petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

888 slot login

republik365 785Jutaan kata 703113Orang-orang telah membaca serialisasi

《888 slot login》

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Terbaru Versi Forbes******

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia terbaru. Perang, pandemi, dan pasar yang lesu membuat harta para orang kaya itu turun dibanding tahun lalu.
Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia terbaru. Perang, pandemi, dan pasar yang lesu membuat harta para orang kaya itu turun dibanding tahun lalu. (Getty Images via AFP/JOE RAEDLE).
Jakarta, CNN Indonesia--

Forbes kembali merilis daftar orang terkayadi dunia terbaru. Perang, pandemi, dan pasar yang lesu telah membuat harta mayoritas orang kaya ini turun dibanding tahun lalu.

Mengutip Forbes, Rabu (7/12), tahun ini hanya ada sebanyak 2.668 miliarder, atau 87 lebih sedikit dari tahun lalu. Sementara, jumlah kekayaan kolektif mencapai US$ 12,7 triliun, atau US0 miliar lebih rendah ketimbang 2021.

Penurunan kekayaan paling dramatis terjadi di Rusia, di mana terdapat 34 miliarder lebih sedikit dari tahun lalu. Hal ini terjadi setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Meski demikian, Forbes juga mencatat lebih dari 1.000 miliarder yang nilai harta kekayaan melonjak signifikan dari tahun lalu. Tak hanya ini, dalam setahun terakhir ada 236 orang kaya baru dari wilayah Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes pada 2022:

Lihat Juga :
Jasa Raharja Beri Santunan Kecelakaan Motor hingga Rp1,2 T

1. Elon Musk

Dengan kekayaan bersih sebesar US9 miliar, Elon Musk dikenal dan mendulang kekayaan dari enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup Boring Company.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos memiliki keyaan US1 miliar. Ia dikenal karena mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada 1994 dari garasinya di Seattle. Manun, ia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada Juli 2021.


3. Bernard Arnault & keluarga

Bernard Arnault mengawasi gurita bisnis LVMH dari sekitar 70 merek fashion dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Kekayaan Arnault kini sebesar US8 miliar.

Lihat Juga :
Luhut Sebut Thailand Saingan RI dalam Produksi dan Penjualan Mobil

4. Bill Gates

Bill Gates memiliki kekayaan bersih mencapai US9 miliar. Ia mendulang kekayaan dari perusahaan perangkat lunak Microsoft.

5. Warren Buffett

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa dengan kekayaan senilai US8 miliar.

6. Larry Page

Mantan bos Alphabet ini memiliki kekayaan bersih mencapai Rp111 miliar. Larry Page mengundurkan diri sebagai CEO induk perusahaan Google itu pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham pengendali.

Lihat Juga :
Hutama Karya Bakal Dapat PMN Bangun Jalan Tol Trans Sumatera

7. Sergey Brin

Sergey Brin memiliki kekayaan bersih sebesar US7 miliar. Sama seperti Larry Page, ia juga merupakan pentolan dari Alphabet. Kendati, Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet pada Desember 2019 meski tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

8. Larry Ellison

Larry Ellison adalah ketua chief technology officer (CTO), dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle, dengan kepemilikan saham sekitar 35 persen. Kini kekayaan bersihnya sebesar US6 miliar.

9. Steve Ballmer

Steve Ballmer memiliki kekayaannya sebesar US,4 miliar. Ia merupakan mantan CEO Microsoft. ia memimpin Microsoft dari 2000 hingga 2014.

10. Mukesh Ambani

Dengan kekayaan bersih senilai US,7 miliar, Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan perusahaan India yaitu Reliance Industries senilai US4 miliar (pendapatan). Perusahaan ini memiliki bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Mengintip Implementasi Smart Economy Menuju Jakarta Smart City******

Berbeda dengan konsep ekonomi umum, Smart Economy berlandaskan pada inovasi teknologi, efisiensi sumber daya, keberlanjutan, dan kesejahteraan sosial.
Jakarta telah mengusung konsep Smart Economy dalam rangka mewujudkan visi menjadi Smart City. (Foto: Arsip JSC)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut ekosistem perkotaan dapat beradaptasi dan memberikan kemudahan bagi warganya untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dari situ, muncullah konsep "Kota Cerdas" (Smart City), sebagai upaya inovatif yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

Pembangunan dan pengembangan ekonomi merupakan hal yang esensial agar sebuah kota dapat berjalan serta tetap hidup. Kehadiran Jakarta Smart City, sebuah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di bawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada akhir 2014, membawa perubahan pada roda ekonomi perkotaan yang dikenal dengan istilah Smart Economy.

Smart Economy merupakan salah satu dari indikator penting yang membuat Jakarta masuk dalam kategori smart city. Enam indikator lainnya antara lain, Smart People, Smart Government, Smart Environment, Smart Living, Smart Mobility, dan Smart Branding.

Sebagai kota cerdas, Jakarta tentunya memiliki berbagai program Smart Economy yang bermanfaat bagi warganya. Dalam Jakarta Smart City, Smart Economy yang berusaha diterapkan adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan semangat inovasi kepada masyarakat untuk mencapai produktivitas yang tinggi.

Beberapa program Smart Economy dari Jakarta Smart City antara lain:

  • Jakpreneur, yaitu wadah pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Jakarta yang mendukung kreasi dan kolaborasi dalam sebuah ekosistem kewirausahaan. Dengan JakPreneur, para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan, pendampingan, pemasaran, hingga permodalan. Informasi dan pendaftaran Jakpreneur dapat diakses melalui aplikasi JAKI.
  • JakPangan adalah fitur di aplikasi JAKI yang menampilkan informasi harga pangan pokok di Jakarta. Melalui aplikasi ini warga Jakarta dapat membandingkan harga pangan di tiap pasar, sehingga dapat lebih hemat ketika berbelanja.
  • Portal Jaknaker merupakan portal yang berisi lowongan-lowongan pekerjaan dan magang untuk memudahkan warga Jakarta mencari pekerjaan. Diharapkan, masyarakat bisa mendapatkan informasi pelatihan untuk pengembangan kariernya. Portal ini juga dapat diakses melalui aplikasi JAKI.
  • JakOne Pay diluncurkan dengan bekerja sama dengan Bank DKI sebagai alternatif pembayaran non-tunai yang bisa diakses di aplikasi JAKI. Dengan pembayaran non-tunai ini, warga Jakarta dapat lebih praktis bertransaksi dengan lebih aman, karena tidak bersentuhan dengan uang tunai selama masa pandemi.
  • Kartu JakLingko merupakan satu kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran terintegrasi di berbagai moda transportasi umum di Jakarta, mulai dari bus Transjakarta hingga angkot Mikrotrans.

Tentunya inovasi dari Jakarta Smart City tidak akan berhenti sampai di sini saja. Seiring dengan derasnya arus teknologi yang masuk dalam kehidupan, teknologi-teknologi baru akan terus diperkenalkan untuk mempermudah masyarakat dalam menjalani aktivitas.

"Jakarta merupakan salah satu kota di dunia yang terus berusaha mengembangkan indikator Smart Economy agar kualitas hidup warga semakin meningkat," bunyi keterangan resmi tersebut.

Dengan berbagai kemudahan yang telah hadir, ini saatnya untuk kamu menjadi bagian ekonomi yang cerdas. Contohnya bisa dengan menggunakan berbagai fitur Smart Economy di JAKI dan menggunakan fasilitas kartu JakLingko untuk kemudahan mobilitas di Jakarta.

(inh/inh)

Pemerintah Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa di Batam******

Pemerintah meresmikan beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa di Kota Batam, Kepulauan Riau.
Pemerintah meresmikan beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa di Kota Batam, Kepulauan Riau. Ilustrasi. (Dok. Kementerian PUPR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Nongsa di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Peresmian beroperasinya KEK Nongsa ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Ketua Dewan Nasional KEK Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Nomor 4 Tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Elen Setiadi mengatakan peresmian KEK Nongsa sudah berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dan dinilai sudah layak beroperasi.

Selain itu, yang lebih penting lagi, yaitu pengelola KEK sudah bisa mengundang investor untuk masuk dan mengembangkan kegiatan yang ada di dalamnya.

Nah, untuk mendukung kesiapan operasinya KEK Nongsa, lanjut Elen, Dewan Nasional KEK dan Kemenko Perekonomian menetapkan salah satu dari pejabat Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai Pelaksana Tugas Administrator di KEK.

"Kenapa ini agak berbeda dengan (KEK) yang lain? Yang lainnya tersendiri, tapi ini dilekatkan ke BP Batam. Karena banyak hal, termasuk perihal lahan yang dalam penguasaan BP Batam, sehingga ada sinkronisasi untuk operasional di lapangan," jelasnya.

Lihat Juga :
Jokowi Kaget Investor di IKN Membludak sampai Oversubscribed

Pengembangan KEK Nongsa ditujukan sebagai pusat digital. Salah satunya, yang sudah terealisasi adalah pusat data, di mana saat ini sudah ada tiga investor yang masuk dengan nilai investasi Rp2,6 triliun.

"Dan itu sudah mulai dikembangkan. Sudah ada tiga investor dan tiga pengembangan pusat data, dua dari internasional dan satu dari pemerintah pusat. Pemerintah meletakkan pusat data nasional di sini, jadi nasional punya tiga pusat data. Salah satunya di Nongsa," terang Elen.

"Dan ini sudah diserahterimakan lahannya oleh Menteri Komunikasi dan Informatika dan akan mulai dibangun awal Januari 2023. Sehingga, kami harapkan pusat data nasional akhir 2023 nanti sudah mulai selesai dan dapat beroperasi," lanjutnya.

Kemenko Perekonomian menargetkan pengelola Nongsa dapat menciptakan lapangan kerja dari beroperasinya KEK baru ini. Lapangan yang sudah tersedia saat ini sebanyak 1.600 tenaga kerja yang sudah terserap dalam investasi ini.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)




bab terbaru:situs poker uang asli terpercaya

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
login kredivo tanpa aplikasi
dnatoto
akun slot gacor hari ini
voucher vidio gratis 2022
erek 86 2d
permainan slot baru
mendaftar slot
mansion88 slot
akulaku vs kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek erek 74 2d
Bab 2 mansion77 slot
Bab 3 cara pinjam uang pakai ktp
Bab 4 jackpot86
Bab 5 erek erek obeng
Bab 6 situs slot baru gacor
Bab 7 cuan slot 77
Bab 8 akun slot gacor
Bab 9 slot yuk
Bab 10 bo situs slot gacor
Bab 11 situs slot gacor malam hari
Bab 12 slot online gacor malam ini
Bab 13 situs slot indonesia terpercaya
Bab 14 pinjam online tanpa rekening
Bab 15 kuda189
Bab 16 kakek zeus lebaran
Bab 17 cara cicil hp di blibli
Bab 18 pola mahjong way
Bab 19 pola maxwin zeus bet 200
Bab 20 indofun17
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9342bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Sistem dewa pedang terkuat

trik menang main slot roma
Kemenkop UKM menyatakan pelaku praktik koperasi yang menyimpang, seperti pinjol ilegal, bakal terancam sanksi pidana hingga 3 tahun.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyatakan pelaku praktik koperasi yang menyimpang bakal terancam sanksi pidana hingga 3 tahun. (Arsip Kemenkop via Detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyatakan pelaku praktik koperasiyang menyimpang bakal terancam sanksi pidana hingga 3 tahun. Hal itu akan diatur dalam UU Perkoperasian yang baru sebagai pengganti UU Nomor 25 Tahun 1992.

Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi mengungkapkan regulasi yang ada saat ini hanya memberi wewenang pihaknya untuk menjatuhkan sanksi administratif, seperti teguran dan pencabutan izin, yang tidak menimbulkan efek jera.

"Terkait dengan praktik-praktik koperasi yang menyimpang, pihak-pihak yang 'memakai' koperasi sebagai jubah bisnis padahal praktiknya rentenir, pinjol ilegal, dan sebagainya, bisa terjadi karena di dalam regulasi tidak ada sanksi pidana," ujar Zabadi dalam Diskusi Santai dengan Redaktur Media di Jakarta pada Rabu (7/12).

Aturan serupa juga sudah diterapkan pada sektor lain seperti perbankan dan asuransi

"Kami tentu tidak ingin mengedepankan sanksi pidana sebagai isu utama, tidak. Tapi, isu utamanya adalah jangan sampai orang yang tidak bertanggung jawab hanya menggunakan koperasi sebagai jubah padahal praktiknya bertentangan dengan prinsip koperasi," terangnya.

Dalam RUU perkoperasian, jelas Zabadi, sanksi denda bagi pelaku praktik koperasi menyimpang diusulkan berkisar Rp1 miliar hingga Rp3 miliar dan sanksi pidana berkisar 1 tahun hingga 3 tahun. Adapun hukuman terberat akan dijatuhkan pada pelaku yang menyalahgunakan nama koperasi.

Lihat Juga :
Eks Pegawai KPK Diangkat Jadi Dewan Komisaris Susi Air

Bentuk LPS Koperasi

Pada kesempatan yang sama, Zabadi juga mengungkap usul pembentukan lembaga penjaminan simpanan (LPS) bagi koperasi simpan pinjam (KSP) dalam RUU Perkoperasian.

Menurut Zabadi, keberadaan LPS koperasi akan mencerminkan komitmen esensial dari negara untuk melindungi simpanan anggota koperasi dan menempatkan KSP setara dengan lembaga keuangan lain.

Tahun ini saja, sambung Zabadi, sudah terungkap delapan koperasi simpan pinjam (KSP) bermasalah yang menimbulkan kerugian masyarakat karena gagal bayar hingga Rp26 triliun.

Lihat Juga :
Harga Minyak Dunia Anjlok ke US,25, Level Terendah Tahun Ini

Delapan koperasi tersebut terdiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama, KSP Indosurya, KSP Pracico Inti Sejahtera, KSPPS Pracico Inti Utama, KSP Intidana, Koperasi Jasa Wahana Berkah Sentosa, KSP Lima Garuda dan KSP Timur Pratama Indonesia.

Dengan memiliki lembaga penjaminan, simpanan anggota bisa terlindungi. Adapun mekanisme penjaminannya saat ini masih digodok.

"Kami masih akan mematangkan kembali terkait LPS ini," ujarnya.

RUU perkoperasian sendiri merupakan kelanjutan dari putusan MK yang membatalkan UU Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Menurut Zabadi, ruu ini bersifat mendesak dan dibutuhkan untuk menggantikan UU Nomor 25 Tahun 1992 yang sudah out of datedlantaran sudah berusia 30 tahun.

Ia menargetkan pembahasannya dengan DPR bisa dilakukan awal tahun depan. Pasalnya, meski tidak masuk Prolegnas 2023, ruu ini bersifat kumulatif terbuka alias dapat diajukan berdasarkan kebutuhan.

"Kami harapkan di awal 2023 kami sudah bisa masuk (pembahasan dengan DPR)," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Saya punya klien yang berdiri sendiri

pinjaman online yang cepat cair
Kementerian Kelautan dan Perikanan memperingatkan pengelola bahwa Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, tak bisa diperjualbelikan, apalagi kepada pihak asing.
Kementerian Kelautan dan Perikanan memperingatkan pengelola bahwa Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, tak bisa diperjualbelikan, apalagi kepada pihak asing. (Arsip Pemprov Maluku Utara via Detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperingatkan pengelola bahwa Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara tak bisa diperjualbelikan, apalagi kepada pihak asing.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik KKP Wahyu Muryadi menegaskan bahwa Kepulauan Widi adalah milik Indonesia dan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan. Artinya, regulasi yang ada melarang jual-beli pulau. Terlebih, pulau-pulau kecil itu merupakan hak publik dan aset negara.

"Gugusan Kepulauan Widi tidak boleh dimiliki oleh orang asing dan tidak boleh diperjualbelikan. Apalagi 83 pulau-pulau kecil di Kepulauan Widi hampir seluruhnya merupakan kawasan hutan lindung dan perairannya masuk kawasan konservasi," tutur Wahyu lewat keterangan tertulis, dikutip Selasa (6/12).

Lebih jauh, Wahyu meminta PT Leadership Islands Indonesia (LII) sebagai pemegang izin pengelolaan Kepulauan Widi untuk mengurus izin pemanfaatan pengelolaan ruang laut. Salah satu di antaranya adalah Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL).

PKKPRL merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi pemanfaat atau pengguna saat akan melakukan kegiatan menetap di ruang laut baik yang ada di kawasan pesisir maupun pulau-pulau kecil.

Lihat Juga :
Daftar Terbaru Startup yang PHK Karyawan

"Berdasarkan data kami, sebagaimana dikemukakan oleh Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo, pemanfaatan perairan Kepulauan Widi belum dilengkapi dengan izin PKKPRL," ujar Wahyu.

Ia menyebut badan hukum asing yang didirikan menurut hukum di Indonesia dan berkedudukan di Indonesia hanya dapat diberikan Hak Guna Usaha (HGU) dan Hak Guna Bangunan (HGB). Hal tersebut juga berlaku bagi PT LII yang merupakan pengembang Kepulauan Widi di Maluku Utara.

"Jadi prinsipnya hanya pemanfaatan saja dan itu pun dilaksanakan secara ketat sesuai dengan regulasi yang berlaku dan tidak bisa diperjualbelikan," Jelas Wahyu.

Lebih lanjut, ia menyebut KKP sudah mengkoordinasikan permasalahan ini dengan pemerintah daerah, Kemendagri dan Badan Informasi dan Geospasial serta Pushidrosal TNI AL. Hal tersebut dilakukan agar permasalahan ini dapat ditangani secara komprehensif.

Lihat Juga :
Pengusaha Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh Maksimal 5,56 Persen 2023

Menurut Wahyu sikap tegas KKP dalam menyikapi isu pelelangan Kepulauan Widi ini menunjukkan komitmen Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk melindungi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia.

"Hal ini sekaligus menjawab pemberitaan yang menyebut pulau-pulau di Kepulauan Widi akan dilelang sebagaimana tertulis pada situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat," kata dia.

Sebelumnya, berbagai upaya penertiban terhadap usaha pemanfaatan pesisir dan pulau kecil juga dilakukan oleh KKP di sejumlah wilayah di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Jalan Magister Menuju Kultivasi

limit shopee pinjam turun
Angkasa Pura II  akan meningkatkan pemeriksaan, dan pengawasan pengamanan di area bandara sebagai buntut atas kasus bom bunuh diri Polsek Astana Anyar.
Angkasa Pura II akan meningkatkan pengendalian, pemeriksaan, dan pengawasan pengamanan di area bandara sesuai SOP yang berlaku menyusul teror bom bunuh diri. (AP/Julia Nikhinson).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura II (Persero) akan meningkatkan pengamanan di bandara kelolaan mereka menyusul kasus bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/12) pagi. VP of Corporate CommunicationsAngkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan pengetatan akan dilakukan dengan meningkatkan pemeriksaan, dan pengawasan pengamanan di areabandara.

"Peningkatan langkah-langkah pengendalian, pemeriksaan dan pengawasan pengamanan di area bandara sesuai SOP serta berkoordinasi dengan anggota komite keamanan bandara dan stakeholder terkait status keamanan daerah masing-masing bandara," kata Cin Asmoro kepada CNNIndonesia.com, Rabu (7/12).

Aksi bom bunuh diri mengguncang Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12) pagi.

"Ledakan terjadi di bagian dalam, depan pintu masuk Polsek. Korban 3 polisi luka, sekarang lagi dibawa ke RS di Bandung," katanya.

Ia mengatakan teror bom itu terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Sayap Beku

cara dapat uang tanpa modal
Adapun BRI sebagai agent of development mendorong Usaha Mikro Kecil Mengah Go Digital dan Go Global dilakukan memalui UMKM EXPO (RT) BRILianpreneur 2022.
Konferensi pers UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. (Foto: CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah menjadikan Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM) Go Digital dan Go Global alias mendunia. Sebab, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Untuk itu, pemberdayaan terhadap UMKM penting dilakukan. Adapun BRI sebagai agent of development mendorong UMKM Go Digital dan Go Global dilakukan memalui UMKM EXPO (RT) BRILianpreneur 2022.

Kegiatan ini sudah digelar sejak 2019 dan sudah menjadi pameran industri kreatif yang menampilkan karya-karya terbaik UMKM Indonesia. Dengan begitu, BRILianpreneur tahun ini merupakan yang keempat.

Kemudian, kata Sunarso, proses kurasi pada penyelenggaraan UMKM EXPO (RT) BRILianpreneur 2022 membawa hal baru. Yakni dengan mengedepankan aspek ESG (Environmental, Social, Governance).

"Tahun ini ada yang beda. Untuk tahun lalu kurasi kita lebih menekankan standar inovasi, kualitas. Sekarang kita ada ESG, maka dalam kurasi sudah memasukan ESG, produk ramah lingkungan, bisa didaur ulang," ujar Sunarso.

Dalam kesempatan ini Sunarso mengatakan, semangat UMKM di dalam negeri kian meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang ikut naik 126 persen.

Untuk itu, Sunarso menilai produk UMKM tidak hanya di konsumsi di dalam negeri, melainkan sampai di luar negeri. Dengan demikian, diyakini ekonomi nasional akan melesat dan masyarakat sejahtera.

"Akan lebih baik lagi kalau yang dikonsumsi barang dan jasa dari dalam negeri. Makin tinggi konsumsinya, makin banyak dibeli masyarakat, makin banyak memberikan lapangan kerja," ujarnya.

Sementara Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 hadir untuk mempromosikan UMKM di Indonesia ke dunia.

Untuk itu, dalam event ini BRI menargetkan adanya peningkatan transaksi. Adapun dalam event sebelumnya transaksi di ajang BRILianpreneur sebesar US$ 11 Miliar selama tiga hari dari e-commerce. "Tahun ini, kita menaikkan menjadi US$ 15 miliar," ujar dia.

Kemudian, BRI juga mematok kenaikan pengunjung yang hadir di website. Untuk tahun ini, BRI menargetkan 185 pengunjung hadir. Adapun pengunjung pada tahun sebelumnya sebanyak 155 ribu pengunjung.

Selain itu, BRILianpreneur juga memperluas jangkauan dari 32 buyer menjadi 40 buyer. Sementara jangkauan negaranya dari 14 menjadi 19 negara.

(inh/inh)

Penyelamat Pesawat

cuan680
Pemkab Paser menyiapkan lahan 2.500 hektare untuk pengembangan food estate guna mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menyiapkan lahan 2.500 hektar untuk pengembangan food estate guna mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ( © Jurnasyanto Sukarno / Greenpe/Jurnasyanto Sukarno).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menyiapkan lahan seluas 2.500 hektare (Ha) untuk pengembangan kawasan food estate guna mendukung keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Lokasinya tersebar di empat kecamatan yakni Tanah Grogot, Pasir Belengkong, Long Kali dan Long Ikis," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser Erwan Wahyudi seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/12).

Ia menyebutkan data tersebut merupakan hasil kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang dilakukan sejak Mei hingga Oktober 2022, yang diekspose di Samarinda pada akhir November lalu. Pada kegiatan itu juga tim teknis dari Kabupaten Paser memaparkan perihal kondisi lahan pertanian yang ada.

Dari hasil kajian itu, ia mengatakan diperoleh data bahwa pada 2022 luas lahan eksisting di Kabupaten Paser seluas 8.722,92 hektar tersebar di enam kecamatan yaitu Batu Engau, Long Kali, Long Ikis, Pasir Belengkong, Tanah Grogot, dan Kuaro.

"Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan lahan eksisting pada tahun 2020 seluas 6.756,93 hektare," ucap Erwan.

Sementara total luas lahan potensial (potensi sawah) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Paser yakni sebanyak 69.306,45 hektar.

Erwan menjelaskan setelah keluar hasil kajian tersebut, diperlukan kegiatan analisis kelayakan pada kawasan pertanian padi sawah yang dialokasikan untuk kegiatan pengembangan lumbung padi (rice estate) atau lumbung pangan nasional (food estate).

"Analisis kelayakan dimaksud minimal mampu memenuhi empat kriteria yaitu kelayakan agroklimat dan tanah, kelayakan infrastruktur teknologi, aspek sosial budaya dan kelembagaan serta pemasaran," katanya.

Pemerintah daerah, kata Erwan, ke depan akan membentuk lembaga teknis yang khusus menangani lumbung padi atau lumbung pangan nasional yang ditopang oleh litbang dan perguruan tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Keberadaan lembaga teknis tersebut ia harapkan bisa mempertegas komitmen politik pangan nasional, mengurangi gejolak dan imbas dinamika politik lokal, serta mewadahi masyarakat tani.

"Pemerintah Daerah juga diharap bisa mengkaji model lokal partnershipdengan investor dalam mengelola lahan tanpa mengalihkan kepemilikan, model tersebut sejalan dengan program reformasi agraria untuk dapat menepis isu land grabingyang dapat menimbulkan disharmonisasi," ujar Erwan.

(agt/sfr)

Tiba di pegadaian besar atas nama menjadi yang terkuat

seribu mimpi 84
Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah lowongan kerja di akun Instagramnya. Lewat unggahan itu ia mengatakan 38 BUMN siap menerima 898 calon pegawai.
Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah lowongan kerja di akun Instagramnya. Lewat unggahan itu ia mengatakan 38 BUMN siap menerima 898 calon pegawai. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohirmengunggah lowongan kerjadi akun Instagramnya @erickthohir, Selasa (6/12). Lewat unggahan itu ia mengatakan 38 BUMN siap menerima 898 calon pegawai.

"Panggilan buat kamu yang mau jadi insan BUMN! 38 BUMN kembali membuka lowongan kerja untuk kamu yang siap ambis berkontribusi untuk Indonesia," tulis Erick dalam akunnya.

Ia juga memberikan tiga tips untuk para calon pelamar. Pertama,siapkan kapabilitas dan akhlak.

"Jangan lupa siap-siap mengasah diri untuk tes dan wawancara. Bisa daftar di link yang ada di Bio saya. Good luck guys!" sambungnya.

Calon pelamar dapat melihat seluruh posisi lowongan kerja dari berbagai perusahaan negara di situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2 atau https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Pendaftaran hanya bisa melalui link tersebut dan dilakukan secara online. Selain itu, registrasi rekrutmen tidak dipungut biaya sama sekali.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]