petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

fufu4d

erek berkelahi 568Jutaan kata 96176Orang-orang telah membaca serialisasi

《fufu4d》

BPBD Banten siapkan langkah penanggulangan bencana banjir******

BPBD Banten siapkan langkah penanggulangan bencana banjir
Kepala Pelaksana BPBD Banten, Nana Suryana (Mulyana)
Serang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menyiapkan sejumlah langkah dalam upaya penanganan bencana banjir seiring perkembangan kawasan dan bertambahnya penduduk yang berdampak pada potensi terjadinya banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Banten Nana Suryana di Serang, Senin, mengatakan dalam mitigasi bencana banjir, BPBD Banten telah melaksanakan kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dengan isu banjir serta penyebab dan dampaknya, sehingga kesadaran kolektif dalam mencegah banjir dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat.

Baca juga: Hujan deras sebabkan banjir di sejumlah wilayah Kota Serang

Menurut Nana, berkembangnya kawasan perkotaan dan peningkatan jumlah penduduk, aktivitas dan lahan terbuka berkurang berpotensi menyebabkan banjir.

"Kita terus mengintervensi kegiatan di perkotaan pada lahan yang seharusnya berfungsi sebagai daerah konservasi dan ruang terbuka hijau sebagai mitigasi banjir," kata Nana.

Selain itu, banjir juga bisa disebabkan akibat daerah resapan air semakin sempit, sehingga terjadi peningkatan aliran permukaan dan erosi.

Penyebab lainnya, akibat aktivitas penambangan batuan atau pasir di hulu yang menyebabkan sedimentasi di sungai, sehingga mengakibatkan berkurangnya kapasitas sungai, terutama pada bagian sungai yang sudah cukup landai.

Oleh sebab itu, BPBD memberikan tips upaya dalam penanggulangan bencana banjir, seperti peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat atas risiko tinggi di daerah yang rawan bencana banjir. Selain itu, mengembangkan inisiatif masyarakat dalam menurunkan risiko bencana banjir melalui perbaikan lingkungan hidup.

Baca juga: Banjir besar di Banten

Baca juga: Pj Gubernur Banten pastikan percepat penanganan banjir Teluk Naga

Selain itu, lanjutnya, menambah luasan kawasan resapan air. Mengembalikan fungsi sungai sebagai salah satu sumber air yang dapat memberikan manfaat untuk kelangsungan hidup manusia dan mengendalikan pemanfaatan sempadan untuk mempertahankan fungsi sempadan sebagai ruang penyalur banjir.

Pewarta: Mulyana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024

IHSG menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa kawasan Asia******

IHSG menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa kawasan Asia
Pegawai memotret layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/4/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom/aa.
Fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pola gerak IHSG dalam jangka pendek
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin pagi, bergerak menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa saham kawasan Asia.

IHSG dibuka menguat 6,92 poin atau 0,09 persen ke posisi 7.318,83. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 1,52 poin atau 0,15 persen ke posisi 989,42.

“Fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pola gerak IHSG dalam jangka pendek. Selain itu masih tercatatnya capital inflowsepanjang 2024 turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG,” sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin.

Dari dalam negeri, pada Kamis (7/3) akan terdapat rilis cadangan devisa (cadev) Indonesia periode Februari 2024.

Selain itu, Maret adalah bulan bagi para emiten melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), dimana tercatat ada beberapa perusahaan besar yang hendak melakukan RUPST, seperti BBNI, BBTN, BMRI, BBCA, BBRI, dan emiten lainnya.

Dari mancanegara, fokus tertuju pada rilis dataPurchasing Managers' Index (PMI)Jasa Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan akan melandai ke posisi 53 pada Februari 2024, dari sebelumnya di posisi 53,4, namun tetap berada di zona ekspansif.

Kemudian, akan terdapat testimoni Ketua The Fed Jerome Powell pada Rabu (06/03), yang kemungkinan akan memberikan kisi-kisi mengenai pemangkasan suku bunga acuan.

Dari Asia, China akan merilis data neraca perdagangan pada Rabu (06/03), yang diperkirakan melonjak ke 107 miliar dolar AS pada Februari 2024.

Selain itu, China juga akan merilis inflasi konsumsi tahunan dan bulanan periode Februari 2024, yang diperkirakan akan tumbuh 0,4 persenyear on year (yoy) dan0,5 month to month (mtm).

Sementara itu, bursa saham AS Wall Street cenderung beragam pada penutupan perdagangan Jumat (01/03. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) ditutup turun tipis 0,02 persen ke posisi 38.989,51, sedangkan S&P 500 naik 0,04 persen ke 5.098,51, dan Nasdaq Composite naik 0,11 persen menjadi 16.109,83.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain, indeks Nikkei menguat 323,39 poin atau 0,81 persen ke 40.234,19, indeks Hang Seng melemah 51,92 poin atau 0,31 persen ke 16.537,52, indeks Shanghai melemah 4,17 poin atau 0,14 persen ke 3.022,85, dan indeks Straits Times melemah 8,42 poin atau 0,27 persen ke 3.127,34.

Baca juga: Optimisme pasar usai pemilu dan menyambut pelonggaran moneter
Baca juga: Analis : Investor cermati rilis data ekonomi domestik dan mancanegara
Baca juga: Praktisi rekomendasikan saham sektor infrastruktur usai Pemilu

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Fitur Aset KSEI di BRImo, solusi jitu untuk pantau investasi******

Fitur Aset KSEI di BRImo, solusi jitu untuk pantau investasi
Ilustrasi tampilan baru super apps BRImo. (ANTARA/HO-BRI)
Jakarta (ANTARA) - Kemudahan dan kecepatan menjadi kunci utama dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam mengelola keuangan hingga investasi. Nah, aplikasi BRImo menawarkan solusi lengkap untuk berbagai kebutuhan finansial, termasuk memantau investasi.

Buka fitur Aset KSEI dengan mudah di BRImo

Kabar gembira bagi para investor! Kini bisa memantau seluruh portofolio investasi kamu dengan mudah melalui BRImo.

Cukup dengan smartphonedi genggamanmu, kamu bisa membuka fitur AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) yang terintegrasi langsung dengan aplikasi BRImo.

Baca juga: Belanja hemat pakai promo spesial BRI di Star Department Store

Apa itu fitur Aset KSEI?

Aset KSEI merupakan layanan onlineyang disediakan oleh KSEI untuk memberikan akses kepada investor dalam memonitor posisi dan mutasi efek yang mereka miliki.

Dengan kata lain, fitur Aset KSEI ini memungkinkan kamu untuk melihat seluruh aset investasi kamu yang tercatat di KSEI secara real-time.

Manfaat fitur Aset KSEI

Fitur Aset KSEI menawarkan berbagai manfaat bagi para investor, di antaranya:

• Memonitor Portofolio Investasi: Investor dapat melihat seluruh aset investasinya yang tercatat di KSEI dengan mudah dan praktis.

• Informasi Lengkap: Fitur ini menyediakan informasi lengkap tentang portofolio investasi, termasuk jumlah efek, nilai investasi, dan histori transaksi.

• Akses Mudah: Fitur AKSes KSEI dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi BRImo.

Baca juga: BRI bagikan dividen Rp48,10 triliun

Pantau investasi dengan Fitur Aset KSEI di BRImo

Kerja sama antara BRI dan KSEI dalam menghadirkan fitur AKSes KSEI di BRImo merupakan wujud komitmen kedua institusi untuk memberikan solusi dan kemudahan bagi para investor.

Dengan menggabungkan kekuatan teknologi dan jaringan luas BRI, fitur Aset KSEI di BRImo diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, khususnya dalam bidang investasi.

Kini, kamu tidak perlu lagi repot membuka websiteatau aplikasi lain untuk memantau portofolio investasi kamu. Cukup dengan BRImo, kamu bisa mengakses fitur Aset KSEI dengan mudah dan praktis.

Cara registrasi KSEI lewat BRImo

Berikut ini langkah-langkah mudah untuk melakukan registrasi efek KSEI melalui aplikasi BRImo:

• Login BRImo dari smartphone.

• Masuk ke menu RDN lalu ke menu Portofolio Efek

• Lakukan registrasi dan menyetujui consent.

• Tunggu sampai ada notifikasi Registrasi Efek KSEI lewat BRImo atau Email.

• Portofolio KSEI kamu berhasil terhubung.

Dengan menyetujui consenttersebut, berarti memberikan Izin kepada BRImo untuk mengakses serta mendaftarkan nomor Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Single Investor Identification (SID) milik kamu kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Baca juga: BRI bangun infrastruktur pengembangan UMKM di IKN

Syarat & ketentuan layanan AKSes KSEI melalui BRImo

• Layanan Akses KSEI melalui BRImo merupakan layanan bagi nasabah untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh aset investasinya yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui aplikasi BRImo.

• BRI (BRImo) saat ini bekerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk menghubungkan layanan KSEI dengan akun BRImo sehingga layanan KSEI dapat diakses melalui BRImo.

• BRI berhak melakukan unlinkpada layanan AKSes KSEI melalui BRImo apabila nasabah melakukan penutupan RDN BRI.

• BRI berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau Sebagian dari syarat dan ketentuan ini.

Disclaimer layanan AKSes KSEI melalui BRImo

• Data yang ditampilkan pada menu AKSes KSEI merupakan data yang diperoleh dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

• BRI tidak bertanggung jawab apabila terjadi perbedaan antara KSEI dengan broker terkait.

Baca juga: Kredit BRIguna beri ide usaha sampingan yang bikin cuan

Fitur Top Up dan Cek Mutasi RDN di BRImo

Melalui BRImo, kamu juga bisa mengakses fitur Top Up dan Cek Mutasi RDN. Fitur ini memudahkan nasabah RDN untuk:

• Melihat mutasi RDN: Nasabah dapat melihat seluruh riwayat transaksi RDN mereka dalam satu halaman.

• Top Up RDN: Nasabah dapat melakukan top up RDN dengan mudah dan praktis melalui aplikasi BRImo.

Fitur Top Up dan Cek Mutasi RDN di BRImo adalah solusi yang mudah dan praktis bagi nasabah RDN untuk mengelola keuangan mereka.

Di era digital ini, kemudahan dan kecepatan menjadi kunci utama dalam mengelola keuangan dan investasi. BRImo hadir sebagai solusi lengkap untuk memantau seluruh portofolio investasi Anda dengan mudah dan praktis.

Download BRImo sekarang! Nikmati kemudahan dan keuntungan dalam memantau investasi Anda dengan fitur AKSes KSEI dan Top Up & Cek Mutasi RDN.

So, kalau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Fitur AKSes KSEI di BRImo, segera download BRImo melalui App Store, Play Store, dan Huawei AppGallery sekarang juga.

Untuk informasi lengkap, kamu bisa followInstagram @bankbri_id. BRImo lebih mudah dan serba bisa!

Baca juga: Klaster Usaha Binaan BRI ini Sukses Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan Tangan

Baca juga: Makin Lengkap! BRImo Hadirkan Fitur Investasi Emas

Baca juga: Nikmati kelezatan ayam dan burger di Chigo x Flip dengan Promo BRI

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:lihat slot gacor hari ini

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot798
41 di erek erek
tenor akulaku hanya 3 bulan
togel floridamid
hokiku88
slot asik
wso99
pinjaman kredito
situs slot 388
Daftar isi semua bab
Bab 1 asialive88 demo
Bab 2 mangga2bet
Bab 3 slot aman
Bab 4 suneo138
Bab 5 situs slot yang sering jp
Bab 6 login dunia slot88
Bab 7 demo slot cq9 thor
Bab 8 slotgacor jp789
Bab 9 situs slot paling gacor di dunia
Bab 10 situs aman selain yandex
Bab 11 mahjong ways 2 jackpot
Bab 12 pucuk138
Bab 13 erek 3d angka
Bab 14 slot ngasih terus
Bab 15 situs resmi gacor
Bab 16 cara dapat uang dari one set
Bab 17 kredit hp ktp saja
Bab 18 ikan mas 2d togel
Bab 19 situs slot api5000
Bab 20 slot lego link alternatif
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6329bab
kotaBacaan TerkaitMore+

perjalanan

gigaslot
IHSG menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa kawasan Asia
Pegawai memotret layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/4/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom/aa.
Fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pola gerak IHSG dalam jangka pendek
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin pagi, bergerak menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa saham kawasan Asia.

IHSG dibuka menguat 6,92 poin atau 0,09 persen ke posisi 7.318,83. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 1,52 poin atau 0,15 persen ke posisi 989,42.

“Fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pola gerak IHSG dalam jangka pendek. Selain itu masih tercatatnya capital inflowsepanjang 2024 turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG,” sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin.

Dari dalam negeri, pada Kamis (7/3) akan terdapat rilis cadangan devisa (cadev) Indonesia periode Februari 2024.

Selain itu, Maret adalah bulan bagi para emiten melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), dimana tercatat ada beberapa perusahaan besar yang hendak melakukan RUPST, seperti BBNI, BBTN, BMRI, BBCA, BBRI, dan emiten lainnya.

Dari mancanegara, fokus tertuju pada rilis dataPurchasing Managers' Index (PMI)Jasa Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan akan melandai ke posisi 53 pada Februari 2024, dari sebelumnya di posisi 53,4, namun tetap berada di zona ekspansif.

Kemudian, akan terdapat testimoni Ketua The Fed Jerome Powell pada Rabu (06/03), yang kemungkinan akan memberikan kisi-kisi mengenai pemangkasan suku bunga acuan.

Dari Asia, China akan merilis data neraca perdagangan pada Rabu (06/03), yang diperkirakan melonjak ke 107 miliar dolar AS pada Februari 2024.

Selain itu, China juga akan merilis inflasi konsumsi tahunan dan bulanan periode Februari 2024, yang diperkirakan akan tumbuh 0,4 persenyear on year (yoy) dan0,5 month to month (mtm).

Sementara itu, bursa saham AS Wall Street cenderung beragam pada penutupan perdagangan Jumat (01/03. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) ditutup turun tipis 0,02 persen ke posisi 38.989,51, sedangkan S&P 500 naik 0,04 persen ke 5.098,51, dan Nasdaq Composite naik 0,11 persen menjadi 16.109,83.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain, indeks Nikkei menguat 323,39 poin atau 0,81 persen ke 40.234,19, indeks Hang Seng melemah 51,92 poin atau 0,31 persen ke 16.537,52, indeks Shanghai melemah 4,17 poin atau 0,14 persen ke 3.022,85, dan indeks Straits Times melemah 8,42 poin atau 0,27 persen ke 3.127,34.

Baca juga: Optimisme pasar usai pemilu dan menyambut pelonggaran moneter
Baca juga: Analis : Investor cermati rilis data ekonomi domestik dan mancanegara
Baca juga: Praktisi rekomendasikan saham sektor infrastruktur usai Pemilu

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Percaya pada Kerajaan Allah

slot gacor maxwin 4d
Vonage & Telkomsel kolaborasi hadirkan jaringan API mudah akses
Vonage dan Telkomsel berkolaborasi untuk memperluas pemanfaatan jaringan API bagi developer, enterprise dan perusahaan penyedia layanan komunikasi Communications Service Providers (CSPs). Dengan menggabungkan keunggulan jaringan API Telkomsel dengan layanan komunikasi dan jaringan API Vonage, para developer dan enterprise dapat membangun aplikasi yang canggih, aman, dan andal, sekaligus mendukung akselerasi ekosistem inovasi yang terbuka melalui kehadiran layanan dan solusi baru. (ANTARA/HO-Telkomsel)
Jakarta (ANTARA) - Vonage, sebagai global leaderdi industri cloud communicationsyang mengakselerasi transformasi digital untuk pertumbuhan bisnis yang juga merupakan bagian dari Ericsson (NASDAQ: ERIC), mengumumkan kerja sama dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, untuk memperluas pemanfaatan jaringan API bagi developer, enterprisedan perusahaan Communications Service Providers (CSPs) melalui solusi layanan Application Programming Interface (API).

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) di Fira Gran Via pada 26 Februari 2024, bertepatan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol.

EVP dan Head of Communications Platform as a Service (CPaaS) & Global Network Platform (GNP) Sales Vonage, Seckin Arikan mengatakan, “Kami sangat antusias mengumumkan kolaborasi kami dengan Telkomsel. Dengan menggabungkan keunggulan layanan global communicationsdan jaringan API Vonage dengan jaringan API terdepan dari Telkomsel, kami dapat menghadirkan kapabilitas baru bagi para enterprisedan pengguna di Indonesia, sekaligus mengakselerasi inovasi jaringan API. Kami sedang memperluas kolaborasi pemanfaatan CSP Vonage di seluruh dunia dan sangat antusias untuk menghadirkan kapabilitas inovatif ini kepada seluruh pelanggan enterprisedi Indonesia".

Baca juga: Telkomsel luncurkan paket istimewa kolaborasi JKT48

Vice President Enterprise Product Management and Development Telkomsel, Kwok Wai Kiat mengungkapkan, "Kami sangat bersemangat berkolaborasi dengan Vonage dalam memanfaatkan potensi solusi API dan membuka peluang baru di industri telekomunikasi. Kolaborasi ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dengan konsisten menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi terkini untuk memberdayakan ekosistem digital nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa dengan memberikan layanan yang bernilai tambah bagi seluruh pelanggan".

Telkomsel merupakan pemain utama dalam menerapkan CAMARA API di industri telekomunikasi digital dan menjadi bagian dari GSMA Open Gateway Initiative. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan akses universal kepada para developerdan enterpriseke jaringan operator, dengan memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar.

(Kiri – Kanan) Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil; Senior Vice President & Head of Ericsson South East Asia, Oceania & India, Nunzio Mirtillo; EVP and Head of CPaaS and GNP Sales Vonage, Seckin Arikan; Vice President Enterprise Product Management and Development Telkomsel, Kwok Wai Kiat; Direktur Utama Telkomsel, Nugroho; Komisaris Telkomsel, Heri Supriadi; dan Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng dalam prosesi penandatanganan kesepakatan kolaborasi antara Telkomsel dan Vonage yang bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. (ANTARA/Ho)

Untuk memfasilitasi akses ke jaringan API bagi para developerdan enterprise, Telkomsel meluncurkan Digihub, sebuah platform yang menyediakan akses ke jaringan API Telkomsel. Digihub membuka peluang bagi pengembangan dan pertumbuhan solusi layanan digital inovatif dengan menyediakan akses mudah ke jaringan API Telkomsel, memungkinkan pelaku bisnis untuk mengeksplorasi kemungkinan inovasi baru dan memperluas jangkauan layanan digitalnya mereka.

Baca juga: Telkomsel Dunia Games gelar turnamen DG WIB Community Cup 2024

Kemudian, layanan API dan komunikasi Vonage memudahkan developeruntuk menyematkan kemampuan komunikasi ke dalam aplikasi, sistem, dan workflows.

Bersama dengan kapabilitas jaringan API Digihub dari Telkomsel, kedua perusahaan berkolaborasi untuk memungkinkan para developermembangun aplikasi yang canggih, aman, dan andal dengan menghadirkan kemampuan jaringan 5G dan konvergensi API untuk mendukung akselerasi ekosistem inovasi yang terbuka dengan menghadirkan layanan dan solusi baru untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi, menciptakan aplikasi baru, dan mendorong pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Telkomsel juga akan mengakselerasi adopsi developerdengan menyediakan jaringan API-nya melalui Vonage Network Registry untuk memberikan solusi bisnis ke pasar dengan lebih cepat.

Layanan tersebut juga akan memfasilitasi CSPs dalam meningkatkan konsumsi network API dengan menyederhanakan dan menstandarisasi proses persetujuan serta memberikan akses ke API penyedia jaringan bagi Application Service Provider (ASPs).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Vonage, kunjungi www.vonage.com dan informasi tentang Telkomsel dapat mengunjungi www.telkomsel.com.

Baca juga: Telkomsel gaet Google Cloud buat Gen AI di aplikasi

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Sistem Seni Bela Diri Hebat Naruto

game slot online
Memetik makna dari nestapa bencana
Pengungsi korban banjir dari Kabupaten Demak beristirahat di posko pengungsian Balai Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/tom/aa.
Jakarta (ANTARA) - Bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung menerjang berbagai daerah, merenggut nyawa, harta benda, dan mengantarkan duka di wajah anak negeri.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan lebih dari 350 kejadian bencana alam hidro-meteorologi yang melanda Indonesia sejak akhir Januari hingga pekan pertama Maret 2024.

Selama periode itu total ada satu juta lebih jiwa terpaksa mengungsi dan 42 jiwa dinyatakan meninggal dunia akibat bencana alam itu.

Kerusakan menerpa lebih dari 13.232 unit rumah, 243 unit fasilitas, terdiri dari satuan pendidikan, rumah ibadah, fasilitas pelayanan kesehatan, kantor pemerintahan, 30 unit jembatan, hingga 28 ribu hektare sawah petani gagal panen.

Sungguh sebuah peristiwa yang memerihkan, tapi ini lah kenyataannya. Bangsa ini masih perlu banyak belajar peka menghadapi fenomena alam, sehingga dampak kerusakan itu bisa diminimalisir melalui serangkaian strategi dan kesadaran yang penuh.
Petugas gabungan bersama warga mengevakuasi kendaraan motor milik korban yang tertimbun di bawah material tanah longsor Jalan Poros Bonglo, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (27/2/2024). ANTARA/HO-BPBD Luwu/am

Saatnya berbenah

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan rentetan bencana ini sejati nya adalah muara dari cuaca ekstrem akibat aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial di Selatan Pulau Jawa bagian Barat, – adanya aktivitas Madden Jullian Oscilliation (MJO).

Fenomena itu memicu hujan sekaligus meningkatkan potensi bencana sebagian besar wilayah Indonesia dari bagian timur – barat, sebagaimana yang dilaporkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Tapi bukan berarti tidak ada peringatan dini sebelumnya. Abdul menyerukan, BNPB telah secara masif menginformasikan kondisi cuaca dan iklim per harinya yang diterbitkan BMKG itu supaya masyarakat bisa terhindar dari bahaya dampak yang ditimbulkan.

Hanya saja, diakui kalau sikap keteledoran masyarakat dan lambannya respons pengambil keputusan menjadi kendala yang justru kerap memperparah dampak kejadian bencana di daerah.

Indikasi itu dimulai dari banjir yang melanda Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah, pada 5 Februari 2024.

Banjir merusak 26.998 hektare sawah hingga petani di Demak dan Kudus mengalami gagal panen, 4 ribu rumah terendam dan memaksa sebanyak 71 ribu orang dievakuasi ke tempat pengungsian, hingga lebih tiga pekan lamanya.

Sebagai bahan evaluasi, dampak bencana itu semestinya bisa dicegah jika saja rehabilitasi - perawatan tanggul-tanggul pembatas di Sungai Wulan diselesaikan tepat waktu.

Jebolnya tanggul dan sumbatan aliran air akibat tata kota yang tumpang tindih menyasar kawasan bantaran turut berkontribusi mengapa banjir meluas ketika diterpa hujan intensitas lebat kala itu.

Apa yang terjadi di "Kota Santri" itu lain halnya dengan bencana tanah longsor di Jalan Poros Desa Bonglo-Palopo, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, yang menjadi contoh paling kentara mengenai abainya manusia.

Tanah longsor tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi, sehingga meruntuhkan segmen tebing dengan struktur tanah yang labil pada 26 Februari 2024 sekitar pukul 09.00 WIT.

Beberapa hari sebelum terjadi tanah longsor telah diinformasikan akan ada peningkatan hujan deras, masyarakat diimbau untuk waspada dan menghindari kawasan perbukitan.

Namun informasi yang didapatkan BNPB, saat kejadian tanah longsor justru banyak warga yang berkerumun di lokasi kejadian.

Nahas bagi warga itu, beberapa di antara mereka tidak menyadari bahwa eskalasi longsoran meluas, sehingga dengan cepat datang langsung menggulung.

Alhasil, material longsor dari sisi bukit menghantam 15 unit motor dan 2 unit mobil. Sebanyak 24 orang terdampak atas peristiwa itu, 19 orang di antaranya berhasil menyelamatkan diri meski mengalami luka-luka.

Tapi tidak untuk lima orang lainnya, mereka dinyatakan meninggal dunia. Bahkan dari lima orang yang meninggal dunia baru satu jasad yang berhasil ditemukan, selebihnya masih tertimbun di bawah material tanah sedalam 100 meter itu hingga saat ini.

Demikian pula terjadi saat bencana angin puting beliung di Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat, 21 Februari 2024.

Dalam waktu kurang dari 10 menit angin berkecepatan 63 kilometer per jam itu merusak 503 unit rumah, 13 pabrik dan fasilitas umum di “Bumi Parahyangan”.

Kala itu, warga tidak segera menyelamatkan diri, sebagian justru merekam kejadian itu. Sehingga menambah catatan jadi sebanyak 1.466 orang terdampak, dan 33 orang di antaranya menjadi korban luka-luka, setelah terkena serpihan material yang digulung oleh pusaran angin setinggi lebih dari 10 meter itu.


​​​​Penguatan peran pemda

Pemerintah daerah (pemda) sebagai pihak yang paling memahami karakteristik sosial-ekologis wilayahnya, memiliki peran penting dalam merumuskan strategi mitigasi dan penanggulangan bencana yang tepat.

Strategi itu, termasuk bagaimana menangani sikap masyarakat yang acapkali tak mengindahkan peringatan, seperti apa yang terjadi dalam peristiwa yang terjadi di Sulawesi Selatan dan Jawa Barat.

Peran vital pemda itu makin diperkuat dengan data historis yang menunjukkan bahwa Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan adalah daerah yang langganan mengalami bencana itu.

Jika di telisik 10 tahun ke belakang, bahkan Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, menjadi empat provinsi terbanyak yang mengalami dampak cuaca ekstrem berujung bencana serupa.

Terhitung sejak periode 2014-2023 tercacat 2.361 peristiwa kebencanaan melanda Jawa Tengah, kemudian Jawa Barat 2.245 peristiwa, Jawa Timur 1.320 peristiwa, Sulawesi Selatan 651 peristiwa. Jumlah korban jiwa terdampak terbesar mencapai 15.141 orang, sebanyak 9.052 rumah warga rusak.

"Ketika sudah mengetahui kejadian bencana masa lalu, mestinya pemda tahu bagaimana mitigasi bencana yang lebih tepat di masa depan, dan pusat memastikan dukungan," kata Abdul.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang semestinya dilakukan demi keselamatan masyarakat dari dampak bencana alam di daerah.

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan mengatakan bahwa semua bisa di mulai dari hal sederhana yakni menggiatkan pemberian literasi dan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, khususnya di daerah rawan bencana.

Belajar dari pengalaman ini agaknya pemberian literasi seputar kebencanaan bukan hanya melalui kecanggihan teknologi digital, tapi perlu kembali ada interaksi sosialisasi tatap muka.

Walaupun sederhana, tapi upaya ini porsinya penting untuk dilakukan, sehingga masyarakat bisa benar-benar memahami potensi atau ancaman yang ada.

Pemerintah pusat melalui BNPB siap memfasilitasi dukungan manakala pemda kesulitan finansial untuk melakukan simulasi, edukasi di sekolah, dan kampanye publik yang dapat menjadi langkah awal membangun budaya siaga bencana itu.

Dana bantuan siap pakai, masing-masing senilai Rp150 juta, Rp200 juta, hingga Rp300 juta akan digelontorkan untuk mempercepat penanggulangan dampak bencana, seperti yang sudah dilaksanakan dua bulan terakhir ini.

Kemudian naik pada level yang serius; upaya mitigasi meliputi pembangunan sistem drainase memadai di daerah perkotaan, penerapan tata ruang, hingga mempertahankan ruang terbuka hijau dan pepohonan di daerah perbukitan terjal untuk mencegah erosi tanah dan longsor.

Bahkan penyediaan hunian layak dan aman dari terpaan banjir, tanah longsor, gempa, puting beliung sudah sepatutnya diseriuskan, demi keselamatan publik.

Berat memang, tapi seberapa pun besar uang yang siap dikeluarkan untuk penanganan tidak akan pernah cukup menggantikan kenestapaan keluarga yang kehilangan anak, sanak saudara, harta benda, dan mata pencaharian.

Dari itu mari bahu-membahu membangun Indonesia yang lebih siaga bencana, karena pada intinya bencana alam adalah kenyataan yang mesti dihadapi bersama.

Mencegah kerusakan akan selalu lebih baik dari pada memperbaiki, caranya dengan menjaga alam tetap lestari maka alam akan menjaga kita.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2024

Naga kebanggaan satu generasi

rumah mpo slot provider
Klasemen Liga Italia: Bologna nyaman di empat besar
Penyerang Bologna asal Belanda Joshua Zirkzee. ANTARA/AFP/Piero Cruciatti/am.
Jakarta (ANTARA) - Bologna semakin nyaman di empat besar klasemen sementara Liga Italia setelah mengalahkan Atalanta 2-1 pada pekan ke-27, Senin dini hari WIB. Pada pertandingan ini kemenangan Bologna hadir berkat Joshua Zirkzee dan Lewis Ferguson, sedangkan Atalanta sempat unggul terlebih dahulu melalui Ademola Lookman, demikian catatan Liga Italia. Kini Bologna menempati posisi keempat klasemen sementara Liga Italia dengan raihan 51 poin dari 27 pertandingan, sementara Atalanta di peringkat enam dengan 46 poin. Sementara itu, Juventus harus menelan kekalahan dengan skor 1-2 ketika bertandang ke markas Napoli di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Senin dini hari WIB. Hasil ini membuat Juventus gagal memangkas jarak dengan Inter Milan di peringkat pertama yang baru akan bermain Selasa dini hari WIB. Selain itu, kini Bianconeri yang berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 57 poin, hanya memiliki jarak satu poin dengan AC Milan di posisi ketiga. Berikut hasil Liga Italia pekan ke-27: Lazio 0 - 1 AC MilanUdinese 1 - 1 SalernitanaMonza 1 - 4 AS RomaTorino 0 - 0 FiorentinaVerona vs Sassuolo 1 - 0 Empoli vs Cagliari 0 - 1Frosinone vs Lecce 1 - 0Atalanta vs Bologna 1 - 2Napoli vs Juventus 2 - 1 Jadwal lanjutan pekan ke-27 Liga Italia: Selasa (5/3) Inter Milan vs Genoa 02.45 WIB

Baca juga: Gol dramatis Giacomo Raspadori menangkan Napoli atas Juventus

Baca juga: Lazio geram dapat tiga kartu merah saat ditekuk AC Milan 0-1

Baca juga: Abaikan scudetto, Milan akan fokus kejar tempat di Liga Champions Berikut klasemen sementara Liga Italia, Senin (4/3):
NoTimMainSGPoin
1Inter Milan265569
2Juventus272157
3AC Milan271956
4Bologna271751
5AS Roma271947
6Atalanta271946
7Napoli271143
8Fiorentina27942
9Lazio27340
10Torino27037
11Monza27-636
12Genoa26-333
13Lecce27-1925
14Empoli27-1925
15Udinese27-1524
16Frosinone27-2124
17Verona27-1223
18Cagliari27-2223
19Sassuolo27-2320
20Salernitana27-3314

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Forum hiburan super

slot demo m
Bagas/Fikri siap menatap tur Eropa dengan optimistis
Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri saat berlaga di pertandingan fase grup terakhir Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 di Selangor, Malaysia, Kamis (15/2/2024). ANTARA/HO-PP PBSI/am.
Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri siap menatap turnamen di tur Eropa dengan rasa optimistis.

Dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Senin, rasa optimistis tersebut datang dari persiapan yang baik dengan datang lebih awal ke Prancis untuk menjajal tempat pemusatan latihan jelang Olimpiade 2024 Paris.

“Kami optimistis kami masih bisa mengejar target yang ada. Asal bisa memaksimalkan performa dengan bermain bagus di setiap pertandingan, Insya Allah kami yakin itu bisa tercapai,” kata Bagas.

“Saya, Bagas dan tim berangkat lebih awal ke Prancis sehingga penyesuaian cuaca lebih lama dan itu bagus untuk kami. Suasana latihan selama di Chambly pun sangat baik, kami sangat menikmatinya. Ini membuat kami lebih siap menghadapi pertandingan-pertandingan di tur Eropa,” ujar Fikri menambahkan.

Baca juga: Peluang Bagas/Fikri dan Leo/Daniel terbuka untuk rebut tiket Olimpiade

Bagas/Fikri yang masih dalam jalur perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris rencananya bakal berlaga di tiga turnamen beruntun yaitu French Open (5-10 Maret), All England (12-17 Maret) dan Swiss Open (19-24 Maret).

Lebih lanjut, pasangan ganda putra yang merupakan juara All England 2022 ini menjadikan fisik sebagai faktor utama untuk ditingkatkan.

“Kondisi kami semua dalam keadaan prima, kami sehat dan dan siap bertanding. Memang persiapan kami terpotong pertandingan di Kejuaraan Asia Beregu tapi selepas itu kami fokus pada pengembalian dan peningkatan fisik sebelum sekarang mematangkan sisi tekniknya,” kata Fikri.

Sementara itu, tim bulu tangkis Indonesia sendiri sudah meninggalkan kota Chambly menuju Paris pada siang tadi waktu setempat.

Pada Senin (4/3), untuk pertama kalinya, mereka akan menjajal lapangan pertandingan French Open 2024 yang juga merupakan venue dari Olimpiade mendatang, yakni Adidas Arena.


Baca juga: Tim bulu tangkis Indonesia gelar latihan perdana di Prancis

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Percetakan Tiandao

indo7bet
BMKG: Waspadai potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY
Dua anak kecil bermain air di Pantai Cemoro Sewu, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Minggu (3/3/2024), ANTARA/Sumarwoto
Pola angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi meningkatkan tinggi gelombang
Cilacap (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan maupun wisatawan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta akibat peningkatan kecepatan angin.

"Berdasarkan pengamatan, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 4-25 knot," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Senin.

Menurut dia, pola angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi meningkatkan tinggi gelombang.

Selain itu, kata dia, wilayah perairan selatan Jabar hingga DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY saat sekarang masih dipengaruhi oleh musim angin barat.

"Oleh karena itu, hari ini (4/3) kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY yang berlaku sampai dengan Rabu (5/3) dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi di wilayah Jateng
Baca juga: Tim PKM UNS ciptakan permainan edukatif mitigasi bencana

Ia mengatakan peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang di laut selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Menurut dia, wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selanjutnya, Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

"Hal itu karena berdasarkan analisis, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter berisiko terhadap perahu nelayan. Kemudian kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter berisiko terhadap tongkang," katanya.

Menurut dia, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter berisiko terhadap kapal feri serta kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter berisiko terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo serta kapal pesiar.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan maupun masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi tersebut.

"Saat sekarang memang bukan musim liburan, namun biasanya masyarakat di sejumlah daerah memanfaatkan momentum menjelang puasa Ramadhan dengan berwisata bersama keluarga, salah satunya dengan mengunjungi objek wisata pantai," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat yang berwisata ke pantai diimbau untuk tidak bermain air atau berenang terutama di wilayah pantai yang langsung terhubung dengan laut lepas agar terhindar dari risiko gelombang tinggi yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga: Operasi modifikasi cuaca di Jateng berlaku efektif tiga hari ke depan
Baca juga: BMKG: Waspadai bencana hidrometeorologi di Jateng akibat cuaca ekstrem


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024