petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sport388

bonanza 138 829Jutaan kata 82697Orang-orang telah membaca serialisasi

《sport388》

Kronologi Karyawan Resign Massal dari Twitter Usai Ultimatum Elon Musk******

Karyawan Twitter memutuskan untuk resign setelah mendapat ultimatum dari pemilik baru perusahaan media sosial itu, Elon Musk soal ekstra keras atau mundur.
Karyawan Twitter memutuskan untuk resign setelah mendapat ultimatum dari pemilik baru perusahaan media sosial itu, Elon Musk soal ekstra keras atau mundur. (REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Karyawan Twitter memutuskan untuk resign setelah mendapat ultimatum dari pemilik baru perusahaan media sosial itu, Elon Musk, yang mengatakan kerja ekstra keras atau mundur.

Mengutip CNN, mantan karyawan Twitter menuturkan akibat ultimatum tersebut resign massal alias eksodus terjadi di perusahaan tersebut.

Miliarder Elon Musk resmi jadi pemilik tunggal Twitter usai menuntaskan akuisisi senilai US miliar (Rp683,3 triliun) pada Oktober kemarin.

Tak berhenti sampai di situ, The New York Times melaporkan Sean Edgett, penasihat umum, juga dipecat. Bloomberg turut melaporkan Chief Customer Officer Sarah Personette, yang sempat berkicau senang dengan akuisisi oleh Musk ini, senasib.

Lebih lanjut, dua hari lalu, Elon Musk juga memecat insinyur perangkat lunak Twitter Eric Frohnhoefer melalui sebuah cuitan. Langkah itu diambil kurang dari sebulan setelah Musk mengakuisisi perusahaan media sosial itu senilai US miliar atau Rp680 triliun.

Melansir CNN Business, Rabu (16/11), Musk berselisih Frohnhoefer di Twitter yang berakhir dengan miliarder itu mencuitkan, "dia (Frohnhoefer) dipecat".

Frohnhoefer pun mengonfirmasi bahwa dia kehilangan akses ke sistem internal Twitter.

Lihat Juga :
Piala Dunia Diprediksi Bawa Berkah Bagi Kripto

Pemecatan terjadi setelah Frohnhoefer mencuitkan bukti yang menunjukkan bahwa Musk salah tentang klaimnya bahwa Twitter berjalan sangat lambat di berbagai negara.

Sementara, Frohnhoefer mengetahui pemecatannya itu ketika seorang teman mengirimkan cuitan Musk. Ia mengatakan bahwa bahkan tidak ada pihak Twitter yang menghubunginya mengenai pemecatan tersebut.

Tak hanya Frohnhoefer, beberapa karyawan Twitter lainnya juga dipecat pada Selasa (15/11).

Hal itu diketahui dari email yang berisikan bahwa perilaku para karyawan tersebut telah melanggar kebijakan perusahaan.



Beberapa spekulasi muncul, upaya Musk dalam memecat para karyawan Twitter adalah reaksi terhadap komentar yang mereka buat di saluran internal Slack. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir karyawan Twitter diketahui sangat jujur dalam mengkritik Musk di Slack perusahaan.

Sementara itu, Musk menanggapi berita pemecatan dengan mengatakan permohonan maaf. "Saya ingin meminta maaf karena telah memecat para jenius ini. Bakat mereka yang luar biasa tidak diragukan lagi akan sangat berguna di tempat lain," ungkap Musk.

Twitter di bawah Musk telah memecat setengah dari tenaga kerjanya awal bulan. Pemecatan dilakukan tak lama setelah Musk mengambil alih perusahaan media sosial itu.

Musk mengkritik pengeluaran dan budaya kerja Twitter sebelum ia beli. Ia mengatakan perusahaan membutuhkan pemotongan biaya yang tajam dan memulai kembali layanannya.

Lihat Juga :
Ekonom Proyeksi PHK Hantam Fintech, Edutech, dan Healthtech

Beberapa karyawan Twitter yang mengkritik Musk secara terbuka atas langkah-langkah tersebut kemudian juga ikut dipecat.

Sementara itu, dua karyawan Twitter Singapura menceritakan momen di-PHK pada awal November ini usai platform media sosial itu diakuisisi oleh Elon Musk.
Abigail dan Carmen (bukan nama sebenarnya) menyebut tindakan Elon Musk yang memecat lebih dari 50 persen karyawan Twitter ini sebagai PHK serampangan dan tak berempati.

"Saya pikir ini bukan cara tepat untuk menangani transisi. Saya mengerti dengan manajemen baru, kepemimpinan baru, mereka menginginkan perubahan. Tapi mereka benar-benar tidak memikirkan ribuan karyawan secara global," kata Carmen dilansir dari CNA, Kamis (17/11).

Lihat Juga :
Isi Paket Pesangon GoTo untuk 1.300 Karyawan yang Kena PHK

"PHK di Twitter tidak seperti PHK di industri teknologi lainnya, karena skala yang besar dan cara serampangan yang mereka lakukan," kata Abigail.

Ia mengatakan mulanya pada hari PHK terjadi, Jumat (4/11) pagi, Carmen sedang menuju ke kantor ketika mendapat surel yang mengatakan bahwa akan ada PHK dan sejumlah akses karyawan akan tidak berfungsi. Surel itu menyarankan agar para karyawan tidak pergi ke kantor. Carmen pun pulang menuju rumah.

Dalam waktu satu jam, rekan-rekan Carmen di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika kehilangan akses ke sistem perusahaan seperti email dan Slack. Ketika informasi terkait PHK ini sudah menyebar di AS, Carmen mengaku rekan-rekannya di kawasan Asia-Pasifik mulai mempersiapkan diri.

Meski telah mengantisipasi PHK, namun mereka tetap terkejut dengan kejadian yang berlangsung cepat itu.

Lihat Juga :
Menko Airlangga Ajak Menteri-menteri APEC Dukung Upaya Transisi Hijau

Pasca pemecatan itu, Musk mengirim pesan ke Twitter staf TWTR.MX memberi tahu bahwa mereka memiliki waktu hingga Kamis (17/11) besok untuk memutuskan tetap mau bekerja tapi dengan intensitas tinggi dan jam kerja panjang atau memilih berhenti lalu mengambil paket pesangon tiga bulan gaji.

Musk memberi tahu karyawan Twitter bahwa siapa pun yang tidak mengklik tautan yang mengonfirmasi "Saya ingin menjadi bagian dari Twitter baru" sampai Kamis malam waktu New York akan dianggap telah memutuskan untuk berhenti.

"Apapun keputusan yang Anda buat, terima kasih atas usaha Anda untuk membuat Twitter sukses," kata pesan tersebut.

Kini sebagian besar karyawan Twitter memutuskan hengkang dari perusahaan tersebut dari pada harus bekerja ekstra keras dengan jam kerja yang lebih lama.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

[Gambas:Video CNN]

Wayan Koster: Ekonomi dan Pariwisata Bali Pulih, Mulai Bangkit******

Gubernur Bali Wayan Koster menilai pariwisata Pulau Dewata mulai pulih. Bahkan, perekonomian Bali mulai bangkit.
Gubernur Bali Wayan Koster menilai pariwisata Pulau Dewata mulai pulih. Bahkan, perekonomian Bali mulai bangkit. (AP/Dita Alangkara).
Denpasar, CNN Indonesia--

Gubernur Bali Wayan Koster menilai pariwisataPulau Dewata mulai pulih. Bahkan, perekonomianBali mulai bangkit.

Ia percaya diri pemulihan pariwisata dan ekonomi Bali karena angka vaksinasi yang tinggi, sehingga kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, semakin meningkat.

"Pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali sudah terjadi, dampak dari penanganan pandemi covid-19 yang semakin baik dan vaksinasi yang tinggi. Pariwisata dan perekonomian Bali sudah mulai bangkit," ujarnya saat konferensi pers di Denpasar, Jumat (18/11).

"Saya target kuartal III naiknya 4,5 persen-5 persen. Ternyata, 8,0 persen. Tinggi sekali. Luar biasa kenaikannya year on year. Artinya, kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021 naik tinggi," terang Koster.

Pertumbuhan ekonomi Bali yang mengilap, sambung dia, juga tak terlepas dari penyelenggaraan KTT G20. Tingkat hunian hotel pun meningkat, terutama di lokasi perhelatan G20 di Nusa Dua.

Lihat Juga :
Ekonom Proyeksi PHK Hantam Fintech, Edutech, dan Healthtech

"Saya kira ini dampak dari sejumlah rangkaian pertemuan Presidensi G20 di Bali. Sehingga, tingkat hunian hotel sekarang sudah sangat tinggi, 60 sampai 85 persen. Bahkan, di daerah Kuta Selatan sudah mencapai 80 sampai 90 persen," ungkap Koster.

"Jadi, sudah riil sekali secara ekonomi dampaknya. Kalau terhadap jangka panjangnya dengan adanya Presidensi G20 ini terus terang promosi gratis yang luar biasa mendunia," terang dia.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/bir)

Pilihan Saham Cuan, Sektor Konsumer Jadi Unggulan******

Sektor konsumen diperkirakan menjadi andalan untuk meraup keuntungan dalam investasi saham pekan ini.
Sektor konsumen diperkirakan menjadi andalan untuk meraup keuntungan dalam investasi saham pekan ini. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 37,19 poin atau plus 0,53 persen ke level 7.082 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat jual bersih (net sell) Rp2,84 triliun dan beli bersih (net buy) Rp178,26 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat tiga kali dan melemah dua kali. Secara total, performa indeks saham melemah 0,1 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yulianto Aji Sadono mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa turun 4,73 persen menjadi Rp12,41 triliun dari Rp13,03 triliun pada pekan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata volume transaksi bursa turun 14,19 persen menjadi 18,274 miliar saham dari 21,295 miliar saham pada pekan sebelumnya.

"Perubahan sebesar 5,23 persen terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian bursa, yaitu menjadi 1.234.632 transaksi selama sepekan dari 1.302.824 transaksi pada sepekan lalu," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (18/11).

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda mengatakan pergerakan IHSG pekan ini cenderung menguat. Rentang pergerakan di level support 6.956 dan resistance 7.126.

Lihat Juga :
TAIPANElon Musk Berharta Rp3.004 T, Tak Ingin Mati dalam Keadaan Kaya

Menurut Hary, komentar hawkish beberapa pejabat The Fed menjadi kendala. Jika The Fed tetap menaikkan suku bunga, Bank Indonesia (BI) terpaksa harus mengimbangi.

Meski begitu, inflasi AS dipandang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan dengan berada di kisaran 7,7 persen. Kendati, angka ini masih sangat jauh dari target The Fed di kisaran 2 persen per tahun.

"Jika investasi jangka panjang, maka tetap hold karena memasuki akhir tahun. Potensi IHSG untuk bullish kembali masih cukup besar. Untuk trader jangka pendek atau momentum trader, disiplin terhadap trading plan adalah kunci keberhasilan yang sangat penting," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (19/11).

Hary menyarankan investor untuk memperhatikan sektor consumer cyclical yang menunjukkan penguatan pada akhir pekan lalu. Selain itu, sektor energy dan finance juga masih menjadi primadona.

Lihat Juga :
Buruh Tolak Usulan No Work No Pay: Tak Berdasar

Secara teknikal, Hary merekomendasi saham PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) yang menguat 2,86 persen ke level 3.600 pekan lalu. Ia memproyeksi IMPC bisa tembus 3.760.

Ada juga saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) yang menguat 2,70 persen ke posisi 570. Hary memprediksi ACES bisa meroket hingga 630.

Terakhir, ada saham dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang tumbuh 2,78 persen ke level 10.175 pekan lalu. BMRI dipercaya bisa bergerak sampai 10.700 pada pekan ini.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG pekan ini bergerak terbatas dengan potensi pelemahan yang masih terbuka. Rentang pergerakan ada pada support 6.960 dan resistance 7.190.

Lihat Juga :
Daftar Perusahaan Global yang PHK Karyawan Sepanjang Tahun Ini

Penurunan inflasi AS tidak serta membuat The Fed dingin. Presiden The Fed St. Louis James Bullard bahkan mengatakan seharusnya suku bunga sudah di angka 5 hingga 5,25 persen. Oleh karena itu, pertemuan November 2022 ini masih berpotensi menjadi sentimen negatif IHSG.

Adapun dari dalam negeri, rilis data jumlah uang yang beredar dalam arti luas (M2) pada Oktober 2022 diperkirakan akan tetap tumbuh positif. Jika benar, ini bakal menjadi sentimen positif.

"Untuk sepekan ke depan, investor dapat wait and see atau lebih selektif dengan mencermati terkait arah kebijakan moneter terutama dari AS, karena jika masih menunjukkan sikap hawkish maka potensi terjadi capital outflow dari IHSG masih terbuka," katanya.

Lihat Juga :
Aturan Baru Menaker: UMP 2023 Tak Boleh Naik Lebih dari 10 Persen

Dalam kondisi ini, Oktavianus menyarankan investor melirik sektor konsumer. Ia merekomendasikan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang tumbuh 1,09 persen ke level 4.640. UNVR dipercaya bisa menembus 4.880.

Selanjutnya ada saham PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) yang menguat 3,52 persen ke posisi 1.030 pada pekan lalu. Pekan ini, Oktavianus memprediksi ESSA bakal mencapai 1.150.

Terakhir, Oktavianus merekomendasikan saham PT Metro Healthcare Indonesia Tbk (CARE) yang tumbuh 1,75 persen ke level 466. Ia memproyeksi CARE bakal bergerak di rentang support 450 dan resistance 490.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:pinjol resmi ojk 2023

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot bonus new member 100
pinjol amar bank
bet 5000 slot
slot gacor 100 persen
paito raja
baka88
situs pkv games
datapengeluarantogelsingapura
situs link gacor hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 qq77bet
Bab 2 cleopatra slot demo
Bab 3 judi slot mudah menang
Bab 4 pejuangslot88
Bab 5 88cash slot
Bab 6 bet777 slot
Bab 7 sgp slot
Bab 8 akulaku tidak bisa cicil
Bab 9 pola slot gacor 4d
Bab 10 berlian slot
Bab 11 situs terbaik hari ini
Bab 12 cara membayar pinjaman di kredivo
Bab 13 situs judi slot gacor terpercaya
Bab 14 qq828
Bab 15 12shio4
Bab 16 rtp slot merdekawin
Bab 17 indo slot 33
Bab 18 situs slot jp hari ini
Bab 19 pinjaman online bunga terkecil
Bab 20 topbet88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6210bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Kronik Penyihir

daftar situs judi slot gacor
Cryptocurrency exchange FTX berutang sebesar US,1 miliar atau setara dengan Rp48,63 triliun kepada 50 kreditur terbesarnya.
Cryptocurrency exchange FTX berutang sebesar US,1 miliar atau setara dengan Rp48,63 triliun kepada 50 kreditur terbesarnya. (REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Cryptocurrency exchangeFTX  memiliki utang sebesar US,1 miliar atau setara dengan Rp48,63 triliun (asumsi kurs Rp15.688 per dolar AS) kepada 50 kreditur terbesarnya.

Mengutip CNA, Senin (21/11), dalam pengajuan pengadilan pada Sabtu (19/11), pertukaran berutang sekitar US,45 miliar kepada sepuluh kreditur utamanya.

FTX dan afiliasinya mengajukan kebangkrutan di Delaware pada 11 November di salah satu ledakan crypto profil tertinggi, menyebabkan sekitar 1 juta pelanggan dan investor lainnya menghadapi kerugian total dalam miliaran dolar.

Sidang tentang apa yang disebut mosi hari pertama FTX ditetapkan pada Selasa pagi di hadapan hakim kebangkrutan AS.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

Evolusi: Saya menjadi beruang kutub

meteorqq
Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) XVII pada Senin (21/11) di Solo, Jawa Tengah, diwarnai kericuhan.
Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII pada Senin (21/11) di Solo, Jawa Tengah, diwarnai kericuhan. Ilustrasi. (Yudhi Mahatma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) XVII pada Senin (21/11) di Solo, Jawa Tengah, diwarnai kericuhan.

Hal tersebut diketahui dari sebuah video yang tersebar di media sosial. Sejumlah peserta terlibat adu jotos.

Ketua Organizing Committe (OC) Munas HIPMI XVII Muhammad Ali Affandi membenarkan kejadian kericuhan tersebut. Ia menyebut, kericuhan terjadi di luar sidang pleno Munas karena adanya kesalahpahaman.

Ali mengatakan saat ini pihak panitia Munas HIPMI masih menyelidiki kejadian tersebut. Pasalnya, banyak versi yang menyebut terkait persoalan tersebut.

"Ini lagi kami cek, karena berbagai macam versi kan," ungkapnya.

Lihat Juga :
Apa Itu Reflasi yang Mengancam Indonesia?

Terkait kejadian tersebut, pihak HIPMI mengutamakan adanya mediasi dan kekeluargaan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kami mengutamakan kekeluargaan lah, jadi mau dimediasi. Prinsipnya untuk menghindari miskomunikasi, ini lagi saya cek dulu," terang Ali.

Dalam video yang beredar, tampak sejumlah peserta yang mengenakan batik terlibat adu jotos. Beberapa peserta juga tampak melerai, namun perkelahian tak terelakan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Evolusi tanpa batas dimulai dari sungai

e commerce yang bisa paylater
IHSG menguat 0,53 persen ke posisi 7.082 pada Jumat (18/11) sore.
IHSG menguat 0,53 persen ke posisi 7.082 pada Jumat (18/11) sore. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.082 pada Jumat (18/11). Indeks sahammenguat 37,195 poin atau 0,53 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.041 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 28.255 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 212 saham menguat, 287 terkoreksi, dan 204 lainnya stagnan.

Sementara, nilai tukar rupiah pada pukul 15.10 WIB terpantau menguat 0.46 persen ke level Rp15.561 per dolar AS.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas melemah. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 0,03 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong turun 0,51 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan menguat 0,06 persen.

Lihat Juga :
Isi Paket Pesangon GoTo untuk 1.300 Karyawan yang Kena PHK

Bursa saham Eropa terpantau dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris turun 0,06 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,47 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,23 persen.

Serupa, bursa Amerika juga tampak ambruk. Indeks S&P 500 turun 0,31 persen, indeks NYSE Composite melemah 0,27 persen, dan indeks NASDAQ Composite melemah 0,35 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir)

Oga Emas dari dunia lain

bro138 demo
Pengamat sangsi kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023 maksimal 10 persen dapat mengerek daya beli masyarakat di tengah ancaman resesi global.
Pengamat sangsi kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023 maksimal 10 persen dapat mengerek daya beli masyarakat di tengah ancaman resesi global. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah menetapkan kenaikan UpahMinimum Provinsi (UMP) 2023 maksimal 10 persen. Namun, pengamat menilai kebijakan tersebut aneh dan tak akan mempan mengerek daya beli masyarakat.

Kenaikan upah tahun depan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023. Peraturan itu berisi beberapa ketentuan soal penentuan upah minimum bagi pemerintah daerah.

Pertama, kewajiban bagi pemerintah daerah menetapkan upah minimum 2023 berdasarkan aturan ini.Kedua, rumus perhitungan upah minimum.

Berdasarkan beleid ini, upah minimum 2023 harus dihitung dengan rumus yang sudah diatur pemerintah.

Rumus kenaikannya = Upah tahun sekarang + (Penyesuaian Nilai Upah Minimum (UM) x UM (tahun sekarang).

Penyesuaian upah minimum dihasilkan dari dari inflasi + (pertumbuhan ekonomi x indeks kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,1 sampai dengan 0,3).

Ketiga, provinsi yang telah memiliki upah minimum, penetapannya dilakukan dengan penyesuaian nilai upah minimum yang besaran kenaikannya tidak boleh melebihi 10 persen.

Lihat Juga :
Ma'ruf Amin soal Naik UMP 2023 Dibatasi 10 Persen: Win-win Solution

"Dalam hal hasil penghitungan penyesuaian nilai upah minimum melebihi 10 persen, Gubernur menetapkan Upah Minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10 persen," tulis Permenaker 18/2022.

Kemudian, jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, kenaikan upah hanya mempertimbangkan variabel inflasi.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan seharusnya kenaikan UMP dalam aturan tersebut bukan maksimal, melainkan minimal 10 persen. Apalagi kata maksimal dalam aturan tersebut bisa menimbulkan salah persepsi.

"Harusnya upah minimum 10 persen yang berarti pengusaha harus membayar kenaikan upah minimum 10 persen, bukan maksimal 10 persen. Nantinya muncul multitafsir kenaikan 1 persen juga tidak masalah karena yang dibatasi maksimal 10 persen," ujar Bhima kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
DPR ke ESDM: 90 Persen Tambang Nikel RI Dikuasai China Pak Menteri

Lagipula, kenaikan upah di bawah 10 persen dinilai tidak tepat dan tak akan mampu mengerek daya beli masyarakat. Justru kebijakan ini bisa sebaliknya malah menggerus daya beli masyarakat.

Menurut Bhima, jika melihat pertumbuhan ekonomi yang kuat serta lonjakan inflasi, maka kenaikan ideal UMP 2023 harusnya di atas 10 persen. Namun, jika hanya 10 persen pun sudah mencukupi, asal itu minimal bukan maksimal.

Sebab, kenaikan UMP minimal 10 persen masih bisa membantu masyarakat melakukan kegiatan belanja. Dengan demikian, konsumsi bisa terjaga di tengah lonjakan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang kuat bisa terus berlanjut.

"Kalau minimum 10 persen kenaikan UMP nya bisa diterima. Dengan memperhatikan tingkat inflasi yang diperkirakan masih akan berada di kisaran 5,5-6 persen sehingga ada surplus 4 persen, setidaknya untuk belanja. Jadi daya beli tidak tergerus oleh inflasi," imbuhnya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

PHK Makin Banyak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Huashan Shenmen

jayajp
Serikat buruh mengklaim Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Penetapan Upah Minimum 2023 masih menunjukkan ketimpangan.
Serikat buruh mengklaim Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Penetapan Upah Minimum 2023 masih menunjukkan ketimpangan. (CNN Indonesia/Dhio Faiz).
Jakarta, CNN Indonesia--

Serikat buruh masih belum puas dengan penerbitan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 18/ 2022 Tentang Penetapan Upah Minimum (UMP) 2023. Aturan tersebut diklaim masih menunjukkan ketimpangan.

Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos menilai hadirnya Permenaker tersebut belum menjawab tuntutan buruh.

"Sebenarnya ini masih menunjukkan ketimpangan, di mana sejak pandemi upah buruh tidak terjadi kenaikan bahkan dengan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan pajak pertambahan nilai (PPN) 11 persen berimplikasi dengan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok," tegas Nining kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/11).

KASBI menegaskan ketentuan maksimal 10 persen kenaikan upah minimum 2023 dalam Permenaker Nomor 18/2022 tidak sejalan dengan tuntutan buruh.

"Tuntutan KASBI secara nasional (kenaikan upah minimum) 30 persen agar ada pemerataan dan peningkatan pendapatan buruh dengan situasi harga-harga semakin tinggi dampak dari kenaikan. (Dasar perhitungan) dari hasil survei 64 item harga-harga kebutuhan ditambah pertumbuhan ekonomi dan inflasi," jelasnya.

Di lain sisi, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat mengapresiasi hadirnya aturan baru Menaker soal penetapan UMP 2023 tersebut. Hal ini berarti secara tidak langsung pemerintah mengakui bahwa PP Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan adalah ketentuan yang tidak menyejahterakan pekerja Indonesia.

Lihat Juga :
Foxconn Rekrut 100 Ribu Pekerja untuk Pabrik iPhone Terbesar di China

Namun, Aspek menayangkan formula baru yang digunakan dalam Permenaker tersebut. Mirah menganggap formula itu belum maksimal karena kenaikan upah minimum 2023 dibatasi dengan indeks tertentu.

"Seharusnya formula kenaikan upah minimum dikembalikan saja kepada formula yang ada pada PP Nomor 78/ 2015 Tentang Pengupahan, yaitu kenaikan upah minimum dihitung berdasarkan inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi," jelas Mirah.

Terlepas dari itu, Mirah menegaskan agar kelompok pengusaha berjiwa besar dengan tidak ngotot menolak aturan baru Menaker itu, mengingat selama ini pemerintah sudah banyak memberikan insentif kepada pelaku usaha. 

Aspek juga mendesak kepada gubernur dan bupati/walikota untuk memaksimalkan peran dewan pengupahan daerah agar besaran kenaikan upah minimum bisa maksimal demi kesejahteraan pekerja di Indonesia.

Lihat Juga :
Pengumuman UMP 2023 Diperpanjang Hingga 28 November 2022

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan lima catatan terkait aturan baru Permenaker Nomor 18/ 2022 Tentang Penetapan Upah Minimum 2023.

Salah satu catatannya adalah rumus perhitungan kenaikan upah dalam Permenaker Nomor 18/ 2022 yang dianggap ruwet. Said lantas memberikan dua alternatif perhitungan.

Menurutnya, kenaikan upah minimum dihitung menggunakan inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi, di mana inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang digunakan adalah Januari-Desember pada tahun berjalan. Sedangkan alternatif kedua dengan menghitung standar biaya hidup alias living cost.

"Untuk Indonesia, standar biaya hidup dinamai kebutuhan hidup layak (KHL) yang terdiri dari 64 item KHL, mulai dari harga daging, beras, baju, dan seterusnya. Hasil survei KHL inilah yang dirundingkan di Dewan Pengupahan untuk direkomendasikan kepada bupati/wali kota maupun gubernur," jelas Said dalam konferensi pers, Minggu (20/11).

Kendati, Said Iqbal masih berharap kenaikan upah minimum 2023 menyentuh 13 persen sesuai tuntutan awal Partai Buruh dan KSPI, di mana rumus perhitungan yang digunakan adalah inflasi ditambah dengan pertumbuhan ekonomi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Gerbang Bayangan Langit

yoi4d rtp
Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.
Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.

Milah (56), pemilik warung makan di kawasan Jakarta Timur, mengeluhkan hal tersebut. Padahal, sebagai pedagang, ia membutuhkan beras dalam jumlah yang lebih banyak dari rata-rata konsumsi rumah tangga.

"Beras kayak gini sekarang harganya Rp11 ribu per kg, biasanya cuma Rp9.500 per kg, sudah seminggu lebih," kata Milah padaCNNIndonesia.com, Jumat (18/11).

Pengelola toko Idola di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Hariyanto mengungkapkan kenaikan harga ini sudah berlangsung setidaknya tiga minggu. Alasannya adalah pasokan dari para petani sudah diserap oleh Bulog dan tidak banyak masuk ke pasaran.

"Kalau yang premium kenaikannya dipicu penyerapan beras oleh Bulog. Bulog kan ini lagi pengadaan atau penyerapan komersil itu, cuma harganya fleksibel, tiap-tiap toko beda," kata Anto, sapaan akrabnya, saat ditemui di PIBC.

Akibat penyerapan beras yang dilakukan oleh Bulog, para pemasok beras kini harus bersaing harga dan mengikuti standar pemerintah.



Padahal menurut Anto, panen kali ini adalah panen gaduk. Artinya, pada musim seperti ini, para petani tak hanya menanam padi namun juga palawija. Sehingga hasil panen beras tidak akan sebanyak saat panen raya atau panen pertama.

"Makanya kalau panen padi pertama itu bisa 90 persen padi semua. Kalau Bulog niat pengadaan harusnya Februari, Maret, April. Itu panen raya, panen pertama, padi berlimpah. Jadi dalam bulan-bulan yang produktivitas rendah, dia maksain pengadaan. Otomatis kaya gini, harga melambung," keluh Anto.

Harga beras di tokonya sendiri rata-rata meningkat hingga Rp1.000, baik untuk beras premium ataupun medium. Meskipun untuk beras premium belum melewati harga eceran tertinggi (HET), namun untuk beras medium kenaikannya sudah melampaui HET Rp9.450.

Ia pun membandingkan kenaikan harga beras justru tak terjadi saat subsidi bahan bakar minyak (BBM) dipangkas oleh pemerintah.

Lihat Juga :
Isi Paket Pesangon GoTo untuk 1.300 Karyawan yang Kena PHK

"Waktu kenaikan BBM justru nggak ngaruh, Walaupun logistiknya naik, tapi nggak ngaruh, yang ngaruh justru ini. Makanya kalau harga beras melambung tinggi ini yang disalahkan Bulog. Waktu pengadaannya gak tepat," sambungnya lagi.

Anto kembali memaparkan kenaikan harga ini ikut berdampak pada pembelian yang semakin berkurang. Saat ini, rata-rata harian stok keluar masuk di tokonya mencapai 100 ton. Meskipun kenaikan ini tak separah 2013 lalu, Anto menyentil mestinya pemerintah melakukan penyerapan saat beras sedang berlimpah.

"Pas panen (raya, padi) banyak kan harga turun, itu harusnya diserap pemerintah, entar musim paceklik bulan-bulan gini, keluarin lagi tuh. Kan lapangan kosong, Bulog ada, harusnya gitu. Jadi kayak salah strategi, ini kebalik, pas di lapangan kosong malah menyerap, otomatis melambung," ucapnya.

Lihat Juga :
GoTo PHK 1.300 Karyawan

Namun, meski serapan di tingkat petani sedang rendah, Anto menyebut stok miliknya masih dalam ukuran aman. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Sekretaris Perusahaan PIBC Kadek Reza yang mengungkapkan stok beras saat ini masih dalam taraf aman.

"Terkait dengan stok beras saat ini di PIBC kurang lebih berada di 38 ribu ton, jadi masih dalam batas aman," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut saat ini stok cadangan beras pemerintah (CBP) menipis karena ketersediaan terbatas dan harga jual yang tinggi.

Buwas, panggilan akrabnya, mengaku kesulitan mendapatkan beras atau gabah di tingkat produsen karena keterbatasan pasokan di tingkat penggilingan maupun petani. Imbasnya, pasokan CBP saat ini di gudang Bulog hanya sebanyak 651 ribu ton jauh dari target 1,2 juta ton.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)