petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

situs mantap

pola gacor princess 12Jutaan kata 59762Orang-orang telah membaca serialisasi

《situs mantap》

Moeldoko ingatkan LMKN soal transparansi royalti musik dan lagu******

Moeldoko ingatkan LMKN soal transparansi royalti musik dan lagu
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima kedatangan Ketua dan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (24/1/2024). ANTARA/HO-KSP
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) untuk lebih transparan dalam mengumpulkan dan mendistribusikan royalti penggunaan lagu dan musik.

"Ada ketidakpuasan, yakni soal tarik dan distribusi. Terkait penarikan, mereka (seniman) melihat ini belum optimal, distribusinya juga dinilai belum transparan. Jadi, ini kaitannya dengan transparansi dan akuntabilitasnya,” kata Moeldoko saat menerima kedatangan ketua dan komisioner LMKN di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu, sebagaimana siaran pers yang diterima.

Kedatangan ketua dan komisioner LMKN ke KSP terkait aduan Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) pada 28 Desember 2023.

Pada kesempatan itu, para musisi dan seniman yang dipimpin Satriyo Yudi Wahono atau populer dengan nama Piyu Padi, mengeluhkan mekanisme penarikan, pengelolaan, dan distribusi royalti yang dinilai memberatkan pihak komposer.

Baca juga: Ketua LMKN: Indonesia punya "harta karun" royalti di luar negeri

Moeldoko menekankan pentingnya LMKN melakukan pembenahan terhadap sistem untuk membangun kepercayaan, terutama untuk Sistem Informasi Lagu dan Musik (SILM).

"Ini sumber penyakitnya, jadi harus dibereskan," katanya menegaskan.

Mantan Panglima TNI itu menegaskan Kantor Staf Presiden tidak memiliki kepentingan apa pun dan tidak dalam upaya mencari-cari kesalahan.

Baca juga: LMKN berupaya transparan dan fleksibel soal royalti lagu

Kantor Staf Presiden, sambung Moeldoko, justru ingin membantu LMKN mengejar target pengumpulan, pengelolaan, dan distribusi royalti penggunaan lagu dan musik agar kesejahteraan pencipta lagu meningkat.

"Saya nggak ragu dengan LMKN. Kita punya semangat yang sama, kita tidak ingin cari kesalahan. KSP ingin membantu LMKN agar lebih produktif. Saya concernsoal ini karena berkaitan dengan penghargaan atas karya," jelasnya.

Baca juga: Kris Dayanti: Urusan royalti lagu tetap diserahkan ke LMKN

Sementara itu, Ketua LMKN Dharma Oratmangun memastikan lembaganya selalu mengedepankan keterbukaan dalam mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan royalti penggunaan musik dan lagu.

Ia menambahkan LMKN juga telah memerintahkan kepada seluruh Lembaga Manajemen Kolektif untuk menertibkan laporan keuangan pada laman masing-masing.

"Faktor transparansi masalah penting. LMKN sudah transparan, berapa yang terhimpun dan dibagi. Hanya saja kurang sosialisasi ke masyarakat," terang Dharma.

Baca juga: DJKI rangkul sejumlah pihak bahas tata kelola royalti lagu dan musik

Dharma mengakui pengelolaan royalti di Indonesia memiliki kompleksitas yang sangat tinggi. Untuk itu, LMKN akan terus mendorong LMK bersaing dalam memberikan pelayanan dan mengejar target pengumpulan, pengelolaan, dan distribusi royalti penggunaan musik dan lagu.

"Penghimpunan royalti terus meningkat. Tentunya kami (LMKN) akan terus dorong lagi peningkatan pencapaian ini," ucap Dharma.

Berdasarkan data yang dipaparkan LMKN, penghimpunan royalti pada 2023 mencapai Rp55.151.768.212, naik dari tahun 2022 sebesar Rp35.005.101.306.

"Target kami pada 2024 sebesar Rp120 miliar lebih," kata Dharma.

Baca juga: Komposer Bersatu akan buat forum diskusi bahas hak cipta dan royalti
Baca juga: Bisnis karaoke di Jakarta tergolong tidak patuh bayar royalti musik
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Tajikistan ke babak 16 besar, Qatar tutup babak grup dengan sempurna******

Tajikistan ke babak 16 besar, Qatar tutup babak grup dengan sempurna
Para pemain Tajikistan merayakan gol mereka dalam pertandingan Grup A Piala Asia 2023 melawan Lebanon di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar (22/1/2024). ANTARA/AFP/Hector RETAMAL/aa.
Jakarta (ANTARA) - Tim debutan Tajikistan resmi melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 melawan Lebanon pada partai penutup Grup A di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin, demikian catatan AFC.

Pada laga itu, Tajikistan tertinggal terlebih dahulu melalui gol Bassel Jradi pada menit ke-47. Namun, setelah itu, pertahanan Lebanon terus digempur setelah mereka bermain dengan 10 pemain akibat Kassem El Zein mendapatkan kartu merah pada menit ke-55.

Unggul dalam jumlah pemain lalu dimanfaatkan dengan baik oleh Tajikistan. Tim asuhan Peter Segrt itu kemudian membalikkan keadaan melalui dua gol di menit akhir.

Parvizdzhon Umarbaev menjadi inspirator ketika tendangan bebasnya pada menit ke-80 tak sanggup diamankan oleh kiper Lebanon Mostafa Matar. Berhasil menyamakan kedudukan kemudian membuat Tajikistan kian percaya diri untuk menutup laga dengan kemenangan.

Baca juga: Tajikistan percaya diri bisa amankan tiga poin dari Lebanon

Puncaknya, pemain pengganti Nuriddin Khamrokulov menjadi penentu kemenangan Tajiskistan setelah tandukannya yang memanfaatkan umpan Ekhson Pandzhshanbe pada menit ke-90+2 membuat Mostafa Matar memungut bola untuk kedua kalinya.

Sementara itu, sang juara bertahan Qatar yang telah memastikan satu tempat di babak 16 besar pada laga kedua mereka minggu lalu, menutup babak penyisihan grup dengan laju sempurna setelah mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar, Senin. Hassan Al-Haydos yang mencetak gol spektakuler pada menit ke-66 pada laga ini menjadi aktor kemenangan bagi tim tuan rumah.

Kekalahan ini membuat China menyelesaikan babak grup Piala Asia 2023 dengan berada di posisi ketiga klasemen dengan 2 poin dan harus menunggu hasil tim dari grup lain untuk menentukan nasib dapat lolos ke babak 16 besar sebagai empat tim sebagai peringkat ketiga terbaik.

Baca juga: Qatar melaju ke 16 besar Piala Asia setelah kalahkan Tajikistan 1-0

Klasemen akhir Grup A Piala Asia 2023 Qatar:

NoNegaraMainMenangSeriKalahPoinGolKemasukanSelisih Gol
1Qatar33009505
2Tajiskistan31114220
3China3021201-1
4Lebanon0121115-4

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Perbasi buka kesempatan 100 pebasket muda berlatih di Lithuania******

Perbasi buka kesempatan 100 pebasket muda berlatih di Lithuania
Arsip Foto - Sekretaris Jenderal Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Nirmala Dewi usai meraih penghargaan lintas Politika awards 2023 di Palembang, Jumat (22/12/2023). ANTARA/M Imam Pramana/am.
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) membuka kesempatan bagi 100 pebasket muda berusia 14 hingga 18 tahun untuk berlatih di sekolah basket di Lithuania, dalam upaya mengembangkan bola basket Tanah Air.

Perbasi akan melakukan pencarian talenta terhadap anak-anak muda ke berbagai daerah seluruh Indonesia, yaitu pemantauan pemain secara langsung oleh pelatih nasional.

“Scouting akan dilakukan selama tanggal 1 sampai 29 Februari. Kami mencari 100 pemain usia 14 hingga 18 tahun, kemudian dikumpulkan untuk diseleksi secara langsung, rencananya di Jakarta,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Seleksi nasional ini, lanjut Nirmala, rencananya dilakukan pada awal Maret. Kualitas para pemain muda ini nantinya akan dinilai langsung oleh pelatih rekomendasi federasi Bolabasket Lithuania.

“Dipilih Maret karena Lithuania fokus menyelesaikan babak kualifikasi EuroBasket Februari 2024. Setelah itu, pelatih dari Lithuania akan melakukan seleksi terhadap 100 pemain muda Indonesia,” ujar Nirmala.

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih menjelaskan bahwa dari hasil penjaringan bakat 100 pebasket muda ini akan diseleksi hingga menjadi 15 nama saja. Mereka yang terpilih adalah atlet yang memenuhi kriteria.

“Syarat utamanya adalah postur tubuh. Harus tinggi. Ini sesuai dengan hasil diskusi dengan federasi Bolabasket Lithuania,” kata Danny.

Sebanyak 15 pemain hasil seleksi ini kemudian diberangkatkan ke Lithuania untuk mendapatkan tempaan langsung dari Pelatih Lithuania. Diharapkan, mereka nanti kembali dari Lithuania bisa menjadi satu tim yang bisa menjadi andalan masa depan Indonesia.

“Para pemain ini nanti akan berada di Lithuania selama enam bulan,” terang Danny.

Danny menjelaskan, terkait usia maksimal 18 tahun yang dicari agar Perbasi memiliki stok melimpah untuk kategori usia ini. Harapannya, ke depan Perbasi bisa leluasa menghadapi berbagai ajang internasional.

“Terdekat, kita akan hadapi SEABA U-18. Jika tim ini lolos maka akan lanjut berjuang di Piala Asia,” ucap Danny.

Lebih dari itu, kebijakan batasan usia 18 tahun ini bertujuan untuk menyukseskan program regenerasi di Timnas Indonesia. "Kami berharap, langkah ini bisa menjaga performa timnas di setiap event,” lanjut Danny.

Program ini bagian dari implementasi kerja sama antara PP Perbasi dengan Federasi Basket Lithuania (LTU Basketball). Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Jakarta pada 30 Oktober 2023.


Baca juga: Perbasi tunjuk Ronny Gunawan jadi manajer Timnas Elite Putra
Baca juga: 2023, tahunnya bola basket Indonesia
Baca juga: Sekjen Perbasi raih penghargaan Lintas Politika Awards 2023
Baca juga: Perbasi segera bentuk komisi disiplin

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:hk selasa jp paus

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
permainan 77
skitoto
rupiahku ojk
selain kredivo
buku mimpi 35
rupiah77
trik menang game olympus
situs slot gacor hari
situs slot terpercaya terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek2 71
Bab 2 akun vip thailand
Bab 3 slot gacor modal receh
Bab 4 mpo99
Bab 5 situs qiu qiu terpercaya
Bab 6 jam hoki slot fafafa hari ini
Bab 7 bocoran slot gacor hari ini
Bab 8 bocoran angka jitu hk
Bab 9 pinjaman online dengan tenor panjang
Bab 10 gigaslot
Bab 11 daftar permainan slot
Bab 12 piala juara slot
Bab 13 buku mimpi joker merah 2d
Bab 14 sultan86
Bab 15 bonus new member di depan
Bab 16 cara kredit barang di akulaku tanpa dp
Bab 17 cara kredit barang di shopee
Bab 18 cicilan kredivo berapa persen
Bab 19 lslot
Bab 20 web slot terpercaya
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7006bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Dewa Badai

aquampo
Kualitas udara Jakarta semakin membaik
Ilustrasi - Warga menikmati suasana di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta. ANTARA FOTO/Agatha Olivia Victoria/sgd/hp/am.
Jakarta (ANTARA) - Kualitas udara di Jakarta pada Senin pagi semakin membaik, yakni menduduki urutan 70 besar sebagai kota dengan udara terburuk di dunia. Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06.30 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di urutan ke-61 dengan angka 53 atau masuk dalam kategori sedang dengan polusi udara PM2.5 dan nilai konsentrasi 13 mikrogram per meter kubik. Angka itu memiliki penjelasan tingkat kualitas udaranya masuk kategori sedang, yakni kualitas udaranya yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 51-100. Sedangkan kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif yakni dapat merugikan manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Baca juga: Kualitas udara Jakarta semakin membaik ke kategori sedang
Baca juga: Kualitas udara Jakarta semakin membaik dan masuk kategori sedang Lalu, kategori baik, yakni tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan ataupun nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 0-50. Kemudian, kategori sangat tidak sehat dengan rentang PM2,5 sebesar 200-299 atau kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar.

Terakhir, berbahaya (300-500) atau secara umum kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 593 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara sebagai kebijakan untuk mempercepat penanganan polusi udara.

  Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menambah sembilan stasiun pemantauan kualitas udara (SPKU) di wilayahnya sebagai upaya mempercepat penanganan polusi udara pada 2024. Kehadiran sembilan SPKU baru ini diharapkan bisa memberikan data kualitas udara yang lebih maksimal dan bisa menjadi rujukan utama semua pihak. Lalu, pada 2025 mendatang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan jumlah SPKU di wilayah Jakarta sebanyak 25 alat. Agar penerapannya maksimal, penyebaran SPKU di seluruh wilayah Jakarta ini juga didukung dengan regulasi lain yang bisa menaikkan kualitas udara Jakarta, salah satunya melalui zona rendah emisi.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024

Dunia monster

erek erek 2d 02
Halal Watch nilai Fatwa MUI munculkan kesadaran beli produk lokal
Pendiri Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah. ANTARA/Asep Firmansyah.
Fatwa MUI Nomor 83 memunculkan kesadaran masyarakat, sehingga produk lokal sudah bisa menggantikan brand global
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Advokasi Halal, Indonesia Halal Watch, menilai Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina memunculkan kesadaran dari masyarakat untuk membeli produk lokal dan yang tak terafiliasi Israel. "Fatwa MUI Nomor 83 memunculkan kesadaran masyarakat, sehingga produk lokal sudah bisa menggantikan brandglobal," kata Pendiri Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah di Jakarta, Selasa. Ikhsan mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tidak membeli produk terafiliasi Israel terlihat dari data penelitian yang dilakukan Indonesia Halal Watch pada 2023. Indonesia Halal Watch melakukan kuesioner dengan responden sebanyak 700 orang di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Dari data yang berhasil dikumpulkannya, kata Ikhsan, sekitar 87 persen responden mendukung Fatwa MUI tentang Hukum Dukungan Terhadap Palestina. Para responden juga mengubah kebiasaan belanja mereka. Jika sebelumnya membeli produk secara sembarang, kini responden akan mempertimbangkan produk tersebut apakah terafiliasi dengan Israel atau tidak.
 "Masyarakat menjadi lebih selektif dalam memilih produk setelah fatwa -terbit-," katanya. Ikhsan yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal MUI itu mengajak masyarakat tetap aktif memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel, sebagai wujud perjuangan membantu masyarakat Gaza, Palestina. "Sosialisasi gerakan boikot produk Israel dan produk terafiliasi Israel jangan kendur, harus terus menerus digelorakan," kata Ikhsan. Ikhsan mengatakan, MUI sampai saat ini aktif mengajak masyarakat menghindari produk global yang terafiliasi Israel. Hal tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan fatwa dukungan perjuangan Palestina. Gerakan boikot yang telah menjadi fenomena global tersebut melahirkan perubahan signifikan di tengah masyarakat, termasuk menguatnya preferensi atas produk-produk lokal. "Ini sesuatu yang menggembirakan, produk lokal mampu mengambil alih posisi brand-brandyang terafiliasi Israel," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024

Penyihir Serbaguna

slot gacor resmi terpercaya
Dompet seorang jurnalis raib usai debat cawapres
Situasi di depan lobi utama JCC Senayan, Jakarta usai debat calon wakil presiden, Minggu (21/1/2024) sekira pukul 23.13 WIB. ANTARA/Risky Syukur/am.
Habis doorstop Gibran. Gibran kan nyamperin para pendukung, nah saat itu tas sudah terbuka dan dompet udah hilang
Jakarta (ANTARA) - Dompet seorang jurnalis media daring bernama Bonfilio Mahendra Wahana Putra raib usai debat calon wakil presiden (cawapres) di JCC Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Putra mengatakan bahwa ia kehilangan dompet sesaat setelah melakukan wawancara dengan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di depan lobi utama JCC.

“Habis doorstop Gibran. Gibran kan nyamperin para pendukung, nah saat itu tas sudah terbuka dan dompet udah hilang,” ujarnya saat ditemui di lokasi pada Minggu malam.

Menurut Putra, ia menyimpan dompetnya di dalam tas selempangnya. Dirinya tidak menyangka dompet tersebut hilang seketika.

“Tadi memang berdiri dekat simpatisan, karena Gibran kan sempet nyamperin para relawan,” kata dia.

Dengan hilangnya dompet tersebut, Putra mengalami kerugian berupa kehilangan SIM, STNK motor, dan kehilangan uang tunai senilai Rp200-300 ribu.

“Dalam dompet ada STNK, SIM, ATM, dan uang tunai Rp200-300 ribu,” kata dia.

Kini, Putra hendak membuat laporan kahilangan ke Polsek terdekat.

"Ini baru mau buat laporan polisi," kata Putra.

Baca juga: Dewan Pers: perusahaan wajib beri perlindungan hukum wartawannya
Baca juga: Pencuri bawa kabur motor wartawan Sindo di rumah kos
Baca juga: Motor milik wartawan dibakar saat ricuh demo di DPR

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Dokter ajaib bereinkarnasi sebagai selir

338slot
Hujan turun di JCC sebelum debat cawapres dimulai
Hujan turun di Jakarta Convention Center (JCC)  sekira pukul 17.14 WIB ​​​​​​​sebelum debat calon wakil presiden (cawapres) dimulai, Minggu (21/1/2024). ANTARA/Risky Syukur.
Jakarta (ANTARA) - Hujan turun di Jakarta Convention Center (JCC)
sekira pukul 17.14 WIB sebelum debat calon wakil presiden (cawapres) dimulai pada Minggu petang.

Hujan tersebut kemudian membuat petugas keamanan yang berjaga di luar gedung merapat semakin ke arah gedung.

Pantauan di lokasi, pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md telah tiba di lokasi pukul 16.35 WIB dan terus melantunkan yel-yel masing-masing.

Sementara itu, pendukung pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies - Muhaimin baru tiba di lokasi pada pukul 17.20 WIB.

Diketahui, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.


Baca juga: "Naruto" dukung Prabowo-Gibran di debat cawapres Pemilu 2024

Baca juga: Kampanye hari ke-55, Ganjar ke Jabar dan Jatim, Mahfud fokus debat

Baca juga: Ganjar-Mahfud siap jika konflik Wadas dibahas di Debat Pilpres 2024

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Jimat kecil vitalitas

togel viral
Kamerun lolos 16 besar Piala Afrika saat Onana dicadangkan
Arsip - Penyerang Kamerun Vincent Aboubakar (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 lawan Brazil di Lusail Stadium, Doha, Qatar (3/12/2022). ANTARA/AFP/Issouf Sanogo/aa. (AFP/ISSOUF SANOGO)
Jakarta (ANTARA) - Kamerun berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023 lewat gol di menit akhir laga Grup C melawan Gambia yang membuat skor berakhir 3-2, di saat tim tersebut mencadangkan kiper Manchester United Andre Onana.

Kamerun mengamankan tempat kedua di Grup C dengan empat poin, unggul atas gol yang dicetak dari Guinea yang juga mencatatkan empat poin dan selisih gol sama-sama minus 1.

Juara Piala Afrika lima kali itu awalnya unggul lebih dulu lewat sundulan Karl Toko Ekambi di babak kedua. Umpan lambung dari N'Koudou disambut dengan baik oleh Toko Ekambi di menit 56, disertai penyelesaian sempurna untuk memecahkan gol yang kosong sejak babak pertama.

Gambia membalas lewat gol dari kaki kiri Ablie Jallow yang menerobos masuk kotak penalti untuk menyambut umpan lambung Fadera di menit 72 dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Mimpi buruk Kamerun mulai hadir di menit 85 ketika Ebrima Colley yang menerima umpan datar Ceesay menyelesaikan tendangan yang berbuah gol. Namun, harapan untuk Kamerun kembali datang dari Gambia yang melakukan kesalahan.

Gol bunuh diri James Gomez di menit 87 membuat skor kembali imbang 2-2. Niat Gomez yang ingin membuang bola dari umpan Enzo Tchato malah membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Imbang lawan Cape Verde, Mesir secara dramatis lolos ke 16 besar

Kepastian Kamerun lolos ke babak gugur dibuat oleh Christopher Wooh dengan sundulannya yang tepat sasaran di menit 90+1. Mantan pemain Besiktas Georgoes-Kevin N'Koudou menyampaikan bola dengan nyaman kepada Wooh yang menyundul dengan baik dan menempatkan bola kanan bawah gawang Baboucarr Gaye.

Pelatih Kamerun Rigobert Song tidak memasang kiper Manchester United Andre Onana pada laga kunci fase grup tersebut. Song malah mempercayakan gawang Kamerun kepada sepupu Andre Onana, yaitu Fabrice Ondoa.

Ondoa tampil bagus di babak pertama untuk melapis rekannya di lini pertahanan yang kerap kecolongan. Dia menyelamatkan lima tembakan tepat sasaran dari Gambia pada pertandingan penting tersebut.

Selanjutnya, pasukan Rigobert Song akan menghadapi Nigeria di babak 16 besar pada Minggu (28/1) dini hari.

Baca juga: Guinea Khatulistiwa dan Nigeria lolos ke babak 16 besar

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Setelah kiamat, semua manusia menjadi titik pengalaman

s68bet
Wapres Ma'ruf imbau masyarakat tak ajak anak-anak kampanye
Ilustrasi - Seorang anak melongok dari kaca di ruang khusus anak saat berlangsung kampanye calon presiden di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/2023). ANTARA FOTO/Basri Marzuki/foc.
Sebaiknya (anak-anak) jangan diajak dalam kegiatan politik dan kampanye
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat, khususnya para orang tua, untuk tidak mengajak anak-anak dalam kegiatan kampanye Pemilihan Umum 2024.

Dalam hal ini, Wapres Ma’ruf meminta seluruh elemen masyarakat memahami aturan yang tidak memperbolehkan anak-anak ikut dalam kegiatan politik apa pun, termasuk kampanye pemilu.

"Dan memang bahaya kalau ada anak dibawa untuk ikut (kampanye). Kalau terjadi apa-apa, itu kan berbahaya," ujar Wapres Ma’ruf ketika ditemui di Jakarta, Kamis.

Menurut Wapres, anak-anak yang sebetulnya masih belum mengerti soal politik, justru dapat mengalami trauma jika dilibatkan dalam kegiatan seperti kampanye pemilu.

"Sebaiknya (anak-anak) jangan diajak dalam kegiatan politik dan kampanye," tambahnya.

Baca juga: KPAI sarankan anak-anak tidak dibawa dalam kampanye Pemilu 2024

Pasal 280 Ayat (2) Huruf k Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu telah mengamanatkan bahwa pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan WNI yang tidak memiliki hak memilih.

Selain itu, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juga telah mengatur anak-anak tidak boleh terlibat dalam aktivitas politik.

Sebelumnya, anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Klaster Hak Sipil dan Kebebasan Sylvana Maria mengatakan lembaganya menerima aduan selama masa kampanye Pemilu 2024, di antaranya aduan soal anak-anak yang digunakan sebagai juru bicara calon-calon tertentu.

"Pengaduannya ada hampir 10 kasus, dilakukan baik oleh caleg maupun kelompok tim capres-cawapres. Selain itu, anak-anak juga dijadikan target antara kampanye. Jadi, kampanyenya ditargetkan kepada orang tua, tetapi anak-anak yang menjadi target dengan memberikan barang-barang yang bukan alat kampanye," papar Sylvana di Jakarta, Senin (22/1).

Baca juga: KPU ingatkan peserta pemilu tak libatkan anak-anak dalam kampanye

Kemudian, aduan paling banyak lainnya ke KPAI adalah anak-anak yang dijadikan objek politik uang, dibayar oleh para calon legislatif untuk melakukan kampanye.

Selain itu, KPAI juga menerima informasi tentang tayangan viral anak-anak yang menyampaikan pendapat mengenai calon-calon tertentu.

"KPAI beranggapan bahwa partisipasi anak harus dihormati dan dilindungi, tetapi KPAI mendorong agar partisipasi anak tetap mengacu kepada nilai-nilai etis, supaya anak-anak tetap punya ruang kebebasan berbicara, tetapi tidak bebas berbicara apa saja. Untuk itu kami mendorong agar orang-orang dewasa mendampingi anak-anak, bagaimana harus menyampaikan pendapatnya di ruang publik," jelas Sylvana.

Baca juga: Wapres Ma’ruf tegaskan dirinya tetap netral sikapi Pemilu 2024
Baca juga: Soal dugaan politisasi beras bansos, Wapres: Itu urusan Bawaslu
Baca juga: Wapres harap kampanye tidak hanya adu gimik

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024