petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot jp789

slot pagi hari 806Jutaan kata 9209Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot jp789》

Respons Kemenhub soal KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat 80 Tahun******

Kemenhub tak akan buru-buru untuk mengabulkan permintaan KCIC agar konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditambah dari 50 tahun jadi 80 tahun.
Kemenhub tak akan buru-buru untuk mengabulkan permintaan KCIC agar konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditambah dari 50 tahun jadi 80 tahun. (REUTERS/YUDDY CAHYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak akan terburu-buru untuk mengabulkan permintaan PT Kereta CepatIndonesia China (KCIC) memperpanjang masa konsesi kereta cepatjadi 80 tahun.

"Masih dalam kajian dan pembahasan dulu. Kami tidak ingin buru-buru memutuskan (perpanjangan masa konsesi kereta cepat)," kata Juru Bicara (Jubir) Kemenhub Adita Irawati kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/12).

Kendati demikian, Adita tidak merinci butuh waktu berapa lama untuk melakukan kajian di internal Kemenhub. Apalagi, surat permohonan dari PT KCIC baru disampaikan per 15 Agustus 2022.

"Ditunggu saja ya nantinya dan kami pasti akan komunikasikan langsung ke KCIC," pungkasnya.

KCIC meminta Kementerian Perhubungan memperpanjang konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari 50 tahun menjadi 80 tahun. Permohonan perpanjangan konsesi ini telah dilayangkan KCIC lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022 ke Kementerian Perhubungan.

Hal itu disampaikan oleh Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Kamis (8/12).

"Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan berubahnya kelayakan bisnis proyek, sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," kata Risal dalam rapat.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan perpanjangan konsesi menjadi salah satu opsi yang harus diambil, mengingat situasi dan kondisi di lapangan sudah berubah.

[Gambas:Video CNN]

Ia menilai indikator-indikator investasi di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengalami banyak perubahan, yang paling kritis ialah terkait demand forecast atau proyeksi permintaan.

"Salah satunya, ya ternyata memang, berdasarkan diskusi kami dengan beberapa konsultan, kami harus meminta perpanjangan konsesi," jelasnya di Kompleks DPR RI, Kamis (8/12).

Selain itu, Dwiyana juga menyinggung soal revenue yang diharapkan dari proyek kereta cepat. Sebelumnya, penyumbang revenue berpaku pada Kawasan Berorientasi Transit (TOD). Namun, rencana itu ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penyelesaian konstruksi.

Merespons tantangan tersebut dan fakta pembengkakan biaya, Dwiyana mengatakan KCIC perlu melakukan simulasi lanjutan untuk membuat visibilitas proyek kereta cepat bisa naik kembali.

Lihat Juga :
Profil Hartono Bersaudara, Orang Terkaya Nomor Wahid di Indonesia
(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

Hey Indonesia, Jangan Mau Dikadalin Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun******

Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun.
Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta masa konsesi atau hak operasi Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) diperpanjang dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Pengajuan itu ditetapkan lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022. Di dalam surat tersebut, PT KCIC meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB.

"Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan berubahnya kelayakan bisnis proyek, sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," ungkap Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal dalam rapat dengan Komisi V DPR, Kamis (8/12).

Di dalam Perjanjian tersebut, nilai investasi yang akan dibiayai oleh KCIC sebesar US,9 miliar dengan masa konsesi 50 tahun sejak tanggal operasi prasarana/sarana. Nah, serah terima akan diberikan di akhir masa konsesi.

Ia menjabarkan tiga urgensi yang mengharuskan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun. Pertama, meningkatkan indikator kelayakan proyek KCJB dalam rangka memenuhi pendanaan pembengkakan biaya atau cost overrun, sehingga proyek dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Berdasarkan hasil kajian terbaru Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Komite KCJB per 15 September 2022, pembengkakan biaya (cost overrun) naik menjadi US,449 miliar atau Rp21,74 triliun.

Lihat Juga :
Kemenhub Belum Mau Korbankan KA Argo Parahyangan Demi Kereta Cepat

Padahal, berdasarkan perhitungan dan review BPKP pada 9 Maret 2022 pembengkakan biaya hanya sebesar US,17 miliar atau Rp17,64 triliun.

Kedua, menjaga kesinambungan proyek, sehingga dapat memaksimalkan dampak positif penyelenggaraan kereta cepat di berbagai aspek yang dapat menguntungkan pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Ketiga, untuk mewujudkan keberhasilan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sehingga dapat mempererat hubungan bilateral antar kedua negara," imbuh Risal.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan perpanjangan konsesi menjadi salah satu opsi yang harus diambil, mengingat situasi dan kondisi di lapangan sudah berubah. Ia menilai indikator-indikator investasi di proyek mengalami banyak perubahan, yang paling kritis ialah terkait demand forecast atau proyeksi permintaan.

Lihat Juga :
ANALISISLayakkah KA Argo Parahyangan 'Ditumbalkan' Demi Kereta Cepat?

"Salah satunya, ya ternyata memang, berdasarkan diskusi kami dengan beberapa konsultan, kami harus meminta perpanjangan konsesi," jelasnya.

Selain itu, Dwiyana juga menyinggung soal revenue yang diharapkan dari proyek kereta cepat. Sebelumnya, penyumbang revenue berpaku pada Kawasan Berorientasi Transit (TOD). Namun, rencana itu ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penyelesaian konstruksi.

Merespons tantangan tersebut dan fakta pembengkakan biaya, Dwiyana mengatakan KCIC perlu melakukan simulasi lanjutan untuk membuat visibilitas proyek kereta cepat bisa naik kembali.

Tapi, Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menegaskan pemerintah tidak perlu menuruti permintaan PT KCIC. Apalagi, dalam Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) pun disebutkan maksimal 50 tahun.

Lihat Juga :
Alasan KCIC Ingin Perpanjang Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Alasan pembengkakan biaya, kata Deddy, tidak bisa diterima begitu saja. Kalau memang itu alasannya, Deddy mempertanyakan mengapa sejak awal PT KCIC mau-mau saja mengambil proyek ini dengan aturan yang sudah ada tadi.

"Semisal KCIC merasa 50 tahun kurang, lah dulu kok mau, ngitungnya gimana? Sekarang sudah dimenangkan, ternyata mereka minta ini,itu. Ini juga kan harus dibentengi, jangan sampai kita diatur oleh investor, kita punya prinsip, kita punya regulasi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut ia menuturkan apabila PT KCIC tetap ngotot meminta penambahan konsesi menjadi 80 tahun, pemerintah tidak boleh kalah tegas. Kalau PT KCIC bersikeras, maka lebih baik pemerintah melelang kembali proyek kereta cepat kepada investor lain.

Pemerintah juga bisa menawarkan benefit berbeda kepada calon investor lain. Contoh, memberi kemudahan untuk mengembangkan proyek serupa di wilayah lain. Sepanjang sang investor mau membeli proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Lihat Juga :
KAI Respons KA Argo Parahyangan Ditutup Usai Kereta Cepat Beroperasi

Deddy menduga motif PT KCIC untuk menambah masa konsesi supaya mereka bisa mendapat keuntungan lebih. Menurut Deddy, PT KCIC kemungkinan menghitung mendapatkan keuntungan setelah 80 tahun menjalankan proyek.

Namun, tetap saja, perpanjangan masa konsesi tidak bisa dibenarkan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengkaji lagi dan memastikan kebenaran hitung-hitungannya.

Untuk melakukan hitung-hitungan secara cermat, pemerintah sebaiknya membentuk tim independen khusus. Sehingga, bisa melihat permasalahan secara objektif.

"Jangan sampai kita 'dikadalin' dengan alasan pembengkakan biaya atau apa, capek lah kita," imbuh Deddy.



Ancaman Tiket Mahal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Terpuruk 7 Hari Berturut******

IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715.
IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.715 pada akhir pekan ini. Indeks saham melemah 89,10 poin atau minus 1,31 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12,93 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,49 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 185 saham menguat, 347 terkoreksi, dan 163 lainnya stagnan. Terpantau, keseluruhan dari sebelas indeks sektoral kompak melemah, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,46 persen.

Bursa saham Eropa terpantau dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,23 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,20 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,02 persen.

Sementara itu, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 0,75 persen, indeks NYSE menguat 0,58 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 1,13 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)




bab terbaru:link slot minimal deposit 5 ribu

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
qq slot 288
buku tafsir 1000 mimpi 2d bergambar
rtp cici4d
warganet88
jackpot388
detikslot
cara shopee menghasilkan uang
sambaltogel
taysentoto
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor langsung maxwin
Bab 2 slot gacor 303
Bab 3 situs paling gacor saat ini
Bab 4 sl9t gacor
Bab 5 pinjaman 10 juta online
Bab 6 gmwin link alternatif
Bab 7 hobispin slot
Bab 8 situs slot 333
Bab 9 aplikasi slot gacor
Bab 10 bet123
Bab 11 slotgacor 2023
Bab 12 29 di erek erek
Bab 13 nuansa slot 77
Bab 14 tebar4d
Bab 15 rjs138
Bab 16 daftar situs
Bab 17 kapten maxwin
Bab 18 slot banyak jp
Bab 19 kejuqq
Bab 20 slot gacor win
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3724bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Dinilai sindrom kiamat

90 togel
Resort mewah milik PT MNC Land Tbk yang bekerja sama dengan Trump Organization, Trump International Resorts Bali, disebut terbengkalai.
Resort mewah milik PT MNC Land Tbk yang bekerja sama dengan Trump Organization, Trump International Resorts Bali, terbengkalai. (AFP/MANDEL NGAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Resort milik PT MNC Land Tbk yang dikelola oleh perusahaan mantan presiden ASDonald Trump, Trump International Resorts Bali, terbengkalai.

Mengutip France 24, Jumat (9/12), hotel bintang enam itu mulanya dibangun untuk menggantikan Resort Golf Nirwana. Nyatanya proyek tersebut gagal, lapangan golf yang dulu subur kini dipenuhi rumput liar.

Beberapa situs pun terlantar serat ditumbuhi tanaman. Selain itu, jalur ke lokasi pun mati.

Hal itu pun berdampak pada para pekerja. Mau tidak mau mereka diberhentikan.

"Tidak ada kejelasan tentang masa depan kami. Kami mendengar akan direkrut kembali tetapi itu tidak pernah terjadi," kata Ditta Dwi (26), mantan caddy di Trump International Resorts Bali yang kini terpaksa mengambil pekerjaan pramusaji.

Dwi mengatakan banyak pekerja Bali yang kehilangan pekerjaan akibat proyek mangkrak itu. Ia juga menyebut pekerja hotel diberi kompensasi setelah kehilangan pekerjaan. Namun, sekitar 150 caddy dengan status kontrak tidak menerima apapun.

Lihat Juga :
Jasindo PHK 262 Karyawan dan Tutup 43 Kantor Cabang

"Sulit. Waktu saya kehilangan pekerjaan sebagai caddy itu sulit. Banyak orang yang marah," kata Dwi.

Saat masih bekerja di Resort milik Trump, Dwi menerima gaji sebesar Rp1,3 juta per bulan. Meski demikian, tip dari pegolf kaya membuat ia bisa menghasilkan sebanyak Rp15 juta per bulan.

Di tempat kerjanya sekarang, Dwi hanya menerima pemasukan bersih Rp1,3 juta saja. Namun, tanpa tip.

Trump Organization dan pengembang MNC Group Indonesia menutup resort bintang enam itu pada 2017 dan memberhentikan ratusan pekerja.

Lihat Juga :
AP I Siapkan 34 Parkir Jet Pribadi Sambut Tamu VVIP Kaesang-Erina

Kedua badan usaha itu bermitra untuk mengubah citra Nirwana menjadi resort yang menawarkan pemandangan Samudra Hindia yang indah.

Pembangunan resort itu sempat dijuluki sebagai 'proyek impian' oleh sang putra, Donald Trump Jr pada kunjungannya ke Jakarta 2019 lalu.

Kesepakatan Trump untuk melisensikan namanya ke resor baru dan membantu mengoperasikannya pada 2015 lalu itu pun ternyata menjadi impian bagi pekerja Indonesia.

Kepala MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyebut pandemi covid-19 telah menghambat rencana pembukaan kembali resort tersebut.

Lihat Juga :
Gurita Bisnis Hartono Bersaudara, Orang Terkaya Nomor Wahid Indonesia

Sementara itu, Direktur Divisi Properti MNC Edwin Darmasetiawan menolak untuk memaparkan berapa jumlah pekerja yang dipecat. Ia hanya menyebut masalah keuangan lah yang menjadi biang kerok terlantarnya resort tersebut.

Edwin pun tetap optimis proyek itu akan dilanjutkan dalam beberapa waktu mendatang.

"Saya tidak melihat proyek ini sebagai kegagalan, tetapi ditunda," katanya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya sedang fokus pada proyek MNC Group dan Trump yang lain, yakni Trump International Hotel Lido yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami punya proyek lain di Lido, sekarang kami fokus ke sana," kata Edwin.

Di sisi lain, proyek di perbatasan Bogor-Sukabumi yang akan mencakup lapangan golf dan resort Trump itu telah menuai kontroversi. Pasalnya, pembangun resort itu diduga menggali kuburan leluhur Islam tanpa izin penduduk setempat.

[Gambas:Video CNN]

Secara terpisah, Direktur Utama MNC Land Budi Rustanto angkat bicara. Ia menjelaskan perusahaan akan membangun sejumlah fasilitas di kawasan tersebut mulai dari lapangan golf, golf club house , beach club, villa, wellness dan hotel.

"Luas tanah yang dimaksud sudah bertambah dan sekarang luasnya mencapai lebih kurang 110 hektar. Pada saat dibeli dari perusahaan Bakrie tahun 2012-2013 hanya seluas 84 hektar," ujar Budi melalui hak jawab yang disampaikan kepada redaksi pada Senin (12/12).

Ia juga menegaskan Trump Organization hanya operator dan branding saja. Sementara pemilik property adalah MNC Group.

Perusahaan juga sudah merobohkan hotel dan lapangan golf lama arena akan membangun ulang dengan desain baru yang jauh lebih bagus dan lengkap .

"Pembangunan akan mulai dilakukan pada tahun 2023 karena pandemi telah berakhir," ujar Budi.

Lihat Juga :
Gusar Bupati Meranti, Ancam Gabung Malaysia dan Angkat Senjata

Catatan redaksi: Judul berita diubah menjadi "Resort Mewah MNC-Trump di Bali Kini Terbengkalai" pada pukul 14.25 WIB, Senin (12/12), setelah mendapatkan klarifikasi dari pihak terkait.

(mrh/sfr)

Menantu setingkat dewa

situs slot yang mudah maxwin
Harga tahu di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, naik 25 persen dari Rp400 menjadi Rp500 per potong pada Kamis (8/12).
Harga tahu di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, naik 25 persen dari Rp400 menjadi Rp500 per biji pada Kamis (8/12). (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga tahudi PD Pasar Jaya Pasar Minggu, JakartaSelatan, naik 25 persen dari Rp400 menjadi Rp500 per potong pada Kamis (8/12).

Kenaikan harga tahu ini terjadi karena harga kedelai yang tinggi. Bahkan, perajin pun sempat demo berhenti produksi. Pedagang pun baru menjual kembali tahu per hari ini.

"Dari produsen harga naik. Sekarang jadi Rp500, naik Rp100 per biji," ujar Burhanudin (36), salah satu penjual tahu di pasar tersebut kepada CNNIndonesia.com.

Penjual tahu lainnya bernama Yunus juga mengatakan hal serupa. Ia mengaku baru menjual kembali olahan kedelai itu hari ini setelah ikut 'puasa' jualan.

"Iya baru sekarang jualan lagi," katanya.

Sementara itu, di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan, harga tahu tetap dijual seharga Rp500 per biji. Namun, ukurannya dibuat lebih mungil.

Lihat Juga :
Kedelai Impor Baru Masuk Akhir Desember Meski Harga Tahu Siap Melesat

Di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, pedagang juga baru kembali menjual tahu per hari ini.

"Kemarin satu hari enggak jualan. Ini (tahu) Rp5.000 per 10 biji. Harga normal, cuma ukuran dikecilin," ujar Agus (34), seorang pedagang di Pasar Warung Buncit.

Imbas harga kedelai yang mahal itu, ia mengaku harga tempe juga naik dari Rp5.000 menjadi Rp6.000 per papan.

Ia pun membenarkan para perajin sempat mogok produksi karena harga kedelai yang mahal itu. "Katanya kemarin pabriknya pada demo," ucap Agus.

Lihat Juga :
Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya ke-2 RI Usai Harga Batu Bara Meroket

Secara terpisah, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan mengatakan pemerintah terus memantau ketersediaan pasokan dan kestabilan harga kedelai sejak awal tahun ini.

Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan telah melaksanakan program Bantuan Penggantian Selisih Harga Pembelian Kedelai di tingkat perajin tahu dan tempe sebesar Rp1.000 per kilogram (kg) melalui penugasan kepada Bulog.

"Bulog ditugaskan untuk melakukan pengadaan dan penyaluran kedelai melalui Gakoptindo (Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia) sejak April-Juli 2022 dan diperpanjang hingga akhir Desember 2022," ujar Kasan.

Kemendag juga telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga teknis lainnya serta pemerintah daerah (pemda) dalam memperluas dan meratakan cakupan perpanjangan program tersebut dengan memfasilitasi perajin tahu dan tempe di setiap wilayah untuk menghubungi koperasi produsen tempe tahu Indonesia (KOPTI).

Lihat Juga :
Rekor Baru, Kekayaan 50 Orang Terkaya RI Melesat ke Rp2.811 T

Selain itu, KOPTI yang berada di luar Gakoptindo juga dapat bergabung dan turut menikmati manfaat program pemberian bantuan kedelai.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan kelanjutan pemberian subsidi Rp1.000 per kg kedelai untuk perajin tahu dan tempe tahun depan.

Bahkan, ia menyebut subsidi kedelai itu bisa saja ditambah. Terlebih, saat ini harga kedelai masih mahal.

"Kalau angkanya memang perlu ditambah, ya ditambah. Kalau (perlu) dihilangkan, ya hilangkan," ujar Arief di Superindo Intercon.

Ia menyebut saat ini pemerintah menyediakan alokasi subsidi sebesar 200 ribu ton kedelai per bulan. Namun, realisasinya hanya 20 ribu hingga 25 ribu ton saja.

Menurut Arief, hal itu terjadi karena proses seleksi penerima subsidi tidak dilakukan sembarangan.

"Ini subsidi loh ya. Subsidi kan perlu dipertanggungjawabkan, by name, by address, siapa itu divalidasi," kata dia.

Lebih lanjut, ia juga menyinggung harga kedelai yang tinggi terjadi karena di negara asal ekspor saat ini tengah menunggu panen. Selain itu, harga kedelai tinggi juga karena nilai tukar rupiah masih lemah dibanding dolar AS.

Oleh karena itu, ia yakin setelah musim panen harga kedelai bisa kembali terjangkau. Pemerintah pun berjanji kan melakukan intervensi agar harganya terkendali.

"Kalau ada kesempatan, nanti ada intervensi harganya bisa lebih baik. Itu kan lebih baik untuk perajin tahu tempe," ujar Arief.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Invasi Tao

kuda4d
Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso buka-bukaan soal stok beras yang kritis di penggilingan hingga masyarakat. Berikut ulasannya.
Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso buka-bukaan soal stok beras yang kritis di penggilingan hingga masyarakat. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padidan Pengusaha BerasIndonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso buka-bukaan soal stok beras yang kritis di penggilingan hingga masyarakat.

Sutarto menjelaskan bahwa stok beras itu terpencar di mana-mana. Ada yang di pedagang, penggilingan padi, pengusaha horeka, hingga di level masyarakat.

"Di masyarakat juga ada kan, nah yang di masyarakat itu ada yang memang tidak siap dijual. Yang siap dijual pasti yang ada di penggilingan dan pedagang. Beras di penggilingan dan pedagang ini memang tidak besar dan tidak semuanya berada di situ," katanya kepada CNNIndonesia.comdi Kompleks Gedung DPR RI, Rabu (7/12).

Ia mengaku sudah mendata melalui beberapa koneksi di Perpadi, tetapi tidak dilakukan pendataan ke 170 ribu penggilingan yang ada di Indonesia. Berdasarkan data Sutarto, penggilingan padi di Banyuwangi, Jombang, hingga Malang masih memiliki stok beras.

Menurut Sutarto, penggilingan padi yang memang masih eksis melakukan kegiatan bisnis, pasti akan terus membeli dan menyalurkan beras setiap harinya. Namun, hal itu dilakukan terbatas sesuai dengan kawasan pasarnya saja.

"Kalau (penggilingan) yang besar, seperti di Palembang masih ada itu 20 ribu ton, dia punya. Tapi dia pasarnya juga besar, (penyaluran) khusus untuk pasarnya sendiri," pungkas Sutarto.

Di lain sisi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan telah memberi izin impor sebanyak 500 ribu ton beras kepada Bulog untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) yang sudah menipis jelang akhir tahun.

Karena beras itu tidak ada, kata dia, Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memutuskan menambah cadangan beras untuk Bulog dengan cara impor.

"Saya diminta mendampingi Mentan (Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo) untuk membeli beras itu, enam hari kerja belum dapat, kami tambah lagi enam hari kerja, belum dapat, ditambah lagi enam hari kerja belum dapat, stok kita lama-lama menipis," kata Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/12).

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku tak mempermasalahkan soal impor beras. Namun, pemerintah sedang berupaya untuk menjaga harganya tetap terjangkau.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan ke Barat: Kelahiran Kembali sebagai Iblis

logo slot88
Boeing meluncurkan desain 747 terakhir dari pabriknya di Negara Bagian Washington, Selasa (6/12).
Boeing meluncurkan desain 747 terakhir dari pabriknya di Negara Bagian Washington, Selasa (6/12). Ilustrasi. (longtailaviation.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Boeing meluncurkan desain 747 terakhir dari pabriknya di Negara Bagian Washington, Selasa (6/12).

MengutipCNN Business, Boeing 747 yang dikenal sebagai Queen of The Skies merupakan pesawat komersial terbesar di dunia dan pertama dengan dua Lorong. Boeing berhenti meluncurkan 747 setelah 53 tahun dan lebih dari 1.570 unit telah mereka produksi.

Produksi 747 terakhir ini akan diberikan kepada Atlas Air Worldwide Holdings (AAWW), yang akan mengoperasikan pesawat untuk perusahaan logistik Swiss Kuehne+Nagel.

Saat ini, Boeing 747 masih berfungsi sebagai Air Force One, dan dua pesawat yang sudah dirakit sedang dalam pengerjaan untuk diubah menjadi jet kepresidenan generasi berikutnya.

Pesawat-pesawat itu tidak akan dikirimkan setidaknya selama empat tahun karena penundaan.

Selain penggunaan itu, Boeing 747 sehari-hari sebagai pesawat penumpang sekarang hampir sepenuhnya ketinggalan. Maskapai telah beralih dari pesawat dengan empat mesin yang boros bahan bakar seperti 747 ini.

Lihat Juga :
OJK 'Keker' 22 Pinjol dengan Rasio Kredit Macet di Atas 5 Persen

Boeing telah memberi isyarat pada 2020 bahwa mereka akan berhenti membangun 747, bahkan dalam bentuk kapal barangnya. Hal ini karena pelanggan membeli kapal barang 777 yang lebih hemat bahan bakar.

Belum diumumkan rencana untuk pabrik di Everett, Washington, di mana mereka telah membangun 747, tetapi diperkirakan akan tetap buka.

Firma analitik penerbangan Cirium mencatat saat ini hanya ada 44 pesawat versi penumpang Boeing 747 yang masih beroperasi. Adapun 25 di antaranya diterbangkan oleh Lufthansa.

Jumlah itu turun dari lebih dari 130 yang beroperasi sebagai jet penumpang pada akhir 2019, tepat sebelum pandemi melumpuhkan permintaan perjalanan udara, terutama pada rute internasional.



Namun, masih ada 314.747 kapal barang yang digunakan. Pesawat-pesawat barang ini kebanyakan dulunya adalah pesawat penumpang yang direnovasi.

Jet jumbo yang pernah menjadi terobosan, dengan tonjolan lantai dua yang khas, mungkin merupakan pesawat paling terkenal dan populer yang pernah dibuat Boeing. Pesawat itu bahkan cukup besar sehingga mampu mengangkut Space Shuttle dari landasan pendaratan di California ke lokasi peluncurannya di Florida.

Boeing 747 pernah menjadi pilihan orang kaya dan glamor, dan bahkan bangsawan. Banyak film, termasuk film klasik James Bond pada 1973 'Live and Let Die' menampilkan pesawat, atau set yang dibuat agar terlihat seperti lounge kelas satu di tingkat atasnya.

Boeing mengirimkan jet penumpang 747 pertama pada Desember 1969 ke dua maskapai yang saat ini sudah tutup, yakni TWA dan Pan Am.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Wuxian Agung dari Dinasti Tang

85 togel
Presiden Jokowi menggelontorkan tambahan modal Rp23,85 triliun untuk PT Hutama Karya (Persero) pada tahun ini. Modal itu untuk Jalan Tol Trans Sumatera.
Presiden Jokowi menggelontorkan tambahan modal Rp23,85 triliun untuk PT Hutama Karya (Persero) pada tahun ini. Modal itu untuk Jalan Tol Trans Sumatera. (Dok. Kementerian BUMN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Jokowi menggelontorkan tambahan modal Rp23,85 triliun untuk PT Hutama Karya (Persero) pada tahun ini.

Tambahan modal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2022 tentang Penambahan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan PT Hutama Karya.

Dalam peraturan pemerintah yang diteken Jokowi pada Kamis (8/12) kemarin tersebut, tambahan modal digelontorkan dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN).

Dalam pertimbangan peraturan tersebut, Jokowi mengatakan pemberian modal Rp23,85 triliun itu dilakukan untuk memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha Hutama Karya.

Tambahan modal itu ia harapkan bisa membantu Hutama Karya menjalankan penugasan dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera. 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan selain tambahan modal negara pada 2022 ini,  Hutama Karya juga akan mendapatkan suntikan modal atau Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera pada 2023.

"Tahun depan kita akan mendapatkan PMN untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatera," ujarnya dilansir Antara, Selasa (6/12).

Ia berharap dengan gelontoran modal itu, pembangunan tahap 1 Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni menuju Jambi dapat terealisasi pada 2024 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Tuan Pulau Gurun

erek erek 93 2d
Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun.
Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta masa konsesi atau hak operasi Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) diperpanjang dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Pengajuan itu ditetapkan lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022. Di dalam surat tersebut, PT KCIC meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB.

"Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan berubahnya kelayakan bisnis proyek, sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," ungkap Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal dalam rapat dengan Komisi V DPR, Kamis (8/12).

Di dalam Perjanjian tersebut, nilai investasi yang akan dibiayai oleh KCIC sebesar US,9 miliar dengan masa konsesi 50 tahun sejak tanggal operasi prasarana/sarana. Nah, serah terima akan diberikan di akhir masa konsesi.

Ia menjabarkan tiga urgensi yang mengharuskan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun. Pertama, meningkatkan indikator kelayakan proyek KCJB dalam rangka memenuhi pendanaan pembengkakan biaya atau cost overrun, sehingga proyek dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Berdasarkan hasil kajian terbaru Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Komite KCJB per 15 September 2022, pembengkakan biaya (cost overrun) naik menjadi US,449 miliar atau Rp21,74 triliun.

Lihat Juga :
Kemenhub Belum Mau Korbankan KA Argo Parahyangan Demi Kereta Cepat

Padahal, berdasarkan perhitungan dan review BPKP pada 9 Maret 2022 pembengkakan biaya hanya sebesar US,17 miliar atau Rp17,64 triliun.

Kedua, menjaga kesinambungan proyek, sehingga dapat memaksimalkan dampak positif penyelenggaraan kereta cepat di berbagai aspek yang dapat menguntungkan pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Ketiga, untuk mewujudkan keberhasilan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sehingga dapat mempererat hubungan bilateral antar kedua negara," imbuh Risal.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan perpanjangan konsesi menjadi salah satu opsi yang harus diambil, mengingat situasi dan kondisi di lapangan sudah berubah. Ia menilai indikator-indikator investasi di proyek mengalami banyak perubahan, yang paling kritis ialah terkait demand forecast atau proyeksi permintaan.

Lihat Juga :
ANALISISLayakkah KA Argo Parahyangan 'Ditumbalkan' Demi Kereta Cepat?

"Salah satunya, ya ternyata memang, berdasarkan diskusi kami dengan beberapa konsultan, kami harus meminta perpanjangan konsesi," jelasnya.

Selain itu, Dwiyana juga menyinggung soal revenue yang diharapkan dari proyek kereta cepat. Sebelumnya, penyumbang revenue berpaku pada Kawasan Berorientasi Transit (TOD). Namun, rencana itu ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penyelesaian konstruksi.

Merespons tantangan tersebut dan fakta pembengkakan biaya, Dwiyana mengatakan KCIC perlu melakukan simulasi lanjutan untuk membuat visibilitas proyek kereta cepat bisa naik kembali.

Tapi, Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menegaskan pemerintah tidak perlu menuruti permintaan PT KCIC. Apalagi, dalam Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) pun disebutkan maksimal 50 tahun.

Lihat Juga :
Alasan KCIC Ingin Perpanjang Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Alasan pembengkakan biaya, kata Deddy, tidak bisa diterima begitu saja. Kalau memang itu alasannya, Deddy mempertanyakan mengapa sejak awal PT KCIC mau-mau saja mengambil proyek ini dengan aturan yang sudah ada tadi.

"Semisal KCIC merasa 50 tahun kurang, lah dulu kok mau, ngitungnya gimana? Sekarang sudah dimenangkan, ternyata mereka minta ini,itu. Ini juga kan harus dibentengi, jangan sampai kita diatur oleh investor, kita punya prinsip, kita punya regulasi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut ia menuturkan apabila PT KCIC tetap ngotot meminta penambahan konsesi menjadi 80 tahun, pemerintah tidak boleh kalah tegas. Kalau PT KCIC bersikeras, maka lebih baik pemerintah melelang kembali proyek kereta cepat kepada investor lain.

Pemerintah juga bisa menawarkan benefit berbeda kepada calon investor lain. Contoh, memberi kemudahan untuk mengembangkan proyek serupa di wilayah lain. Sepanjang sang investor mau membeli proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Lihat Juga :
KAI Respons KA Argo Parahyangan Ditutup Usai Kereta Cepat Beroperasi

Deddy menduga motif PT KCIC untuk menambah masa konsesi supaya mereka bisa mendapat keuntungan lebih. Menurut Deddy, PT KCIC kemungkinan menghitung mendapatkan keuntungan setelah 80 tahun menjalankan proyek.

Namun, tetap saja, perpanjangan masa konsesi tidak bisa dibenarkan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengkaji lagi dan memastikan kebenaran hitung-hitungannya.

Untuk melakukan hitung-hitungan secara cermat, pemerintah sebaiknya membentuk tim independen khusus. Sehingga, bisa melihat permasalahan secara objektif.

"Jangan sampai kita 'dikadalin' dengan alasan pembengkakan biaya atau apa, capek lah kita," imbuh Deddy.



Ancaman Tiket Mahal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2