petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

shopee kredivo

situs asli slot 442Jutaan kata 227617Orang-orang telah membaca serialisasi

《shopee kredivo》

Mentan Bantah Mahfud dan Cak Imin soal Food Estate Gagal: Sudah Panen******

Mentan Amran membantah Cak Imin dan Mahfud MD yang mengatakan proyek lumbung pangan alias food estate gagal.
Mentan Amran membantah Cak Imin dan Mahfud MD yang mengatakan proyek lumbung pangan alias food estate gagal. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PertanianAndi Amran Sulaiman membantah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD yang mengatakan proyek lumbung pangan aliasfood estate gagal.

Menurut Amran, food estate sedang dikerjakan di beberapa daerah dengan berjalan baik dan sesuai target, bahkan ada yang sudah panen.

"Food estate ini bukan proyek instan, butuh proses. Kenyataannya kita memiliki 10 juta hektare yang sebelumnya tidak dimanfaatkan untuk lahan pertanian. Kami sekarang menggarap itu, butuh proses, butuh teknologi agar menjadi lahan produktif," katanya dalam keterangan resmi, Senin (22/1).

"Food estate tersebut sudah berhasil panen. Food estate Gunung Mas juga sudah panen jagung seluas 10 hektare dan singkong seluas 3 hektare. Kita pantau terus lahan tersebut," katanya.

Sebelumnya, Cak Imin dan Mahfud kompak mengkritik program food estate era Presiden Jokowi. Program food estate sendiri saat ini berada di bawah koordinasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang juga merupakan capres nomor urut 1.

"Di sisi lain kita prihatin pengadaan pangan nasional melalui food estate. Food estate mengabaikan petani kita merugikan masyarakat adat kita. Hasilkan konflik agraria bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan," kata Cak Imin dalam debat cawapres.

Sementara, Mahfud menyebut food estate adalah program gagal dan merusak lingkungan. Menurutnya, hal tersebut merugikan negara.

"Jangan seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan, yang bener aja, rugi dong kita," kata Mahfud.

Lihat Juga :
Apakah Food Estate yang Dilaksanakan Jokowi-Prabowo Gagal?

Proyek food estate merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Kebijakan ini menjadi bagian dari program strategis nasional (PSN) 2020-2024 yang digagas oleh Jokowi.

Berdasarkan catatan Kementerian Pertanian, implementasi pengembangan food estate telah diawali dengan membangun di Provinsi Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 2020. Proyek ini direncanakan akan terus dikembangkan sampai 2024.

Selain di tiga wilayah tersebut, food estate juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Namun, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai food estate gagal. Hal itu diungkapkan Pengkampanye Hutan dan Kebun WALHI Uli Arta Siagian merespons tanaman singkong di lahan seluas 600 hektare di Gunung Mas, Desa Tewai Baru, Kalimantan Tengah, yang tidak terurus.

"Semua cerita food estate itu cerita kegagalan. Sekarang cerita kegagalan itu diulang lagi (di Kalteng). Seperti tidak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya," kata Uli kepada CNNIndonesia.combeberapa waktu lalu.

Uli berkata food estate di Kalimantan banyak dilakukan di lahan gambut. Padahal, tidak semua tanaman bisa di tanam di lahan tersebut, sehingga proyek food estate banyak menjadi gagal.

Food Estate Gunung Mas juga sempat dikritik karena tidak ditanam langsung di tanah, melainkan dalam polybag.

Namun, Amran membantah tudingan itu. Menurutnya, penggunaan pot hanya dilakukan pada benih percobaan agar mengetahui kondisi iklim dan seberapa besar pertumbuhan jagung yang akan ditanam. Itu pun katanya hanya beberapa pot saja karena benih yang lain tetap menggunakan media tanah secara langsung.

"Itu untuk percobaan saja agar kita mengetahui kondisi iklim dan benih yang akan ditanam. Dan itu yang diambil gambarnya. Tolong diubah mindset-nya, ubah karakternya agar negara yang saya cintai ini bisa menjadi super power. Jangan diisi dengan orang-orang pecundang yang suka fitnah," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Nilai Microsoft Tembus Rp47 Ribu T, Lebih Besar dari Ekonomi Prancis******

Nilai perusahaan Microsoft tembus US triliun atau Rp47 ribu triliun. Jumlah ini lebih besar dari ekonomi Prancis pada 2022.
Nilai perusahaan Microsoft tembus US triliun atau Rp47 ribu triliun. Jumlah ini lebih besar dari ekonomi Perancis pada 2022. (Foto: AFP/DENIS CHARLET)
Jakarta, CNN Indonesia--

Microsoft menjadi perusahaan kedua yang bernilai paling tinggi di dunia setelah tembus lebih dari US triliun atau Rp47.574 triliun (kurs Rp15.850 per dolar AS) pada Rabu (24/1). Hal ini dikarenakan saham melonjak setelah mereka merilis kecerdasan buatan (AI).

BerdasarkanCNN, Kamis (25/1), nilai pasar Microsoft saat ini menjadi lebih besar dari seluruh PDB Prancis sebesar US,7 triliun.

Harga saham Microsoft naik hampir 1,5 persen menjadi sekitar US5 per saham pada Rabu sore. Hal ini berhasil membuat nilai pasarnya melebihi US triliun dan bergabung bersama Apple sebagai satu-satunya perusahaan yang melewati nilai tersebut.

Pada 2023, CEO Microsoft Satya Nadella melakukan investasi bernilai miliaran dolar pada AI, termasuk mengomersilkan dan menambahkan alat AI seperti ChatGPT ke dalam rangkaian produknya sebelum para pesaingnya.

Ia bahkan memperkuat hubungan Microsoft dengan pembuat ChatGPT, OpenAI, pionir utama di bidang kecerdasan buatan.

Setelah tertinggal di belakang Apple selama sebagian besar dekade terakhir, Microsoft sempat melampaui perusahaan tersebut dan menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia pada awal Januari lalu.

Microsoft adalah bagian dari 'Magnificent 7', kelompok saham yang terdiri dari Apple, Nvidia, Amazon, Alphabet, Meta dan Tesla.

Microsoft sendiri menguasai 7,3 persen saham S&P 500. Secara keseluruhan, ketujuh saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dibandingkan seluruh pasar saham negara mana pun kecuali Amerika Serikat.

Pada minggu lalu, Nvidia dan Microsoft sendiri menyumbang sekitar 75 persen dari keuntungan S&P 500 tahun ini, menurut analis di Bespoke Investment Group.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Kemenhub Evaluasi Kasus Kecelakaan Kereta Api******

Kementerian Perhubungan mengevaluasi terjadinya sejumlah kecelakaan kereta api yang terjadi belakangan ini supaya ke depan tak terjadi lagi.
Kementerian Perhubungan mengevaluasi terjadinya sejumlah kecelakaan kereta api yang terjadi belakangan ini supaya ke depan tak terjadi lagi. ( DetikJabar/Wisma Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan mengevaluasi terjadinya sejumlah kecelakaan kereta apiyang terjadi belakangan ini.

Evaluasi dilakukan selain untuk mengungkap penyebab juga untuk mencari solusi terbaik agar ke depan kejadian tersebut tak terulang lagi.

Direktur Jenderal Perkerataapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menyatakan evaluasi dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak terkait.

Kecelakaan kedua terjadi pada Kereta Api Turangga dan KA Lokal Bandung Raya yang menewaskan 4 orang pada awal Januari lalu.

Kecelakaan ketiga terjadi pada Minggu (14/01) saat kereta anjlok di Stasiun Tanggulangin.

Terkait insiden-insiden tersebut, Risal mengungkapkan bahwa DJKA terus melakukan peningkatan pada jalur-jalur kereta api dan membangun jalur ganda untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan perjalanan kereta api.

Pembangunan jalur ganda yang dilakukan oleh DJKA mencakup Segmen Cirebon - Purwokerto - Yogya - Solo - Madiun - Wonokromo (rampung pada 2020), Segmen Bogor - Sukabumi (progres mencapai 97,14 persen), dan Segmen Kiaracondong - Cicalengka (Tahap I rampung 2022, Tahap II progres mencapai 76,08 persen).

Sementara untuk memitigasi terjadinya anjlok, DJKA akan melakukan 18 kegiatan peningkatan prasarana perkeretaapian.

Peningkatan mencakup kapasitas jalur, serta fasilitas operasi pendukungnya, pada 2024. Dalam hal ini, DJKA menargetkan agar pada 2024 ini, 94 persen dari keseluruhan jalur kereta api di Indonesia sudah sesuai standar Track Quality Index (TQI) kategori 1 dan 2.

"Jika jalur kereta kita sudah mencapai standar kualitas TQI Kategori 2, maka kereta dapat melaju pada kecepatan 80 sampai 100 km/jam, sementara dengan standar kualitas TQI Kategori 2, kereta dapat melaju pada kecepatan 100 sampai 120 km/jam dengan aman dan selamat," urai Risal.

Di sisi lain, Risal mengatakan bahwa DJKA juga terus mendorong penanganan perlintasan sebidang dengan melibatkan Kementerian PUPR, pemerintah daerah, serta stakeholderterkait.

[Gambas:Video CNN]

Keterlibatan pemerintah daerah dalam penanganan perlintasan sebidang ini katanya, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api dengan Jalan.

Lebih lanjut, Risal menyebut bahwa penanganan perlintasan sebidang ini juga telah diupayakan oleh DJKA dengan menghilangkan atau menutup perlintasan sebidang KA yang berdekatan (kurang dari 800 meter) dan/atau yang lebar jalannya kurang dari 2 meter; memasang pagar sterilisasi jalur KA, program pembangunan fly overatau underpass; membangun jalan kolektor atau frontage roaddi sepanjang jalur KA atau jalan alternatif (manajemen lalu lintas).

Selanjutnya, program pengadaan pintu perlintasan,early warning system (EWS), dan pemasangan rambu; perbaikan perkerasan jalan (modular concreateLX/sintetis LX); pengembangan level crossing obstacle detection systemyang melakukan deteksi otomatis rintangan di perlintasan sebidang untuk mencegah kecelakaan kereta api dengan kendaraan jalan; program evaluasi perlintasan Jawa dan Sumatera serta sosialisasi, kampanye dan promosi keselamatan di perlintasan.

"Harapan kami agar pihak KAI selaku operator juga mengambil andil dalam meningkatkan aspek keselamatan dan pelayanannya agar tidak terjadi lagi peristiwa serupa," tegas Risal

Kendati demikian, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, masyarakat dihimbau untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas, mendahulukan perjalanan kereta api, dan tidak menerobos palang pintu perlintasan untuk mencegah terjadinya insiden serupa. "Kami berharap partisipasi aktif dari masyarakat untuk berhati-hati pada perlintasan sebidang demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama," tutup Risal.

Lihat Juga :
TKN Ungkap Cara Prabowo Selamatkan RI dari Ancaman Utang Rp16 Ribu T
(agt/pta)




bab terbaru:pinjam uang di shopee

Perbarui waktu:2024-06-25

Daftar bab terbaru
daftar slot maxwin
ligafox
cara memenangkan parlay judi bola
game judi terpercaya
buku mimpi kadal
situs terbaru slot gacor
gbo007 slot
aplikasi prediksi togel
slot 2023 terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek erek lampu
Bab 2 slot 2022
Bab 3 angsuran kredit pintar
Bab 4 slot gacor besok
Bab 5 situs slot demo
Bab 6 slot88 gacor hari ini
Bab 7 dewacas
Bab 8 v77bet
Bab 9 slot yang sering kasih maxwin
Bab 10 slot gacor saat ini
Bab 11 erek2 49
Bab 12 slot gacor terbaru
Bab 13 bermain slot online
Bab 14 buku mimpi 1 sampai 100
Bab 15 lagu kakek zeus naik angkot
Bab 16 daftar slot
Bab 17 bo yang lagi gacor hari ini
Bab 18 imbagacor
Bab 19 info slot gacor terpercaya
Bab 20 buku mimpi 2d 42
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9293bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Perang Total Roma: Kekaisaran Dunia Lainnya

slot judi olympus
Dirut Antam Nico Kanter bersyukur Kejagung menetapkan pengusaha asal Surabaya Budi Said sebagai tersangka.
Dirut Antam Nico Kanter bersyukur Kejagung menetapkan pengusaha asal Surabaya Budi Said sebagai tersangka. (Foto: ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Nico Kanter bersyukur Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan pengusaha asal SurabayaBudi Saidsebagai tersangka.

Penetapan tersangka Budi Said ialah terkait kasus penipuan jual-beli emas Antam.

"Saya hanya bersyukur kepada Tuhan bahwa akhirnya beliau jadi tersangka," ujarnya di Jakarta, Selasa (23/1).

Menurutnya, jika ada oknum Antam yang menjanjikan bisa menjual emas dengan potongan harga, maka itu patut dicurigai.

"Saya benar-benar apresiasi Kejaksaan bisa membuat dia (Budi Said) jadi tersangka, bukan karena ini direkayasa, tapi pasti dia ada pembelian tidak wajar," kata Nico.

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Budi Said sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam penjualan emas logam mulia 1,1 ton pada Butik Surabaya 1 Antam.

Status Budi dinaikkan menjadi tersangka dalam kasus jual beli emas mulia senilai Rp1,2 triliun ini usai penyidik Kejagung melakukan pemeriksaan secara intensif dan dua alat bukti pada Kamis (18/1).

Lihat Juga :
Adaro Respons Klaim Boy Thohir soal Siap Menangkan Prabowo

Bahkan, setelah menetapkan dan menahan tersangka, Kejagung juga melakukan penggeledahan di sejumlah tempat, salah satunya rumah Budi Said di wilayah Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan dalam menjalankan aksinya Budi bekerja sama dengan sejumlah pegawai Antam untuk merekayasa transaksi jual beli emas melalui toko.

"Dengan cara menetapkan harga jual di bawah harga yang telah ditetapkan oleh PT Antam, dengan dalih seolah ada diskon dari PT Antam," kata Kuntadi.

Guna mengaburkan rekayasa tersebut, transaksi dilakukan dengan cara menggunakan mekanisme yang tidak ditetapkan PT Antam.

Setelah itu, kata dia, PT Antam tidak bisa mengontrol kesesuaian antara jumlah emas yang keluar dengan nilai transaksi yang masuk ke Butik Surabaya 1.

"Akibatnya antara jumlah uang yang diberikan oleh tersangka dan jumlah logam mulia yang diserahkan PT Antam terdapat selisih yang cukup besar," tuturnya.

Selisih tersebut kemudian kembali ditutupi dengan membuat surat ketentuan palsu antara tersangka dengan Butik Surabaya 1.

"Yang pada pokoknya menyatakan seolah bahwa benar transaksi telah dilakukan dan benar PT Antam ada kekurangan dalam menyerahkan sejumlah logam mulia," jelasnya.

"Akibatnya PT Antam mengalami kerugian 1 ton 136 kilogram logam mulia atau mungkin bisa setara Rp1,2 triliun," imbuhnya.

Ia menyebut rekayasa dilakukan dengan menjual emas di bawah harga yang ditetapkan PT Antam lewat modus pemberian diskon.

Atas perbuatannya Budi diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Budi Said pernah memenangkan gugatan di Mahkamah Agung dengan tergugat PT Aneka Tambang (persero) Tbk. MA saat itu menghukum Antam membayar ganti rugi kepada Budi sebesar 1.136 kilogram atau 1,1 ton emas batangan 24 karat.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Monyet kera memainkan Perjalanan ke Barat

gacor89
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.207 pada Rabu (31/1) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.207 pada Rabu (31/1) ini. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.207 pada Rabu (31/1) ini. 

Indeks saham menguat 15,72 poin atau 0,22 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,93 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,92 miliar saham.

Lihat Juga :
Mengenal PT TSI, Produsen Rokok SIN yang Buat Ustaz Solmed Kaya Raya

Terpantau, tujuh dari 11 indeks sektoral melemah, dipimpin oleh sektor transportasi, yakni minus 1,17 persen.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 0,61 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 1,43 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 0,07 persen.

Senada, bursa saham Eropa juga bergerak beragam. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,01 persen, indeks DAX di Jerman minus 0,09 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,11 persen.

Seperti Asia dan Eropa, bursa saham AS juga bergerak bervariasi. Indeks S&P 500 melemah 0,06 persen, indeks NYSE Composite menguat 0,29 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,76 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Onmyoji hebat tingkat dewa

cara mendapatkan uang 1 juta di shopee
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (15/1) karena indeks sedang terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (15/1) karena indeks sedang terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (15/1).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyebut indeks sedang terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun.

"Sedangkan jelang rilis data perekonomian neraca perdagangan pada hari ini disinyalir masih menunjukkan berada dalam kondisi stabil akan turut mewarnai pergerakan IHSG,"kata William.

"Level support IHSG berada di 7.111, 7.021 dan 6.931, sementara level resistennya di 7.300, 7.422 dan 7.503," katanya.

IHSG ditutup di level 7.241 pada Jumat (12/1). Indeks saham menguat 21,17 poin atau plus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya. Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,32 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,18 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 228 saham menguat, 281 terkoreksi, dan 257 lainnya stagnan. Terpantau delapan dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor infrastruktur yang turun 1,14 persen.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Saya adalah pemimpin Jalan Abadi

denda di kredivo
Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.
Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan usai TikTok mengakuisisi Tokopedia. (AFP/YASUYOSHI CHIBA).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan itu terjadi usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.

Keputusan itu disampaikan lewat keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (31/1).

Mengutip informasi dari LinkedIn-nya, Vonny merupakan lulusan dari Universitas Pelita Harapan jurusan administrasi bisnis dan manajemen pada 2002.

Ia juga pernah bekerja di ByteDance, perusahaan induk TikTok sebagai category management selama 2 tahun 8 bulan.

Selain Vonny, Tokopedia juga mengangkat Melissa Siska Juminto sebagai direktur bersama Mengzhi Xu.

Berikut susunan direksi dan komisaris Tokopedia terbaru.

Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
Direktur: Mengzhi Xu
Direktur: Melissa Siska Juminto

Komisaris Utama: Wilfred Halim
Komisaris: Chi-Jen Sung
Komisaris: Ran Gao
Komisaris: Sugito Walujo
Komisaris: Garibaldi Thohir

[Gambas:Video CNN]

TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember lalu.

Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

Akan tetapi, kembalinya TikTok Shop ke Tanah Air dengan menggandeng Tokopedia ternyata tak mengubah skema mereka berjualan. Perusahaan asal China itu tetap mengusung konsep transaksi di media sosial alias social commerce yang dilarang di Indonesia.

Lihat Juga :
Sri Mulyani: Orang Lebih Silau dengan Pembangunan karena Gunting Pita
(fby/agt)

Orang-orang menggali emas di Ghana, Afrika

indogacor88
Saksikan wawancara CNN Indonesia dengan SVP ITRI Stephen Su dalam 'Asia Forward' bersama Maggie Calista pada Kamis (18/1) pukul 19.00 WIB.
Saksikan wawancara CNN Indonesia dengan SVP ITRI Stephen Su membahas peran riset dalam pengembangan industri di Taiwan dalam 'Asia Forward' bersama Maggie Calista pada Kamis (18/1) pukul 19.00 WIB. (Diolah dari Dok. CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Taiwan merupakan pemimpin industri semikonduktor dunia, komponen penting dalam peralatan elektronik hingga otomotif modern.

Setidaknya 60 persen dari produk fabrikasi semikonduktor (foundry) global berasal dari Negeri Formosa itu. Bahkan, 90 persen cip tercanggih dunia berasal dari sana.

Keberhasilan itu tak lepas dari peran riset yang mampu menjawab kebutuhan industri hingga akhirnya menjadi produk yang bisa dikomersialisasi.

Berdiri sejak 1973, ITRI sudah terlibat sejak Taiwan mulai merintis pengembangan industri semikonduktor.

ITRI juga memiliki peran dalam berdirinya sejumlah perusahaan papan atas, termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC).

Anchor CNN Indonesia TV Maggie Calista berkesempatan untuk berbicara dengan SVP ITRI Stephen Su untuk membahas isu-isu terkait.

Wawancara eksklusif ini dilakukan di Kantor ITRI di Kota Taipei pada pekan terakhir Desember 2023.

Dalam wawancara tersebut, Su membagikan peran riset terapan di balik kesuksesan industri semikonduktor Taiwan.

Selain itu, Su juga menyinggung soal riset terapan yang bisa membuat kehidupan manusia lebih baik, hingga aspek keberlanjutan dalam pengembangan industri.

Untuk lebih lengkapnya, saksikan wawancara CNN Indonesia dengan SVP ITRI Stephen Su dalam 'Asia Forward' bersama Maggie Calista pada Kamis (18/1) pukul 19.00 WIB di CNN Indonesia TV dan live streaming di cnnindonesia.com.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Tuan Perang Penciptaan

slot gacor sore ini
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali meminta pajak jasa hiburan diturunkan ke tarif sebelumnya yakni 15 persen.
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali meminta pajak jasa hiburan diturunkan ke tarif sebelumnya yakni 15 persen. Ilustrasi. (iStockphoto).
Denpasar, CNN Indonesia--

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali meminta pajak jasa hiburan diturunkan ke tarif sebelumnya yakni 15 persen.

Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya bersama pelaku pariwisata di Bali menolak kenaikan pajak hiburan tersebut.

Menurut Suryawijaya pajak 15 persen yang sudah diterapkan selama ini sudah masuk akal karena terjangkau. Selain itu, waktu kenaikan pajak tersebut belum tepat lantaran pariwisata di Bali baru mulai pulih dari pandemi covid-19.

Suryawijaya juga membandingkan pajak tersebut dengan Thailand yang hanya mengenakan sebesar 5 persen.

"Sedangkan, Thailand, mereka menurunkan pajak hanya 5 persen, mereka perlu turis datang ke Thailand. Nanti, Bali bisa ditinggalkan. Ini bahaya buat kita," imbuhnya.

Ia juga mengajak para pelaku usaha hiburan malam untuk menunda pembayaran pajak 40 persen sampai ada hasil dari judicial review di MK,"Iya, kita menunggu dulu judisial review. Karena kalau kita bayar 40 persen, itu tamu kabur semua," ujarnya.

Apabila judicial reviewditolak oleh MK pihaknya bersama para usaha hiburan malam tetap bersepakat untuk mendesak pemerintah agar kenaikan pajak 40 persen tidak diterapkan.

Lihat Juga :
Melihat Ekonomi Papua Nugini, Tetangga RI yang Bikin China Sewot

Sementara, General Manager Kelab Malam Boshe VVIP Club Bali I Gusti Bagus Suwitra mengatakan sebenarnya pajak 15 persen itu sudah besar dan kalau dinaikkan menjadi 40 persen tentu sangat berat. Pihaknya juga sepakat dengan para pelaku usaha hiburan malam lainnya untuk mengajukan judicial review ke MK.

Suwitra khawatir kenaikan pajak tersebut akan membuat sejumlah hiburan malam tutup dan otomatis karyawan terkena PHK massal.

"Kalau PHK massal mungkin sebelum PHK sudah tutup duluan perusahaannya. Jadi sudah tidak PHK udah tutup, iya sudah PHK sendiri," ungkapnya.

Pihaknya juga sepakat bila nantinya ada usulan penundaan pembayaran pajak dan melakukan aksi damai dalam kenaikan pajak tersebut.

"Setuju banget. Kalau memang itu cara yang akan dipilih oleh teman-teman semua dan dari beberapa tokoh, itu mungkin jalan," ujarnya.

Pemerintah menaikkan pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan dari 15 persen menjadi 40 persen hingga 75 persen. Kebijakan itu, diatur dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Dalam aturan itu, PBJT untuk jasa hiburan berlaku pada diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/sfr)