petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara shopee menghasilkan uang

cara hutang dana 849Jutaan kata 713036Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara shopee menghasilkan uang》

RI dan Australia Teken MoU Soal Kendaraan Listrik******

Pemerintah Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Australia terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV).
Pemerintah Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Australia terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV). (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Australiaterkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik(EV).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir mengatakan kesepahaman ini menjadi tanda kolaborasi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia akan terjadi di hulu maupun hilir.

"Kita tanda tangan MOU ini salah satu adalah memperkuat bagaimana terjadinya kerja sama, kolaborasi yang kuat dalam melihat kesempatan untuk peningkatan daripada EV," kata Erik dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Kamis (23/11).

"Karena itu kita coba dorong kolaborasi critical mineralskedua negara untuk dijadikan hilirisasi industri," katanya.

Erick mengatakan bahwa nikel dan litium adalah dua mineral utama yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik. Indonesia sendiri telah mengembangkan industri hilirisasi nikelnya menuju ekosistem kendaraan listrik dalam lima tahun terakhir.

Kemudian telah ada tiga pabrik di Indonesia yang beroperasi untuk memproduksi mixed hydroxide precipitate, bahan dasar prekursor baterai. Selain itu, beberapa proyek manufaktur baterai juga telah direncanakan akan dimulai pada beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, Australia memiliki 24 persen cadangan litium dunia. Australia bahkan menyumbang 43 persen dari ekstraksi litium global pada 2022.

"Australia dapat mengambil manfaat dari sumber daya litium yang melimpah ini dengan berkolaborasi dengan Indonesia yang telah mengembangkan industri nikelnya dalam membangun poros baru ekosistem baterai kendaraan listrik, serta menjalin aliansi," kata Erick.

Erick mengatakan kelanjutan MoU ini akan dibuat road mapyang bisa diimplementasi di kedua negara.

"Sehingga, MOU ini bukan hanya seremonial, tetapi sesuatu yang real untuk kemajuan persahabatan kedua negara," katanya.

Erick menambahkan Indonesia merupakan market besar kendaraan listrik. Alasannya Indonesia memiliki populasi besar yang diperkirakan mencapai 315 juta orang.

"Dan tentu dengan situasi polusi udara yang kita bisa lihat sekarang ini, pemerintah sudah mengambil posisi bagaimana kita harus terus mendorong pengembangan EV," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(tim/agt)

239 Ribu Orang RI Bekerja di Luar Negeri Sepanjang 2023******

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut 237.992 orang Indonesia bekerja di luar negeri sepanjang Januari-Oktober 2023.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut 237.992 orang Indonesia bekerja di luar negeri sepanjang Januari-Oktober 2023. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut ada 237.992 tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri sepanjang Januari-Oktober 2023.

"Penempatan PMI (pekerja migran Indonesia) sebanyak 237.992 orang dengan karakteristik persentase sektor formal ini Alhamdulillah jumlahnya lebih besar 54,67 persen dan informal sebanyak informal dan 45,3 persen," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (14/11).

Ida merinci penempatan PMI itu terbagi dalam beberapa skema. Tercatat dari skema government to governmentmencapai 9.645 orang. Lalu, skema penempatan melalui Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) mencapai 189.101 orang.

Sementara berdasarkan wilayah penempatannya, di kawasan Asia dan Afrika mencapai 222.230 orang. Kemudian, di Eropa dan Timur Tengah mencapai 14.300 orang.

Adapun di Amerika dan Pasifik mencapai 1.462 orang.

Lebih lanjut, Ida mengungkapkan tantangan ketenagakerjaan di Indonesia. Ia mengungkapkan pasar tenaga kerja saat ini menampung banyak lulusan SMA, SMK, atau MA yang tak terserap perguruan tinggi.

Ida memaparkan saat ini sebanyak 1,8 juta lulusan SMA terpaksa masuk pasar tenaga kerja. Namun, lulusan SMA itu menghadapi tantangan besar lantaran pasar tenaga kerja membutuhkan pegawai yang menguasai skill digital.

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Setarakan Gaji PNS dengan Pegawai BUMN

Sementara, para lulusan SMA ini belum memiliki kemampuan tersebut.

"Keterampilan digital yang dimiliki tenaga kerja Indonesia masih bersifat teoritis dan umum, sehingga terjadi kesenjangan sisi supply dan demand," kata Ida.

Ia lantas mengatakan di masa mendatang pola permintaan tenaga kerja akan lebih banyak pekerjaan yang bersentuhan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Selain itu, sisi soft skillseperti kemampuan analitis, orientasi penyelesaian masalah, kreativitas, dan komunikasi juga akan sangat dibutuhkan.

Ida pun merinci sejumlah keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja saat ini. Berikut daftarnya:

- Creative thinkingkebutuhannya 73,2 persen

- Analytical thinkingkebutuhannya 71,6 persen

-Technological literacykebutuhannya 67,7 persen

- Curiosity and lifelong learningkebutuhannya 66,8 persen

- Resilience, flexibility and agilitykebutuhannya 65,8 persen

- Systems thinkingkebutuhannya 59,9 persen

-AI and big datakebutuhannya 59,5 persen

- Motivation and self awarenesskebutuhannya 58,9 persen

- Talent managementkebutuhannya 56,4 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Membandingkan Jumlah Pengusaha di Timses Anies, Prabowo, dan Ganjar******

Namapengusaha di balik tim sukses para calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 kini sudah lengkap terkuak. Pasangan AMIN paling sedikit pengusahanya.
Tim sukses para capres diisi oleh banyak pengusaha. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nama-nama pengusaha di balik tim sukses para calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 kini sudah lengkap terkuak.

Itu terjadi setelah pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengumumkan line upTim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024.

Pengumuman di Jalan Diponegoro Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat itu memperlihatkan setidaknya 3 sosok pengusaha di balik AMIN.

Lihat Juga :
ANALISISMembongkar 'Misteri' Kenapa Banyak Pengusaha Jadi Timses Para Capres

Anies lebih memilih sosok Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus sebagai captainTimnas AMIN. Bahkan, ia mengibaratkan pilot jet tempur F-16 itu bak Tom Cruise yang menjadi pemeran utama Top Gun: Maverick.

"Beliau adalah seorang pilot jet tempur F-16 dengan rekam terbang 4.000 jam terbang. Beliau pernah menjadi kepala Badan Nasional Pencarian Pertolongan (Basarnas). Ini adalah Top Gun-nya kita di sini, Tom Cruise-nya," kata Anies dalam konferensi pers, Selasa (14/11).

Lalu pasangan mana yang tim suksesnya terbanyak diisi pengusaha?

Berikut perbandingan deretan pengusaha di timses Anies, Prabowo, dan Ganjar:

Lihat Juga :
Profil Thomas Lembong dan Sepak Terjangnya Sebelum Merapat ke Anies

1. Anies-Muhaimin (Timnas AMIN)

- Co-Captain 2 Thomas Trikasih Lembong

Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong didapuk sebagai co-captain 2 Timnas AMIN. Ia adalah sosok pengusaha kakap yang sempat menjadi menteri perdagangan pada 2015-2016 serta kepala badan koordinasi penanaman modal (BKPM) 2016-2019.

Jejak bisnis Tom salah satunya menjadi bagian pendiri serta CEO dan managing partner di Quvat Management. Ini adalah perusahaan dana ekuitas swasta yang eksis sejak 2006.

Mantan penulis pidato Presiden Joko Widodo itu juga pernah menjadi presiden komisaris di PT Graha Layar Prima atau Blitz Megaplex pada 2012-2014.

- Co-Captain 7 Leontinus Alpha Edison

Leontinus Alpha Edison adalah co-founder PT Tokopedia. Kala itu, ia dengan Founder Tokopedia William Tanuwijaya bersama-sama mendirikan perusahaan belanja online tersebut pada 17 Agustus 2009.

Pria lulusan Teknologi Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini malang melintang di dunia IT. Beberapa pekerjaannya sebelum di Tokopedia, antara lainwebsite developerdi PT Signet Pratama, PT Sqiva System, dan PT Semesta Tirta Antara Raya.

Selain itu, Leontinus pernah bekerja menjadi general manager di PT Indocom Mediatama pada 2006-2008. Kini, ia didapuk sebagai presiden komisaris di perusahaan IT bernama Dekara sejak Juli 2022.

- Bendahara Gede Widiade

Gede Widiade adalah pengusaha kenamaan asal Bali yang bergelut di industri sepak bola Indonesia. Gede malang melintang di pucuk kepemimpinan klub sepak bola tanah air, mulai dari Bhayangkara FC hingga Persija Jakarta.

Salah satu prestasinya yang kesohor adalah saat menjadi direktur utama Persija pada 2017 hingga 2019. Di bawah tampuk kepemimpinannya, Macan Kemayoran meraih treble winner di 2018.

"Bendahara umum ini adalah tokoh sepak bola asal Bali. Beliau adalah pengusaha, aktivis dalam dunia persepakbolaan, memimpin saat ini 7 klub liga dari berbagai kasta kompetisi," jelas Anies dalam konferensi pers.

Lihat Juga :
Jokowi Bawa Oleh-oleh Rp400 T dari Biden

2. Prabowo-Gibran (Tim Kampanye Nasional/TKN)

Pasangan nomor urut 2 ini juga punya timses yang tak kalah mentereng. TKN diisi oleh deretan pengusaha ternama, terlebih Ketua Kadin 2010-2015 sekaligus mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani yang menjadi ujung tombaknya.

Sejumlah pengusaha lain juga masuk dalam jajaran TKN pimpinan Rosan. Nama-nama miliarder ini diumumkan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid pada Senin (6/11) lalu.

"Atas izin bapak bacawapres (Gibran Rakabuming Raka) dan ketua (Ketua TKN Rosan Roeslani), kami diminta untuk bacakan susunan TKN Koalisi Indonesia Maju (KIM) pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Nusron di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Lihat Juga :
Apakah Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Utang Terbesar ke China?

Berikut deretan pengusaha di belakang Prabowo-Gibran:

- Pembina TKN Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie dikenal sebagai pengusaha dari kerajaan bisnis Bakrie Group. Selain itu, ia adalah politikus Indonesia yang tergabung dalam Partai Golkar.

- Wakil Ketua Pengarah TKN Hashim Djojohadikusumo

Hashim adalah adik kandung Prabowo Subianto. Jika Prabowo aktif di militer, Hashim malang melintang sebagai pengusaha di bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet di kelompok perusahaan Arsari Group.

- Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN Erwin Aksa

Keponakan Jusuf Kalla ini menjadi pengusaha nasional mengikuti jejak sang ayah. Namanya mentereng bersama Bosowa Group.

- Wakil Bendahara Umum TKN Pandu Sjahrir

Pandu merupakan keponakan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Ia adalah pengusaha tenar sekaligus wakil direktur utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

- Anggota Penasihat TKN Putri Kuswisnu Wardani

Putri dikenal sebagai pengusaha kosmetik. Ia merupakan bos Mustika Ratu.

- Anggota Penasihat TKN Maher Algadri

Sepak terjang Maher di dunia bisnis melejit berkat perusahaan Kodel Group. Ia adalah taipan di era Orde Baru, bahkan namanya tercatat dalam laporan Forbes sebagai konglomerat kelas kakap di era itu.

- Anggota Penasihat TKN Theo Sambuaga

Theo Sambuaga juga tak asing dalam dunia bisnis tanah air. Ia adalah presiden komisaris PT Lippo Cikarang.

Lihat Juga :
Daftar 5 Negara dengan Utang Terbesar ke China

Pengusaha di Tim Sukses Ganjar-Mahfud

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:voucher axis 5gb 30hari

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
hislot88
kaisar328
cara pasang taruhan togel
trik pg soft hari ini
bb slot88
erek berenang
situs slot yang paling gacor
situs judi slot online tergacor
slot gacor 680
Daftar isi semua bab
Bab 1 kredit hp tanpa syarat
Bab 2 jam slot gacor hari ini
Bab 3 pakbos369
Bab 4 slot jp malam ini
Bab 5 cara menang main kiss918
Bab 6 slot gampang menang member baru
Bab 7 icslot88
Bab 8 hiu4d
Bab 9 slot bonus new member 500 di awal
Bab 10 situs slot gacor terbaru
Bab 11 nangka 2d
Bab 12 daftar game slot
Bab 13 anda slot
Bab 14 jam gacor kakek zeus hari ini
Bab 15 hari dan jam gacor main slot
Bab 16 bet88
Bab 17 chat slot
Bab 18 vipbet88 slot
Bab 19 demo imba slot
Bab 20 pasti maxwin x5000
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5247bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

langit keputusasaan

tafsir mimpi berak
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang membocorkan tiga ciri capres-cawapres pilihan pengusaha di Pilpres 2024.
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang membocorkan tiga ciri capres-cawapres pilihan pengusaha di Pilpres 2024. (Femi Diah/detikSport).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Ketua UmumKadinIndonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang membocorkan tiga ciri capres-cawapres pilihan para pengusaha di Pilpres 2024.

Ia mengungkapkan saat ini para pengusaha tengah menunggu debat jilid dua yang bakal dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Desember mendatang.

Debat itu akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Menurut Sarman, para pengusaha sangat rasional. Oleh karena itu, keyakinan pilihan pengusaha bakal bergantung dari penyampaian visi misi para kandidat.

Ia lantas, mengungkapkan tiga ciri capres-cawapres yang bakal dipilih adalah dia yang bisa memberikan kesinambungan, keberlanjutan, dan kepastian kebijakan hukum.

"Yang jelas pengusaha sangat membutuhkan kesinambungan, kemudian juga keberlanjutan, dan kepastian kebijakan dan masalah hukum dalam hal ini," kata dia melalui keterangan resmi, Senin (18/12).

Lebih lanjut, Sarman menilai tema yang diangkat dalam debat jilid dua sangat penting. Apalagi isu-isu yang diusung sangat berkelindan dengan dunia usaha.

Lihat Juga :
PBB Tinjau Pembangunan Proyek IKN

Ia juga menyampaikan saat ini ada berbagai tantangan dan isu dunia usaha yang harus dijawab para capres-cawapres.

Isu itu seperti kesinambungan program hilirisasi, kepastian dan kemudahan izin usaha, hingga komitmen kesinambungan regulasi yang saat ini berjalan.

Sarman juga mengingatkan capres-cawapres soal tantangan biaya logistik yang masih mahal, ketenagakerjaan, dan keberlanjutan industri.

"Kami berharap nanti bahwa para capres cawapres ini mampu menyampaikan kepada kita pelaku usaha bagaimana menjawab tantangan kekinian ekonomi kita pada saat ini, jangka menengah, maupun jangka panjang," ucap Sarman.

Lihat Juga :
Melihat Gunungan Harta Para Capres dan Cawapres, Siapa Paling Tajir?

Ia pun menjabarkan kondisi ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Hal itu pun tentu berimbas pada kondisi ekonomi di Tanah Air.

Di sisi lain, kondisi ekonomi di Indonesia juga belum sepenuhnya bangkit dari hantaman pandemi covid-19.

Sarman mengatakan para capres-cawapres harus punya jawaban konkret terkait permasalahan ekonomi. Terlebih, Indonesia punya target menjadi negara maju pada 2045.

"Tentu pengusaha ingin mendengar kira-kira bagaimana strategi, bagaimana upaya, bagaimana, langkah-langkah yang akan dilakukan nantinya dalam kerangka bagaimana supaya ekonomi Indonesia ke depan punya landasan kuat," tutur Sarman.

Ia mengingatkan apa yang disampaikan para calon pemimpin dalam debat jilid dua akan menentukan pilihan para pengusaha.

"Pada umumnya pengusaha itu, pengusaha rasional, yang artinya mereka akan menjatuhkan pilihannya ketika mereka dapat keyakinan dari visi misi yang disampaikan capres-cawapres ini," tegas Sarman.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Tuan Abadi Perkotaan

spin889
Italia memilih hengkang dari program Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt Road Initiative/BRI) atau jalur sutra modern yang dijalankan China karena merugikan.
Italia memilih hengkang dari program Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt Road Initiative/BRI) atau jalur sutra modern yang dijalankan China karena merugikan. ( Pixabay/MaxiDesigns).
Jakarta, CNN Indonesia--

Italia secara resmi meninggalkan program Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt Road Initiative/BRI) yang dijalankan China.

Perjanjian BRI Italia dengan China akan berakhir pada Maret 2024. Namun, pemerintah Italia sudah mengirimkan surat kepada Beijing bahwa mereka tidak akan memperbarui perjanjian tersebut.

"Kami mempunyai niat untuk menjaga hubungan baik dengan China meskipun kami tidak lagi menjadi bagian dari Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan (Belt and Road Initiative)," kata sumber di pemerintahan Italia, dikutip Reuters Rabu (6/12).

Pada 2019, Italia menjadi negara Barat pertama dan satu-satunya yang bergabung dalam program perdagangan dan investasi itu. Italia mengabaikan peringatan dari Amerika Serikat bahwa China mungkin bisa mengambil kendali atas teknologi sensitif dan infrastruktur penting di negara tersebut.

Mantan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengharapkan keuntungan perdagangan ketika mendaftar program BRI pada 2019 silam. Namun perusahaan-perusahaan China tampaknya justru menjadi penerima manfaat utamanya.

Program BRI China diciptakan oleh Presiden China Xi Jinping pada 2013 untuk berinvestasi di lebih dari 130 negara dan organisasi internasional.

Sejak dijalankan, inisiatif ini telah menghasilkan miliaran dolar yang dituangkan ke dalam proyek infrastruktur.

Namun, kritikus melihat BRI sebagai cara China untuk menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia melalui jeratan utang.

Dilansir dari China BRI Investment Report 2022 yang diterbitkan Green Finance & Development Center, pembiayaan dan investasi dari program jalur sutera ini mencapai US,8 miliar atau setara Rp1.068 triliun (asumsi kurs Rp15.752 per dolar AS) pada 2022.

Dana tersebut tersebar di 147 negara dengan lebih dari 200 kesepakatan.

Adapun sepanjang 2013 hingga 2022 investasi China dalam BRI secara total mencapai US2 miliar atau setara Rp15.152,3 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Saya mungkin seorang pembunuh palsu

elitetogel
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar.

"Enggak ada apa-apa, rotasi seperti biasa," kata Erick usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Erick mengatakan pihaknya memang ingin menyinergikan Bulog dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta Kementerian Pertanian. Itulah yang melandasi rotasi Buwas.

Secara terpisah, Buwas mengaku dirinya dicopot saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Kunker ini dalam rangka meninjau ketersediaan beras di gudang penyimpanan Kabupaten Aceh Besar sekaligus mengikuti Musyawarah Nasional Pramuka di Banda Aceh.

Menurutnya, pencopotan dirinya karena masa bakti di Bulog sudah habis dan hal itu juga jadi kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah itu, Buwas mendapat amanah untuk menjabat sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk alias SIG.

"Itu biasa (kalau diganti). Saya itu sudah 5 tahun, kontrak saya itu sudah selesai di bulan April. Tapi ternyata diperpanjang dan diangkat kembali, itu sifatnya terserah Kementerian BUMN, kalau sekarang saya ditugaskan di tempat baru ya itu biasa," ucap Buwas hari ini selepas menghadiri Munas Pramuka di Gedung Balee Meuseuraya Aceh.

Akan tetapi, Buwas mengaku tak mengetahui jika dirinya tiba-tiba ditunjuk jadi komisaris utama PT Semen Indonesia melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Bahkan, ia tidak tahu menahu soal agenda RUPSLB tersebut karena kewenangan ada di tangan Erick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Pakar hebat dari dunia lain

merchant online kredivo
Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya RI, kalahkan Low Tuck Kwong. Konglomerasi bisnisnya meliputi kayu, pertomikia hingga batu-bara.
Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya RI, kalahkan Low Tuck Kwong. Konglomerasi bisnisnya meliputi kayu, pertomikia hingga batu-bara. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya Indonesia versi Forbes Real Time Billionaires per Sabtu (11/11), serta merangsek ke posisi 30 orang terkayadunia.

Kekayaannya mengalahkan harta Bos PT Bayan Resources Tbk (BYAN) Low Tuck Kwong dan Hartono bersaudara.

Forbes mencatat kekayaan Prajogo, yang merupakan pendiri Barito Pacific itu kini menyentuh US,7 miliar atau setara Rp607 triliun (asumsi kurs Rp15.688 per dolar AS).

Uray mengajaknya bekerja di Djajanti Timber Group miliknya. Perkenalan itu lantas membuat Prajogo bergabung ke PT Djajanti Group pada tahun 1969. Prajogo dipercaya untuk mengelola Hak Pengusahaan Hutan (HPH) di Kalimantan Tengah.

Merasa punya banyak pengalaman dan pengetahuan soal kayu, Prajogo memutuskan untuk membuka bisnis sendiri. Ia mendirikan CV Pacific Lumber Coy pada akhir 1980. Selang tiga belas tahun perusahaan kayu miliknya berganti nama jadi Barito Pacific Timber.

Lihat Juga :
Daftar Pengusaha Dukung Anies, Ganjar, dan Prabowo di Pilpres 2024

Bisnis kayunya berkinerja gemilang. Ia bahkan menjadi pengusaha perkayuan terbesar di Indonesia sebelum krisis ekonomi pada 1997.

Pada 2007, Prajogo merambah sektor bisnis lain selain kayu. Nama perusahaannya pun diubah menjadi Barito Pacific. Ia mengakuisisi perusahaan petrokimia, Chandra Asri melalui kepemilikan saham 70 persen. Perusahaan ini menjelma menjadi produsen petromikia terbesar nasional usai bergabung dengan Tri Polyta Indonesia.

Konglomerat ini memperluas bisnisnya ke industri batu bara lewat Petrindo Jaya Kreasi, yang IPO di bursa pada 2023.

Prajogo pernah berkasus dalam dugaan korupsi dana reboisasi di Sumatera Selatan senilai Rp331 miliar. Ia sempat berstatus tersangka dalam pusaran korupsi proyek hutan tanam industri (HTI) tersebut. Ia bebas usai kasusnya di-surat perintah penghentian penyidikan (SP3) oleh Kejagung.

Nama Prajogo Pangestu tengah naik daun belakangan ini. Selain karena geliat usahanya di sektor petrokimia dan energi, ia tergabung dalam konsorsium nusantara pimpinan Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan yang berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sampai berterima kasih untuk investasi senilai Rp20 triliun dari Prajogo Cs. Menurut Jokowi, kucuran duit dari para miliarder tanah air membuka mata banyak orang bahwa investasi di IKN memang cuan.

"Pak Aguan (Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma), Pak Franky (Bos Sinarmas Group Franky Wijaya), Pak Prajogo (Bos Barito Pacific Prajogo Pangestu), Pak Eka Tjandranegara (Bos Mulia Group), Pak Pui (Bos Pulauintan Pui Sudarto), Pak Boy Thohir (Bos Adaro), Pak Kuncoro Wibowo (Bos Kawan Lama Group), Pak Djoko Susanto (Bos Alfamart Group), dan yang lain yang tidak bisa saya sebut satu per satu," sapa Jokowi saat groundbreaking Hotel Nusantara di wilayah IKN Nusantara, Kamis (21/9).

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Kaisar Jahat Tanpa Mahkota dari Dunia Lain

17 erek erek togel
Tiga capresakan menjadipembicara secara terpisah dalam dialog bersama Apindo di Jakarta pada hari ke-14 masa kampanye ini, Senin (11/12).
Tiga paslon peserta Pilpres 2024 sesuai nomor urut dari kiri ke kanan: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (3). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sehari jelang debat perdanaPilpres 2024, tiga calon presiden yang ada dijadwalkan mengikuti dialog bersama pengusaha di Jakarta pada hari ini, Senin (11/12).

Tiga capres yakni Anies Baswedan (nomor urut 1), Prabowo Subianto (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (nomor urut 3) akan menjadi pemateri secara terpisah dalam dialog bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta pada hari ke-14 masa kampanye ini.

Anies menjadi pembicara lebih dulu di Dialog Pengusaha dengan Calon Presiden RI yakni pada pukul 10.00 WIB.

Lihat Juga :
Mahfud MD: Saya Ikut Mengusulkan Revisi UU KPK Dibatalkan

Apindo menggelar dialog itu guna mengawal transisi kepemimpinan di Indonesia, khususnya advokasi kebijakan serta memposisikan peran asosiasi itu dalam peta perekonomian Indonesia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketiga pasangan tersebut akan menghadapi debat yang akan berlangsung lima kali selama masa kampanye hingga 10 Februari 2024.

Adapun debat pertama akan berlangsung pada 12 Desember 2023 di Kantor KPU, Jakarta Pusat. Debat perdana Pilpres 2024 nanti adalah dengan topik terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Lihat Juga :
Survei Indikator: Anies-Imin Unggul di Pemilih Pendidikan Tinggi
(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Jahat Tanpa Mahkota dari Dunia Lain

pinjam uang pakai ktp
Kementerian Investasi/BPKM menggandeng Kemhan dan BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas dengan pemberiaan 1.150 NIB.
Kementerian Investasi/BPKM menggandeng Kemhan dan BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas dengan pemberiaan NIB kepada 1.150 pelaku UMK disabilitas. (Foto: Arsip BKPM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah melalui Kementerian Investasi/BKPM bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersinergi untuk memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas.

Hal ini ditandai dengan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 1.150 UMK disabilitas, termasuk 500 UMK disabilitas binaan Pusrehab Kementerian Pertahanan.

Penyerahan NIB tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 dengan tema 'Kesempatan Berusaha Melalui Kemitraan dan Keadilan Bagi Pelaku Usaha Disabilitas'. Kegiatan ini digelar di Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) Rumah Sakit Dokter Suyoto, Jakarta Selatan, Selasa (12/12) lalu.

"Pemerintah telah memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk tumbuh berkarya dan berkontribusi bagi perekonomian. Saya juga berharap dengan adanya kolaborasi antara usaha besar dan UMK akan menciptakan pemerataan kesejahteraan," ujar Ikmal.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra mengungkapkan apresiasinya kepada penyandang disabilitas yang telah menghadapi tantangan berat dalam mendapatkan kesetaraan akses di berbagai sektor. Herindra juga menekankan untuk melibatkan penyandang disabilitas secara aktif dan memberikan hak mereka dengan sepenuhnya.

"Kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk lebih menghormati hak individu dan meningkatkan kolaborasi dalam melibatkan penyandang disabilitas pada pembangunan agar menjadi lebih mandiri dan profesional untuk merintis masa depan," ujar Herindra.

Salah satu yang mendapat NIB, yakni Verad Sugianto, pelaku UMK disabilitas asal Komando Pasukan Khusus. Verad yang merupakan penyandang disabilitas penglihatan ini menjalankan usaha jasa pengiriman alat berat. Ia mengaku bahwa pemberian NIB sangat membantunya dalam mengembangkan usaha.

"Sekarang pembuatannya sudah mudah, kalau dulu harus mempersiapkan banyak sekali persyaratan tapi saat ini hanya melalui online. Dengan NIB, kita terbantu dalam hal permodalan dan kemitraannya. Saya berterima kasih sekali dengan adanya program ini," tutur Verad.

Pada kesempatan yang sama, Rohani Br Sembiring, pemilik usaha Risoles Mbak Ani juga sependapat dengan Verad terkait kemudahan perizinan berusaha. Andini menyampaikan bahwa tidak ada kendala dalam pembuatan NIB saat ini.

"Pembuatan NIB yang saya lakukan gampang sekali. Tidak ada kesulitan dan semua dapat dipahami. Harapannya setelah punya NIB, saya ingin membuka cabang baru di tempat lain sehingga usaha saya lebih berkembang," ucap Rohani.

Selain pemberian NIB, juga dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Komitmen Kerja Sama Usaha Besar dengan UMK dan Pelaku Usaha Disabilitas serta Penandatanganan Kerja Sama Rehabilitasi Kecelakaan Kerja antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pusrehab Kemhan.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, sampai 12 Desember 2023, tercatat sebanyak 6.734.309 NIB telah berhasil diterbitkan melalui sistem OSS di seluruh wilayah Indonesia. Dari angka tersebut, 98 persen merupakan NIB pelaku UMK dan 2 persen pelaku usaha menengah dan besar.

Sedangkan, khusus untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta telah terbit sebanyak 579.875 NIB yang menduduki peringkat keempat provinsi dengan NIB terbanyak di Indonesia.

(ory/ory)