jatuh pada 22 April 2023).

Selain itu, Ida menegaskan THR tidak boleh dicicil. Hal ini sesuai Surat Edaran Nomor M/2/HK.0400/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2023 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil," tutur Ida dalam konferensi pers di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Selasa (28/3).

Sementara itu, bagi pengusaha yang mencicil pembayaran THR atau terlambat akan disanksi Kemnaker. Sanksi itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Macam-macam sanksi yang diberikan, antara lain teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, hingga pembekuan kegiatan usaha.

Berikut cara hitung karyawan THR 2023:

Lihat Juga :
Menaker Bolehkan Pengusaha Bayar THR Lebih Besar dari Ketentuan

THR Karyawan Swasta

THR wajib diberikan kepada pekerja atau buruh yang sudah bekerja di perusahaan minimal satu bulan atau lebih. THR juga diberikan untuk pekerja kontrak atau yang memiliki perjanjian hubungan kerja dengan pengusaha selama paruh waktu tertentu ataupun tidak tentu.

Bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih berhak mendapat THR sebesar gaji satu bulan.

Menaker Ida memperbolehkan pengusaha untuk membayar THR Lebaran 2023 lebih besar dibandingkan ketentuan peraturan perundang-undangan alias lebih besar dari 1 kali gaji per bulan.

Ia mengatakan opsi pembayaran THR yang lebih besar dari peraturan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016.

Lihat Juga :
Menaker Bolehkan Pengusaha Bayar THR Lebih Besar dari Ketentuan

"Bagi perusahaan yang dalam perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP), perjanjian kerja bersama (PKB) atau kebiasaan yang berlaku di perusahaan tersebut mengatur besaran THR yang lebih dari ketentuan peraturan perundang-undangan, maka THR yang dibayarkan sesuai dengan PK, PP, PKB atau kebiasaan tersebut," ucap Ida.

THR Karyawan Baru

Karyawan yang baru bekerja di perusahaan berhak mendapatkan THR apabila sudah bekerja minimal satu bulan. 

Pekerja atau buruh yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan mendapatkan THR secara proporsional. Perhitungan berdasarkan berapa bulan masa kerja dibagi 12 bulan dan dikali besaran gaji satu bulan.

Sebagai contoh, pekerja memiliki upah Rp4 juta dan baru bekerja selama 6 bulan. Maka, ia berhak mendapat THR sebanyak 6 bulan/12 bulan X Rp4 juta = Rp2 juta.

THR Buruh Harian

Sementara itu, besaran THR buruh yang memiliki perjanjian kerja harian lepas dapat dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Hal yang sama diterapkan pada pekerja yang upahnya ditetapkan berdasarkan satuan hasil. Jika pekerja harian memiliki masa kerja kurang dari 12 bulan, maka gaji satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima setiap bulan selama masa bekerja.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Pemudik Motor Dilarang Lewat Pelabuhan Merak, Dialihkan ke Ciwandan******

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalihkan pemudik motor yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalihkan pemudik motor yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan, Banten. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalihkan pemudik motor yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merakke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Hal ini seiring dengan penambahan lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan pada mudik Lebaran tahun ini. Adapun dermaga di Pelabuhan Ciwandan di antaranya dermaga 02, dermaga 03, dermaga 05A, 06 dan juga 07 dengan rencana 24 trip per hari.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan Pelabuhan Ciwandan akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik.

Ia menambahkan pengalihan sepeda motor dan truk ke Pelabuhan Ciwandan akan dilakukan secara sistem melalui aplikasi Ferizy sehingga penjualan tiket khusus sepeda motor dan truk logistik hanya ada pilihan melalui lintas Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang.

"Diharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Ciwandan dapat mengurangi waktu tunggu pengguna sepeda motor untuk diangkut masuk ke kapal penyeberangan," kata Hendro.

Ia menyebut pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan - Panjang akan dilayani oleh tiga unit kapal milik PT Pelni dan PT ALP.

Lihat Juga :
Pemegang Saham Sritex Pecat Semua Direksi dan Komisaris

Sementara itu, tujuh dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak akan dilayani dengan total 65 kapal RoRo.

Pembelian tiket penyeberangan melalui Ferizy

Untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman para pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan, Hendro pun mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring (online) melalui Ferizy baik saat mudik maupun balik.

Adapun tahapan untuk membeli tiket melalui Ferizy yaitu:

1. Download aplikasi Ferizy di Smartphone atau melalu website ferizy.com
2. Pilih jadwal keberangkatan
3. Isi data diri dengan lengkap
4. Lakukan pembayaran
5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email
6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass.

"Kalau sudah memegang boarding pass maka masyarakat sudah bisa proses masuk ke dalam kapal. Tentunya dengan Ferizy, akan mempercepat proses masuknya kendaraan ke kapal sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama," ucap Hendro.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Suhail Bahwan, Taipan Muslim Berharta Rp40 T dari Oman******

Suhail Bahwan dikenal sebagai salah satu pengusaha muslim terkemuka di Oman. Ia sukses berkat bisnis perdagangan dan transportasi.
Suhail Bahwan dikenal sebagai salah satu pengusaha terkemuka di Oman. Ia sukses berkat bisnis perdagangan dan transportasi. (Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Suhail Bahwan adalah seorang taipan sukses asal Omanyang dikenal sebagai salah satu pengusaha muslim terkemuka di negaranya. Founder and Chairmanof Suhail Bahwan Group itu masuk dalam jajaran orang terkayadi dunia, versi Forbes.

Mengutip berbagai sumber, ia lahir di Sur, sebuah pelabuhan kecil di sepanjang garis pantai yang gersang seratus mil di sebelah tenggara Muscat, Oman, pada 1939.

Lokasi tersebut dekat dengan tempat di mana Selat Hormuz melebar ke Samudra Hindia hingga membuatnya selama berabad-abad menjadi titik persinggahan nyaman bagi kapal-kapal yang berlayar antara India, Irak, Zanzibar, dan sekitarnya.

Dia dan Saud, saudaranya, menemani ayah mereka dalam perjalanan berlayar untuk menjual kurma kering dan ikan sebagai barter untuk beras, gula, dan barang lainnya.

Bahwan belajar di sekolah dasar di India, tetapi keluar setelah kelas enam. Ayahnya menyerahkan padanya sebuah perahu layar. Dalam perjalanan, ia berunding dengan pedagang dari berbagai belahan dunia, mempelajari pelajaran awal dalam mencari kesepakatan yang baik.

Pada saat itu, Sur sedang meredup sebagai pusat transportasi. Dunia sedang berubah. Terusan Suez, yang dibuka pada 1869, mengubah jalur perdagangan tradisional dan kapal-kapal modern yang lebih cepat membuat para pedagang perahu layar menjadi tidak relevan.

Lihat Juga :
TAIPANJack Ma, Mantan Tour Guide yang Jadi Konglomerat Berharta Rp344 T

Dia mengambil pinjaman dari pedagang India, yang digunakannya untuk membeli emas untuk kemudian dijualnya di Oman. Meskipun begitu, setelah membayar kembali pemberi pinjaman, margin keuntungan tipis.

Pada 1960-an, ia sering melakukan perjalanan laut dari Sur ke Muscat, di mana ada lebih banyak peluang untuk menjual barang dagangannya.

Pada 1965, Bahwan dan saudaranya, Saud, memutuskan untuk pindah ke ibukota secara permanen. Mereka membuka toko di Muttrah Souq yang labirin, menjual jaring-jaring ikan dan kemudian bahan bangunan dan perkakas.

Tidak puas dengan jaring ikan, Bahwan bersedia untuk memperoleh lisensi asing. Saat itulah mereka berhasil memperoleh lisensi utama pertama mereka dari produsen jam asal Jepang Seiko pada 1968, diikuti oleh produsen elektronik Toshiba.

Lihat Juga :
TAIPANForrest Li, Raja E-Commerce yang Terinspirasi Steve Jobs

Pada 1970, Sultan Qaboos menggulingkan ayahnya dalam kudeta. Setelah berkuasa, penguasa baru membuka Oman ke dunia luar, memulai program modernisasi dan liberalisasi ekonomi, yang menciptakan permintaan untuk barang konsumen dan proyek industri.

Kala itu, Toyota sedang mencari mitra di Teluk. Hal itu menjadi kesempatan bagus bagi Bahwan dan saudaranya. Namun, mereka harus bersaing dengan keluarga pedagang lama Al Futtaim yang menawar untuk kontrak itu tidak hanya di negaranya, Uni Emirat Arab, tetapi juga di Oman.

Guna memenangkan tawaran tersebut, Bahwan harus menunjukkan mereka memiliki uang untuk berinvestasi di sebuah diler Toyota. Pada 1974, mereka bermitra dengan pengusaha Oman, Omar Zawawi, untuk menciptakan Amiantit Oman, sebuah perusahaan manufaktur pipa. Dalam waktu setahun, mereka dapat menghasilkan cukup pendapatan untuk mengumpulkan modal yang diperlukan.

Menangkan lisensi Toyota berkat intervensi kerajaan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:gacor x500 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
klikbet77
situs slot 189
pawangslot
cara pengajuan limit kredivo
anekaslots
uang slot88 login link alternatif
pinjam 1 juta
rtp adalah slot
akun slot resmi terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 jam gacor domino hari ini
Bab 2 ngambil hp di akulaku tanpa dp
Bab 3 terminal4d
Bab 4 situs slot aman dan gacor
Bab 5 slot gacor 2022
Bab 6 situs gacor pg soft malam ini
Bab 7 instanslot
Bab 8 slot yang gacor jam berapa
Bab 9 trik curang bermain slot
Bab 10 st77 mansion slot
Bab 11 sultanbet77
Bab 12 peluang dapat uang dari internet
Bab 13 misteruntung88
Bab 14 slot akun bos
Bab 15 pinjam duit
Bab 16 trik bermain zeus
Bab 17 batas pinjaman kredivo
Bab 18 usaha yang cepat menghasilkan uang banyak
Bab 19 rtp oyo88
Bab 20 macam slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6947bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

penyedia sistem

mimpi 2d pelarian
Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan Muhammad Rizky Alamsyah dinonaktifkan dari jabatan terkait pemeriksaan soal unggahan istri yang pamer hidup mewah.
Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan Muhammad Rizky Alamsyah dinonaktifkan dari jabatan terkait pemeriksaan soal unggahan istri yang pamer hidup mewah. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menonaktifkan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Muhammad Rizky Alamsyah dari jabatannya dalam rangka pemeriksaan terkait gaya hidup mewah yang dipamerkan sang istri di media sosial.

"Saudara Muhammad Rizky Alamsyah saat ini telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya, untuk memudahkan dilakukan pemeriksaan lanjutan," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan resmi, Senin (27/3).

Adita mengungkapkan, pada Minggu malam, Kemenhub sudah meminta keterangan awal dari Rizky dan istrinya, terkait unggahan gaya hidup mewah oleh istri yang bersangkutan.

"Jika memang terbukti adanya pelanggaran disiplin tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Adita.

Selanjutnya, Kemenhub memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat permasalahan ini.

"Kami terus berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana," ujarnya.

Lihat Juga :
Rafael Alun Klaim Kekayaan Melesat karena Kenaikan NJOP

Gaya hidup mewah istri Rizky membuat heboh jagat maya usai diumbar oleh akun Twitter @PartaiSocmed.

Dalam unggahan itu, tampak foto-foto sang istri yang menggunakan mobil mewah hingga fasilitas business class pesawat.

"Beliau ini adalah isteri dari Muhammad Rizky Alamsyah pejabat Pembuat Komitmen Kemenhub Ditjen Hubla," cuit akun tersebut.

Akun itu menyebutkan Rizky merupakan pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang berperan sebagai bendahara pencairan termin seluruh vendor pembangunan kapal-kapal Sabuk Nusantara untuk program tol laut.

Dengan jabatan itu, Rizky mestinya memiliki harta kekayaan dalam jumlah besar.

Akan tetapi, laporan LHKPN Rizky dinilai terlampau kecil. Akun itu mengunggah tangkapan layar LHKPN Rizky yang senilai hampir Rp1,5 miliar.

CNNIndonesia.com belum bisa memverifikasi LHKPN yang bersangkutan karena laporan harta kekayaan Rizky tak bisa diakses pada situs elhkpn.kpk.go.id.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Perpustakaan Sains dan Teknologi Super

kitabet88
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bakal membatasi pergerakan truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan atau tronton selama mudik lebaran 2023.
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bakal membatasi pergerakan truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan atau tronton selama mudik lebaran 2023. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadimengatakan pihaknya bakal membatasi pergerakan truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan atau tronton selama mudik lebaran 2023.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan guna menghindari hambatan di jalan tol maupun jalan arteri. Pasalnya, tronton acapkali mengangkut barang yang banyak sehingga melaju dengan kecepatan rendah hingga 60 km per jam saja.

Selain itu, tronton juga memiliki ukuran besar sehingga membuat jalanan sempit. Budi menilai hal itu bisa menghambat para pemudik.

Budi pun mengatakan ada pengecualian untuk truk tronton yang mengangkut BBM, hewan ternak, pupuk, hantaran uang, sayur-mayur, sepeda motor pemudik, hingga makan dan minuman.

Meski begitu, ia belum merinci kapan dan di jalanan mana larangan itu diberlakukan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada 21 April, atau tepat sehari sebelum lebaran. Sementara itu, puncak arus balik diproyeksi terjadi pada 25 April atau H+2 setelah Idul Fitri.

"Melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi," ungkap Budi dalam keterangan resmi yang dirilis Senin (6/3) lalu.

Ia memperkirakan jumlah pergerakan pada puncak arus mudik tahun ini mencapai 17,7 juta orang atau 14,3 persen dari proyeksi pergerakan masyarakat selama masa lebaran 2023, yakni sebanyak 123,8 juta orang.

Budi menyebut prediksi pergerakan itu disampaikan berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT). Perjalanan arus mudik diprediksi mulai meningkat sejak H-3 lebaran alias 19 April 2023.

Sementara itu, pergerakan pada arus balik diperkirakan masih cukup tinggi hingga H+3 lebaran, yakni 26 April. Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat bakal didominasi dari Pulau Jawa sebanyak 77,3 juta orang atau 62,5 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Jiehou tidak untuk dijual

slot gacor 123
Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat adik Yusril Ihza Mahendra, Yusron Ihza Mahendra menjadi komisaris independen PT Dirgantara Indonesia (PTDI).
Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat adik Yusril Ihza Mahendra, Yusron Ihza Mahendra menjadi komisaris independen PT Dirgantara Indonesia (PTDI). (CNN Indonesia/Noor Aspasia Hasibuan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohirmengangkat adik Yusril Ihza Mahendra, Yusron Ihza Mahendra menjadi komisaris independen PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Informasi pengangkatan diketahui dari unggahan akun instagram resmi PTDI di @officialptdi. Yusron menggantikan Isfan Fajar Satrio yang telah menjabat sebagai komisaris independen PTDI pada periode 2018-2023.

"Selamat dan sukses atas dilantiknya Bapak Yusron Ihza Mahendra sebagai Komisaris Independen PTDI. Selamat bergabung dan selamat bertugas, semoga amanah dan diberikan kemudahan dalam membangun PTDI menjadi lebih maju dan berdaya saing," kata mereka dalam unggahan yang disampaikan 6 hari lalu.

Perannya sebagai anggota DPR tak lepas dari kiprahnya di dunia politik dengan bergabung dengan Partai Bulan Bintang. Pada 2004. Ia terpilih sebagai anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Bangka-Belitung. Di Partai Bulan Bintang, ia menjabat sebagai Ketua DPP periode 2005-2010 dan Wakil Ketua Umum untuk periode 2009-2014.

Yusron juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia pada Desember 2013-2016. 

Sebelumnya, ia berkarier sebagai peneliti di Tsukuba Advanced Research Alliance, Jepang, saat ia melanjutkan pendidikan masternya. Di sana, ia juga bertugas sebagai koresponden dan kepala perwakilan surat kabar Kompas serta pengamat ekonomi Asia Timur di stasiun televisi NHK. Setelah itu, Yusron menjadi Konsultan Politik Departemen Kehakiman Jepang.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

Dewa perang ini

hokiplay99 slot
Pemegang saham Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama dalam RUPSLB yang digelar pada Jumat (17/3) lalu.
Pemegang saham Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama dalam RUPSLB yang digelar pada Jumat (17/3) lalu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman).
Jakarta, CNN Indonesia--

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama. Adapun RUPSLB Sritex digelar pada Jumat (17/3) lalu, dengan agenda rapat adalah perubahan susunan direksi dan dewan komisaris.

Rapat tersebut dihadiri oleh 13.212.355.802 pemegang saham, yang memiliki hak suara yang sah atau setara dengan 64,60 persen dari jumlah saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan perseroan.

"Rapat menyetujui pemberhentian secara hormat seluruh dewan komisaris dan direksi yang lama," bunyi ringkasan risalah dilaporkan dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia, Selasa (23/3) lalu.

Lalu, Karunakaran Ramamoorthy selaku direktur produksi, Eddy Prasetyo Salim selaku direktur operasional dan M. Nasir Tamama Tamimi selaku direktur independen.

Meski begitu, beberapa nama yang dicopot tetap masuk dalam susunan dewan komisaris dan direksi baru, meski dengan jabatan berbeda.

Dewan Komisaris dan Direksi Baru:

Komisaris Utama: Iwan Setiawan
Komisaris: Megawati
Komisaris Independen: Liem Konstantinus

Direktur Utama: Iwan Kurniawan Lukminto
Direktur Operasional: Mira Christina Setiady
Direktur Keuangan: Welly Salam
Direktur Umum: Supartodi
Direktur Independen: Regina Lestari Busono
Direktur Bisnis Benang: Karunakaran Ramamoorthy
Direktur Bisnis Kain: Sandeep Kr Gautam
Direktur Bisnis Pakaian Jadi: Teo Khek Thuan

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

bapak baptis perang bisnis

koin77
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan hartanya bisa melesat Rp300 miliar dalam setahun karena 80 persennya diinvestasikan di saham dan obligasi.
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan hartanya bisa melesat Rp300 miliar dalam setahun karena 80 persennya diinvestasikan di saham dan obligasi. (CNN Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)Sandiaga Uno membuka rahasia kenapa hartabisa melonjak Rp300 miliar dalam setahun.

Ia mengatakan lonjakan itu tak lepas dari strategi investasi yang dilakukannya dalam mengembangbiakkan harta. 

Ia mengatakan menginvestasikan 80 persen dari total hartanya di saham, obligasi konvensional maupun syariah. Sementara itu 20 persen sisanya ia investasikan di deposito atau harta lain yang tak bergerak. 

Terkait pilihan sektor untuk berinvestasi, Sandi menyarankan agar fokus menanam modal dalam bisnis berbasis konsumsi, seperti makanan, minuman dan pakaian. Menurutnya, ekonomi Indonesia yang berbasis konsumsi akan membuat investasi di sektor itu cuan.

"Berinvestasi lah di aset-aset yang berhubungan dengan konsumsi kita. Jadi perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang konsumsi yang digunakan masyarakat sehari-hari pasti akan meningkat sahamnya. Juga perbankan tapi yang bijak dalam mengelola aset, jangan ditaruh di saham-saham yang spekulatif," papar Sandi.

Selain sektor konsumsi, sandi juga menyarankan agar berinvestasi di perusahaan yang bergerak di sumber daya alam yang memiliki rekam jejak yang baik.

"Ketiga kita sedang membangun infrastruktur secara masif, cari lah perusahaan-perusahaan yang sedang membangun infrastruktur karena itu akan menghasilkan pertumbuhan aset dan peningkatan nilai dividennya. Semoga kita semua bijak berinvestasi, jangan beli saham-saham gorengan, jangan beli aset spekulatif, saya pernah bilang Kripto itu harus kita cermati, karena yang biasanya naik cepat, turunnya lebih cepat lagi," ucap Sandi.

Sandi meminta semua pihak bersabar dalam berinvestasi karena semua tidak bisa instan. Sandi pun mengaku tidak pernah menghitung total hartanya. Ia menjelaskan baru menghitung hartanya karena ada kewajiban lapor harta sebagai seorang pejabat pemerintah.

"Naik turunnya pernah juga turun secara signifikan maupun naiknya ini ditentukan mayoritas isi dari e-LHKPN saya yaitu surat berharga. Surat berharga itu adalah instrumen keuangan yang tercatat dalam bursa di pasar saham," katanya.

Berdasarkan situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sandi telah menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebesar Rp10,99 triliun untuk periode 2022. Laporan LHKPN itu saat ini masih dalam proses verifikasi.

Harta kekayaan Sandi naik Rp300 miliar dibandingkan per 31 Desember 2021 sebesar Rp10,61 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(fby/ldy)

Tuan Elang Salju

serdadu88
Harga mayoritas aset kripto kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya.
Harga mayoritas aset kripto kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Jelang akhir pekan,Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin terbang 3,6 persen ke harga US.221 per keping. Dalam sepekan, Si Raja Koin mencatatkan kenaikan 9,6 persen.

Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, melonjak 4,1 persen ke US.812 per koin.

Cardano pun naik 2,6 persen ke US<句子>,366 per koin dalam 24 jam, serta naik 11 persen jika dilihat tren perdagangan seminggu terakhir. Dogecoin menguat 3,9 persen ke US<句子>,0768 per keping. Tren sepekan, koin meme ini naik 4,7 persen.

Polygon juga bangkit 2,8 persen ke US,14 per keping, kemudian Solana menguat 3,5 persen ke US,15 per koin.

Duo koin stabil yakni Tether dan USD Coin masih setia di harga US. Ketiganya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]