petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

khusus slot

erek erek 2angka 90Jutaan kata 660950Orang-orang telah membaca serialisasi

《khusus slot》

Daftar Jam Operasional LRT Jabodebek******

Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Berikut jam operasionalnya.
Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (28/8) kemarin. Masyarakat pun sudah bisa menjajal moda transportasi ini.

Adapun jalur yang diresmikan terdiri dari dua rute, yakni Cibubur melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total 18 stasiun menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Untuk tahap awal, jam operasional LRT Jabodebek masih terbatas. Mengutip akun Instagram resmi @lrt_jabodebel, moda transportasi tanpa masinis ini beroperasi mulai pukul 05.09 WIB sampai dengan 18.39 WIB.

Jadwal keberangkatan awal LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Harjamukti: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 05.00 WIB-05.55 WIB
- Dukuh Atas-Jati Mulya: 05.58 WIB-06.54 WIB

Jadwal keberangkatan terakhir LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Jati Mulya: 18.58 WIB-19.54 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 18.00 WIB-18.55 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 17.49 WIB-18.39 WIB
- Dukuh Atas-Harjamukti: 17.49 WIB-18.39 WIB

Lihat Juga :
LMAN Gelontorkan Rp1,3 T untuk Bebaskan Lahan Proyek LRT

Sebagai catatan, untuk sementara Stasiun Halim belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang.

Jadwal keberangkatan di atas masih bisa berubah. Sebab, pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Pada tahap awal, masyarakat bisa menjajal dengan tarif promo Rp5.000 hingga September.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan tarif promo ini diberikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Cara dan Tahapan Naik LRT Jabodebek

"Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi," kata Adita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8) lalu.

Adita menerangkan pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

"Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023, yaitu sebesar Rp66 miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana," ujarnya.

Setelah itu, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh dan di bawah Rp20 ribu untuk selain jarak terjauh. Skema ini mulai berlaku pada awal Oktober sampai akhir Februari 2024.

Tarif LRT Jabodebek sendiri sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan bertambah sebesar Rp700 per km selanjutnya. Besaran tarif itu telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

KTT Asia Timur Sepakat Perkuat Ketahanan Pangan******

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur atau East Asia Summit (EAS) ke-18 menghasilkan sejumlah keputusan, termasuk di bidang ketahanan pangan.
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur atau East Asia Summit (EAS) ke-18 menghasilkan sejumlah keputusan, termasuk di bidang ketahanan pangan. Ilustrasi. (Asep Fathulrahman/Antara Foto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur atau East Asia Summit (EAS) ke-18 menghasilkan sejumlah keputusan, termasuk di bidang ketahanan pangan. Keputusan itu tertuang dalam Chairman's Statement of The 18th East Asia Summit.

KTT EAS 2023 kembali menegaskan komitmen untuk menerapkan Deklarasi EAS 2013 untuk menjajaki cara-cara meningkatkan tingkat kerja sama ketahanan pangan di negara-negara yang tergabung di dalamnya.

EAS juga menekankan perlunya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi melalui implementasi Kerangka Kerja Ketahanan Pangan Terintegrasi ASEAN (AIFS) yang baru dan Rencana Aksi Strategis Ketahanan Pangan (SPA-FS) 2021-2025.

EAS juga mendukung Rencana Aksi ASEAN tentang implementasi Pedoman Regional ASEAN tentang pertanian berkelanjutan yang akan mengidentifikasi langkah-langkah praktis dan konkrit dalam memperkuat rantai pasok pangan dan sistem logistik lokal, regional, dan global. Kemudian menjamin ketahanan pangan dan gizi regional dan global.

"Kami juga mencatat yang sedang berlangsung perayaan Tahun Millet Internasional," bunyi pernyataan tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN menghasilkan manfaat ekonomi termasuk 93 proyek senilai US,2 miliar.

Ia menyebut keputusan yang dihasilkan meliputi deklarasi east leaders mengenai epicentrum of growth, pengembangan ekosistem kendaraan listrik, percepatan cross border paymentdan local currency transaction.

"Ini konkret menghasilkan 93 proyek senilai US,2 miliar. Ini adalah kerja konkret yang bermanfaat untuk rakyat," kata Jokowi dalam konferensi pers di Jakarta Convention Centre, Kamis (7/9).

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Mengapa TikTok Shop Bisa Membunuh UMKM Indonesia?******

TikTok Shop dituding menjadi biang kerok kebangkrutan banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Berikut alasannya.
TikTok Shop dituding menjadi biang kerok kebangkrutan banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Ilustrasi. (AFP/OLIVIER DOULIERY).
Jakarta, CNN Indonesia--

TikTok Shop dituding menjadi biang kerok kebangkrutan banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Bahkan, e-commerce yang menyatu dengan media sosial itu bikin pemerintah merevisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Elektronik (PPMSE). Revisi ini diyakini bisa menjadi salah satu tameng menghalau 'racun' TikTok Shop.

Berbagai pihak juga kompak mengeluhkan eksistensi TikTok Shop di Indonesia, mulai dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki hingga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Bahkan, fenomena TikTok Shop membuat para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat menjerit.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border.Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

Dugaan Project S TikTok 'Curi' Rp428 Triliun dari RI

Project S TikTok santer di kancah global. Akal bulus TikTok ini juga disebut menjamah Indonesia, di mana memuluskan perdagangan lintas batas aliascross border.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada 21 juta UMKM lokal yang sudah terjun ke marketplace. Namun, pedagang lokal tetap kalah saing dengan banjir barang impor.

Lihat Juga :
ANALISISKonflik Rempang di Tengah Urgensi Kelanjutan Investasi Asing

Teten menyebut algoritma TikTok bisa membaca kebiasaan penggunanya. Pada akhirnya, media sosial China itu berbuah data yang digunakan untuk menggambarkan keinginan konsumen di Indonesia.

"Sehingga dia bisa memberikan informasi kepada produsen UMKM di China yang mau masuk ke Indonesia, sehingga ini suatu ancaman. Karena itu ancaman bagi UMKM. Kita sudah perdagangan bebas, tapi saya kira setiap negara juga perlu melindungi UMKM, jangan sampai kalah bersaing," jelasnya di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Selasa (11/7).

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS Amin AK juga menyinggung Project S TikTok yang disebut racun pembunuh UMKM Indonesia. Ia mengatakan media sosial asal China itu memanfaatkan pasar Indonesia yang sangat besar untuk meraup keuntungan.

Ia menyebut manuver TikTok jelas mengancam keberlangsungan UMKM di tanah air. Pasalnya, TikTok menganalisis tren perilaku konsumen Indonesia demi keuntungan pelaku usaha Negeri Tirai Bambu.

Lihat Juga :
Profil Xinyi Group, Investor China yang Siapkan Rp381 T di Rempang

"Menurut Bank Indonesia (BI), nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp476,3 triliun pada 2022. Sayangnya, sekali lagi sayangnya, dari nilai transaksi sebesar itu, Rp428,67 triliun atau 90 persennya dinikmati produsen luar negeri, terutama China," ungkapnya di Rapat Paripurna DPR RI ke-30 Masa Sidang V 2022-2023, Jakarta Pusat, Kamis (13/7).

"TikTok menganalisis tren perilaku konsumen Indonesia, kemudian meminta UMKM China memproduksi barang yang laris di Indonesia. Lalu, produknya dipasarkan melalui Project S dengan promosi besar-besaran dan harga murah," sambung Amin.

Cara Main TikTok Shop

Terlepas dari dugaan Project S, hal yang dikeluhkan para pelaku usaha terhadap TikTok Shop adalah penggabungan media sosial dengan e-commerce dalam satu aplikasi. Dengan begitu, TikTok punya kesempatan besar mendapatkan cuan dari para pengguna aplikasinya.

Saat membuka aplikasi TikTok di smartphone, Anda akan langsung melihat salah satu menu bernama 'Shop' di pojok bawah layar. Ketika diklik, banyak produk ditawarkan, selayaknya e-commerce atau marketplace.

Lihat Juga :
Pengamat Sebut Social Commerce Bantu UMKM, Bukan Merugikan

Namun, harganya jauh dari kewajaran. Ada hoodie atau jaket senilai Rp100, tas ransel Rp2.000, hingga pashmina Rp2.000.

Penjual di TikTok Shop biasanya menjajakan dagangannya melalui fitur live. Mereka seakan memindahkan cara berdagang di pasar ke layar ponsel. Sejumlah gimik yang disajikan penjual pun seakan menghipnotis para penontonnya untuk bertahan di live tersebut, bahkan membelinya.

"Jangan lupa check out, klik keranjang kuning ya," kata-kata sakti pedagang TikTok Shop saat live.

Ketika menonton live pedagang TikTok Shop, Anda memang akan menemukan 'keranjang kuning' di pojok kiri bawah layar. Saat diklik, ada daftar barang dagangan yang dijajakan, lengkap dengan rincian harganya.

Proses pembelian produk di TikTok Shop juga mirip seperti toko online lain. Anda tinggal mengisi data diri dan alamat pengiriman sebelum membayarnya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Jerit Pedagang Tanah Abang hingga Klarifikasi Tiktok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:situs gacor slot terbaru

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
slot gampang maxwin terpercaya
slot gacor zeus gledek
pinjol pake rek dana
danamerdeka
togel 65
slot 77 online
bocoran jam gacor slot pragmatic hari ini
daftar pinjol resmi ojk 2021 bunga rendah
web slot terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 maxwin500
Bab 2 rinduslot
Bab 3 mp0 gacor
Bab 4 rajampo
Bab 5 cara cicil kredivo di shopee
Bab 6 slot gacor gampang menang 2023
Bab 7 erek erek 39
Bab 8 ibu slot
Bab 9 rtp depo89
Bab 10 pinjol bukan ojk
Bab 11 olympus slot gacor jam berapa
Bab 12 syarat pinjam di kredivo
Bab 13 bukit slot88
Bab 14 jokerbola
Bab 15 cara pinjam uang di gojek
Bab 16 erek erek 35 2d
Bab 17 bigo4d
Bab 18 jayavegas
Bab 19 idr 99 slot
Bab 20 vespa188
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4635bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Pedang melawan Surga

finmas legal atau ilegal
Taipan Terry Gou mengundurkan diri dari dewan direksi Foxconn Technology Group demi mencalonkan diri sebagai calon presiden Taiwan.
Taipan Terry Gou mengundurkan diri dari dewan direksi Foxconn Technology Group demi mencalonkan diri sebagai calon presiden Taiwan. (Basith Subastian/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Taipan Terry Gou mengundurkan diri dari dewan direksi Foxconn. Orang terkayakeenam di Taiwan itu berencana mencalonkan diri sebagai presiden di negara tersebut dalam Pilpres 2024.

Forbes mencatat saat ini Gou memiliki harta senilai US miliar atau setara dengan Rp107,4 triliun (asumsi Rp15.357 per dolar AS).

Sosok Gou dikenal secara populer sebagai Donald Trump dari Taiwan karena kesamaannya. Baik Trump maupun Gou keduanya memiliki kekayaan yang besar, kekaisaran bisnis yang berpengaruh, menikah lebih dari sekali, dan memiliki istri lebih muda.

Mengutip berbagai sumber, Gou lahir di Banqiao, Taiwan, pada 18 Oktober 1950 dengan nama asli Guo Tai-Ming.

Ayahnya adalah seorang polisi di China. Namun setahun sebelum Gou lahir, keluarganya melarikan diri ke Taiwan pada 1949 setelah Perang Saudara China.

Pasca lulus dari pendidikan perguruan tinggi hingga usia 24 tahun, Gou bekerja di pabrik karet dan pabrik obat.

Gou telah menikah dengan Serena Lin hingga memiliki dua anak, tetapi Serena meninggal pada usia 55 tahun karena kanker payudara. Ia kemudian menikah lagi dengan Delia Tseng dan dikaruniai tiga orang anak.

Lihat Juga :
TAIPANJan Koum, Keturunan Yahudi Berharta Rp232 T dari WhatsApp

Pada 1974, dengan modal US.500, Gou mendirikan perusahaannya bernama Hon Hai Precision, yang kini dikenal dengan merek dagang Foxconn.

Kala itu, perusahaan Gou hanya berkantor di sebuah gubuk dan memiliki 10 orang karyawan lanjut usia. Perusahaan ini memproduksi komponen plastik untuk pesawat televisi.

Namun, perjalanan Gou dalam menjalankan perusahaannya tak berjalan mulus.

Krisis minyak di era 1970-an dan resesi menjadi pukulan telak bagi perusahaannya karena seorang investor yang juga temannya menarik dana dan meninggalkan manajemen. Saat itu, dirinya pun pernah hidup sulit sampai tidak mampu membeli beras.

Dengan bekal uang pinjaman dari orang tuanya, Gou pun langsung memproduksi konektor untuk komponen perangkat komputer. Dia pun sering mendekati para pesaingnya demi sekedar mendapatkan nasihat.



Pada 1980-an, Gou mengembangkan bisnisnya dengan mengunjungi Amerika Serikat selama 11 bulan.

Setelah pada titik tertentu, Terry Gou akhirnya memutuskan ekspansi ke luar negeri karena ada panggilan penjualan di 32 negara bagian Amerika Serikat (AS). Pesanan itu berasal dari Compaq Computer yang sekarang dikenal HP Inc.

Hingga kemudian pada 1988, ia membuka pabrik pertamanya di China daratan, yang merupakan pabrik terbesarnya hingga saat ini.

Pada 2002, Apple menghubungi Gou untuk menggunakan produk Foxconn setelah lama tidak menemukan komponen untuk power mac G5-nya.

Kini, Foxconn mengoperasikan pabrik perakitan di China daratan untuk membuat produk khas Apple, termasuk iPhone dan iPad.

Terlebih lagi, Foxconn adalah pemberi kerja terbesar di China dengan lebih dari 1,2 juta orang bekerja untuknya secara langsung atau tidak langsung sebagai eksportir produknya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Sistem Penukaran Poin Super

jam gacor slot gatotkaca
Khusus hari ini, Selasa (22/8) struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan di seluruh tenant Trans F&B.
Khusus hari ini aja, struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan di seluruh tenant Trans F&B (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mumpung hari ini masih berlangsung Transmart Full Day Sale sampai pukul 22.00 waktu setempat, struk belanjaan dari Transmart jangan langsung dibuang, ya!

Khusus hari ini aja, Selasa (22/8) struk belanjaan dari Transmart dapat ditukar dengan voucher diskon makanan yang bisa digunakan di seluruh tenant Trans F&B.

Lihat Juga :
Pulang Kantor Mlipir Dulu ke Transmart, Mumpung Ada Full Day Sale!

Untuk kamu yang tukar struk Transmart ke The Coffee Bean and Tea Leaf, bisa klaim minuman Ultimate Aren Latte dari harga Rp33 ribu jadi Rp17 ribu.

Tukar struk Transmart ke Wendys, kamu akan mendapat paket satu ayam, satu nasi, dan minuman dari harga Rp40 ribu jadi Rp25 ribu.

Atau bisa juga tukar struk Transmart ke Warung Wardani Bali untuk klaim paket Mie Godog Bali dan es teh manis seharga Rp50 ribu jadi Rp35 ribu.

Tukar struk Transmart ke Baskin Robbins, bakal dapat Single Scoop seharga Rp65 ribu jadi Rp47 ribu.

Kalau mau tukar struk Transmart di Gyu Katsu Nikaido, kamu bisa bungkus satu porsi chicken garlic teriyaki dan tori karage dari harga Rp115 ribu jadi Rp55 ribu aja.

Bisa juga tukar struk Transmart ke Tasty Kitchen untuk mendapatkan dua steam rice, dua es teh manis, chicken chasiew honey, dan tumis brokoli dari harga Rp147 ribu jadi Rp125 ribu.

Periode penukaran struk belanja Transmart ini hanya berlangsung hari ini saja di seluruh tenant Trans F&B se-Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Berjalan-jalan dalam kiamat

rtp slot 123
Kemenhub memastikan Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) bakal beroperasi tanpa masinis alias driverless.
Kemenhub memastikan Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) bakal beroperasi tanpa masinis alias driverless. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) bakal beroperasi tanpa masinis alias driverless.

Meski begitu, akan ada petugas operasional atau train attendant yang akan menyertai dalam setiap perjalanan.

"Seterusnya selalu ada train attendant," terang Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati kepada CNNIndonesia.com,Senin (28/8).

CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis. Kereta akan tetap diawasi secara otomatis dari pusat kendali operasi.

Namun demikian, sistem otomasi masih akan mendapat perhatian dari train attendantdi dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan.

Train attendantnantinya berfungsi sebagai petugas untuk mengambil alih kereta secara manual, apabila terjadi gangguan operasional.

Lihat Juga :
Terbentang 41,2 km, LRT Jabodebek Telan Anggaran Rp32,6 T

Nantinya LRT Jabodebek akan melaju sesuai jadwal yang telah diunggah ke sistem kendali operasional. Kereta akan berjalan secara otomatis sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Sistem CBTC GoA 3 LRT Jabodebek diklaim sebagai sistem karya anak bangsa yang merupakan hasil kolaborasi antara KAI, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), dan PT INKA (Persero).

Sistem otomasi LRT Jabodebek telah memiliki dasar hukum melalui Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor 765 Tahun 2017.

Pemerintah menjamin keamanan sistem ini, sebab sudah dilindungi oleh Automatic Train Protection (ATP) serta Interlocking & Zone Controller agar tidak terjadi over speed dan jaminan pengereman yang andal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan LRT Jabodebek pagi ini. Masyarakat pun bisa menjajal transportasi publik ini mulai siang ini.

Jalur yang diresmikan terdiri dari dua rute, yakni Cibubur melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total 18 stasiun menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Alhamdulillah hari ini LRT siap dioperasikan. Baik dari Harjamukti di Cibubur. Dari Bekasi ke Jakarta. (LRT Jabodebek) sepanjang 41,2 km menghabiskan Rp32,6 triliun," ucap Jokowi di Stasiun Cawang.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Sistem pelatihan pakaian wanita

angka jitu 5d toto macau
Sejumlah raksasa real estat China berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden. Apa saja penyebabnya?
Sejumlah raksasa real estat China berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden. Ilustrasi. (REUTERS/EDGAR SU).
Jakarta, CNN Indonesia--

China tengah menghadapi krisis properti. Sejumlah raksasa real estat berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden baru-baru ini.

Padahal, sejak awal 2000-an, 'booming' sektor properti menjadi salah satu mesin pendorong ekonomi China. Setidaknya seperempat ekonomi China bergantung pada sektor properti dan turunannya.

Sektor ini juga mempekerjakan jutaan orang dan menjadi salah satu pilihan investasi bagi warganya. Tak heran, harganya terus menanjak seiring pertumbuhan populasi di wilayah perkotaan.

Apa penyebab krisis properti China?

1. China batasi utang perusahaan properti

Dilansir The New York Times, selama beberapa dekade terakhir, pemerintah China mengizinkan perusahaan properti berutang besar-besaran untuk membiayai proyeknya.

Namun, pada Agustus 2020, Beijing mengambil langkah drastis untuk mengerem gelembung sektor perumahan dengan menghentikan aliran dana murah ke perusahaan real estat.

Lihat Juga :
Aguan Cs Guyur IKN Rp20 T

Kebijakan itu dikenal dengan istilah 'tiga garis merah' (three red lines). Pertama, utang tidak boleh melebihi 70 persen aset (tidak termasuk uang muka dari proyek yang dijual berdasarkan kontrak).

Kedua, utang bersih tidak boleh lebih besar dari 100 persen ekuitas. Ketiga, cadangan uang minimal harus 100 persen dari utang jangka pendek.

2. Utang perusahaan properti menumpuk

Pembatasan utang oleh pemerintah membuat perusahaan properti China kalang kabut. Kas perusahaan seret hingga membuat sejumlah raksasa properti gagal bayar di tengah tumpukan tagihan dan utang.

Berdasarkan laporan lembaga pemeringkat Standard & Poor's, lebih dari 50 pengembang Tiongkok gagal bayar atau gagal melakukan pembayaran utang dalam tiga tahun terakhir.

Lihat Juga :
Badan Otorita Beber Sederet Insentif Bagi Investor di IKN

Pada 2021 lalu, Evergrande dilaporkan terancam gagal bayar utang. Saat itu, total utang perusahaan mencapai US0 miliar atau sekitar Rp4.725 triliun. Pada Agustus lalu, perusahaan yang memiliki 1.300 proyek real estat itu mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 15 di AS.

Kondisi gagal bayar juga dialami oleh Modern Land dengan utang US0 juta, Fantasia Holding US5 juta, Shimao Group US miliar, hingga Country Garden US1, 7 miliar baru-baru ini.

Kas perusahaan yang memburuk juga berpengaruh pada lambatnya penyelesaian sejumlah proyek apartemen. Imbasnya, penyelesaian sejumlah proyek molor. Hal itu sempat membuat ratusan ribu konsumen properti di China demo tak ingin membayar cicilan pada tahun lalu.

Dilansir Reuters, Shanghai E-House Real Estate Research Institute memperkirakan proyek-proyek yang mangkrak menyumbang 3,85 persen dari pasar perumahan China pada paruh pertama 2022, setara dengan area seluas 231 juta meter persegi.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

3. Penurunan permintaan properti usai pandemi

Sektor properti juga kesulitan untuk pulih dari pandemi covid-19. Pembelian rumah menurun. Warga mulai menahan untuk membeli properti terutama yang tujuannya untuk investasi.

Berdasarkan laporan CNN, penjualan rumah baru oleh 100 pengembang China pada Juli lalu anjlok 33 persen (yoy). Harga rumah cenderung turun seiring merosotnya minat membeli rumah di tengah naiknya angka pengangguran.

Namun, di beberapa kota di China, harga rumah masih tetap tinggi. Hal itu membuat editorial koran China, Economic Daily, meminta pemerintah harus kembali menegakkan prinsip lama tentang "rumah adalah untuk ditempati, bukan untuk spekulasi (investasi)."

"Begitu spekulasi soal harga rumah berlanjut, China mungkin akan kembali ke cerita lama yang terlalu mengandalkan sektor real estat, yang akan berdampak buruk pada pembangunan ekonomi dan sosial," tulis Economic Daily seperti dikutipChannel News Asia.

Di tengah krisis properti, Pemerintah China tahun lalu meluncurkan beberapa upaya untuk menyelamatkan sektor properti. Setidaknya ada 16 arahan internal untuk mempromosikan pertumbuhan industri yang sehat serta stabil.

Langkah ini termasuk dukungan kredit untuk pengembang perumahan yang rentan dengan utang, dukungan keuangan untuk memastikan penyelesaian dan penyerahan unit kepada pemilik rumah, serta bantuan penangguhan pembayaran pinjaman untuk pembeli rumah.

Pada Juli lalu, Bank Sentral China (PBoC) juga mengatakan akan memberi pengembang waktu 12 bulan lagi untuk melunasi pinjaman mereka yang jatuh tempo tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

rencana masa makmur

denda kredivo perhari atau perbulan
TikTok Indonesia menyayangkan larangan media sosial merangkap menjadi platform perdagangan (social commerce).
TikTok Indonesia menyayangkan larangan media sosial merangkap menjadi platform perdagangan (social commerce). (AFP/LIONEL BONAVENTURE).
Jakarta, CNN Indonesia--

TikTok Indonesia menyayangkan larangan media sosial merangkap menjadi platform perdagangan (social commerce).

Larangan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diundangkan pada Selasa (26/9).

Menurut mereka, keputusan tersebut akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliatepengguna TikTok Shop.

Namun demikian, aplikasi sosial media dari China itu akan tetap menghormati hukum dan aturan yang berlaku di Indonesia.

"Kami akan tetap menghormati peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia dan akan menempuh jalur konstruktif ke depannya," lanjutnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sendiri memberikan waktu sepekan sejak larangan berlaku untuk social commerce menutup toko dan berhenti melakukan transaksi jual-beli baru.

Lihat Juga :
TikTok Shop Punya Waktu Sepekan Buat Setop Jualan dan Layani Transaksi

"(Larangan) berlaku mulai kemarin, tapi kita memberitahukan dulu beberapa hari ini, kita surati, ya seminggu ini lah," ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan social commerce yang ingin berjualan harus memiliki aplikasi e-commerceterpisah. Pasalnya social commerce hanya boleh untuk promosi.

Lalu, aturan itu juga menetapkan harga minimum sebesar US0 per unit barang asal luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang ke Indonesia melalui platform e-commerce lintas negara (cross border). Sedangkan pedagang dalam negeri yang menjual barang impor tidak dikenakan batasan tersebut.

"Hanya untuk luar negeri saja, yang impor. (Pedagang dalam negeri) bebas berapa saja boleh," katanya.

Fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/del)

Setelah kiamat, semua manusia menjadi titik pengalaman

djrumtoto
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melaporkan total investasi untuk ekosistem kendaraan listrik di RI mencapai US miliar sepanjang 2020-2023.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melaporkan total investasi untuk ekosistem kendaraan listrik di RI mencapai US miliar sepanjang 2020-2023. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/ Kepala BKPMBahlil Lahadalia melaporkan total investasiuntuk ekosistem kendaraan listrik di RI mencapai US miliar atau setara Rp640,13 triliun (asumsi kurs Rp15.241 per dolar AS) sepanjang 2020-2023.

"Kita sudah mampu berkomunikasi dan berkomitmen dengan investor khususnya FDI (investasi asing langsung) sebesar US miliar lebih untuk ekosistem EV (electric vehicle)," ujar Bahlil dalam acara Asean Business & Investment Summit 2023 di Jakarta, Sabtu (2/9).

Dalam paparannya, ia merinci besaran investasi itu berasal dari beberapa perusahaan besar kelas internasional. Tercatat, LG Energy Solution Korea Selatan menempatkan US,8 miliar.

Selanjutnya, dari Ford Amerika Serikat sebesar US,5 miliar dan dari Volkswagen (VW) Jerman sebesar US miliar.

Menurut Bahlil, peningkatan pesat investasi ke sektor EV ini merupakan penegasan bahwa bukan lagi saatnya investor datang untuk mengeruk sumber daya alam Indonesia saja.

Ia mengatakan para investor itu berinvestasi membangun pabrik di Tanah Air. Dengan begitu, masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya.

"Negara- negara lain itu telah maju duluan dan menurut pandangan saya itu masa lalu. Dari kebesaran dunia. Namun, masa depan dunia sekarang ada pada kawasan ASEAN," tegas Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)