petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp net77

ligaciputa 25Jutaan kata 167237Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp net77》

Hari Persandian dan pentingnya jaga ruang siber******

Hari Persandian dan pentingnya jaga ruang siber
Petugas keamanan berjaga di depan gedung Kantor Badan Siber dan Sandi Negara, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/9/2022). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.
Jakarta (ANTARA) - Setiap tanggal 4 April kita memperingati Hari Persandian Indonesia, sebuah kesempatan untuk merayakan peran penting lembaga persandian dalam menjaga keamanan negara.

Sewaktu masih di Akademi Sandi Negara (Aksara) atau yang sekarang dikenal sebagai Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) diajarkan bagaimana beratnya perjuangan Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati merintis, sampai akhirnya terbentuk Badan Persandian Negara pada tanggal 4 April 1946.

Sebelum menerima penugasan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia Mr. Amir Sjariffudin (saat itu) untuk mendirikan serta memimpin sebuah badan pemberitaan rahasia bagi kepentingan pemerintahan, Roebiono adalah sosok yang awam dengan dunia persandian. Sebelumnya ia adalah seorang dokter yang berdinas di Kementerian Pertahanan Bagian-B (intelijen).

Tugas berat lainnya adalah membentuk serta membangun "dinas code" bersamaan dengan tugas membangun sistem kode sandi. Awal pembentukan dinas code dilakukan oleh Roebiono, dia dibantu oleh Lettu Santoso yang ditunjuknya sebagai kepala pendidikan persandian pada Desember 1946.

Dinas Code pada waktu itu juga dikenal sebagai Badan Persandian Negara, sebuah badan yang berlokasi di Yogyakarta dan memiliki kedudukan langsung di bawah Kementerian Pertahanan Bagian-V dengan tugas pokok mengelola persandian.

Selain mengembangkan sistem kode sandi, dinas code juga memiliki tugas untuk memecahkan pesan-pesan bersandi milik musuh serta melaksanakan tugas dinas kurir untuk memeriksa berita dari dalam serta luar negeri. Mungkin kita dahulu juga belum benar-benar bisa merdeka jika tidak ada persandian serta dinas code karena semua rencana operasi perang akan mudah sekali disadap oleh pihak musuh.

Dari dinas code itulah akhirnya terus berkembang, sehingga menjadi organisasi besar, yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), setelah beberapa kali bertransformasi.

Ruang siber telah menjadi arena yang dinamis dan tidak terduga dengan berbagai ancaman yang terus berkembang. Dari serangan siber yang bertujuan merusak infrastruktur kritis hingga pencurian data dan penyebaran disinformasi, tantangan yang dihadapi dalam ruang siber makin kompleks dan mengkhawatirkan.

Ruang siber adalah domain virtual yang mencakup jaringan komputer, sistem informasi, perangkat lunak, dan data yang terhubung secara global. Dalam ruang siber ini terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi, baik oleh individu, organisasi, maupun negara, seperti serangan siber, pencurian identitas, penyebaran disinformasi dan hoaks, kejahatan siber dan kriminalitas daring, perang informasi dan kebijakan, kerentanan infrastruktur kritis, serta perlindungan privasi dan data.

Ruang siber telah menjadi medan perang modern yang memperlihatkan kompleksitas dan keunikan tersendiri. Ancaman siber berkembang dengan cepat dan sering kali bersifat tak terlihat, mencakup serangan siber, pencurian data, propaganda daring, dan bahkan perangkat lunak jahat yang bertujuan untuk merusak infrastruktur kritis. Dalam menghadapi tantangan ini, persandian Indonesia dihadapkan pada tugas yang tidak mudah.

Sudah banyak deretan lembaga pemerintahan serta swasta yang menjadi korban pencurian data, di antaranya 74 gigabita data Bank Indonesia, 17 juta data pelanggan PLN, 17.000 data akun Ditjen Pajak, 679.000 surat untuk Presiden Jokowi, 26 juta data Polri, 3,2 miliar data Peduli Lindungi, 2,3 juta data DPT 2014, 6 juta data pasien rumah sakit, dan 1,3 juta data eHAC.

Berikutnya 38 megabita data pengaduan KPAI, 26 juta data anggota Polri, 1,3 triliun data registrasi simcard, 36 juta data kendaraan bermotor, 272 juta data BPJS kesehatan, 19 juta data BPJS Ketenagakerjaan, 2 juta data foto dari BPJS, 34 juta data paspor, dan 6,9 juta data visa.

Selanjutnya 186 juta data KPU, 1 triliun data Kemendesa, 337 juta data disdukcapil, 6,8 juta data DPT Provinsi DKI, 1.64 terabita data dicuri dari situs Kemhan, 204,8 juta data DPT KPU, dan yang paling akhir adalah pencurian 380.000 data pelanggan Biznet & 154.000 pelanggan Biznet Gio yang disinyalir dilakukan oleh orang dalam perusahaan sendiri.

Mengingat banyaknya kebocoran data tersebut, persandian memainkan peran yang sangat vital sebagai benteng terakhir dalam menjaga keamanan siber karena tidak ada sistem yang betul-betul kuat. Persandian berupa enkripsi akan memastikan bahwa data yang dikirimkan dan disimpan di lingkungan digital dilindungi dari akses yang tidak sah, sehingga jika terjadi pencurian data, pelaku tidak akan bisa membaca isi informasi di dalamnya.

Dengan menggunakan teknik persandian yang tepat, pesan atau data yang ditransmisikan melalui jaringan dapat diacak, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang untuk mencegah penyadapan. Memastikan kerahasiaan komunikasi dan persandian menjadi instrumen penting dalam menjaga kerahasiaan operasi, perencanaan strategis, dan pertukaran informasi rahasia pada militer dan intelijen yang tentunya akan membantu menjaga keunggulan strategis dan keamanan nasional suatu negara.

Selain enkripsi, salah satu bentuk persandian yang juga perlu dimanfaatkan adalah "digital signature" yang dapat disematkan pada dokumen digital yang akan menjamin otentitas dari dokumen digital. Dokumen digital yang sudah disematkan "digital signature" akan dapat diketahui dengan mudah jika dilakukan perubahan pada dokumen tersebut, sehingga tidak akan dapat disangkal apakah dokumen digital tersebut masih autentik atau sudah diubah.

Pada zaman yang serba digital ini kebutuhan "digital signature" akan sangat besar, baik pada sektor pemerintahan maupun sektor swasta. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat cukup banyak penyelenggara sertifikat elektronik dan "digital signature". Hanya saja, pada era digital yang makin kompleks ini, ruang siber menjadi medan perang yang tak terlihat, meski sangat berpengaruh.

Di balik layar, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia menjalankan peran krusial dalam menjaga keamanan dan kedaulatan dalam ranah siber.

Sebagai lembaga strategis yang bertanggung jawab atas keamanan siber nasional, kepemimpinan serta personel yang memiliki kompetensi tinggi sangatlah krusial karena tantangan dalam ruang siber makin kompleks dan beragam, sehingga BSSN memerlukan pemimpin serta personel yang memahami secara mendalam berbagai aspek keamanan siber, termasuk ancaman yang berkembang, teknologi terbaru, dan regulasi terkait.

Pemimpin yang berkompeten akan dapat memimpin tim dengan efisien serta mampu merespons dengan cepat dan tepat dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons ancaman siber yang muncul dalam menghadapi ancaman siber yang terus berubah.

BSSN juga bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan dan regulasi terkait dengan keamanan siber, sehingga pemimpin serta personel yang berkompeten diharapkan akan dapat merancang kebijakan yang efektif dan adaptif sesuai dengan perkembangan teknologi dan ancaman.

Pemimpin serta personel yang berkompeten dapat membangun kemitraan yang efisien dan saling menguntungkan karena keberhasilan BSSN dalam menjaga keamanan siber nasional juga bergantung pada kemampuannya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pemerintah, sektor swasta, dan lembaga internasional.

Pemimpin serta personel yang berkompeten akan dapat memimpin program pelatihan, penelitian, dan pengembangan teknologi yang diperlukan untuk memperkuat pertahanan siber karena BSSN harus terus mengembangkan kapasitas teknis dan manusianya dalam bidang keamanan siber. Kepemimpinan serta personel yang kompeten dan efektif di BSSN akan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kemampuan negara dalam melindungi warga dan infrastruktur dari ancaman siber.

Dengan penuh rasa hormat, terima kasih disampaikan kepada seluruh pahlawan tanpa tanda jasa dalam bidang persandian serta ahli persandian yang bekerja keras di balik layar untuk melindungi negara kita.

Selamat Hari Persandian Nasional!
Dirgahayu Badan Siber dan Sandi Negara!
Bersama BSSN, kita jaga ruang siber menuju Indonesia Emas.


*) Dr. Pratama Persadha adalah Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC

 

Copyright © ANTARA 2024

LRT Jabodebek Tetap Operasi saat Libur Lebaran 6 April******

LRT Jabodebek tetap beroperasi selama libur lebaran pada 6 April hingga 15 April 2024. Namun, perjalanan dipangkas jadi 260.
LRT Jabodebek tetap beroperasi selama libur lebaran pada 6 April hingga 15 April 2024. Namun, perjalanan dipangkas jadi 260. ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek tetap beroperasi selama libur lebaran, yakni pada 6 April 2024 hingga 15 April 2024.

"Meskipun terdapat perayaan Idulfitri, KAI akan tetap mempertahankan jadwal perjalanannya serta memastikan tetap beroperasi secara optimal dalam melayani pengguna LRT Jabodebek," kata Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan resmi, Kamis (4/4).

Akan tetapi, Mahendro menyebut operasional yang akan digunakan selama 10 hari libur lebaran itu mengacu pola weekend. Dengan kata lain, jumlah perjalanannya akan lebih sedikit dibandingkan hari kerja, yakni hanya 260 perjalanan per hari.

Mahendro mengatakan LRT mulai beroperasi pukul 5.25 WIB dengan keberangkatan pertama dari Stasiun Jatimulya, Bekasi ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. Ia menyebut LRT Jabodebek siap melayani penumpang selama libur lebaran hingga 22.51 WIB.

Keberangkatan terakhir LRT Jabodebek selama periode lebaran adalah pukul 22.01 WIB. Operasional terakhir moda transportasi ini berangkat dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta menuju Stasiun Harjamukti, Depok.

"Naik LRT Jabodebek akan semakin semarak dengan adanya promo tarif LRT Jabodebek yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan pada saat weekend, yakni maksimal Rp10 ribu dan bersifat merata untuk sepanjang jam operasi," jelasnya.

"KAI memahami pentingnya konektivitas, terutama selama Idulfitri sehingga kami berkomitmen untuk memfasilitasi pengalaman perjalanan yang aman dan andal untuk seluruh pengguna LRT Jabodebek. Sehingga memberikan pengalaman yang ceria dan menyenangkan pada musim libur kali ini," tutup Mahendro.

Lihat Juga :
Siapa Saja Pemain Raksasa Tambang Timah RI?

Di lain sisi, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal ditinggal oleh 1,86 juta kendaraan selama masa mudik. Para pemudik akan mengosongkan Jakarta Cs via 4 gerbang utama, yaitu gerbang tol (GT) Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa.

Puncak mudik jalur darat dari Jabodetabek diprediksi terjadi pada 6 April 2024. Jasa Marga menyebut akan ada 259.087 kendaraan yang ramai-ramai keluar dari Jabodetabek menuju kampung halaman pada H-4 lebaran tersebut.

Jumlah kendaraan di jalan tol pada puncak arus mudik itu diklaim naik 0,03 persen dibandingkan lebaran tahun lalu. Bahkan, melesat 66,8 persen ketimbang periode normal.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)




bab terbaru:casper77

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
togel barat
situs judi slot yang mudah menang
situs link slot terpercaya
harga voucher unlimited telkomsel
slot resmi online
gading slot88
slot gacor 138
pandagendut
pinjol terpercaya cepat cair
Daftar isi semua bab
Bab 1 dewa maxwin jp slot
Bab 2 gambar situs slot
Bab 3 daftar pinjol legal 2023
Bab 4 demo sdtoto
Bab 5 mahjong ways 2 trik
Bab 6 qqozon88
Bab 7 togel online terpercaya
Bab 8 situs slot tergacor di indonesia
Bab 9 situs slot server nexus engine
Bab 10 cara meminjam uang di aplikasi kredivo
Bab 11 situs slot hari ini gacor
Bab 12 wazeslot
Bab 13 mantap slot online
Bab 14 gemoy69
Bab 15 big slot 168
Bab 16 erek erek cicak jatuh
Bab 17 sumaterabet
Bab 18 ngopibet
Bab 19 macaubet77
Bab 20 slot gacor hari ini modal receh
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5498bab
gadisBacaan TerkaitMore+

istri parit

cara pinjam di akulaku ke dana
Warriors pupuskan asa Rockets bertanding di play-in
Pemain veteran dari Golden State Warriors Chris Paul (kiri) bersama Stephen Curry (kanan) dalam pertandingan pertamanya usai absen 21 laga karena cedera patah telapak tangan. (ANTARA/AFP/PATRICK SMITH)
Jakarta (ANTARA) - Golden State Warriors memupuskan asa Houston Rockets untuk melanjutkan kompetisi di babak play-in usai menang 133-110 dalam laga yang digelar di Toyota Center Houston, Texas, Jumat WIB.

Steph Curry dan Klay Thompson masing-masing mencetak 29 poin untuk membawa Golden State Warriors memperpanjang rekor kemenangan beruntun mereka menjadi enam pertandingan berturut-turut, sekaligus yang tertinggi di musim ini.

Warriors yang menghuni peringkat 10 di klasemen Wilayah Barat tidak pernah tertinggal sepanjang laga dan membangun keunggulan 15 poin pada babak pertama, bahkan mencapai 23 poin di akhir laga. Klay Thompson mencetak 21 poin di babak pertama. Dia membuat tujuh tembakan tripoin dengan lima di antaranya terjadi pada paruh pertama.

Warriors memegang rekor 3-0 dalam pertemuan melawan Houston Rockets musim ini dan telah memenangkan 13 pertandingan terakhir di musim reguler.

Jabari Smith Jr. menyumbang 24 poin untuk memimpin Rockets yang kalah di laga ketiga berturut-turut setelah sebelumnya memenangkan 11 laga beruntun. Pemain rookie Rockets Cam Whitmore yang memulai laga dari bangku cadangan menambah 17 poin.

Baca juga: NBA umumkan kolaborasi multitahun dengan LE SSERAFIM

Warriors mencatat 42 menang dan 34 kalah (42-34), berada di peringkat 10 atau posisi buncit untuk melaju ke kompetisi pascamusim dengan enam pertandingan tersisa. Sementara Rockets yang sempat mencatat laju kemenangan 11 kali untuk menggeser Warriors, semakin kehilangan asa dengan catatan 38-38 di posisi 11 Wilayah Barat, satu peringkat di bawah GSW.

Warriors tanpa Jonathan Kuminga untuk pertandingan kelima berturut-turut karena dia mengalami cedera lutut. Namun Pelatih Warriors Steve Kerr menyebut kondisinya lebih baik dan harus kembali pada laga besok.

Alperen Sengun dari Houston, yang absen sejak pergelangan kaki kanannya terkilir parah pada 10 Maret, mengatakan bahwa performanya jauh lebih baik, namun kondisinya baru sekitar 60 persen, sehingga kecil kemungkinannya ia akan kembali musim ini.

Selanjutnya, Warriors akan melawan Dallas Mavericks besok, dan Rockets menjamu Miami Heat di hari yang sama.

Baca juga: Julius Randle akhiri musim lantaran jalani operasi bahu
Baca juga: Embiid-Maxey bawa 76ers menang atas Heat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Sistem pelatihan pakaian wanita

link gacor parah
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin IUP sejumlah perusahaan.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin IUP sejumlah perusahaan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin usaha pertambangan (IUP) sejumlah perusahaan.

Hal itu ia sampaikan saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin (1/4).

Mulanya, Bahlil menuturkan dirinya mendapat wewenang untuk mencabut izin tambang melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

Pemerintah pun berupaya untuk mencabut IUP tak produktif yang mencapai 2.078 izin. Namun, Bahlil mengatakan pihaknya tak asal mencabut IUP. Pengusaha terkait diberi waktu untuk untuk mengajukan surat keberatan.

"Setelah melakukan pencabutan, kami berikan ruang pada teman-teman yang merasa keberatan," kata Bahlil.

Ia menjelaskan IUP yang dicabut adalah adalah mereka yang izin usahanya tidak diurus lebih lanjut. Kemudian, IUP yang digadai di bank hingga tak mengurus Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan satgas bisa memulihkan IUP jika pengusaha melampirkan dokumen pendukung dan klarifikasi bahwa yang bersangkutan masih produktif.

Lihat Juga :
Tarif Tol Trans Jawa Didiskon 20 Persen Saat Mudik, Ini Cara Dapatnya

Setelah itu, satgas merekomendasikan IUP dan izin konsesi hutan dapat dipulihkan atau tidak, sesuai dengan kriteria.

Sementara, keputusan pemulihan IUP dan izin konsesi hutan dilakukan melalui mekanisme pleno antara menteri investasi, menteri ESDM, dan menteri LHK. Kemudian, penerbitan SK pemulihan dilakukan sesuai sistem OSS di Kementerian Investasi/BKPM.

Bahlil lantas mengatakan dalam sebuah media, dirinya disebut meminta sesuatu kepada para pengusaha agar IUP nya bisa dipulihkan. Bahlil pun membantah.

"Media tersebut sudah saya bawa ke Dewan Pers dan Dewan Pers menerbitkan keputusan memerintahkan minta maaf pada kami," tutur Bahlil.

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMDeret Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini

Ia pun mengatakan bakal mencari dan melaporkan pengusaha yang menjadi narasumber media yang dimaksud. Sebab, informasi mengenai Bahlil menarik upeti adalah berdasarkan keterangan pengusaha.

"Jadi konon ada cerita 33 IUP nikel yang diaktifkan ini memberikan upeti, katanya. Tapi saya gak yakin, (upeti diberikan) kepada orang-orang saya, dalam urusan ini satgas. Jadi biar saja diproses, jadi kami panggil 33 orang biar kita uji," ucapnya.

Belakangan, Bahlil tengah menjadi sorotan karena diduga mematok tarif hingga Rp25 miliar untuk memulihkan IUP yang dicabut pemerintah. Ia pun membantah isu tersebut.

Bahlil mempersilahkan semua pihak untuk bertanya kepada salah satu pengusaha yang IUP-nya dipulihkan terkait kasus tersebut.

"Silakan teman-teman tanya ke pengusaha yang IUP-nya dipulihkan, apakah benar," kata Bahlil di Jakarta, seperti dikutip dari detik finance, Senin (18/3).

Isu mengenai bahlil mematok tarif untuk memulihkan IUP ini terungkap dari salah satu laporan media nasional. Bahlil pun telah melaporkan media itu ke Dewan pers.

Tak hanya itu, Bahlil juga akan membawa kasus tersebut ke ranah hukum. Menurutnya, langkah ini diambil sebagai bentuk pemerintahan yang adil dan terbuka.

Bahlil mengatakan saat ini pihaknya tengah berbicara dengan perwakilan hukum. Ia menyebut kasus dugaan itu tidak hanya mencatut namanya, melainkan juga menyeret Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

"Maka kami akan melaporkan ini kepada penegak hukum lanjutkan kasusnya ada dugaan pungli atau mencatut nama saya, mengatasnamakan saya, mengatasnamakan satgas yang melanggar hukum. Kita akan proses secara hukum. Biar tidak ada dosa di antara kita, biar kita fair," kata Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Sangat pemburu

bisnis online yang cepat menghasilkan uang
Dari total yang dilayani dari Selasa hingga Jumat lalu di Bandara  Ngurah Rai Bali ada 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.
Ilustrasi. Bandara Ngurah Rai Bali mengalami peningkatan pelayanan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan jelang Libur Nataru. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Denpasar, CNN Indonesia--

Mendekati momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, terus mengalami peningkatan

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan, sejak dibukanya Posko Terpadu Nataru di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (19/12) lalu dan selama empat hari berjalan jumlah penumpang cenderung meningkat setiap harinya.

Sejak Selasa lalu, kata dia, jumlah penumpang tertinggi sementara saat ini terjadi pada H-3 libur natal atau pada Jumat 22 Desember 2023.

Lihat Juga :
Kaum Rebahan Merapat, Kasur di Transmart Turun Harga Mulai Rp1 Jutaan

Ia mengatakan, dari total penumpang yang dilayani pada H-3 libur natal tersebut, sejumlah 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.

Kemudian, pihaknya merinci dari jumlah tersebut porsi penumpang kedatangan masih mendominasi yakni sebanyak 39.931 orang dan penumpang keberangkatan sejumlah 32.996 orang, baik domestik maupun internasional.

"Ini sesuai dengan prediksi kami dimana hal ini merupakan siklus tahunan yang kita lihat pada setiap pelaksanaan di awal posko jumlah penumpang kedatangan akan lebih medominasi. Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai serta bertepatan dengan Hari Jumat jelang libur panjang akhir pekan, sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur natal," tutur Handy.

Selain pertumbuhan pada pergerakan penumpang, hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat yang dilayani.

Pada hari pertama dan kedua posko nataru ada sejumlah 398 pesawat.

Selanjutnya pada hari ketiga jumlahnya meningkat mencapai 400 pergerakan dan puncaknya pada H-3 natal sejumlah 454 pergerakan pesawat atau 11 persen di atas prediksi yakni sejumlah 408 pergerakan pesawat.

Kemudian, hingga empat hari posko nataru berjalan, tercatat sejumlah 261.929 penumpang yang bepergian dari dan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Angka ini meningkat hingga 18 persen jika dibanding periode posko nataru tahun lalu atau sejumlah 221.596 penumpang.

Sementara, jumlah pergerakan pesawat juga tumbuh sebesar 12 persen atau 1.470 pergerakan pesawat di tahun lalu menjadi 1.650 pergerakan pesawat pada periode posko tahun ini.

Lihat Juga :
Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia 2023, Ada Jakarta-Bali

Selain itu, pengelola bandara mencatat penerbangan dari dan menuju Jakarta via Bandara Soekarno Hatta dan Surabaya menjadi rute domestik tersibuk, masing-masing dengan 17.904 dan 6.224 penumpang.

Sementara, untuk penerbangan internasional dengan rute tersibuk adalah Singapura dengan 7.502 penumpang, Kuala Lumpur (Malaysia) 4.466 penumpang, dan Melbourne (Australia) dengan 2.802 penumpang.

"Jumlah penumpang yang akan dilayani pada H-4 atau Sabtu (23/12) masih cukup tinggi meskipun sudah melewati periode puncak pergerakan. Prediksinya akan ada sejumlah 67.237 penumpang yang akan bepergian dari dan ke Bali yang dilayani 429 pergerakan pesawat," ujar Handy.

(kdf/kid)

Berhenti, biarkan aku pelan-pelan

pinjol pakai dana
IHSG ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1,15 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1,15 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1.15 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,39 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,27 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 167 saham menguat, 455 saham terkoreksi, dan 167 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham di kawasan Asia terpantau bergerak di zona hijau.

Tercatat, indeks Shanghai Composite di China menguat 1,19 persen, dan indeks Straits Times di Singapura menguat 0,37 persen.

Sementara indeks Nikkei 225 di Jepang melemah 1,40 persen dan indeks Hang Seng Composite di Hong Kong mandek.

Bursa saham Eropa pun terpantau kompak mandek. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris tetap berada di posisi 7.952 dan indeks DAX di Jerman tetap berada di posisi 18.492.

Senada, bursa Amerika pun terpantau mandek. Indeks S&P 500 tetap berada di posisi 5.254, indeks Dow Jones tetap berada di posisi 39.807, dan indeks NASDAQ Composite tetap berada di posisi 16.379.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Sistem Krisis Raja Kemuliaan Naruto

situs tergacor hari ini
Shopee jadi mitra resmi pertama ASEAN Club Championship
ASEAN Football Federation atau Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi, ASEAN Club Championship, yang diberi nama Shopee Cup™. (Dok. Istimewa)
Jakarta (ANTARA) - ASEAN Football Federation atau Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) secara resmi telah mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi, ASEAN Club Championship, yang diberi nama Shopee Cup™.

Kerja sama ini diresmikan dengan mitra komersial eksklusif AFF, yaitu SPORTFIVE, dan Shopee yang menjadi Mitra Penyelenggara AFF untuk kejuaraan besar tingkat ASEAN lainnya.

Shopee Cup™, turnamen klub regional resmi pertama di Asia Tenggara akan menobatkan juara dari ASEAN Club Champion setiap tahunnya, yang didorong oleh semangat dan antusiasme terhadap klub sepak bola di salah satu pasar konsumen terbesar di dunia dan wilayah Shopee berada.

Turnamen ini akan dimainkan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-offs dan fase grup, di mana 14 klub ternama di ASEAN, akan berkompetisi dalam 40 pertandingan. Sejalan dengan upaya regional untuk mengikuti kalender kompetisi Eropa, Shopee Cup™ akan dimulai tahun ini pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga 21 Mei 2025.

Baca juga: AFF kerja sama dengan Shopee untuk gelar kompetisi klub se-ASEAN

Shopee, anak perusahaan Sea Limited yang terdaftar di NYSE (NYSE: SE), adalah platform belanja online terbesar di Asia Tenggara.

Zhou Jun Jie, Chief Commercial Officer Shopee mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), sebagai sponsor utama dari acara perdana, Shopee Cup™. Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, dan di saat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna”.

Major General Khiev Sameth, President of AFF mengatakan, “Hari ini menandai langkah bersejarah bagi sepak bola ASEAN. Shopee Cup™ akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di wilayah ini. Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia”.

“Kami sangat bangga dapat bermitra bersama Shopee, perusahaan ASEAN yang dikenal secara global dan dapat menjadi mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN”.

Baca juga: Sambut bulan puasa, Shopee hadirkan kampanye Big Ramadan Sale 2024
 
ASEAN Football Federation atau Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi, ASEAN Club Championship, yang diberi nama Shopee Cup™. (Dok. Istimewa)


​Major General Khiev Sameth menambahkan, “Sebagai perwakilan dari Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Shopee serta mitra komersial, SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan fanbase ASEAN ke level yang lebih tinggi”.

Seamus O’Brien, President and Chairman of the Board, SPORTFIVE Asia mengatakan, “Bagi SPORTFIVE, yang telah menjadi pusat dari banyak pencapaian penting sepak bola Asia selama 30 tahun, kemitraan dengan Shopee ini menjadi yang paling transformatif. Dengan bangkitnya ASEAN sebagai negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dalam beberapa dekade terakhir, dipadukan dengan semangat tinggi dari para penggemar sepak bola ASEAN, yang kini berpadu bersama dalam lanskap digital modern, menjadikan hal ini sebagai peristiwa yang sangat penting bagi dunia olahraga".

Baca juga: Shopee gandeng BPJPH fasilitasi UMKM sertifikasi Halal

“Kami berharap dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan kami di AFF dan mitra kami di Shopee untuk membuat acara ini berkesan di hati dan pikiran konsumen, serta penggemar di seluruh ASEAN,” tambah Seamus O’Brien.

Shopee Cup™ akan menampilkan Juara Liga Nasional dan pemenang Cup (atau runner-up dalam situasi tertentu) dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (perwakilan dua tim setiap negara), serta Filipina dan Singapura (perwakilan satu tim setiap negara). Juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di Fase Grup turnamen saat babak kualifikasi play-off.

Sejumlah 12 klub yang telah memenuhi syarat akan diundi ke dalam dua grup untuk fase grup dengan Undian Resmi (Official Draw). Sebanyak 30 pertandingan fase grup akan dimainkan dengan sistem kandang atau tandang selama lima hari pertandingan. Tim dengan peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup pada akhir fase grup akan lolos ke semi-final. Semifinal dan final akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.

Informasi lebih lanjut mengenai format kompetisi, jadwal Shopee Cup™ musim 2024/25 dan klub-klub yang berpartisipasi akan dihadirkan pada Pengundian Resmi (Official Draw) yang akan diadakan pada minggu pertama bulan Mei, dengan tanggal dan tempat yang akan segera diumumkan.

Baca juga: Shopee HEB dukung promosi jenama fesyen lokal di pasar internasional

Baca juga: Rayakan bulan suci dalam Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale 2024

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Kelahiran Kembali Raja Emas Hitam

erek penari
Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.
Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024. (Foto: AP/Tatan Syuflana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Persoalan pupuk langkamenjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.

Mulanya, isu pupuk langka menjadi perdebatan sengit antara capres nomor urut 3 Prabowo Subianto dan nomor urut 2 Ganjar Pranowo dalam debat pertama di KPU, Selasa (12/12). Prabowo mengklaim banyak petani di Jawa Tengah yang mengeluh kepadanya soal kelangkaan pupuk.

"Menurut pandangan saya, kelompok rentan itu juga termasuk para petani dan nelayan. Dan yang saya dapat setelah saya keliling, khususnya di Jawa Tengah, Pak Ganjar, petani-petani di situ sangat sulit dapat pupuk dan mereka mengeluh dengan Kartu Tani yang bapak luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk," ucap Prabowo kepada Ganjar.

"Pak, data petani kita tidak pernah beres, maka kalau kemudian satu data petani bisa kita kelola, distribusi pupuknya harus bisa sampai dan tepat sasaran," balas Ganjar.

Lihat Juga :
Negara Habiskan Rp1.060 T untuk Bansos, Pupuk Petani, dan Subsidi BBM

Respons petani dan mentan 

Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia (SPI) Muhammad Qomarun Najmi menyebut permasalahan pupuk ini terletak pada validitas data. Ia mengungkapkan ada petani yang punya lahan, tetapi tak mendapat Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"Ada yang tidak punya lahan atau bukan petani, dapat Kartu Tani," katanya kepada CNNIndonesia.com (13/12).

Carut marut data penerima Kartu Tani membuat sejumlah petani memilih menggunakan KTP untuk membeli pupuk subsidi. Sehingga Qomarun beranggapan langkah Presiden Joko Widodo mempermudah petani mendapatkan pupuk dengan bermodalkan KTP bukanlah hal baru.

Di lain sisi, Ketua Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jawa Timur Jumantoro menilai pupuk sejatinya tidak langka. Ia menyebut stok pupuk di kios hingga distributor tetap tersedia.

Akan tetapi, APPI mengeluhkan alokasi pupuk subsidi yang dibatasi. Jumantoro mempermasalahkan alokasi tersebut jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhan para petani di lapangan.

"Alokasinya memang sudah habis. Karena petani menggunakan pupuk, misal jagung kebutuhan 6 ton-7 ton per hektare, padi 5 ton-7 ton per hektare, lah alokasi pemerintah untuk padi dan jagung kurang lebih hanya 3 kuintal," kata Jumantoro kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/12).

Sementara itu, Mentan Amran Sulaiman membantah adanya kelangkaan pupuk. Namun, ia mengaku memang mendengar banyak keluhan petani yang kesulitan mendapatkan pupuk jelang masa tanam.

Lihat Juga :
Daftar Daerah yang Alami Kelangkaan Pupuk, Benarkah Cuma Jateng?

Ia mengklaim langsung merevisi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 untuk mengatasi masalah ini. Amran menyebut akses petani terhadap pupuk bersubsidi kini jadi lebih mudah, yaitu cukup dengan menunjukkan KTP, tak perlu Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"KTP ada tertulis petani di KTP-nya bisa ambil pupuk. Tidak ada (syarat lain). Jangan dipersulit kalau dia minta pupuk berarti dia mau tanam. Kalau dia mau berproduksi, Indonesia bisa swasembada, berdaulat bahkan ekspor," ucap Amran, dikutip dari Antara.

(skt/asa)

[Gambas:Video CNN]