petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

live slot188

rtp indosport99 781Jutaan kata 849390Orang-orang telah membaca serialisasi

《live slot188》

Belajar Membangun Industri Unggulan dari Raja Semikonduktor Taiwan******

Kesuksesan Taiwan menjadi raja semikonduktor dunia tak diraih dalam semalam namun melalui proses yang panjang. Berikut pelajaran yang bisa diambil dari Taiwan.
Kesuksesan Taiwan menjadi raja semikonduktor dunia tak diraih dalam semalam namun melalui proses yang panjang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Taipei, CNN Indonesia--

Suhu dingin menyambut saat tiba di Hwaya Technology Park, Distrik Guishan, Kota Taoyuan, Taiwan, jelang penghujung 2023. Sepanjang mata memandang gedung-gedung perkantoran berdiri ditemani hamparan rumput hijau dan pepohonan yang tampak asri.

Hwaya Technology Park adalah kawasan yang diperuntukkan bagi pengembangan dan inovasi teknologi. Di taman sains itu, banyak perusahaan teknologi Taiwan berada, termasuk pabrik-pabrik semikonduktor yang menjadi andalan Negeri Formasa.

Taiwan merupakan pemasok cip semikonduktor terbesar di dunia, tulang punggung perkembangan elektronik dan teknologi dewasa ini. Maklum, semikonduktor merupakan komponen penting dan kerap dianggap sebagai 'otak' pada piranti elektronik yang digunakan sehari-hari mulai dari kulkas, televisi, komputer, telepon genggam, hingga kendaraan.

Taiwan merupakan pemain paling dominan. Tercatat, lebih dari 60 persen produksi cip dari lini foundryglobal berasal dari Taiwan yang dipimpin oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC).

Pagi itu, CNN Indonesia berkesempatan untuk mengunjungi pabrik salah satu produsen semikonduktor besar Taiwan, Win Semiconductors Corp (WIN).

Perusahaan yang berdiri sejak Oktober 1999 ini merupakan produsen cip 6 inchi dari Gallium Arsenida (GaAs) pertama di dunia dan menjadi pemimpin di kelasnya. Cip produksi perusahaan banyak digunakan pada piranti komunikasi seperti telepon pintar hingga wifi.

Setelah diajak melihat proses litograf pada ruang bersih bercahaya kuning, CNNIndonesia berbincang-bincang dengan Chairman WIN Dennis Chen (Chin-Tsai Chen).

Lihat Juga :
Demi Investor, Bahlil Berharap Pilpres Hanya Berlangsung 1 Putaran

Chen mengungkapkan industri semikonduktor Taiwan tidak dibangun dalam semalam. Industri ini merupakan akumulasi dari pengembangan dan konsistensi hingga terbentuk satu rantai produksi.

Taiwan melakukannya secara bertahap mulai dari perakitan, pengemasan, manufaktur semikonduktor (foundry), hingga kini unggul dalam hal riset dan pengembangan.


"Dimulai dari industri yang sangat tradisional, perlahan, perlahan berkembang menjadi industri semi konduktor. Dengan cara ini, seluruh rantai industri terbentuk sedikit demi sedikit," ujar Chen di kantornya.

Chen menilai modal penting untuk membangun industri berbasis teknologi adalah talenta sumber daya manusia. Beruntung, menurut Chen, Taiwan diberkati oleh warganya yang pekerja keras, berpendidikan tinggi, dan bertanggung jawab besar. Dengan modal itu, Taiwan bisa mewujudkan riset dan pengembangan (R&D) di bidang teknologi yang mumpuni.

Hal itu penting mengingat kebutuhan semikonduktor terus berkembang. Saat ini, lanjut Chen, perkembangan teknologi semikonduktor akan mengarah ke piranti kecerdasan buatan dan internet untuk segala (internet of things).

Lihat Juga :
Daftar 'Contekan' Tom Lembong ke Jokowi Sebelum Banyak Disebut Gibran

Selain itu, permintaan semikonduktor masa depan juga akan meningkat untuk piranti realitas virtual, kendaraan listrik, rumah pintar, kota pintar, kendaraan otonom dan komunikasi satelit. Tak ayal, pihaknya juga bersiap untuk mengembangkan infrastruktur dan melakukan riset terkait kebutuhan permintaan itu agar bisa mengimbangi pasar.

"Ada ciri (industri semikonduktor), pabrik baru dibangun ketika permintaan datang, sudah terlambat. Semikonduktor merupakan industri yang berisiko tinggi. Anda harus memprediksi permintaan di masa depan, dan Anda harus membangun pabriknya terlebih dahulu. Jadi belanja modalnya tinggi, risikonya juga tinggi," terang Chen.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Berawal dari Meja Sarapan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Batik Bersuara soal Pilot Tidur 28 Menit Saat Terbangkan Pesawat******

Batik Air menonaktifkan sementara pilot yang tidur 28 menit saat menerbangkan pesawat rute Kendari-Jakarta 25 Januari lalu.
Batik Air menonaktifkan sementara pilot yang tidur 28 menit saat menerbangkan pesawat rute Kendari-Jakarta 25 Januari lalu. ( ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Batik Air buka suara terkait insiden pilot tidursaat menerbangkan pesawatdari Kendari, Sulawesi Tenggara, menuju Jakarta pada 25 Januari lalu.

Melalui pernyataan resmi yang disampaikan oleh Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro kepada CNNIndonesia.com Sabtu (9/3) sore, maskapai itu mengakui insiden itu. 

Danang mengatakan pihaknya telah menonaktifkan sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan pilot Batik Air tertidur selama 28 menit saat menerbangkan pesawat dari Kendari, Sulawesi Tenggara, menuju Jakarta pada 25 Januari.

Menurut KNKT, insiden ini adalah 'masalah serius' yang menyebabkan serangkaian kesalahan kesalahan navigasi.

Dalam laporannya KNKT mengungkapkan kronologi detik-detik pilot Batik Air yang tertidur selama 28 menit.

KNKT menyebut pesawat dengan nomor penerbangan ID6723 ini dioperasikan oleh pilot berusia 32 tahun dan first officer berusia 28 tahun.

Sekitar pukul 08.37 waktu setempat, saat pesawat mencapai ketinggian jelajah, kedua awak melepas headset. Lalu, pilot bertanya kepada first officer, 'apakah dia boleh tertidur.' First officer menyetujuinya.

Lihat Juga :
Daftar Aksi Kemenhub ke Batik Air usai Pilot Tidur 28 Menit ke Jakarta

First officer pun langsung mengambil alih sebagai pilot selama 40 menit berikutnya sebelum rekannya benar-benar terbangun. Ketika sudah bangun, Pilot itu bertanya apakah first officer ingin beristirahat.

Namun, first officer menolak dan memilih melanjutkan tugasnya.

Sekitar pukul 08.43 WIB, first officer yang masih menerbangkan pesawat melakukan kontak awal dengan pengatur lalu lintas udara Jakarta. Dia diinstruksikan menuju waypoint KURUS yang terletak di timur laut bandara ibu kota.

Saat itu, pesawat tengah terbang dengan arah 250° dan berada di sebelah timur titik jalan.



Sekitar 1 menit setelah kontak dengan Jakarta, first officer tidak sengaja tertidur.

Saat dia tertidur, pusat kendali wilayah Jakarta menanyakan kepada kru berapa lama A320 perlu terbang pada jalurnya saat ini. Namun, tidak mendapat tanggapan.

Beberapa upaya untuk menghubungi pesawat dilakukan. Termasuk, meminta pilot lain untuk memanggil awak pesawat.

"Sekitar 28 menit setelah petugas pertama tertidur, kapten terbangun dan menyadari bahwa pesawat tidak berada di jalur yang benar," kata KNKT.

Pilot pun membangunkan first officer dan menanggapi panggilan dari pusat kendali wilayah Jakarta. Pilot mengatakan bahwa mereka mengalami masalah komunikasi radio.

[Gambas:Video CNN]



Beruntungnya, pesawat mendarat dengan selamat di Jakarta. Tidak ada kerusakan pada pesawat atau cedera pada penumpangnya. Penyelidik tidak menemukan masalah dengan sistem komunikasi pesawat.

"Sebelum penerbangan tidak ada catatan atau laporan kerusakan sistem pesawat. Setelah (insiden) tersebut, sistem komunikasi radio pesawat ditemukan dalam kondisi normal," katanya melansir flight global.

KNKT menyebut awak pesawat yang sama telah mengoperasikan penerbangan Jakarta-Kendari pada pagi yang sama. Penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat pada pukul 02.55 waktu setempat, dan awak pesawat harus melakukan login pada pukul 01.25.

KNKT menemukan bahwa pilot yang lebih muda telah memberitahu temannya bahwa dia tidak mendapatkan istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. Petugas mencatat, first officer adalah orang tua baru, dengan sepasang anak kembar berusia satu bulan.

Meskipun pada malam sebelum ia dijadwalkan terbang ke Kendari, ia berusaha untuk tidur lebih awal, namun ia harus bangun beberapa kali untuk membantu istrinya merawat bayinya.

Lihat Juga :
Kemenhub Pastikan Ada Sanksi ke Batik Air Usai Pilot Tertidur 28 Menit

First officer juga merasa kualitas tidurnya menurun. Ia diperbolehkan istirahat dalam penerbangan menuju Kendari, sedangkan kapten mengambil alih tugas terbang pilot.

Terkait masalah kurang istirahat itu, Danang mengatakan Batik Air beroperasi dengan kebijakan istirahat yang memadai sesuai dengan regulasi untuk awak pesawat
sebelum melaksanakan tugas penerbangan. Ketentuan ini dirancang khusus untuk memastikan bahwa awak pesawat berada dalam kondisi fisik dan mental optimal saat menjalankan tugas.

"Dengan kebijakan waktu istirahat yang memadai, Batik Air menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang. Hal ini merupakan langkah penting dalam upaya selalu mempertahankan standar tertinggi dalam keselamatan penerbangan," katanya. 

(chan/agt)

Hotman Paris Minta Jokowi Buat Perppu Batalkan Pajak Hiburan 40 Persen******

Pengacara Hotman Paris menilai pengajuan judicial review terkait pajak hiburan 40 persen ini akan memakan waktu lama dan belum tentu dikabulkan oleh MK.
Pengacara Hotman Paris Hutapea mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan kenaikan pajak hiburan 40 hingga 75 persen. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Badung, CNN Indonesia--

Pengacara Hotman Paris Hutapea meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan kenaikan pajak hiburan 40 hingga 75 persen.

Kebijakan kenaikan pajak hiburan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Lihat Juga :
Sandiaga Respons Protes Inul Cs soal Pajak Hiburan Naik Jadi 40 Persen

"Makanya, sekarang mumpung menjelang 14 Februari, gerakkan semua agar Perppu keluar. Itu cara terbaik untuk pertama dulu. Kalau Perppu sudah keluar, nanti MK akan lebih mulus," imbuhnya.

Hotman mengajak seluruh pelaku usaha yang terdampak kebijakan ini bergerak dan menyuarakan penolakan. Menurutnya, aksi penolakan ini harus bisa menarik perhatian Jokowi.

"Ya, you knowIndonesia. Kalau semakin banyak postingan, semakin banyak di media, media mendukung, itu akan mendapat perhatian. Kamu harus dapat perhatian pemerintah sebelum 14 Februari, kamu perlu Perppu. Tapi kalau Perppu keluar itu sudah menang 60 persen," ujarnya.

Lihat Juga :
Pajak Hiburan Naik Jadi 40 Persen, Inul hingga Hotman Paris Protes

Hotman menilai pajak hiburan 40 persen hanya akan mematikan industri Pariwisata. Ia mencontohkan saat harga tiket pesawat mahal pada Desember 2023 lalu, kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata menurun.

"(Akibatnya) Itu akan sangat fatal, lihat saja nanti. Sekarang aja gara-gara tiket mahal pariwisata berkurang di Bali," katanya.

Lebih lanjut, Hotman mengaku khawatir wisatawan mancanegara tak akan mau datang lagi ke Indonesia, khususnya Bali. Menurutnya, mereka justru memilih berlibur ke Thailand.

"Sudah terjadi, karena ongkos ke Thailand cuma Rp1 juta. Sekarang ini pergi ke Turki nggak sampai Rp15 juta sudah bisa ke Turki," ujarnya.

Lihat Juga :
Pengusaha Spa Gugat Aturan Pajak 40 Persen ke MK

Sebelumnya, pemerintah menaikkan pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan dari 15 persen menjadi 40 persen hingga 75 persen.

Kebijakan itu, diatur dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Dalam aturan itu, PBJT untuk jasa hiburan berlaku pada diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa. Sementara itu pengusaha spa telah mendaftarkan gugatan ke MK terkait aturan baru ini.

(kdf/fra)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:kuota4d

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
situs slot sering gacor
meja13
situs poker online
pinjam uang 1 juta langsung cair
situs judi slot tergacor
arti kakek zeus
jam slot gacor hari ini
rtp lambo77
trik pola slot olympus maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor depo 10k
Bab 2 mentari77
Bab 3 erek erek 82 2d
Bab 4 panen288
Bab 5 tunai4d
Bab 6 2d angka jitu hk malam ini
Bab 7 rtp cukong88
Bab 8 link server luar di jamin maxwin
Bab 9 pracmaticid
Bab 10 ini bet slot
Bab 11 judi terpercaya di indonesia
Bab 12 fila88
Bab 13 cara menggunakan voucher kfc
Bab 14 rebahan menghasilkan uang
Bab 15 slot998
Bab 16 slot asia gacor
Bab 17 dingdong
Bab 18 total jp slot
Bab 19 slot gacor 988
Bab 20 senopati4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6034bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Berubah menjadi loli dan mainkan game

mendaftar slot
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan memberi sanksi kepada Batik Air buntut pilot yang tertidur 28 menit dalam penerbangan dari Kendari menuju Jakarta.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan memberi sanksi kepada Batik Air buntut pilot yang tertidur 28 menit dalam penerbangan dari Kendari menuju Jakarta. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan memberi sanksi kepada Batik Airbuntut pilot yang tertidur 28 menit dalam penerbangan dari Kendari menuju Jakarta.

Adapun kejadian ini terungkap dari temuan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Perilaku pilot itu menyebabkan serangkaian kesalahan navigasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan maskapai perlu memperhatikan waktu dan kualitas istirahat pilot dan awak pesawat lainnya, yang mempengaruhi kewaspadaan dalam penerbangan.

Kemenhub sendiri akan melakukan investigasi dan reviewterhadapNight Flight Operationdi Indonesia terkait dengan Fatigue Risk Management(manajemen risiko atas kelelahan) untuk Batik Air dan juga seluruh operator penerbangan.

Selanjutnya, kru di penerbangan terkait pun telah di-groundedsesuai SOP internal. Selain itu, Ditjen Hubud akan mengirimkan inspektur penerbangan yang menangani Resolusi of Safety Issue (RSI)untuk menemukan akar permasalahan dan merekomendasikan tindakan mitigasi terkait kasus ini kepada operator penerbangan dan pengawasnya.

KNKT menemukan kedua pilot Batik Air tertidur selama 28 menit dalam penerbangan dari Kendari menuju Jakarta pada 15 Januari 2024. Hal ini menyebabkan serangkaian kesalahan navigasi.

Pusat kendali di Jakarta tidak bisa menghubungi pesawat selama pilot tertidur. Alhasil, pesawat pun sempat keluar jalur, sampai akhirnya pilot terbangun dan mengembalikan pesawat ke jalur yang benar.

Saat pilot sudah terbangun, mereka mengatakan bahwa mereka "mengalami masalah komunikasi radio", yang menjelaskan kurangnya respons mereka.

Beruntung pesawat bisa mendarat dengan selamat di Jakarta, tidak ada kerusakan pada pesawat atau cedera pada penumpangnya. Penyelidik tidak menemukan masalah dengan sistem komunikasi pesawat.

Menurut KNKT, awak pesawat yang sama telah mengoperasikan penerbangan Jakarta-Kendari pada pagi yang sama. Penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat pada pukul 02:55 waktu setempat, dan awak pesawat harus melakukan login pada pukul 01:25.

KNKT menemukan bahwa pilot yang lebih muda telah memberitahu temannya bahwa dia "tidak mendapatkan istirahat yang cukup" pada malam sebelumnya. Petugas mencatat, first officeradalah orang tua baru, dengan sepasang anak kembar berusia satu bulan.

Meskipun pada malam sebelum ia dijadwalkan terbang ke Kendari, ia berusaha untuk tidur lebih awal, namun ia harus bangun beberapa kali untuk membantu istrinya merawat bayinya.

Imbasnya, ia merasa kualitas tidurnya menurun sebagai akibatnya. Ia diperbolehkan istirahat dalam penerbangan menuju Kendari, sedangkan kapten mengambil alih tugas terbang pilot.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Penjahat penjelajah waktu

poin123
Ayam broiler didiskon 20% jadi cuma Rp31.920 per ekor khusus di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (17/3).
Ayam broiler didiskon 20% jadi cuma Rp31.920 per ekor khusus di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (17/3). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi nih! Transmart ngajak pelanggan semua buat serbu diskon gede-gedeannya hari ini, Minggu (17/3).

Produk segar seperti daging ayam broiler didiskon 20% jadi cuma Rp31.920 per ekor dari harga normal Rp39.900. Harga tersebut berlaku khusus Transmart Jabodetabek.

Lihat Juga :
Cuma di Transmart, Aneka Produk Fresh Diskon 20% Tiap Hari

Buat dapetin belanja dengan harga diskon tentunya gampang banget. Tinggal transaksi pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Kamu belum punya? Langsung aja download Allo Bank dari App Store atau Google Play Store, upgrade ke Allo Prime dan nikmati diskonnya.

Yuk, belanja sebanyak-banyaknya buat stok selama bulan puasa. Transmart Full Day Sale cuma ada hari ini, Minggu (17/3).

Langsung cus ke Transmart sekarang! Nikmati belanja hemat di bulan Ramadhan dengan diskon gede dari Transmart hari ini juga!

(naj/fef)

[Gambas:Video CNN]

Raja Zhou yang terlahir kembali bukanlah seorang yang kesepian, tidak pilih-pilih, atau tidak bermoral

dj kakek zeus naik angkot
Transmart Full Day Sale kasih penawaran menarik untuk busana muslim anak, karena diskonnya sampai 50 persen dan ekstra 20 persen.
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale kasih penawaran menarik untuk busana muslim anak, karena diskonnya sampai 50 persen dan ekstra 20 persen (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Di bulan Ramadan ini, saatnya memperbarui koleksi pakaian muslim anak-anak yang lebihstylishdan nyaman. Belum menemukan pilihan yang tepat? Yuk ke Transmart hari ini!

Ada penawaran menarik di Full Day Sale, loh! Ada beragam pilihan busana muslim anak perempuan maupun laki-laki dengan diskon dan harga spesial.

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Nikmati Diskon Transmart sampai Pukul 22.00

Belum memiliki kartu kredit Bank Mega? Tidak perlu khawatir, manfaatkan fasilitas pembukaan instan di gerai Transmart.

Jika kamu belum terdaftar sebagai pengguna Allo Prime, prosesnya sangat mudah! Cukup unduh aplikasi Allo Bank dari PlayStore atau AppStore dan upgradeakun kamu ke Allo Prime.

Jangan biarkan kesempatan ini terlewat! Penawaran spesial ini hanya berlaku hari ini, Minggu (17/3), dari jam buka toko hingga pukul 22.00 di semua gerai Transmart se-Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(naj/juh)

[Gambas:Video CNN]

Bunga bertebaran di seluruh wajah dengan senyuman

slotgacor
Jangan lupa ke Transmart besok ya Minggu (21/1), soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon besar-besaran!
Jangan lupa ke Transmart besok ya Minggu (21/1), soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon besar-besaran! (CNN Indonesia/ Muhammad Arief)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jangan lupa ke Transmart besok ya, soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon besar-besaran buat pelanggan setianya.

Promo ini cuma berlangsung selama satu hari, pada Minggu (21/1) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia, mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon Menggiurkan hingga 50% + 20%

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Pastikan bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Taihuang Tianshou Jue Liu Wuxie

website ojk pinjol legal
Ginting harapkan All Indonesian Final tercipta dalam All England 2024
Foto arsip - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di babak 32 besar All England Open 2024. ANTARA/HO-PP PBSI/am.
Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berharap laga All Indonesian Final dapat tercipta pada hari terakhir turnamen All England Open 2024 esok Minggu.

Hal itu mengacu kepada wakil Indonesia lainnya, Jonatan Christie, yang akan bertanding dalam babak semifinal hari ini, menghadapi tunggal putra India, Lakshya Sen.

“Di final nanti, siapa pun lawannya, saya siap. Tapi pastinya berharap kita bisa menciptakan All Indonesian Final,” kata Ginting dalam keterangan singkat PP PBSI, Sabtu.

Di atas kertas, Jonatan unggul 2-1 atas Sen, setelah menang dua kali melalui rubber game pada perempat final Indonesia Masters 2023 dan semifinal Japan Open 2023.

Meski demikian, Ginting mengatakan penting bagi Jonatan untuk fokus terlebih dahulu pada pertandingan babak empat besar sehingga bisa tampil maksimal saat menghadapi Sen.

Baca juga: Ginting akhiri penantian panjang tunggal putra capai final All England

“Tapi buat Jonatan jangan dulu terlalu fokus ke sana karena masih ada pertandingan yang harus dia jalani hari ini, semoga dia bisa bermain dengan baik, sama seperti penampilan sebelum-sebelumnya,” kata Ginting.

Ginting lalu berbicara mengenai pencapaiannya hari ini yang menang atas wakil Prancis Christo Popov melalui tiga gim 19-21, 21-5, 21-11.

Menurut Ginting, kemenangannya hari ini dipengaruhi oleh fokus dan pengaturan strategi yang baik di lapangan.

“Bisa jaga fokusnya dengan baik dari awal pertandingan sampai selesai, itu penting juga. Karena kalau bisa bermain dengan baik dan bisa menuntaskan segala permasalahan, kemungkinan berhasil lebih besar,” kata unggulan kelima tersebut.

Namun, Ginting menyayangkan tidak bisa memanfaatkan keunggulannya saat poin-poin tua, sehingga Popov mengejar ketertinggalan dan memenangkan gim pertama dengan skor ketat.

Baca juga: Langkah Bagas/Fikri terhenti di perempat final All England 2024

“Di gim kedua saya coba untuk tidak memikirkan apa yang terjadi di gim pertama, tetap fokus pada strategi, tetap fokus cara bermainnya harus bagaimana untuk dapat poin demi poin,” ujar tunggal putra peringkat lima dunia tersebut.

Sementara itu, jika Ginting dan Jonatan berlaga esok, maka ini akan menjadi kesembilan kalinya dua tunggal putra  Indonesia bertemu dalam babak final turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini.

Itu juga pertama kali terjadi dalam 30 tahun terakhir final tunggal putra All England Open mempertemukan dua pemain Indonesia.

Terakhir kali laga itu terjadi pada All England 1994 saat Hariyanto Arbi berhadapan dengan Ardy Bernardus Wiranata.

Baca juga: Jonatan susul Ginting ke semifinal All England 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

Berjalan sendirian selama ribuan tahun

pilar slot
OIKN mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama pusat ekosistem digital di ibu kota baru dalam dua bulan ke depan.
OIKN mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama pusat ekosistem digital di ibu kota baru dalam dua bulan ke depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pusat ekosistem digital di ibu kota barudalam dua bulan ke depan.

"Kami sudah melakukan MoU (nota kesepahaman) dengan Stanford University dan Insya Allah dalam dua bulan ke depan groundbreaking untuk membuat sebuah pusat ekosistem digital yang kekinian," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta yang ditayangkan secara virtual, Selasa (30/1).

Pusat ekosistem digital itu akan menjadi tempat bagi pengembangan talenta digital di Indonesia. Rencananya, di sana akan ada universitas hingga perusahaan rintisan.

Selain Universitas Stanford, Bambang mengatakan bahwa OIKN juga menjalin kerja sama dengan beberapa pusat riset ternama di dunia seperti Centre for Liveable Cities di Singapura yang akan mengukur jejak karbon hingg Hyundai untuk menggodok pilot project taksi terbang.

OIKN menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Stanford University, California, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11) waktu AS lalu.

MoU ditandatangani oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Anindya Bakrie selaku alumnus Stanford dan Arun Majumdar dari Stanford Doerr School of Sustainability.

Dengan MoU ini, Stanford dan para alumninya berkomitmen membangun pusat riset di IKN. Riset yang akan dilakukan di antaranya terkait pengelolaan air, sustainable urban development dan robotic.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)