petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kepo4d

asiaslot777 585Jutaan kata 849670Orang-orang telah membaca serialisasi

《kepo4d》

UMKM soal Jokowi Mau Kredit Macet Usaha Kecil Dihapus: Tak Mendidik******

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik.
Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macetusaha wong cilik di perbankan nasional kurang mendidik.

Penghapusan kredit macet ini bisa dilakukan untuk kredit macet hingga Rp5 miliar. Namun, untuk tahap pertama, yang akan dihapus yang maksimal kredit Rp500 juta, khususnya bagi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Akumindo Edy Misero tak menampik penghapusan kredit untuk pelaku usaha cilik itu memang patut disyukuri. Hanya saja, kebijakan tersebut tidak akan membangun mental para pelaku UMKM.

Menurut Edy, penghapusan kredit macet bisa membuat pelaku UMKM cengeng. Tak hanya itu, bisa saja ada pelaku UMKM yang malah memanfaatkan kemurahan hati pemerintah untuk berbuat curang.

Ia mewanti-wanti ada saja pelaku UMKM yang malah sengaja tak membayar kredit karena tahu bakal diputihkan.

"Kalau sampai dihapus bukukan, 'wah kalau gitu kita macetkan saja yuk'" jelas Edy.

Lihat Juga :
Erick Thohir Apresiasi BUMN Masuk Daftar Fortune Indonesia 100

Ia menilai seharusnya pemerintah memberikan pendampingan agar pelaku UMKM yang mengalami kredit macet bisa bisa bangkit. Sebaiknya, kata Edy, pelaku UMKM itu diajak berdiskusi terkait masalah yang membuat dia kesulitan membayar kredit.

Edy menuturkan pemerintah lebih baik memberikan perpanjangan waktu pembayaran atau tambahan modal saja. Dengan tambahan waktu dan modal itu, pelaku UMKM harus berjuang untuk membayar tagihan sebelumnya.

"Kalau dia (pelaku UMKM) bisa bangkit dan memiliki kewajiban menyelesaikan tunggakannya yang lalu dan sekarang, itu mendidik pelaku UMKM untuk bertanggung jawab," kata Edy.

Di sisi lain, ia juga mempertanyakan apakah setelah kredit macet dihapus itu pelaku usaha UMKM tidak di-blacklistoleh perbankan? Pasalnya, pihak perbankan juga tak mau ambil risiko.

Lihat Juga :
Harta Bos Properti China Raib Rp434 T, Paling Rugi dari Semua Taipan

Menurutnya, pihak perbankan akan melihat riwayat pelaku UMKM. Bisa saja, perbankan tak mau memberi pinjaman kepada pelaku UMKM yang pernah gagal bayar dan akhirnya kreditnya diputihkan oleh pemerintah.

Edy khawatir jika hal demikian terjadi, pelaku UMKM malah makin kesulitan.

"Kan susah dong kalau di-blacklist. Padahal, mungkin saja ke depan (pelaku UMKM) dapat peluang yang lebih baik," ujarnya.

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju kredit macet UMKM di perbankan nasional dihapus. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki.

Lihat Juga :
BI Kerek Besaran Insentif Bank yang Rajin Beri Pinjaman Mulai Oktober

Teten juga menyebut sebelum dihapus, akan ada penilaian mendalam dari tim yang ditugaskan untuk melihat penyebab kredit macet UMKM. Penilaian dilakukan demi mencegah moral hazard.

Ia mengatakan langkah strategis tersebut kini terus bergulir dengan menggodok peraturan yang akan memayunginya.

Ia menegaskan perlunya segera melaksanakan amanat UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) yaitu penghapus tagih kredit macet bagi UMKM agar UMKM dapat segera bangkit dari dampak pandemi dan mencapai porsi kredit perbankan sebesar 30 persen bagi UMKM di 2024.

"Prediksi Bappenas 2024 kredit usaha perbankan hanya mencapai 24 persen, salah satunya disebabkan tidak lolos SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Presiden ingin porsi kredit perbankan mencapai 30 persen di 2024," kata Teten melalui keterangan resmi, Rabu (9/8).

Ia juga menyebut terdapat beberapa syarat untuk UMKM dalam mendapatkan hapus tagih itu.

Pertama,kredit macet UMKM pada bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN.

Kedua,bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN telah melakukan upaya restrukturisasi dan atau penagihan secara optimal. Ketiga,kriteria hapus kredit macet UMKM adalah KUR dan tahap 2 non KUR dengan ketentuan debitur:

1. Debitur dengan kriteria UMKM (PP 7/2021).
2. Debitur KUR dengan akad kredit terhitung sejak tahun 2015.
3. Nilai maksimum kredit sebesar Rp500 juta (KUR).
4. Nilai Maksimum kredit sebesar Rp5 miliar (Non KUR).
5. Piutang telah macet (Kol 5) dan sudah dilakukan hapus buku.
6. Debitur masih bermaksud menjalankan usaha dan mengembangkan usahanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Cerita Ganjar soal Pusing UMKM Jateng Cari Modal karena Bunga Tinggi******

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan UMKM di daerahnya mengalami kesulitan dalam mengakses modal karena bunganya kebanyakan tinggi.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan UMKM di daerahnya mengalami kesulitan dalam mengakses modal karena bunganya kebanyakan tinggi. (Antara Foto/Rizal Hanafi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Tengah(Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerahnya mengalami kesulitan dalam mengakses modal. Para pelaku UMKM disebut pusing karena kenaikan suku bunga.

"Biasanya dengan suku bunga sangat tinggi, mereka (UMKM) cukup dibuat pusing. Apalagi kemarin dengan pandemi makin pusing lagi," kata Ganjar dalam acara KUR Awards dan Penyaluran KUR untuk UMKM di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Untuk mengatasi kondisi itu, Ganjar mengatakan pihaknya telah mensosialisasikan berbagai instrumen. Salah satunya dengan program KUR oleh Bank Jawa Tengah dengan suku bunga persen 7 persen. Ganjar menyebut Jateng lebih dulu memberikan KUR dengan bunga 7 persen dibanding KUR nasional.

Untuk mengatasi itu, Ganjar mengatakan Pemprov Jateng telah mengadakan pembinaan melalui coaching clinickepada UMKM itu.

Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mendapat penghargaan provinsi dengan strategi terbaik dalam penyaluran KUR pada 2022. Provinsi lainnya yaitu Jawa Timur dan Lampung.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta tambahan KUR untuk daerahnya. Permintaan itu ia sampaikan di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ia mengatakan saat ini penyaluran KUR di Lampung sebenarnya sudah optimal tetapi hanya sebatas sektor pangan. Ke depan, ia meminta agar KUR juga diberikan untuk pengembangan komoditas perkebunan seperti kopi dan cokelat.

"Saya ingin mengembangkan karena ini relasinya hanya kepada pangan. Tapi kami juga penghasil kopi, penghasil cokelat nomor dua, penghasil udang dan sebagainya. Ini mungkin akan kita tindaklanjuti setelah acara ini. Tapi tolong kepada bu menteri keuangan agar buka dikit buat saya," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Deret Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham.
Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.879 pada Jumat (11/8). Indeks saham melemah 13,29 poin atau turun 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data dari RTI, tercatat asing melakukan aksi net buysepanjang pekan lalu mencapai Rp2,06 triliun di seluruh perdagangan. Rerata nilai transaksi sepekan sebesar Rp12,24 triliun, lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya sebesar Rp11,63 triliun.

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG bergerak terbatas pekan ini. Ia menyebut jika IHSG gagal mempertahankan level 6.833 atau MA200 maka investor harus hati-hati terhadap koreksi.

Penurunan diperkirakan terjadi lantaran harga komoditas yang masih moderat. Penurunan juga dipicu impor China yang jatuh terdalam sejak Januari 2023.

"Kami berpandangan dengan potensi melambatnya China bisa memberikan dampak negatif pasar," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/8).

Sementara, sentimen yang mempengaruhi dari luar negeri adalah risalah rapat FOMC The Fed yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap pasar. Menurutnya, rilis data inflasi AS pada Juli yang naik ke 3,2 persen akan berdampak terhadap kebijakan bunga acuan The Fed.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Bantu Jokowi Jawab Kritik Hilirisasi Faisal Basri

Dengan pergerakan IHSG yang masih perlu konfirmasi untuk penguatan serta dari data ekonomi baik dalam maupun luar negeri cenderung negatif, Audi menyarankan investor untuk wait-and-seeterlebih dahulu.

"Jika terkonfirmasi breakout area supply, maka kami melihat IHSG berpotensi menguat lebih jauh," kata Audi.

Untuk pekan ini Audi merekomendasikan empat saham untuk dibeli, yakni PT Surya Esa Perkasa Tbk atau ESSA dengan prediksi support595 dan resistance740. Lalu, PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI diramal bergerak di rentang 1.950-2.200.

Kemudian, PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA di rentang 366-446 dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di rentang 2.070-2.260.

Sementara Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim melihat IHSG pada pekan ini akan bergerak sidewaysdengan support6.769-6.834 dan resistance6.931-6.966.

Menurutnya, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG ke depan adalah rilis data neraca perdagangan RI per Juli 2023 yang diperkirakan masih surplus US,51 miliar, walaupun turun dari bulan sebelumnya sebesar US,46 miliar.

Sentimen dalam negeri yang juga membayangi pasar adalah penerapan ARB simetris atau ketentuan persentase ARB yang sama atau selaras dengan batas persentase Auto RejectionAtas (ARA) mulai September mendatang.

Sementara dari global, Hadrian mengatakan tidak ada sentimen yang akan terlalu mempengaruhi IHSG. Namun, investor masih akan mencermati kebijakan moneter The Fed setelah rilis data inflasi AS pekan lalu yang melandai di 3 persen, tetapi belum mencapai target The Fed di kisaran 2 persen.

[Gambas:Video CNN]

Di tengah sentimen yang beragam ini, Hadrian menilai masih ada sektor yang berpotensi menguat dan layak untuk koleksi, yakni barang baku dan consumer cyclical.

Adapun saham yang direkomendasikan Hadrian pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:

1. ESSA

Trading buy: 610-625
Target : 705-730
Support : 550-565

2. WIKA

Speculative buy if break 400
Target : 442-466
Support : 358-380

3. ADRO

Speculative buy: 2.280-2.320
Target : 2520-2630
Support : 2010-2190

Lihat Juga :
Staf Luhut Bantah Kritik Faisal Basri soal Harga Nikel RI Kemurahan
(agt/agt)




bab terbaru:totobet sdy

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
cara pinjam uang di jd id
dapat uang dari
lagi gacor
judi slot online server thailand
pajakbola
cara cicilan di shopee tanpa kartu kredit
slot paling gacor sekarang
dewasia
cara mendapatkan uang 50 ribu
Daftar isi semua bab
Bab 1 pola biar dapat maxwin
Bab 2 menara368
Bab 3 slot gacor 2023 terbaru
Bab 4 slot gacor gampang menang
Bab 5 bonanzajp
Bab 6 buku mimpi 68
Bab 7 link bo slot terpercaya
Bab 8 pinjol aman dan bunga rendah
Bab 9 7dewa demo slot
Bab 10 kumpulan link slot gacor
Bab 11 pinjaman kredito
Bab 12 aplikasi kredit hp bunga 0
Bab 13 demo slot spadegaming roma
Bab 14 demo slot key4d
Bab 15 lgdbet situs apa
Bab 16 qq88asia situs judi slot bandar bola online terpercaya indonesia
Bab 17 slot online cq9
Bab 18 bandartogel303
Bab 19 pola slot gacor malam ini
Bab 20 situs gacor slot terpercaya
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8487bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

bibit jahat

rp1m
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Senin (14/8) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Senin (14/8) ini. ( ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Senin (14/8) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG masih ditutup tipis pada pekan lalu di atas garis SMA-5 pada chart mingguan dan diperkirakan akan retestzona resisten 6.950-6.970 apabila tembus ke atas resisten minor di level 6.915.

"Pelemahan menuju 6.835 dapat terjadi apabila IHSG tetap di bawah 6.915. Level supportIHSG berada di 6.835, 6.794 dan 6.753. Sementara level resistennya di 6.970, 7.015 dan 7.058," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

"Sehingga peluang koreksi dapat terus dimanfaatkan oleh investor dengan target investasi jangka menengah panjang. Tentunya dengan pemilihan saham yang tepat dengan fundamental yang kuat," kata William.

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.821 danresistance6.954 hari ini. William merekomendasikan sejumlah saham, yakni BBNI, SMGR, JSMR, BBCA, SMRA, ASII, dan TLKM.

IHSG ditutup di level 6.879 pada Jumat (11/8) sore. Indeks saham melemah 13,29 poin atau 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya. Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp7,36 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,65 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 225 saham menguat, 271 terkoreksi, dan 241 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Satu pukulan bagi kaisar

helompo
Transmart kembali menggelar gebyar diskon pada Selasa (15/8) bertajuk Merdeka Belanja. Ada kulkas dua pintu, harganya hemat sampai Rp2 jutaan!
Transmart kembali menggelar gebyar diskon pada Selasa (15/8) bertajuk Merdeka Belanja. Ada kulkas dua pintu, harganya hemat sampai Rp2 jutaan! (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau beli kulkas baru buat simpan stok minuman dingin di musim panas? Yuk, beli aja di Transmart. Soalnya lagi ada diskon yang bikin hemat sampai Rp2 jutaan.

Selain hemat, setiap pelanggan juga berkesempatan dapat ekstra diskon sampai 20 persen. Asalkan bayar belanjaannya pakai Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega dan Mega Syariah supaya bisa belanja sekarang bayar belakangan.

Lihat Juga :
Transmart Diskon 50%+20%, Harga Dijamin Murah dari Toko Sebelah

Salah satu produk yang nantinya didiskon gede-gedean ada produk elektronik kulkas side by side aneka merek yaitu LG, Polytron, Panasonic, Sharp, dan Samsung.

Misalnya nih, kulkas side by side 4D 472L harga normal Rp12 jutaan, diskon mulai dari Rp9 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk pembelian di Transmart Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung.

Ada juga kulkas side by side 4D 472L harga normal Rp12 jutaan, diskon mulai dari Rp8 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, Lampung.

Supaya bisa tebus murah harga diskon kulkasnya, pastikan transaksi kamu pakai Allo Prime atau Kartu Kredit Bank Mega dan Mega Syariah.

Masih belum punya Allo Bank atau Bank Mega? Tenang, caranya gampang cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Pay Later.

Bagi yang belum memiliki Kartu Kredit Bank Mega juga jangan khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park, atau bisa mengajukan pembukaan kartu kredit di kantor cabang Bank Mega terdekat.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya ikutan Transmart Full Day Sale spesial Merdeka Belanja yang berlangsung cuma satu hari aja!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Petualangan dimulai dari reruntuhan Kota Raksasa

sistem cicilan kartu kredit
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan proyek destinasi wisata Aloha PIK 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusumo alias Aguan.
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan proyek destinasi wisata Aloha PIK 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusumo alias Aguan. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri dan ikut meresmikan proyek destinasi wisata Aloha PIK 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusumo aliasAguan

Mengutip Antara, Rabu (9/8), Erick mengapresiasi pembukaan destinasi wisata Aloha PIK 2 yang bernuansa Pantai Hawai tersebut.

"Bagaimana industri kreatif/pariwisata ini bisa menjadi sebuah kekuatan sendiri. Jadi saya apresiasi ketika saya bagai mana terus mendorong ekosistem pariwisata," tuturnya.

Erick juga menyebutkan hadirnya Aloha PIK 2 menjadi sebuah dorongan untuk bisa berkolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam meningkatkan industri kreatif dan pariwisata.

"Dan ini menjadi sebuah dorongan bahwa kalau bisa berkolaborasi antara swasta atau pemerintah bisa bersatu meningkatkan industri pariwisata," kata dia.

Agung Sedayu Grup selaku pengelola kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) menghadirkan tempat wisata baru yaitu Aloha pantai yang berkonsep destinasi kuliner bernuansa Hawai.

Destinasi tematik tersebut dibuka di Pantai Pasir Putih, di Kawasan PIK 2, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten. Destinasi itu memiliki luas lahan sepanjang 4 kilometer (km).


Founder dan CEO of Arkana Agung Sedayu Group Steven Kusumo mengatakan Aloha PIK2 ini berkonsep destinasi kuliner bernuansa tropis yang melengkapi deretan fasilitas, seperti Land's End, Beach Club, Holiday Inn Resort, Ginza Beach Walk, dan Community Park.

"Sejak kemarin Selasa, (8/8) kita sudah resmi membuka destinasi wisata Aloha. Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar kota apalagi hingga ke luar negeri. Warga Jakarta dan sekitarnya kini dapat mencari angin segar dan mengistirahatkan diri dari aktivitas padat untuk berkumpul dengan teman maupun keluarga di Aloha PIK ini," ucapnya.

Menurut dia, pantai indah kapuk merupakan kawasan mandiri yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas, mulai dari destinasi wisata, kuliner, ritel, komersial, perkantoran, residensial, dan pusat bisnis hadir di kawasan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Namun, dengan seiring munculnya inovasi-inovasi baru, maka pihaknya pun kini kembali membuka destinasi wisata Aloha PIK 2 yang menjadi salah satu tempat unik berkonsep kuliner sambil menikmati keindahan laut dan pasir putih.

Selain itu, dengan nuansa tropis para pengunjung Aloha bisa langsung dirasakan dari setiap bangunan, dekorasi area, dan berbagai fasilitas yang disediakan.

Kemudian, lanjutnya, ketika memasuki lobi utama, terdapat sebuah foyer berukuran luas dengan berbagai tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati makanan. Di sekelilingnya juga terdapat kolam-kolam kecil yang mirip seperti oasis berhiaskan dekorasi lampu warna-warni dan juga tanaman hijau yang asri.

"Berbagai tenant di Aloha PIK juga hadir dengan arsitektur tropikal dengan elemen kayu, jerami, rotan, bambu, dan juga open space balcony," katanya.

Lihat Juga :
Freeport Bantah Akan Gugat Pemerintah soal Aturan Bea Keluar
(agt/agt)

tujuh belas lagi

kakek zeus pemilik slot
Menteri Investasi/Kepala KPM Bahlil Lahadalia menyebut manusia di Jakarta doyan memonopoli usaha, sehingga menyingkirkan orang-orang di daerah.
Menteri Investasi/Kepala KPM Bahlil Lahadalia menyebut manusia di Jakarta doyan memonopoli usaha, sehingga menyingkirkan orang-orang di daerah. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

MenteriInvestasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut manusia di Jakarta doyan memonopoli usaha, sehingga menyingkirkan orang-orang di daerah.

Bahlil menegaskan dirinya selalu memikirkan porsi warga lokal di setiap investasi yang masuk ke daerah. Ia mengatakan setiap investasi tersebut harus melibatkan pengusaha lokal, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Orang daerah harus dijadikan sebagai tuan di negerinya, tidak boleh jadi tamu di negerinya sendiri. Yang kaya tidak boleh itu-itu saja. Orang Jakarta ini semua hal memonopoli, tambang mau, sawit mau, pasir mau, terus orang daerah di mana?" katanya dalam Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/8).

Di lain sisi, Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi peran pemerintah, khususnya melalui Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan di Bidang Penanaman Modal antara Usaha Besar dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Daerah. Ia menyebut beleid ini membantu UMKM naik kelas.

Berdasarkan beleid tersebut, Syamsuar menyebut pihaknya terus meminta peran pengusaha besar di Riau untuk bekerja sama dengan UMKM. Ia menegaskan capaian kemitraan bakal terus meningkat setiap tahunnya dengan adanya aturan ini.

Lihat Juga :
Jokowi: Operasi LRT Jabodebek Kemungkinan 26 Agustus

"Capaian kemitraan yang diwujudkan Provinsi Riau selama dua tahun terakhir sebanyak 798 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang bermitra dengan 22 pelaku usaha besar dengan nilai kesepakatan kemitraan Rp33,7 miliar. Jadi, tidak menggunakan uang APBD dan APBN," jelas Syamsuar.

Dengan adanya NIB yang diserahkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia kepada para pelaku UMK perseorangan, Syamsuar juga berharap geliat ekonomi Pekanbaru dan sekitarnya bisa terus tumbuh.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Kontrak Hantu yang Salah

nova126
Gubernur Riau Syamsuar risau karena Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terus mengerek target investasi setiap tahunnya.
Gubernur Riau Syamsuar risau karena Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terus mengerek target investasi setiap tahunnya. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Riau Syamsuar risau karena Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terus mengerek target investasi setiap tahunnya.

Ia menyebut peringkat Riau dalam menarik investasi memang naik cukup pesat. Sebelumnya, provinsi ini berada di peringkat ke-10 nasional dalam urusan menarik investasi pada 2018.

Namun, seiring berjalannya waktu Riau melesat ke urutan 6 pada 2019 dan tahun ini berada di posisi ke-5 se-Indonesia. Bahkan, Riau menempati posisi kedua capaian penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp18 triliun pada kuartal II 2023 ini, tepat di bawah DKI Jakarta.

"Saya bilang, 'Kita siap sajalah, yang penting bagaimana kerja kita bersama kabupaten/kota. Kita yakin senantiasa memberikan kemudahan pelayanan, baik pelaku usaha mikro kecil (UMK) maupun pelaku usaha lain," tambah Syamsuar.

Kendati risau, Syamsuar melaporkan Riau kedatangan investor anyar di sektor energi baru terbarukan (EBT). Investor tersebut menanamkan uang Rp19 triliun untuk proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang ditargetkan rampung 2027 mendatang.

Syamsuar menyebut pihak investor berjanji akan menyerap tenaga kerja lokal. Menurutnya, sekitar 5.000 warga Riau dan sekitarnya akan dipekerjakan dalam proyek tersebut.

Lihat Juga :
Jokowi Pastikan Jalur LRT Bakal Diperpanjang Sampai Bogor

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan realisasi investasi di Indonesia sudah bagus, bahkan naik terus setiap tahunnya. Semula masuk Rp800 triliun pada 2020, lalu naik ke Rp900 triliun pada 2021.

Kemudian, capaian investasi pada 2022 menembus Rp1.207 triliun dan tahun ini ditargetkan terkumpul Rp1.400 triliun. Bahlil menegaskan investasi jumbo tersebut kudu menyejahterakan para pengusaha dan tenaga kerja lokal, termasuk kelompok UMKM.

"Orang daerah harus dijadikan sebagai tuan di negerinya, tidak boleh jadi tamu di negerinya sendiri. Yang kaya tidak boleh itu-itu saja. Orang Jakarta ini semua hal memonopoli, tambang mau, sawit mau, pasir mau, terus orang daerah di mana?" tutur Bahlil.

"Orang daerah juga harus dihargai investor. Kalau ini mampu kita lakukan, Insyaallah kita bisa membawa Indonesia mewujudkan apa yang dicita-citakan para pendiri kita," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

setengah dongeng

togel 77
Belanja furnitur rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain lengkap, diskonnya enggak main-main sampai 50%+20% lho!
Belanja furnitur rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain lengkap, diskonnya enggak main-main sampai 50%+20% lho! (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja furnitur untuk kebutuhan isi rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain pilihannya lengkap, diskonnya enggak main-main lho50% plus 20%.

Mumpung ada periode Full Day Sale pada Selasa (8/8) dari pukul 10 pagi sampai 10 malam, kamu bisa banget belanja aneka furnitur sepuasnya di seluruh gerai Transmart Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Bakal Kasih Diskon Seharian, Wajib Borong Belanjaan

Mau tebus harga barang paling miring juga bisa! Caranya tinggal belanja furnitur yang kamu mau, terus bayarnya pakai Allo Pay Later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah, otomatis bisa klaim diskon tambahan 20 persen.

Kapan lagi kan bisa belanja sekarang bayar nanti kalau bukan di Transmart pakai Allo Bank, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega, enggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Pay Later.

Yuk, jangan sampai ketinggalan ikutan Transmart Full Day Sale spesial Merdeka Belanja yang berlangsung cuma satu hari aja!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]