petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online lewat website

situs pasti maxwin 206Jutaan kata 718165Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online lewat website》

Start Up yang PHK, Bangkrut, dan Tutup di Indonesia: Hampir Selusin******

Daftar start up yang bangkrut, PHK, dan tutup di Indonesia nyaris satu lusin.
Ilustrasi Shopee. Badai PHK melanda sejumlah start up di Indonesia. Foto: Arsip Shopee
Jakarta, CNN Indonesia--

Sederet perusahaan rintisan (startup) yang beroperasi di dalam negeri memutus hubungan kerja (PHK) beberapa karyawan. StartUp seperti LinkAja hingga Shopee masuk dalam daftar yang PHK karyawan.

Gelombang PHK menghantui perekonomian Indonesia. Tak hanya PHK, sejumlah startup bahkan gulung tikar dari awal 2022 hingga saat ini.

Teranyar, startup Fabelio dinyatakan pailit. Ada juga Shopee Indonesia dan Pahamify yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

1. Shopee Indonesia

PT Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawan perusahaan pada Senin (19/9).

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan PHK merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh perusahaannya sebagai efisiensi, setelah sebelumnya melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

Ia mengatakan langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Meski begitu Shopee Indonesia tidak merinci berapa jumlah karyawan yang di-PHK. Ia hanya memastikan karyawan yang diPHK akan mendapat pesangon.

Selain pesangon, karyawan yang terdampak diklaim Shopee masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan perusahaan hingga akhir tahun.

3. LinkAja


Layanan keuangan digital LinkAja melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan untuk reorganisasi sumber daya manusia (SDM).

Penyesuaian jumlah karyawan dilakukan untuk memastikan perusahaan bertumbuh secara optimal dengan SDM yang efisien dan fokus pada bisnis perusahaan saat ini.

"Penyesuaian organisasi SDM ini dilakukan atas dasar relevansi fungsi SDM tersebut pada kebutuhan dan fokus bisnis perusahaan ini," ujar Head of Corporate Secretary Group LinkAja Reka Sadewo dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (24/5).

4. Fabelio


Startup penjualan jasa desain interior dan furniture PT Kayu Raya Indonesia atau Fabelio resmi dinyatakan pailit. Berdasarkan pengumuman yang disampaikan Fabelio, perusahaan resmi pailit berdasarkan putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.47/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.JKT.PST, tertanggal 5 Oktober 2022.

"Menyatakan Debitur (PT. Kayu Raya Indonesia) dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya," isi pengumuman poin satu yang dikutip dari surat kabar Bisnis Indonesia pada Jumat (14/10).

Lihat Juga :
EDUKASI KEUANGANTips Hidup Hemat Saat Triple Crises Menghantui

5. Line

Line sempat menjadi sorotan di media sosial karena dikabarkan telah melakukan PHK terhadap sekitar 80 karyawan di Indonesia. Kabar tersebut beredar di media sosial sejak 31 Mei 2022.

Meski demikian, pihak LINE sudah memberikan klarifikasi bahwa PHK memang terjadi, namun jumlah karyawan yang terdampak tidak sampai ke angka yang disebutkan.

Badai PHK Start Up di Tanah Air

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kripto 'Berdarah******

Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.
Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.

Bitcoin, misalnya, jatuh 6,25 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.069 per keping. Pada Kamis (13/10) pagi ini, bitcoin terpantau turun tipis 0,05 persen.

Begitu pun dengan ethereum yang merosot 6,30 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.286 per keping. Beruntung, pada pagi ini, ethereum masih mencatat penguatan tipis 0,22 persen.

Setali tiga uang, solana juga ambruk 10,63 persen sepekan terakhir atau 0,73 persen dalam 24 jam terakhir menjadi US,67 per keping.

Tak ketinggalan, dogecoin yang sempat menjadi satu-satunya kripto yang kinclong kemarin, kini meradang di posisi UHutama Karya******

Hutama Karya dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi.
Hutama Karya dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi. (Dok. Kementerian BUMN).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Hutama Karya (Persero) dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke PengadilanNegeri Jakarta Selatan oleh sebuah perusahaan swasta bernama PT Kosala Agung Metropolitan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi.

Gugatan terdaftar pada Senin (10/10) dengan Nomor Perkara 930/Pdt.G/2022/PN JKT.SEL.

Dalam berkas gugatan yang dikutip dari website Pengadilan Jakarta Selatan, PT Kosala Agung Metropolitan membawa Hutama Karya dan HK Realtindo ke 'meja hijau' terkait kerja sama dalam pengembangan satuan rumah susun The H Tower/ Kesatuan Bangunan Gedung The H Tower yang berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

Atas dasar itulah, Kosala Agung Metropolitan meminta kepada pengadilan untuk menyatakan Hutama Karya dan HK Realtindo telah melakukan perbuatan perbuatan ingkar janji/wanprestasi atas pelaksanaan kerja sama dengan mereka dalam pembangunan dan pengelolaan The H Tower.

"Menghukum dan memerintahkan Para Tergugat membayar ganti rugi secara tanggung renteng sebesar Rp 1.495.524.933.140,00 (satu triliun empat ratus sembilan puluh lima miliar lima ratus dua puluh empat juta sembilan ratus tiga puluh tiga ribu seratus empat puluh rupiah)," tuntut Kosala.

Ganti rugi itu untuk membayar kerugian materiil Rp 535,60 miliar dan kerugian immateriil sebesar Rp 959,92 miliar.

Lihat Juga :
ANALISIS3 Biang Kerok Badai PHK Startup RI dan Saran Pembenahannya

"(Juga) menyatakan surat-surat yang dikeluarkan oleh maupun untuk dan atas nama para tergugat (Hutama Karya dan HK Realtindo) yang ada dalam kekuasaannya adalah tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, sepanjang mengenai tindakan mengalihkan atau menjual Rumah Susun "Hunian" The H Tower tanpa disertai dokumen Pertelaan atau dokumen Pertelaan yang belum mendapatkan Pengesahan dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta sehingga melanggar ketentuan Pasal 2.1 jo. Pasal 4.2 Akta PKS KAM-HK 2009," kata mereka.

CNNIndonesia.comsudah berusaha menghubungi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo melalui pesan singkat. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi yang disampaikan.

CNNIndonesia.com juga masih berupaya minta tanggapan kepada HK Realtindo atas tuduhan ingkar janji tersebut ke nomor kontak kantor mereka. Tapi hingga berita ini diturunkan, tidak ada satu orang pun yang menjawab panggilan telpon.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt),05876 per keping setelah jatuh 2,16 persen dalam semalam atau 9,60 persen dalam sepekan terakhir.

BNB dan XRP juga tercatat jatuh masing-masing di posisi US8,82 dan USRupiah Anjlok, Siap******

Sejumlah barang harganya terancam makin mahal mulai dari telepon genggam, laptop, hingga tahu tempe.
Sejumlah barang harganya terancam makin mahal mulai dari telepon genggam, laptop, hingga tahu tempe. Ilustrasi. (iStock/FreshSplash).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiahkian melemah beberapa waktu terakhir. Hari ini (12/10), mata uang Garuda hanya naik tipis 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp15.357 per dolar AS.

Ekonom CORE Yusuf Rendy mengatakan pelemahan rupiah bisa mengerek harga produk yang dihasilkan oleh industri manufaktur. Pasalnya, industri manufaktur dalam negeri masih bergantung pada komponen bahan baku impor.

"Beberapa di antaranya misalnya industri elektronik, otomotif, maupun industri makanan dan minuman," ujar Yusuf kepada CNNIndonesia.com, Rabu (12/10).

"Namun tentu tidak semua pelaku usaha industri bisa melakukan ini, tergantung dari kapasitas industri masing-masing," ujarnya.

Senada, Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan produk dengan bahan bakar impor akan terdampak pelemahan nilai tukar rupiah, di antaranya gandum, gula, kedelai. Kemudian, produk farmasi, elektronik, elektrikal, dan tekstil.

Konsekuensi harga barang-barang olahan seperti tahu, tempe, telepon genggam, laptop, hingga produk fesyen bisa menanjak.

Lihat Juga :
IMF: 31 Negara Bakal Masuk Jurang Resesi

Josua mengatakan hal yang perlu diwaspadai dari pelemahan rupiah adalah dampaknya terhadap inflasi domestik karena biaya impor akan menjadi lebih mahal serta komposisi utang berdenominasi dolar AS yang dimiliki oleh perusahaan akan semakin besar.

"Dampak terhadap neraca dagang kami perkirakan akan saling meniadakan, di mana nilai ekspor yang didapatkan akan semakin besar karena pelemahan rupiah dan begitu pula dengan nilai impor akan semakin besar," ujarnya.

Di sisi lain, pelemahan nilai tukar rupiah juga berpotensi menurunkan minat investasi mengingat cukup banyak barang modal yang masih harus diimpor dari luar sehingga investasi akan menjadi lebih mahal.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),4696 per keping. BNB anjlok 9,27 persen sepekan terakhir, sedangkan XRP merosot 5,01 persen pada periode yang sama.

Lihat Juga :
OPEC Pangkas Prediksi Permintaan, Harga Minyak Merosot US per Barel

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/dzu)




bab terbaru:prediksi togel youtube

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
judi slot online apk
voucher gojek terbaru
demo slot roma spadegaming
triadtoto
rajaasia88
situs slot gacor gampang jp
buku mimpi 2d cicak
tidak bisa bayar pinjaman online ojk
slotqu88
Daftar isi semua bab
Bab 1 link slot 888
Bab 2 alamat slot paling gacor
Bab 3 getol88
Bab 4 mimpi ular angka jitu
Bab 5 cara transfer saldo kredivo ke rekening
Bab 6 ok bank pinjaman online
Bab 7 mega338 demo
Bab 8 janjislot
Bab 9 cara pinjaman online
Bab 10 slotgacor hari ini
Bab 11 situs slot terbaru 2022
Bab 12 aplikasi yang bisa kredit
Bab 13 kode alam mimpi
Bab 14 cara pinjaman online bank jago
Bab 15 pinjam uang di mandiri tanpa jaminan
Bab 16 winstar88
Bab 17 ulasan tentang kredivo
Bab 18 gabung slot
Bab 19 situs gacor malam minggu
Bab 20 slot online sports369
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3323bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Di Tiga Kerajaan

igplay slot
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bukan proyek bantuan dari negara manapun, termasuk China.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bukan proyek bantuan dari negara manapun, termasuk China. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bukan proyek bantuan dari negara manapun, termasuk China.

Jokowi menegaskan pembangunan kereta cepat pertama di Asean ini sebagai bentuk kerja sama antara kedua negara.

"Ini bukan bantuan, ini adalah kerjasama antara Indonesia dan China. Ada investasi disini, jadi bukan bantuan," ujarnya saat peninjauan di Stasiun Tegalluar, Kawasan Infrastruktur KCJB di Kabupaten Bandung, Kamis (13/10).

Jokowi berharap proyek kereta cepat ini nantinya bisa membantu pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat lebih merata. Misalnya, ekonomi tak hanya tumbuh tinggi di Bandung saja, tetapi juga Kabupaten Bandung sebagai tempat stasiun dibangun.

"Kita harapkan dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini, mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat dan meningkat. Kemudian daya saing kita juga akan makin kuat, kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, di Jakarta ada, di Bandung ada, kemudian di Kabupaten Bandung juga terjadi," imbuhnya.

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESNasib OK OCE dan Pengangguran DKI Usai Anies Pergi

Selain itu, Jokowi juga berharap proyek KCJB dapat meningkatkan konektivitas antarnegara di Asean. Hal ini dalam rangka meningkatkan daya saing di kawasan negara berkembang.

"Itu sudah menjadi gagasan besar di Asean agar konektivitas antarnegara Asean ini tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Sistem yang paling kuat

cara mendapatkan uang di shopee
Selama lima tahun terakhir, program wirausaha OK OCE yang diinisiasi Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diklaim telah mencetak hampir 500 ribu wirausaha.
Selama lima tahun terakhir, program wirausaha OK OCE yang diinisiasi Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diklaim telah mencetak hampir 500 ribu wirausaha. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Program One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK OCE) yang diinisiasiGubernur DKI Jakarta yang baru lengser, Anies Baswedan, bersama mantan wakilnya, Sandiaga Uno, diklaim berhasil mencetak dan mewadahi lebih dari 480 ribu wirausaha selama lima tahun terakhir.

Ketua Umum Gerakan Sosial OK OCE, Iim Rusyamsi mengatakan program yang saat ini bagian dari Jakpreneur itu bahkan telah meluas ke seluruh Indonesia, tidak terbatas hanya di daerah Ibu Kota.

Lihat Juga :
Menkeu Baru Inggris Ingin Kerek Pajak, Beda dengan PM Liz Truss

"Pengembangan OK OCE di Jakarta diatur dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemprov DKI Jakarta dengan Perkumpulan Gerakan OK OCE Nomor 38 tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu," ungkap Iim.

Pilihan Redaksi
  • Daftar Startup Bangkrut, PHK dan Tutup Layanan di RI Pada 2022
  • Start Up yang PHK, Bangkrut, dan Tutup di Indonesia: Hampir Selusin
  • Semangat Kolaborasi, Jakarta Libatkan Warga Kembangkan Potensi Kota

"PKS juga dilakukan dengan pemerintah daerah lainnya untuk kolaborasi dan melakukan pendampingan kewirausahaan," tambahnya.

Tercatat, ada sebanyak 177 Komunitas, 51 lembaga pendidikan seperti kampus, sekolah dan pesantren, serta 34 perusahaan swasta telah berkolaborasi dengan OK OCE saat ini.

OK OCE pun hadir dengan beragam nama di Nusantara, di antaranya OK OCE Forever, OK OCE DC, OK OCE Qalam, OK OCE Ina MAKMUR, OK OCE SKIES dan lainnya.

Dan beberapa menggunakan nama organisasi masing-masing seperti: HRAcademy, LBM WI, Komunitas UMKM Naik Kelas, Seeker Revolution, HIPMI, TDA dan lain-lain.

"Kami mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak, bukan hanya dengan pemerintah, namun dengan berbagai stakeholder lainnya," ungkap Iim.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]

Sistem Kebangkitan Jiwa Tanpa Batas

cicilan di shopee dengan kartu kredit
Nasib aset kripto diprediksi masih tidak jelas alias abu-abu pada tahun depan karena kondisi ekonomi global yang berisiko.
Nasib aset kripto diprediksi masih tidak jelas alias abu-abu pada tahun depan karena kondisi ekonomi global yang berisiko. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nasib asetkripto diprediksi masih tidak jelas alias abu-abu pada tahun depan karena kondisi ekonomi globalyang berisiko.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan ada banyak faktor yang membuat aset kripto masih tidak pasti nasibnya.

"Inflasi AS melonjak, The Fed menaikkan suku bunga, semua investasi beralih ke dolar, dari situlah terjadi fluktuasi luar biasa di aset kripto dibandingkan valas dan saham. Jadi kalau dibilang nasib ke depan kripto masih abu-abu atau tidak jelas," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (13/10).

"Jadi ini menambah awan gelap nasib aset kripto di tahun depan. Apakah mau naik atau tidak, tetapi kalau dilihat kecondongannya ada kemungkinan kalau dolar tetap menguat, aset kripto akan jatuh," imbuhnya.

Kendati demikian, COO Tokocrypto Teguh Kurniawan optimis aset kripto bakal bergerak ke arah positif di akhir tahun ini.

Meski tengah turun akibat akibat kenaikan suku bunga The Fed, aset kripto pada penutupan tahun ini diramal akan lebih positif.

Lihat Juga :
IMF Desak Pembuat Kebijakan Perangi Inflasi dengan Jaga Fiskal

"Secara proyeksi market kripto kemungkinan besar memiliki potensi untuk bergerak positif di akhir 2022, namun tetap volatilitas tinggi hingga benar-benar kembali berada di bull market," ujar Teguh.

Ia mengatakan ada dua agenda penting yang berpengaruh terhadap perbaikan aset kripto. Pertama, pemilihan paruh waktu (midterm election) AS dan kedua, Presidensi G20.

"Masa pemulihan di pasar kripto akan terjadi satu hingga dua bulan ke depan. Ada dua agenda penting pada November mendatang yang diharapkan dapat memberikan angin segar bagi market," imbuhnya.

Lihat Juga :
Curhat Emak-emak soal Kondisi Ekonomi Indonesia saat Ini: Semua Mahal

Sementara, dari sisi jangka panjang, sentimen positif yang bisa menjadi angin segar bagi aset kripto adalah Bitcoin Halving 2024.

Bitcoin Halving adalah peristiwa di mana hadiah mining satu blok Bitcoin akan dibagi dua setiap 210 ribu blok (setiap empat tahun sekali) hingga mencapai batas maksimum 21 juta.

"Seperti pada siklus Bitcoin Halving yang pernah menyentuh harga rendah pada 2018, kemudian reli kencang dan bullish di periode 2020-2021. Bitcoin Halving 2024 diharapkan bisa membawa bull run kembali," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

peradaban yang jauh

sloto
Menteri BUMN Erick Thohir berharap ekosistem kesehatan perusahaan pelat merah bisa menembus Rp94 triliun atau 25 persen dari pangsa pasar pada 2027.
Menteri BUMN Erick Thohir berharap ekosistem kesehatan perusahaan pelat merah bisa menembus Rp94 triliun atau 25 persen dari pangsa pasar pada 2027. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir berharap ekosistem kesehatan perusahaan pelat merah bisa menembus Rp94 triliun atau 25 persen dari pangsa pasar pada 2027.

Hal ini ia ungkapkan saat memberi sambutan dalam peluncuran vaksin virus corona (covid-19) produksi dalam negeri, Indovac, Kamis (13/10).

Erick mengatakan proyeksi atau cita-cita tersebut menjadi penting untuk dilakukan Indonesia demi bisa mengimbangi kekuatan pasar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Erick menjelaskan langkah-langkah yang bakal dilakukan ke depan. Dimulai dari konsolidasi research and development (RnD), manufaktur, distribusi, retail, pelayanan publik, asuransi, dan teknologi.

Ia mengaku Indonesia memang masih tertinggal dari negara-negara lain perihal RnD. Produksi vaksin Indovac menjadi salah satu langkah awal kebangkitan Indonesia.

Erick juga menyinggung soal kerja sama dengan perusahaan Inggris ProFactor dalam membuat vaksin hemofilia untuk kekentalan darah.

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESNasib OK OCE dan Pengangguran DKI Usai Anies Pergi

Upaya tersebut menjadi langkah memperkuat ketahanan kesehatan Tanah Air karena Indonesia akan menjadi hub untuk produksi vaksin dunia.

Ketahanan kesehatan dianggap sebagai hal penting, selain pangan dan energi. Oleh karena itu, Erick mengharapkan bantuan dari pemerintah dan juga menteri-menteri lain untuk mewujudkan ketahanan kesehatan serta proyeksi 2027.

"Ekosistem-ekosistem ini yang terus kita dorong di BUMN. Dukungan dari para menteri penting buat kami. Karena tidak mungkin kita berhasil tanpa dukungan dari menteri-menteri lain yang bisa mempercepat konsolidasi ini," tutup Erick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Sistem ahli nujum

situs togel terpercaya bbfs 10 digit