petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo pinjaman online

rtp aurahoki 789Jutaan kata 756842Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo pinjaman online》

Kadin DKI Ungkap Pasir Laut Diekspor Sebelum Izin Jokowi: Cuannya Gede******

Menurut Ketua Kadin DKI, izin ekspor pasir laut sudah diberikan sebelum ada PP 26/2023. Ia mengatakan ekspor pasir sangat menguntungkan.
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. (iStock/seroma72)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekspor pasir laut disebut-sebut telah dilakukan sebelum Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Menurut Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi, sejumlah pengusaha telah diberikan izin, tetapi ekspor dibatasi.

"Kemarin sebelum dibuka ekspor pasir laut ini banyak teman-teman pengusaha sudah terima IUP (izin usaha pertambangan), memang dibatasi. Jadi sebenarnya sudah ada ekspor itu, cuma dibatasi," ujar Diana di The Sultan Hotel Jakarta, Rabu (31/5).

"Sudah banyak teman-teman yang sudah mengeluhkan mereka sudah punya IUP-nya, punya surat-surat semua tapi mereka dibatasi ekspornya," jelas dia.

"Kenapa enggak dibuka (ekspor pasir laut)? Gitu kan. Pemerintah mendengar aspirasi ini. Tapi sekarang akhirnya banyak yang komentar bahwa ini nanti mempengaruhi dengan kita punya produk di dalam sendiri seperti apa," lanjut dia.

Ia menyebut pengusaha kini masih menunggu kajian lebih lanjut terkait pembukaan ekspor pasir laut.

Lihat Juga :
Menteri KKP: Pengerukan Sedimentasi untuk Reklamasi IKN-Dalam Negeri

Ia menilai ekspor pasir laut memang saat diminati karena menghasilkan keuntungan yang besar bagi pengusaha.

"Nah, ini yang mudah-mudahan nanti bisalah dengan pengusahanya sendiri dengan pemerintah apa yang menjadi kajiannya, kenapa sekarang dibuka bebas itu, kita lihat saja," kata Diana.

"Cuannya gede," imbuhnya.

Presiden Jokowi mengizinkan ekspor pasir laut dengan meneken Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam Pasal 6 beleid tersebut, Jokowi memberikan ruang untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut.

Kemudian, pada Pasal 8, Jokowi mengatur sarana yang bisa digunakan untuk membersihkan sedimentasi itu adalah kapal isap. Kapal isap tersebut diutamakan berbendera Indonesia.

Lihat Juga :
Sejarah Kelam Ekspor Pasir Laut RI, Pulau Hilang Demi Singapura

Apabila tidak tersedia, Jokowi mengizinkan kapal isap asing untuk mengeruk pasir di Indonesia.

Dalam Pasal 9, Jokowi mengatur pasir laut yang sudah dikeruk boleh dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, yaitu reklamasi di dalam negeri, pembangunan infrastruktur pemerintah, pembangunan prasarana oleh pelaku usaha, dan ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(pop/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Link dan Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2023******

Cek hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa dilakukan langsung di situs resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN pada awal Juni ini.
Cek hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa dilakukan langsung di situs resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN pada awal Juni ini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Cek hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa dilakukan langsung di situs resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMNpada awal Juni ini.

FHCI BUMN selaku penyelenggara rekrutmen mewanti-wanti peserta agar tak tertipu dengan modus penipuan yang mengatasnamakan Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Hasil RBB 2023 bisa diakses langsung melalui situs rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan masuk ke akun peserta dan menuju ke menu 'Lamaran'. Setidaknya ada tiga ciri utama pengumuman palsu.

Kedua, peserta diminta melakukan pembayaran tiket pesawat dan diberikan janji bahwa semua biaya akan diganti alias direimburse di kemudian hari.

Ketiga, FHCI BUMN meminta peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2023 mewaspadai pengumuman dengan logo buram atau kabur pada kop surat.

"Setiap tahapan tidak dipungut biaya! Informasi resmi terkait Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 hanya disampaikan melalui akun @kementerianbumn dan @FHCI.BUMN," tulis akun Instagram resmi FHCI BUMN, dikutip Selasa (6/6).

Pengumuman hasil RBB 2023 memang dinanti para peserta, pasalnya jadwal tes online tahap pertama bakal digelar pada 12 Juni-21 Juni 2023. Dengan begitu, hasil seleksi administrasi bakal diumumkan sebelum 12 Juni yang bisa dicek peserta tes secara berkala di situs dan akun media sosial resmi FHCI BUMN.



Setelah hasil pengumuman seleksi administrasi, masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui peserta. Berikut jadwal dan tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

1. Registrasi dan Seleksi Administrasi
Tahap registrasi ini sudah ditutup, yakni meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN pada 11-20 Mei 2023. Peserta tinggal menunggu pengumuman pada awal Juni ini.

2. Tes TKD dan Akhlak (Tes Online Tahap I)
Tahap kedua ada Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Akhlak dengan pembobotan TKD 40 persen dan akhlak 60 persen.

Tes TKD dan Akhlak dilakukan pada 12 Juni-21 Juni 2023 yang hasilnya bakal diumumkan pada Juli nanti.

3. Tes Bahasa Inggris (Tes Online Tahap II)
Tahap ketiga adalah tes kemampuan berbahasa Inggris. Peserta RBB 2023 harus mencapai skor yang ditentukan yaitu >450 dan mendapat ranking sesuai ratio.

Tes Bahasa Inggris dijadwalkan pada 20 Juli hingga 22 Juli mendatang yang hasilnya akan diumumkan pada Agustus 2023.

4. Tes oleh BUMN
Para peserta akan mengikuti tes yang diadakan oleh BUMN pada tahap keempat. Tahap ini digelar pada 9 Agustus-24 Agustus 2023 dengan rincian sebagai berikut:

- Tes Kompetensi Bidang
- User interview
- Sosmed Analytic & Digital
- Mindset
- Medical Check Up (MCU)

5. Pengumuman Final
Tahap kelima adalah pengumuman berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN. Nantinya, pengumuman final akan di-input melalui sistem sekitar pertengahan Agustus 2023.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Phil Knight, Bergelimang Harta Rp604 T dari Sepatu Nike******

Phil Knight, sosok di balik keberadaan Sepatu Nike menjadi salah satu orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan tembus Rp604 triliun.
Phil Knight, sosok di balik keberadaan Sepatu Nike menjadi salah satu orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan tembus Rp604 triliun. (Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bagi kebanyakan orang, sepatu Nikemungkin tidak terlalu asing terdengar di telinga.

Tetapi, berbeda hal dengan nama Phil Knight. Banyak orang mungkin dan pasti sangat asing dengan nama ini.

Padahal, Phil Knight merupakan nama yang cukup berperan besar di balik kemunculan sepatu Nike.

Mengutip berbagai sumber, Phil Knight mempunyai nama lengkap Philip Hampson Knight. Ia lahir Portland, Oregon, AS pada 24 Februari 1938 lalu dari keluarga pengacara yang bekerja menjadi penerbit surat kabar.

Dengan kata lain, kini Knight saat ini sudah berusia 85 tahun. Knight kecil dibesarkan di Eastmoreland dan bersekolah di Cleveland High School. Di sekolah ini, ia terbentuk.

Hal itu terjadi usai ayahnya menolak memberikan pekerjaan liburan musim panas kepadanya dengan alasan; percaya bahwa anaknya bisa mencari pekerjaan sendiri.

Karena penolakan itu, Knight remaja pergi ke Oregonian untuk bekerja menjadi pegawai pembuat tabulasi skor olahraga.

Lihat Juga :
TAIPANShunsaku Sagami, Miliarder Baru Jepang Berharta Rp14,6 T

Demi pekerjaannya itu, setiap pagi ia harus lari sejauh tujuh mil. Kebiasaan itu membuatnya bercita-cita menjadi atlet lari.

Untuk mewujudkan cita-citanya, ia bergabung dengan tim lari. Di tim itu, ia dilatih Bill Bowerman.

Bowerman adalah pelatih tim lari olimpiade AS. Bowerman melatih banyak juara olimpiade dan dunia dan karena itu ia dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik sepanjang sejarah.

Kebersamaan dengan Bowerman dan Knight inilah yang kemudian melahirkan sepatu Nike. Semua berawal dari rasa putus asa Bowerman terhadap kualitas sepatu lari yang tersedia untuk para atletnya di akhir 1950-an.

Lihat Juga :
Mengenal Nassim Road, Tempat Taipan RI Beli Rumah Rp2,3 T di Singapura

Ketika dipakai, sepatu itu sering membuat kaki penggunanya lecet. Hal itu mendorongnya untuk membuat sendiri sepatu lari. Ia bereksperimen membuat desain dan sepatu yang lebih nyaman dan ringan bagi pelari.

Dan hasilnya luar biasa, sepatu nyaman digunakan.

Dari situlah kemudian muncul niat bisnis dari Bowerman untuk bermitra dengan Knight supaya produksi sepatu yang dia rancang bisa ditingkatkan dan dipasarkan.

Keduanya sepakat masing-masing berinvestasi US0 untuk memulai bisnis sepatu yang mereka beri merek Blue Ribbon Sport. Selanjutnya, mereka berbagi tugas. Bowerman bertugas mendesain sepatu. Sementara Knight bertugas mencari sepatu yang nyaman dan memasarkannya.

Lihat Juga :
TAIPANMa Huateng, Sang Raja Gim Berharta Rp552 T dari China

Demi mewujudkan itu, Knight berkeliling dunia mencari perusahaan pembuat sepatu berkualitas untuk kemudian dijadikan mitra.

Berlabuhlah dia di Kobe Jepang. Di sana ia tertarik dengan kualitas produk merek Tiger yang diproduksi oleh Onitsuka Co. Knight berhasil mendapatkan hak distribusi sepatu tersebut untuk Amerika Serikat bagian barat.

Terjalinlah kerja sama antara ia dan Onitsuka. Kerja sama berbuah sukses. 

Desain dan kualitas sepatu yang lebih baik dibanding produk yang beredar di pasar Amerika saat itu, membuat bisnis Bowerman dan Knight laris manis.

Lihat Juga :
TAIPANSulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal

Produk sepatu Blue Ribbon Sport yang tadinya hanya dirancang untuk atlet lari kemudian mereka kembangkan, termasuk untuk kebutuhan fesyen.

Setelah sukses itu, Knight yang awalnya hanya menjadikan bisnis sepatu sebagai pekerjaan paruh waktu akhirnya meninggalkan posisinya sebagai seorang akuntan.

Ia fokus membesarkan Blue Ribbon Sport bersama dengan Bowerman. Atas saran dari karyawan pertama Blue Ribbon, Jeff Johnson, Knight dan Bowerman kemudian mengganti merek Blue Ribbon Sport menjadi Nike.

Merek Nike diambil dari nama dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Knight sebenarnya tak menyukai nama itu.

Tapi, keyakinan bahwa merek itu akan membawa kesuksesan akhirnya membuatnya menerima merek itu. Akhirnya, pada 1971 nama Nike resmi meluncur. Dan benar saja, naluri Knight soal nama Nike terbukti.

Lihat Juga :
TAIPANChalerm Yoovidhya, Raja Minuman Berenergi Dunia Berharta Rp406 T

Sejak memakai nama Nike, penjualan sepatunya menjadi meledak. Imbasnya, pada 1980, Nike berhasil tumbuh menjadi perusahaan sepatu besar.

Mereka menguasai 50 persen pangsa pasar sepatu atletik di AS. Mereka juga go global.

Sepanjang 1980 an, Nike terus memperluas produknya tak hanya untuk lari saja, tapi juga untuk seluruh cabang olahraga.

Lihat Juga :
TAIPANMeg Whitman, Wanita Tangan Besi Sukses Berharta Rp42,5 T

Nike terus membesar bahkan mampu mengakuisisi sejumlah perusahaan. Salah satunya; perusahaan sepatu kets, Converse dengan harga US9 juta.

Kesuksesan dalam membangun Nike itu membuat kekayaan Knight melesat. Forbes mencatat kekayaan Knight tembus US,7 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp14.848 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp604,32 triliun.

Kekayaan itu membuatnya menjadi orang terkaya nomor 27 dunia pada Februari 2023 kemarin.

Dermawan Paling Dermawan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:kediritoto

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
kredit di lazada tanpa dp
cara pinjam uang di flip
cara hutang di shopee paylater
garuda 89 slot
slot gacor 4d 2022
situs online gacor
mahjong ways demo mokapog
gampang menang123
voucher indomaret gratis
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot paling ampuh
Bab 2 mpoad
Bab 3 cara dapat uang dari populix
Bab 4 togel gacor
Bab 5 trik dapat joker 5
Bab 6 bonus new member 100 di awal to kecil
Bab 7 rumah gacor slot
Bab 8 pinjol ilegal cepat cair dan mudah 2021
Bab 9 prediksi kentucky eve togel hari ini
Bab 10 cara bikin akun kredivo
Bab 11 jaya77 slot
Bab 12 buku mimpi 03
Bab 13 pinjol cair ke e wallet dana
Bab 14 bet365slot
Bab 15 wbo777
Bab 16 cheat pola maxwin
Bab 17 link slot admin
Bab 18 cek saldo kredivo
Bab 19 neko4d
Bab 20 rtp daget77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7515bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Bertarung di langit

royalspin
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara terkait dua pesawat asing terparkir di Bandara Kertajati, Jawa Barat, sekitar setahun lebih.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara terkait dua pesawat asing terparkir di Bandara Kertajati, Jawa Barat, sekitar setahun lebih. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara terkait dua pesawat asingterparkir di Bandara Kertajati, Jawa Barat, sekitar setahun lebih.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati membenarkan bahwa memang kedua pesawat asing tersebut ada sejak tahun lalu di Kertajati. Namun, secara legal alias sudah mendapatkan izin.

Menurutnya, izin diajukan oleh PT Jasa Angkutan Semesta (JAS) dalam rangka pemeliharaan (maintenance) oleh GMF Aero Wisata (GMF).

Adita menjelaskan kedua pesawat tersebut adalah pesawat sipil Perancis tipe A340-200 dengan kode registrasi F-HFDD dan F-HLMG. Kedua pesawat telah berada di Bandara Kertajati sejak 10 April 2022.

"Kedua pesawat sipil asing tersebut telah keluar dari wilayah Indonesia pada tanggal 23 Mei 2023 dengan tujuan Amman, Jordania (registrasi TZ-DTA dan TZ-DTC) setelah memperoleh persetujuan Flight Clearance (FC)sesuai ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Sebelumnya, sosial media dihebohkan dengan terparkirnya dua pesawat asing di Bandar Udara Kertajati, Jawa Barat, yang diperkirakan sudah lebih dari setahun.

Kabar parkirnya dua pesawat itu awalnya diunggah akun Twitter @BabakTaghvaee1 yang mengungkapkan keduanya merupakan pesawat bekas dari Angkatan Udara Prancis dengan tipe Airbus A340-212.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Mahkota Keheningan

slot indo gacor
PT Pelindo Sub Regional Kalimantan buka suara soal keterlibatan mantan pekerja kontrak anak perusahaan mereka dalam penjualan senjata api ilegal.
PT Pelindo Sub Regional Kalimantan buka suara soal keterlibatan mantan pekerja kontrak anak perusahaan mereka dalam penjualan senjata api ilegal. (Arsip Polda Bengkulu).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pelindo Sub Regional Kalimantan buka suara soal keterlibatan mantan pekerja kontrak anak perusahaan mereka dalam penjualan senjata api ilegal.

Deputi Manager Umum, Humas dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Suprayogi Sumarkan melalui keterangan tertulis yang dikutip dari Antara, Rabu (7/6) mengatakan telah mendapatkan informasi dari polisi soal keterlibatan itu. 

"Pelindo sangat menyesalkan salah satu mantan pekerja di anak perusahaannya yang terlibat perbuatan melanggar hukum," katanya.

Suprayogi berjanji bersikap kooperatif dan terbuka, serta mendukung aparat kepolisian memproses hukum terduga pelaku jual beli senjata api.

"Terkait dengan ditemukan barang bukti di kantor Pelindo, pihak Pelindo menyerahkan pengusutan kepemilikan barang bukti tersebut kepada pihak kepolisian," ucap Suprayogi.

Suprayogi pun menyebutkan manajemen Pelindo akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan apabila ditemukan keterlibatan pekerja aktif memiliki maupun bisnis senjata api.

Polres Banjarbaru menetapkan TS (29) sebagai tersangka jual beli senjata ilegal. Ia diduga memesan senjata api lewat kargo Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Minggu (4/6).

Kasus senpi ilegal tersebut berawal dari temuan Airsoft Gun jenis FN tanpa dilengkapi magasin melalui kargo Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Polisi yang dihubungi petugas bandara langsung menelusuri terhadap pemilik Airsoft Gun yang dipesan secara ilegal melalui daring.

[Gambas:Video CNN]

Hasilnya, petugas Polres Banjarbaru meringkus TS sebagai pemilik senjata di Banjarmasin dan menemukan satu pucuk senpi revolver jenis S&W kaliber 38 Sp dan lima amunisi saat menggeledah rumahnya di Desa Manarap Tengah, Kabupaten Banjar.

Kemudian, polisi menemukan satu pucuk senjata laras panjang dan ratusan amunisi di Desa Semangat Dalam, Kabupaten Barito Kuala.

Selain itu, petugas menyita barang bukti satu bazoka untuk peluncur roket anti-tank di Kantor Pelindo Banjarmasin.

Lihat Juga :
Harga Emas Antam Lesu ke Rp1,06 Juta Hari Ini
(agt/dzu)

Reinkarnasi pesawat

bocoran admin bagus
BEI telah memanggil jajaran direksi Waskita Karya dan Wijaya Karya untuk mengklarifikasi dugaan manipulasi laporan keuangan.
BEI telah memanggil jajaran direksi Waskita Karya dan Wijaya Karya untuk mengklarifikasi dugaan manipulasi laporan keuangan. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memanggil jajaran direksi PTWaskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya(Persero) Tbk atau WIKA untuk mengklarifikasi dugaan manipulasi laporan keuangan.

"Informasi sudah kami peroleh. Satu, lewat ketemu langsung dengan jajaran direksi (Waskita dan WIKA). Kedua, kami sudah mengirimkan inquiry(pertanyaan). Biarkan mereka mendapatkan kesempatan untuk mengklarifikasi ini. Tentu bukan perusahaan saja, kami juga memanggil pihak terkait," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di BEI, Jakarta Selatan, Rabu (7/6).

Namun, Nyoman mengatakan belum bisa membuka apa hasil pertemuan dengan jajaran direksi Waskita dan WIKA tersebut. Menurutnya, saat ini proses klarifikasi masih berlangsung.

"Enggak, engak arah ke sana (sanksi), kan prosesnya masih berjalan. Jangan ke sana dulu, lebih baik tunggu dulu saja. Jangan berandai-andai," tegas Nyoman.

Nyoman juga menolak mengamini apakah selama ini laporan keuangan Waskita dan WIKA terbukti janggal. Ia meminta seluruh pihak menunggu keterangan resmi perusahaan atas penyelidikan BEI tersebut.

"Saya enggak boleh ke substansi karena ini masih dalam proses. Onceada informasi yang nanti perlu mereka sampaikan, semua itu akan disampaikan lewat website kami. Jadi, bisa dibaca apa yang kami lakukan, apa yang kami emphasizing, substansi apa yang menjadi pertanyaan kami di bursa. Nanti akan ada di tanggapan mereka," tutup Nyoman.

Dugaan manipulasi laporan keuangan Waskita dan WIKA ini dihembuskan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Ia menyampaikan kecurigaan tersebut di depan Komisi VI DPR RI.

Tiko, sapaan akrabnya, mengatakan dua BUMN karya itu selalu mengklaim untung dalam laporan keuangannya. Padahal, cash flowperusahaan tidak pernah positif.

"Sebenarnya ini apakah memang pelaporan keuangan selama ini riil atau jangan-jangan perlu restatement karena selama ini laporan keuangannya tidak riil. Ini kami akan ada restatement," ungkapnya dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

Tiko menegaskan saat ini pihaknya tengah melakukan investigasi bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait manipulasi laporan keuangan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Kelahiran kembali game online: Lubang Dewa Susu Beracun

cara pinjam uang di bank bni tanpa jaminan
IHSG ditutup di level 6.633 pada Rabu (31/5). Indeks saham melemah 3,16 poin atau minus 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.633 pada Rabu (31/5). Indeks saham melemah 3,16 poin atau minus 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.633 pada Rabu (31/5). Indeks saham melemah 3,16 poin atau minus 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp29,52 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 75,58 miliar saham. Nilai transaksi ini meningkat ketimbang hari sebelumnya yang hanya 20,87 miliar saham senilai Rp9,23 triliun.

Pada penutupan kali ini, 152 saham menguat, 419 terkoreksi, dan 171 lainnya stagnan. Terpantau sembilan dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor energi yang loyo 2,09 persen.

Tak jauh beda, bursa saham Eropa kompak kebakaran. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,38 persen, indeks CAC 40 di Prancis anjlok 0,74 persen, dan indeks DAX di Jerman amblas 0,43 persen.

Sedangkan bursa Amerika ditutup bervariasi. Indeks S&P 500 stagnan, indeks NYSE minus 0,56 persen, dan indeks NASDAQ Composite naik 0,32 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Kemanusiaan Meningkat

erek 65 2d
Anak Usaha Disney, Walt Disney's (DIS.N) Pixar Animation Studios melakukan PHK terhadap 75 karyawan mereka, termasuk dua di antaranya eksekutif perusahaan.
Anak Usaha Disney, Walt Disney's (DIS.N) Pixar Animation Studios melakukan PHK terhadap 75 karyawan mereka, termasuk dua di antaranya eksekutif perusahaan. Ilustrasi animasi produksi Disney Pixar. (Dok. Pixar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anak Usaha Disney, Walt Disney's (DIS.N) Pixar Animation Studios melakukan PHKterhadap 75 karyawan mereka, termasuk dua di antaranya eksekutif perusahaan.

Mengutip Reuters, Senin (5/6), PHK signifikan pertama dalam satu dekade terakhir ini disampaikan oleh sumber yang tahu persis dengan masalah itu.

PHK tersebut salah satunya menimpa sutradara 'Lightyear' Angus MacLane, animator 26 tahun yang merupakan bagian dari tim kreatif senior pada film-film terkenal seperti 'Toy Story 4' dan 'Coco'.

MacLane dan Susman tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar atas kabar PHK itu. Tak hanya mereka berdua, Wakil Presiden Publisitas Disney Pixar Michael Agulnek juga di-PHK.

Sebelumnya Kepala Eksekutif Walt Disney Bob Iger mengatakan PHK yang berlangsung 23 Mei adalah bagian dari rencana perusahaan untuk menghilangkan 7.000 pekerja dan memangkas biaya US,5 miliar atau Rp81,8 triliun (Kurs Rp14.887 per dolar AS).

Selain PHK pihaknya juga akan melakukan restrukturisasi dengan menggabungkan grup film dan televisi menjadi satu unit hiburan Disney dan menghilangkan divisi yang bertanggung jawab atas distribusi.

Meskipun kecil dibandingkan dengan basis karyawan Pixar yang berjumlah sekitar 1.200, PHK tersebut terkenal karena studio tersebut adalah kekuatan kreatif yang menghasilkan waralaba dan karakter yang mendorong pendapatan di seluruh Disney.

[Gambas:Video CNN]



(agt/dzu)

Hiburan panjang umur

bonus new member 100 to x5
Menteri KKP mengatakan izin eksploitasi dan ekspor pasir laut ditentukan tim kajian. Ia mengajak Walhi hingga Greenpeace terlibat dalam tim ini.
Menteri KKP mengatakan perizinan eksploitasi dan ekspor pasir laut sedimentasi ditentukan tim kajian. Ia mengajak Walhi hingga Greenpeace terlibat dalam tim ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan perizinan eksploitasi dan ekspor pasir lautsedimentasi ditentukan tim kajian. Ia mengajak Walhi hingga Greenpeace terlibat dalam tim ini.

Ia menyebut tim kajian ini beranggotakan beberapa unsur antara lain Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), akademisi dan aktivis lingkungan. Tim ini akan memutuskan pasir laut yang akan diekspor itu hasil sedimentasi atau bukan.

"Tim kajian ada unsur KLHK, ESDM, unsur perikanan, BRIN, ada Walhi. Kalau mereka mengatakan ini sedimentasi boleh, baru saya izinkan. Kalau tidak ya enggak,"  katanya saat konferensi pers di kantornya, Rabu (31/5).

Selain mengantongi restu tim kajian, pengerukan pasirnya pun tidak boleh sembarangan. Wahyu mengatakan prosesnya menggunakan teknologi khusus.

Menurutnya, pasir laut hasil sedimentasi boleh digunakan untuk kepentingan dalam negeri. Kalau kepentingan dalam negeri sudah terpenuhi, barulah pasir tersebut boleh diekspor, termasuk ke Singapura.

"Perlakuannya sama, di dalam negeri kalau dia menggunakan pasir sedimentasi dia harus bayar PNBP, begitu juga ekspor. Dia juga harus dikenakan PNBP dan PNBP-nya lebih tinggi," katanya.

Ia menambahkan PNBP tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan sektor kelautan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan ekspor pasir laut lagi. Izin tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam Pasal 6 beleid tersebut, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut. Dengan alasan mengendalikan sedimentasi itu, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk membersihkannya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)